Daftar Gaji PNS 2013

Pemerintah akhirnya pada tanggal 11 April 2013  mengeluarkan/menerbitkan dasar hukum kenaikan gaji PNS baru.

Presiden telah menandatangani PP Nomor 22 Tahun 2013 tentang Perubahan Kelimabelas atas PP No. 7 Tahun 1977 tentang peraturan gaji PNS.

Seperti biasa PP ini berlaku per 1 Januari 2013 dan selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan juknis dari Dirjen Perbendaharaan. Mengantisipasi pengajuan gaji bulan Juni sebagai dasar pemberian gaji 13, maka juknis diharapkan segera terbit karena pengajuan gaji bulan Juni paling lambat diterima KPPN tanggal 15 Mei 2013.

Berikut daftar Gaji Pokok PNS 2013:

1. Golongan I dan II

2. Golongan III dan IV

Download PP No 22 Tahun 2013

Baca juga:  Gaji ke-13 PNS Dibayarkan Juni

152 thoughts on “Daftar Gaji PNS 2013

  1. kenapa pp kenaikan gaji belum keluar sampai ini mungkin dikarenakan kesibukan pemerintah dalam PEMILU, yg penting dalam bulan ini atau beberapa bulan kedepan di tahun 2014 pp nya keluar dan terbayarkan itu yg pentin.

  2. PUISI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS)

    Berhasil dalam tugas sudah Tradisi
    kerja berat sudah Pasti
    Loyalitas terhadap pimpinan Harga Mati
    Gagal dalam tugas di Mutasi

    Pulang terlambat dimarahi Istri/Suami
    Hidup kaya d Curigai
    Kalau miskin salah sendiri
    Kalau idealis cepat diganti

    Potong Bank dan Koperasi setiap bulan sudah menanti
    Kenaikan gaji tidak memadai
    sementara masuk Surga juga belum pasti
    Nasibmulah wahai pegawai negeri

    salam buat selura saudaraku yang PNS… bertobatlah supaya bisa masuk surga dengan pasti….

  3. Itulah PNS dengan istilah 9 P
    Pergi
    Pagi
    Pulang
    Petang
    Penghasilan
    Pas
    Pasan
    Potong
    Pinjaman

  4. Bisa hutangg mending..
    Mbokyoo disyukuri…
    Lihat kebawah, yang blum PNS dengan honor 100ribu s.d. 250ribu, untuk makan saja hanya sekedar ‘cukup’…
    Kalau ?åd?????å kenaikan ya disyukuri, kalau belum ya sabar…

  5. kalau kiti tau nasib pns seperti ini mungkin tidak perlu kita mempunyai pemimpin gabung aja dengan negara lain yang punya kredibilitas tinggi untuk abdinya tidak punya pimpinan……ko…w
    oh hi…hi…

  6. Saya berharap tunjangan istri dan anak ?ï tinjau ulang
    Gapok tj istri 2.5 jt x 10% = 250 rb
    Tjg anak 2.5 jt x 5% = 125 rb
    Uang makan 25 rb x 22 hour = 550 rb x 5% = 522.500
    3.397.500
    Pengeluran
    Kredit rmh 1.5 jt/bln 10 thn
    Kredit motor 600 rb/bln/3 thn
    Listrik 250 rb
    Pdam 200 rb
    Trasportasi kekantor 15 kl 250 rb/bln
    Konsumsi rumah tangga sembako
    597.500 jadi bapak/ibu itulah gaji pns ???? ?ï terima tapi tetap ?ï sukuri, inilah ???? pns terima boro2 ?ª? seving untuk konsumsi masih terkendala

    1. KPR rumah dimana tuh 1,5 jt/bulan? 10 th pula..
      Biaya2 diatas blum termasuk :
      -Bayar sekolah anak blum diitung..
      -Biaya sosial (kondangan, iuran RT/RW, dansos, sampah, dsb) juga blum diitung..
      -Blum lagi biaya klo sakit..
      -Bayar/isi pulsa HP 50-100rb sebulan..

