Batas Usia Pensiun PNS Akhirnya Menjadi 58 Tahun

Pemerintah dan DPR RI sepakat bahwa batas usia pensiun (BUP) PNS menjadi 58 tahun. Usia pensiun yang baru ini berlaku menyeluruh untuk PNS golongan I sampai IV.

Ketentuan ini sudah masuk dalam Rancangan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara yang rencananya akan di sahkan dalam rapat paripurna DPR tanggal 19 Desember 2013.  Ada empat RUU yang akan disahkan pada masa sidang 2012-2013 yang berakhir pada paripurna nanti yaitu RUU ASN (Aparatur Sipil Negara), RUU Perindustrian, RUU tentang Perubahan UU No.30 Tahun 2004, dan RUU Desa.

Perubahan BUP ini sebenarnya cukup mengagetkan karena dalam Draft RUU ASN terakhir (21 Oktober 2013), pemerintah bersikeras bahwa batas usia pensiun (BUP) PNS untuk jabatan administrasi tetap 56 tahun. Pertimbangan kemampuan keuangan negara menjadi alasan pemerintah menolak perpanjangan BUP PNS tersebut. Sejak awal dalam draft RUU ASN yang disusun DPR, sebenarnya batas usia pensiun (BUP)  sudah direncanakan menjadi 58 tahun.

Namun perkembangan terakhir tadi malam (16 Desember 2013) rapat Panja RUU ASN seluruh fraksi dan pemerintah akhirnya sepakat menyetujui BUP PNS bertambah dua tahun.

Dari penjelasan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar, konsekuensi penambahan BUP menjadi 58 tahun sudah diperhitungkan oleh Menteri Keuangan. Meski BUP bertambah namun ada syarat-syarat yang harus dipenuhi setiap pegawai dan tetap memperhitungkan kompetensi masing-masing pegawai.

Wamen PAN- RB Eko Prasojo mengungkapkan penambahan BUP dua tahun bagi seluruh PNS merupakan langkah pemerintah untuk memperpanjang pembayaran pensiun. Sebab, bila tetap di angka 56 tahun, pembayaran pensiun akan semakin membengkak.

Dalam RUU ASN penambahan batas usia pensiun juga diberlakukan untuk jabatan eselon I dan II menjadi 60 tahun. Sementara untuk jabatan fungsional, usia pensiun disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan. Seperti diketahui dalam beberapa tahun terakhir rata-rata batas usia pensiun jabatan fungsional sudah ditambah menjadi 60 tahun, dari sebelumnya 58 tahun.

Update, 8 Januari 2013

Sesuai amanat UU ASN, seluruh PP dan Perpres sebagai Peraturan pelaksanaan dari Undang-Undang ini harus ditetapkan paling lama 2 (dua) tahun terhitung sejak Undang-Undang ini diundangkan.

Daftar Perpres dan PP yang dipersiapkan pemerintah:

PP dan Perpres Pelaksana RUU ANS

 

Pensiun 1 Februari 2014 Otomatis Diperpanjang

Berdasarkan ketentuan paling lambat 30 hari setelah disahkan DPR, suatu undang-undang sudah berlaku meskipun belum ditandatangani Presiden. UU ASN disahkan DPR pada tanggal 19 Desember 2013 sehingga berlaku mulai tanggal 19 Januari 2014.

Batas Usia Pensiun PNS sesuai Pasal 90 adalah 58 tahun bagi pejabat Administrasi, dengan pemberlakuan UU ASN per 19 Januari 2013 berarti PNS yang pensiun per 1 Febuari 2014 ke atas, otomatis usia pensiunnya diperpanjang dua tahun lagi

Petunjuk teknis tentang aturan Pensiun PNS yang baru, akan diterbitkan oleh BKN berupa Surat Edaran Kepala BKN (sumber)

Baca Juga:

99 Comments

  • FARIDA
    December 17, 2013 - 8:37 pm | Permalink

    YAH… ALHAMDULILLAH BISA NAMBAH SUMBANGAN PIKIRAN KE NEGARA

  • ray
    December 18, 2013 - 7:39 am | Permalink

    UU ASN supaya diberlakukan per 1 Januari 2014 utk mempermudah adm kepegawaian dan keuangan. PNS mengapresiasi kinerja DPR RI dan Kementrian PAN dan RB

