Gaji Polri 2023

Take Home Pay anggota Polri selama sebulan terdiri dari gaji bulanan sebagai penghasilan teratur dan penghasilan tidak teratur. Sesuai sebutannya penghasilan yang tidak teratur tergantung intensitas kegiatan Kepolisian yang dijalani anggota Polri berdasarkan satuan kerja atau satuan fungsinya.

Di bawah ini akan diuraikan setiap komponen gaji dan penghasilan Polisi, sehingga mendapat gambaran yang cukup jelas mengenai penghasilan  seorang anggota Polri.

GAJI POKOK

Dasar Hukum

PP No 17 Tahun 2019 tentang Perubahan kedua belas atas peraturan pemerintah Nomor 29 Tahun 2001 tentang peraturan gaji Anggota Polri.

Golongan I – Tamtama

  • Bharada
  • Bharatu
  • Bharaka
  • Abripda
  • Abriptu
  • Abrip

Golongan II – Bintara

  • Bripda
  • Iptu
  • Brigpol
  • Bripka
  • Aiptu
  • Aipda

Golongan III – Perwira pertama (Pama)

  • Ipda
  • Iptu
  • AKP

Gol IV – Perwira Menengah (Pamen)

  • Kompol
  • AKBP
  • Kombespol

Gol IV – Perwira Tinggi (Pati)

  • Brigjen
  • Irjen
  • Komjen
  • Jenderal

TUNJANGAN KELUARGA

Tunjangan keluarga terdiri atas tunjangan istri/suami dan tunjangan anak.

Tunjangan Istri/Suami 

Tunjangan yang diberikan kepada pegawai negeri yang beristeri/suami. Ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan tunjangan isteri/suami adalah :

  1. Diberikan untuk 1 (satu) istri/suami pegawai negeri yang sah
  2. Besarnya tunjangan isteri/suami adalah 10 % dari gaji pokok
  3. Tunjangan isteri/suami diberhentikan pada bulan berikutnya setelah terjadi perceraian atau meninggal dunia
  4. Untuk memperoleh tunjangan isteri/suami harus dibuktikan dengan surat nikah/akta nikah dari Kantor Urusan Agama atau Kantor Catatan Sipil.

Tunjangan Anak 

Tunjangan yang diberikan kepada pegawai negeri yang mempunyai anak (anak kandung, anak tiri dan anak angkat) dengan ketentuan :

  1. Belum melampaui batas usia 21 tahun
  2. Tidak atau belum pernah menikah
  3. Tidak mempunyai penghasilan sendiri
  4. Nyata menjadi tanggungan pegawai negeri yang bersangkutan.

Ketentuan lain:

  • Maksimal diberiakan untuk 2 (dua) orang anak sebanyak-banyaknya untuk 3 (tiga) orang anak, termasuk anak angkat.
  • Besarnya tunjangan anak adalah 2 % per anak dari gaji pokok;
  • Tunjangan anak diberhentikan pada bulan berikutnya setelah tidak memenuhi ketentuan pemberian tunjangan anak atau meninggal dunia;
  • Pegawai wajib melaporkan bahwa anak yang masuk dalam tanggungan pegawai tersebut telah tidak memenuhi ketentuan pemberian tunjangan anak atau meninggal dunia;
  • Batas usia anak seperti tersebut diatas dapat diperpanjang dari usia 21 tahun sampai usia 25 tahun, apabila anak tersebut masih bersekolah dengan ketentuan sebagai berikut:

– dapat menunjukan surat pernyataaan dari kepala sekolah/kursus/ perguruan tinggi bahwa anak tersebut masih sekolah/kursus/kuliah
– masa pelajaran pada sekolah/kursus/perguruan tinggi tersebut sekurang-kurangnya satu tahun
– tidak menerima beasiswa.

Untuk memperoleh tunjangan anak harus dibuktikan dengan:

  • Surat Keterangan Kelahiran Anak dari Kantor Catatan Sipil/lurah/camat setempat
  • Surat Keputusan Pengadilan yang mensahkan perceraian dimana anak menjadi tanggungan penuh janda/duda
  • Surat Keterangan dari lurah/camat bahwa anak-anak tersebut adalah perlu tanggungan si janda/duda
  • Untuk tunjangan anak tiri bagi janda/duda yang suami/isterinya meninggal dunia ? Surat Keputusan Pengadilan Negeri tentang pengangkatan anak (hukum adopsi) untuk tunjangan anak bagi anak angkat

Tunjangan Anak Angkat 

  • Tunjangan anak untuk anak angkat maksimal 1 anak
  • Tunjangan anak angkat dibayarkan mulai bulan diterimanya surat kelahiran (tidak boleh berlaku surut)
  • Ayah kandung anak tersebut telah meninggal dunia (surat keterangan kematian)
  • Ayah kandung tersebut bukan PNS
  • Anak tersebut tidak lagi menjadi tanggungan ayahnya (ada surat keputusan dari pengadilan negeri bahwa anak tersebut telah diserahkan sepenuhnya kepada ibu)
Baca juga:  Tunjangan Khusus Pulau Terluar dan Perbatasan - Polri

118 thoughts on “Gaji Polri 2023

  1. saya jd heran,,katanya ikhlas demi bumi pertiwi tercinta ,kok masih ngeluh soal gaji, ,niat udah gak bener,bgmn seterusnya mau jadi bener.. tanyakan apa yg sudah kau beri utk bangsamu ,,bukan sebaliknya. ..,kalo mau cari uang nguli wae kang,,ojo ngrusohi negoro.

