Menanti PP Kenaikan Gaji

Bulan April telah berlalu, namun PP Kenaikan gaji PNS 2014 yang ditunggu belum terbit juga. Sebagai catatan nampaknya pada tahun ini tanggal penerbitan PP perubahan gaji akan menjadi jangka waktu paling lama setelah adanya pengumuman kenaikan  dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Tahun lalu PP No 12 Tahun 2013 yang merupakan PP kenaikakn Gaji Pokok PNS baru ditandatangani Presiden tanggal 11 April 2013, padahal sebelumnya belum pernah penerbitan peraturan pemerintah perubahan gaji PNS melewati bulan Februari.

Kenaikan gaji pokok PNS sudah ditetapkan sebesar 6 % dan sudah dianggarkan dalam APBN 2014. Persentase 6 % ini  dimaksudkan untuk mempertahankan daya beli para pegawai negeri sipil dari gerusan inflasi yang dipatok pemerintah pada angka 5,5 % atau sebenarnya riil income yang dinikmati PNS hanya 0.5 %. Kebijakan kenaikan gaji pokok yang menyesuaikan inflasi mulai diterapkan pada tahun lalu sehingga dengan kondisi ekonomi yang stabil persentase kenaikan gaji berkisar pada angka 5 – 7 % pada tahun-tahun mendatang.

Besaran dan persentase sudah ditetapkan dan dianggarkan dalam APBN 2014, mengapa penerbitan PP Kenaikan Gaji Pokok belum diterima sampai saat ini?

Baca juga:  Data Korupsi 2011 versi ICW

Announcement effect

Saat presiden mengumumkan kenaikan gaji PNS, biasanya saat itu juga harga barang kebutuhan pokok sudah naik terlebih dahulu sementara kenaikan riil gaji belum dirasakan karena menunggu peraturan pemerintah diterbitkan. Itulah yang dinamakan announcement effect, kejadian yang muncul akibat diumumkannya suatu peristiwa.

Apabila dikaitkan antara kenaikan harga kebutuhan pokok dengan  momen atau waktu diterbitkannya PP maka sudah tidak relevan lagi, karena kenaikan gaji sudah diumumlan pada bulan Agustus 2013. Artinya penerbitan PP kenaikan gaji pada tanggal dan bulan berapapun sudah  tidak akan berpengaruh terhadap kenaikan harga kebutuhan pokok.

Proses Penyusunan PP

Peraturan Pemerintah adalah Peraturan Perundang-undangan yang ditetapkan oleh Presiden untuk menjalankan Undang-Undang sebagaimana mestinya.

Perlu diketahui Peraturan Pemerintah tentang kanaikan gaji ini merupakan perubahan atas PP Nomor 7 tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil. Pembuatan PP ini sebagai hal yang rutin tiap tahun dilakukan sehingga lebih memudahkan  Kemenkumham melakukan harmonisasi rancangan peraturan pemerintah termasuk koordinasi dengan instansi yang terkait dengan PP ini.

Baca juga:  Rasionalisasi PNS

Sesuai ketentuan proses pengundangan suatu Peraturan Pemerintah setelah melalui proses harmonisasi menjadi domain Sekretariat Negara (Setneg). Setneg akan memproses Rancangan PP tersebut melalui 2 (dua) prosedur yakni Analisis Rancangan Peraturan Pemerintah dan Prosedur Penyelesaian Rancangan Peraturan Pemerintah.

Prosedur Analisis dilaksanakan melalui proses pemeriksaan administrasi , pengumpulan data, dan analisis terhadap Rancangan PP. Jika tidak ada masalah dengan isi Rancangan PP, Mensesneg menyampaikan surat dan naskah RPP kepada pemrakarsa dan Menteri terkait .

Sedangkan prosedur penyelesaian Rancangan dapat digambarkan dalam bagan berikut ini:

pp-kenaikan-gaji-2014

Kata kuncinya “Penandatangan PP oleh Presiden”

Disamping soal ketidakpastian, mundurnya PP kenaikan gaji ini akan berdampak pada penerimaan gaji ketigabelas.  Besaran Gaji 13 PNS ditentukan berdasarkan gaji bulan Juni. Penyampaian SPM Gaji Induk ke KPPN sesuai ketentuan paling lambat tanggal 15 sebelum bulan pembayaran atau tanggal 15 Mei 2014. Tahun lalu PP diterbitkan minggu III bulan April 2013, sehingga tidak ada masalah berkaitan dengan gaji 13. Jika sebelum tanggal 15 Mei 2014, PP Kenaikan gaji belum diterima juga harus dipikirkan langkah-langkah antisipasi agar gaji 13 yang diterima sudah termasuk kenaikan gaji.

