Perbandingan Gaji PNS Indonesia dengan Negara ASEAN

Tahun 2004 Public Administration Network UN (United Nation) mengeluarkan hasil penelitian mengenai sistem pelayanan sipil di Negara-negara ASEAN.

Penelitian ini mencakup tentang berbagai aspek sistem pelayanan sipil seperti tingkat kerja (populasi), klasifikasi posisi, gaji per bulan, tunjangan dll. Dalam kebijakan pemberian gaji semua negara yang diteliti memiliki struktur tersendiri sebagai dasar pemberian gaji kepada PNS. Struktur gaji didasarkan pada faktor yang berbeda pula. Selain dari base gaji, PNS juga menerima berbagai tunjangan atau benefits berdasarkan peraturan negara setempat.

Tabel 1. Range Gaji

No Country Local Kurs US $ Lowest Highest
US$ Local US$ Local
1 Indonesia Rp 9000 42.55 382,950 84 755,783
2 Kamboja Riels 4000 7.5 30,000 41.25 165,000
3 Philipina Php 56 108 5,082 1031 57,750
4 Singapura SG$ 1.7 480 818 1436 24,442
5 Thailand Baht 40 102.5 4,100 1475 59,000
6 Malaysia (2006) RM 3.57 134.45 480 2623.5 9,366

Data tabel di atas merupakan hasil penelitian tahun 2004. Terlihat  gaji PNS di Indonesia ada perbedaan mencolok dengan gaji sekarang (2010) yang terendah mencapai Rp 1.095.000 untuk gol IA. Namun  data tersebut masih relevan jika dikaitkan dengan persentase atau perbandingan gaji yang diterima PNS di negara – negara ASEAN. Komparasi gaji terendah menunjukkan hanya Kamboja yang menerima gaji lebih kecil dari PNS Indonesia. Jika dibandingkan dengan negara lainnya Indonesia masih lebih kecil. Gap akan semakin lebar jika diperbandingkan dengan gaji tertinggi (lihat tabel).

Baca juga:  Penentuan Kelas Jabatan di Kementerian Agama

Tabel 2.  Perbandingan Gaji

No Negara x Gaji PNS     Indonesia
Lowest Highest
1 Kamboja 0,2x 0.5x
2 Philipina 2,5x 12,2x
3 Singapura 11,3x 17,1x
4 Thailand 2,4 x 17,6x
5 Malaysia 3,1x 31,2x

Tentunya harus dilihat juga faktor lain untuk “membaca” komparasi di atas seperti misalnya pendapatan perkapita negara yang bersangkutan. Namun setidaknya dapat diketahui posisi gaji PNS Indonesia .. 🙂

Referensi:

Civil Service Systems in the ASEAN Region – A Comparative Perspective

45 thoughts on “Perbandingan Gaji PNS Indonesia dengan Negara ASEAN

  1. itu masih wajar tp yg tdk wajar DPR yg masa kerjanya cuman 5 tahun minta pensiun itu akan menghabiskan uang negara
    ……

  2. Bagaimana perbandingan Gaji pokok PNS dengan UMK yang berlaku sekarang. Sementara ada tuntutan 3 juta lebih. PNS untuk mendapatkan Gaji pokok 3 juta harus S1 masa kerja 20 th

  3. makanya buat para calon PNS jangan mau sogok menyogok, udah tau gajih kecil masih pada mau dipotong stengah kali gaji/bulan, toloy lu

  4. mas tolong hitungkan gaji total bersih PNS Gol.III.a masa kerja 2 tahun,banyak teman sekantor kami yang tertipu ?

  5. salam kenal mas… alhamdulillah saya baru diterima pns di pemkot madiun jurusan penata laporan keuangan, klo boleh tau biasanya penempatan dimana ya.. mungkin g penempatan tdk sesuai formasi..klo jurusan saya ini dpt tunjangan g ya..
    mintol diitungin utk gol 3a dgn ditambah anak satu +suami..mungkin gak yg dipemda dpt remunerasi juga..
    tx sebelumnya mas..

    1. Gaji nggak perlu dihitung2, tinggal terima aj. Kan udah ada aplikasi untuk gaji, jadi percaya aja sama pembuat daftar gaji. nggak mungkin dibohongin jg kok.

  6. setagu :
    Gol III a
    Gapok :80 % x Rp 1.743.000 : 1.394.720
    Tunjangan Umum : 185.000
    Tunjangan Beras : 4.950 X 10 = 49.500
    UM misal 22 hr x 20000 :440.000
    – Tax UM 15% x 440.000 :66.000
    Total : Rp 2.003.220
    Gol II C
    Gapok: 80% x 1.566.300 : 1.253.040
    Tunjangan Umum : 180.000
    Tunjangan Beras : 4.950 X 10 = 49.500
    UM misal 22 hr x 20000:440.000
    Total : Rp 1.922.540

  7. Selamat sore, mas Admin. . .

    Mas tolong hitungkan berapa kira2 gaji total di CPNS Kementerian AGAMA gol.IIIA . . .nilainya disebutkan ya mas?teman2 yg lain pada mau tau juga. . .

    maksih mas sebelumnya. . .

  8. Buat Admin…
    ada info apa ga, utk PNS di daerah kpn bisa menikmati remunerasi…. brgkali yg lainnya jg punya info bahagia ini…..