  • ary
    December 18, 2013 - 7:45 am | Permalink

    °=-?..???..=-?°

    _/ \_

  • juhansyah
    December 18, 2013 - 8:00 am | Permalink

    Tanggapan : manut negara ditambah atau dikurangi ga masalah bagi saya. Pak Setagu, mohon dengan sangat berita tentang kenaikan remunerasi TNI di tahun 2014 sebab informasi dari Anda joss gandoss. Matur nuwun

  • mas fai
    December 18, 2013 - 8:37 am | Permalink

    Alhamdulillah

  • December 18, 2013 - 2:32 pm | Permalink

    kami pertanyakan BUP 58 tahun bagi pns batas kelahiran tahun berapa????, atau bagi semua pns yg per 1 jan 2013 yang belum pensiun

  • December 18, 2013 - 3:15 pm | Permalink

    hanya pns2 yg goblok yg setuju dgn keputusan ini, inikan cuma menguntungkan pns yg punya jabatan doang, merekalah yg gencar mengusulkan hal ini, dikarenakan mereka itu takut kehilangan jabatan dan takut jatuh miskin bila sdh pensiun.

    • mas fai
      December 18, 2013 - 4:01 pm | Permalink

      jangan buruk sangka dulu bos. Insya Allah BUP 58 tahun untuk kemashlahatan kita semua bukan cuma pns. Amin

  • bandung
    December 18, 2013 - 4:27 pm | Permalink

    Lu mah co hanya segelintir orang yg sirik yg ga bs jd pns watir nya tah jalma kudu dipodaran..

    • Agus Hadi Setiawan
      December 18, 2013 - 4:39 pm | Permalink

      Betul bgt.

  • Agus Hadi Setiawan
    December 18, 2013 - 4:27 pm | Permalink

    Admin@ Contoh kasus nieh Pak, kalau TMT pensiun per 1 maret 2014 gimana….???
    apakah ditambah 2 th lagi Pak…?? trims impo’y.

    • Basir
      December 28, 2013 - 6:24 am | Permalink

      Mas coba baca pada ruu asn pada bagian Ketentuan Penutup distu disebut bahwa bup 58 thn hanya berlaku bagi pns yang diangkat per January 2013, Jadi Lucu ya.. Pns yg nantinya 30 thnan baru pensiun … Hehehe itulaaaaah iiiiindoooonesia.. Hehehehe

      • ASN
        January 9, 2014 - 1:40 pm | Permalink

        ketentuan penutup di pasal berapa yg menyebutkan…. ?????!!!!!
        mgkn mlh anda yg lucu…..

  • mega
    December 18, 2013 - 4:58 pm | Permalink

    Kita ikutin aja keputusan pemerintah apapun itu,,,yg penting sudah saaah jadi pns hese cuy asup pns teh

  • udin abidin
    December 18, 2013 - 10:46 pm | Permalink

    Setuju banget usia pensiun pns diperpanjang. Kinerja dan produktivitas pns akan semakin meningkat. Asalkan program RB dan SKP dilaksanakan dgn sungguh2 serta rekrutmen pns didasarkan pada kebutuhan nyata dan dilaksanakan secara fair.

  • December 19, 2013 - 9:36 am | Permalink

    siap siap KPK mengawasi

  • December 19, 2013 - 10:15 am | Permalink

    ya UU harus dipatuhi, walau sebenarnya sy jg udah jenuh jd pns,

  • mas fai
    December 19, 2013 - 12:56 pm | Permalink
  • nelly samson
    December 19, 2013 - 2:51 pm | Permalink

    kalo sk pensiun tmt bln pebruari 2013 dan sk pensiunnya sudah turun, gimana ya.? Apa sk penaiunnya d tarik l

  • Uing
    December 20, 2013 - 7:09 am | Permalink

    Kalo Sk pensiun sdh ada tpi tmt 1/1-2014, apa ditangguhkan dua thn lg…

  • December 20, 2013 - 7:12 am | Permalink

    Kalo Sk pensiun sdh ada tpi tmt 1/1-2014, apa ditangguhkan dua thn lg..? Mohon penjelasan. Mksh.