  7. Calon Presiden yang akan datang JoWi , sering blusukan ke daerah daerah wilayah kerjanya, dibalik kunjungan itu dia tanya peg neg di desa/kelurahan Gaji Kamu Berapa? Dia hanya ketawa… do’a in saja kalo aku jadi presiden mudah mudahan nasib PNS lebih baik begitu Komennya…

  8. apapaun profesinya, yang penting syukurnya, dan jangan lupa berbaginya, msih banyak yang gak belum bisa makan 3 kali sehari di negeri ini bung 😀 #Peace #KeepSmile

    1. Emang hidup perlu makan doang… anak gua 2 kuliah kagak kebiayain gara gara bapaknya PNS… Yang ngatur Pemerintah saat ini pemimpinnya kaya Anjing n media Komunikasinya bisnis sendiri … Coba aja tanya PNS, bisa Naik haji ngga atau anaknya kuliah ngga…. PNS Amerika dijamin pemerintahnya makanya sukses…

  9. Saya kurang paham juga kl di kementerian seperti apa prosesnya, tp sy rasa mereka dpt tidak secara otomatis dan pastinya mereka jg melalui proses. Entah prosesnya rumit atau tidak tergantung. Dan sampai saat ini juga blm semua kementerian dpt remun. Di tempat sy bekerja untuk mendapatkan remun menurut saya sangatlah rumit dan melalui proses yg lama.. Walau sudah dapat dr thn kemarin, itupun juga kami baru dapat 40% saja dan belum 100%. Bahkan hingga sampai saat ini kami msh dlm berpsoses untuk tetap medapatkan remun dan tetap memperjuangkannya. 40% bagi kami sudah sangat2 bermanfaat dan kami ingin mencapainya kl bs sampai 100%. 🙂

  10. emg guru dibawah kmenterian? bukannya daerah!!,. anggarannya aja uda beda,..
    klw kementerian pake anggaran pusat lw pemprov y daerah.. y jelas beda,. klw gtu protes kegubernurnya masing2 dong..

  11. PNS Guru tidak mendapatkan Remunerasi, untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi harus melalui proses yang rumit dan juga antrian PLPG serta harus memenuhi berbagai macam syarat, sedangkan kementrian yang lain langsung mendapatkan remunerasi secara otomatis, sudah ADILKAH aturan yang dibuat

  12. Ini namanya kurang bersyukur.
    Terlebih lagi jadi PNS itu jadi abdi negara, sudah terlihat kalo si agan memang gak siap menjalankan tugas PNS sebagai abdi negara. Jenuh dengan pekerjaan yang berulang-ulang tentunya sudah menjadi resiko sejak awal.

    Urusan gaji, cukup gak cukup lihat gaya hidup agan. kalau hidup ala borjuis, dan boros di sana sini, tentunya gaji berapapun gak akan cukup.

    Belajar bersyukur dan meningkatkan kinerja kita, adalah hal yang lebih baik karena jika kita hanya mengeluh, tentunya kita tidak mendapat apa-apa.

  13. pilihan jadi pegawai negeri atau pegawai swasta… semua ada (+) dan (-). Sikapilah secara bijaksana. Keduanya sama-sama bekerja yang diniatkan untuk ibadah 🙂

  14. pak admin setagu.net, mohon informasinya buat gaji tunjangan selain gaji pokok yang diterima langsung di di tabungan. bersih setelah potongan pajak, perumahan, dll. untuk tahun 2013.

  15. Rado mengapa ga di syukuri aja wlau di tempatkan dimanapun,bukankah sekarang gajih pns sdh cukup lumaya ada uang mkn perbulan 500 ribu,ada tunjangan kinerja sesuai golngan da jabatannya gaji tiap bulan dapat kurang enak gimana lagi?

  16. nih menkesnya gmn sih…geje bgt…halah, sayangnya bu menkes ga ikut nih forum, wong ditempat ane aja yg notebene kota(ibu kota provensi malah, tp rahasia ja ya…hehehe) aye bincang2 ma kepla dinkes, beliau bilang dari 10 formasi cpns taon lalu ga satu pun dokter yg daftar…halah…mang dikira title pns tuh bagi dokter WAAW gituh…hahaha..koplak….
    tp mang tempat ane dokter pns nya mang ga boleh pindah sebelum 10th kerja(kyknya khusus daerah ane deh, soalnya kata kadinkesnya, yg pns bnyak minta pindah, pdahal tmpt ane ibi kota provensi lho….di kalimntan sih)…..
    klo mau bikin ngiler dokter mikir dikit …..survey dulu baru bikin kbijakan, yg disurvei masyarakat melulu, dokternya ga pernah disurvey kbutuhannya ape…capek deh…


