PP No 34 Tahun 2014 – Gaji Pokok PNS 2014

Setelah ditunggu cukup lama akhirnya PP  tentang kenaikan gaji PNS sudah ditandatangani presiden SBY tanggal per 21 Mei 2014.

Peraturan pemerintah yang dimaksud adalah PP Nomor 34 tahun 2014 tentang perubahan keenam belas atas peraturan pemerintah nomor 7 tahun 1977 tentang peraturan gaji PNS.

Peraturan Pemerintah ini berlaku per 1 januari 2014 dan menjadi dasar bagi penerbitan petunjuk pelaksanaan pembayaran oleh Kementerian Keuangan dalam hal ini Ditjen Perbendaharaan untuk segera membayarkan kenaikan gaji maupun rapel yang terhitung mulai 5 bulan terakhir.

Berikut daftar Gaji Pokok PNS 2014:

Golongan I dan II

Gaji PNS Golongan I dan II

Golongan III dan IV

Gaji PNS 2014

Unduh PP No.34 Tahun 2014

Baca juga:  PP THR dan Gaji 13 PNS 2019

58 thoughts on “PP No 34 Tahun 2014 – Gaji Pokok PNS 2014

  1. ?????????????????????????????°?º?°•. ??????? bahagianya bapak ibu ????? telah jadi PNS sudah dapat hidup layak tapi masih banyak ???? ????? mengeluh,dengan gaji sebesar itu ‘ manusia memang tak pernah Puas dengan hawa nafsunya tapi tolong lihat kami para Honorer di pedesaan gaji 1 bulan 350rb ‘ bila ingin mengadu pada siapa ????

  2. ditahun 2015 gaji naik 6 persen. tunjangan uang makan diperkirakan naik 40 persen. yg kami tanyakan kenaikan itu ud pasti k. atau hanya baru wacana aja. kami pegawai yg ada di kelas distrik yg harga 9 bahan pokok sangat tinggi. kami harap pemerintah perhatikan kita2.

  3. ini su bln setember tpi uang turkin kok sampai hari ini kok blm cair2. utk instansi fertikal kok tidak dapat tunjangan kemahalan bagi kita2 yg bertugas d arial perbatasan

  4. Sy anggota polri yang selama ini menerima gajih 13 hanya dibayarkan gajih pokok kurang lebih 2jutanan lebih sementara gajih sy tiap bulan sy terima hampir 5jt. Kalau pns terima gajih 13 sebesar gajih fia tiap bulanya. Mohon penjelasan tk was

  5. Saya di PNS PTN cap gajah, sampai sekarang tanggal 21 Juli 2014 belum mendapatkan rapel kenaikan gaji tahuin 2014, sementara temen2 lain udah dpat malah yang di daerah juga udah pada keluar. sebenarnya alurnya gimana yah? saya menjadi berburuk sangka jangan2 ada oknum yang dengan sengaja mengambil keuntungan dari kenaikan gaji ini.

    1. Sebenarnya kalau dg apilkasi GPP gaji yg sudah update perhitungan kekurangan gaji sudah otomatis, kecuali dilakukan secara manual. Faktor lainnya data pendukung hrs lengkap spt daftar perubahan data pegawai (pemutakhiran ADK), Satker dg pegawai yg lebih banyak tentunya akan lebih lama. Prosedurnya standar saja: SPM Kekurangan Gaji – KPPN – Cair

      Tepatnya tanyakan ke bendahara satker, prosesnya sampai di mana

  6. Ada yang tau ga.sebenrnya remun kementerian perhubungan udara dibayarkan per 6 bulan atau per 1 thn pembayaran untuk thn 2014 ini.

  7. Akan lebih baik lg klu pensiun diganti dgn pesangon dan gaji disesuaikan. Untuk golongan terendah minimal 5 juta, pensiun diganti pesangon. Dgn gaji yg skarng sulit tuk mencukupi kebutuhan hidup. Walaupun gaji naik terus tetapi pastilah harga2 jg ngikut naik.

  8. Pengumuman kenaikan gaji udah dari tahun kemarin, tp belom realisasi harga barang udah pd naek…kalo sy lebih milih gk naek gaji sekalian tp harga barang diturunin. Karena naek 6% gaji tp harga barang udah jauh melambung tinggi….republik opo iki, ckckkck…menyedihkan.

  9. mas setagu pp gaji 13 kapan ? kenaikan gaji atau atau gaji 13 yang akan dibayarkan terlebih dahulu

    1. Tentunya kenaikan gaji terlebih dulu.
      Perbendaharaan menunggu PP resmi diundangkan, indikator mudahnya jika PP 34/35/36 tahun 2014 sudah diupload di situs pemerintah misalnya setkab.go.id. Kalau sdh diundangkan SE atau juknis langsung diterbitkan juga.
      Gaji 13 kalau mengacu tahun2 sebelumnya terbit akhir Juni di atas tanggal 20-an

  10. pak setagu.net, terima kasih sebelumnya untuk memuat PP gapok terbaru 2014, namun kami masih menunggu SE dari kemenkeu….kira2 butuh waktu berapa lam utk terbitkan SE dimaksud, terima kasih sekali lagi dan mari kita bersuyukur walau hanya 6% yang akan diikuti dengan kenaikan harga barang dan kebutuhan sembako….

  11. Alhamdulillah UB kemarin sore langsung cair…..terima kasih bapak SBY….. sehat bahagia dan sukses buat bapak sekeluarga 🙂

      1. hehehehe rapelan kenaikan pangkat/golongan PNSPTSOBAR .. 🙂 terus ada berita kenaikan gaji tambah alhamdulillah..semoga bermanfaat dan barokah buat anak istri.. 🙂

  12. Alhamdulillah..setelah ditunggu-tunggu sekian lama akhirnya keluar juga, walaupun agak terlambat…..

  13. Alhmadulillah, kalo dihitung2 kenaikan golongan III rata2 sekitar 6%
    Mungkin yang 7% untuk golongan 1 & 2. Biar adil …

    1. “bulan juli gaji baru,,,pertengahan juli rapel 6 bulan,,walaupun sedikit harus disyukuri”
      Betul pak.. tambah lagi gaji ke-13.. Alhamdulillah.. 🙂

  14. ??????? ??????? ????? ??????????. . Syukuri apa ???? didapat. Begitu saja diprotes dan diributkan. Jangan jadi manusia bodoh. Cerdas berpikir dan cerdas bertindak.

  15. masak sekelas sekertaris negara masih juga salah buat nama Pegawai Negeri Sipil (PNS) kan sudah di ganti dengan Aparatur Negeri Sipil (ANS)….

    1. mas Andi, ASN itu terdiri atas PNS dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja)…. Sekneg benar… karena yang keluar ini adalah PP kenaikan gaji PNS bukan gaji ASN.

      PNS pasti sebagai ASN , tetapi ASN belum tentu PNS … begitu Pak Andi… silahkan baca kembali UU No 5 Tahun 2004 tentang ASN secara lengkap

    2. sebelum berkomentar baca dulu sampe tuntas UU tentang ASN..jangan “asbun”…pake nyalahin pihak lain, ente sendiri bilang ASN aja ANS….ngawuuuuurrrrrrrrrrrrrrr..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.