Wow… Ada Banyak Tunjangan PNS di Pemprov Kaltim

Salah satu faktor utama pertimbangan pemberian remunerasi atau tunjangan kinerja daerah adalah  kemampuan keuangan daerah tersebut. Daerah yang kebetulan mempunyai sumber PAD yang besar akan lebih leluasa dalam memperhatikan kesejahteraan aparaturnya. Kaltim dikenal sebagai penghasil minyak dan gas terbesar di Indonesia selain Riau dan Aceh. Sebagai daerah penghasil, Kaltim berhak menerima Dana Bagi Hasil (DBH) minyak dan gas yang besarnya 15 persen dari keseluruhan hasil eksplorasi minyak dan gas (UU No.33 tahun 2004).

Berdasarkan Keputusan Gubernur Kaltim Nomor : 027/K-463/2011 tanggal 28 Juli 2011 ditetapkan standarisasi harga Provinsi Kalimantan Timur 2012. Dalam lampiran keputusan tersebut ditetapkan besaran tambahan Penghasilan bagi PNS di lingkungan Pemprov Kaltim. Disamping tunjangan tambahan tersebut ada juga honorium kegiatan satker yang diberikan per bulan, uang makan sebesar Rp 20.000 per hari kerja, biaya olah raga pegawai dan Tunjangan Hari Raya (THR) sejumlah Rp 2.500.000/tahun ..wow!

Perhatikan tabel dibawah ini :

No Keterangan  Rp 
A Honorium Kegiatan Satuan Kerja (per bulan)
Gubernur 3.000.000
Wakil Gubernur 2.800.000
Eselon I 2.500.000
Eselon II 2.200.000
Eselon III 2.000.000
Eselon IV 1.600.000
Staf Golongan III & IV 1.400.000
Staf Golongan II kebawah/PTT 1.100.000
B Pegawai yang menduduki Jabatan Struktural
Sekda 30.000.000
Asisten Sekda 25.000.000
Eselon II 10.000.000
Eselon III 3.600.000
Eselon IV 3.325.000
C PNS yang tidak menduduki Jabatan Struktural 2.350.000
D Jabatan Fungsional Tingkat Ahli
Fungsional Utama (IV d- IV e) 3.500.000
Fungsional Madya (IV a- IV c) 3.250.000
Fungsional Muda (III a- IIId) 3.100.000
Fungsional Pertama (III a-III b) 2.950.000
E Jabatan Fungsional Tingkat Terampil
Fungsional Penyelia (III c-III d) 2.800.000
Fungsional Pelaksana Lanjutan (III a- III b) 2.650.000
Fungsional Pelaksana (II b- II d) 2.500.000
Fungsional Pelaksana Pemula (II a) 2.350.000
F Tunjangan Kemahalan
Eselon III 1.800.000
Eselon IV 1.800.000
Golongan III 1.800.000
Golongan II 1.800.000
Golongan I 1.800.000
G Uang Makan Pegawai 20.000/hari 
H Uang Olahraga Pegawai 50.000
I Tunjangan Hari Raya (THR) 2.500.000/th 
Baca juga:  Tunjangan Tambahan Penghasilan (TPP) Pemprov Banten

* Selain tabel di atas ada juga tunjangan yang berkaitan dengan fungsinya seperti tunjangan kearsipan, caraka, tunjangan sopir, pengurus barang, bahaya radiasi maupun honorarium lainnya.

Dengan melihat berbagai tunjangan tersebut, perkiraan take home pay (THP) minimal bagi PNS gol IIIa yang tidak mempunyai jabatan perbulannya:

No Komponen  Rp
A Gaji Pokok 2.064.000
B Tunjangan
Honorium Kegiatan Satuan Kerja (per bulan) 1.400.000
Tunjangan Non Struktural 2.350.000
Tunjangan Kemahalan 1.800.000
Uang Makan 440.000
Uang Olahraga 50.000
Jumlah Tunjangan 6.040.000
C THP 8.104.000

9 thoughts on “Wow… Ada Banyak Tunjangan PNS di Pemprov Kaltim

  1. Salam sejatra Buat yang berada di perantauan yang Butuh Modal Usaha dan Punya Utang Banyak,Minat Lewat Pesugihan putih Tanpa Tumbal Di jamin Aman Dunia Akhirat (Halal)

    ((PESUGIHAN PUTIH UANG NYATA DARI ALAM GAIB))

    Terbukti berkhasiat tinggi dalam mendatangkan rezeki dan kekayaan.
    Dikerjakan oleh Pakar Kerezekian yang piawai dan berpengalaman.
    tidak membebankan member kami yang terlalu berat untuk dijalankan.
    Bebas pantangan Bebas efek samping Dapat dijalangkan oleh semua orang dari semua latar belakang.
    Dapat diperoleh dan diamalkan dari jarak jauh tanpa mengorbankan waktu Anda yang berharga.

    PENGAJAR:EYANG SUBUR
    NO HP:0852-4451-4482

    PONDOK PESANTREN GONTOR 1 PUTRA
    —PESUGIHAN PUTIH DANA BAROKAH.AMAN DUNIA AKHIRAT TANPA TUMBAL.
    Cukup anda menyembelih hewan kambing sbg sesajen putih.anda akan dibawakan uang melimpah sama jin muslim.
    Jika kambing dapat uang seratus juta dan jika sapi akan dapat 1-5 milyar lebih
    Buktikan dan kami yakin anda akan bisa dan akan dapat uang melimpah dalam satu malam ,Ini nyata dan terbukti.silahkan anda ritual malam ini dengan bimbingan jarak jauh via telpon di : 0852-4451-4482

  2. Hey, yg nda hidup di balikppan, nda ngerasain apa apanya mahal, tolong lah jgn sok tau, nda semua pns kaya di tipi tipi yg cmn makan uang tp nda kerja, harusnya ya bisa tau dong UMR aja skrg udah berapa.kan trgantung daerah juga, itu gaji juga ga sepenuhnya bener.

  3. Balikpapan masih kaltim †?????p?í?? ?ºQ tidak seperti daftar diatas ?ªãª?? Jauh dibawahnya!! Kapan ?ªãª ßî§ã diterapkan tabel diatas untuk pns dibalikpapan?? Biar adil tidak ????? uang laukpauk tidak ????? uang kemahalan.. Kita k??ñ dibalikpapan juga ªpa” mahal.. ???? adil dong..

  4. ❓ Orang yang bijak ❗ 😐 sifaf manusia selalu ada fikiran yang iri tidak puas selalu benar seperti orang-2 pintar negeri ini bisanya teori tapi prakteknya ❓ atau orang agak pinter yg gampang dipengarui LSM-LSM yg ujung-2nya Duit juga. Orang yang bijak bukan menambah masalah tapi mencari solusi yang lebih baik, bukan hanya bisa memaki tapi berfikir masa depan. ayo pemuda-pemudi luruskan hati dan cara berfikir

  5. sukses buat pns di kaltim, semoga gaji dan tunjangan yang besar itu dapat menghasilkan kinerja yang dahsyat dan dapat dipertanggungjawabkan ke hadirat Allah swt. kalau tidak tunggu azab Allah swt di dunia dan akhirat.

  6. waduh…bangkrut nih negara kalo habis anggaran buat birokrasi…malu pak dhe…uang rakyat itu yang dipake buat gaji anda yang setinggi langit…

  7. Hadeh kapan mau maju daerah, orang anggaran abis buat gaji PNS daerahnya kaya gt. Amit-amit dah, ga pada malu yah???

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.