Uang Makan PNS Tahun 2015 Naik Rata-rata 40%

Kementerian Keuangan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 53/PMK.02/2014 tanggal 17 Maret 2017tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2015 sebagai acuan dalam penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga tahun Anggaran 2015.

Satu hal yang menggembirakan terutama PNS instansi Pusat bahwa tarif uang makan PNS dan uang makan lembur mengalami kenaikan. Kenaikan terakhir terjadi pada tahun anggaran 2012 atau dua tahun yang lalu.

Uang makan PNS gol I dan II naik sebesar Rp 10.000 menjadi Rp 35.000, Golongan III juga naik dengan besaran sama menjadi Rp 37.000. PNS golongan IV menikmati kenaikan paling besar yakni Rp 12.000 menjadi Rp 40.000 per hari. Kenaikan ini akan berlaku mulai bulan Januari 2015 dan uang makan PNS dihitung hitung berdasarkan jumlah hari kerja.

Tabel Kenaikan Uang Makan PNS

No Golongan  TA 2015  TA 2012 Kenaikan Persentase
1 I dan II 35.000 25.000 10.000 40%
2 III 37.000 27.000 10.000 37%
3 IV 41.000 29.000 12.000 41%

Kenaikan dengan besaran yang sama juga dikenakan pada uang makan lembur, sedangkan uang lembur tarifnya tetap sama seperti tahun sebelumnya. Uang lembur merupakan kompensasi bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara yang melakukan kerja lembur berdasarkan surat perintah dari pejabat yang berwenang.

Baca juga:  Kupas Gaji Hakim

Uang makan lembur diperuntukkan bagi semua golongan dan diberikan setelah bekerja lembur paling kurang 2 (dua) jam secara berturut-turut dan diberikan 1 (satu) kali per hari.

Tabel Kenaikan Uang Makan Lembur

No Golongan  TA 2015  TA 2012 Kenaikan Persentase
1 I dan II 35.000 25.000 10.000 40%
2 III 37.000 27.000 10.000 37%
3 IV 41.000 29.000 12.000 41%

Jadi uang makan hanya diberikan untuk PNS sedangkan uang lembur dapat diberikan untuk Pegawai Aparatur Sipil Negara (PNS dan PPPK).

Unduh PMK No. 53/PMK.02/2014

181 thoughts on “Uang Makan PNS Tahun 2015 Naik Rata-rata 40%

  1. sbgai istri prajurid kami berharap ada perubahan pak jokowi jadi presiden…apalagi menjelang puasa,lebaran,dan tahun ajaran bru smga pak jokowi bisa mencairkan gji13 dan remon13 bulan juni ini sukur2 seblum lebaran semuanya sudah cair…itu harapan kami istri istri prajurid yg memang tdk ada sampinganya sama sekali.

  2. PNS Pusat memang dapat remunerasi, uang makan, dll. PNSD DKI juga lumayan tuh tunjangannya, tapi bagi PNSD Daerah kecil spt saya, UANG MAKAN, REMUNERASI, SERTIFIKASI semua tak ada. tolong bagi Pejabat yang di Jakarta, pikirkan itu, jangan membuat diskriminasi terhadap PNS tertentu, pikirkan KEADILAN buat PNS, sehingga kesenjangan tidak terlampau jauh. Mungkin JOKOWI juga sebaiknya blusukan ke Daerah2 kecil agar tau kondisi daerah, jangan Jakarta aja yang di jadikan contoh untuk menilai besaran gaji/pendapatan PNS.

  3. NASIB UANG MAKAN PNS SAMA SEPERTI HARGA BBM SUDAH NAIK EHHH DI TURUNKAN LAGI……..YO OPO IKI REK JAMANE JOKOWI YO KOYO NGENE……PERATURAN KOK BISA DI UBAH KAYAK NGGAK RELA LIHAT PNS SEDIKIT BERNAPAS……..YO WISLAH SAK KAREPMU………

    1. Masak iya uang makan bisa dinaik turunkan …. klo iya mana dasar hukumnya , kan harus ada peraturan yang syah atau peraturan yang menganulir Peraturan Menteri Keuangan Nomor 53/PMK.02/2014
      yaaaa tapi sak karepe wis he he he beras semakin mahal sopo sing ngatur iki kabeh pemerintah kan ….tapi pemerintah yang mana?

  4. Apa yang telah kita terima …besar atau kecil…dan merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada PNS, patut kita syukuri. Karena itu bagian dari rizki Allah.Masih sangat banyak saudara2 kita yg hidupnya dibawah layak. Yg untuk perkara makan saja mereka masih bingung setiap hari……

  5. suka tidak suka , memang itulah kesenjangan pns pusat dan daerah, tp tidak menjadi alasan pns di daerah melalaikan kinerjanya. setahu saya pns pusat itu kerja nya sampe jam 5 sore, sedangkan saya lihat langsung pns di daerah jam 2 siang udah pulang, mana jam istirahatnya suka molor sampe jam 2,, gmn tuh ?, klo memang merasa berkompeten dan mampu kenapa tidak daftar dan masuk pns pusat aja . ??

  6. Era baru Jokowi-JK, anda para PNS diharapkan meningkatkan kinerja, karena beliau tidak akan menambah jumlah PNS lagi selama 5 tahun kedepan. Anggaran2 perjalanan dinas, bahkan mungkin remunerasi mungkin akan direlokasi untuk mata anggaran lainnya menunjang program Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar dan KKS serta menutup kenaikan BBM, selain pendapatan lain yang digenjot dari pajak (jadi bersiap jugalah para pengusaha). Akan ada peraturan Presiden tentang ini termasuk kenaikan gaji tidak akan digebyah uyah terjadi tiap tahun seperti sebelum-sebelumnya. Kenaikan gaji akan terjadi orang-per orang sesuai kinerjanya yg dinilai melalui target pencapaian SKP masing2 pegawai. Begitupun uang makan bisa jadi tidak akan dinaikkan..(mikir dong, Presidennya udah kurus gitu, masa ya sampeyan yang gendut gak kuat lapar). Presentase remunerasi bisa bertambah dan berkurang untuk masing-masing instansi sesuai pencapaian target kinerjanya. bagi pegawai suami-istri yg sama-sama PNS dan berada disatu unit lingkungan yang sama, siap-siaplah untuk dipindah salah satu ke unit lain. Karena ini sesuai aturan ASN menjaga terjadinya konflik kepentingan. Mutasi akan dipermudah dan bisa jadi bukan atas dasar permintaan, tapi atas kebutuhan.Bersiap-siaplah juga untuk masuk kantor lebih awal, misal. jam 07.00 dan akan ada model piket dihari-hari Sabtu atau Minggu. Jadi singsingkan lengan baju di Era Jokowi-JK ini, PNS adalah pelayan rakyat dan sepatutnyalah rakyat menerima pelayanan terbaik anda. Maka ingat lah apa yg pernah dikatakan pak Dahlan Iskan, ayo..kerja..kerja..kerja…. Joss PNS Indonesia, hadapilah Masyarakat Ekonomi Asean dengan menyingsing lengan baju seperti Presiden kita , Jokowi-JK

  7. Malulah jd tenaga kesehatan…….Siang gini msh mengharapkan remonerasi. masih kurangkah pendapatan dr org berobat? klu tak ada pasien pindah ke daerah yg padat penduduknya yg msh memerlukan pelayanan kesehatan jgn makan gaji buta. pasti anda sukses. percuma punya keterampilan tdk diamalkan….betul ndak???.

