Perpres Kenaikan Tunjangan Kinerja 2015 Sudah Terbit

Kini PNS di kementerian lembaga yang diusulkan kenaikan tunjangan kinerja pada tahun 2015 bisa bernafas lega. Pasalnya dasar hukum kenaikan tunjangan kinerja K/L tersebut sudah diterbitakan. Perpres tersebut memuat besaran tunjangan kinerja baru yang notabene merupakan peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal ini tidak terlepas dari hasil evaluasi dari TRBN yang menilai adanya kemajuan atau peningkatan kualitas penerapan pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Sementara Kemenetrian Keuangan sudah memberikan ijin prinsip kenaikan tunjangan kinerja dan menghasilkan rekomendasi besaran remunerasi atau tunjangan kinerja.

Besaran tunjangan kinerja tentunya tidak berbeda dengan usulan yang disampaikan dalam surat ijin prinsip.

Berikut poin-poin yang dirangkum dalam Perpres yang baru ditandatangani Presiden Jokowi tanggal 8 Oktober 2015:

  1. Tunjangan Kinerja dibayarkan terhitung mulai bulan Mei 2015.
  2. Tunjangan Kinerja diberikan dengan memperhitungkan capaian kinerja pegawai setiap bulannya.
  3. Pajak Penghasilan atas Tunjangan Kinerja dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara pada Tahun Anggaran bersangkutan.
  4. Pegawai pada Badan Layanan Umum yang telah mendapatkan remunerasi tidak diberikan tunjangan kinerja.
  5. Ketentuan lebih lanjut mengenai teknis pelaksanaan Peraturan Presiden ini diatur oleh menteri atau kepala K/L bersangkutam
Baca juga:  Perpres 39 Tahun 2016 - Tunjangan Kinerja KASN

Selanjutnya menunggu Peraturan Kementerian Keuangan atau Surat Edaran dari Ditjen Perbendaharaan tentang petunjuk teknis pembayaran.

Daftar Perpres Tunjangan Kinerja

1. Perpres 108 Tahun 2015 Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan
2. 109 Tahun 2015 Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
3. Perpres 110 Tahun 2015 Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Kesehatan
4. Perpres 111 Tahun 2015 Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Perindustrian
5. Perpres 113 Tahun 2015 Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
6. Perpres 114 Tahun 2015 Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara
7. ……

Sumber:  Setneg

A. Tunjangan Kinerja Kemenko Polhukam, Kemenko PMK

Kenaikan Tunjangan Kinerja 2015

B. Tunjangan Kinerja Kemenkes, Kemenperin, Kementerian ESDM, Kementerian BUMN

Tunjangan Kinerja 2015

 

132 thoughts on “Perpres Kenaikan Tunjangan Kinerja 2015 Sudah Terbit

    1. pns daerah kn ada tkd,sy ada kawan pns daerah gol. 3 tkdny 5 juta / bln,lha sy sma2 gol 3 tukinny 2,5 jt
      jadi yg tidak adil itu di bagian yg mana?

  1. Peraturan Presiden Nomor 123 Tahun 2015
    Tentang Tunjangan Kinerja Pegawai Di Lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

    Peraturan Presiden 27-10-2015 Lembaran Negara: 243

    Lihat: PDF – Download: PDF (138,02 KB) mas setagu apakah produk ini sudah final (artinya sudah bisa dianggap sah atau meyakinkan) mohon pencerahannya mas.

    1. Alhamdulillaaaahhhhhhh….rejeki anak soleh…..makin semangat deh jadi penyedia statstik terpercaya untuk semua :p

  2. masih ada waktu 18 hari lagi…

    semoga untuk K/L yang belum turun perpresnya dari no 115 dan seterusnya
    akan turun dalam waktu dekat ini.
    Aamiin.

    1. sepanjang tercatat sebagai pns pusat k/l akan menerima tunjangan kinerja tsb. namun S dan Ket berlaku tentunya.

  3. Sungguh terlalu, kami PNSD hanya bisa menghela nafas dan menelan ludah.
    Mungkin sudah suratan, untuk saat ini hanya bisa Mantab, alias makan tabungan. :((

    1. Sabar mas broow, kl Daerah kyknya hrs tunggu Boss no. 1 nya dl yg bs menentukan ok dan tdk nya krn sdh otonomi daerah, sy ikut berdo’a mdh2an daerah jg bs tmbh sejhtera dan mas setagu bs memberi khabar baik. Amien.