Baca juga:  Belanja Pegawai Dalam RAPBN 2013

121 thoughts on “Menanti PP Kenaikan Gaji

  1. Kami sangat mengharapkan kepastian kenaikan gaji……karena banyak PNS yang di daerah khususnya hanya mengharapkan gaji…jadi tolong bapak Presiden yang terhormat perhatikan nasib kami para pegawai yang ada di daerah…….

  2. PP gaji ke 13 masih belum, yg jelas sampai saat ini PP kenaikan gaji aja yg dah terbit PP no 34 tahun 2014

  3. Alhamdulillah dah naik teman2 PNS, PPnya dah dittd Pak SBY, PP No 34 Tahun 2014, di website belum ada, tapi masih terbatas pihak yg berkepengtingan dulu yg dapet. tks. semoga bermanfaat

  4. sabar………………..sabar…………sabar……..dan………. tunggu…….. itu jawaban yang paling tepat buat kita semua kaun pns yang mulia…he…he…he..he

  5. Hampir semua pejabat beserta keturunannya di negara ini sudah menjadi Budak Harta yang notabene adalah Budak setan mereka membanggakan harta haram dgn bermewah-mewahan itulah wujud dari budak setan sampai mereka menemui ajal…….ITULAH. DUNIA penuh dengan tipu daya dan suatu saat AKAN BINASA…………

  6. Bagi yg komen koq pns ndak bersyukur pdhl tiap tahun gaji naik,qta ini bersyukuuuuurrrr banget gaji naik tiap tahun.walo dengan besaran yg kecil.bilang pns dibayar dengan uang rakyat..hallloooo….pns juga bayar pajak lho.pns memang kudu cari sampingan buat menghidupi keluarga.ayo semangaaaattt cari sesuap nasi dan semangkok berlian ~(?.?~) ~(?.?)~ (~?.?)~

  7. ngapain pada uring2an emang presiden baca tulisan ente pada, istilahnya emang gue pikirin

  8. Katax naik 6 % mnyesuaikan dgn laju inflasi 5,5 %…entah rumus apa yg dipke BPS utk mnghitung angka2 inflasi tsb. Nyatax ga ada barang yg knaikanx dibawah 10%, bahkan TDL tahun ini membumbung tinggi…

  9. buat agan2 pns semua…. saya sudah tanya teman saya yg jadi pns di kemenkeu… untuk kenaikan gaji itu pasti insya Allah sekitar juli agustus kalau tidak ada halangan. itu yang saya dengar . kita berdoa saja kepada Allah SWT .

  10. Emang pemerintah sekarang gk punya perasaan,,,pns selalu diberikan harapan palsu dan segalanya dipenuhi ketidakpastian,,sementara harga sembako sudah menjulang setinggi langit,,perih dan pedih hatiku sbg pns,,di masyarakat di cemooh dan diejek sebagai kaum melarat,,

  11. KAPAN KENAIKAN GAJI 2014 UNTUK PNS ? KAPAN KESEJAHTERAAN PNS 2014 ? SEDANGKAN PNS NGEMBAN AMANAH YG SANGAT BERAT ……………..

  12. menanti PP…seharusnya pihak setneg menjelaskan kalau tidak jadi naik bilang aja biar pns ngga berharap-harap cemas………

    1. betul…betul…betul…. klo emang nggak jadi naik gaji yg CUMA 6% lagi…. AKU RAPOPO… InsyaAllah masih akan Hidup… Allah Mahapengasih….. bukan seperti PEJABAT YANG MAHACUEK pada bawahannya…. PEJABAT yg merasa PEDULI AMAT PNS kedil yag penting GUE DULU…. BAPAK MENSESNEG CEPET aja keluarkan PP ataw Perpres BAHWA GAJI PNS TAK JADI NAIK 6%….. tahun 2014…. tapi nanti jika presiden baru… wkwkwkwkwk…………..