  8. Kpd rekan guru….aku sdh mengabdi 20 thn menjadi guru didaerah terpencil. kini statusku menjadi pendidik dikemenkumham krn pengabdianku kini ku dptkan tunjangan remonerasi. ikutilah jejakku tp perlu pengorbanan serta perjuangan. akan ku abdikan diriku smp masa pensiunku. jgn hanya mengeluh & mengerutu semua itu akan menjadi beban pikiranmu, dimasa kehidupanmu.

  9. syukurilah apa yg Allah berikan. saya jg sbg tenaga kesehatan tp rezeki saya hrs bekerja dikemenkumham dibidang kesehatan sgt saya syukuri. seandainnya saya mjd pns kemenkes pst saya lebih suka bertugas ke daerah utk melayani masyarakat kecil. dr pengalaman saya sebelum bekerja dikemenkumham tak ada tenaga kesehatan yg bertugas didaerah ekonominya kurang als miskin klupun ada. petugas kes. tsb malas dlm memberikan pelayanan kesehatan. jd rezeki pun tak dtg kpd nya. kebanyakan maunya tugas dikota gajinya besar…… itu kan keinginannya. klga saya yg tugas dipuskesmas tak ada yg mengeluh mereka semua sukses. gajih pun utuh krn tiap hr dpt rezeki dr org berobat bahkan ada yg perblnnya penghasilannya melebihi anggota dewan krn banyak pasien yg berobat. klu menurut saya yg mengeluh dan iri dgn penghasilan org lain krn tidak bersyukur dan malas dlm bekerja. msh byk org yg tdk punya pekerjaan. trmks ya Allah ats kenaikan tunjangan remonerasi.

  10. Otoda bikin susah ?ª?? daerah kaya yaa pns sejahteralah kalau daerah minim pad ?y??a??a??? juga terima apa adanya pusat jadi penonton setia yang terjadi sebaiknya semua keuangan daerah ?ï ambil alih pusat biar pusat ?ª?? mengatur semua pns negeri ini jangan sampai ada ketimpangan pendapatan katanya negara kita bhinika tunggal ika cobalah pejabat eksekutif dan legislatif pake akal sehat memaknai perbedaan

  11. Otoda bikin susah ?ª?? daerah kaya yaa pns sejahteralah kalau daerah minim pad ?y??a??a??? juga terima apa adanya pusat jadi penonton setia yang terjadi sebaiknya semua keuangan daerah ?ï ambil alih pusat biar pusat ?ª?? mengatur semua pns negeri ini jangan sampai ada ketimpangan pendapatan katanya negara kita bhinika tunggal ika cobalah pejabat eksekutif dan legislatif pake akal sehat memaknai perbedaan

  12. PNSD banyak yeng lebih baik daripada Pusat… untuk provinsi dan pemkot itu lebih baik dari PNS pusat… dari TPP sama tunjangan lainnya ada PNSD yang tembus 8 Jutaan untuk golongan 3A nya… boleh cek deh..

    1. tunjangan kemahalan masih di godok di DPR smpi oktober ini, berdoalah smga segera terealisasi dan turun salam dari PNS kemenkumham

  13. kira-kira uang kinerja kerja dilingkungan perhubungan laut kapan dicairkan. kok ud bulan september belum dibayarkan. untuk tahun anggaran 2015 uang gaji dan uang lembur naik makasih.mudah-mudahan jadi berkah amin.

  14. sy pns pusat (kemenag) yg ditempatkan di daerah papua. Kami ga dpt tukin dan sejenisnya. Cm terima gaji tok mentok 3jt (IIIb) uang makan 22 hari krja 510rb dah itu aja. Tp kami sllu bersyukur walau dgn harga pasar yg jauh berbeda dgn di jawa, semua tergantung pengelolaan keuangan masing2.

    1. salut dengan bapak yang 1 ini
      di Papua Bensin aja 50 ribu/liter
      gaji segitu kalo anak gue bisa nangis terus tiap hari.
      :thumb:

  15. ya wajar kalau kami pnsp dapat lebih, saya aja sdh 7 th. harus meninggalkan daerah kelahiran p.belitung dan keluarga demi tugas di aceh yg jaraknya kira2 2000 km dr rmh.

  16. Pegawai Daerah Sabar aja pasti ada regulasi tahun depan, itu merupakan dampak dari otonomi daerah, kalau daerah anda memiliki PAD yg tinggi pasti tunjangannya naik juga.

  17. Mau tanya ada yang tau ga remunerasi untuk kemenhub tahun 2014 ini keluar di bulan berapa.dan keluar 100%nya keluar d tahun berapa.terima kasih.

  18. Sebelumnya saya mohon maaf , ini PNSD ngak tau aturan ato gimana ya ?? protes2 terus ….. Anda itu PNSD >>> OTONOMI DAERAH …yang nanggung daerah … kalo mau besar Dinas di daerah kaya

  19. Gara2 otda,daerah dgn pad kecil, pns nya semakin susah……apalagi jika jokowi menang,tunjangan akan dihapuskan akan lebih celaka lg! Lebih baik pilih prabowo aja, gaji naik,tunjangan pun lebih naik lagi. Gitu aja koq repot!

    1. kalau di daerah makmur, pns pusat lebih sengsara lho, soalnya harga2 mengikuti penghasilan pns daerah, sementara pns pusat nya pakai gaji standar pusat.
      lagipula renumerasi itu dibayar dengan disiplin dan kerja keras, audit bpk harus wtp

  20. di negeri ini memang penuh ketimpangan, yang di pusat makin jaya, yang di daerah tetep blangsak, remunerasi hanya untuk PNS pusat, Uang makan hanya untuk pusat, semua untuk pusat, daerah yahhh begitu deh…

    1. PNS Pusat (Remunerasi/Tukin, Uang makan) legal
      PNSD (Uang Rokok, Ucapan terimakasih)………. tau ah gelap

      1. gak juga, justru daerah punya keleluasan mengatur dirinya sendiri dengan dasar otonomi daerah, kalau pusat pakai SBU Nasional, kalau daerah bebas menetapkan SBU sepanjang sudah disahkan maka legal, berapapun angkanya asal daerah mampu secara anggaran.

          1. gak cm d jakarta n tangerang,di pemprov riau tunjangan daerahnya jg lbh besar dari tukin kementrian,jd jgn disalahkan apa2 buat pusat,kalo mau pnsd yg dpt tunjangan daerah kecil pindah sj ke daerah yang kaya

  21. Pnsaja,knapa komen anda pendek bngt..?klo anda org di birokrasi,anda yg perlu belajar lg.. Tp ingat…!!! Belajar ilmu,belajar hati…!!!supaya kedepan mana tau anda jd pimpinan,selain ilmu anda jg perlu blajar hati..!!! Yg saya curah kan dr kmaren2 adalah rintihan dan jeritan yg guru rasakan..trims

    1. tapi kalau guru jam kerjanya lebih enak,.. tidak full day seperti pns pusat,. kalau siswanya libur, ya guru juga ikut libur, kalau pns pusat ikut aturan yang berlaku di instansi.