  2. Gaji boleh naik
    Tapi dolar jangan ikut naik
    Kalau udah inflasi ga ada guna nya gaji besar
    Toh yg dibeli semua mahal
    Jadi ga ada arti kenaikan gaji
    Oh ya kalau gajinya dinaikin kerjanya harus di tingkat kan juga tuh
    Jangan seenaknya aja
    Hahahaha

  3. Biarin ajalah kalian menilai kami polisi jelek. Yang penting kalian puas. Dan bagi kami yang penting malam ini kalian masih bisa tidur pulas sambil mimpi dan memeluk istri anak kalian. Sementara kamin sedang siaga ditengah malam ditemani senjata sambil ngantuk menunggui anda tidur agar tidak disatroni penjahat, teroris dan lainnya.. lihat lah polisis korban bom sarinah yang cacat untuk melindungi rakyat. Itulah kami. Kami dicaci dan dimaki untuk melindungi anda. Terima kasih rakyat indonesia kalian luar biasa.

  4. Menutut saya : setiap profesi itu memiliki resiko semua mas, orang koruptor aja yang kelihatannya enak tinggal ngambil uang negara saja memiliki resiko.
    Bukan hanya polisi, tni, yg kerjanya memiliki resiko, semua profesi itu pasti ada resiko, jadi jangan membesar besarkan profesi anda, kalau profesi anda itu memiliki resiko tinggi sendiri dibandingkan profesi lain. Kalau tidak ingin memiliki resiko ya mending dirumah tidur makan.
    #thinkagain

  5. Assalamualaikum…
    Kalo membicarakan keburukan .semua orang tidak luput dr kesalahanan yang terpenting adalah di kita ssendiri apakah dikita llebih baik??? Barulah kita menilai orang lain….. lebih baik diam daripada membicarakan yang tidak ada manfaat nya… kita tidak perlu menilai keburukan orang…. yang. Hany akan meninggalkan kebencian… sudah ada tugasnya khusus yang mengatur gaji atas tanggung jawab dan. Resiko kerja…..

    Mudahan bermanfaatt untuk seama wasallam..

  6. halo bapak polisi yang ganteng-ganteng. kalo mau bandingin gaji mbok jangan sama yang diatas doang. tengok kebawah tuh, liat yang sibuk nanem padi, berlayar dilaut berhari yang gajinya paling cuma dapet uang rokokmu.
    mereka lebih mulia dibanding sebagian oknummu yang sering membuat masalah a, b, c, d sampai z

  7. PNS vs POLRI ???
    Saya melihat dari sanak sodara saya pribadi memang isntalasi kedua ini sama2 memiliki gaji yg layak
    Pada makmur sodaraku kenal sana sini padahal pangkatnya 3C umur 48-54thn mobil ada 2 ada juga 3 makan di cafe dan restoran
    Padahal enggak punya bisnis
    Emang pekerjaan ini menjanjikan kalau menurtku
    Mending kuliah dulu S1 baru nanti ikut seleksi sumber sarjana / pns 3A
    Saran aja ya

  8. Intinya Dari pembahasan
    mmng Dari awalnya manusia Tidak pernah merasa puas Dan Bersyukur.
    coba Klau manusianya Bersykur dengan apa Yng di dapatnya dri pekerjaanya.pasti smuanya mencukupi.asalkan itu yang halal.

  9. Seharusnya kesejahtraan pemadam kebakaran yang harus diperhatikan, lihat kerja mereka, berani bertaruh nyawa demi menyelamatkan jiwa dan harta benda, sekarang apa buktinya, banyak dari mereka hanya sebagai pegawai honorer, bisa mencukupi mkn sehari hari pun udah syukur. Seharusnya pemerintah lebih memperhatikan lagi kesejahtraan seorang pemadam kebakaran

  10. sudahlah yang bayar gaji pemerintah pake uang rakyat…. mau TNI,POLISI,PNS yang penting kerja yang bener…….maslah gaji udah di urusin….

  11. enakan swasta juga. kerja ga 24 jam. ga ada taruhan nyawa. gaji lebih besar. masuk kerja ga perlu bayar sana bayar sini. yang penting anda ingin bekerja. saya hanya karyawan perusahaan rokok dengan gaji pokok 5,2jt/bln. di tambah uang makan 90000/hari bonus penjualan perbulan rata 3-500rb /bln. saya hanya lulusan SMA. Masuk kerja ga ada tes tes yang makan biaya banyak. alhamdulillah kehidupan saya baik ko.