  13. tak usah di harap x kalau rejeki pasti takkan kemana……………………….
    sebab ada yang lebih berharga dalam hidup ini yang perlu kita syukuri yaitu kesehatan…….
    banyak orang kaya yang sakit pengen sehat…. kenapa kita harus cari penyakit kalau sudah sehat…..kaya miskin itu ujian hidup yang jelas makin kaya makin banyak tanggung jawabnya terutama di akherat nanti……………

  14. Bagi pns yang tidak dapat sertifikasi, remunerasi, uang makan, uang lembur merasa dianak tirikan hal yang wajar dan manusiawi sama-sama pns-nya kok dibeda bedakan kejahteraannya, walau pun dibeda bedakan tapi apalah daya…, ternyata yang bisa mengobati rasa iri yaitu fatwa pak kyai gini katanya”orang yang sabar kekasih allah, hartamu tidak akan dibawa mati , syukuri aja atas takdir-Nya….masih untung tak ditakdirkan jadi pengangguran” trims p. Kyai.

    1. bagi yg bs dg enteng bilang sprt Pak Ndableg diatas bs dipastikan PNS yg sdh bersertifikasi atau beremunerasi, bs jg pengusaha, yg jls org yg blm pernah merasakan tiap hr kepepet kebutuhan sehari” pasti bs menasehati org dg kata” sprt diatas, Pak, sesungguhnya lbh akan sangat membantu nasehatnya jk semua yg sprt bpk uangnya lbh sedikit atau pas, bs berbagi ke sesama yg membutuhkan, msh byk para manula dg fisik (maaf) bungkuk berkeliaran dijalan memungut sampah plastik to dijual sbg loakan.. manula sprt itu lah yg hrs dihormati, jgn cmn menasehati tp klu ketemu dijalan hanya ditoleh tok ndak keluar sepeserpun dr dompet anda..
      maaf ya pak, sy hanya menirukan bpk saling menasehati dn mengingatkan

  15. Tanggal 20 lebih dikit gajiku telah habis buat makan aku dan keluargaku. 10 hari terakhir ya apapun kerjaannya termasuk kuli bangunan ya ok aja asal masih bisa makan. begini kao perhatikan nasib guru? adminstrasi dan rencana didik hari esok karna kerja sambilan biar dipikir aja sendiri.

    1. Mendingan tgl 20,. gaji ku baru naik jadi 4,…… artinya [TANGGAL EMPAT SUDAH KOMA]… pns yg benar2 mengandalkan gaji pokok bisa cukup sekedar penuhi standar hidup minimal…. bukannya tak bersyukur….. tpi PNS lain bisa berfoya…. terima kasih OM SETAGU

  16. Gaji mau naik…. atau mau tidak mau naik…. emanya gua pikirin….. ? Yang penting hidupku molimo (mangan, minum, mondok, melu morotuo)… Ndableg ae..!!!,

  17. @ Om Heru…boleh diajari saya donk spt apa model wiraswastanya. sapa tau bisa jadi partner. Kalo berkenan boleh minta emailnya trism

    1. setelah MEI ‘kan ada JUNI…. klo pun enggak JULI dan AGUSTUS MASIH AKAN DATANG… KLO keumuran….

  18. Koq pada ribut sih… mbok ya diyukuri apa yg ada. Nanti pembayaran gaji Pns nggak pakai rupiah lagi; karena kursnya terus melemah terhadap dollar. nanti dibayar pakai mata uang Jepang; yakni Yen. tapi dgn syarat: Yen aku dadi presidene; yen anakku dadi menkeu ne; yen om ku dadi ketua dpr re…

  19. Sengsara jadi PNS klo dimusim pemilu…gaji blom naik vs suku bunga bank yang naik duluan….tukin blom turun vs harga sembako naik…..hanya bisa bersabar terus dan berdoa…

  20. kalau kita hitung, untuk keuntungan bersihku dlm satu hari kita ambil 1 juta saja/hari x 30 hari berapa yg ku dpt dlm 1 bulannya, silahkan saja rekan2 pns menghitungnya, ini sangat jauh dgn penghasilanku gaji sebagai pns yg tiap bulannya cuma aku terima 5 juta itu sdh termasuk Uang makan dan Remon, makanya rekan2 pns mari kita cari tambahan dgn cara berwiraswasta, kalau hanya mengandalkan gaji, sampai pensiun ga punya apa2, resiko kt sebagai pns.

