Perpres Tunjangan Kinerja Terbaru

Ssitus Kementerian Sekretariat Negara telah merilis aturan terbaru tentang pemberian tunjangan kinerja bagi beberapa K/L. Tercatat sebanyak 19 Kementerian/Lembaga diterbitkan Perpres sebagai dasar pemberian tunjangan kinerja. Sebagian besar merupakan peningkatan besaran tunjangan kinerja atas peningkatan kinerja pegawai dalam pelaksanaan reformasi birokrasi.

Terdapat 2 (dua) K/L yang baru diberikan tunjangan kinerja yakni Bawaslu dan kementerian yang belum lama terbentuk Kemenko Kemaritiman. Selama ini Bawaslu bersama Setjen DPD dan Setjen MPR tercatat sebagai lembaga yang belum mendapatkan tunjangan kinerja. Pembayaran tunjangan kinerja Bawaslu dan Kemenko Kemaritiman terhitung mulai bulan Januari 2015, berbeda dengan instansi lainnya yang dibayarkan per November 2015.

Jika dicermati masih ada beberapa K/L yang masih ditunggu penerbitan Perpres tunjangan kinerja. Misalnya Kemenristek DIKTI, BIN, BNP2TKI, Lemsaneg, LAPAN, BATAN, BPPT dan Setjen DPR. Instansi yang disebutkan tadi secara prinsip sudah disetujui untuk dinaikkan tunjangan kinerjanya dengan TMT November 2015. Sedangkan lembaga lain yang masih menunggu persetujuan yakni Setjen DPD dan Setjen MPR.

Baca juga:  Tabel Remunerasi Bappenas

Seperti biasa petunjuk pelaksanaan pembayaran menunggu diterbitkannya petunjuk teknis dari Kementerian Keuangan dan atau Ditjen Perbendaharaan. Juknis bisa berbentuk PMK (Peraturan Menteri Keuangan) atau surat edaran yang dari perbendaharaan.

No Perpres K/L
1 149 TAHUN 2015 Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Luar Negeri
2 150 TAHUN 2015 Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri
3 151 TAHUN 2015 Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan
4 152 TAHUN 2015 Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat
5 153 TAHUN 2015 Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak
6 154 TAHUN 2015 Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Agama
7 154 TAHUN 2015 Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Agama
8 155 TAHUN 2015 Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman
9 156 TAHUN 2015 Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Sekretariat Jenderal Badan Pengawas Pemilihan Umum
10 157 TAHUN 2015 Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Sekretariat Jenderal Komisi Pemilihan Umum
11 158 TAHUN 2015 Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Lembaga Ketahanan Nasional
12 159 TAHUN 2015 Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Badan Narkotika Nasional
13 160 TAHUN 2015 Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional
14 162 TAHUN 2015 Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
15 163 TAHUN 2015 Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kepaniteraan Dan Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi
16 164 TAHUN 2015 Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial
17 165 TAHUN 2015 Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Badan Sar Nasional
18 166 TAHUN 2015 Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Badan Standardisasi Nasional
19 167 TAHUN 2015 Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Badan Pengawas Obat Dan Makanan
Baca juga:  Perkap No 21 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Tata Cara Pemberian Tunjangan Kinerja Polri

36 thoughts on “Perpres Tunjangan Kinerja Terbaru

  1. Siap siap info kenaikan Tunjangan kinerja tahun 2017!.. terutama K/l yang masih tukin 60 persen TMT mei 2015… draft2 usulan telah dirancang.. semoga terwujud!

    1. PERPRES Kenaikan Tukin Kemenristekdikti, BPPT dkk aja yang 60/70% yang kabarnya akan terbit di akhir 2015 aja gak jelas juntrungannya, masa mau ada lagi Perpres baru ttg kenaikan Tukin? Bagaimana menurut Bung Setagu nih…..

  2. Bung Setagu apakah udah ada berita terbaru dengan Tukin, khususnya PERPRES terbaru tentang Tukin yang akan diterbitkan tahun 2016 ini…..

  3. Update berita ttg kesejahteraan pns akan menjadi makin lama, karena berita ttg pns bergeser ke tema2 sekitar penghematan, moratorium, pemangkasan jumlah pns, kiblatnya kali ini infrastruktur ….. , kesejahteraan PNS? entah nomor berapa …
    Jadi sepertinya tak akan banyak harapan buat pns kali ini
    … ntah nanti menjelang pilpres berikutnya
    just opinion 🙂

    1. PERATURAN MENTER! KEUANGAN REPUB LIK I NDO NESIA
      N O M O R 33 / PMK. 02 / 2 0 1 6
      TENT ANG
      STANDAR BIAYA MASU KAN TAH U N ANGGARAN 2017

  4. tukin di ptn bawah kemristek dikti sdh ga ada lagi diganti remun oleh masing2 ptn,,gara2 dosen2 iri tendik dapat tukin,,,dapatnya di bawah tukin tapi tetep alhamdulillha dan bersyukur

    1. status ptn beda2 mas, ada yang satker ada yang blu …, ada perbedaan kewenangan dlm hal menggunakan anggaran
      Kebanyakan ptn masih status satker hanya tendik yg dapat remun, dosen tidak.
      Ga ada kaitannya dengan perasan iri-irian begitu lah

