PP 48 Tahun 2013 – Gaji 13 Bisa Dibayarkan Juni

Post On: 24 June 2013
By:
June 30, 2013

Hampir berbarengan dengan kenaikan BBM, pemerintah tanggal 20 Juni 2013 menerbitkan PP Nomor 48 Tahun 2013 tentang pemberian gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga belas dalam TA 2013 kepada Pegawai Negeri, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun/Tunjangan.

Dengan dikeluarkannya PP ini berarti pembayaran gaji 13 sudah dapat dilakukan. Tinggal menunggu petunjuk teknis atau Surat Edaran dari Dirjen Perbendaharaan (khusus untuk K/L pusat).

Poin penting dalam PP No. 48 Tahun 2013 :

  1. Besarnya gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga belas adalah sebesar penghasilan sebulan yang diterima pada bulan Juni 2013.
  2. Pemberian gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga belas dapat dibayarkan mulai bulan Juni 2013.
  3. Tunjangan yang tidak dibayarkan atau tidak termasuk dalam penghasilan adalah tunjangan bahaya, tunjangan risiko, tunjangan pengamanan, tunjangan profesi, tunjangan khusus Guru dan Dosen, tambahan penghasilan bagi guru PNS, tunjangan kehormatan, tunjangan Papua, tunjangan khusus pulau kecil terluar / perbatasan, insentif khusus dan tunjangan lain yang sejenis dengan tunjangan kompensasi/bahaya serta tunjangan/insentif yang bersumber dari PNBP.

Unduh PP No 48 Tahun 2013 – Gaji 13 PNS

Update: Juknis pelaksanaan pemberian gaji 13 telah terbit.

Kemenkeu sudah mengeluarkan Petunjuk teknis pembayaran gaji 13 tahun 2013 dengan terbitnya PMK No 92/PMK.05/2013. Bendahara Satker bisa mengajukan SPM gaji 13 ke KPPN dengan menggunakan aplikasi GPP yang telah diupdate.

Bila ada kesulitan mengunduh PMK-92/PMK.05/2013 dari situs perbendaharaan, silahkan unduh di sini (file size hanya 44 Kb).

 

56 comments on “PP 48 Tahun 2013 – Gaji 13 Bisa Dibayarkan Juni

  1. walaupun saya masi mahasiswa..
    Saya turut senang.. dehh…
    Semoga PNS di indonesia makin berkulitas..
    Dan semoga tidak ada lagi budaya sogokmonyogok untuk menjadi PNS, agar2 benar orang yg berdedikasi yang seharusnya jadi PNS. :)

  2. sampai hari ini KPPN belum mau mencairkan karena belum ada juklak/juknis pembayaran dari menkeu/dijen PB. padahal di PP 48 pembayaran dilakukan Juni… hiks hiks..

  3. Ini Sudah Bulan Juni mao menginjak bulan juli,ko sampai sekarang belum di cair-cairkan juga??????gaji 13 kegunaannya untuk biaya keperluan anak sekolah???????

  4. gaji nambah? minimalisir jumlah korupsi dan maksimalkan anggaran negara dan maksimalkan penerimaannya karena semua bergantung jumlah anggaran pusat atau daerah

  5. karyawan swasta, org jualan dipasar, pengamen, rakyat kecil ada gaji ke-13 dak kpn, pemerintah itu klau buat aturan kok dak mikir rakyatnya, cuma mikir dirinya sendiri.

  6. dg adax gj. ke 13 bisa membntu putra/putri kita maju kejenjang pendidikan yg lebih tinggi,ok. makasih. :roll:

  7. Alhamdullilah bisa nambah untuk bayar anak sekolah jadi nga ngutang banyak , abis biaya sekolah pada mahal coba kalo biaya sekolah murah bisa beliin baju, tas , buku, sepatu baru biar si anak semangat terus sekolahnya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  8. kenapa update datanya cuma PNS melulu sih, aq dah cari2 info terbaru kapan rapelan pencairan kenaikkan gaji tni cair & gaji ke 13 cair kok gak ada, mungkin ada yg bs kasih informasi sampai detik ini belum ada yg cair, padahal tgl 4 juli harus daftar ulang, gaji udah kepotong cicilan rumah 3,5 jt, pusing deh…. :(

    • Semua aturan yang mendukung sudah lengkap spt PP, Juknis/PMK. Berarti semua tergantung pada kecepatan Bensatker setempat untuk mengajukan ke KPPN.
      Perlu diketahui TNI per 1 Juli ini mekanisme pelaksanaan anggaran spt pemabayaran dll harus melalui KKPN, berbeda dengan sebelumnya melalui Pekas.
      Mungkin saja perpindahan ini ikut berdampak pada keterlambatan pembayaran gaji 13

  9. yg sudah berima bisa ucap Alhamdulilah, tp yg blm nerima sabar ya , . . . ya … ya … ya … takan lari gunung dikejar walau sudah masuk pertengahan bulan Juli 2 Kab Ketapang Kal Bar blm cair sabaaaaarrr he he he . . .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>