  21. kalau dibandingkan dgn gajiku sbg pns ini sungguh jauh…. gaji 1 bln, bisa kukejar cuma dalam 1 hari dgn usaha wiraswasta, ini usaha halal bkn dgn jalan korupsi, baik korupsi uang maupun waktu, kujalani usaha ini setelah sepulang jam kerja. makanya rekan2 pns contohlah seperti aku (maaf bkn menyombongkan diri) ini hanya membuat rekan2 semangat utk mencari tambahan sampingan yg halal saja.

  22. kalian coment saja, sy pns jg pns, tp sy ga banyak comen sana-sini, tapi sy berusaha utk cari tambahan gaji dengan usaha wiraswasta diluar jam kerja, skg penghasilan dari usaha sy 1 harinya 2,5 juta/hari.

  23. Prediksi perpres akan keluar disaat pemilu presiden, politik pencitraan SBY akan muncul seperti pemilu wakil rakyat dengan segera membayar tukin guru, dugaan bisa saja apabila golkar berkoalisi dengan demokrat yang mencalonkan Abu Rizal Bakri dan adik ipar SBY Pramono Edi kita tunggu saja keajibannya

  24. harga2 sudah naik, sampai hari ini pp kenaikan gaji belum jelas…gara2 janji mau menaikkan gaji malah sekarang menambah susah hidup pns, trutama pns di daerah yang daerahny miskin..tak dapat remunerasi dan tunjada tak sberapa..kami tunggu janjimu bpk presiden..

  25. Bersyukurlah…. itu lebih baik …. yg mau jadi PNS itu ribuan looohhh… jadi nikmatin wae… 🙂

  26. saya 15 th kerja sbg PNS.. Gajinya hanya cukup buat makan, byar rek listrik, AIR.. Untuk jalan2 seneng2 ma anak dan istri aja,susahnya minta ampun.. Tp temen saya, yg hanya kja sbg pns selama 5 th aja, udah pnya mobil, rumah bagus, pdhl istri ga kerja, anak 2.. Saya anak hnya 1.. Golongan pun sama.. Ternyata, satu kantor, penghasilan PNS masing2 bidang itu tidak sama.. Saya termasuk dlm bidang yg tidak ada uangnya, sdgkan temen saya td bidangnya, dikit2 uang.. Bahkan seminggu udah dpt pendapatan sekitar 2 juta, klo dibidang saya, boro2 sminggu 2 jt, 100 ribu aja susah.. Tp aq ga peduli, yg penting aq udah kerja..titik.

  27. DANA BPJS KAPITASI PUSKES TIDAK CAIR SEPESERPUN DARI 1 JANUARI SAMPAI SAAT INI TGL 16 MEI 2014 DI KAB BOGOR, KENAPA DANA BPJS UANGNYA DIBUNGAKAN/ DIDEPOSITOKAN OLEH PEMDA, SUNGGUH KETERLALUAN, KAMI OGAH OGAHAN PERIKSA PASIEN PESERTA BPJS, TOLLOOOOOONG BAGAI MANA NIH SBY..

  28. yang menjalankan pemerintahan di Indonesia ni pejabatnya pada Abal2…….golongan anu, belain itu demi ini…banyak banget alasannya yg gak bisa diterima akal sehat…….

  29. Ingat sby ngomong PNS harus ?ï gaji besar harus terhindar dari korupsi, PNS ?ª?? mana du?ù ?ª?? korusi, PNS ?ª?? mengambil kebijakan ?ª?? bisa korupsi karna kalau PNS rendahan cuma korupsi waktu, wakil MENPAN berbicara seiring repormasi birokrasi PNS harus meningkatkan kinerja untuk menyesuaikan gaji PNS, hal ini cuma cerita mengenakan sampai saat ini nol besar, bagaimana PNS ?ª? meningkatkan kinerja disisi lain haknya selalu tertunda, coba liat dari januari sampai mei semua kegiatan keuangan belum ada ?ª?? cair mana mungkin kinerja ?ª? meningkat, hutang ?ª?? menigkat akibat ulah repormasi birokrasi, ?ª?? jadi pertanyaan PNS ?ª?? salah atau kebijakan pemerintah pusat yang Dak benar, atau kementerian kita bernaung ?ª?? tidak mampu bekerja ?

