Penentuan Job Grade Tunjangan Kinerja

Sebagaimana diketahui Badan Anggaran DPR telah memberikan persetujuan pemberian remunerasi bagi 20 K/L dengan anggaran lebih dari  2,97 Triliun. Perlu dipahami bahwa ada 2 model persetujuan DPR, pertama melalui Komisi terkait dan kedua lewat Badan Anggaran DPR. Perbedaaanya terletak pada pemenuhan kebutuhan anggarannya, bila suatu Kementerian/lembaga memerlukan tambahan pagu untuk tunjangan kinerja atau remunerasi, pagu tersebut perlu mendapat persetujuan Badan Anggaran DPR. Apabila tidak memerlukan tambahan pagu, namun memerlukan realokasi anggaran cukup melalui komisi terkait.

Itulah yang menyebabkan mengapa LIPI, Kemenristek, BATAN bisa lebih dulu mendapat persetujuan DPR, karena hanya realokasi anggaran. Tinggal Kemenpera saja yang belum ada persetujuan DPR. Nah, dengan persetujuan DPR berarti tinggal menunggu Peraturan Presiden keluar. Perpres ini sebagai payung hukum, sebagai dasar untuk mencairkan dana tunjangan kinerja.

Pertanyaan selanjutnya yang sering wira wiri di blog ini: Bagaimana Job Grade-nya ?  Yang pasti tunggu Perpres-nya 🙂 Namun saya coba memberikan sedikit gambaran penentuan job grading tunjangan kinerja.

Baca juga:  Layanan Unggulan di Ditjen Pajak : Pembuktian Terbalik Aset Aparat

Jumlah kelas grading remunerasi dibedakan :

  1. Kementerian dan Lembaga Pemerintah Non-kementerian (LPNK) yang pimpinannya setingkat Menteri, job gradingnya paling tinggi kelas 17, dengan 1 jabatan non grade untuk posisi Wakil menteri (jika ada),
  2. LPNK dengan jabatan struktural teringgi: Sekretaiat Utama, Deputi atau Inspektorat Utama, jab grade tertinggi adalah grade 16, dengan 1 jabatan non grading untuk posisi Kepala atau Wakil Kepala.

Penentuan Besaran Tunjangan Kinerja per Grade bagi bagi K/L yang telah melaksanakan reformasi didasarkan pada faktor berikut: Tingkat capaian (persentase) RB, Nilai dan Kelas jabatan, Indeks harga nilai jabatan, Faktor Penyeimbang dan Indeks tunjangan kinerja daerah provinsi

Rumus Tunjangan Kinerja : Tingkat Persentese RB x Nilai Rata2 jabatan x Indeks Harga jabatan x Faktor penyeimbang x Indeks tunjangan kinerja daerah provinsi

Sebenarnya masing-masing K/L sudah melakukan avaluasi jabatan berikut besaran tunjangan per grade-nya yang sudah disetujui. Jadi besaran tersebut tinggal dikalikan dengan persentase tingkat capaian Reformasi Birokrasi di instansi tersebut. Besaran persentase diperoleh dari verifikasi lapangan oleh Tim UPRBN yang sudah pernah saya posting sebelumnya ( Bagian 1 dan Bagian 2)

Baca juga:  Kenaikan Gaji PNS 2011: 15% atau 10%
Tingkat Pencapaian Reformasi Birokrasi
No K/L Persentase
1 ANRI 53%
2 BATAN 53%
3 BKKBN 54%
4 BKN 48%
5 BKPM 56%
6 BNN 45%
7 BNPT 35,7%
8 BNPT 35,7%
9 BPOM 47%
10 BPPT 68%
11 BPS 53%
12 LAN 58%
13 Lemhanas 54,0%
14 Lemsaneg 42%
15 LKPP 70%
16 Perindustrian 56%
17 Pertanian 45%
18 Perumahan Rakyat 41%
19 PPPA 33,9%
20 Ristek 47,0%

Sebagai ilustrasi atau contoh lihat pada Tabel Remunerasi bagi bagi K/L yang sudah menerima tunjangan kinerja. Persentese capaian Polri 24,5 %, TNI 37 %, Kejaksaan dan Kemenkumham sekitar 40 %. Satu-satunya instansi yang tingkat pencapaiannya sudah 100 % hanya Kemenkeu. Silahkan hitung sendiri perkiraan besaran tunjangan kinerja yang diterima.

1,083 thoughts on “Penentuan Job Grade Tunjangan Kinerja

  1. SEPERTINYA LEBIH PADA PENGUTAMAAN TUNJANGAN JABATAN DARIPADA KINERJA ! BANYAK JABATAN TERTENTU YANG SEBENERNYA TAK PUNYA KINERJA ALIAS REKAYASA LAPORAN, KENYATAAN DILAPANGAN KADANG TAK SESUAI DENGAN LAPORAN !

  2. TNI remunerasi cuman 37% paling rendah,tp tugasx paling berat.paling terdepan dalam menangani bencana…dalam demo pasti jg ad TNI-POLRI,bangun jalan,bangun jenbatan jg ada TNI….tp mengapa tunjanganx yg paling rendah??????????

  3. Mohon pencerahannya. Saya sedang mencari dasar hukum bahwa besaran tunjangan kinerja didasarkan atas pencapaian Reformasi Birokrasi di K/L tersebut serta ketersediaan anggaran?

  4. Assalmu 'alaikum..ww.
    Saya mau tanya Kepada Bapak KemenKeu, Apakah Tunjangan/Remunisasi Tahun Anggaran 2012 di BNN yang belum dapat tidak di Anggarkan lagi Pak? trus Pak, Apakah yang Aktif di tahun 2012 dan tidak Aktif lagi di tahun 2013 apakah masih di ajukan yang tahun 2012? Terima kasih Bapak, Wassalam..

  5. Pak setagu, mohon infonya ttg tabel tunjangan kinerja,teman saya di kemenkeu pajak dia Grade 9 dengan tunjangan kinerja 8juta an, kok beda ya dengan tabel yang diunggah pak setagu.??

    1. emang grade 9 di pajak sekitar 6-8 kalo yg 8 jutaan itu sudah jadi account representative n tugaslah lebih dari pelaksana biasa. udahlah bersukur aja dengan apa yg ada, toh mereka juga tugasnya mencari duit buat gaji kita jadi wajar kalo tunjangannya lebih besar

  6. Bagaimana dengan jabatan fungsional? Apakah sistem renumerasi juga berlaku bg jabatan fungsional? Karena kan masing2 kementerian ada jabatan fungsionalnya

  7. sebagai abdi negara dan bangsa, diberlakukannya tuker dapat membantu dalam kelancaran pelansanaan tugas sehari2 melalui indikator komponen disiplin, kehadiran dan capaian kinerja itu sendiri. Namun demikian sangat disayangkan , kenapa ya keluarnya tuker per 3 bulan sekali, sehingga untuk mendukung biaya operasional sehari-2 tiap bulannya harus pinjam dulu, itupun kalau ada yg dipinjamkan. 😳 😮 😯

  8. REMUN PNS KESEHATAN YANG DI KABUPATEN MANAAAA?????

    SIAPA YANG TERKAIT MENGURUS REMUN PNS KESEHATAN DAERAH, JANGAN DIAM SAJA TOLOOOOOL… SMS SEPAKAT KERJA ASAL ASALAN SUDAH BEREDAR DIKALANGAN PNS KES… ANGKA KEMATIAN N KESAKITAN TINGGI… BIAR SALAH OBAT MAMPUS DECH…!!!!!! paling digantung di monas…!!! hahahah…..

  9. bang setagu, pengen nanya dong, kan di rumus ngitung TK ada faktor pengali Indeks tunjangan kinerja daerah provinsi, nah indeks tsb kan diambil dari UMP Provinsi tsb dibagi dengan UMP DKI sebagai patokan, pertanyaan saya yang dijadikan patokan nilai indeks tsb adalah Upah Minimum Regional Provinsi (UMRP) atau Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK)? Kalau dasarnya adalah UMRP berarti kesian juga PNS yang berada di provinsi yang luas seperti Jawa Barat atau Jawa Timur dong ya? Misal di Jawa Timur, PNS yang berada di Surabaya berarti tetep aja faktor perkalian ITKD nya mengikuti Magetan sebagai kabupaten yang memiliki UMK terendah, begitu juga PNS di daerah Bekasi berarti harus mengikuti UMK wilayah Majalengka karena Majalengka ada lah wilayah Jawa Barat yang memiliki UMK terendah dan dijadikan patokan UMRP.. mohon dijawab ya suhu setagu trims 😛

  10. Sosialisasi tentang REFORMASI BIROKRASI terkait pelaksanaan REMUNIRASI oleh KEMENPAN tidak merata dan hanya pada K/L sedangkan Pemda Kab/Kota diabaikan alias dianaktirikan…. Kapan Pgwai di Daerah bisa sejahtera kalau seperti ini… nasib2 pegawai daerah.

  11. kalo disini justru yang cewek2 yang rajin yang cowok justru pada malas kerja limpahan kerjaan ke cewek…..lebih nyesek lagi yang cowok yang penalas dikasih grade lebih tinggi dari kita2 yang rajin

  12. Saya salah satu abdi negara penerima remunerasi lebih pasnya tunjangan kinerja. Alhamdulillah cukup utk kehidupan sehari-hari. tapi bagi saya semua itu tak ada bedanya. yg malas jadi rajin absen, tapi ttp malas kerja, yg rajin kerja ttp rajin kerja namun dengan penghasilan yg sama dengan yg suka rajin absen tapi tidak bekerja. kadang prihatin liat sebagian pegawai, maaf khusus yg cewek kerjanya cuma ngerumpi sana sini. tp mempunyai penghasilan yg sama dengan yg rajin kerja. ironi melihat ini semua, kadang dada jadi nyesek ni dada… tapi satu yg sy yakini, penghasilan memang sama, tapi keberkahan itu akan berbeda..

  13. Bau-bau SE TUNKIN sdh ada sdh ngitung pjknys

    4 11 (Gol III) 3 3.855.000 11.565.000

    578.250 12.143.250

    No. Uraian Kelas Jabatan (3) Jumlah Penerima (4) Tunjangan Kinerja Per Kelas Jabatan (5) Jumlah Tunjangan Kinerja sebelum Tunjangan Pajak (6) Tunjangan Pajak (7) Jumlah Tunjangan setelah dtambah Tunjangan Pajak (8)
    1 14 1 7.529.000 7.529.000 1.129.350 8.658.350

      1. rapelan remunerasi m,au say belikan mobil fortuner biar keren kayak org kaya tp klu cukup klu gak ngutang dulu bri menanti……..hehehehhehehehhe 😆

  14. Mohon do’a restu nya ya bang haji smoga smua perkawinan ku jd langgeng.,.!?aku sdh dpt izin dr smua istri2ku yg sbelumnya…jd aku ga bkal takut kena sangsi hukuman disiplin sesuai dgn PP NO 53….TERIMAKASIH REMUN

  15. Sungguh terlalu anda “P’cinta poligami”, Bang Haji aja pusing punya bini dua, apalagi 3, tapi terserah andalah asal jangan kena PP no.10 (kalo ga salah, maklum Bang Haji kan bukan PNS)

  16. komen terakhir nih, mari diskusi ini pindah ke postingan baru bang setagu, perpres remunerasi 2012 yang marah marah udah dimaafin sama bang setagu asal komen lagi, iar paypal terus mengalir….