    1. Asal komen aja lu ndro
      gw jg kerja di perusahaan rokok
      Perusahaan rokok di indo cuman ad 2 yg bayar gaji karyawannya diatas rata2
      Sampoerna dan Gudang Garam dan gaji di kedua perusahaan ini 11 : 12
      gw kerja di salah satu perusahaan yg gw sebut diatas
      Gapok 3,25jt bukan 5jt, lu asal tulis aja
      Duit makan jg bkn 90000/hari,, yg benerr 22500/hari
      Dan lu bilang cuma tamat SMA,, berarti lu cuma supir atau satpam
      Di perusahaan rokok tempat gw karyawan min D3 kalo mau jd staff

  12. Yaaa,, lakukan dengan ikhlas pekerjaan itu,, aku yakin banyak gk suka dengan gaji aparat ,karena apa??? Karena masuk aparat aja uda habis uang buat masuk,, jebol dengan murni jaman skarang hanya 25%,, coba mereka niat dan murni pasti tidak akan menuntut dengan gaji,, gimana pula dengan pelaut indonesia?? Tanpa ada tol laut mana bisa kita hidup seperti skrang,, mereka juga bukan cuma menerpa maut, tapi mereka sudah di bibir maut,
    Setiap profesi berbeda,hasilnya juga berbeda

  13. Preeettt kalian smua….!!!!kerjaan kalian ngurusin gaji org aja???otak kaliannpada dimana?kayak hidup kalian udh benar aja,setan semua,gua yakin kalian semua pengangguran,kapan kalian majunya,klu cuma bisa omongin kerjaan org,pake otak apa!!makanya Bersyukurlah!!!udh dikasi kerja dikasi sehat,masih juga mengeluh!!!benar2 kampret kalian semua!!!

  14. Saya minta bikin BAP tentang saya tidak sengaja sengol mobil orang lain.
    Terang2an minta go ban (50rb). Setelah lihat STNK dan ternyata kendaraan terlibat adalah BMW, langsung komentar “ini kemurahan, mobil mewah”.

    Lho… bukannya moto POLRI adalah “melayanin masyarakat”? Saya tidak jelek2in secara seluruh POLRI, cuma terlalu sering ketemu dengan kasus macam seperti yang saya ceritakan.

    Kapolri harus sering2 blusukan dan kirim spy ke polsek, apakah bener sudah ada reformasi.

  15. Di sukurin apa yg yang ada, lihat sebagian besar masrakat Indonesia miskin, yang seharus-nya berpedapatan lebih tinggi dari pada ABDI-nya…

  16. Anggota Polri banyak yg baik, TNI jg banyak yg baik, PNS juga banyak yg baik, yg jelek itu sedikit tapi merugikan banyak orang, jadi kesannya semuanya jelek, NILA SETITIK RUSAKLAH SUSU SEBELANGA….

  17. Polisi itu uda banyak dapat tunjangan
    Jd jangan cari tunjangan sendiri lagi di luar
    Kasihani rakyat di luar
    Jangan di peras
    Kalau mereka salah tegur lah,dan arahkan kah ke jalur yang benar
    Khusus kepada setiap polantas
    Ingat fungsi dan tugas polisi
    Melindungi,melayani,mengayomi masyarakat
    Duit bukanlah cara penyelesaian
    Bekerjalah dengan hati
    Terimakasih.

  18. yoo gak usah pusing pusing…
    klo ada yg iri gara gara liat tabel gaji polisi di atas…
    yaaah saya cuma bisa bilaaang… “SIAPA SURUH GAK JADI POLISI”

    gitu aja kok repot..

    lgpula untuk temen temen sekalian. yg saya terima tiap bulannya gak seperti tabel di atas kok..
    selalu bersyukur,

  19. Rejeki tidak berpintu,,,kita semua sama,, ada kesempatan ya dapet lah lebih,,,klo ga ya apes,,,(semua intansi) klo kita bhas kira bisa berdebat panjang,bahkan bisa jos josan,, harus nya kita sadar diri siapa kita,,,jangan ribut wahai pemuda pemudi,,,bagai mana kita bisa mengambil kesempatan di tengah keributan,,, itu yg harus kita pikirkan,,pasti smua nya aman,,perut aman otak pun nyaman,,,jadi penjual pecel ayam saja lah,,,

  20. Udh di syukuri aja. Semua udh ada yg mengatur. Kita tinggal melaksanakan tugas msing2. Msh mending qita msh d gji oleh negara. Coba liat seorang buruh tani yang seharian kepanasan di sawah , sehari hanya dpt upah 25.000 -30.000. Jgn selalu melihat ke atas se se x lihatlah yg di bawah.

    1. Polisi bukan pns pak..
      Pegawai negara atau pegawai negeri dlm uu pokok kepegawaian negara itu ada 3 macam:
      1. TNI
      2. Polri
      3. PNS
      Coba cari di uu pokok kepegawaian. Dlm pasal selanjutnya, TNI-Polri dapat mengangkat PNS dilingkungannya. Jd pegawai di Polri itu ada 2, yaitu:
      1. Anggota Polri
      2. PNS Polri

  21. Bull shit klian semua"jgn tanyakan apa yg telah negara berikan kepada anda, tapi tanyakanlah apa yg telah anda berikan kepada negara"

  22. Saya Anggota Polri,,,,Semua yg saya lakukan hanya mencari ridho dan berkahnya dr ALLAH Swt. Amin……….

  23. kalu mau dibilang sebenarnya gaji polisi sudah lebih dari cukup.udah gitu masih banyak polisi yang mengunakan kapasitas untuk bisnis2 ilegal.

