Inilah 23 K/L yang Diusulkan Menerima Tunjangan Kinerja Tahun 2013

Post On: 21 March 2013
By:
In: Opini
March 21, 2013

Sebelumnya dalam tulisan 39 K/L Penerima Remunerasi telah dibahas 16 K/L awal yang sudah dilaksanakan verifikasi lapangan oleh Tim Teknis Unit Pelaksana Reformasi Birokrasi Nasional (UPRBN).

Dari ke-16 K/L tersebut hanya Kemenpora yang tidak diusulkan untuk mendapatkan tunjangan kinerja pada tahun ini. Artinya penilaian akhir Kemenpora belum memenuhi passing grade atau skor parameter yang sudah ditentukan (Kasus Hambalang menjadi faktor yang berpengaruh).

Dalam perkembangannya ada tambahan 8 K/L yang diusulkan untuk mendapatkan tunjangan kinerja pada tahun 2013 ini, sehingga jumlahnya menjadi 23 K/L.

Berikut daftar 23 K/L yang diusulkan mendapatkan tunjangan kinerja pada 2013:

1. Kemenlu 13. Kemenakertrans
2. Kemendag 14. BAPETEN
3. Kemenkes 15. Kemen P U
4. Kemendikbud 16. Kemenkominfo
5. Kemnparek 17. BMKG
6. Kemenhut 18. Bakorkamla
7. Kemendagri 19. BNP2TKI
8. Wantannas 20. Kemen PDT
9. LAPAN 21. Perpusnas
10. Kemen K P 22. BIN
11. Kemen L H 23. Setjen DPR
12. Kemenhub

Sumber

Bedakan antara usulan tunjangan kinerja dan proses reformasi birokrasi, pengusulan tunjangan kinerja berarti tahapan proses reformasi birokrasi sudah melalui verifikasi lapangan.

Mengacu pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kepastian pemberian tunjangan kinerja pada 23 K/L tersebut akan diketahui pada pertengahan atau akhir tahun.

Kita refresh lagi mekanisme penetapan tunjangan kinerja (ini berlaku bagi K/L hasil score
verifikasi lapangan-nya disetujui untuk diberikan tunkin):

  1. Menteri PAN dan RB selaku Ketua TRBN akan mengirimkan surat ke Menteri Keuangan untuk menyampaikan K/L yang sudah diverifikasi lapangan dan sudah memperoleh Berita Acara Validasi Job Grading, disertai dengan lampiran hasil verifikasi lapangan dan Berita Acara Job Grading.
  2. Kementerian Keuangan membuat simulasi besaran tunjangan kinerja pada masing-masing jabatan dan dampak anggarannya, dan menyampaikan kepada Ketua KPRBN untuk dibahas dalam rapat KPRBN. KPRBN menetapkan besaran tunjangan kinerja
  3. Kementerian Keuangan menyampaikan surat kepada:
    a. DPR-RI mengenai penganggarannya;
    b. Menteri Negara PAN dan RB/Ketua TRBN mengenai besaran tunjangan kinerja masing-masing grade untuk diproses Perpresnya.
  4. DPR RI melakukan pembahasan alokasi anggaran: Jika K/L dapat memenuhi seluruh anggaran tunjangan kinerja dari hasil efisiensi/optimalisasi anggarannya, maka pembahasan dapat dilakukan oleh K/L dengan Komisi DPR yang terkait. Namun bila diperlukan tambahan anggaran, maka pengajuan harus dilakukan oleh Menteri Keuangan kepada Badan Anggaran DPR.

103 comments on “Inilah 23 K/L yang Diusulkan Menerima Tunjangan Kinerja Tahun 2013

  1. selaras dengan list 23 K/L (lampiran und.90/ag/2013 tgl 19-2-2013 tentang sosialisai pemberian tunkin dari kemkeu)…. semoga terwujud.. sya seorang yang merasa beruntung dengan reformasi birokrasi, sebab bisa masuk kerja lebih telat 7.30 usai 16.00.. sebelum RB saya masuk 6.00 usai 18.00.. haha hidup RB.. semangat..