  30. baru saja dapat info bahwa negara dlm keadaan pailit setelah melaksanakan pemilu sampai surat2 berharga negara banyak yg terjual, kemungkinan gaji pegawai tidak dinaikan dan gaji 13 kemungkinan juga tidak , pns harus bertindak, kenapa pns selalu dijadikan korban

  31. utk pemdanya bu Ririn beruntung itu ada uang makannya, di pemda saya tidak ada uang makannya, gaji gol 2d hanya gaji pokok+ tunjangan fungsional yg diterima Rp 2.200.000 an per bln, msh kalah sama UMR nya Jakarta… sedangkan utk kebutuhan hidup spt harga sembako di daerah sm di jkt sama… gaji segitu utk hidup sekeluarga skrg sangat pas banget, sdgkan utk nyicil rumah tidak cukup,.. tp tetap sy syukuri….. tapi juga MOHON PERHATIAN PEMERINTAH JANGAN MEMMBEDAKAN GAJI PNS PUSAT DAN DAERAH… krn BIAYA KEBUTUHAN HIDUP SKRG TIDAK MEMANDANG PUSAT ATO DAERAH…

    1. Ga ada yang beda gaji PNS pusat dan PNSD, yang membedakannya pusat legal kalau daerah ……….. contohnya saya punya tetangga PNSD dengan pangkat dan masa kerja sama dengan saya (PNS Pusat), PNSD bisa beli mobil dan rumah besar beserta perelngkapannya. Sementara saya jangankan mobil untuk beli motor juga susah.

      1. bener banget Bu/pak Gita Erlangga, saya aja dah 13 tahun jadi PNS malahan sampe sekarang gak punya apa2….malahan cuma banyakin utang di Bank aja memenuhi kebutuhan hidup…..

        1. kalau boleh dibilang sampeyan 13 tahun jadi pns ga punya apa2 berarti sampeyan yang kurang gemi setiti lan ngati2.
          saya 5tahun kerja punya rumah, itu tergantung diri masing2.

          1. sama pa iqbal saya aja sebagai pns mengabdi ke pemerintah sdh 30 thn,..tapi ngga pernah ngeluk kesah…..jalanin aja sudah bersyukur di kasih sehat…yang penting jangan keluar dari koridor yang ada……..santai aja…toh sampai sekarang juga masih aktif…masih semangat…kerja……tenang aja.

          2. SETUJU… dgn SETAGU… prinsip hidupku jga tak perlu pegang duit banyak…n yg penting PAS-PAS pun tak apa: PAS perlu SPP anak ada; PAS perlu buku ada; PAS ingin makan ada; PAS mau beli roko jga ada; pkoke PAS perlu PAS ada… Amin YRA

  32. Akibat OTODA PNSD di sebagian daerah yang PAD kecil gigit jari, perbedaan pendapatan ini akan membuat menurunnya kinerja PNSD, ini sebenarnya masalah besar kalau saya memandang, pemerintah harus bertindak, sebaiknya berhubungan dengan keuangan PNSP dan PNSD harus dikelola oleh pusat, tugas daerah mendistribusikan kepada masing-masing PNS ?ª?? menjadi haknya sehingga tidak ada perpedaan pendapatan, kedepanya tidak ada lagi jendral daerah berkata PAD tidak cukup membayar kesra PNSD, perlu juga disampai kan disi kepada teman PNSD bahwa Remonerasi PNSP lebih besar TKD DKI, utk PNSP gol 3 D jabatan kasubag sama tunjangannya dengan TKD PNSD gol 2 A DKI, bisa dilihat pada tabel tukin 10 besar provinsi dan tabel remonerasi PNSP

  33. Gaji naik tp gak merasakan ,e e eh katanya ada uang
    makan dan bahkan sdh naik tp kenyataan gak terima…lah trs piye yoo???//

      1. kalo kenaikan uang makan itu buat pns pusat,,setau saya gitu ,,,,kalo pemda kebijakan daerahnya masing2 kaya tunjangan daerah ,,beda2……cmiiw