  24. jangan di samakan gaji PNS dgn TNI/POLRI
    Karna yg di kerjakan pastinya beda, TNI/POLRI Taruhanx nyawa siang malam hanya pikir begaimana supaya bisa aman dan Damai,,,,,

  25. Budaya kita masih sama dari dulu, mudah dipecah belah dengan hal sepele.
    Saran saya, kalau masalah uang berkelanjutan, STOP JADI PEGAWAI, PECAT BOS ANDA!!! WIRASWASTA SAJA!!!

    Dengan berwiraswasta, akan terlihat performa Anda semua.
    Semakin Anda rajin, semakin berlimpah penghasilan yang Anda terima.
    Sering, penghasilan sehari sama dengan penghasilan per bulan dari list di atas.

    Mulailah dengan BERHENTI MENGELUH, karena itu adalah pilihan Anda. Berikan yang terbaik. Setiap pekerjaan pasti ada resiko masing-masing.
    Jangan terlalu lebay menghadapi hidup.
    Sering-sering lihat ke bawah, masih banyak yang hidup lebih susah daripada kita.

    Kalau mau bersyukur, saya ada saran dan selalu saya lakukan:
    Ketika Anda merasa bahwa Anda kurang beruntung, coba Anda nongkorong di Ruang Tunggu Rumah Sakit, dan dengar keluh kesah sanak saudara pasien.

  26. alah si nene dll yg mrendahkn polri.. .you are stupid . gak ush ngmongin mslah polri. tnp klian sdari smua irg perl keamnn. apa2 klo kna musibh lapor ini itu mnt plynn bgus d blkg pd sk ngmongin. itu yg mlah be to the go. go to the blok. ……

  27. Heiii…anda j….s..cb anda berkaca polisi kerjanya 24 jam satu hari 7 hari seminggu..dan taruhannya nyawa.jgn cm mikir enakny wae.ngmg g ada otak.jd manusia jgn egois.cb anda lihat dijalan anda pulNg kerja polisi masih dijalan.disaat hari libur anda bs jalan2 kumpul dg keluarga tapi tidak bagi polisi.disaat hari raya anda berkumpul dg sanak saudara tpi polisi masih kerja.klo ngmg mbok y pake otak.disaat org pns.buruh.semua bisa berdemonstrasi untuk minta naik gaji.mogok kerja.apakah pernah anda lihar polisi protes .unjuk rasa mnt kenaikan gaji.mogok kerja.menuntut krn wafat dlm bertugas minta ganti rugi.TIDAK PERNAH!!!!!

  28. Sedikit lbh besar dari UMR? Ngawur si De-eR neh,
    UMR kawasan industri di sidoarjo n pasuruan tuh cm Rp.900rb s.d. Rp.1.300rb, sama kyk ULP mu.
    Sedikit lbh besar gmn klo gaji mu Rp.2.000rb, ULP mu Rp.1.300rb, dan Remun Rp.638rb? Ngawur bnr org ni bikin statement..

  29. Masalah potongan BRI itu urusan masing2, smua pgawai negeri jg punya, tp gak seheboh polisi, Bripda 0 (nol) tahun aja udh rame2 “nyekolahin” Skep..
    Polisi msi brani gaji nya dipotong BRI 100%, toh msi ada ULP n remun,
    Tp dri situ bisa ketahuan bgt uang ny buat apa, klo pgawai negeri yg laen rata2 unt bikin rumah, uang kuliah anak, dll, klo Bripda 0 tahun rata2 ya buat bayar hutang biaya masuk jd polisi

    1. Emang masuk PNS g’ bayar ya. Prasaan PNS masuknya jga bayar dan kebayakan klw uda jadi PNS bayar utang jga krn uda di pake daftar PNS. So’ bersih skali.

      1. masuk PNS sekarang nggak kenal istilah nyogok bro.. entah kalo sampeyan masuk polisi mesti nyogok dulu. makanya kalo mau jadi perwira mesti cerdas dan punya fisik dan mental yang luar biasa. dijamin lolos tanpa nyogok bro.

  30. Saya tidak membedak bedakan gajih para pns sekalipun remun polri dan tni berbeda tapi semua tergantung bagaimana cara kita mensyukurinya saja..
    Ingat kita hidup untuk mati
    Jika banyak harta maka warisan akan menjadi petaka..
    Banyak saja sedekah beramal dan berbuat baik..

  31. Jumlah uang makan dan saku bagi sabhara tiap kegiatan adalah 30.000 tapi ga pernah turun tuh…
    Tubuh polri terutama para pimpinannya gmana fikirannya uang anggota saja sampai di cekik…
    Tapi biarlah semoga mreka sadar dan petunjuk karena pimpinan itu adalah amanah yg sangat berat dunia akhirat

  32. Wah, anda gak tau seh berat nya tugas polisi, bnr2 berat bung.. Jgn dikira Polisi itu cm Lantas, Sabhara n Reserse aja, tugas paling berat tuh polisi di Sekretariat Umum (Setum), Subbagrenmin, Birosarpras, Birorena, Biro SDM, Biroops, Bidkum, Itwasda, Bidkeu dan Satker bidang pembinaan lainya, krjanya berat lhoh, bikin surat, ngisi nomer surat, agenda surat, ngetik surat, anter surat, bikin kopi buat bos, dan krjaan adm lain nya. Udh gitu jam 3 mreka “diharuskan” meninggalkan kantor, mreka jg tinggal di tmpt2 “trpencil dan jauh” dr kantor, smp “gak trjangkau” sinyal seluler, jd lepas jam krja, hape nya gak ada yg bisa di hubungi krn “gak dpt” sinyal.. Kasian bnr ya pak polisi kita