  17. Alhamdulillah, yang penting diskusi kita berhasil menunggu sampai perpres keluar walaupun rupiah belum di tangan.
    Kalau dari hasil penelusuran saya dari gaji ke 13 pepres di ttd tgl. 28/5-2012 dan petunjuk teknisnya keluar dari menkeu tgl 11/6-2012. Jadi kurang lebih prosesnya sekitar 14 hari atau 2 mingguan. Bagaimana prediksi pencairan tunjangan kinerja? apakah sampai akhir bulan Desember? marilah kita bermimpi lagi… hahaha

  18. kami sampaikan kepada teman-teman PNS, sehubungan dengan tercapainya angka 1000 koment,
    dengan ini kami nyatakan telah terpenuhi dan ditutup. … tok tok tok

    untuk itu agar lebih mengakrabkan forum silaturahmi ini
    mohon untuk mengisikan komennya pada artikel terbaru menenai perpres remunerasi.

    demikian harap maklum.

  19. Setelah no perpres kluar…gak sabar lagi liat lampirannya…stlh liat lampiran..gak sabar liat lembarannya..stlh liat lembaran..gak sabar mau dblanjain..hehehe

  20. wah surprise buat saya dalam satu hari komen langsung melonjak drastis…..

    selamat juga buat semua yang tengah berbahagia dengan munculnya perpres tersebut ..

    ciayooooo … kerja lagi lagi dan lagi

    biar remunya cepat jadi 100 %

    salam buat bang setagu …. horeeee

  21. Pengalaman tunjangan kinerja POLRI, ditandatangani perpresnya 15 Desember baru dicairkan Januari tahun berikutnya. ada jeda 1 bulan. jadi untuk 20 K/L bersabar 1 bulan lagi

  22. JANGAN SAMPAI PARA PNS TURUN KE JALAN SEPERTI BURUH KEMARIN!!!

    * inflasi bakal gila2n neh….hihi

  23. pengalaman tunjangan kinerja POLRI, ditandatangani perpresnya 15 Desember baru dicairkan Januari tahun berikutnya. ada jeda 1 bulan. jadi untuk 20 K/L bersabar 1 bulan lagi ya..

  24. KAN… ANE BILANG JUGA APA… TUNGGU TANGGAL 17 NOPEMBER, INSYA ALLAH KABAR BAIK ITU DATANG… NAH KAN.. TANGGAL 17 NOPEMBER DITANDATANGANI PERPRESNYA.. ADA YANG BILANG 17 NOP KAN SABTU.. MANG KENAPA KALO SABTU.. GA BOLEH TANDA TANGAN PERPRES…

  25. makin macet dah jkt, d ramalkan smua pns yg remunny cair bakal beli mobil baru yg segede kontrakan. jalan ny masi segitu2 aja..hufff cepe’ deeeh..
    klo gak motor matik ny mulai d ganti ama yg sport..”Hi Bro”

    1. boro2 dp mobil, cair baru 40% paling nerima gak lebih 10 juta, gak cukup dp mobil, buat bayar anak kuliah aja habis

  26. Alhamdulillah.. terima kasih pak presiden yg bersedia menandatangani..
    insya Allah keluarga kami memiliki jaminan kesehatan yg lebih baik…

    Bayar zakat ya teman teman

  27. PUU Tahun 2012 s.d. 2012
    No PUU LN-TLN TENTANG ABSTRAKSI LAMPIRAN JUMLAH DOWNLOAD
    1 PERPRES101 – 2012
    17-11-2012 –

    Tunjangan Kinerja Pegawai Di Lingkungan Kementrian Perindustrian
    lihat status PUU (0)

    2 PERPRES102 – 2012
    17-11-2012 –

    Tunjangan Kinerja Pegawai Di Lingkungan Kementrian Riset Dan Teknologi
    lihat status PUU (0)

    3 PERPRES103 – 2012
    17-11-2012 –

    Tunjangan Kinerja Pegawai Di Lingkungan Kementrian Pertanian
    lihat status PUU (0)

    4 PERPRES104 – 2012
    17-11-2012 –

    Tunjangan Kinerja Pegawai Di Lingkungan Kementrian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak
    lihat status PUU (0)

    5 PERPRES105 – 2012
    17-11-2012 –

    Tunjangan Kinerja Pegawai Di Lingkungan Kementrian Perumahan Rakyat
    lihat status PUU (0)

    6 PERPRES106 – 2012
    17-11-2012 –

    Tunjangan Kinerja Pegawai Di Lingkungan Badan Koordinasi Penanaman Modal
    lihat status PUU (0)

    7 PERPRES107 – 2012
    17-11-2012 –

    Tunjangan Kinerja Pegawai Di Lingkungan Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi
    lihat status PUU (0)

  28. 😎 😎 😎 😎 😎 😎 😎 😎 😎 😎 😎 😎 😎 😎 😎 😎 😎 😎
    Alhamdulillah…………………..

  29. yang kemarin marah-marah sama bang setagu yang ganteng hayo pada minta maaf….trus inget klo keluar nanti uang nya..inget pada bayar zakat….

    bang setagu yang ganteng.makasih untuk blog nya yang udah mau di acak2 sama kita-kita para PNS yang menunggu remun…soalnya kita gak sabar masa UMR aja sudah 2,2 juta kita gak naik2…hehehe

  30. Perpres No:
    101:Industri
    102:Riset
    103: Tani
    104:Perempuan
    105:Rumah
    106: Modal
    107:Penerapan tek
    108:Obat
    109:Pegawai
    110:Statistik
    111:Nuklir
    112: LAN
    113:Ketahanan
    114:Arsip
    115:KB
    116:Sandi
    117: LKPP
    118: Narkotik
    119: Teroris dan
    120:LIPI

      1. memprihatinkan keluar remunerasinya per 3 bln se kali, sehingga tiap bulan untuk operasional harus ngutang dulu

  31. 101:Industri
    102:Riset
    103: Tani
    104:Perempuan
    105:Rumah
    106: Modal
    107:Penerapan tek
    108:Obat
    109:Pegawai
    110:Statistik
    111:Nuklir
    112: LAN
    113:Ketahanan
    114:Arsip
    115:KB
    116: Sandi
    117: LKPP
    118: Narkotik
    119: Teroris
    120:LIPI

  32. Alhamdulillah….

    Akhirnya datang juga……………
    20 K/? dah terbit Perpress nya….
    Tinggal nunggu blebernya nih

    Salam remun….

  33. kenapa sih LIPI selalu lama, apa2 lama….dilama2in, padahal PNS nya yang paling bersahaja dari yang lain……….:(

  34. perpres 101 sudah ditandatangani…horeee..tp kok belum bisa dibuka ya???stelah dtandatangani bagaimana langkah selanjutnya bang setagu? kapan cair di rekening?

      1. kagak bisa di doenlod bro…pdf nya kagak ada…abstraksi “tidak ada”,kalo bro boboy ada..tlg link nya yg bisa dibuka..txxxx

  35. Hayoooo, kemarin yg udah pd ngomelin, marahin ama yg nuduh sembarangan ama bung setagu,udah pada minta maaf belooonn …. Giliran udah pd dpt perpres aja lupa ama bung setagu ….. Hhhhmmm hanya ada di indonesia ….

  36. kayaknya karena banyak yang buka, jadi susah di nguplod.. 😛 g berenti senyum nih, komen2 disini selalu bikin ngakak dan senang.. :mrgreen:

  37. abi.. tambahin lagi 20rb jd 45rb katanya pak guru buat sampul lapor nanti.. (dalam 1 bln udah 75rb tagihan padahal ini smpn)… dek, nanti kalau uang remunerasi papa udah terima nanti baru bayar ya… 😥

  38. ALHAMDULILLAH HIROBIL ALAMIIIIIN! 😎
    PERPRES UTK INSTANSI ANE SUDAH KELUAR NIH PERPRESNYA : PERPRES NO. 107 TAHUN 2012 DI TTD TGL 17 NOVEMBER 2012!
    BUAT K/L YANG LAEN..SELAMAT JUGA YAH!!

    1. klo begitu ada kemungkinan perpres tentang remun juga sebenarnya sudah di TTD pak SBY nih….cuman di diemin dulu biar pada galau para PNS nya….

      biar cetar membahana badai gt lah nanti pas keluar…

  39. Ini sms berantai mengenai kenaikan tunjangan fungsional peneliti yang telah diposting awal oleh Farid Ristek:

    Sebarkan ke staf peneliti dan teman-teman: Alhamdulilah tunjangan peneliti ternyata ceritanya panjang tapi hasilnya menggembirakan akhirnya tunjangan berbeda dg yg disetujui KemenKeu: pen utama 5 juta 200 ribu, penelity madya 3 juta, peneliti muda 1juta 750 ribu dan peneliti pertama 1.juta 100 ribu. Dg harapan penliti lebih produktif lagi.maaf perpresnya msh di kami. Tk

    Itu isi sms berantainya…
    Ini sumber smsnya dari mana yaa…krn ada tulisan “maaf perpresnya msh di kami. Tk”.
    Jadi kaminya siapa ya….

    Insya Alllah benar adanya….sip…sip…sip…

  40. GORO-GORO
    Sing dadi tengering zaman edan wong wadon pamer aurat wong lanang ngumbar sahwat
    Sing laris jamu kuat, wong gede seneng maksiat,wong cilik podo nekat
    Wondene podo ora tobat,lan wegah tirakat, malah ngenakake maksiat.
    Rino wengi krungu sesambat akeh wong mlarat ora kuat ngingoni brayat, konco mburi ora kerumat sing ora kuat terus ngendat.
    Pejabat podo khianat, ketigo kaline asat , yen rendeng banjir ngluwihi jagad, lindu kaliwat-liwat, samodro munggah darat.
    Mulo manungso bakal slamat tekan khiamat yen jagad diruwat lan dirumat
    Manembaho marang Gusti Kang akaryo jagad. makaryo o sing amanat, niat lan giat amrih biso andum zakat, ojo amung nyandong berkat.
    Dedaharan sing khasiat amrih tansah sehat wal afiat, ojo sakdermo ngumbar ilat.
    Monggo dipun simak kanti khidmat sinambi ngunjuk serbat, amrih gesang mboten keraos awrat mugi slamat donyo akhirat amin…..

  41. Alhamdulillah, hari ini saya dapat info dari teman2 di biro kepegawaian kalau Perpres Tunkin sudah ditandatangani pak SBY….jadi saya percaya 1000% info di atas saya…..

  42. Artee @ jan – okt + gj 13 = 11 bln 11 bulan x Rp. …..= ~ banyak nian – Cuti melahirkan – izin – telambat masuk kerja – pulang lebih awal – lain2 = sedikit nian 😳 😳 😳

  43. Sepertinya komentar belom sampai angka 1000, kejelasan mengenai remunerasi sudah ada didepan mata.

    Tapi ayo tetap semangat untuk memberikan komentar-komentar anda, karena bang setagu akan memberikan komentarnya setelah angka 1000. .

  44. Sepertinya komentar belom sampai angka 1000, kejelasan mengenai remunerasi sudah ada didepan mata.

    Tapi ayo tetap semangat untuk memberikan komentar-komentar anda, karena bang setagu akan memberikan komentarnya setelah angka 1000.

  45. Kepada Yth.
    Bapak Setagu
    di tempat

    Dengan Hormat,
    Mohon bisa di informasikan dan konfirmasinya mengenai berita yang sudah beredar… tentang kebernarannya….. mengenai remunerasi.