    • asn
      December 20, 2013 - 10:50 am | Permalink

      itu kan baru disahkan, belum menjadi UU, persiapannya sampe dgn tahun 2015, klu UU sdh terbit dilihat aja mulai berlakunya kapan UU tsb.

  • December 20, 2013 - 3:05 pm | Permalink

    bingung sama asn ini.. gaji sama tunjangannya gi mana, naik apa tetep????

  • anjar
    December 20, 2013 - 11:50 pm | Permalink

    saya sbg PNS sangat tidak setuju unt memperpanjang usia pensiun.. Yg kita perlukan bg negara ini adl pelayanan masy oleh PNS..klo PNS tua tua, pemikiran udah kalang kabut..dan lbh mementingkan keluarga drpd mengabdi bg negara ini..seorang PNS harus enerjik, muda dan berwibawa bukan kriput, yg scra otomatis pemikiran kembali ke anak kecil..shg akan lbh baik klo usia PENSIUN PNS adl 50 th..

    • December 25, 2013 - 10:58 pm | Permalink

      Anda ini orang gila baru ya, justru yg muda msh memerlukan bimbingan dari tua, sinting kau

    • frans
      January 1, 2014 - 1:41 pm | Permalink

      kau sudah gila yaaaa???

      anjrit kau

    • faza
      January 18, 2014 - 4:02 pm | Permalink

      betuuul 58 ketuaan, lemoot, dan yang terpenting jangan biarkan generasi muda menunggu mengabdi untuk negara terlalu laaaamaaaaaaa…….

  • sontel
    December 23, 2013 - 6:04 pm | Permalink

    yg terhitung sebagai CPNS 2013 lah yg berhak pensiun sampai 58 tahun… Baru aja disahkan Desember. Semoga amanah.

  • medel heri purnomo
    December 26, 2013 - 1:26 am | Permalink

    Para PNS nggak usah pada galau
    Dalam UU ASN disebutkan :
    Pasal 88, 89 tentang pensiun dan BUP 58 th
    Pasal 125 disebutkan BUP 58 th untuk CPNS yang diangkat tmt. 01-01-2013
    gak usah galau dengan pensiun, yang sekarang udah PNS pensiun tetap menggunakan peraturan lama 56 th..
    Yang jadi masaalah sekarang th 2013 udah hampir habis, remunerasi 28 K/L kok belum cair……

  • mas fai
    December 27, 2013 - 3:50 pm | Permalink

    cuplikan berita di situs BKN : http://www.bkn.go.id/in/berita/2606-ketok-palu-ruu-asn.html
    ……..
    Setelah rapat Panja 9 Desember 2013, dilanjutkan dengan pembahasan oleh Tim Perumus dan Sinkronisasi, kemudian pada 16 Desember 2013 mendapat persetujuan Tingkat I di Komisi II DPR RI. Setelah dibahas dalam 10 kali masa persidangan, RUU yang semula terdiri dari 15 bab dan 134 pasal, berkembang menjadi 15 bab 141 pasal. ……

    Jadi RUU yg setuju disahkan terdiri dari 15 bab 141 pasal. Coba dilihat dulu konsep yang dilihat, yang 134 pasal atau 141 pasal.

    kalau RUU yang 141 pasal, pada pasal 125 tidak membicarakan tmt per januari 2013, jadi logikanya BUP 58 tahun untuk PNS yg masih aktif sampai juklak/juknis keluar. Ini hanya penafsiran saya saja Mohon penafsiran dari rekan2 terkait BUP PNS. apa untuk PNS yang aktif sekarang atau untuk cpns tmt 2013.

    http://www.bkn.go.id/attachments/2606_RUU%20ASN%20Yang%20Disahkan.pdf

  • mas fai
    December 27, 2013 - 4:03 pm | Permalink

    @sontel dan @medel heri purnomo, tolong dilihat lagi ya, draf ruu yg dilihat yg terdiri dari 134 pasal or 141 pasal. Insya Allah Yang kelak berlaku 141 pasal ya. Kalo draf ruu yg saya punya, pasal 125 tidak membahas TMT pegawai per 1 jan 2013, apa saya yg salah atau anda yang salah?