  22. Inti dr omongan ini anda salah alamat untuk sumpah serapah…belajar lagi gih kalo mau nembak hahaha

  23. Pnsaja,supaya anda tau.blm ada persatuan organisasi didunia yg mengatakan malaysia ngara maju.. Krn malaysia cuma tergabung dlm organisasi oki,sedangkan kita oki,dan masuk g30… elit2 pns didaerah mereka bermain yg nama nya dana punya guru ttp mereka endapkan,klo daerah yg guru nya rajin kritik baru dicairkan,apa lagi yg namanya dana naik khusus guru itu hampir2 mustahil…!!! Memang jiwa guru hrs adem ayem maka nya selalu diduakan dr orde baru s/d tumbuh tanduk kucing…..!!!!!

  24. Tapi sadar ga anda menyumpah seperti itu apa iya mencerminkan jiwa guru?
    Harusnya bahasa anda diperhatikan dan jangan general. Penentu kebijakan itu siapa ko malah seluruh pns yg anda ucapkan. Kan lucu sekali itu. Jiran negara maju pendapatan perkapita besar apa iya pantas dibandingkan?
    Memang semua pns harus sejahtera tapi kritik harus tepat sasaran mas kalo ga,yg ada di ketawain orang

  25. Pnsaja, anda tdk tau yg pns guru rasakan.. Anda tau gmana beda nya gaji guru dgn negara jiran n negara lain…?kebijakan untuk pns guru selalu jd bahan pertimbangan trrahir…

  26. saya mh bersukur aja atas apa yang saya dapatkan.pns daerah dan pusat sama2 abdi negara dan masarakat.bravo pns.

  27. Dengan tidak adanya pemerataan maka fungsi falsafah dan undang undang negara tidak ada hal tersebut karena pemerintah tidak adil dan bijaksana dan cenderung menciptakan konflik ditambah kebobrokan pemerintah dalam hal uang negara inilah kondisi negara kita saat ini

  28. Klo pns guru ttp ketinggalan yg nama nya mslh uang.. Syukur2 yg udah sertifikasi wlo pun selalu telat dibyr.. Tp yg buat miris lebih byak yg blm sertifikasi drpd yg udah… Krn dah terlanjur basah ya sudah mandi sekali.. Ya ga pns2 yg lain..semoga kualat yg didapat ilmu dari guru,krnpns kantoran slalu mau di atas dr sgala hal…

    1. Lucu ngeliat komen sampeyan ini. Kalo sampeyan guru,saya lebih besar lagi ketawanya. Yang menentukan kebijakan siapa, yg anda sumpah serapah siapa. Salah alamat bung. Sumpah anda sangat general

      1. Lay.. Kamu ga tau jeritan guru,pngorbanan,dedikasi terrhadap anak bangsa.pada umum nya guru slalu di deskreditkan,krn guru slalu mngalah.. Kami slalu jd yg trahir..!!!

        1. Guru Terima kasih ats pengabdianmu. msh blm sampaikah tunjangan serifikasi yg telah ku programkan utk kesejahteraanmu. seandainya blm cepat penuhi persyaratannya. mdh2an dpt terealisasi jgn mengharap sesuatu yg blm pasti.

  29. Benar tu kata fir daus, tunjangan pejabat di pemda tu byk yg luar biasa besarnya, di kabupaten kami, tunjangan kepala dinas aja 7 juta perbulan, padahal kabupaten pemekaran. Ini krn PEMDA memiliki aturan sendiri krn pelaksanaan otonomi daerah yg kdg memberi keistimewaan pada pejabat eselon tingkat atas, jd klw ada PNS daerah yg merasa msh krg makmur, itu adalah buah otonomi daerah yg ga benar, salah pemdanya sendiri. nyalahin pusat.

  30. PNS daerah tu kan sumber anggarannya dr ABBD setempat, klw tidak ada ya tanggungjawab pemda msg2.

  31. kenaikan gaji PNS slalu di iringi dengan naik y harga pasar, secara umum bagus, namun apa hubungan y dengan gaji PNS dengan harga pasar, analisa y berapa persen sich penduduk indonesia ini yang pegawai? berapa yang petani dan pedagang, berapa wira swasta, dan berapa pula yg belem dapat pekerjaan? kepapa tidak di ukur saja dengan perkapita KK, seperti y kasian sekali saudara kita, adik kita atau orang tua kita yang jadi petani, sukur2 orang tuanya pejabat semua…..

  32. patut disyukuri, tpi perlu diingat bhwa walaupun kenaikan gol4 lebih besar, tapi penerimaannya lebih besar gol3, yuk qt cek
    gol3 (37.000 x 95% = 35.150)
    gol4 (41.000 x 85% = 34.850)

  33. ????????? ????? di tempat saya dana bpjs dari januari samp maret sdh keluar.dan april jg sdh di tanda tangani.munk tergantung daerahnya mengajukan klaimnya ke bpjs.kl klaimny udh di ajukan sy rasa akan segera cair spt di t4 kami.

  34. PNS ITU SKG SDH TERBAGI 2 BAGIAN YAITU : ADA PNS PUSAT ADA PNS DAERAH, WALAUPUN NAMANYA SM2 PNS, TP TETAP BERBEDA, YG SATU ANAK KEMENTRIAN DAN YG SATU ANAK KEPALA DAERAH. MAKANYA SKG PENGHASILANNYA JG BEDA2, SKG PUSAT LEBIH BESAR, KARENA PENEMPATANNYA JG DI SELURUH INDONESIA SEDANGKAN DAERAH DITEMPATKANNYA JG DIDAERAHNYA SENDIRI KARENA PNS DAERAH MILIK KEPALA DAERAH BUKAN KEMENTRIAN. JELASSSS !!!!!!!!….

    1. Pak heru kalau mau jadi pns pusat, tinggal mengajukan pindah instansi kalau disetujui.
      Saya sebagai salah satu pns pusat kadang merasa kerja ga ada habisnya, berangkat jam 7 pulang jam 4, di waktu jam kerja kalau meninggalkan kantor harus ijin dengan atasan dan keluar kantor utk keperluan kantor bukan karena keperluan pribadi, jika keluar kantor karena keperluan pribadi bisa dipotong tunjangan dan uang makan sesuai dengan ketentuan.
      Setiap saat khawatir kalau tiba2 keluar sk pindah, harus jauh dari keluarga dan siap2 kalau di pindahkan ke seluruh wilayah indonesia.
      Kalau pns daerah keluar sk pindah paling2 masih dalam jangkauan wilayah satu kabupaten.
      Belum lagi ongkos pindahan, jangan dikira pns pusat itu serba enak.
      Namanya orang kerja itu ada enak dan eneknya.tergantung pns yang menjalaninya.

      Kalau kerja itu dengan prinsip pengabdian kpd masyarakat, bangsa dan negara saya yakin kerja akan enak, dan percayalah segala sesuatu pasti akan indah kalau sudah waktunya.

  35. PNS PUSAT KARYAWAN TETAP,SEDANGKAN PNSD KARYAWAN OUTSORSING, JELAS BEDA, PNS PUSAT DIANGKAT OLEH KEMENTERIAN SEDANGKAN PNSD DIANGKAT OLEH KEPALA DAERAHNYA, INI SDH JELAS BEDA , MANA YG NAMANYA PNS PUSAT DGN PNS DAERAH.

  36. sudah 3 bulan belum cair uang makannya bos! remunpun bakal gagal akibat bos jadi tersangka! malu, aku malu !