    Saya kira Bapak Setagu bisa memberikan informasinya dan komentarnya mengenai remunerasi tersebut yang sangat dinanti-nanti oleh pengharap remunerasi ini.

    Sekali lagi mohon konfirmasinya, agar kepastian itu menjadi nyata.

    Terimakasih

  46. Akhirnya penantian panjang remunerasi … telah berakhir.

    Kepastian itu datang setelah diberikan pengarahan langsung oleh Pejabat yang menyatakan remunerasi sudah pasti dengan besaran 40 % di Instansi Kami. Akan dibayarkan dari bulan januari hingga oktober 2012.

    Alhamdullilahirobbil Alamin…….

    Terimakasih Pak Presiden.

  47. UPDATE REMUNERASI TERAKHIR!
    PERPRES TUNJANGAN KINERJA SDH DITANDATANGANI SBY NAMUN MASIH DALAM PROSES, YAITU DIKIRIM KE KEMENKUMHAM UNTUK MENDAPATKAN NOMOR BERITA NEGARA. JADI PERPRES RESMI AKAN DIEDARKAN KEPADA 20 K/L MINGGU DEPAN YAH TEMAN2..!! 🙂

  48. agih terus, Mang!muda2han remunerasi bisa jadi instrumen penyetaraan pendapatan khusus bagi staf2 (termasuk saya) yang tidak dapat honor swakelola, kegiatan, seminar, workshop, diklat antu bulau sebagainya.. hidup staf/ frontliner pelyanan masyarakat!!

  49. Berita hangat nich!Insyaallah Valid.
    Kabar gembira buat para peneliti dan dosen.
    Hari Jum’at kemarin Bpk. Presiden
    menandatangani Perpres no 100/Thn. 2012 tentang Kenaikan Tunjangan Fungsional
    Peneliti terhitung mulai tanggal(tmt) 1 Agustus 2012 yang besarnya berubah menjadi :

    Peneliti Pertama : Rp. 1.100.000,
    Peneliti Muda : Rp. 1.750.000,
    Peneliti Madya : Rp. 3.000.000,
    Peneliti Utama : Rp. 5.200.000,

    Selamat yah, tinggal ditunggu makan2nya nich….

    1. gila mantap bener tuh klo bener…???

      2x lipat dari persetujuan Kemenkeu…

      syukur deh klo bener…

      klo kagak mah, mudah-mudahan masuk surga aja 😀

    2. gimana dengan tunjangan fungsional keahlian lainnya pak farid yang binaruno?. Itu koq gede benr ya? Katanya ngga boleh melebihi tunjangan eselon II?

    3. iya bos makasih infonya, walau tunjangan berbeda dari apa yg di setujui oleh badan keuangan.. yg penting ada penyesuaian buat rekan3 peneliti.. 😆

  50. Ka Badan kami yang sampaikan ke KTU bahwa perpres sdh dittd. Kabar yang beredar perpres dittd SBY sebelum brangkat…cairnya 11 bulan dlu,bulan 12 dibyrkan tahun 2013…Percaya gak percaya 😛

  51. hanya isu..belaka…..jng percaya..hoax…masih di pakistan kaleeeeeeeeee…….masa ntar di perpres nya ‘Islamabad … November 2012’ bukannya Jakarta…emang boleh?ehhehehehe

    1. esbiyeee instansinya apa?
      Coba ditanyakan ke pusat,sampai dimana remunnya,,
      Instansi kami kemarin teleconfrence se-Indonesia dan mendapat kabar bahwa perpres sudah ditanda tangani,,
      Semoga berita ini bisa menjadi kabar baik untuk teman2,karena seharusnya perpres teman2 juga sudah ditanda tangani 😆

  52. Mudah mudahan apa yang menjadi isyu kalo masalah perpres sudah kelar dan bukan sekedar hoax….

    kata syahrini : sesuatu bangets…

  53. Bang Barov, masak rekap absen setahun artinya nunggu sampai desember baru cair…. kecuali desember udah pengsiun…. tempatku cuma sampai bulan 10, bulan nov bisa cair…. 😛 😉

  54. Kl d instansi sy, sdh rekap absen setahun..untuk phitungan org perorang..bg setagu blg on the track betul..tk bg setagu..mslhny mmg da klamaan se, jd bosan tgu..yg pasti tmn2 20 K/L kita sm2 bdoa agar segera cair..aminn

  55. 🙁 👿 ❗ 🙂 😳 😮 😯 😕 😎 😆 😡 😈 🙄 😉 💡 ➡ 😐 😥 :mrgreen: ❓ 😛 🙁 👿 ❗ 🙂 😳 😀 😮 😯 😕 😎 😆 😡 😈 🙄 😉 😐 :mrgreen:

  56. Alhamdulillah.
    Sama dengan Artee dan Under_miner, instansi kami mendapat info bahwa Presiden sudah tanda tangan 😳
    Sekarang sedang dalam proses pencairan he,,he,,
    Ngomong2 yang komen nama2 barunya banyak ya he,,he,, Bang Haji gmn kabar ni?

  57. komentar terakhir ada di angka 883+1
    bapak bapak ibu ibu saudara saudari para pengharap remun
    agar segera menyempatkan untuk bisa memberikan tambahan komentar
    karena kurang 116 komentar untuk mencapai angka 1000
    untuk diketahui perpres akan segea ditandatangani setelah komentar mencapai angka 1000.

    demikian informasi ini disampaikan untuk diketahui dan harap maklum.
    serat bersabar ya…. ciayooooo

  58. raminten 😈 😈 😈 😈 😈 😈 😈 😈 👿 👿 👿 👿 👿 👿 👿 👿 👿 👿 👿 👿 👿 👿 👿 👿 👿 👿 👿 👿 👿 👿 👿 👿 👿 👿 👿 👿 👿 😈 😈 😈 😈 😈 😈 raminten

  59. Elingana yen sira kabeh kuwi pangembating praja sarto jejeging nagari kuwi ana ing pundak sira.

    Dadiya wong kang tansah iso diugemi olehe padha guneman. Mboya pada nyacat sak padha-padha lan mboya waton geguneman tanpo bukti.

    Kaya “sabda pandita ratu tan keno wola-wali, idhu siro idhu geni” tegese wong guneman iku kaya sabdane ratu ora kena mblenjani. esuk dele sore tempe.

    Guneman sira kabeh iki kawentar lan kababar ing jagad maya. dadiya pepenget marang siro kabeh.

  60. Yen sira ayun waskitha, kasampurnaning badanira piniki, sira anggeguruwa.

    Nangin yen sira nggeguru, amiliha manungsa kang nyata, ingkang becik martabate, serta kang weruh ing hukum, kang ibadah kang wira’i

    sokur bisa oleh wong kang tapa, iya kang wus mungkul, TAN MIKIR PAWEWAHING LIYAN, iku pantes yen den guronana sartane kawruhira.

  61. @Artee: Mudah-udahan infonya betul, saya juga dapat info itu, tapi bagian keu bisa mengejar untuk merubah DIPA-nya apa tidak

    1. ga msuk DIPA om kalo ga salah…klo udah berjalan baru masuk DIPA di taun berikutnya (2014) mungkin….untuk sekarang pembayaran langsung dari pusat tidak lewat KPPN

      posting om setagu ada penjelasannya

  62. Silakan saja memberikan komentar, asal :
    1. Tidak menyinggung SARA (Suku ,Agama, Ras & Antar Golongan ).
    2. Saling menghormati sesama, dengan tidak memancing flame atau perdebatan yang tidak berguna.
    3. Tidak usah terlalu serius, agak santai sedikit tidak apa2, biar lebih akrab, yang penting tetap bertukar informasi & dalam aturan untuk menulis dengan bahasa yang santun.
    4. Kejar target Komentar pada angka 1000 agar Perpres nya segera di tandatangani.

  63. Duh Gusti Alloh…., paringono pangapunten dumaten lelampahan menungsa ingkang tansah nggugu karepe dewe-dewe.

    Mboya melek lan mireng, marang kahanan kang kawujud bebendu.

    Sejatine kuwi tansah kanggo pepenget marang menungso.

  64. Wus dadi jamak lumrahe lamun ombyake kahanan anut jaman kelakone.

    Wewangsane wis nyebutake ana kalane ana desa ilang rejane, gunung ilang kukuse, pasar ilang kumandange, wong lanang ilang kaprawirane, wong wadon lali nyimpen wewadine.

    Lah ing kana akeh wong kang lali, sing haram dilalekake, OMONG CIDRA DIKULINAKE, PAMRIHE MUNG AREP GOLEK MBLENDHUKE WETENGE DHEWE.

    SABARANG TINDAK NGGUGU NAFSUNING SETAN, APUSKRAMA DIENGGO PAKARYAN, ENDEM-ENDEMAN SEDALAN-DALAN, NYAMBUT GAWE PADA SUNGKAN, BANDHA NEGARA DIENGGO RAYAHAN,

  65. saya senang mengikuti perkembang komentar di blog ini. tetap semangat, Bung!.. semoga remun na cepat cair amin.. tinggal sabar..sabar..hehe. bersyukurlah bagi 20 K/L yang telah sampai meja sekneg.. instansi t4 saya masih tahapan verifikasi lapangan september lalu.. semoga nyusul 2013 amienn..

  66. REMON GA TURUN-TURUN PINGINNYA CEMBERUT TAPI BACA KOMENTAR YG LUCU. .LUCUUU. .BANGET JADI TERTAWA HA..HA. HA. . (SAMBIL NANGIS) 😥

  67. sabar ya pegawai ku…
    sekarang boleh marah2, tapi klo udah keluar pada diem aja…

    segala sesuatu yang tidak terburu2 pasti ending nya akan nikmat.

    sekarang pinjam aja dulu ke koperasi, kan bunganya ringan 0,5 %…

    1. Ayoooooooooo… Ada program Kredit Gebyar Remunerasi dari koperasi kantor… pinjam sekali bayar kalau remun keluar… berhadiah panci serbaguna…

  68. YA GITU LAH PEMERINTAH KALAU DAH MENTALNYA PEMBOHONG, REMUN DAH LAMA BERGULIR KABARNYA TAPI HOAX NGGAK DA BUKTINYA.PEMNERINTAH BOHONG BESAR

  69. Rasa gojag-gajeg iki tuwuh jalaran anane rasa tanggung jawab urip kang sansaya abot, mula gampang ndadekake judeg.

    Urip banjur dirasakake kanthi rasa kuwatir lan gojag-gajeg. Lumrahe bab iki isih ana sesambungane karo prakara ekonomi lan jejege kendhil ing omah.

    Rasa wedi lan gojag-gajeg iki bisa ngalang-alangi lakune manungsa nalika kepengin maju.

    Wedi ragane sansaya tuwa, tenagane sansaya kendho, kelangan gaweyan amarga wus ngancik mangsa pensiun, lan wedi kelangan kasenengan urip.

    Kamangka tanggung jawab kang disangga kanggo mbagyakake kulawargane isih durung rampung

  70. Silakan saja memberikan komentar:
    1. Tidak menyinggung SARA (Suku ,Agama, Ras & Antar Golongan ).
    2. Saling menghormati sesama, dengan tidak memancing flame atau perdebatan yang tidak berguna.
    3. Tidak usah terlalu serius, agak santai sedikit tidak apa2, biar lebih akrab, yang penting tetap bertukar informasi & dalam aturan untuk menulis dengan bahasa yang santun.
    4. Target Komentar pada angka 1000 agar Perpres nya segera di tandatangani.