    tolong rekan-rekan yang punya penafsiran lain terkait bup, silakan disharing disini.

    link yg 141 pasal:

    http://www.bkn.go.id/attachments/2606_RUU%20ASN%20Yang%20Disahkan.pdf

    link yg 134 pasal:

    http://humas.kemsos.go.id/download/hubungan_antar_lembaga/peraturan_perundang-undangan/RUU_Tentang_Aparatur_Sipil_Negara.pdf

  • Kucing
    December 27, 2013 - 9:56 pm | Permalink

    @medel, di ruu asn terakhir yg terdiri dari 141 pasal, tidak ada pasal 125 yg membahas pensiun TMT per 1 jan 2013. Pasal 125 yg anda maksudkan ada pada draft lama (134 pasal).

  • Kucing
    December 27, 2013 - 10:33 pm | Permalink

    Draft UU ASN terakhir yg tdd 141 pasal yang bakal dijadikan UU, jadi bukan draft yg cuma 134 pasal. Tolong rekan2 diteliti lagi jika membaca naskah RUU ASN, apa terdiri dari 134 pasal or 141 pasal. Jadi saya berkesimpulan, bahwa BUP 58 tahun, diperuntukan untuk PNS saat ini (belum pensiun saat aturan teknis keluar), bukan utk cpns tmt 1 jan 2013 (yg baru akan pensiun 1 generasi lagi/30an tahun ke depan). Mungkin yg berpendapat lain silakan disharing disini.

  • cika
    December 27, 2013 - 10:58 pm | Permalink

    Untuk penambahan dua tahun tersebut,apakah ada syarat ny?seperti kelahiran berapa aja gitu,kalau kelahiran 1961 termasuk juga?

  • Basir
    December 28, 2013 - 6:13 am | Permalink

    Hanya berlaku bagi pns yg diangkat per January 2013, sesuai Ketentuan Penutup pada RUU

    • Kucing
      December 28, 2013 - 6:46 am | Permalink

      @basir, RUU yg ente lihat yg 134 pasal ya, itu mah draf RUU basi, yg baru yg 141 pasal. Di RUU yg 141 pasal, ga ada ketentuan pensiun utk cpns 2013. Logikanya ngapain bikin aturan perpanjangan pensiun, jika berlaku 35an tahun mendatang. Lagipula DPR dan pemerintah bilang, efek perpanjangan BUP berdampak pada keuangan negara 1-2 tahun mendatang, bukan berefek 35 tahun mendatang. Mas setagu, tolong dibantu apa BUP 58, utk PNS saat ini apa BUP utk cpns 2013. Biar rekan2 PNS jadi jelas.

  • Kucing
    December 28, 2013 - 7:00 am | Permalink

    Belum disahkan bos, baru disetujui parlemen untuk disahkan. Berlaku setelah Presiden tanda tangan. Lagipula aturan pelaksanaan (pada draf RUU yg 141 pasal) dikeluarkan paling lama 2 tahun (draft lama paling lama 1 tahun). Saya ga nemuin klausul pensiun PNS 58 th utk cpns 2013, soalnya yg saya punya, draft terakhir RUU yg 141 pasal, yg bakal jadi UU ASN. Kalo yg ente punya yg lama ya (134 pasal), kesian deh lo, ga update sih, antivirus aje harus update tiap saat.

  • aa
    December 28, 2013 - 1:52 pm | Permalink

    Jadi kelahiran tahun 1961 belum dapat dong jatah untuk perpanjangan 58 tahun..?

  • Kucing
    December 28, 2013 - 7:12 pm | Permalink

    Mane nih yang koar2, BuP 58 tahun utk cpns mulai 2013. Naskah yg bakal jadi UU ASN yg 141 pasal ya, bukan yg 134 pasal. Di naskah terakhir, ketentuan pensiun 58 utk cpns tmt 2013, udah dihapus.