  2. Paaa… mana remun kesehatan ? kerja 24 jam nichhhh… nangani penyakit setelah (pasca) banjir, bencana alam longsor di daerah daerah kok ga di perhatiin KETERLALUAN… apa yang sakit mesti ditunda atau dibiarkan… sementara aku sebagai PNS kes daerah punya anak dua ingin kuliah saja SUSAH biayanya, aku jadi sedih sebagai PNS kesehatan daerah, ingin nguliahin anak saja ga mampu…. PEMERINTAH GIMANA NIII…. (SIAPA YANG NGATUR PEMERINTAH INI?…) KACAU TAU…

    • Sudahkan Kementerian Kesehatan mengusulkan Reformasi Birokrasi, jangan2 dari instansi Anda sendiri tidak ada niatan. Remunerasi itu tidak diberikan tapi diusulkan instansi masing2

    • Yang paling logis bagi RSUD menurut saya adalah menerapkan remunerasi intern, kalau mengandalkan APBD masih blm memungkinkan apalagi bagi daerah yg PAD-nya pas-pasan.
      Tunjangan kinerja atau remunerasi juga akan menjangkau seluruh PNS baik pusat maupun Pemda, namun memang prioritas K/L dulu kendalanya pasti sdh tahu soal ketersediaan anggaran.

  3. baca berita ini sebenarnya optimis kalo mo dapet Remun. tapi ada berita bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan Anggaran untuk Remun kurang, jadinya masih ga jelas dapat atau enggak. terus ada berita jg bahwa kenaikan gaji 7% untuk PNS juga batal. ya akhirnya jadi tidak terlalu berharap. Dapat Alhamdulillah, ga dapat ya Sudahlah mo gimana lagi

    • Soal anggaran makanya ada pembahasan dengan DPR, kalau realokasi dari DIPA kementerian tidak memungkinkan akan ada tambahan dari pos BA 999.
      Soal kenaikan gaji, anomali dari tahun2 sebelumnya PP kenaikan gaji biasanya diterbitkan pd bln Februari.
      Jgn khawatir sdh dialokasikan dlm APBN 2013, memang PP sbg payung hukumnya belum keluar. Info April yad PP akan terbit.

    • soal anggaran kurang tc biasa,, k/l yg laen pun pny mslh yg sama,, kl dpikir2 23 k/l mas,, mau diremun,, bkn hny Kemen KP sj,, ujung2nya spt djelasn mas setagu yaitu melalui pembahasan DPR,, yg 23 K/L it pun baru DIUSULKAN (artinya blm fix disetujui)…

    • nah kaya bp.sunarto dong…jgn berharap dr sesuatu yg blm jelas…alhamdulillah kita msh di beri kesehatan sehingga kita msh dpt melaksanskan pekerjaan dan msh terima gaji 😀

      • yang penting perpresnya kapan turun ??? TMT nya mulai kapan ??
        Kalau perpresnya belum ditandatangani ya semua masih bisa berubah

  4. kita tunggu info nya di bulan juli mudah”an ada kabar baik kalaupun sampe juli blm cair jg bisa jadi seperti yg sudah duluan terima di bulan desember jd sabar n berdo’a saja

    • ya enggaklah,..kan kalo uda dapet tunjangan profesi maka tunjangan kinerja dibayarkan selisih antara tunjangan kinerja dengan tunjangan serdos,..enak aje,..emang uang sapa dihambur2in gtu,.. 😀

  5. Kalo mengacu peraturan yg ada, dosen mendapat remunerasi berupa jalur tunjangan sertifikasi. Namun bisa juga tergantung kebijakan instansi dan ketersediaan anggarannya.. Ada kesepakatan berupa berita acara tersendiri antara instansi dan kemenpan..

  6. maap ye bang Stagu, inpo ne dari mane bang..?
    bisa diyakini kagak kebenarannye..?? 😆
    makasih ye bang..
    salam remon 😳

    nb. jgn lupa dijawab abang Stagu nyang baik hati 😉

  7. Janji pemerintah menaikkan gaji 7 % pada tahun 2013 mana ? Omong kosong doang… tanda tanda pemerintah mau bubar ya kaya begini…

      • kata siapa naik ????
        bandingin dengan inflasi dong, kalo lebih besar inflasi berati gaji kita turun. Itu cuman bahasa politis aja yang bilang kalau gaji kita naik 7%, padahal sebenarnya nilai gaji kita turun 😀

  8. Jangan lupa bersyukur dan jalani amanah untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya..agar apa yang kita terima menjadi halal dan baik.

  9. mas setagu kalau tidak keberatan bisa tidak dibuat tabel dari seluruh kemetrian dan lembaga itu statusnya apa saja, yang sydah dapat remunerasi, yang dalam proses verifikasi, ataupun yang baru mengusulkan reformasi birokrasi, biar bacanya jelas, kalau cuma 23 kl ayau 19 kl atau 40 kl khan rancu apalagu datanya ada yang beda beda. Tks

    • setuju banget karena kami sudah terima renumerasi 2012 tapi tindak lanjut di 2013, lambat banget….sejak Januari s/d april 2013 renumerasinya belum dibayar padahal setiap hari sudah dituntut pagi2 berangkat tinggalin anak….