  71. SSSSTTT…. DANA REMUNERASI SDH KELUAR TAPI SAMNA PEJABAT KEMENKEU DIMAININ . . .DI DEPOSITO 2,9 T KAN LUMAYAN BUNGANYA. . . NTAR KALAO MEREKA UDAH PUAAASSS BARU DIBAGIIN KE PNS (rahasia . jangan bilang-bilang ya)

  72. Wus dadi jamak lumrahe lamun ombyake kahanan anut jaman kelakone.

    Wewangsane wis nyebutake ana kalane ana desa Hang rejane, gunung ilang kukuse, pasar Hang kumandange, wong lanang ilang kaprawirane, wong wadon lali nyimpen wewadine.

    Lah ing kana akeh wong kang lali, sing haram dilalekake, OMONG CIDRA DIKULINAKE, PANTRIHE MUNG AREP GOLEK MBLENDHUKE WETENGE DHEWE.

    SABARANG TINDAK NGGUGU NAFSUNING SETAN, APUSKRAMA DIENGGO PAKARYAN, ENDEM-ENDEMAN SEDALAN-DALAN, NYAMBUT GAWE PADA SUNGKAN, BANDHA NEGARA DIENGGO RAYAHAN,

  73. Berdasarkan pelacakan tanggal Perpres Tunkin Instansi yang telah menerimanya, seperti:TNI/Polri, Bappenas, Ke Menpan,Ke Polkam, Kesra(yang di up load Bang Setagu) ditandantangani tanggal 15 Desember..saya pikir yang sangat realistis kita tunggu saja sampai tanggal 15 Desember 2012…santai sajalah..ngak usah berdebat yang ngak perlu,,..apalagi saling menghujat…www.itusaja.com…

    1. gto aje pake dilacak,..itu mah sudah teu kale,..itu pun kan terhitung mulai juli bukan januari,..ah ayak2 wae,..ini terhitung januari tapi uda mau tutup buku anggaran remun aing belum turun,..

      1. Kayaknya Perpres-nnya ditandatangani pada tanggal spesial. Kemungkinan tanggal 12-12-2012 (12-12-12) atau 20-12-2012. Biar gampang di-inget … 😆 😆 😆

  74. Kalamun mobah musiking jagad yektine mengku purbaning Hyang Murbeng Rat

    Nadyan mangkana paradene laku jantrane umat akeh kang nisih saking wiradat
    Ing pamrih nedya oncat saking garising kodrat.

    Mila datan mokal ngendi enggon ngendi papan keh menungsa ingkang karindhu pakartining jajalanat.

    Prasasat keblat papat mung isi maksiat, donga selawat datan karumat
    Laku tirakat sambate jare ora kuwat.

    Rina wengi ora kendhat mung tansah angantik siasat, ing pamrih nedya oncat saking saringat.

    Lanang wadon pada dene ngumbar laku syahwat, ora mikir walat, ora mikir uripe mbesuk ana akhirat.

    Wong sugih lumuh zakat, yen ana wong salat malah diendat, SING DIBURU MUNG UNDAKING PANGKAT.

    Benere SIPAT, KALAH KUASA, KALAH LIMPAT, EMBUH NAJIS EMBUH HARAM WATON KUAT DIANGKAT, NEKAT DI SIKAT.

  75. Engeta kita sadarum
    Dadya dhutaning hyang Widhi
    Tumitah ing madya pada
    Mangayu hayuning bumi
    Atetekan sih katresnan
    Hambirat sang satru sekti

  76. abi, besok dedek di suruh guru bawa uang 25.000 buat bayar foto di sekolahan… 🙁 .. (remunnya belum jadi nak.. bilangin gurunya mintanya jangan sekarang ya….)

  77. abi, besok dedek di suruh guru bawa uang 25.000 buat bayar foto di sekolahan… 🙁 .. remunnya belum jadi nak.. bilangin gurunya mintanya jangan sekarang ya….

  78. ayo kawan jangan menyerah… semangat.. semangat. .. semangat. …. sedikit lagi angka komentar mencapai 1000

  79. mbok…. yo sing sabar le…
    podo elinga….. urip kuwi mung saderma nglakoni…
    kabeh wis ana pestine….

    podo ndedongo marang Gusti.

    sing sabar yo le…

  80. tunggu aja Perpres nongol…ga usah spekulasi ini itu…kementrian ato lembaga mana aja yang termasuk dari daftar penerima remunerasi tahun ini tentu ada Perpres nya nanti…so sabar aja…ga usah ribut…klo mau ya jangan di sini…kopdar aja langsung dah…

  81. HAI ORANG LUAR KALAU ANDA ORANG MUSLIM HENDAGKNYA ANDA BERTOBAT KPD ALLOH KARENA TELAH MENFITNAH SODARAMU DAN AKU SENDIRI SDH MEMAAFKAN MU. TAPI KALAU ANDA ORANG NON MUSLIM ARTINYA ANDA NANTANG PERANG KEPADA SAYA MAKA SAYA PANTANG SURUT SEKALIPUN NYAWA TARUHANYA.

  82. Sekilas Kronologi Tunjangan Kinerja di LPNK Kemenristek:

    1. Tgl 25 April 2012: Surat dari Menkeu ke Ketua DPR nomor SR-74/MK.02/2012, Perihal Tunjangan Kinerja bagi Pegawai di Lingkungan 20 K/L.

    2. Tgl 28 Mei 2012: Surat dari Ketua DPR ke Komisi VII nomor AG/05073/DPR RI/V/2012 Perihal Penyampaian Surat dari Menkeu ke Komisi VII.

    3. 27 Juni 2012: Raker komisi VII DPR dengan Menristek mengenai Tunjangan Kinerja Kemenristek dan LPNK di lingkungan Kemenristek.

    4. 29 Juni 2012: Surat dari Pimpinan Komisi VII ke Pimpinan DPR nomor 238/KOM.VII/VI/2012 Perihal Penyampaian Kesimpulan Raker Komisi VII dengan Menristek.

    5. 12 Juli 2012: Surat dari Pimpinan DPR ke Menkeu nomor AG/07039/DPR RI/VII/2012 Perihal Persetujuan Tunjangan Kinerja Kemenristek & LPNK Kemenristek.

    6. 4 September 2012: Rapat Banggar DPR mengenai Pembahasan Tunjangan Kinerja 20 K/L.

    7. 24 Oktober 2012: Surat dari Menkeu ke Menpan nomor SR-275/MK.02/2012 Perihal Persetujuan Prinsip Tunjangan Kinerja bagi 20 K/L. Rapel mulai 1 Januari 2012. Terdapat lampiran tabel grading dan besarnya tunjangan kinerja tiap grading tsb.

    8. Perpres ditandatangani dan keluar: GAK TAHU

    Semoga membantu, sekedar mengingatkan…..

  83. PNS saat ini juga masih banyak yang kekurangan, sehingga mengajukan hutang sana sini untuk memenuhi kebutuhan. Lain halnya jika terpanuhi dari gaji hasil kerja kerasnya. Jadi PNS skr masih banyak yang gali lubang tutup lubang.

    Cairnya remunerasi tidak semata-mata “jatuh dari langit”. Tapi sudah diimbangi dengan perbaikan kinerja PNS sejak januari 2012 dengan pengawasan TIM dari Kemenpan dan RB.

    Sudah sepantasnya jika upah remunerasi itu segera dicairkan.

  84. Pak Presiden SBY, Mohon semua tunjangan remunerasi dibatalkan saja..
    Lebih baik diberikan kepada Fakir Miskin dan Anak-anak Terlantar.;:

    1. KASIHAN . . FAKIR MISKIN MENGEMIS-NGEMIS . .NTAR DEH KALO AKU DPT REMUNERASI KAMU TAK KASIH BIAR NGGA MENGEMIS LAGI. .MAKANYA CARI KERJA.

  85. Pak Presiden SBY, Mohon semua tunjangan remunerasi dibatalkan saja..
    Lebih baik diberikan kepada Fakir Miskin dan Anak-anak Terlantar.,;

  86. Pak Presiden SBY, Mohon semua tunjangan remunerasi dibatalkan saja..
    Lebih baik diberikan kepada Fakir Miskin dan Anak-anak Terlantar…..

  87. Pak Presiden SBY, Mohon semua tunjangan remunerasi dibatalkan saja..;;;
    Lebih baik diberikan kepada Fakir Miskin dan Anak-anak Terlantar.

  88. Pak Presiden SBY, Mohon semua tunjangan remunerasi dibatalkan saja..;
    Lebih baik diberikan kepada Fakir Miskin dan Anak-anak Terlantar.

    1. KASIHAN . . FAKIR MISKIN MENGEMIS-NGEMIS . .NTAR DEH KALO AKU DPT REMUNERASI KAMU TAK KASIH BIAR NGGA MENGEMIS LAGI. .MAKANYA CARI KERJA… 😆 😆

  89. Pak Presiden SBY, Mohon semua tunjangan remunerasi dibatalkan saja……,
    Lebih baik diberikan kepada Fakir Miskin dan Anak-anak Terlantar.

  90. Pak Presiden SBY, Mohon semua tunjangan remunerasi dibatalkan saja..,,;
    Lebih baik diberikan kepada Fakir Miskin dan Anak-anak Terlantar.

  91. Pak Presiden SBY, Mohon semua tunjangan remunerasi dibatalkan saja..,,..
    Lebih baik diberikan kepada Fakir Miskin dan Anak-anak Terlantar.

  92. Pak Presiden SBY, Mohon semua tunjangan remunerasi dibatalkan saja…..
    Lebih baik diberikan kepada Fakir Miskin dan Anak-anak Terlantar.

  93. btw,..yang dulu uda nyebut2 tanggal,..pade kmane ya bacotnya skr,..ini mah uda tanggal 20 akang – nini,…kena amnesia ya,…atau mendadak depresi sehingga bacotnya ngumpet semua 😀

  94. koruptor lebih dihargai. ……. seperti itulah gambarannya
    makanya peneliti lebih baik mengabdikan ilmunya ke luar negeri yang memang sangat menghargai para ilmuwan
    pak habibie saja lebih suka hidup di jerman….

    1. lagian mental masyarakat kita juga gitu kok,..lebih bangga pake produk penelitian dari luar dari pada hasil penelitian dalam negri,…meskipun terkadang kualitasnya juga gak jauh beda,..pikirin juga yang ini,..jangan pemerintah lagi,..pemerintah lagi,…pade kamane lu,..

  95. Pada peringatan Hari Teknologi Nasional di Bandung, 30 Agustus 2012, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, peraturan presiden tentang kenaikan tunjangan fungsional peneliti sudah rampung.

    ”Mudah-mudahan minggu ini bisa saya teken,” katanya. ”Pada bulan September, para peneliti sudah mendapatkan kesejahteraan yang lebih tinggi.”

    Pada September 2012, janji itu belum terwujud. Pada Oktober juga belum ada kenaikan pendapatan peneliti. Tanggal 1 November 2012, gaji dan tunjangan sudah ditransfer ke rekening peneliti di Bank Mandiri. Ternyata belum ada kenaikan. Apakah Presiden belum membubuhkan tanda tangannya atau masih perlu sekian bulan bagi birokrasi di bawahnya mencairkan dana?

    http://nasional.kompas.com/read/2012/11/16/08242842/Menagih.Janji.Presiden.