  33. Gaji anggota polri itu(bintara&tamtama) kalo full ( diluar potongan2- pinjam BRI untuk perbaikan rumah/kredit rumah,kredit kendaraan(motor), berobat kalo sakit) hanya sedikit lebih besar daripada UMR karyawan buruh. Gak bakalan sampe dua kali lipat daripada itu. Bayangkan/hitung saja penerimaan gaji anggota Polri kalo sudah dipotong dengan potongan2 nya itu. Padahal mereka juga ingin merasakan libur panjang,jalan2 sama keluarga,lebaran dirumah seperti yang lain. Mungkin hanya dirinya dan Tuhan yang tau persis apa yang mereka alami dan mereka rasakan.

    1. Setuju de-er polisi juga manusia, apalagi BRIMOB…gak pernah ada libur..tanggal merah, hari minggu pun Apel/ada giat…..tapi tunjanganya gak ada walaupun melebihi jam kerja.

    2. BETUL.

      Dan sebagai tambahan, sebelum memilih salah satu profesi. Sebaiknya, kita harus pintar-pintar membaca apa yang akan menjadi hak dan kewajiban kita sebelum terjun di satu bidang.

      Jika anda sudah terjun, dan banyak mengeluh. Lebih baik, Anda pulang ke rumah orang tua Anda masing-masing, dan minta uang jajan, seperti yang kebanyakan Anda semua lakukan ketika masih kecil.

  34. Lah udah mau polisi, pns, swasta, perbankan,,,, klo kerja yang ikhlas pada intinya bekerja untuk beribadah dan mengharapkan keridhaan Tuhan, maka besar kecilnya rezeki bisa menjadi berkah,,,, jgn lagi nerima2 uang dari rakyat selain gaji !….Misal ada yg bikin ktp yg harusnya gratis pada disuruh bayar seikhlasnya, yg bikin pengaduan kehilangan atau lainnya ngasih uang seikhlasnya jgn diterima, nasabah ngambil uang di bank terus ngasih tip gak usah diterima…..Semua itu bukan hak anda! meskipun “diberi” tetapi dalam hati si pemberi belum tentu ikhlas siapa tahu terpaksa!….. Bayangkan bila yg memberi anda adalah orang yg baru saja mengalami musibah, orang yg mungkin aja punya hutang lebih banyak dari kita! Karena menjalankan tugas adalah kewajiban pekerja dengan imbalan gaji… cukup atau tidak cukup disyukuri dulu dan Tuhan akan selalu memberikan kedamaian dan pertolongan dari hati2 yang baik dan ikhlas! Jangan ngeluh dulu! Tapi kerja dulu!

  35. Ahh lu pada g jelas. Ribut mslah gaji stia instansi. Yg korup aja lu bahas mndingan. Intinya msg2 dah ada yg atur bro. Rejeki bukan kya sndal jepit yg bisa ketukar.u know?

  36. Menurut saya polisi ga dikota atau di kampung sama saja.apalagi lantas.semua bagai anjing yang mengendus2 daging segar.tidak mandang orang susah bahkan gurupun di sikat saat dalam perjalanan akan mengajar.sungguh tega mereka,mgkn bangsa ini tdk akan bisa berubah dalam memperbaiki aparat kepolisian.

    1. disikat kan ada dasarnya…kenapa anda susah…kalau benar disikat kenapa gak anda laporkan aja pada yg berwenang

    2. Kerusakan moral bangsa tidak dalam satu bidang saja, hampir merata.
      Bukan hanya oknum polisi.
      Bisa dibuktikan, apa yang bersentuhan dengan kita dalam kehidupan sehari-hari, hampir semuanya rusak.

  37. semua harus bersyukur apa yang sudah diberikan kepada kita, kalau keinginan/nafsu di pupuk tidak akan pernah merasa puas, kebahagiaan muncul apabila kita mampu mengendalikan keinginan, bukankah begitu sobattttt.?

    1. sepakat rian.. mbok yao lihatlah kebawah, g usahlah ngomongin gaji kurang gaji kurang.. cobalah lihat yang masih dibawah kita.. memang manusia ga da cukupnya…

  38. SBY.. TOLOONG… DANA PERSALINAN BIDAN KAB BOGOR TIDAK DIBAYAR PIHAK BPJS.. sampai 29 April2014 dari Januari BAGAIMANA INI?

  39. karo POLISI sek akeh gajine pembentong..sapi2 sak gurem ra gablek,telo2 sak tlolor yo ra nduwe po maneh lemah2 sak iris babar blas…banyak mkn uang BRI alias ngutang..kesejahtera;an POLISI adalah tg jawab pemerintah.

  40. Busyet ini yang kasi info tp kenyataannya mana saya istri anggota polri lebih banyak makan uang bri alias hutang di banding makan uang di kantor.tiap tahun gali lobang tutup lobang.yang menderita anggota di bawa bro…..