  37. Alhamdulillah tunjangan ditempatku lumayan besar,diluar gaji 8jt perbulan,uang jaga 3jt perbulan,tapi daerahnya lumayan terpencil,mesti nyebrang laut,rs pun harus ditempuh dengan menyebrang laut

  38. Negara dalam keadaan pailit alias krisis termasuk krisis kepercayaan, Korupsi merajalela, korupsi terselubung, kalau mau kita berburuk sangka korupsi itudibungkus sedemikian rupa, contoh
    1 pembangunan gedung pemerintah, lelang tender ibarat bangunan nilai 100 jt kalau dilelang bisa jadi 1 miliar contoh gedung DPRI awal 1.3 trilion kok bisa lobi turun dari harga semula itu bertanda adanya permainan atau yang desebut gratifikasi dari yang telah diperhitungkan oleh pemenang tender
    2 impor daging gratifikasi untuk presiden PKS
    3 jembatan timbangan ?ª?? kelebihan muatan didiamkan saja tidak masuk KAS Negara terjadi ?ï semarang
    4 Pengaspalan jalan oleh PU sebagai pengawas ?ª?? paling lama 6 bulan ?ï lintasi hancur lagi
    5 Pendapatan pajak banyak oknum bermain ?ª?? merugikan negara
    6 Bea cukai dll
    7 Anggota banggar DPR tersandung korupsi
    Ini adalah bagian dari oknum pejabat ?ª?? harus dibasmi ?ï negeri ini
    Semua contoh diatas bagian dari korupsi ?ª?? terselubung ?ª?? tidak banyak orang ketahui, bagaimana tidak pailit, orang ?ª? buka usaha buat izin udah ?ï palaki dulu,syarat-syarat ?ª?? terlalu rumit makanya perekonimian kita tumbuh lamban banyaknya calo-calo berdasi, mengutip dari salah satu pejabat bahwa negara bisa mendapatkan 7 ribu trilion setiap tahun nyatanya cuma 2 ribu triliun, krisis negara krisis juga PNS/TNI/POLRI sebagai garda terdepan bangsa

  39. PNS SETIA : saya bilang yang mau ke PNS PUSAT.kalau gak mau ya gpp.lagian ntar seluruh PNS (pusat atau daerah) akan menjadi ASN.Jadi gak ada lg dikotomi antar pusat dan daerah.

  40. bagi seluruh rekan2 PNSD,kalau memang mau menjadi pns pusat maka ajuin aja misbar dari PNSD KE PNS pusat..Kalo memang di instansi pusat menerima maka anda2 bisa menjadi pns pusat.lagian menurut saya PNSD DAN PNS PUSAT SAMA dalam UU ASN 2014.nanti tidak ada lg PNSD DAN PUSAT SEMUANYA PNS RI dengan gaji dan tunjangan yang setara berdasrkan beban kerja mereka masing2..

    1. oh gitu pak Rinaldi…..tapi bagi saya ngga ngaruh apa2 mau pusat ke mau daerah…….ngga ada efeknya…….sami mawon……..ribetnya…..tergantung lingkungan instansi yang sehat atau
      amburadulnya….birokrasinya.

  41. admin setagu,mau nanya nih..ada info tentang kenaikan grade dan persentasi remunerasi kemenkumham 2014 gak ya

  42. alhamdulillah kita Pns dapet gji tetap tiap bulan… yang saya heran kenapa semua pns saling tuding dan iri satu sama lain? apakah yang menuntut adanya remun atw tujangan gde bisa kerja lebih baik? apakah kalian semua sudah bekerja dengan baik? apakah kalian semua tidak korupsi waktu??
    saya himbau bsyukur z nerima apa yang di dapet… yang saya tahu orang yang banyak nuntut dia seperti tong kosong nyaring bunyinya…. uda lah kita sesma pns jgan saling hujat…saya juga cuma dapet gaji pi alhamdulillah bisa punya rumah dan berkecukupan….positive thingking z

  43. bapak fir daus emang…semua daerah ada tunjangan daerah….sok tau ni orang daerah kami ngak nerimah/gak ada tu….!!!!

  44. Dimana letak adu dombanya … PNS daerah menerima tunjangan daerah bahkan ada daerah yang tunjangan daerahnya lebih besar dari uang makan PNS Pusat … negara sudah berlaku adil buat aparaturnya jangan direcoki …

  45. semuanya ini terletak ditangan Presiden, kalo dia sungguh-sungguh, bisa !! tidak akan ada ketimpangan remun pusat -daerah, BPJS yg amburadul dll

  46. SBY TOLOOONG DONG…KAB BOGOR… DANA BPJS sampai MEI 2014 UNTUK PUSKES TIDAK ADA BAGAIMANA INI? DARI JANUARI 2014 LHO…!!!

  47. penawaran, bagi pns daerah (sekitaran kediri blitar) yang mau tukeran ma saya pns pusat penempatan tarakan kaltim.
    sekedar info kementerian saya sudah remun, dpt uang makan lagi, tapi harus siap tour of duty seluruh indonesia.
    bagi yang minat hubungi saya

    1. Setuju dengan pernyataan ini, emang enak kerja jauh dari keluarga. Sekali mudik pasti habis banyak, duit hbs buat transport pulang kampung. Jangan mikir remun nya aja tapi pikirkan resiko mutasi di seluruh tanah air. Jadi bersyukurlah bagi yg bisa kerja dekat dg keluarga jika memang gaji PNSD kurang ya monggo cari kerja sampingan yg tidak mengganggu jam kerja dikantor. Jgn malah mengeluh terus minta remun jg.

    1. Bukan hanya Bogor Mungkin Seluruh Indonesia sama belum ada pembyaran persalinan Bidan. Sebenarnya Mampukah BPJS membayar????

      1. Iya terima kasih bang pacul komennya… sampai bulan Mei 2014 dari januari 2014.. saya sbgai bidan kerja di puskes, sudah mnolong persalinan kagak dapat upahnya, payah gak dibayar bpjs…. SBY gak peduli…

  48. Saya meyakini dari 100% PNS pusat dan daerah paling 5 % ?ª?? tidak punya utang bank, maaf kata kalau Daªªk ada pinjaman PNS tidak bakal ?ampu beli cash, contoh beli rumah, kendaraan bermotor ?ª?? paling kecil aja TV masih utang Koperasi, φ??? semua bagian dari kebutuhan ?ª?? tidak bisa dipisahkan, Coba kita itungan Gol III a baru masuk gaji 2 jt, angsuran rumah 1 bln aja RSH ???? 900 rb jangka waktu 10 tahun sisa 1.1 jt angsuran kendaraan bermotor 600 rb sisa 500 rb apakah dengan uang 500 cukup untuk membiayai hidup 1 bln,apakah listrik air dan lain tidak dibayar jawabanya tentu tidak, inilah kelemahan pemerintah, PNS ?ï gaji besar rakyat juga ikut menikmati, dengan jalan apa? Daya beli PNS meningkat makanya PNS/TNI POLRI ?ï negeri ini dengan gol rendah tambah menderita, siapa ?ª?? membuat menderita ? adalah pimpinan masing-masing lembaga ?ª?? tidak mau memperjuangkan nasib bawahannya, makanya PNS kerdil ???? Ibarat pohon ?ï hinggapi oleh benalu ?y??a??a??? hidupnya segitu gitu aja, ayo berjuang pengurus KORPRI jangan adem-adem aja setiap bulan gaji ?ï potong tapi kayak kerupuk melempam,