  • Guguk
    December 28, 2013 - 7:39 pm | Permalink
  • Kucing
    December 28, 2013 - 7:50 pm | Permalink

    Tuh kan, pasal 125 pada naskah RUU ASN terakhir, bukan membahas pensiun 58 th utk cpns 2013. Terkait BUP PNS 58 th, silakan rekan2 pns mau ikut RUU ASN yg 141 pasal atau yg 134 pasal.

  • agus supriyanto
    December 28, 2013 - 10:42 pm | Permalink

    bup 56th atau 58 th….gk penting…,yg penting remunerasi kpn……………..

  • medel heri purnomo
    December 29, 2013 - 3:17 am | Permalink

    @kucing tengik….kalau lu pinter mestinya luruskan info yang salah , atau RUU ASN yang sudah basi.. Disini itu ajang tukar informasi berkaitaan remun dan PNS. bukan malah koar-koar sok pinter dan sok tahu atau salahkan orang. Disini saya memang mengutip RUU ASN 134 psl, dan saya cocokan dengan berita Sosialisasi 6 peraturan baru -BKN yang memang mengatakan bup 58 th untuk cpns yg diangkat januari 2013.

    Ya kalau infonya salah , ya mohon maaf. tapi dalam sosialisasi 6 peraturan baru BKN ini yang bicara itu begitu itu Deputi Bina Kinerja dan perundang-undangan. yg diadakan di kntor Regional VIII .

    • medel heri purnomo
      December 29, 2013 - 3:42 am | Permalink

      @ Kucing loe sendiri aja masih bingung, bloon dan belum yakin dengan pendapatmu…….hahahah masih minta bantuan mas setagu tentang BUP.
      Bagi saya BUP 58 th diberlakukan sekarang atau besuk nggak ada masalah buat saya..hahahah……yang penting remun segera cair…..hahahhhaha.
      Kucing kalau loe cerdas dan pintar mestinya paham tulisan saya intinya gak usah galau dengan pensiun 56 atau 58 th. tapi Remunerasi kok belum cair….hahahahah
      Kucing makanya kalau buang hayat cebok pakaai air, jangan dipasir bikin bau aja,
      hahahahhahahahhahahah……..hhahhhhhahahhha

  • Basir
    December 30, 2013 - 6:44 am | Permalink

    @kucing…. Hehehehehe gue hanya manas2sin para pns biar tambah semangat melayani masyarakat…. Cuman yang membuat aturan pelaksanaan dan juknis adalah pemerintah, sedangkan pemerintah sendiri Dari awal tidak setuju bup pns 58 thn, Jadi kemungkinan besar nati dalam aturan pelaksanaan dan juknis Akan muncul bahwa bup pns 58 thn hanya berlaku untuk pns yg tmt January 2013.. Hehehehehe

  • bandung
    December 30, 2013 - 4:30 pm | Permalink

    Gararandeng lah, kalaka parasea deui silih nyalahkeun, gawe we nu baraleg

  • Kucing
    December 30, 2013 - 6:13 pm | Permalink

    Kucing minta maaf , kalau ada tulisan kucing yg tidak patut. Insya Allah BUP PNS 58 tahun untuk PNS saat ini (masih aktif saat aturan pelaksanaan turun). Kucing berpatokan pada naskah RUU ASN terakhir yg 141 pasal, hasil perubahan dari yg 134 pasal. Dari tulisan mas setagu di atas, yg mengubah BUP 56 jadi 58 justru dari pihak pemerintah sendiri. Setahu kucing, aturan perundangan tdk boleh bertentangan dgn aturan yg lebih tinggi, jadi juklak/juknis tdk boleh mengubah isi UU. Kucing mau tanya, kok kalo komen dari laptop ga bisa masuk ya? Apa setingan laptop or browser harus ada yg diubah. Kucing nulis dari hp jadul malah masuk.