  17. Bisakah kita mempertanggungjawabkan apa yang kita dapatkan secara moral dan kepada tuhan, ingat uang dan harta hanya ujian dunia masih ada hari akhir yang kita tuju.
    Dan ingat para pegawai anda semua adalah pelayan rakyat, layani para pembayar Pajak, karena mereka bekerja keras untuk dapat uang dan membayar gajimu, kalau mereka gak ikhlas…. maka haram yang kamu makan…

  18. Berisik loe semua!naik gaji aja loer mau..kerja yang bener Dulu..baru minta naik gaji..bangkrut negara ngurusin loe semua

  19. y enak lah bro… klu PNS diluar jam kerja bisa berwiraswasta sedangkan yg berwiraswasta blum tentu PNS, INTINya syukurin, klu ada rezeki bisa jadi petinggi di pemerintahan.
    SOMBONG KAU…

  20. Enak tenaan, saya pensiunan PNS masih digaji 3 juta sebulan, usaha tetap lancar. Alhamdulillah.

  21. menyurakan pendapat ddan menuntut hak bukan tidak bersyukur,kl mmg merasa sdh melaksanakan tgs dgn baik kenapa tidak menuntut haknya diberikan?faktanya terkadang org struktural tidak mau memperjuangkan bawaha nya.misalnya ttg aturan baru yg berlaku ttg SBU, org keuangan gak mau susah2 nyari peraturan baru malah pakai ‘biasanya’ atau ‘dulu’ seperti apa… padahal atiran baru yg dikeluarkan menyesuaikan dgn kenaikan BBM.atau permintaan pengajuan pelatihan, workshop dll alasa tidak ada dana, tp perjalanan dinas para struktural terkadang ‘berlebihan’ diakhir tahun yg tampak seperti menghabiskan anggran ,padahal pekerja dilapangan amat kesulitan melaksanaan tugas bakan harus ngeluarin uang sndiri utk mengerjakan tugas rsb.kl tuntutan kepegawaian qt hRus mengikuti Pp53 absensi pagi,soang dan sore, dgn konsekuensi potong uang makan kl telat atausanksi tertulis…. tapi ketika meminta hak, bahkan utk SPPD agar sama dgn PMK dan SBU yg berlaku aja tidak bisa dgn dalih tidak ada dan.org tuh melohat PNS enak kerjanya, yg mana? kerja utk org fungsiona di RS,, atau dosen yg ngajar diinstitusi pendidikan dibwh kementrian, atau peneloti yg dituntut kerja min 37 jam haruslebih kadang, dengan tugas luar diberi biaya perjalanan dinas kadang dan bayak yg jAh dibawah PMK, pekerjaan yg dilakukan meebihi tupoksinya, apa itu yg dibilang enak2an.qt sama2 kerja tA apa yg dilakukan, kl nunut hak itu gak salah. bahkan harus, trus emang siapa yg mau memperjuangkan hak kita? Allah gak pernah alah memberi rizqi,dan Allah juga memerintahkan qt utk ikhtiar, memperbaiki sistem dan Mmperbaiki diri…

  22. saya mau tanyak nie sama orang2 yang pekerjaan nya sebagai PNS ,
    PERTANYAAN NYA , "" emang enak ya jadi PNS """..???
    saya sendiri pun bekerja sebagai pns tapi saya mau tau gimana pendapatnya dari saudara2 yang lain.

    jujur saja bekerja sabagai pns membuat saya muak dan bosan pa lagi penempatan nya di tempat lain alias perantauan,
    yang ada nya JENUH..!!!!
    terakhir stresssssssssssssssss….
    pekerjaan yang gaji nya pas2 san gak lebih, selalu diatur dan terikat sama instansi yang terkait.
    beda dengan kalau kita berwiraswasta qta bisa meraup pundi2 keuangan yang lebih, dan pekerjaan yang tidak terbatas.
    INTINNYA, pengen kabur aja dan keluar dari PNS, alias memuak kan.