  49. Janganlah kita sesama PNS ?ï adu domba PNS pusat atau PNSD φ??? sama-sama PNS, kalaulah ada perbedaan φ??? merupakan kebijakan atau undang-undang ?ª?? mengatur, akibat repormasi dan undang-undang Otonomi daerah ini membuat perbedaan-perbedaan karna kewenangan berpindah fungsi dari pusat kedaerah, gubernur/bupati wali kota ?ª?? menjadi raja kecil ?ï daerah, kalau du?ù sama rata tidak ada ?ª?? namanya PNS pusat atau PNSD, ini akan membuat kegaduhan terus menerus apabila pemerintah tidak tanggap, sebaiknya untuk keuangan PNS diatur semua oleh pusat dan harus dianggarkan oleh masing propinsi kab/kota wajib pinal dan mengikat, jadi gaji atau tunjangan ataupun namanya tidak akan tersentuh oleh gub/bupwal. PNSD tidak bisa dijadikan alat politi oleh penguasa daerah, maka semua pelayanan masyarakat akan berjalan lancar dan tidak ada perbedaan pendapatan antara PNSP dan PNSD atau pun Sebastian

  50. Satu dirham uang riba yang dimakan oleh seseorang dalam keadaan mengetahui bahwa itu adalah uang riba dosanya lebih besar dari pada berzina sebanyak 36 kali.” (HR. Ahmad dari Abdulloh bin Hanzholah dan dinilai shahih oleh Al Albani dalam Shahih al Jami’, no. 3375)” [Nida-atur Rahman li Ahli Iman hal 41]

  51. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan. Peliharalah dirimu dari api neraka, yang disediakan untuk orang-orang yang kafir.” (Qs. Ali Imron [3]: 130)

    Ketahuilah wahai orang yang beriman bahwa riba yang dipraktekkan oleh bank konvensional pada saat ini itu lebih zalim dan lebih besar dosanya dari pada jahiliah yang Allah haramkan dalam ayat ini dan beberapa ayat lain di surat al Baqarah. Hal ini disebabkan riba dalam bank itu buatan orang-orang Yahudi sedangkan Yahudi adalah orang yang tidak punya kasih sayang dan belas kasihan terhadap selain mereka.

    1. Terimakasih Mas…sayapun baru-ini sadar nya, saya sedang berusaha lepas dari itu yang bikin saya tidak bersyukur dari penghasilan yg di terima, mengeluh dengan kerjaan dan iri dengan penghasilan orang lain. doakan saya lepas dari jeratan BANK. Saya dapat contoh dari teman satu kantor yg tidak berhutang di bank, hidupnya enak…berkecukupan dan tidak terlalu ngotot minta kenaikan gaji walaupun sebenarnya mau.

  52. Maaf2 kata nih ya…gaji sebagai PNS sebenarnya lebih dari cukup untuk hidup sehari2, tidak kaya tapi lebih dari cukup, masalahnya terlalu banyak bikin hutang di BANK toyib BANK miun yang bikin teriak2 minta gaji dinaikin. Kalau dipikir-pikir nih ya tiap 2 bulan sekali mampu beli gadged harga 3-4jt apa lagi suami isteri jadi PNS?! 3 tahun sekali pun mampu beli mobil baru. Setor tiap bulan ke BANK 1-2jt tiap bulan mampu tapi nabung tiap bulan sebanyak itu tidak manpu. Ayo lepaskan diri dari jebakan BANK. nafsu dan BANK yang menjerat kita. Bukannya sok bersih sok bermoral sok menasehati…tapi saya juga sedang berusaha lputus hubungan dari BANK.

    1. Iya benar, di satker saya mayoritas pegawainya berhutang dan kebanyakan selalu terlihat gelisah di kantor, sering nanya kapan naik gaji atau kapan tukin turun, awalnya aneh memang uang mereka kok habis terus.
      Akhirnya mengalami juga nasib seperti mereka, saya terpaksa berhutang ke Bank karena ada sedikit masalah yang dihadapi, hutang sedikit sebenarnya, tagihan sekitar 450rb per bulan, tapi hutang itu lumayan menguras pikiran, mungkin karena hutang tersebut menjadi beban. Sebaiknya hindari hutang sebisa mungkin, kalau mau berhutang untuk usaha mungkin tidak apa-apa, tapi kalau untuk konsumtif sebaiknya jangan.

      1. Setuju kang faisal, hutang itu menjerat apalagi hutang ke bank unttuk membeli yang komsumtif….lagi ..wow….menyesatkan….makanya orang yang banyak hutang akhirnya hidupnya tidak tenang karena untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari tidak tertutrup……kasihan……juga…..makanya jangan silau dengan kehidupan dunia……nikmati yang sahaja aja….apa adanya…..pasti hidup ini tenang…….kalau bisa seh menabung daripada bayar bunga untuk bank.

        1. Setuju pak. Saya jg mau usahakan cm ngutang buat kpr aja. Yaampun bungapinjaman bank di indonesia itu mencekik. Giliran bunga tabungan aja nilainya kecil buanget

  53. Wajar memang klo banyak Daerah2 yg berusaha memisahkan diri dari NKRI, krn pemerintah pusat curang. yng dpt remunerasi n knaikan gaji lembur hnya pemerintah pusat saja sdngkan Pemkot n Pemda yg sama2 kerja Hanya dpt ” I L E R “. knp PNS tdk disamakan dg Guru PNS yg dpt Gaji pokok n Sertifikasi utk seluruh indonesia. MEMANG pemerintah Pusat itu NAKAL hanya mikir WUDELE DEWE

    1. keliatan kalau ente ini PNS kelas teri, di terima PNS mungkin karena dibantu, semoga pemerintah Pusat dan Daerah lebih selektif lagi dalam mengangkat PNS. Ente baca dulu bro peraturan tentang pembayaran gaji dan pemberian tunjangan atau sejenisnya bagi PNS Daerah maupun Pusat, malu mas koar2 nuntut ini itu tapi tidak tau dengan peraturan, kita ini PNS.

      1. Siapa sih yang berani jamin PNS pusat tdk ada satupun yg dibantu,omong kosong…! sama saja Peraturan itu hanya produk politik DPR yg lalu bro..! mmng org SOK SUCI gini biasanya org yg tak mutu

        1. hahaha…IoI, terasa ya masbro kata2 saya sampai kelubuk hati yang paling dalam?! :D, baca dulu ya mas peraturan pemberian gaji dan tunjangan untuk pusat dan daerah…jangan malas 😀

  54. Ya…hanya untuk pegawai pusat pmk no.53/2014. Untuk pns pemda…apa kebijakan menteri nya…????? Kebijakan otonomi…..ha…kacau…banyak pns pemda tidak dapat uang makan…!…gimana pembuat legislasi ..negara ini…bikin cemburu pns daerah…aja….dah pns pemda gigit jari…aja
    Terkecuali pemda kaya…enak juga…lah…pemda minim tak kurang jumlah nya…

  55. Betul bang.. konflik internal ppp menunjukkan gaya makar premanisme mereka ingin merebut kedudukan sbagai ketua n cari nama dg konflik seperti orkam begitu gambaran kedepannya ppp jatuh…

  56. KETUA UMUM PPP SDA SUDAH MEMECAT BAWAHANNYA… YA SUDAH TERIMA SAJA.. MALU OOOYYY… SUDAH DIPECET MO BERTAHAN.. BAHU TIDAK PERNAH MELEBIHI KEPALA BROOO…

  57. BPJS kagak mo bayar puskes tuntut saja bunganya perbulan 2 – 5 % kalo di bank, pantas efek pelayanan jadi kagak maksimal selamanyaaa… yaaa.. menyimpan trauma efek BPJS yg kaga bayar.. aku punya askes kalo sakit mo bayar sajalah ke rs swasta kaga pake bpjs..

