Revisi Uang Makan PNS 2015

Beberapa waktu yang lalu seiring adanya update Aplikasi GPP tanggal 10 Maret 2015 terdapat perubahan tarif uang makan PNS (pusat) dengan penurunan yang sama tiap golongan yakni sebesar Rp 5000. Padahal pada bulan Januari 2015 uang PNS masih menggunakan tarif yang lebih tinggi berdasarkan Standar Biaya Masukan TA 2015.

Aplikasi GPP (Gaji Pegawai Pusat) adalah aplikasi Aplikasi untuk melakukan administrasi pengelolaan belanja pegawai khususnya gaji PNS Pusat yang anggarannya langsung dari APBN. Aplikasi ini digunakan untuk mengolah dan menghitung gaji, uang makan dan uang lembur.

Adanya perubahan tarif uang makan pada aplikasi GPP menimbulkan tanda tanya apakah ada perubahan SBM TA 2015. Pertanyaan itu terjawab dengan diterbitkannya PMK No 57/PMK.02/2015 bertanggal 18 Maret 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 53/PMK.02/2014 tentang Standar Biaya Masukan TA 2015.

Disebutkan pertimbangan perubahan adalah dalam rangka menindaklanjuti kebijakan belanja Pemerintah Pusat Tahun Anggaran 2015 yang efektif dan efisien khususnya terkait kebijakan belanja pegawai. Dengan pertimbangan tersebut Satuan Uang Makan, Biaya Uang Lembur dan Uang Makan Lembur berubah seperti daftar di bawah ini:

Baca juga:  SE Pelaksanaan Pembayaran Tunjangan Jabatan Auditor, Analis Hasil Pasar Pertanian, Pamong Belajar dan Penilik

Uang Makan PNS 2015

Selain perubahan uang makan PNS, PMK ini juga mengakomodir beberapa usulan penyesuaian standar biaya masukan dari beberapa Kementerian Negara/Lembaga, diantaranya:

  • Honorarium Pengadaan Barang/ Jasa,
  • Honorarium Penerima Hasil Pekerjaan,
  • Honorarium Pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
  • Vakasi dan Honorarium Penyelenggara Ujian,  dan
  • Honorarium Pengajar Diklat.

48 thoughts on “Revisi Uang Makan PNS 2015

  1. kami sebagai PNS tetap sabar walau tidak naik gaji, tapi jika memperhatikan fakta2 yang ada sampai saat ini perbedaan keadilan dan pemerataan hanya dimiliki oleh guru saja terbukti banyak biaya yang telah dikeluarkan buatnya seperti uang sertifikasi ,tunjangan profesi dan gaji 13,14 Guru Juga terima .sedang PNS menerima saja walau tidak menerima seperti apa yang diterima oleh Guru . maka PNS selalu ditekankan untuk bersikap adillllllllllll sesuai undang-undang dan tidak boleh menuntut Pemerataan yang hanya diucapkan oleh bibir. saja karena tidak bisa sebagai rujukan untuk meminta .

    1. klo mau uang makan,sini tukar sama saya,saya sekarang pns pusat yg ditempatkan di suatu kabupaten di pulau sumatera

  2. uang makan nya bukannya turun… tapi kenaikannya yang berubah…sebelumnya ditetapkan 10rb..diturunkan menjadi 5rb..uang makan tetap naik lah..gimana sih

  3. SBY : aparatku, tahun 2015 saya naikkan uang makan kalian ya 10ribu ya …
    Joko : eiiit … itu pemborosan, cukup 5ribu saja …
    Pns : o.O

  4. dri dlu saya memperhatikan pemerintahan indonesia gk da perubahan ko sekarang2 ini saya perhatikan pemerintahan indonesia semakin amburadul seharusnya kerja yg positif tentang kinerja pemerintahan bukannya mempermasalahkan gaji PNS itu tidak risional di dlm bekerja. seharusnya pemerintah itu di ingat dlu apa yg terjadi dlu waktu capres cawapres apa yg di omongin di dlm panggung yg ukurannya 6 x 8 di seluruh masyarakat masih ingat gk………..itu janji, bukan masyarakat yg akan menilai tapi yg diatas apa yg anda lakuin di wktu sehari lima wktu itu……..ingat apa yg akan terjadi dinegara indonesia tsunami /gempa

    1. Untuk Pak Tommi, setuju…pemerintah sekarang membingungkan rakyat….tidak ada perubahan yang pasti dan jelas….semakin kesini malah semakin menurun….bukan tambah maju..tapi tambah bobrok…kasihan rakyat….malah sekarang rakyat asyik aja bermain dengan batu akik nya…hehe.