  23. kenapa poltekkes (Kemenkes) yang sdh BLU tidak d bayarkan Remunerasi, padahal Poltekkes yang sudah BLU belum tentu sdh banyak uang untuk membagikan remunnya sendiri.

  24. Buat apa jadi PNS..dpt uang lbh dikira korupsi..hidup pas2an dikatain..wajar lah PNS..enakan krja di swasta..sudah tidak membebani negara,malah menyumbang negara,membangun dannn..gajinya wuihh..sya yang STM saja gaji sya 4.5 jt,bonus 2 kali setahun @1,5 kali gaji , thr 1.5 kali gaji.Mantaaap.Tapi dipikir-pikir jadi pegawai swasta enaknya cuma 5% …yang 95%…uenak…Pokoknya udah..tinggalin aja PNS..ambil 2 pilihan..pegawai swasta atau wiraswasta..Oke saudara..

    1. kalo soal pajak, semuanya bayar pajak tp kalo mau membantu perekonomian minimal lokal ya jdi wiraswasta, kali aj ntar jadi pengusaha sukses

  25. pak stagu, mohon infonya, untuk remunerasi polri katanya ada kenaikan, sampai saat ini koq blum ada kabarnya, lanjut untuk yg bharada remunnya jd brapa, kalau blum ada perubahan, 🙁

  26. 😎 dasar manusia..disyukuri aja napa..masih banyak yg pengangguran kayak ane,,cuma bisa ngiler..cari kerja susah mak..doain eaaa makasih

      1. bejo gundul, jngn asal jeplak saja kalau ngomong, liat realita dilapangan, klu ngiri yo jadio PNS

  27. berapapun gaji yg pemerintah berikan baiknya kita syukuri aja, insyah tu rezeki akan berkah dan nikmat kan ditambah, amiin ya rabbal a’lamiin

  28. AKU SEKARANG POSISI LAGI DI SINGAPORE DAN KADANG KE MALASIA NGELIAT INTERNET INI KOK PNS NASIB NYA SEDIIIIHHH BANGET… KASIAAAAAN… GONTOK GONTOKAN MELULU… SALING SIKUT NYARI DUIT… N PRESENTASI PNS PADA BAWAH STANDAR… SORYYYY..

  29. aku pns daerah sudah ngabdi 25 tahun punya anak dua mau masuk kuliah ga kesampaian gimana nich SBY? apa mesti jadi Gayus dulu ga ada kesempatan nich… cita citaku kalo ada kesempatan pasti aku korupsi tapi jangan terlalu besar hahah dan tidak akan lupa akan bagi rizki sama anak yatim n simiskin (cita cita jujur alias suer demi alloh!!)

  30. ?????? ????????? ????????? ?????? ?????????? ???????????????? ? ???????? ?????????? ????? ???????? ?????????
    Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih” 😉

  31. THP : Gaji + TPKN + TKT + IPK
    tuh pajak aja banyak bener selain gaji…gol rendahan aja 12 juta..5 kali lipat pegawai intansi lain..masih aja…byk mafia pajak

    1. Siapa bialng gaji peg pajak pelaksana sebesar itu..bahkan gaji guru pns sertifikasi lebih besar dari penghasilan peg pajak pelaksana.

  32. om om bapak bapak..jangan salah lo gaji sih emang begitu..tapi tunjangannya lebih dr itu bisa 3 kali lipat gajinya..belum opersional 2 lainnya..klo pimpinan ditotal total bisa aja 10 juta lebih..klo bawahan yah bisa aja 6 juta lebih..
    emang sih lebih sedikit dr pekerja swasta..
    tp kan klo di pns ga ada yg nmnya pemecatan ato phk..klo swasta mah was was…

  33. pro dan kontro uda biasa dlm menyikapi setiap kebijakan ,bagi PNS gaji naik Alhamdulillah :mrgreen: ,tuch yg d’harapkan .
    jgn memandang org lain ,krn setiap makhluh uda pny jln hidup masing2 ..pandai2 bersyukur ats nikmat yg Allah limpahkan ..pst hdp kita akan tenang …

  34. bersyukurlah kita para PNS, kalau mau dinaikkan tinggi2 gajinya, coba hitung berapa banyak PNS yang pemerintah akan naikkkan gajinya.., semuanya bayar pajak tidak…

  35. Yang membuat gaji itu cukup dan tidak cukup adalah rasa syukur kita atas nikmat Allah SWT. Kayaknya dalam hidup orng harus mengenal kata “CUKUP”, kalau gak kenal kata itu, kita bakal mirip Joko Susilo.