  58. DANA KAPITASI PUSKES TIDAK SAMPAI KE 40 PUSKES SE KAB BOGOR, DANA TSB DI DEPOSITOKAN OLEH PIHAK PENGELOLA , BISAKAKAH PIHAK PUSKES MENUNTUT DENDA KETERLAMBATAN TERSEBUT , BILA PIHAK PUSKES TIDAK MENERIMA UANG KETERLAMBATAN BUNGA DENDA MAKA berjanji : PELAYANAN PUSKES TIDAK AKAN MELAYANI PESERTA BPJS SECARA MAKSIMAL ALIAS SEMAUNYA SAJALAH ASAL ASALAN.. HAHAHAH… SEPERTI PIHAK PENGELOLA BPJS TERHADAP PUSKES HAHAHAH.. ADILKAN…

  59. KAB BOGOR TUNJANGAN PNS DAERAHNYA TIDAK ADA N MENDERITA UANGNYA HABIS DIPAKE JUMLING N BOLING UANG DI BAGI BAGI… BUPATI KAB BOGOR HARUS DI JEWER.. ADA ACARA BOLING SELALU MENJATUHKAN PNS DI DEPAN PUBLIK.. RY MEMANG HARUS DI COPOT..

  60. kita itu tidak usah saling tengkar gitu, kita instropeksi dulu udah benarkah kita dlm bekerja apakah udah mengabdi pada negara bener2 apa cuma sekedar tandatangan absen aj.Ingat waktu kita mendaftar masuk PNS “…mengabdi pada bangsa dan negara…” jadi kita laksanakan kewajiban dl,klo itu udah benar2 kita kerjakan br kita menuntut hak2 kita

  61. Allohu akbar.. Pantesan aku minta rujukan BPJS datang ke puskes mau ke rumah sakit bagian pendaftaran puskes saja sudah cemberut dg gaya jutex, baru tahu bahwa pihak puskes tidak dapat dana bpjs. Subhanallohh. Bagaimna pengaturannya bpjs ini? Aku beranikan diri tanya ke orang puskes cek kebenaran apa benar tidak di bayar? Ternyata benaaarr tidak dibayar! Akhirnya aku ke RS swasta bayar uang sendiri!!! Alhamdulillah pengalaman nyata!

  62. Alhamdulillah, sbg PNS klw ke dokter kami gk prnah pakai kartu Askes n BPJS, masih mampu bayar dokter, Kacian tenaga kes yg blm dibayar

  63. PARA PNS BILA SAKIT DILARANG PAKE KARTU BPJS ! MASALAHNYA YG MELAYANI PESERTA BPJS (PEG PUSKES) TIDAK DIBAYAR DARI TGL 1 JAN 2014 SAMPAI TGL 10 APRIL 2014. AKU JUJUR.. BOLEH DI CEK KE PUSKES (BUKTIKAN N TANYAKAN KE PUSKES TERDEKAT)

  64. Sebagai informasi saja, pemberian tunjangan dan uang makan PNS di daerah itu berdasarkan kemampuan APBD masing2 daerah, ada daerah yang punya APBD besar macam Riau dan Kaltim sudah pasti tunjangan para PNS mereka besar nilainya dan biasanya tidak cm 1 jenis tunjangan saja,ex. di pemprov Riau tahun 2013 lalu mereka ada 2-3 jenis tunjangan nilainya cukup besar. Bahkan THP seorang staff saja mgkn sampai belasan jt. Sedangkan PNS pusat yang berada di prov Riau THPnya hanya mendapat gaji dan uang makan saja yang jumlahnya plus minus 3 jt (gol IIIB) dan itu sama semua untuk PNS pusat yang berada di Jawa, Sulawesi, Kalimantan, meskipun tingkat kemahalan di pulau Jawa tidak sebanding dengan luar Jawa. Belum lagi resiko mutasi di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Marauke setiap saat bisa terjadi dan harus siap. Mungkin di daerah dengan APBD yang kecil dan banyak PNSnya pemberian tunjangan dan uang makan malah sangat kecil bahkan tidak ada, sekali lagi dikembalikan kepada kemampuan APBD masing2. Itulah salah satu hasil dan konsukuensi dari otda yang diinginkan oleh daerah.

    1. Kpd rekan guru….aku sdh mengabdi 20 thn menjadi guru didaerah terpencil. kini statusku menjadi pendidik dikemenkumham krn pengabdianku kini ku dptkan tunjangan remonerasi. ikutilah jejakku tp perlu pengorbanan serta perjuangan. akan ku abdikan diriku smp masa pensiunku. jgn hanya mengeluh & mengerutu semua itu akan menjadi beban pikiranmu, dimasa kehidupanmu.

  65. peenes ada di mana mana dari aceh sampai merauke di desa desa itu ada, n melayani masyarakat bisikan suaranya di TPS bisa memenangkan perolehan suara partai yg mendukungnya!! Ok Jowi kapan ke kelurahan lagi!.

  66. Betulll bang, PNS daerah itu ada dimana mana sampai pelosok daerah sampai sekdes heheh bisa bisikan suara suara di TPS untuk mendukung partai yg selalu memperhatikan PNS, KUNCI keberhasilan ada di PNS daerah hahahah, hidup Jokowi!!! KUNCI Jowi bisa jadi 2 kali periode asal bisa menjaga PNSnya, PASTI!!!.

  67. Pns di indonesia itu banyak yg bisa punya pengaruh atas bisikannya di TPS, makanya dukung PNS daerah pasti partainya jadi pemenang, itu KUNCInya.. pns daerah punya akses unjuk gigi di daerah, partainya mendukung PNS pasti berhasil jadi pemenang, dibanding kotornya money politik.. hidup Jokowi!!

  68. Istri saya seorang pns daerah, merasa kasian sama dia, dan saya ditunjuk di TPS, akhirnya saya Selalu! membisikan ke peserta pemilih agar memilih Jokowi , yang mudah” an setelah jadi presiden biisa mengangkat PNS daerah… hidup Jokowi..!!

  69. Mudah mudahan presiden terpilih JOKOWI bisa lebih memperhatikan Pns daerah, tidak seperti presiden sby yg tidak memperhatikan pns daerahnya, hidup jokowi selamat jokowi..

  70. disyukuri aja kawan2.. pnsd enak mutasinya di tingkat daerah aja.. pns pusat mutasinya seluruh indonesia coy.. jauh dr kluarga dan biaya yg mahal tiap pindah2… #pengalamanpribadi

  71. PNS KAB BOGOR TIDAK ADA REMUNERASI AND DANA BPJS TIDAK SAMPAI KE 40 UPT PUSKES SE KEC KAB BOGOR… PARAH.. SIAPA YANG MENGELOLANYA APA DANA MAU DI SUNAT OLEH PEMDA? BERAPA BUNGA YANG DISIMPAN SELAMA 4 BULAN, PUSKES HARUS MENG AUDIT? KAMI PNS KAB BOGOR BUKAN ORANG BODOH… MENGERTI TIDAK! HAHAHAH….. ?