  4. Assikk…kemenkeu sdh cair, ganti mobil lagi nih gw, padahal rapelan tukin yg kemarin belm abis…hahaha, trims pak pres

  5. Sabaaar…jangan SMS alias Seneng Melihat orang Susah atau Susah Melihat orang Seneng…, Kerja Ikhlas…dan bersyukur atas rezeki yg diterima…pasti hidup tenang..

  6. Mohon kepada pejabat kementrian dikti ristek untuk memperhatikan tunjangan kinerjanya pegawainya ya…maturnuwun….

  7. yang di launching KL yang baru terima TUKIN, untuk yang kenaikan TUKIN mungkin harus bersabar….sampai 20 nov, setelah itu belum launching ya sabar lagiiiii

  8. Bang Setagu untuk Tukin Menko itu salah… nilainya lebih rendah dari kementerian yang naik lainnya. Mungkin Bang Setagu salah upload yaa…

    1. betul om setagu salah aplod. untuk yang RB di bawah 65 persen kenaikan nya lebih rendah ketimbang yang RB di atas 65 persen…

    1. ia kok dilangkahin.
      111 TAHUN 2015 TUNJANGAN KINERJA PEGAWAI DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN
      113 TAHUN 2015 TUNJANGAN KINERJA PEGAWAI DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL…

  9. Kami yg PNSD apa gak diperlukan bangsa ini….yg lain pd sibuk terima remun….ditambah sekarang..tunjangan kinerja..tapi kami gak mencicipi semua itu…ada sih TKD …only 300 rb/ bulan

  10. mas frans yth: Jgn mancing diair yg keruh donk…kn yg laen jg tersinggung dg ucpn anda…
    mas setagu: utk guru ada g ya???trmksh

    1. @idoll : guru kalau soal tunjangan kinerja kebijakannya berada di tangan Kementeriannya Anis Baswedan serta instansi yg membawahi (Pemda)

      1. guru tunjangannya kan gak pake Perpres tapi UU. Gak bisa dianulir pake perpres tukin lah, secara lebih kuatan UU

  11. frans bilang pns ngga berguna. lha kamu dpt ktp, kk, sertifikat rmh kalo ada, sapa yg nerbitkan? emak loe? jangan2 kamu pny jamkesmas jugak tp msh bilang pns ngga berguna? atau anak2mu skolah negeri sapa yg ngajar kalo bkn guru pns? makanya sblm ngomong dipikir dulu ..

  12. Urutan sesuai wasap.. kemenko polkam, kemenko PMK, Kem BUMN, Kem ESDM, Kem Kes, Kem Perin, LIPI, ANRI, BATAN, BKN, BMKG, BPS dan LAN.. (telah sedang diajukan dan finalisasi sekneg)… yang lain segera menyusul.. amin…

  13. data membangun bangsa sudah siap nadah rapelan 🙂 🙂 🙂
    habis pulang jalan2 dari ratek terus tinggal ngitung rapelan deh….rejeki anak sholeh 🙂

  14. Yg seperti ini yg jd sumber konflik,krn tdk adil, kl memang belum siap ut semua PNS jangan dulu diterapkan.

  15. Oalah…hancurlah sudah negara ini, padahal masih hal yg perlu di fikirkan pemerintah, masih byk masyarakat yg membutuhkan, daripada para pns yg tdk berguna

    1. Pengangguran ga ada kerjaan dia, minta duit sama orang tua aja gayanya selangit. Ntar ga dikasih jadi maling ato copet klo ga nipu ni org.

  16. Kini PNS di kementerian lembaga yang diusulkan kenaikan tunjangan kinerja pada tahun 2015 bisa bernafas lega, “mas setagu baru kementerian sementara Lembaga belum ada kabar jadi yang bisa bernapas lega ya bru Kementerian saja” hehehehe.

  17. sabar bro memang baru kementerian saja yang sudah di ttd pak presiden sementara untuk lembaga satu pun belum ada yang di ttd, masih ada waktu sampai tanggal 20 november 2015, karena pada waktu perpres tukin sebelumnya pun di ttd nya tanggal 17 november 2012, jadi mohon bersabar dan banyak2 berdoa ya hehehehehehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.