    1. seorang bapak berjalan kaki dari surabaya ke istana demi menuntut keadilan atas kematian anaknya dengan menggendong plank bertuliskan”KORBAN KEBOHONGAN PRESIDEN SBY”. wkwkwkwk,,,,

  96. Sungguh terlalu….nantilah kalau bang haji jadi presiden, seluruh rakyat Indonesia tanpa kecuali akan diberikan remun..ha..ha…ha….

  97. buah yang jatuh tidak akan jaoh dari pohonnya.
    kalo anaknya H.Joko Manding nakal apalagi babehnya…. semakin nakal
    terutama sama. ……… ehm…

  98. Berikut kutipan surat KEMENKEU SR-1313/mk.13/2013
    Persetujuan Prinsip Pemberian Tunjangan kinerja 20 K/L. Bahwa pencairan Tunjangan Kinerja 20 K/L yang telah disetujui oleh DPR akan dibayar per 1 Januari 2000 sebesar 25%, dimana besar tunjangan tergantung dari GRADE sebagai berikut:

    Grade Nilai
    17 17.000.000
    16 16.000.000
    15 15.000.000
    14 14.000.000
    13 13.000.000
    12 12.000.000
    11 11.000.000
    10 10.000.000
    9 9.000.000
    8 8.000.000
    7 7.000.000
    6 6.000.000
    5 5.000.000
    4 4.000.000
    3 3.000.000
    2 2.000.000
    1 1.000.000

    Demikian harap maklum ….
    😆 😆 😆

  99. @ PNS Bawahan: betu kata “orang luar”, coba anda lihat di perpres no.69 sampai no.76 tahun 2010 tentang TK beberapa K/L termasuk TNI dan Polri, semua ditandatangani tanggal 15 desember 2010, pada pasal 5 (disini saya ambil contoh perpres tentang TK di KEMENPANdan RB) tercantum TK terhitung dari Juli 2010…
    jadi jelas tidak dibayarkan dari januari… Meskipun begitu kita lihat saja bagaimana kejadiannya tahun ini, mengutip kata bung SETAGU, semua proses sudah dalam tracknya… SO, mari berdoa semoga proses finishingnya berjalan lanjar seperti proses-proses sebelumnya…

  100. Beberapa KL, perpres tunjangan kinerjanya ditandatangani tanggal 15 Desember antara lain:
    Kemenkeo Perekonomian, Kemenko Polhukam, Kemenko Kesra, TNI, POLRI, Kemenhan, KemenPAN-RB, Bappenas, dan BPKP, Jadi ga ada hubungannya dengan tutup buku anggaran seperti yang disampaikan PNS Bawahan..

    1. oh gitu ya…
      semoga saja pak..

      ada yg tau teknis kementrian yg 2011 dpt remun perpres 15 des. Apakah itu cairnya 1 jan 2012. So tak ada rapel.

      Kita kan dijanjikan rapel 1 jan 2012

  101. menurut orang keuangan (di instansiku),
    batas penyerahan tutup buku ke dirjen anggaran adalah 15 desember.

    Kemunginan awal desember adalah waktunya para staf keuangan untuk menyelesaikan akuntansi keuangan.

    Berarti akhir november adalah batas yg realistis untuk staf keuangan menyelesaikan semua pembayaran (termasuk remun)

    Maka masih ada waktu 9 hari menuju 30 november.
    Jika terlewat..

    Terima kasih pak presiden..
    kami memang belum rezeki..

    para guru / dosen yg sertifikasi lebih layak dapat tunjangan.
    Para staf dirjen pajak yang ada masih korup, msih layak dapat remun.
    Para hakim pun yg banyak korup masih layak dapat tunjangan “wah”

    Kami … hanya bisa bersyukur.. dan terima kasih kpd pak presiden..

    1. tutup buku maksudnya yang sudah adalam DIPA anggaran,…untuk remun 20 K/L itu masuk anggaran BA 999 (belum DIPA) dan dibayarkan bisa tidak tiap bulan alias bisa dirapel per 3 bulan, klo sudah masuk DIPA baru bisa dibayar tiap bulan, mohon koreksi jika ada yang salah

  102. Fakir miskin @ usulin juga yang sudah remun 100 % sejak beberapa tahun yang lalu mohon dikembalikan lagi, spy adil

  103. Pak Presiden SBY, Mohon semua tunjangan remunerasi dibatalkan saja.,,
    Lebih baik diberikan kepada Fakir Miskin dan Anak-anak Terlantar.

  104. Pak Presiden SBY, Mohon semua tunjangan remunerasi dibatalkan saja.,..
    Lebih baik diberikan kepada Fakir Miskin dan Anak-anak Terlantar.

  105. Pak Presiden SBY, Mohon semua tunjangan remunerasi dibatalkan saja..
    Lebih baik diberikan kepada Fakir Miskin dan Anak-anak Terlantar.

  106. Pak Presiden SBY, Mohon semua tunjangan remunerasi dibatalkan saja……
    Lebih baik diberikan kepada Fakir Miskin dan Anak-anak Terlantar.

  107. Assalamu’alaykum,

    Saya sebagai Peneliti Remun membaca semua coment teman2 semua. Setelah saya teliti dan analisis. Kemungkinan remun cair semakin kecil. Cuma sekitar 1 %. Saya masih optimis sih, walau lebih realistis. Di instansi saya aja tambah ga jelas. Beda dengan LPNK lain yang serumpun yang sudah memberikan SPP (surat perintah pencairan) ke kemenkeu. Wallahu’alam

  108. udah2 kerja dulu yang rajin, kalo rejeki gak kemana. kan sudah disetujui DPR. tinggal moncrotnya aja…. jadi bapak2 dan ibu kerja yang rajin siapa tahu tiba2 ada sms cinta dr bank hehehehe….

  109. Semuanya harap bersabar, semua masih dalam proses, tinggal tunggu tanggal mainnya saja. Kalo oneng sih daripada pusing mikirin remun mendingan nyalonin jadi lurah aja dikampung.

  110. Pak Presiden SBY, Mohon semua tunjangan remunerasi dibatalkan saja.
    Lebih baik diberikan kepada Fakir Miskin dan Anak-anak Terlantar.

  111. KALAU TERBUKTI KEMTAN BERSALAH MAKA RB NYA TURUN DRASTIS BAHKAN BISA TDK LULUS REMUNERASI KRN KEMTAN MSH DLM TAHAP PENILAIAN, SDG KAN KEMEN KEUANGAN SDH LULUS REMUN NILAI RB 100 PERSEN.

    1. JADI KALO UDAH LULUS REMUN 100%, PEGAWAINYA BOLEH KORUP SEBANYAK-BANYAKNYA KAYA GAYUS DAN DHANA GITU YA…. 🙄 ❓ ❓

    2. saya semakin yakin kalo PNS WARAS ini adalah eks pegawai Kemtan yang dipecat tidak dengan hormat karena melakukan penipuan CPNS.

    3. satu lagi; saya menduga PNS WARAS ini lah yang membuat surat kaleng ke Seskab yang dijadikan laporan pak DA ke KPK.. ❗ ❓

  112. Menurut info terpercaya yg saya dapat, pak beye sdng ke pakistan/kamboja, sampai dengan hari jumat sore… Terus bagemane perpresnya? 🙄

  113. kalau da keluar remunnya jgn lupa zakat 2,5 % ya, karena dalam remun itu ada hak orang lain yang harus kita keluarkan.

  114. maaf bapak2 sekalian, Majikan saya(Bpk Setagu), sedang mudik ke kampungnya di grobogan, mungkin nanti sore baru pulang. harap sabar menunggu kedatangan majikan saya.

  115. ude tanggal 19, mohon sedikit pencerahan dari pak setagu
    biar coment nya gak makin kacau,…ngomong2 setagu kemane ya,…lagi cuti kale,…

  116. maaf, saya sedang piknik…. mohon untuk tidak diganggu.
    karena saya lebihbsuka tandatangani grasi daripada remunerasi

  117. Sepertinya PERPRET REMUNTERASI akan ditandatangani pak SBY pada tanggal, bulan dan tahun cantik, yaitu: 12-12-2012 disingkat 12-12-12. Soalnya kalo tidak di-ttd hingga tahun 2013 selain TuKir nya hangus Bpk kita SBY udah males ttd tuh PERPRET karena TIDAK ADA lagi hari spesial, soalnya tidak ada bulan ke-13….

  118. abi, kepala sekolah adek mau pindah, iuran rp.20rb kt bu guru. 2 minggu kemudian… abi, guru adek pensiun jadi disuruh nyumbang rp 10rb… (gmn kemendikbud, semua itu urusan ama murid apa sih? sampai dimintain sumbangan..) 😈

  119. abi, kepala sekolah adek mau pindah, 👿 iuran rp.20rb 2 minggu kemudian… abi, guru adek pensiun jadi disuruh nyumbang rp 10rb… (gmn kemendikbud, semua itu urusan ama murid apa sih? sampai dimintain sumbangan..) 🙁

  120. Kayaknya PNS di 20 K/L yang menunggu PERPRET tentang REMUNTERASI ibarat para HONORER K1 yang menunggu NIP… semakin gak jelas ….

  121. perpres akan segera ditandatangani jika komentarnya sudah mencapai angka 1000
    ayo kawan. ……. semangat! semangat! semangat!
    pantang menyerah dan jangan loyo..

  122. memang seharusnya tunjangan sertifikasi dihapus dan di hilangkan saja karena
    tidak mencermikan rasa keadilan bagi para pns staf di kemendikbud dan sekolah sekolah

    tunjangan sertifikasi sebaiknya di tinjau ulang. …………

  123. ANGGARAN KEMENDIKBUD 300 TRILYUN,100 TRILYUN UTK BIAYA SERTIFIKASI 2 JUTA PARA GURU&DOSEN (PEMBOROSAN DAN FOYA UANG RAKYAT), SELEBIHNYA UTK BOS DAN PEMBANGUNAN DSKOLAH TSB DAN PERBAIKAN GEDUNG SKOLAH YG ANGGRANNYA DI MARK UP(300 JUTA DANANYA REALISASI 150 JUTA) SELEBIHNYA DIKORUP TDK LAMA 2-3 THN KEMUDIAN GEDUNG TSB AMBRUK

    1. makin nggak jelas remunnya. smapi detik ini belum da perpress, takutnya cuma omong kosong belaka.kabar turun udah dari desember 2011, terus juli 2012, oktober 2012, terus 14 november 2012. nggak da yang kebukti

  124. nb: apalagi kemkeu yang sudah 100%, bukan sekedar dilaporkan k kpk malah pegawainya sdh vonis (gayus) dan sedang menjalani sidang (dw). jadi….

  125. yang dilaporkan ke kpk ada 3 kementerian (diduga: kemtan, kemhan, dan kemperin). kemtan dilaporkan karena surat kaleng dari seorang pns kemtan yang kebenarannya masih diragukan. mentan suswono telah mengklarifikasi hal tersebut ke seskab dan sesneg. kemtan baru akan menerima remun, sedangkan kemhan sudah menerima remun masih juga dilaporkan…

  126. Sebenernya, walapun hidup pas2an, walaupun gak jadi dpt remun, saya tetap bersyukur padaNya.

    terimakasih pak Presiden, yg telah sudi kiranya untuk sering berkunjung ke luar negeri. Karena walaupun begitu, sejak pak SBY jd presiden, setidaknya gaji kami sudah naik 2 kali lipatnya.