  34. Naikgaji naik tp gak merasakan ,e e eh katanya ada makan dan bahkan sdh naik tp kenyataan gak terima…lah trs piye yoo???//

  35. PEMERINTAH KACAU . . dlm PNS aja gak ada ke adilan…. Tergantung APBD matilah PNS yg tinggal di daerah MINUS apbd…. Ada beberapa TUNJANGAN yg ga di dapat…bila di daerah kaya ada yg dpt tunjangan uangmakan…yg miskin apbd. ..NGIMPI DAN GIGIT JARI…kembalikan ke sistem sentral dong mbah presiden dan bos2 dpr.. Pns aja gak ada keadilan merata.. Jangan harap keadilan rakyat tercipta.. NGIMPI.COM. jk gak mampu nglelo negara. Sekalian biar negara di klola orang2 inggris to amerika ja bos…mereka2 jago tuh nglola negara. .gak banyak ngomong kerja pada nyata.

    1. Yang bikin kacau in koq malahan Pemerintah dan DPR yagn katanya dewan terhormat ya???? bikin PP dan pengesahan kya gak bertanggung jawab aja kalo menyangkut kepenting rakyat(khusunya PNS) coba kalo kenaikan gaji tunjangan anggota dewan dan pejabat tingkat atas, asal ada fee nya semua gampang diatur…..busyet dah…..jangankan Rakyat kecil….lha orang yg bekerja di PEmerintahan aja dikibulin juga….hadeeeeehhhh !!

  36. SBY… TOLOOONG.. DANA BPJS KAPITASI PUSKESMAS TIDAK CAIR KE PUSKESMAS HINGGA SAAT INI TANGGAL 11 MEI 2014 DARI JANUARI 2014 TOLONG DI CEK PIHAK BPJS MENGENDAPKAN DANA N MEMBUNGAKAN DANA DI BANK… SILAHKAN CEK KE PUSKESMAS TERDEKAT YG MEMANG DANA BPJS TIDAK CAIR..

  37. Tinggal du?ù yaaa perpresnya, kue berangkat dulu ke philipina, biasa… membahas hubungan kita dengan negara-negara ASEAN, ntar kue turun dari tahta tidak diperkenankan lagi naik pesawat kpresidenan, sabar yaaaa…, ntar kue pulang dari pilipina. Ntak tandatangani perprenya kalau nDaªªk ?y??a??a??? tungu aja penganti kue, ?ª?? menaikan gajinya.

  38. Sekedar berhitung :
    Pendapatan Gaji PNS Gol II MK 10 thn dengan 2 anak sekitar Rp. 2.600.000,-an
    Uang Makan per bulan sekitar Rp. 550.000,-
    (belum remunerasi)
    Total : Rp. 3. 150.000,-

    Belanja-Belanja :
    Cicilan bank (Rumah) = Rp. 1.500.000
    Makan 50.000 x 30 hr = Rp. 1. 500.000
    Daya dan Jasa = Rp. 300.000
    Biaya Pendidikan anak = Rp. 300.000
    Kebutuhan anak (jajan + susu ) = Rp. 500.000
    Biaya2 tak terduga = Rp. 250.000
    Biaya lain-lain = kalo ada

    => Sebentar, saya hitung sisanya (Pendapatan – Belanja) = berapa???

      1. Pak atau bu edm135 sekarang punya mobil gampang bisa kredit kalau pns punya mobil bagus paling juga nyicil karena dp nya ke jangkau…..dp 20 jt aja bisa punya mobil bagus……..coba aja lihat guru2 sekarang sudah punya mobil layak……jaman sekarang mah serba gampang…..kerena punya cicilan……………hehehe asal berani aja.

      2. pak/bu edm135, bisa jadi pns yang sudah bersertifikasi, sudah beremunerasi, atau punya jabatan struktural atau … pns yang mau ko****i (eh, maaf suudzon).
        Yang diatas pns yang biasa-biasa, biasa mengabdi biasa melayani biasa jadi kaki.

      3. bisa jadi PNS yang punya mobil mewah juga didapat dari harta warisan orangtuanya koq, gak mesti dari kredit ataupun hasil korupsi………….