  36. janganlah melihat apa yg ada pada diri orang lain, lihatlah apa yang ada pada diri sendiri, agar kamu menjadi orang yang bersyukur…

    1. janganlah melihat apa yg ada pada diri orang lain, lihatlah apa yang ada pada diri sendiri, agar kamu menjadi orang yang bersyukur…

  37. kalo pp kenaikan gaji tni dan polri kapan nih? dan hakim juga naik ngga gaji pokoknyaa? ikut lapak gan

  38. Kok lebih besar persentase kenaikan gaji golongan IV dari Pada Golongan III,,, gmana sih ?
    Golongan III/a masa kerja 2 tahun gak sampe 6,5% sedangkan golongan IV/a kerja 22 tahun lebih besar dari 7%…,

  39. Bagi para dokter PNS yang merasa gajinya kecil, silahkan keluar dari PNS sekarang juga. Siapa suruh lu daftar PNS buka lapak aja dijalan raya seperti tukang tambal ban. Masih ribuan dokter yang pengin jadi PNS belum kesampaian… 😳

  40. ini yg dimaksud remunerasi? gaji tunjangan sama remunerasi sama ga ya? jujur sebelumnya eya ga bermimpi adanya kenaikan apapun tp Syukur Allhamdulillah apabila benar.. 😆 😆 😆 i’m happy

  41. Sekarang sumber air su dekat, beta sonde terlambat lagi datng kantor lai….akhirnya datng juga sumber impian PNS 😀

  42. Sebesar apapun kenaikan gaji Y??ª?? kita terima haruslah kita syukuri karena masih bnyak saudara2 Y??ª?? standard hidupnya d bawah kita. Bersyukur karena dg kondisi bangsa Y??ª?? corat marut ini PNS masih bisa menikmati kenaikan gaji, tanpa kita mengerti dg detail kondisi negara Y??ª?? sebenarnya. Berdoa saja semoga para pemimpin bangsa semakin bijaksana u melaksanakan tugasnya dg penuh tanggungjawab dan bisa memusnahkan budaya korupsi Y??ª?? menghancurkan negeri ini.

    1. maju mundur tergantung kita, jgn mencela jgn mencemooh siapapun apalagi menjelek2kan negara sendiri.. buktikan saja diri kita sendiri, koreksi diri kita sendiri apa sudah benar??? berkomentar memang semudah membalikan telapak tangan tp prakteknya sulit.. untuk maju di mulai dari diri sendiri.. salam damai

    2. doktor itu gelarne tp kerjane ora beda sm SMA,buktinya negeri ini makin ancur aja padahal berapa banayk doktor di negeri ini jd mana kebanggaan sebagai doktornya tetep aja miskin negara ini….

        1. loe yang kampret….
          loe iri sama ijasah doktornya, tandanya loe nggak mampu dapat ijasah doktor. para doktor di negeri ini bukan tukang sulap yang bisa merubah negara miskin menjadi negara kaya dalam sehari…. ngaco loe…. dasar orang utan…
          cobalah qta untuk saling menunjang untuk membangun negeri ini, bukannya saling menjatuhkan 👿 👿 👿 👿 👿 👿

          1. wkkkkk ada yg kebakaran hutan nih….awas bijine kebakar jg ntar gk bisa ngemprut…..,Doktor Ahmed al-munuan Almaniun…..berceramah pd orang utan saat menampikan desertasinya

          2. gol l….goll….gol lll,,,,kampret,…….doktor,,,,,,=pengecut,,,,,,gak jadi lah jadi pns,,,,,sia-sia semua skil ku,,,,gajinya cuma segitu lebih banyak brantemnya…..baik kerja di offshore ajalah,,,,kerja 2 minggu libur 2 minggu,,,,jalan-jalan keluar negri and banyak pengalaman yang baik,,,,,,,dari pada mencaci,menggumpat nyempitin reski sendiri tak ada attitudenya

        2. ini orang emang gk berpendidikan…udah sono beli ijasah aja terus Penyesuaian Ijazah???elo gk bisa kan KULIAH BENARAN??Karena IQ loe gk mampu??

