Tunjangan Kinerja TNI Polri Naik Menjadi 70%

Kabar gembira bagi pegawai di Lingkungan TNI dan Polri, pasalnya Presiden Jokowi telah menyetujui kenaikan tunjangan kinerja sebesar 70 persen. Hal itu disampaikan Jokowi dalam acara buka acara buka puasa bersama personel TNI dan Polri di Lapangan Mabes TNI Jakarta Timur, Selasa (5/6/2018). Tunjangan kinerja tersebut akan diterimakan kepada personel TNI dan Polri pada bulan Juli 2018.

Perlu diketahui yang dimaksud dengan angka 70% adalah tunjangan kinerja naik menjadi 70% dari standar (benchmark) dalam hal ini besaran tunjangan kinerja Kemenkeu digunakan sebagai acuan 100%. Selama ini besaran tunjangan TNI Polri baru sekitar 53 %, kendala utama karena terbatasnya ketersediaan anggaran.

Meskipun pencapaian reformasi birokrasi (khususnya Polri) sudah lebih dari cukup untuk dinaikkan tunjangan kinerjanya (lihat usulan tunjangan kinerja 2018). Maklum dengan jumlah personel TNI dan Polri yang banyak tentunya membutuhkan anggaran tunjangan kinerja yang tidak sedikit.

Dalam kata sambutannya Jokowi juga menyatakan tunjangan kinerja yang baru akan diberikan pada bulan Juli. Tentunya timbul pertanyaan, apakah kenaikan dibayarkan per Juli 2018 atau dimulai pada awal tahun. Untuk mengetahui jawaban tersebut harus menunggu terbitnya Perpres tentang tunjangan kinerja TNI dan Polri.

Baca juga:  Agenda Rapat DPR 4 September 2012

Dalam Perpres tersebut nantinya akan dijelaskan secara gamblang dalam pasal perihal dimulainya pembayaran, apakah per Juli atau per Januari. Selain itu besaran tunjangan kinerja per kelas jabatan akan dilampirkan.

Pertanyaan selanjutnya: kapan Perpres terbit? Jika melihat progres usulan pengajuan kenaikan tunjangan beserta pernyataan Presiden, berarti pengajuan prinsip Penyesuaian Tunjangan Kinerja sudah disetujui Menteri Keuangan. Selanjutnya setelah pengajuan prinsip disetujui harus melalui tahap-tahap sebagai berikut:

  1. Pengajuan ijin prakarsa.
  2. Perumusan Perpres.
  3. Pengajuan harmonisasi
  4. Penerbitan hasil harmonisasi.
  5. Pengajuan Perpres dan
  6. Terakhir Penetapan Perpres.

Berdasarkan SOP harmonisasi peraturan perundangan Ditjen Peraturan Perundang-undangan Kemenkumham dalam waktu paling lambat 7 (tujuh) setelah kelengkapan dinyatakan cukup, melakukan rapat bilateral dengan Pemrakarsa. Jika berlangsung lancar, surat hasil pengharmonisasian akan disampaikan kepada Instansi Pemrakarsa untuk diproses lebih lanjut kepada Presiden untuk memperoleh penetapan.

Perkiraan Besaran Tunjangan Kinerja TNI

Catatan: Tabel di atas hanya perkiraan saja, angka pastinya menunggu Perpres terbit.

69 thoughts on “Tunjangan Kinerja TNI Polri Naik Menjadi 70%

  1. tolong yang comen di sini beli lakban yang banyak buat nglakban mulut sendiri, kerja aja gak becus ngarep tunkin naik, sudah dinaikin masih koar koer juga, dasar kamfreeetttt

  2. Perpres 102 TNI, 103 Polri, 104 kemenhan dah keluar..rata rata kenaikan 1 jt..tabel sama persis Bang Setagu..SELAMAT.. 813..

  3. PP 94 th 2018 dan diundangkan tgl 5 okt 2018….lho itu kan HUT TNI kok malah kementrian lain yg di kasih kado….yok opo rek..rek….

  4. OKTOBER JALAN KE BULAN NOVEMBER PUN NDAK ADA KABARNYA….DAN SETERUSNYA SEPERTI ITU DI JANJI IN TERUS..KLAU ADA APA2 TNI POLRI HADUS SIGAP TP GAJI KECIL NYAWA TARUHANNYA TERIMA KASIH SUDAH DI PHP IN

    1. Isine apus apus tok saiki, … Pimpinane tukang ngapusi, trus anak buahe dadi opo….?….plonga plongo ky kethek kurang mangan

  5. Ada yg sdh terima salinan keppres RI ttg kenaikan Tunkin TNI ???? Kalo blom ya sama dong……….kolnya…….

      1. Nanti ditunggu, bulan Juli ada gaji ke-13. Selain itu, juga akan saya umumkan kenaikan tunjangan kinerja yang akan diberikan bulan Juli….pretttt….prettt…pretttt

  6. Tentara polisi seindonesia Kapusan gedhen. Wk wk. Misale terbukti naik beneran paling naiknya seuprit gk seperti gembar- gbornya. Semua akan plonga plongo pada waktunya.

      1. Jangan anggap ini seperti main sulap, begitu ngomong langsung berubah. Mesti ada proses dulu. Koq ora kanti yo…yo…
        Merubah DPP ada aplikasinya, ngga seperti main WAan.. mudah-mudahan ini dipahami.

  7. Udah caiiiiir… Cuman masih nominal yg lama …… Wkwkwkwk… Ternyata tni/polri hanya untuk di PHP iiiiiin

  8. Remon bulan juli dan agustus udah cair.. Tapi sayaaang yg diterima masih jumlah yg lama… Di PHP…. supeeer sekali..

  9. Polri udah nrima tp kok blm diupdate min,biasanya cepet,tp naiknya jauh dr perkiraan,alhamdulillah

      1. Sudah dari juli gan,rapel januari nrima agustus tp ya blm juga liat ppnya,ga tau jg sih berlaku buat semua atau tdk krn di polri kan ada penilaian kinerja satuan

  10. Hadeh gimana nih pak bos….katanya Juli udah terima kenaikan tunkin jgn php dong pak boss……

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.