  • December 31, 2013 - 1:14 am | Permalink

    Sk. Pensiun sdh ada, TMT 1 januari 2014, tapi SKPP blm terbit juga, apakah tg 2 januari 2014 dst hrs masuk kaerja
    atau tidak? Mohon penjelasan, mksi

  • Denmas Aryotemangsang
    December 31, 2013 - 7:58 am | Permalink

    @ Kucing Nah kalau begini kan enak bicaranya., tidak menang-menangan dan dan saling menyalahkan dan tidak sok tahu. Ini kan web untuk tukar informasi milik pak setagu tuk para pns. Kalau ada yg tahu info terbaru beritahukan, kalau ada info yang salah , ya luruskan.
    Saya pribadi minta maaf pada Mas Setagu. dan pembaca web ini, kalau ada kata-kata yang tidak menggenakan dan tulisan yang salah. Terima kasih.

  • Denmas Aryotemangsang
    December 31, 2013 - 8:01 am | Permalink

    Denmas Aryotemangsang = medel heri purnomo
    Dan perbedaan ini tidak saya perpanjang dan saya tutup , dan saya anggap selesai. trims.

  • December 31, 2013 - 9:07 am | Permalink

    Tolong kasus uing dijawab yg tahu jawabnya, SKPP blm keluar juga padahak tmt pensiun 1/1/2014, ntr gj msh penuh kudu ngembaliin, rese..

  • Kucing
    December 31, 2013 - 10:20 pm | Permalink

    Karena aturan pelaksanaan belum terbit (paling lama 2 tahun terbit setelah UU ASN diundangkan-sekarang UU ASN baru disahkan parlemen), yg pensiun sebelum juklak turun, belum diketahui statusnya. Relatif lama kalo menunggu 2 tahun ya, bisa banyak rekan2 PNS yg tdk kejaring BUP 58. Mudah2an UU ASN segera diundangkan, dan juklak/juknis/PP segera terbit.

  • ruswandi
    January 2, 2014 - 10:09 am | Permalink

    yang punya eselon II di Kab/Kota/Prov. pada berbunga-bunga, padahal di penjelasan RUU ASN eselon II di Kab/Kota/Prov hanya sekdanya saja kan ? tdk semua esselon II pensiun 60 tahun.

  • sugawa
    January 6, 2014 - 4:34 pm | Permalink

    Kalo saya tidak setuju …! banget….!,

    alasannya : kalo BUP jadi 58 akan menambah pengangguran coba aja nanti buktiin, anak cucu kita akan semakin sulit nyari kerjaan trutama kl nglamar jd PNS, karena PNS gak pensiun -pensiun tuh…, udah tua masih aja kerja, padahal sudah lemooooot, kurang efektif, kurang efisiensi anggaran belanja negara dllllll,,,,

  • Agus SAlim
    January 7, 2014 - 8:11 am | Permalink

    ASN udah disetujui termasuk BUP 58 thn untuk gol I s/d gol 4, … gajinya model pesangon ato tiap bln, … berlakunya itu kapan kok pada ga jelas sih …

  • January 9, 2014 - 7:00 am | Permalink

    Gk ada yg bisa jelasin yah sdh sy ikuti sk pensiun aja per 1/1/2014, tpi skpp blm terbit juga biarin bkn slh gue

  • kucing
    January 10, 2014 - 11:12 am | Permalink
  • kucing
    January 10, 2014 - 11:13 am | Permalink

    maaf salah tuli tahun, harusnya 2014
    @Uing yg diperpanjang pas pensiun 1 feb 2014

    link:

    http://www.menpan.go.id/berita-terkini/2157-pns-yang-pensiun-1-februari-otomatis-diperpanjang

  • iwa
    January 13, 2014 - 12:28 am | Permalink

    mau nanya..bokap gw lahir tgl 13 januari 1958..dia pensiun atau dpt perpanjangan?? tolong dibantu

  • sugeng purwadi
    January 13, 2014 - 11:40 am | Permalink

    inilah Indonesia Raya, kita harus bagga ternyata yang PNS atau Non PNS bisa berkomentar ttg RUU ASN yg sdh ditetapjan DPR pd 19 Desember 2013 lalu, Sekarang tinggal sejauh mana gerak cepat Pemerintah dlm hal ini BKN utk segera membuat SE agar PNS tdk bingung terutama yg Pensiun per 1 pebruari 2014, karena SK pensiun sudah diterima dan mereka sdg mengurus Pensiun ke Kantor Taspen, apakah mereka harus menjadi tumbal keterlambatan SE BKN karena terlambat apakah mereka harus menerima nasib terombang ambing oleh peraturan. Mohon utk ditanggapi bagi mereka yg betul2 mengerti.