  10. Naik gajih 7% apa artinya jaman gini, terus diributin lagi, dipake makan sehari aja Habisss… Anak gua mau kuliah saja ga bisa…. DASAR PEMERINTAH NGATURNYA KAYA AJING kerja gua asal”an saja…

  11. inilah tanda2 pemerintah tidak punya perhatian dgn kehidupan Agama d negara RI, Kemenag Udah sejak 2010 mengajukan Usul ke Menpan, tapi sejak itu pula selalu ditolak dgn alasan ini dan itu,,, pdhl mereka tidak pernah berfikir bahwa mulai sejak saat mereka lahir sampai mereka Meninggal Dunia yang mengurus masalah keagamaan mereka siapa???

  12. Bapak Setagu, saya seorang dosen pns yang sedang tugas belajar di luar negeri. Apakah ada kemungkinan saya mendapatkan remunerasi ini? Saya mendengar teman-teman satu sekolah yang mendapat tugas belajar dari kementrian pertanian dapat 75% remunerasi dari yang tidak sekolah. Terima kasih atas informasinya.

  13. setelah mengikuti sosialisasi remun, lebih tepatnya namanya bukan TUNJ KINERJA melainkan TUNJ FUNGSIONAL TAMBAHAN. krn tunj tsb diberikan mengacu pd jab fung bukan pd kinerja.

  14. Mimin,
    Info donk untuk KL yang sudah terima renumerasi sjak 2012, kapan renumerasi januari – april 2013 dibayar? sampai skrg belum ada kejelasan pembayaran. katanya mau mensejahterakan pns tapi knp jadi gini ya? semuanya serba lambat karena sistem tidak dipersiapkan dulu. kelihatan antara programnya Menpan dan Menkeu tidak sinkron.

    • untuk 20 K/L yang remunerasi mulai 2012 masih harus sabar, coz anggaran remunerasi ternyata masih ada di BA 999 (BUN) jadi masih harus koordinasi dengan kementerian keuangan dulu..

  15. Infonya Pak Bos…., kapan turun reminerasi 23 K/L yang diusulkan tahun 2013 ini, ditunggu jawabannya, terima kasih

  16. Assalamualaikum pak setagu, maaf mo nanya kalo PNS di Kantor Camat kan masuk Kemendagri, apa brarti udah ada harapan dapet remun??? 😆

  17. Smoga dengan pake tunjangan kinerja bisa lebih adil, mudah2an ga sama dengan tunjangan struktural kerja ga kerja tunjangannya sama, hidup Reformaasi Birokrasi…… smangat………..

  18. remunerasi ada yang telat belum dibayarin nanti kalo dibayarin ada bunganya donk, seperti kita telat bayar listrik , bayar pajak stnk telat dikit kena denda/bunga, adil ngga bung setagu…? pemerintah ngasih contoh yang brengsek enak sendiri saja…

  19. mau remunerasi naik dan maksimal? maka selamatkan uang dan pendapatan negara agar anggaran negara makin naik dan lanjutkan terus investasi agar dunia perbisnisan pesat sehingga menghasilkan jumlah pendapatan pajak dan retribusi yg besar

  20. Truz untuk kemenag kapan ???? Kita di kemenag sudah lama merasakan di anak tirikan…….padahal pemasukan ke negara kita menyumbang besar sekali. Bisa di bandingkan K/L lain yg sudah remunerasi. Masa pengabdian kita udah puluhan tahun dgn capeg di K/L ataupun bintara2 yg lulusan SMA ajja take pay home kita kalah jauh. Mana keadilan utk Kemenag ????

  21. Ayo kita sambut remunerasi PNS daerah dengan senang hati, konsekuensinya Tingkatkan Kinerja sesuai tupoksi dan layani masyarakat dengan layanan prima dan jadilah PNS yang profesional dan beriman serta back to masjid bagi yang muslim. Semoga kita menjadi PNS beriman dan bersyukur. Amin

  22. Konsep sekarang pengajuan ke DPR hanya melalui satu pintu yaitu Kemenkeu bukan per K/L, jadi nanti semuanya akan jelas ketika sudah dibahas dengan DPR.
    Pengalaman kemarin bulan September pembahasannya, tunggu saja.

  23. Klw kemenag ga dpt tu jelas krn blm memenuhi standar reformasi, liat ja lah dr kantor pusat di jakarta sampe kantor KUA di kecamatan, byk mengalir uang haram, dr dana ibadah haji sampe buat nikah aja bayar krn pungli yg sudah jd rahasia umum…

    • cukup hadir, nulis, stelah itu santai2 PNS jabatan peneliti utama dpt 10 jt lbh, pen madya 7 jt lbh. PNS non jabatan fung walau tugas lbh berat dan ada hasil hanya dpt 3 jt-an. kalikan tiap bln selama berthn2. hasil penelitian gk sebanding dg gaji+tunjangan yg diterima.