  43. gaji naik, harga kebutuhan pokok naik, harga BBM naik, dan kebutuhan2 lain naik, jika di hitung yo podo ae, sami mawon, alhamdulillah dr pada tidak naik.

  44. Ajaibnya negeriku, lulusan SMA (IIa) & Doktor (IIIc), ketika masuk SMA hanya selisih 600rb an. Syukur itu ada didalam diri masing2, bagaimanapun kondisinya, tentu kita wajib bersyukur. tapi kebijakan itu buatan manusia, kalau benar, boleh dikritisi

    1. Mau gaji berapa? Klo mau gaji gede buat aja perusahaan sendiri. 🙂 Doktor jg jangan sok pinter, karena ahli dalam 1 bidang keilmuan belum tentu paham bidang yang lain. Intinya, selalu bersyukur ajeee 😆

      1. ngaco,…. klo cara pikir ginian, kapan yah indonesia bisa maju. emangnya loe ahli di segala bidang. 👿

    2. ya udeh doktor gak usah masuk pns aje,..emang ngaruh apa,..buktinya banyak pns doktor kualitas kerjanya kayak anak sma,..doktor cap ijasahbeli,..hohohohoho

    3. doktor dan SMA kan sama-sama S3 jd wajar aja gajine beda tipis,wong yg bedainya cuma gelar doang…..otakna mah pada kimplun mawon….

    4. saya sangat setuju dengan mas bejo…sistem penggajian PNS memang tak adil…buat yg lulusan SMA gaji 2jt itu sudah sangat besar apalagi ada pensiunan…tp klo buat yang masuk dari IJASAH S1 yang “BENAR KULIAH” gaji 2,5-3 itu kecil…masak kuliah S1 dihargai 600rb??
      jangan heran klo negeri ini hancur,pns yg masuk dari SMA banyak yg ijazahnya beli terus ngajuin Penyesuaian Ijasah…parah banget…

  45. Kita harus berterima kasih kepada Pemerintah yang telah memeperhatikan kesejahteraan bagi para PNS di tanah air. Semoga ditahun yang akan datang tingkat kesejahteraan Rakyat Indonesia akan mendapat perhatian dari Pemerintah, sehingga nantinya masyarakat ekonomi lemah juga dapat menikmati kehidupan yang layak seperti apa yang dirasakan oleh PNS.

  46. Syukur Alhamdulillah,kenaikan gaji PNS ditahun ini dapat menambah kesejahteraan bagi PNS meskipun belum sesuai apa yang diharapkan. Namun kita harus selalu dapat bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Tuhan kepada kita. Kebahagiaan dapat kita capai ketika kita dapat mensyukuri sesuatu yang telah kita miliki.

  47. Salam sejahtera semoga Tuhan memberikan RahmatNya atas kenaikan Gaji Pegawai Negeri Sipil yang sudah di sahkan Oleh Bapak Presiden Republik Indonesia semoga gaji yang diNaikkan menjadi berkah dan semoga jadilah keluarga Pegawai yang damai sentosa

  48. antara golongan I-II-III-IV tdk ada perbedaan yang signifikan. hampir sama aja gaji mereka. seharusnya makin tinggi golongan seseorang makin lebih besar gaji nya. masak golongan I yang ngak ada kerjanya hampir sama aja dengan golongan III.

    1. Golongan I malah yg paling banyak kerjanya, golongan III banyak ongkang2 kaki, main tunjuk, main perintah. malah mau paling banyak uang recehan, memalukan !!! 😈

    2. mas bro ini gak pernah sekolah apa mulutnya,..ngarti gak sih,..atau dia ini sebenare golongan 1 yg memang tidak ada kerjanya,..alias masuknya titipan,..

    3. 👿 golongan I lebih banyak bebannya dari golongan III, “selalu diperintah dan beban perasaan karena masih golongan I” 😳 😥

  49. alhamdulilah, tapi kok tidak ada 7 persen mas ?
    bagaiman kabar terakhir remunerasi mas, katanya di JPNN ada 19 instansi yang dapat tahun 2013 ini, kok daftarnya beda dengan sampeyan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.