    1. Dana 4 bulan cukup besar DI DEPOSITOKAN, saran aku pihak puskes BISA MEMPERTANYAKAN BUNGA Selama itu, atau minta Denda ke pihak pengelola, seperti kita terlambat bayar listrik, pajak kendaraan n terlambat bayar cicilan, pasti pemerintah pun memperhitungkan itu pemerintah selalu memberikan contoh yg terbaik.. terima kasih semoga saran saya diterima..

  72. Bersyukur aja Mas Bro ! yg penting hidup bisa berjalan mulus Meski harus ngutang sana ngutang sini. Pokoe Joged !

  73. Sebetulnya.. semua honor dan tunjangan sudah ada aturannya.
    PNS pusat masalah gaji..honor..tunjangan… harus memalui PP atau perpres.. ribet kan, dan kadang besarannya ga sebanding dgn tunjangan di DKI atau Prov Jabar,misalnya. Minimal melalui permenkeu.

    Kalo daerah..cukup dgn SK Bupati/gub.. selesai..pendek birokrasinya.. Ingat UU ASN juga melibatkan UU otonomi daerah.. ingatlah bahwa pengelolaan keuangan di daerah dilaksanakan oleh daerah itu sendiri.. kalo PADnya kecil ya kasian dehh.. kalo PADnya besar ya.. SIIP..bisa gila2an tunjangannya.

    Utk golngan III S1 yg baru jd PNS utk pusat yg sudah remunerasi(kecuali BPK,KEMENKEU,MA),THP mereka maksimal 5.5-6 juta… hampir sama dgn daerah kok..

    Sebainya disyukuri aja apa yang kita dapat..

    Salam

  74. bagi saya sudah jadi PNS tanpa membayar 1 sen pun dan dengan proses seleksi yang bersih sudah bersyukur sekali,masalah gaji bukan besar kecilnya tp bagaimana kita mengelolanya….

  75. yang harus diperjuangkan itu bukan tukin tapi sumber sumber pendapatan pnsd yang seharusnya diterima seperti bpjs dll. sekali lagi mau hd pns maupun pnsd itu pilihan pribadi masing-masing.dari jaman dulu yang namanya pns pusat itu kalah mulu dengan pnsd tertentu. dan itu nggk masalah

  76. sebenarnya pns daerah tuh harus paham kalau pendapatan mereka tergantung kemampuan daerah.pada saat pns daerah dapet tunjangan kinerja daerah seperti jakarta, tangsel dll pns pusat nggk iri tuh. jadi harus paham dulu jangan iri begitu,mau jadi pns pusat maupun daerah itu semua pilihan pribadi

    1. Ini satu lagi yang bego….. Pilihan probadi dari Hongkong??? Gw sudah PNS sebelum otoda. Dan kami disebar ke seluruh Indonesia. Apa pilihan kami untuk ditempatkan di daerah miskin?

  77. yg pns hrsny pd bersyukur dan jgn banyak nuntut trus…. kerja yg disiplin jgn pada telat trus…
    coba liat yg honorer gaji aja kurang dr 500.000…trus yg ngerjain apa-apa biasanya yg honorer…. tp mrk pd bersyukur…
    semakin bapak2 & Ibu tidk bersyukur dan tdk amanah mk semakin jauh berkahnya…

  78. Hey SBY..kamu jangan kampanye melulu… tolong gimana nihh.. PNS Kab Bogor tidak ada Remunerasi and sampai tgl 3April 2014 Dana BPJS tidak cair ke 40 UPT Puskes se Kab Bogor.. memang kita kerja Gratisan.. Gila Amat hey SBY ? Toloongg Dong SBY!!!

  79. yang pns daerah sabar aja,kedepannya bakalan ada regulasi untuk kesejahteraan pns daerah. jangan saling menghujat,ingat kita adalah alat pemersatu bangsa.

  80. Bapak2 dan Ibu2 semua kebutuhan orang itu sama, tinggal kitanya aja cara menyikapinya. Ada yang gaji besar tapi kurang karena kita kurang bersyukur dengan apa yg kita dapat, ada yang berpenghasilan kecil tapi keluarga mereka bahagia krn beliau mensyukuri apa yg diberikan Allah pd mereka. Maka dari itu kita tdk usah ngeributin jodoh dan rizki semua itu udah ada yg atur

    1. Betul.sekali. Dulu saat kami2 masih jadi honorer, berharap kapan jadi PNS, disamping gaji tetap dan dapat tunjangan dsb, sehingga tidak selalu merasa kekurangan. Paling tidak dapat menutupi kebutuhan hidup yang selama ini masih di awang2. Tetapi setelah jadi PNS plus dapat Remunterasi tetap aja merasa kurang… Namanya juga manusia tidak merasa cukup…

  81. Kalo diperdebatkan terus pasti ga ada yang mau ngalah n ga kan ada habisnya, dimana2 rumput tetangga lebih hijau dari rumput sendiri, yang harus kita sadari termasuk adalah banyak bersyukur bahwa kita bisa menjadi PNS/ASN dibanding sodara2 kita honorer K2 yang lulus pun belum tentu dapat NIP banyak bodong katanya, pemerintah pusat or daerah pun ga akan menutup mata kalo kita kerja baik n berprestasi, bisa masuk logika kan???

  82. pak presiden SBY,,,tolong pak tunjangan kinerja BMKG tahun 2014 blom cair sampe sekarang,,apa memang per 6 bulan atau bagaimana? tolong penjelasan bapak pejabat BMKG, Menkeu, BPK, dan bpk SBY yang terhormat,

  83. pak presiden SBY,,,tolong pak tunjangan kinerja BMKG tahun 2014 blom cair sampe sekarang,,apa memang per 6 bulan atau bagaimana? tolong penjelasan pejabat BMKG dan bang setagu,,

  84. malah pada berantem, kalo memang pada berani share donk take home pay per bulannya, dari gaji mpe tunjangan n lembur sekalian.daripada ribut gak jelas….buat perbandingan juga, tiap daerah kan juga beda mulai biaya hidup, KHL dll.gak fair jika jakarta dibandingkan ma daerah…..sesama pns unthul kok ribut, meh entuk opo…

  85. Sorry buat pnsd. Sesungguhnya pnsd juga banyak yg lebih makmur dari pada pns pusat. Tanyakan aja ke daerah-daerah yg punya sda yg berlimpah. Dijamin kalian tambah bingung. :). Ditempat kami pun, penghasilan pnsdnya bisa mengalahkan pns di kemenkeu kok (saya bukan pns kemenkeu). Itulah dampak dari otonomi daerah.

    Jadi pns pusat/kementerian beda2, kalau kena yg enak ya enak, kalo kena ga enak bs2 lebih ga enak dari pnsd. Apalagi sering mutasi. Berani mutasi/di tempatkan di seluruh Indonesia?