  5. di tempat kerjaku uang makan 30 rb sdh berlaku mulai februari. sementara bulan januari masih 25 rb. apa ada rapel selisih uang makan? gimana ngitungnya?

  6. mas setagu…apa khabarnya dengan kenaikan gaji tahun 2015 ini? kayaknya adem2 aja….trmks atas infonya

    1. Adem2 aja gpp bro.. yg penting efeknya langsung signifikan..
      Biar diluaran sono ga ribut.. Coz kalo ribut, sebelum gaji naek pun, harga2 barang dah naek duluan.. 😀 😀

  7. Kalo pemimpin yg identik dg suatu parpol segala keputusanya berdasarkan hitungan untung rugi dari parpol pengusungnya.beliau ini tdk akan berani melangkahi ndoronya dlm mengambil keputusan.ada campur tangan dari parpol.ujung2nya perpres kenaikan uang makan di anulir,inikan merugikan banyak pns yg berharap tambahan penghasilan,khususnya pns pusat.

  8. Yang presiden itu menteri keuangan bukan jokowi mauh naik gaji PNS hitungan dulu dg menteri keuangan tapi untuk DJP dak perlu hitungan dan jg dak perlu minta masukan dgn kementerian lain untuk membahas kenaikan coba kita baca berita di media masa bln feb heboh tentang rpp gaji asn yuddy bilang akhir bulan udh dapat pormulasinya dan segera diterbitkan buktinya skrg udh bln april belum ada tanda tanda dimedia pun berasur dingin tidak ada lg berita malah berita pensiun di bayar langsung 2017 maksudnya pns butuh kepastian bukun kemunafikan sekecil apa berita kenaikan gaji dan bbm pasar cepat merespon kenaikan harga gimana seorg pemimpin pola pikirnya lebih baik menteri susi aja gantinya yg punya pemikiran cemerlang emang terbukti kok. tinggi pendidikan dan gelar tidak menjamin pemikirannya tapi bukan pengayom dan pemerhati ya begini negara ini, yg duduk akademisi Udah di kampus ajalah ganti ???? dikalangan propesional aja ???? membuat negara lbh stabil bukan seperti skrg gonjang ganjing negara lain mematau kelemahan kita wassalam

  9. Mungkin yang teken surat keputusan penurunan uang makan ndak baca isinya, sesuai tauladan pak presidennya

      1. tapi om di kantor saya malah dikembalikan tuh selisihnya,malah 2 bulan lg januari n feb,mana yg benar

  10. Rpp gaji dingin menpan pencitraan sudah selesai april ???????m juga akhir februari lewat janji manis seorang menteri munafik

  11. RPP (Rancangan Pemotongan Pembiayaan ini-itu) sudah terbit. Dibuktikan dengan pemotongan uang makan PNS. Besok2 apa lagi ya yang dipotong ?

  12. Masih syukur PNS cuma diturunkan uang makannya. Lah menteri PAN RB malah menurunkan harkat martabat dan harga dirinya dengan mencium tangan ndoro menteri Puan.. ketika diklarifikasi cuma nyengir sambil bilang itu hal biasa.. hadeuhhhhhh…

    1. Ahahaha.. bener boss.. Bukan mertua, bukan sodaranya, bukan bos-nya koq cium tangan?
      Coba sama Menteri Susi, cium tangan ga?

  13. xixixi … sy ketawa liat pemerintah sekarang, narik duit banyak2 dari rakyat melalui kenaikan macam2 harga sampe pajak. Giliran ngeluarin duit buat rakyatnya (pns) … ups ntar dulu… klen para pegawai harus hemat ya …. hemat …. hemat … hemat

    1. Nasi apa bos paling murah 17ribu, pns bekerja untuk pemerintah di gaji pake uang rakyat. Makan yang biasa2 aja,makanya masak dirumah bukan beli nasi bungkus

  14. paijo, setujo jo…Rp 7.000 cukup buat beli soto plus krupuk, uang makan diturunkan jadi Rp 7.000 aja

    tapi gantinya tunjangan anak jangan 2% tapi 20 % lha biaya untuk anak per hari uang saku minimal 10.000 transpot antar jemput anak per bulan Rp 400.000, spp anak per bulan Rp 500.000 lha ini tunjangan cuma 2% ( Rp 50.000)

    piye setuju ora jo……

  15. lha wong di Solo makan cuma 7rb kok. 35 rb buat sehari lha ini 35rb sekali makan..kebanyakan itu…ayo diturunin! #nasib

    1. Lha nek kuwi Solo.. Indonesia ga cuman Solo dul! Coba jalan2 ke Balikpapan, dan makan 3x sehari disana..

      1. betul tu bos, saya cm makan nasi soto di warung pinggir jalan di balikpapan saja hbs 25rbuan,itu belum termasuk untuk minumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.