    1. kenapa anda minta damai, sidang aja….yg melanggar kenapa minta damai…ujung2nya yg disalahin polisi…masa ada mau damai gratis…sudah melanggar…maunya bebas gitu…

  41. polisi tni? lebih baik digaji dengan kontrak aja. wong sudah digaji tiap ada event mengawal minta tambah dana pengawalan. contoh pemilu masih ada dana pengamanan pemilu. la terus kalo gak ada pengamanan apa akan tidur wae nompo gaji? harusnya pengamanan itu tidak ada tambahan karena emang digaji dengan tugas mengamankan. ngenteke duit negoro wae.

  42. Bersyukur aj…ingat tujuan kita di dunia ini apa??? Kalo menuruti nafsu… semua hnya akan merasa kekurangan… gunakan harta kita dijalan yg benar sebagai bekal untuk Ibadah.

  43. Itu kembali lagi ke anda semua sebelum anda mendaf menjadi polri tujuan anda itu apa?,mencari kekayaan atau untuk mengabdi untuk bangsa dan negara,sbgai cth saja,sya seorang pns dgan gaji cukup bgi saya,dan ayah sya seorang pengusaha yg gaji 150jt /bln,knapa sya lbh memilih pns dri pda pengusaha,?,krna tujuan sya hnya mengabdi untuk negara pak.sya gol 2a

  44. geus garandenglah mikiran gajih we,jangan sirik euy setiap pekerjaan pasti ada resikonya, terima aja atuh, kalo ngerasa gaji polisi kurang!! knp pengen jd polisi!!!

  45. SURYA Online, SURABAYA – Satreskrim Polrestabes Surabaya kini tengah menyelidiki insentif UPTD Dispenda Surabaya. Saat ini Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor), tengah mengusut adanya dugaan korupsi insentif UPTD.

    “Kami masih kumpulkan bukti-buktinya, dan mencari tahu bagaimana aturan main pemberian insentif,” kata Wakasat Reskrim Polrestabes Surabaya Hartoyo, Minggu (2/2/2014).

    Namun hingga kini belum ada yang dipanggil untuk menjalani pemeriksaan. “Belum ada yang dipanggil, kami masih melakukan penyilidikan,” kata Hartoyo.

    Menurut Hartoyo, insentif tersebut memang wajar diberikan pada pegawai UPTD. Namun dalam pemberian insentif ada hitung-hitungannya.

    Pengusutan insentif ini, karena diduga ada kejanggalan-kejanggalan terkait insentif yang diberikan kepada pegawai UPTD. Ini dikarenakan, selama ini proses pengiriman uang insentif per tiga bulan selalu dalam jumlah besar, dan tidak dibayarkan melalui rekening bank. Namun dibayarkan secara tunai, dan dibawa dengan menggunakan tas.

    Dalam pemberian insentif, besarannya hanya lima persen dari pajak yang diperoleh. Namun di UPTD, pegawai rendahan setingkat golongan IIb, tiap tiga bulan bisa mendapat insentif Rp 25 hingga 28 juta.

    Ini diketahui setelah dua pelaku perampokan kantor UPTD, di Jl Jemursari V Nomor 11 Surabaya, akhirnya berhasil ditangkap oleh Unit Jatanum Polrestabes Surabaya.

    Kecurigaan polisi terkait insentif pegawai UPTD berawal dari teruangkapnya pelaku perampokan UPTD Jemursari.

    Dari dua pelaku tersebut, satu orang merupakan karyawan golongan 2 UPTD Wiyung, Agus Siswanto (43), warga Ketabang, Genteng Surabaya. Agus berperan sebagai pemberi informasi, dan bertugas mensurvei lokasi perampokan.

    Sedangkan satu orang lainnya, adalah spesialis perampokan, yakni Imam alias Rois (41), yang juga merupakan warga Ketabang.

    Dalam pengakuan Agus, mengaku tiap tiga bulan, dirinya mendapat insentif Rp 25 juta. Padahal Agus hanyalah PNS golongan 2B, yang merupakan pegawai bagian input data. Padahal gaji Agus tiap bulannya hanya mendapat gaji Rp 2 juta. Sedangkan insentif Agus jika dihitung perbulan mencapai Rp 8 hingga 10 juta. Insentif ini, tiga empat kali lipat dibandingkan gaji yang Agus yang diterima tiap bulan.
    Pembayaran insentif tersebut dibayarkan tunai tiap tiga bulan, sedangkan gaji per bulan dibayar melalui transfer.

    Agus mengatakan, di tempatnya bekerja hanya terdapat 20 orang. Sedangkan insentif pegawai, tiap tiga bulan bisa mencapai Rp 800 juta. Uang itu lalu dibagi-bagikan ke setiap karyawan.

    Agus yang merupakan pegawai golongan 2B, mendapat Rp 25 juta per tiga bulan. Untuk pegawai rendahan saja, mendapat Rp 25 juta. Bagaimana dengan pegawai yang pangkatnya berada di atas Agus.

  46. Semua pekerjaan ada tupoksinya masing2, ?ª? usah ngiri dan dengki . Jalankan tugas dan kewajibanmu sendiri-sendiri. ?ª? usah ngeluh. Masih banyak ??å?? di bawah kita, maka wajiblah kita bersyukur. ?ª? perlu adu otot leher, silahkan tunjukkan aksi dan darma baktimu kepada ibu pertiwi !!