    Selamat bertugas pak.. gunakan uang rakyat sebijak-bijaknya untuk biaya transportasi bapak, baik di dalam negeri dan ke luar negeri..

    Apalah arti gaji kami plus remun dibandingkan penghasilan bapak presiden..

    terimakasih

  127. Kalo lagi kemarau panjang,umat Islam biasanya melakukan sholat “istisqo”,kalo ada bencana/kesusahan melakukan “istighosah”. “Isti” dalam bahasa arab artinya meminta. Saya usul pada rekan-rekan penunggu remun, mari kita sama-sama melakukan “istiremun” (tapi apa ada ya istilah itu dalam Islam) ?

  128. Dari perpres 74 sampai 94.sekarang udah keduluan dgn BP Migas… Mungkin pakai nomor cantik untuk remun 99 gitu lhoh

  129. dari uraian tentang tunjangan remunerasi pada kementerian pertanian belum terlihat peruntukannya bagi tenaga penyuluh pertanian lapangan, apakah kami para penyuluh ini bukan bagian dari kementan ya?!, gimana yang sebenarnya tolong bung setagu jelaskan makasih atas bantuannya.

  130. goooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooolllllllll

  131. ya gak mungkin lah kalo satu dari 20K/L yang dimaksud uda ade yg terima, perpresnya aje belum keluar,..dasarnya apa,..ah pada ngarangnya kebangetan tu,..

    1. Wah,, pak Haji Joko Manding kalo gonta ganti nama jgn lupa di ganti gambarnya pak,, ketahuan kalo ini pak Haji,, he,,he,, semangat :mrgreen:

  132. Bapak…. bapak … temen2 mu sudah pada dapat remun tuh….

    katanya bapak mau beliin , motor baru……

  133. di kantor saya rekap data absen sudah dilakukan minggu kemarin dari bulan januari-oktober nilainya akan di persentasekan dengan nilai Tunjangan yang di dapat…salut buat para TU nya yang sampai lembur demi keluarnya remunerasi….

    kita tunggu saya yang pasti tahun ini..karena surat dari Menkeu nya sudah keluar…

    1. Benar kang, di kantor saya juga udah rekap dari januari sampai oktober, siap2 aja dipotong buat yang sering bolos hehe

  134. sasbar..sabar.. pasti ada kok
    hargai para pejabat yang di atas, yg sudah susah” membuat kebijakan buat kita”..

    kita banyakin bedoa biar semua terproses dengan baik dan terealisasikan 🙂

  135. Yang pasti sekarang para petugas di TU..lagi sibuk merekap Absen..Januari – Oktober 2012.untuk Ristek,BATAN,BPPT,LIPI pakai software yang dikeluarkan oleh Ristek…anggap tabungan kalau terlambat cairnya…….santai_saja.com.

      1. Barusan teman ane di BPPT juga menyampaikan izin dari Menkeu sudah keluar…cuma dia menggaris bawahi ada kemungkinan perbedaan antara harapan dan kenyataan terhadap nominal yang keluar..whatever wajib Alhamdulillah..

          1. Ya seperti yang saya ketahui 1 Januari 2012…10 bulan dulu..seperti kata pendukung Bang Setagu dibawah..

  136. syukurlah…. besok hari rabu…. akhirnya. … penantian yang hampir berakhir…. terimakasih Tuhan.
    Kalo boleh bilang “wowwwwwwwww gitu. ….”.

  137. menurut ane hati-hati kalau sharing surat yg sifatnya rahasia, mending jgn diekspos deh, surat itu memang ada dan isinya spt komentar2 di atas 😆 😆

    1. Kode “SR” itu Sangat Rahasia jadi gak perlu di ekspossssss, ngarti gak sih sangat rahasia, kan kalau PNS sudah di sumpah.

  138. yg bisa ngomong disini tunjuk tangan… disini semua cuma ngetik ga ada yg ngomong…. 😈 😆

    dan jujur saya menyukai dengan isi komen yg ada disini terlepas itu informasi benar atau tidak..

    paling ngga ini bisa menghibur saya yg juga sedang menanti mimpi agar jadi kenyataan. :mrgreen:

  139. Waduh … saya dibilang nol besar, tapi udah jutaan yang membaca blog ini. Jadi inget dulu sebelum remunerasi TNI/Polri cair, segala comment sumpah serapah keluar, kenyataannya?

    Blog ini hanya sarana penyampaian & berbagi informasi, shg info dari temen-temen diberbagai K/L bisa share di bog ini, karena pasti juga lebih paham kondisi masing2. Saya tegaskan disini posisi saya hanya PNS biasa bukan pengambil keputusan. Kalau soal Perpres kapan diterbitkan terus terang saya tidak tahu, saya juga bukan dari kalangan Setkab. Perkiraan saya berdasar penerbitan Perpres tunkin terdahulu.

    Saya sangat paham temen2 tidak sabar menunggu, Pak Menpan saja juga sudah menyuarakan ketidaksabarannya.

    Yang saya tekankan disini semua proses sudah berjalan, DPR sudah setuju, anggaran jig sdh disetujui, surat prinsip Menkeu sdh ada, draft perpres juga sdh. Kalau penerbitan Perpres, masalah bukan disaya.

    ciyus?? serius mas

    1. jadi pengen ketawa bacanya…ketawa dulu ah…wkwkkwkwkw….
      “kalo ngomong jangan asal bacot”
      ….wkwkwkwkkw…..

      semua yang buka setagu.net pasti baca juga yang ini nih…

      “padahal saya sendiri apabila berkata sesuatu, kemudian meleset, saya tidak tenang, dan ingin secepatnya mengklarifikasi pernyataan saya, baik itu berupa permintaan maaf atau sekedar memberikan penjelasan”

      apakah “ranto” ini jantan untuk jilat ludah sendiri…???

      wkwkwkkw…..

      trims om setagu…ga usah di masukin ati…cuma pns yang kebanyakan utang tuh mah kayaknya…. 😀

    2. meni serius2 teuing,,,,,santai aja….maklum lah karakter org beda2…..santai aja bro…..kopi udud dulu lah….hahahhaha

  140. Sesusai dengan yang dikatakan Setagu yang dikomentari syahrini,, Ijin prinsip sudah lewat,, Sekarang posisi sudah di Setkab,, Setkab sudah buat draft perpresnya,, Sebelum draft disampaikan ke Presiden butuh paraf dari 3 menteri termasuk menPAN dan Menkeu,, So,sekarang tinggal tunggu 3 menteri cek dulu,baru draft diserahkan ke Presiden dan ditandatangani 😉 Remun turun deeeee,,, Horrayyy 😀

  141. copas setagu :
    Ketika proses akhir reformasi birokrasi di K/L sudah disetujui tim, berarti rancangan Perpres tentang tunjangan kinerja per K/L juga sudah dibuat. Dalam prosesnya penandatanganan Perpres tidak serta merta dilakukan, ada prosedur yang harus dilalui. SOP di Setkab sendiri, alur per berkas memerlukan waktu minimal 9 hari untuk sampai di meja pimpinan (termasuk koreksi). Kemenkumham dan Kejaksaan tanggal 18 Mei 2011 disetujui DPR, ada jeda 2 bulan sampai dikeluarkan Perpres tanggal 12 Juli 2011. Apalagi ini ada 20 K/L yang musti diproses.

    Selain itu Perpres akan sah jika sudah dicatatkan dalam lembaran negara. Sampai saat ini Perpres terakhir no. 81 ttg biaya haji, Perpres soal tunjangan kinerja belum ada.
    Semua masih pada masih pada track-nya, tidak ada yang aneh, masalahnya cuma kita kurang sabar saja, tunggu bulan November ini.
    Salam semuanya..

    november yang mana?,..wkwkwkwkwkwk,tahun depan kali bukan tahun ini,.. 😀

    1. Setuju dengan Pak H. Joko Manding, saya hanya memperingatkan Pada pak Setagu, kalo ngomong jangan asal bacot, mana tanggung jawab publiknya! padahal saya sendiri apabila berkata sesuatu, kemudian meleset, saya tidak tenang, dan ingin secepatnya mengklarifikasi pernyataan saya, baik itu berupa permintaan maaf atau sekedar memberikan penjelasan. Saya jadi ragu, jangan-jangan si empunya blog, tidak memiliki tanggung jawab sama sekali alias enol besar. Mohon tanggapannya. Cheers

    2. Untuk ranto,, Mungkin ada baiknya Anda membaca dahulu di bagian “ABOUT” di blog ini,, Di situ empunya blog ini dengan bijaksana menulis hal berikut:

      Disclaimer
      1. Opini atau artikel yang ditulis dalam blog ini atas nama penulis sebagai pribadi sehingga tidak ada keterkaitan secara hukum, baik langsung maupun tidak langsung terhadap profesi dan instansi dimana penulis bekerja.
      2. Beberapa artikel pada blog ini menyertakan sumber dari luar yang isinya bukan merupakan tanggung jawab penulis di blog ini, silahkan baca dan ketahui dari sumbernya secara langsung.

      Jadi mohon dihormati si empunya blog ini,karena ini juga merupakan sarana kita berbagi dengan instansi lain tentang kabar remunersi 😉

    3. H. Joko Manding : ini masih november bang, pan masih 17 hari lagi untuk ke desember, siapa tau diantara 17hari tersebut 😀

      ranto : sabar ranto gudel, syahrini cuma mengingatkan wng sabar teleke dowo jarene wong jowo :mrgreen:

  142. amien, setelah ada pencerahan mudah mudahan liburan akhir pekan menyenangkan dan dapat tidur nyenyak.
    Plus rekor komen yang melebihi buku tamu dan postingan lainnya………

  143. ijin prinsip dari menkeu SR-275/mk.02/2012, dipastikan remunerasi akan segera bisa dicairkan, di setkab sudah dibuat draft perpresnya. Mohon bersabar, butuh proses yang teliti. supaya jangan seperti grasinya si ola.

  144. Perpres aja lom ada…tapi dah cair…NGIBULLLL

    mbok ya yang valid gitu klo ngasih informasi

    kasih pencerahan dong om Setagu…biar pada tenang ni ati 😀

  145. ada satu hal yang belum pernah diungkap di forum ini. agak sedikit pahit tapi kita harus tau supaya tidak kecewa. dalam surat persetujuan menkeu nomor SR-275/mk.02/2012 pembayaran tunjangan kinerja “dapat” dibayarkan berlaku surut mulai tgl 2 januari 2012. kata “dapat” disana bermakna bisa ya bisa tidak. untuk lebih jelasnya tunggu perpressnya nanti. tmt nya kapan. kita semua berdoa semoga tmt januari 2012.

  146. instansi gue akhirnya cair juga … besok hari rabu…. cihuiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

  147. edan lagi … edan lagi … semakin lama semakin nggak jelas … termasuk …. bang setagu …. semakin nggak jelas saja….. (ayo kasih komen bang setagu.. jangan hanya diam …)

  148. PNS atasannya Set@gu : Bapak kamar pesanannya sudah siap dibooking…. nanti calling saya ya kalau sudah meluncur ke lokasi 😳

  149. Kalian semua yang menunggu remun, tolong tingkatkan kinerja + tertibkan kehadiran sesuai jam kerja, biasakan dari sekarang. Karna insya Alloh sebentar lagi remun cair. PERCAYALAH!