        1. Iya betul pak m.iqbal..mungkin saja dari warisan……orang tuanya dulu kaya……..jadi ngga mesti dari kreditan ya……..ya tapi kan jaman sekarang mudah didapat asal berani aja…..da menjalankan hidup jaman sekarang tergantung orang2nya……

    1. MAAF PRESIDEN INDONESIA BODOH TIDAK BISA NGITUNG… PNS DIBIKIN PUSING N SENGSARA… PNS HARUSNYA DEMO MOGOK BERSAMA SELAMA 5 HARI…

  39. harusnya pns maklum lahhh…penguasanya udah ambrukkk ya di ambrukin juga sistemnya melalui pns2nya. itu biasa strategi2 seperti itu. besok2 ya kaya gitu lagi…kan kepentingannya sudah terpenuhi semua, baik kepentingan pribadi juga golongannyaaaaa….tul gak tul gak? kl gak ya salah gitu aja kok repot. Indonesia gitu lohhh….

  40. Hadehh…. Kalo menurut HITUNGAN gue, GAJI jadi PNS dari muda sampe Pensiun DIBANDINGKAN dgn GAJI Anggota DPRD Selama 5 thn HASILNYA BANYAKAN jadi ANGGOTA DPRD 5 thn bro.. Kerjaanya bikin Aturan2 yg gak jelas… INILAH PEMBOROSAN SEBENARNYA…. HARUSNYA orang yg JADI ANGGOTA DPR DIBATASI HANYA 2 PERIODE… krn Jadi PEJABAT NEGARA yg lain jg DIBATASI 2 periode.. tapi berhubung yg bikin aturan DPR/D sendiri ya dibikin seEnaknya mereka sendiri… payah…gak fair play….!!!

  41. Partai??? hampir tdk ada partai yg menampung aspirasi PNS… sedangkan PNS terutama PNS Daerah adalah ujung tombak pelayanan yg bersentuhan langsung dgn masyarakat pedesaan, yg melayani, membantu, memperjuangkan mssyarakat utk hidup sejahtera, sehat dan berpendidikan. Tapi para pejabat pemerintah atau kepala daerah dan Anggota Dewan enggan mensejahterakan PNS nya dgn berbagai alasan, ada yg alasan Anggaran Daerahnya Defisit tapi utk beli Mobil Dinas yg seharga minimal Rp 250jt utk asisten2 kepala daerah dan Anggota Dewan nya UANGNYA ADA… Wah… Hanya memikirkan Partai dan koleganya sendiri….parah…

  42. KAMI TIDAK BEKERJA DGN SESEORANG ATAU SUATU PARTAI KAMI BEKERJA DENGAN RAKYAT HANYA DIINDONESIA SEMUA KENA PAJAK LALU KEMANA HASIL BUMI KITA

  43. Mangkanya kalian2 para PNS ndak tau diuntung!!! Udah tiap tahun dinaikin gajinya, tiap Juni dikasih Gaji 13’malah ada beberapa instansi dah remunerasi eeeee balasanmu malah ndak mau nyoblos demokrat…ya sana minta naek ama jokowi ama PDIP….

    1. Beneeeerr. Setuju bnget dgn pemikiran kamu.
      Tiap tahun dikasi naik gaji tapi gak ada terima kasihnya.

  44. Sy juga heran sih…kenapa uang makan/lauk pauk diktrku sll danax cair ditgl 20an bgt jg uang honor2 hilang tanpa sebab dan smtr dana remu…jan – aprl 2014 masih tanda ?…apa yah kendalax

  45. Muh.Darvin..Staf Pegawai UNM MAKASSAR…Kapan sih remunerasi 2014 dicairkan danax…jgn krn ngurusi caleg dan pilpres semua keuangan jadi amburadur

  46. Jujur saja …semakin tak simpatik dg pemerintahan sekarang …semakin kacau
    Mana buktinya Indonesia peringkat 10 dunia?