    1. PNS daerah sy ga ada tukin-tukin spt PNS pusat yg sdh dr tahun 2010..apa kami ini DIANGGAP TIDAK BEKERJA? Mengapa aturan kepegawaian bisa sampai ke daerah tetapi aturan penggajian dan tunjangan tidak bisa sampai ke daerah bahkan diskriminatif dg embel2 “MENURUT KEMAMPUAN DAERAH”. Inikah reformasi yg justru diskriminatif dan bertentangan dg UUD? Bgmn moral para pembuat kebijakan…

  5. BRO SETAGU, MAU SHERING BRO. MENGAPA UU NOMOR 17 TAHUN 2003 TENTANG KEUANGAN NEGARA SEBAGAI PELAKSAANNYA / TINDAK LANJUT BUKAN PERATURAN PEMERINTAH ? YANG MUNCUL UNDANG UNDNG NOMOR 01 TAHUN 2004 TENTANG PERBENDAHARAAN NEGARA. MENGAPA DEMIKIAN

    1. Berarti itu masa pemerintahan SBY selama 2 kali masa jabatan tidak pernah melaksanakan UU tsb. Sy pernah Bimtek UU tsb tapi tidak pernah diimplementasikan..baru setelah ganti pemerintahan baru “akan-akan-akan” dimulai..

  6. Kalo yg lain naik gk ada heboh..giliran kemenkeu yg naik kok pada sirik..selamat buat kementerian dan lembaga yg telah mengalami kenaikan tunjangan..

      1. Bukan bos..kalo ente update berita tukin, pasti akhir tahun kmrn denger berita kalo kemenkeu non djp mau naik tukin..tp nyatanya itu cuma isu aja kan..itu hebohnya udh kemana2..yg 22 K/L naik gk pada heboh tuh..

        1. tolong bandingin tukin kemenkeu dengan kementerian lain, disaat kementerian lain dipaksa WTP baru naek tukin, ini kemenkeu WTP sj tidak malah naik. disaat si kemenkeu bilang dia menghasilkan duit dia merasa yg harus lebih tinggi. kalau yg mungut pajaknya langsung silakan lah ini sampe ke TU nya juga naik gila2x an. trsu mana buktinya kinerja naik yang ada tidak sampai target kan tuh pajaknya?

          1. Kemenkeu tidak wtp ? Sampeyan bacanya berita kapan mbak..hasil evaluasi kinerja yg dirilis menpan rb baru2 ini aja juga kemenkeu peringkat satu..
            Dan utk diketahui saja tukin terbaru KL lain saja ngakunya 60-70% dr kemenkeu..yg bener itu persentasenya ?? Coba bandingin perpres terbaru tukin di lingkungan kementerian keuangan yg terbit thn 2015 kmrn dgn K/L yg baru2 ini naik..saya rasa lebih itu 70% nya kemenkeu..jd kemenkeu nothing spesial lah mbak skrg ini dgn KL lain..dibandingkan dgn jalannya reformasi birokrasi, jam kerja yg lbh panjang, beban kerja dan target..makanya turut apresiasi dgn kenaikan tukin 22 KL ini..semoga sebanding dgn kinerjanya..atau kalo mau disamain dgn tukin kemenkeu juga harus siap juga dong jam kerja ditambah, pola mutasi se indonesia tiap 3-4 tahun dipindahin dan target kerja yg menumpuk..:)

          2. yakin itu lebih dari 60-70% ? Sudah bandingkan yg gradenya sama kah? krn jumlah gradenya aja beda. Tp setuju kl tunjangan kemenkeu masih fair, yg nggak fair itu TKD DKI. wilayah kerja kecil, pagu kecil, tp tunjangan besar. Anyway, semangat mas untuk pajak tahun 2016 , biar ada ruang buat naikin tukin yang lain

          3. mau tanya nih Warga indonesia: kalau tukin kemenristekdikti yang di PTN-BH dr Juli-Desember 2014 dan Januari-desember 2015 kira-kira kapan cairnya? sampai saat ini belum ada kabar beritanya, terimakasih tolong infonya

          4. Satu lagi mbak..seharusnya sampeyan apresiasi dgn target pajak kita thn 2015,,walau gk capai target, tp melewati realisasi 2014 kmrn lho..dan itu juga nantinya jd APBN ya utk bayar gaji dan tukin sampeyan juga..kalo penerimaan tinggi yang senang kan sampeyan juga tukinnya naik lg..jgn cuma komplain aja mbak..

          5. Hayuk mas monggo..tukeran ama pegawai kemenkeu yg penempatan di biak papua ya mas..:)

          6. Dan silahkan ngajuin mas kalo mau pindah..birokrasi kita kan jelas diindonesia ini..usulin pindah ke kementerian ente,,ntar kirim ke bkn..ntar ada analisis kebutuhannya dr kementerian yg membutuhkan/dituju..

          7. Daripada pada ribur mending pada jadi Driver GOJEK sono, denger2 penghasilan nya bisa mencapai 10 juta-an per bulan. Gak perlu mikirin SKP atau DUPAK…..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.