  47. lu pada makan hari negara aja pada ribut merasa paling hebat kerja nya,90% isi nya orang2 bodoh pemalas

    1. Mohon maaf pak/bu berisik jangan begitu masa dibilang pemalas dan bodoh….tidak semua orang malas dan bodoh…….wah jadi keluarga sdr juga masuk dalam lingkungan pemalas dan bodoh……kasihan donk……justru harus bangga …itu hanya belum ada kesempatan aja……..coba jelaskan kriteria menurut sdr bodoh dan pemalas……dilihat segi apanya dan 90 % statistik dari mana? mohon penjelasannya…terima kasih sebelumnya.

  48. WAAAHHH PAYAH TUNJANGAN KINERJA PNS KAB BOGOR / REMUN KAGAK ADA!! UANGNYA HABIS DIPAKE KEGIATAN BOLING JUMLING DONGDANG MUDAH MUDAHAN TURUN KPK, DASAAARR BUPATI KAB BOGOR RY HARUS DI JEWERRR!!!! BAGAIMANA SBY NICH?

  49. saya selaku agt polri merasa gaji yg saya terima slalu ckup dan alhmdlah sya mpu juga bangun rumah,bsar kecilny gaji tergantung kita mengelolany

  50. kesejahteraan polisi adalah tanggung jawab pemerintah. pemerintah harus lebih peka dalam mensejahterakan polisi dan keluarganya. inget, rakyat sangat butuh pemimpin yang mau berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan aparatur negara.

  51. tunggu presiden nya jokowi biar remun naik,wakil nya ahok mantap indonesia nanti nya.yang salah ya salah yang benar ya benar.jadi tidak ada istilah ngawal atau lain nya,jd akan timbul keadilan nanti nya,yg korup makan uang rakyat,di hukum se umur hidup,yang main uang anggaran se umur hidup juga.rakyat di perhatikan,aparat negara semua di perhatikan kesejahteraan nya baik kementrian maupun lembaga.
    1 lg untuk segala tidak pidana di hukum minimal 15 tahun penjara.dan di buat kan penjara paling besar untuk tersangka segala tindak pidana di pulau terpencil dan yang koruptor juga buat kan penjara khusus koruptor di pulau terpencil.

    1. Setuju Bang……Harus ada minimal hukuman dan SOP yang benar untuk penanganan pidana. Apalagi buat para Aparat Hukum, baik Polisi, Jaksa atau Hakim jika terbukti melakukan tindak pidana, korupsi, atau apapun yang melanggar hukum ancamannya harus diperberat

  52. Polisi….oh Polisi…….Pantaskah gajimu segitu,masih kurangkah…….Lihat dong para petani,berapa yang mereka trima dalam 1bulan,ga lebih dari uang lauk paukmu Polisi……Untuk menyekolahkan anak mereka saja banyak yang berhutang,bahkan sampai harus melakukan kriminal……..Saat melakukan kriminal dan tertangkap banyak diantara mereka yang ditawarkan jalan tengah dengan melakukan perdamaian antara korban dan tersangka. Berapa yang kau minta Polisi….untuk menutup perkara itu agar tidak sampai meja hijau,berapa banyak yang telah kau hilangkan perkara-perkara dengan alasan telah ada damai antara korban dan tersangka…….Pikir dan renungkanlah……jangan hanya menuntut gaji kuranglah,resikolah……..Aku yakin yang dikatakan kerja 24jam 30hari tidak ada. Coba pembaca datang ke Kantor Polisi,berapa banyak Polisi yang ada,hitung dan coba tanyakan berapa banyak sebenarnya anggota Polisi yang bertugas di Kantor tersebu…….Polisi memang bertugas 24jam tetapi hanya pada saat piket saja,setelah itu 24jam lepas alias tidur alias bobok saja setalah itu 24jam cadangan yang artinya hanya pada saat dibutuhkan harus siaga,kalau tidak ya hanya bobok lagi……..So kerja Polisi tu hanya 3hari sekali,coba bayangkan…..enak ngga tuh dengan gaji segitu,sedangkan gaji adalah dari para petani juga…..Belum lagi kalau pas melapor,kadang warga pun banyak yang ditolak dengan alasan bukan yurisdiksi mereka……..Salam Polisi…..

  53. pa itu gaji pokonya aja belum tunjanganya dapat juga 4-6 juta perbulan . masih ngeluh aja. belum lagi tunjangan damai tunjangan jebakan. maling, perampok, geng motor,narkoba sama preman tetep aja masih berkeliaran karean di jadikan temanya.

  54. Kaaapaan remunnya sama atau nyamain sama TNI yah………. sudah peugal nih.
    Pertanyaan buat rumput yang bergoyang………

      1. @kuro lu lagi, biasanya di detik.com provokatorin orang, bagusan presidennya dr tokoh agama atau kedokteran

  55. itu kan yang tahun 2013, tahun 2014 remunerasi polisi kan naik semua, yg polisi dan keluarganya jangan banyak ngeluh lah, kan udah naik lg. gampang aj, kalo apbn bertambah pasti penghasilan bertambah, seharusnya apbn indonesia itu 2000 triliun lebih bukan 1800 triliun

    1. Remun polisi naek palak hotak eloh..hahahahahah….remun polisi cuma 600 doank..dan tak pernah naek2..gaji tak terduga itu kalo ada polisi yg ngepam.kalo gak ya gak dapat.gak mungkin juga ngamanin terus.yg ngurus elo kalo kemalingan siapa kalo polisinya dilapangan semua laen kali kalo kemalingan ato elo diperkosa jangan lapor sm polisi..