  47. ass.BAPAK PRESIDEN MAAF MAU BERTANYA SAMPAI BULAN MEI INI GAJIH PEGAWAI NEGERI KOK BELUM NAEK,SEDANG KEBUTUHAN POKOK SUDAH PADA NAEK DULUAN MAAF PAK PRESIDEN BERTANYA HANYA MENGINGATKAN KALAU-KALAU BAPAK LUPA KENAIKAN GAJIH PNS,BARU MENIKMATI GAJIH LUMAYAN CUKUP WALAU MASIH BANYAK KEKURANGAN WASSALAM. TERRIMA KASIH

  48. naik 6% bagi pns gol 2 spt sy berarti naik Rp 100rb nunggunya lama banget… sembako aja kenaikanya udah 20%… lama2 gaji udah gak cukupi utk kebutuhan hidup… wah…kerja jadi gak fokus karena hrs mikir cari uang dgn cara lain yg halal… aspirasi PNS daerah tidak tertampung nih…

  49. Gaji PNS naik dan harga-hargapun ikutan naik…Nah itulah susahnya kalau gaji PNS jadi patokan harga kebutuhan pokok di indonesia.
    Sebaiknya Pemerintah tidak perlu mengumumkan kenaikkan gaji karena akan mengakibatkan harga-harga pada naik dan yang lebih parah lagi akan menyengsarakan rakyat yang tidak mempunyai penghasilan tetap. Apabila kenaikan gaji PNS disesuaikan dengan tingkat inflasi..ya sebaiknya otomatis saja kenaikkannya berdasarkan tingkat inflasi pada saat itu..jadi ngak perlu digembar-gemborkan kalau cuma sekedar impas doang buat belanja PNS. Ada baiknya tunjuangan anak juga mesti dinaikkan masak cuma 2% doang ya ngak cukup…kalau bisa 10-15% besaran tunjangan anaknya. Selain itu kenaikkan gaji karana kenaikkan pangkat paling tidak tuh 15% dari gaji pokok dan gaji berkala 6% dari gaji pokok.

  50. Haiyah, gaji PNS naik tp Harga2 juga naik, lalu bagaimana dengan nasib orang2 selain PNS ato wiraswasta di negeri ini? Sebenernya Gaji PNS tuh gak pernah naik tapi cuma penyesuaian harga2.

  51. Pagi semua…yang punya comment2..pada intinya pemerintah kita sekarang amburadul…dan semrawut…….. punya ego masing2 …………tapi kalau berkarya tetep harus semangat……resikonya menjadi PNS…….bagaimanapun peraturan sudah tidak ada dampaknya…….makanya tenang aja….bagaimana yang pengatur penyelenggara pemerintah.
    Jangan dipikir nanti sutris alias setres.

  52. Apalagi yang mau dipikirkan tentang gaji PNS oleh SBY bentar lagi lenser dari tahta, presiden kita itu wibawa saja yang di tonjolkan, tapi tidak melihat apakah tanggung jawab pekerjaan selesai apa belum setelah saya turun dari tahta, buatlah kesan yang terbaik buat masyarakat indonesia umumnya dan PNS khususnya sehingga akan dijadikan sejarah panjang yang selalu dikenang orang sepanjang masa harapan baru mudah-mudahan preseden yang akan datang ada semacam perubahan dan janganlah seperti presiden saat ini yang cuma menonjolkan pencitraan tapi lamban menarik lokomotifnya untuk bekerja akibatnya semua sistem ketatanegaraan tidak maksimal

  53. beginilah jadinya kalau presiden terpilih berasal dari partai politik,jika partai politiknya tumbang presidennya galau,saran saya kedepan nanti jangan pilih presiden yg berasal dari partai politik pilih yg dari profesional

  54. Para pejabat Mementing kan kepentingan diri sendiri,sibuk ngurus pemilu mungkin,tdk sadar kepentingan jutaan nasib pns itu harus nya sdh merupakan amanah dan kewajiban yg harus segera diselesaikan,.#kecewa_salam untk para pemimpin negara

  55. Para penyelenggara pemerintahan sibuk dgn urusan politik sehingga mengabaikan program pemerintahan yang sdh di setujui.
    Bukti nyata……sdh di depan mata, PP kenaikan gaji PNS 2014 terabaikan sampai saat ini.
    Semoga nurani mereka secepatnya kembali ke urusan pemerintahan yg di bengkalaikan ini.

  56. Semoga aja pejabat2 disana (dan juga presidennya) menyadari, bahwa PP kenaikan gaji ini menyangkut hajat hidup org banyak, dan ditunggu oleh jutaan PNS di seluruh Nusantara..
    Sehingga penerbitannya bisa pasti dan cepat, sebelum Juni..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.