  • January 14, 2014 - 1:45 pm | Permalink

    Mau nanya ..? Kapan juga ada remunerasi PNS di lingkup Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Nasional karena sementara saat ini ramai di publik dibicarakan dan tnjangan kinerja belum juga jelas penerapannya. Mohon info dan penjelasan yang lebih detail dan lebih rinci. Semoga dapat ada penjelasan . Trms…?

    • Basir
      January 17, 2014 - 8:12 pm | Permalink

      Para PNS yg pensiun per 1 pebruari 2014 jangan bingung lagi, UU ASN sdh di ttd presiden tgl 15 January 2014 dan sdh berlaku, Disusul SE Kepala BKN tgl 17 Januari 2014. Jadi otomatis diperpanjang 2 tahun, bagi yg sdh menerima sk pensiun, jika Masih bersedia melaksanakan tugas lagi sk Nya Akan ditinjau kembali.

      Ok? Jelas….

  • January 14, 2014 - 1:51 pm | Permalink

    Pembayaran Pesangon Bagi PNS kapan dimulainya. Ddijelasan ya pak..mungkinkah benar atau tidak…? bingunx ya ampun banget banyak yang nanya ga bisa jawab soalnya ga ada sumber yang bisa dijadikan dasar

    • Setagu
      January 15, 2014 - 7:59 am | Permalink

      Pada 3 April 2012 keluar Permenkeu no: 50/PMK.010/2012 ttg perubahan ketiga atas keputusan Menteri Keuangan Nomor 343/KMK.017/1998 ttg iuran dan manfaat pensiun yang berlaku 6 bulan sejak diundangkan.

      Ada perubahan pasal 20 yang kutipan lengkapnya:
      “Dalam hal jumlah akumulasi iuran dan hasil pengembangan yang menjadi hak Peserta pada Dana Pensiun Pemberi Kerja yang menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti kurang dari atau sama dengan Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah), jumlah akumulasi iuran dan hasil pengembangan tersebut dapat dibayarkan sekaligus.”

      Permenkeu itu sering dijadikan acuan bahwa pembayaran pensiun PNS akan dilakukan sekaligus (lumpsum). Padahal aturan tsb diberlakukan untuk peserta Dana Pensiun bukan untuk PNS.

      Program pensiun PNS tidak tunduk pada UU No. 11 Tahun 1992 ttg Dana Pensiun, melainkan diatur dalam UU No.11 Tahun 1969 tentang Pensiun Pegawai dan Pensiun Janda/Duda Pegawai.

      Dalam UU ASN yang sdh disahkan Ketentuan Peralihan Pasal 130 menegaskan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1969 tentang Pensiun Pegawai dan Pensiun Janda/Duda Pegawai (Lembaran Negara Republik lndonesia Tahun 1969 Nomor 42,
      Tambahan Lembaran Negara Republik lndonesia Nomor 2906) dan peraturan pelaksanaannya tetap berlaku sampai ditetapkannya peraturan pelaksanaan dari Undang-Undang ini yang mengatur mengenai program pensiun PNS.

      Jadi kesimpulannya uang pensiun tetap dibayarkan seperti biasa per bulan tidak ada pembayaran sekaligus.

      Silakan baca juga: http://setkab.go.id/berita-11691-kementerian-keuangan-tegaskan-tidak-ada-pembayaran-pensiun-sekaligus-bagi-pns.html

  • January 21, 2014 - 2:04 pm | Permalink

    Eregedodomi wabuasa yahalokhakhomi, noitatugoi famareta wa sipensiun tmt 1 Pebruari 2014 diberlakukan bup 58 thn….minoahe afiso ita yaami…….hehehehe.

  • April 16, 2014 - 4:44 pm | Permalink

    Memang sehausnya jika di perpanjang kudu tambah rajin

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>