        • Betul pak Setagu. mungkin systemnya yg kurang tepat, bahwa untuk bisa mendptkan keuntungan dan penghasilan yg lebih maka hrs punya jabatan (dlm hal ini yg saya maksud jab. fungsional). Maka PNS akan berbondong2 dan berusaha punya jab. fung. bukan lagi fokus pd kerja dan hasil. Salah satu akibatnya… penelitian/perekayasaan di ind. selamanya akan ketinggalan.

  24. PP 48 2013 GAJI 13 Bisa DIBAYAR BULAN JUNIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII

    • cukup hadir, nulis, stelah itu santai2 PNS jabatan peneliti utama dpt 10 jt lbh, pen madya 7 jt lbh. PNS non jabatan fung walau tugas lbh berat dan ada hasil hanya dpt 3 jt-an. kalikan tiap bln selama berthn2. hasil penelitian gk sebanding dg gaji+tunjangan yg diterima.

  25. yaaaa. …. nasib2, kami sebagai abdi negara sma dengan yang lainnya tak ada bedanya, tetapi kenapa dibuat berbeda ada yang mendapat kenaikan tunjangan ada yang tidak mendapat kenaikan, itu baru namanya kesenjangan sosial.
    Kami Fungsional Arsiparis/Pustakawan tak mendapat respon positif dari Pemerintah sudah bergelut dg barang rongsokan setiap hari, kertas yang penuh dengan debu yang bisa merusak paru2 seorang arsiparis, malah tunjangannya tak juga mendapat respon/tdak mendapat kenaikan. Tetapi kami masih bersyukur masih tetap bersemangat bekerja.
    Alhamdulillahirabil alamain.

  26. adil atau tidak memang tergantung kebutuhan masing masing,..seperti kebutuhan pendidikan yg tk takan Pernah sama antara sd,..smp,..smu atau perti,…mungkin yg perlu kita sadari bahwasanya tanggung jawab sebegai PNS adalah rasa hidup kita pada manfaatnya Kembalikan Pada Hakekatnya Hidup,..Kemudian Pertannyaan yg terjadi Begini "KENAPA 10.rb lebih BERHARGA ketimbang 100 rb?whay???,..go to back my heart.,..Keluhan MANUSIAWI,…Tapi Keluhan Juga Sama DEngan Memprotes "TUHAN YME"

  27. Prilaku Reformasi Birokrasi sudah menjadi bagian dari budaya kerja di kantor kami, namun nyatanya tunjangan kenerja justru yg bikin masalah tertatih-tatih gerakannya…..ternyata yang tidak baik kinerjanya SIAPA ??????. Hayo, perlu evaluasi diri bagi instansi yg bertanggung jawab atas ketidak lanjacan keluarnya tunjangan kinerja tsb……JANGAN CUMA BISA NGATUR ORANG LAIN SAJA

  28. yang namanya rezeki tak akan pernah tertukar. besar kecil rezeki tergantung kita mensyukurinya. Banyak sedekahlah biar banyak pula rezekinya

  29. KAYAKNYA TERJADI KESENJANGAN SOSIAL DIKALANGAN PNS, YG SATU BEGITU DIMANJAKAN DENGAN BERMACAM TUNJANGAN, TAPI YG LAIN SEAKAN DILUPAKAN, PADAHAL SAMA-SAMA NGURUS PEMERINTAHAN, MARI LIHAT APBN ADA YG POYA-POYA DISANA, BICARA MUTU DAN KESUKSESAN LIHAT DILAPANGAN, BICARA MENIPUAN, KORUPSI, DAN PUNGLI PERHATIKAN FAKTA DILAPANGAN, JANGAN HANYA BERDASARKAN LAPORAN-LAPORAN DAN ADMINISTRASI YANG SEMUA ITU BISA DIREKAYASA, MARI TEGAKKAN KEADILAN.

  30. Bagi pns yg hanya dikibuli dengan janji-janji remonerasi sudah waktunya untuk ambil pensiun dini, percuma capek-capek dan cemburu sosial, kerjanya sama, tapi penghasilan jauh beda, makanya lebih enak gak kerja, tapi masih terima pensiun, otak jadi fresh, tanpa beban-beban dan aturan yang kian hari kian mempersulit, enakan urus kebun, udara segar darah jadi lancar.

  31. ENTAH KAPAN REMUNERASI KEMENAG KELUAR, NASIB….MAMI SAJA SUDAH 3 BULAN BELUM CAIR…MALANGNYA NASIB INI…MEREKNYA “PNS PUSAT”? KENYATAANNYA DIDALAM? HA HA HA HA….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>