Persetujuan Penetapan Perubahan Kelas Jabatan Polri

Kementerian PAN dan RB telah memberikan persetujuan atas usulan perubahan kelas jabatan bagi anggota Polisi di lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dalam surat Nomor B/4595/M.PAN/11/2014 tanggal 25 November 2014 yang ditandatangani Menpan Yuddy Chrisnandi tersebut dilampirkan tabel kelas jabatan yang terdiri atas 17 tingkatan. Masing-masing grade secara jelas mencantumkan nama kepangkatan anggota Polisi beserta kelas jabatannya.

Dibandingkan dengan pada Perpres No 73 Tahun 2010, tidak ada perubahan nilai nominal dan jumlah kelas jabatan yang mendapatkan tunjangan kinerja. Perubahan sebenarnya yang terjadi adalah adanya peningkatan atau kenaikan grading (kelas jabatan) untuk kepangkatan yang sama.

Implikasi perubahan ini adalah naiknya besaran tunjangan kinerja Pegawai Negeri pada Polri (Anggota Polri atau PNS) setingkat atau maksimal dua tingkat lebih tinggi pada posisi atau kelas jabatan yang baru.

Sebagai contoh Brigadir sebelum adanya kelas jabatan baru berada pada grade 4 dengan tunjangan kinerj Rp 731.000. Dengan adanya perubahan ini tunjangan menjadi Rp 1.010.000 dan berada di grade 6.

Baca juga:  Tunjangan Kinerja Kementerian Ketenagakerjaan Naik 35%

Satu hal lagi karena penetapan kelas jabatan ini tidak mempengaruhi besaran tunjangan kinerja tiap kelas jabatan maka tidak perlu adanya Perpres baru.

Kelas Jabatan Polri 1

Kelas Jabatan Polri 2 Kelas Jabatan Polri 3 Kelas Jabatan Polri 4Kelas Jabatan Polri 5

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share
Share