    Dan setelah cair nanti, kalau kalian masih malas kayak sekarang, kalian pasti rugi, karna akan ada pengurangan tunjangan kinerja (minus) kalau kinerja dan kehadiran masih memble/payah/teu paruguh/goreng patut/…

    Ayo tingkatkan mutu PNS Indonesia! Jangan cuman nuntut hak aja. Imbangi dengan perbaikan kualitas kinerja.

    Salam saya,
    PNS Atasannya Set@gu

  150. Udah..sebentar lagi ini saya tanda tanganin kok..biar bagian UP sibuk dulu ngurus rekapitulasi absen..kasihan kalau diburu-buru..sabar ya..

      1. tanggal 14 bulan apa n tahun berapa Om Fajar? kata KPK, jangan asal bacot, tapi harus disertai data n bukti, biar gk masuk bui!

  151. kalo untuk Fungsional itu ga masuk dalam grade tapi ada lampirannmya sendiri….

    dan sebagai info di kantor saya tanggal 20 November ada penilaian Kinerja tiap2 pegawai tahap 2…tahap 1 Penilaian kinerja udah dilaksanakan bulan Juli…karna di kantor kami “katanya” Remun dibayar setiap 6 bulan….jadi penilaian diadakan 2 kali….untuk menentukan Grade Tunjangan kinerja…Thx

  152. Maaf saudaraku,..ternyata draft Perpresnya Hilang di Inggris, sekarang lagi diusahakan mencarinya pakai para normal…

  153. @leo:kalo pns bukannya nggak bisa jaga rahasia tapi setiap tau info yang rahasia selalu bilang ke teman2 nya “eh jangan bilang2 loh ini rahasia… ya” sampe ke temennya yang ke seribu…

  154. @Maknyus…..secara umum grade untuk fungsional khusus

    Jabatan Fungsional Pertama(gol 3a-3b)grade 8,
    Fungsional Muda (gol 3c-3d)grade 9
    Fungsional madya (gol 4a-4c)grade 11
    Fungsional utama (gol 4d–)grade 13

    Fungsional pemula grade 5
    fungsional pelaksana grade 6
    Fungsional pelaksana lanjutan grade 7
    Fungsional penyelia grade 8

      1. kayaknya dalam lampiran surat tidak mencantumkan sedetail itu…di sana hanya tercantum grade dan nilai tunjangannya sedangkan untuk jabatan tidak ada. Grade jabatan ini tidak ada hubungannya dengan kemenkeu tapi berhubungannya dengan Kemenpan.

  155. walah… telat nih kasih komen…, terserah mau cair apa nggak remunnya, caapek deh nunggunya… kayak nunggu angkot…. kebanyakan calonya… jadi ngggak jalan jalan

  156. BU Lia…., mau nanya dong…..
    Di K/L nya bu Lia, utk jabatan fungsional masuk di grade brp aja ya?
    Kalau yang laen ada yang tahu jg boleh dishare inpohnya
    makasih ya….

  157. ❓ 😛 🙁 👿 ❗ 🙂 😳 😀 😮 😯 😕 😎 😆 😡 😈 🙄 😉 💡 ➡ 😐 😥 :mrgreen: ,…ini mewakili para pengarep remun,..wkwkwkwk

  158. 17 25.360.000
    16 19.131.000
    15 16.315.000
    14 9.529.000
    13 8.023.000
    12 5.819.000
    11 5.855.000
    10 5.352.000
    9 4.915.000
    8 4.535.000
    7 3.504.000
    6 2.595.000
    5 1.904.000
    4 1.814.000
    3 1.727.000
    2 1.645.000
    1 1.563.000

      1. saya yakin 100% ada yang salah…..masak grade 11 tunjangannya lebih besar dari grade 12…
        Kalau mau lihat tunjangan untuk kementerian liat aja di tabel kementerian yg sudah ada asal jangan liat punya keuangan ya (liat punyanya kemenko-kemenko d situ)nanti besarannya gak akan jau beda dengan itu
        https://setagu.net/category/tabel-remunerasi

    1. Keliatannya ini yang bener BAPAK’e,..sama2 mimpi mending yang tinggi sekalian kalo nyungsep langsung dah,…

  159. Selamat pagi semuanya….
    kok sepi ya pagi ini
    Ayo kita lanjutkan diskusinya.
    Saya coba sedikit datakan instansi teman2 yang komen belakangan ini:

    BPPT: Lia, Ranto, Adi
    LIPI: Under_Miner, PNS Biasa, aktipis
    LPNK Lainnya : Aktivis Remun
    KEMTAN : orang luar

    sorry kalau salah…he….

    1. ada yang kurang Nyus :

      BPPT: Lia, Ranto, Adi
      LIPI: Under_Miner, PNS Biasa, aktipis
      LPNK Lainnya : Aktivis Remun
      KEMTAN : orang luar
      Maknyus : penghuni LP nusakamabangan

    1. Njik, aku tuch sudah baca suratnya sendiri, dengan mata sendiri! Ane sangat beharap, km jangan asal bacot,trimakasih. Dalam surat Menteri Keuangan perihal –Persetujuan Prinsip Pemberian Tunjangan Kinerja– yang ditujukan kepada Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara masih tercantum 20 K/L. Semoga tidak semua orang percaya atas berita yang ditulis si tukang wartawan. Percayalah hanya kepada fakta. Trims

  160. lengkapnya yang di kementerian seperti ini:
    Grade Nilai
    17 19.360.000
    16 14.131.000
    15 10.315.000
    14 7.529.000
    13 6.023.000
    12 4.819.000
    11 3.855.000
    10 3.352.000
    9 2.915.000
    8 2.535.000
    7 2.304.000
    6 2.095.000
    5 1.904.000
    4 1.814.000
    3 1.727.000
    2 1.645.000
    1 1.563.000

    1. Ini mah grade yang 40%, BPKP…aturan lama dengan indeks RB 40% sekarangkan berdasarkan capaian birokrasi kementrian/lembaga..

  161. tabel yg diposting aktifis remun itu baru 40%nya, sebagaimana yg sudah ditrima K/L lain utk tahap pertama besarannya ya spt yg tertera dlm tabel tsb. tinggal kita ada di grade brp, gtu…

    1. iya betul gan, saya udh liat tabel” instansi lain yg sdh remun, jd kurang lebih ya nominalnya hampir sama semuanya, tinggal tergantung posisi kita aja ada di grade brp

  162. Surat Kemenkeu : SR- 275/MK.02/2012

    Instansi saya LPNK

    Grade
    Kepala : Rp.19.360.000
    16 : Rp.14.131.000
    15 : Rp.10.315.000
    14 : Rp.7.259.000
    13 : Rp.6.023.000
    12 : Rp.4.619.000
    11 : Rp.3.855.000
    10 : Rp.3.352.000
    9 : Rp.2.915.000
    8 : Rp.2.353.000
    7 : Rp.2.304.000
    6 : Rp.2.095.000
    5 : Rp.1.904.000
    4 : Rp.1.814.000
    3 : Rp.1.727.000
    2 : Rp.1.645.000
    1 : Rp.1.563.000

      1. kemungkinan ini 40%nya nyus :), kalo masalah cairnya kapan, ya kita cuma bisa menunggu aja tante rini 🙂 , belum pasti bulan november, tp insyallah dalam waktu dekat ini, ini bukan lagi masalah harapan, kita hanya tinggal menunggunya saja, jadi temen” semua mari kita tingkatkan kinerja kita, dan banyak”lah berdoa 🙂 *belagak bijak*

        1. itu tabel untuk LPNK?semua sama seperti itu ato beda2 yah?nuhun….klo tabel yg L**I ada g?hehehehe……re-komeng

    1. kayaknya ini dah 100%…jadi klo cair 40% ya tinggal di itung aja…klo ini 40%…wow gedenya klo udah 100%

      😀

    2. Kalau di Kementerian apa sama ya rupiahnya? Ayo… temen2 yg dines di Kementerian muncul….
      Biar terbuka dikit demi dikit…he…he…

      1. Yang di Kementerian tabelnya sama persis seperti itu. cuma ditambah Grade 17 nilainya Rp. 19.360.000,- setara dengan kepala LPNK.

    3. o….ternyata Aktivis Remun ini Instansinya Kemtan…. No dengan kode SR itu artinya kalau gak salah Sangat Rahasia, blum jelas bener gaknya kok sudah di umumkan gimana nih, gak bisa jaga Rahasia dong !?

  163. Biar diskusinya fokus ke remunerasi, mau nanya ah sama Lia :
    Kalau di surat no. SR-275/MK.02/2012, di lampirannya, untuk kelas jabatan 8, 9, dan 10, nilai jabatannya berapa ya?
    Boleh nanya gak, lia dari LPNK bukan ya?

    1. maaf yang ditanyain bobot nilai atau rupiahnya…???klo bobot nilai untuk fungsional dan struktural dengan kelas yang sama bisa jadi bobotnya berbeda, bahkan di kelas yang sama, namun berbeda tingkatan fungsional seperti auditor penyelia dan auditor ahli pertama kelas jabatan sama 8 tapi bobot nilainya berbeda yaitu 1205 dan 1280…kelas jabatan 10 di saya ga ada,jadi dari 9 langsung 11

      maaf ini di instansi saya…bisa jadi instansi anda berbeda 😀

  164. paahhh, nanti kalo remunnya cair istrimu tersayang ini belikan cincin berlian yg segede gentong ya ……hhhmmm ….. Biar cetaaarrr membahana ………xixixixi ….

  165. Lagi mikir cari-cari alasan buat narik kembali atm yang terlanjur diberikan ke istri…. wkwkwkkwkwkk…

  166. Para istri2 mari kita pantau pendapatan suami diluar gaji,ternyata ada remun yg sebentar lg mau caiiirr,itu juga hak kita, jangan sampai duit remunnya buat nyari istri baru, mudah2an dgn adanya remun tdk membuat lupa daratan para penerima remun ….. Amiinnn

  167. sama mas leo, tempatku sama senin tgl 12. Ayo 1 komen lagi dah 500 komen. Sudah setengah langkah menuju 1000 komen

  168. kayanya PNS WARAS sentimen banget sama Kemtan… jangan-jangan dia adalah salah seorang pegawai KEMTAN yang dipecat tidak dengan hormat karena melakukan penipuan pengadaan CPNS…

  169. Informasi valid dari bapak saya. Remunerasi untk tahun ini diundur tahun depan. Karena anggaran tahun ini

    sudah harus tutup buku..

      1. jangan asal ngomong bos, datanya dari mana?saya dr polisi, tp terimanya mulai juli 2010, jadi TMT juli 2010

        1. iya nih bang poltak.. Penunggu_remun kan ga bilang TMT Januati 2010 tapi TMT 2010… jadi Juli 2010 masih masuk 2010… untung cuma ngeluarin pentungan.. coba kalo pistol bisa kasus salah tembak ni..

        2. lho khan saya bilang PP hankam,polri terbit(akhir tahun)des 2010….tapi dibayarnya TMT 2010 juga khan..? ada yg salah..? artinya gak ada istilah akhir tahun tutup buku…cek aja di sipuu….bos….

  170. Gambaran lain: (mengenai kenaikan tunjangan fungsional peneliti)

    Surat Menkeu ke Menpan RB tgl 29 Agustus 2012, No: S-618/MK.02/2012 tentang persetujuan prinsip penyesuaian tunjangan jabatan fungsional peneliti.