  56. WKWKWKWKW… membaca kolom C ngakak gw… WKWKWKW.. Semu semuanya, tahunya rakyat polisi gajinya tinggi, kenyataannya jauh langit dan bumi. Kolom C itu kalau sampai ke anggota emang segitu tapi kenyataannya hanya 50rb s/d 75rb sebulan. Uang patroli, makan, BBM dll disunat oleh para pingpingan. Ini adalah fakta !! yg pemerintah tidak tahu atau pura pura tidak tahu…

  57. perasaan kolom C ga pernah ada??? dan juga belum d sbutin potongan bank bri nya..untuk punya rumah tipe 29 aja harus pinjem bank dgn potongan 2.3 juta perbulan, di tambah biaya makan pengaman demo abis uang 50-100 ribu/hari mna ada yg ganti, belum biaya sekolah anak,resiko dapur,ongkos pp, krusakan motor dll… tggal itung saja, abis sudah TAMAT

      1. gak semua polisi itu pengemis brow…..anda hanya menilai perilaku polisi yang bertugas di jawa…anda belum pernah ke NTT ya ? Liat kehidupan Polri yang sebenarnya di sana…

        1. di Jawa juga gak ada apa2nya kalo cuma di Polsek, makan dari gaji doank… tetep bersyukur walau mata hatinya tertutup dengan kehidupan bawahan Polri sebenarnya

        2. Semua polisi di negara ini sama bung.. udah jadi rahasia umum kalau polisi itu harus nyetor ke komandan (saya) dan untuk nyari setoran yaa malakin masyarakat

  58. Sangat tidak adil menyamakan gaji polisi dengan PNS dan TNI. Sebab, kerja polisi hampir 24 jam penuh dan di lapangan, serta sering berhadapan dengan maut saat memburu pelaku kriminal.

    Dibandingkan dengan kerja PNS, anggota polisi memiliki risiko yang lebih besar dalam menjalankan tugasnya, dan jam kerjanya pun lebih lama. Sementara PNS hanya delapan jam kerja dan di belakang meja. Apakah adil jika gajinya disamakan ?

    Standar PBB, gaji polisi harus sama dengan gaji di sektor perbankan.

    1. waraslah kau dalam berpikir, seenaknya aj ngeremehin tugas tni dan pns, tugas tni dan pns2 macam bea cukai dan kejaksaan juga resikonya maut itu

    2. waras dlm berfikir….beneran nie polisi kerja 24 jam?cb lihat tmn2 PNS yg diRS kerja jg 24jam..risiko ketularan pnykt,klo cm maut risiko dibw sendiri tp klo penyakit dibw mpe rumah ms bro…profesi tu pilihan,smw ada risikonya…jgn banding2in gt,mgkn polisi lg diatas angin skrg cb klo anda posisi PNS paling jg teriak2…mmg di negeri ini keadilan tu cm slogan,dewi fortuna aj bs miring kanan ato kiri je…

    3. Waras Dalam Berfikir ini memang PROVOKATOR nomor wahiddd .. & itu terbukti dengan munculnya para PNS PEAAAA yg berkomentar .. wkwkwkkwkk .. Laziiiieeesss

    4. disamakan dengan standar gaji perbankan? terus uang rokok untuk ngurus SKCK tetap ada lah ya.. uang rokok buat nyelidikin kasus sampe selesai juga yaaa gitu

      1. Kata siapa pns hanya kerja 8jam?!!, bapak gue kerja ampe 12jam (bukan nglembur),terus target kerja harus dapet rp. 1m dari wajib pajak/tahun.tapi kebijakan dirjen pajak yang baru gaji dipotong 50%.jadi kesimpulannya kerja para pns pajak/depkeu lebih berat dari polisi.

    5. siapa bilang polisi kerja lebih dari 8 jam! aturanya memang begitu! tetapi lihatlah sehabis apel pagi pada nongkrong di warung! setelah itu masuk kantor .Jam 12 udah keluar! loket ditutup trus balik lagi jam 13.30 mending kalo pegawai BANK yg namanya layanan tak pernah dikosongkan selalu bergilir, jadi memang beda jangan bandingkan semangka dengan Apel pak! belum lagi Pegawai BANK pekerjaan hari ini harus selesai hari ini kalo di polisi berapa banyak kasus yang tidak terselesaikan! Tupoksi PILISI hanya sebagai pengamanan! jika keadaan aman maka dia pada leha leha, bekerja setelah ada kejadian, cek aja polsi yg ada di kelurahan apakah dia ada setiap saat dan patroli setiap saat! jawab aja sendiri

  59. Tidak berimbang gaji polisi dengan resiko tugas yg diembannya .. ibaratnya polisi itu kaki kanan kerumah sakit kaki kiri kekuburan .. dan ternyata gaji polisi indonesia itu yg terendah se-ASEAN ..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.