  86. Enak bgt tuh pns pusat,, remunerasi dpt malah uang mkn naik lg.. Km petugas RSUD hanya kerja aja yg dpt,, JAMKESMAS dr th 2013 aja belum di bayar ama pemerintah,, apa lg BPJS.. Hufh KACAU pemerintah.. Beda2in pns..
    PNS kn sm2 abdi negara, ngapain harus di beda2in?? Apa nunggu kami demo dulu / mogok dulu petugas RSU baru d bayarkan jamkesmas?? Adil dikit dunk, para pejabat2 YTH yg bikin aturan,, jangan se enak udel mu aja bikin aturan,, kami di daerah juga abdi negara..

  87. Dana bpjs belum sampe ke puskes? Kasian banget… Seharusnya menurut UU kapan harus turun dananya ? Remunerasi harusnya mengikuti sila ke 5, YANG ADIL GOBLOK….

  88. PNS KAB BOGOR TIDAK ADA REMUNERASI SAMPAI DETIK INI, HANYA GAJI TO… DANA BPJS JUGA KAGA ADA, KAGA NYAMPE KE 40 PUSKES SE KAB BOGOR.. KAPAN YA..? TOLOOONG PA SBY.. !!!

  89. gimana kalo uji Judicial Review aja Peraturan Menteri Keuangan Nomor 53/PMK.02/2014 ke MA, soalnya mendiskriminasi PNS (antara pusat dan daerah) yang bertentangan dengan UU ASN tentang Gaji dan Tunjangan yang adil dan layak

    kalo perlu UU APBN tempat nyantolnya rekening uang makan, gugat ke MK supaya dibatalin n gak bisa dibayarin uang makannya

  90. negara ini memang mo mengadudomba PNS kali ya….ini sangat berbahaya bagi keutuhan NKRI,,,cb pikir klo daerah pada memboikot???ya wajar klo PNS pusat naik terus la wong yg buat kebijakan pusat, mosok ga mikirin perutnya sendiri,,,,inga’ kita hrs berfikir futuristik,,,

  91. MAAF UNTUK YTH BAPAK SDA(KEMENAG):
    Nabi SAW, bersabda: “Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang menutupi aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba Nya selama hamba Nya itu suka menolong saudaranya”. (HR. Muslim, lihat juga Kumpulan Hadits Arba’in An Nawawi hadits ke 36)=[http://jalandakwahbersama.wordpress.com/2009/07/17/mudahkanlah-urusan-orang-lain/]
    JANGAN BAHAGIA DALAM PENDERITAAN ORANG LAIN,adalah kalimat yang penuh dengan kebijaksanaan,pepatah ini akrab di Negara mana saja,
    Terutama di Negara yang yang kental dengan ajaran islam,
    Karna dalam ajaran islam sangat keras kepada pemeluknya untuk menjadi orang yang baik dan benar,
    Dalam islam juga di ajarkan sosian yang tinggi,
    Kesosialan yang tinggi tidak lepas dari kebenaran,kejujuran dan kebijaksanaan,// Dalam tashawwuf di terangkan, “kita diwajibkan bersikap bijak,menghilangkan kejelekan di hati”.
    ada jaga qaul dari ba’dal ulama’:
    ?? ????? ??? ??? ?????.
    Jadilah kamu orang yang membuat orang lain bahagia.dan jangan menjadi orang yang menyusahkan orang lain.
    Mungkin qaul ini sudah mencangkup pada apa yang saya bahas mulai tadi,qaul ini global,singkat,padat tapi sudah jelas dan mencangkup.[http://shaniulblog.blogspot.com/2011/06/jangan-bahagia-dalam-penderitaan-orang.html]
    BAGAIMANA DENGAN BPK YTH SDA????? SUDAHKAH ANDA MEMIKIRKAN PNS DI LINGKUNGAN ANDA??? DARIPADA PARTAI ANDA…. ALLAH SWT MAHATAHU, TERIMA KASIH MAS SETAGU.NET…. MAAF SEKALI BAHASA SAYA KASAR……

  92. seperti sila ke 5 sudah harus di revisi karena keadilan sudah tdk ada lagi terbukti dgn tdk adilnya pemerintah dgn memilah milah tempat kerja dan penghasilannya

    1. Wah bangga banget nih pns pusat mencemooh pnsd kalo mau lihat kenyataan kalian itu tidak bisa dapat remun kl pajak-pajak dr daerah tidak masuk, kalian juga nganggur hanya makan gaji buta, seakan-akan paling berjasa sendiri buat bangsa. pintar ngibul cuma omong doang

    2. wah..aku mah ngga ngaruh mau pns pusat ke mau pns daerah…tidak ngaruh……walaupun ada kenaikan uang makan…..ngga ngaruh…..cape deh……walaupun aku pns juga…….tetep aja bisa makan..bisa traveling……uang halal lagi…………….

    3. Siapa bilang PNS pusat enak ?? mungkin terlihat enak dari segi penghasilan tp kenyataanny no, bnyk pengeluaran jg di jakarta, belum lagi macet berkepanjangan, debu dll, apakah ada di PNSD?? nyaman dan tentram dan gak mungkin terlambat pula ke kantor ? Syukuri aja apa yang sdh Alloh berikan jangan berkeluh kesah, dan tetap terus bersyukur karena puluhan ribu bahkan ratusan orang mau menjadi PNS meskipun penghasilany terbilang pas pasan, lakukan yang terbaik buat Negara Indonesia ini kawan2. Merdeka.

      Saya mendukung adanya tunjangan Kemahalan semoga terealisasi, karena bnyk nya PNS Pusat (Kementerian) pingin pindah ke daerah. jadi tidak seimbang.
      terlebih buat Para PNS yang ada di Papua, Otsus tdk cukup harus ada tunjangan kemahalan 😀

    4. ngawur org ini, emang dirimu yg mnemui pndidikn gratis dr sd smpe smu, trus kesehatan gratis… it smuavdr daerah, km ngawur

    5. Si pns pusat yang di atas ini otaknya paling cuma seupil. Itupun otaknya baru berjalan kalau sudah ngeliat duit.

      Jadi PNS di daerah yang miskin itu juga belum tentu pilihan. Saya sudah PNS sebelum otoda, dan waktu itu kami disebar ke seluruh Indonesia. Kalau bicara itu pake dengkul dong…..

  93. BETUL BANG! DANA BPJS GA TURUN KE PUSKES. KASIAN TUH PEG PUSKES, AKU PNS JADI MALES PAKE BPJS.. PENGATURANNYA GILA…

  94. Pns daerah kagak ada remunerasi, bpjs juga kaga turun ke puskes , peg puskes bidan dan dokternya KAGAK DIBAYAR SAMA YG NAMANYA BPJS.. DARI JANUARI SAMPE SEKARANG 27 MARET 14

  95. Janji janji melulu, tahun depanlah.. yang akan datanglah.. yang penting sekarang apa? yang jelas saat ini pns daerah susaaahh… ya sudah kerja semaunya sajalahh..

    1. bersyukurlah sudah dapat kerjaan jgn terlalu banyak nuntut,…kalo gak sanggup lagi mundur aja jgn trlalu banyak ngeluh…

  96. teruskan dan lanjutkan tingkatkan kesejahteraan PNS pusat… Agar makin sejahtera dan makmur.. Perut buncit akan berbahaya..

    1. Disyukuri saja apa yang telah kita terima, mau pusat atau daerah memang punya beban kerja yang berbeda, kalau nyari perbedaan terus ga ada abisnya.
      lakukan yang sudah jadi tupoksi kita masing-masing. tetap semangat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.