Tunjangan Khusus Papua

Tunjangan Khusus Papua diberikan kepada PNS,Hakim, Anggota TNI/Polri termasuk calon Pegawai Negeri Sipil yang bekerja/bertugas pada daerah Provinsi Papua. Tunjangan ini diatur dalam Keputusan Presiden RI No. 68 Tahun 2002 tanggal 31 Agustus 2002.

Tabel Tunjangan Khusus Papua :

a. PNS

No Gol/Ruang Pangkat Rp
1 I/a Juru Muda 200.000
2 I/b Juru Muda Tingkat I 225.000
3 I/c Juru 250.000
4 I/d Juru Tingkat I 275.000
5 II/a Pengatur Muda 300.000
6 II/b Pengatur Muda Tingkat I 325.000
7 II/c Pengatur 350.000
8 II/d Pengatur Tingkat I 375.000
9 III/a Penata Muda 425.000
10 III/b Penata Muda Tingkat I 450.000
11 III/c Penata 475.000
12 III/d Penata Tingkat I 500.000
13 IV/a Pembina 525.000
14 IV/b Pembina Tingkat I 550.000
15 IV/c Pembina Utama Muda 575.000
16 IV/d Pembina Utama Madya 600.000
17 IV/e Pembina Utama 625.000

b. Hakim pada Peradilan Umum, Peradilan Tata UsahaNegara dan Peradilan Agama

No Gol/Ruang Pangkat Rp
1 III/a Penata Muda 750.000
2 III/b Penata Muda Tingkat I 900.000
3 III/c Penata 1.050.000
4 III/d Penata Tingkat I 1.200.000
5 IV/a Pembina 1.515.000
6 IV/b Pembina Tingkat I 1.585.000
7 IV/c Pembina Utama Muda 1.650.000
8 IV/d Pembina Utama Madya 1.715.000
9 IV/e Pembina Utama 1.785.000
Baca juga:  Uang Makan PNS Tahun 2015 Naik Rata-rata 40%

18 thoughts on “Tunjangan Khusus Papua

  1. Kok segitu ya gan.. 🙁
    Tunjangan+gaji pokok mungkin bisa di atas 2 jt.
    di daerah saya (kec.Nibung) seorang honorer aja di gaji 1.300.000 ini aja masih terlalu kecil.

  2. Yth. Bpk Presiden RI

    Mohon segera revisi Kepres 68 Tahun 2002 Tentang Tunjangan Khusus Papua.
    Atas perhatian Bapak Presiden di ucapkan terima kasih.

    M. Bakri Nongko

  3. Bener tu bung rizal ma komang mohon ditinjau kembali dong masa udah 10 tahun tidak pernah naik tunjangan papua kasian pns ikatan dinas banyak yg tidak betah paling banter 4 thn minta pindah ke jawa.coba kasih reward buat pns yg kerja di papua berupa tujangan khusus 2x gaji gitu kan bikin agak betah sedikit.

  4. Mudahan baru satu jenis tunjangan kemahalan ini mungkin ada dengan nama yang lain mengingat harga sembako tinggi ne mohon kebiajakan bos-bos kita di atas ne yang pusat or otonomi bagi pegawai kecil/gol rendah khususnya, mohon kebijakan sekali lagi suwun bos………………..

  5. Para Pemimpin yang terhormat, kami sebagai PNS vertikal di papua mohon dengan sangat agar dapat meninjau ulang draf tunjangan khusus papua, biaya hidup yg luar biasa mahalnya disini menjadikan kami hidup terasa sangat memprihatinkan…., semoga para pemimpin pengambil kebijakan terketuk pintu hatinya untuk segera memikirkan hal ini. terima kasih sebelumnya

  6. Wah sudah berubah ya, jadi turun nih, saat saya tugas di sana klo gaksalah antara 70 s/d 73 % dari gaji pokok.

  7. @ CPNS 2009 bukan perkara adil engga adil …,cuma ada niat kagak pemda di prov malut dan kabupaten kotanya buat ngasih ke pegawainya…,jangan pejabatnya cuma mikirin komisi dari proyek aja ..,saya tau soalnya saya pernah bertugas di daerah maluku utara , suasana nya penuh intrik dan persukuan yg kental terutama yg dari daerah M …,liat aja blm 5 thn jadi pns naiknya sdh inova ,jass…kpk hrsnya turun ke sana propinsi sarang koruptor…

  8. kenapa cuma papua yg dpt tunjangan kemahalan harusx juga maluku utara krn barang-barang juga mhal harga hampir sama dgn dipapua pemerintah tidak adil nich….

  9. Wah bermanfaat banget ne infonya, dengan demikian publik bisa tau dan memprediksi jumlah gaji seorang PNS yang sebenarnya.
    ehem.. kira-kira ada pengaruh gak ya terhadap peluang korupsi di negara kalau kita bisa memprediksi gaji seorang pejabat negara?
    kek nya gak ngaruh ya..?
    orang dah ketauan korupsi aja prosesnya jelimet, gak langsung diproses. Malah cari2 kasusnya yang lain dulu yg diurus.
    Misalnya proses kasus pemalsuan passport yang terlebih dahulu diproses. Padahal jelas2 bukti korupsi dan saksi2 yg bersangkutan dengan penggelapan pajak negara sudah lengkap, eeeh.. malah ditunda2. (gak tau nunggu apa? nunggu rakyat lupa kali ye :p (apa perlu dibikin skenario ganyang malaysia lagi ne biar perhatian rakyat teralihkan) wkwkwkwk.. huuft gaya lama di Indonesia kan gitu, ujung2nya ganyang malaysia deh buat ngalihin perhatian rakyat> weeek :p

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.