  9. Jangan lupakan PNS di daerah, mereka juga berperan penting thd keberlangsungan Pemerintah skrg, kapan nih PNS di daerah juga bs menikmati remunerasi…mdh2an bs cepat terealisasi …. mdh2an Indonesia bs tambah maju dgn dukungan aparatur negara yg solid dan bersih…

  10. Data dari tahun 2004 terlalu jauh, karena sejak 2006 mulai ada peningkatan cukup signifikan. Namun, negara2 lain juga pasti melakukan peningkatan juga. So, biar lebih fair dicari pembanding yg sesuai, yaitu data tahun terbaru. Tks.

  11. Perbandingan tahun 2004 digunakan, ya itu yang menyababkan kesejahteraan PNS,TNI dan POLRI gak maju -maju, bisa maju hanya dengan korupsi…. seperti gayus Dkk dan tolong dilihat dari fakta realita di Indonesia orang yang kaya makin kaya yang miskin makin ngenes, makanya kejahatan, teroris, makin naik dan Polri dituntut untuk menetralisir semuanya tapi untuk tambahannya noll % dan uang lidik, sidik, ops masih untung keluar meskipun hanya dapat 10% biasanya hanya disuruh tanda tangan, makanya cek kekayaan untuk pemimpin daerah seperti Camat,Bupati,Kapolres,Kapolwil,Kapolda,Gubernur,Presiden memang harus jangan hanya kita pangkat Gol 2 pangkat perak dan Perunggu yang jd korban seperti perkara Gayus,pasti 100% tidak mungkin atasannya tisak mendapat setoran….. anak kecil saja tahu…..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  12. Kami tidak bisa “bersuara.. merekalah skrg yang bersuara.. tugas kami hanya mengabdi demi kejayaan dan keluhuran bangsa dan negara..,jangan nodai ketulusan kami dengan kebijakan yg tidak berarti… Kami sadar saat ini kami tidak bisa ‘bersuara ..shg jadi tidak berarti..Tapi jangan pernah remehkan Kami.. Kami pun manusia biasa yang ingin dihargai..bagi kami perhatian adalah bentuk dukungan ketulusan kinerja kami.

    “By Jack_Maulana & Pratu Rubhy Handoyo – PGT Lanud Sulaiman Margahayu-Bandung”.

  13. mas admin saya mau tanya nih..
    kira2 gaji cpns kementrian perindustrian gol 3A berapa ya..?
    trus kira2 ada info menegenai remunerasi di kementrian perindustrian?

    maksih ya mas..

    1. Sedikit informasi buat mba Honest.
      Untuk gaji pokok di kementerian perindustrian, sama dengan di kementerian kesehatan. Untuk IIIA sekitar Rp 2.003.220 .
      Yang membedakan adalah tunjangan proyeknya / honor dari program/proyek pada instansi tersebut. Setiap kementerian/ lembaga (K/L), masing-masing mempunyai program/proyek yang berbeda-beda. Dan setiap program/proyek tsb kan ada anggarannya, untuk honor, alat, bahan, perjalanana, dll. Dari program tersebut dalam K/L dibagi-bagi lagi ke tiap DITJEN yang bersangkutan dgn program tsb. Apabila kita ditempatkan pada Ditjen yang banyak melakukan program/proyek, maka tunjangan honor kita pun akan besar. Setahu saya, untuk kementerian industri, honornya terbilang relatif besar. Kalo dari perkiraan saya, seorang CPNS di Depperin per bulan bisa mengantongi minimal 5 jt rupiah. Jadi , cepetan ajah mendaftarkan diri menjadi CPNS di Depperin

      1. wow begitu yaa.. legal-halal. tapi kemenperin emang bagus yah. saya aja gag ketrima. cuma sampe tes keberapa ya waktu itu. gpp. berarti saya diskualifikasi. ^^
        kabarnya kemenperin juga getol banget s2-in pegawai barunya ya. asik banget tuh..

  14. Selamat sore mas Admin. . .

    Mas tolong hitungkan berapa kira2 gaji total di CPNS Kementerian Kesehatan gol.IIIA ma IIC mas. . .nilainya disebutkan ya mas???banyak temen2 yang ingin tau mas. . .

    maksih mas sebelumnya. . .

    1. Gol III a
      Gapok :80 % x Rp 1.743.000 : 1.394.720
      Tunjangan Umum : 185.000
      Tunjangan Beras : 4.950 X 10 = 49.500
      UM misal 22 hr x 20000 :440.000
      – Tax UM 15% x 440.000 :66.000
      Total : Rp 2.003.220

      Gol II C
      Gapok: 80% x 1.566.300 : 1.253.040
      Tunjangan Umum : 180.000
      Tunjangan Beras : 4.950 X 10 = 49.500
      UM misal 22 hr x 20000:440.000
      Total : Rp 1.922.540

      1. masih mending di Kementerian ada UM, klo di PEMDA gak semua ada krn tergantung pemda msng2 dan kebanyakan mmg gak ada. contonya di Lampung, Pemprop dan 14 Pemkab/Pemkot di lampung GAK ADA yg ngasih UM.
        berarti kl di pemda yg III A 1629220 n yg IIC 1482540. MENYEDIHKAN, akibat dikotomi PNSP dan PNSD..

        1. Hehehe…Sama juga seperti di Kabupaten-Kabupaten Di Provinsi Maluku yang di harapkan cuma gaji pokok,artinya gaji yang didapat untuk gol III/a dah 100% cuma Rp. 1.747.000,- per bulan dan tidak ada lagi yang mengikut sertakan…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.