    Yang kata Pak SBY sdh siap ditandatangani Perpresnya (disampaikan saat hekteknas tgl 30 Agustus 2012), sampai saat ini belum keluar tuh Prespesnya. Gimana dengan remunerasi yg baru keluar persetujuan Menkeu tgl 24 Oktober 2012 ya? kapan keluar Perpresnya yaaa??? ❓

      1. bapake lagi cape kali masbro. Kan baru plg dr inggris dan laos. Dulu yang habis harteknas, bapake kan terus ke mongol sama rusia…. tuh, padat banget jadualnya beliau, jadi belum sempat tndtangan PP untuk tunjangan peneliti,…

  171. surat itu tertanggal ATAU diterima tgl 23 oktober, sdg kan pernyataan menpan mengenai 19 KL TANGGAL 31 OKTOBER 2012

  172. under_miner, percayalah kpd sy, bhw nama kemtan tdk ada dlm daftar penerima remunerasi th 2012, tetapi tetap mendpt tunjangan tetapi namanya bukan tunjangan remunerasi, krn dana nya sdh tersedia namun jumlah uang yg diterima tdk sebesar yg mendpt remunerasi. Jangan percaya kpd org luar, dia hanya tau sedikit i tapi sombongnya bukan kepalang melebihi menteri.

    1. posting mba/bu Lia ”

      Dalam surat disebutkan instansi berikut yang akan disetujui untuk segera dicairkan :

      BPPT, LAN, Kemenristek, Kemenperin, BATAN, Badan POM, BKN, BKPM, BPS, LKPP, Kementrian Pertanian, BNPT, ANRI, BKKBN, Kementrian Pemberdayaan Perempuan n Perlindungan anak, Lembaga Sandi Negara, BNN, LEMHANAS, LIPI, Kementrian Perumahan Rakyat”

      saya mah tunggu Perpres nya aja ah… 😀

  173. maaf ga ada kata “akan”…tapi K/L yang dimaksud itu DISETUJUI pencairan Tunjangan Kinerja tahun 2012 per 1 Januari 2012 dengan besaran tergantung masing2 K/L, lampiran besaran tunjangan pun ada…K/L saya grade 1 ampe 17

  174. Dalam surat disebutkan instansi berikut yang akan disetujui untuk segera dicairkan :

    BPPT, LAN, Kemenristek, Kemenperin, BATAN, Badan POM, BKN, BKPM, BPS, LKPP, Kementrian Pertanian, BNPT, ANRI, BKKBN, Kementrian Pemberdayaan Perempuan n Perlindungan anak, Lembaga Sandi Negara, BNN, LEMHANAS, LIPI, Kementrian Perumahan Rakyat

    1. 20 ya mba/bu lia…..???di berita setkab.go.id cuma 19…???mana yang bener atuh…???tunggu perpres aja dah 😀

  175. bapakku mana nih boong lagi. ………, uang remunnya malah buat poya poya katanya mau beliin motor…. gmna sih.

  176. di instansi saya beritanya akan segera cairrr, bulan 11 karena tutup anggaran semua instasi tgl 7 desember, jd semua anggaran sudah harus diajukan ke Kppn sebelum tglg 7 mudah mudahan bulan november bulan baik bagi 20 KL.

  177. wahai para pegawai kemtan; jangan percaya apa yang dikatakan PNS WARAS. informasinya 100% salah… saya bisa buktikan itu. tetap pada komitmen reformasi birokrasi; layani petani dan masyarakat pertanian dengan sebaik-baiknya, jauhi pungli, tingkatkan intergritas dan profesionalisme. Rezeki sudah diatur oleh Allah SWT, tidak akan tertukar. Hidup Kementerian Pertanian.

      1. wahai temen PNS, saya hargai sikap anda yang perhatian terhadap teman anda. tetapi kalo baru mendengar “katanya” sebaiknya tidak usah diumbar ke publik dulu. Anda tidak tahu yang sebenarnya khan… semoga Anda diampuni Allah..

  178. Under_miner : sudah diberi tau, msh saja tdk percaya, bhw nama kemtan tdk ada dalam daftar penerima remunerasi th 2012, makanya tinggal 19 K/L.

    1. saya kopiin posting mba/bu Lia “Baru dapat Copian Surat Resminya ni tmn2 Nomor : SR-275/MK.02/2012 perihal Persetujuan Pemberian tunjangan kinerja Bagi Pegawai di 20 K/L, isinya tentang persetujuan pencairan , rapel dari tanggal 1 Januari 2012……”

      maksud saya di atas tertulis “Pemberian tunjangan kinerja Bagi Pegawai di 20 K/L”
      sesuai surat di atas tentu nya…

      tapi berita yang ada 19…

      apakah di surat tsb (klo yang dah liat) tertulis ato disebutkan nama K/L nya..???

      klo saya sih lom liat 😀

  179. Perpres aja lom keluar ko dah pada tau tanggal tu cairnya ya…??? 😛
    dasar pencairan tentu ada Perpres dulu
    belum juknis dari Perbendaharaan ato KPPN
    semudah itukah sekarang birokrasi…???
    ga perlu hal-hal di atas…???
    bener-bener Reformasi namanya 😀

    1. reformasi birokrasi kan membuat birokrasi lebih cepat mudah dan praktis, kalo sudah ada uangnya yaudah cepet2 bagi rata aja.
      itu hanya pendapat syahrini aja loh bang :mrgreen:

  180. info di lingkup ane..TK akan di bayarkan 1 bulan dulu untuk bulan november…sedangkan untuk januari-oktober akan di bayar kan bulan desember..itu info yg di dapat dari kementerian ane..

  181. wah kelamaan gelar tiker nih, pesenan kopi dari bung pelayan ga dateng2, ambil bantal n guling aja deh….ngimpi’ ztztztztztztztzt…..

    1. Terima kasih lia.. insya Allah kami sujud syukur.. (iya gak temen2..?)

      tapi cairnya per 24 oktober gitu ?

    2. Pada dasarnya uang sudah di bagian keuangan masing2 instansi, mungkin akhir bulan ini tanggal 30, berdo’a aja bro

  182. Baru dapat Copian Surat Resminya ni tmn2 Nomor : SR-275/MK.02/2012 perihal Persetujuan Pemberian tunjangan kinerja Bagi Pegawai di 20 K/L, isinya tentang persetujuan pencairan , rapel dari tanggal 1 Januari 2012……..

    INI VALID Dengan Nama Allah saya mengucapkan terimakasihhhhhh

      1. surat itu kodenya SR artinya surat rahasia, sehingga tidak boleh dipublikasikan. jadi mbak Lia mohon jangan di upload ya… itu melanggar hukum. karena yang baca commment di sini kan bukan cuma kita para PNS 20 KL. banyak juga yang tidak berkepentingan

    1. klo isi surat 20 K/L tapi kenapa berita resmi di setkab.go.id ma menpan.go.id cuma 19…???

      dengan nama Allah…ati-ati ya mba 😀

      lidah bisa aja keliru

    1. gatau juga ya bang, tadi syahrini denger bendahara bilang 10bulan aja.
      sooalnya yang 1bulan diikhlaskan untuk yang tanda tangan perpres.
      ada uang ada tanda tangan :mrgreen:

  183. DAFTAR 19 K/L PENERIMA REMUNERASI TH 2012 TDK DIUMUMKAN KPD PUBLIK, TAPI DIBERITAKAN KEPADA PARA PEJABAT ESELON 1 MASING~MASING K/L. SILAHKAN TELUSURI KESANA, PALING TDK KPD SEKRETARIS/SEKJEN MASING~MASING K/L.

  184. instansi saya sudah dapat surat edaran MENPAN n Menkeu tntang pencairan remunerasi, informasi dari sekretaris badan masing2 provinsi, rapel pencairan sementara katanya sampai Oktober 2012, alhamdulilaahhhhh………..

  185. PNS WARAS : tabel nya dapat dari mana tuh…???berita dari setkab.go.id ma menpan.go.id ga disebutin tuh 19 K/L tu mana aja…???posting om setagu sebelumnya kalo Kemtan dah dapet Surat Men PAN dan RB No: B/2808/M.PANRB/ 11/2011 Tanggal 21 Nop 2011 perihal Penetapan usulan tunjangan kinerja, Tingkat Pencapaian Reformasi Birokrasi Kemtan 45%

      1. dapat kabar juga dari WTS klo Tunjangan Kinerja Perpresnya berbarengan dengan Tunjangan Fungsional Peneliti…wow…lumayan juga tuh klo bener…wkwkwkkw

  186. kok pada berpolemik antara ada dan tiada sih …… Bikin tambah stres tau ….. Mendingan mari kita semua berdoa …… Ini adalah salah satu bentuk ujian kesabaran, pasrah aja sama ALLAH, sambil nunggu berita yg up to date dari bang setagu okayyy

  187. iya betul anda tdk salah masalah persetujuan pembayaran tunjangan kinerja, tapi pada daftar 19 K/L yg menerima remunerasi pd th 2012, nama KEMTAN (KEMENTERIAN PERTANIAN) TDK ADA DALAM DAFTAR.

  188. tenang az,bapak/ibu, semuanya udh setuju tinggal nunggu cairnya dipastikan bln ini atau paling lambat desember. jgn ijon dl ya? :mrgreen:

  189. tenang az,bapak/ibu, semuanya udh setuju tinggal nunggu cairnya dipastikan bln ini atau paling lambat desember. jgn ijon dl ya?

  190. wahai mhs, anda dimanfaatkan tenaga oleh dosen mengerjakan proyek penelitian dosen dg dana milyaran, sedangkan dosen dpt tunj fungsional, tunjangan sertifikasi,

  191. Wahai Bapak Presiden, Bapak2 Mentri dan Bapak2 DPR tolonglah perhatikan nasib bapak saya sebagai Prajurit dan PNS berpangkat rendah, Tunki yang diterima masih terlalu kecil besarnya 33 persen, jadi saya mohon dengan sangat dinaikan menjadi 100 persen secepatnya.

    1. Bapaknya ada dua ya mas… yang satu prajurit yang satu PNS.. beruntunglah Anda… ada dua penghasilan.. 😛 😛 😛 😛

  192. Oh nasibku tak bisa melanjutkan kuliah karna tak ada biaya, wahai para pejabat di pemerintah pusat tolonglah kami dan orang tua kami yang hidupnya makin terpuruk, bagaimana nasib kami yang tak bisa melanjutkan kuliah.

  193. Sabar nak, nanti kalau tunkinya udah naik, kalau tunkinya cuma 1 juta mana cukup untuk bayar cicilan rumah BTN aja habis, belum untuk ongkos kamu kuliah dan untuk makan sehari hari aja ga cukup kebutuhan pokok makin mahal, kalau tunkinya ga naik naik kamu berhenti aja.

  194. Pak, aku tidak boleh uts karna belum bayar uang semester dan ujian juga belum bayar studio, padahal bapak sdh dapat tunki walau hanya 1 juta.

    1. info dari mana tuh??ente jangan bikin gosip dan mensirnakan harapan org2 kementan…

      GA ADA BUKTI = HOAAAAXXXXXXX

    2. Kemtan sudah dapat surat persetujuan teknis pembayaran tunjangan kinerja No. SR-275/MK.02/2012 jadi info anda 100% SALAH…

  195. bapaku mana ya kok kagak muncul lagi …. , pak … katanya kalo remunerasinya turun mau belii moge baru …. jangan lupa janjinya loh ….

  196. hari minggu malas memantau perkembangan karena tabel perpres di sipuu.setkab pasti tidak bergerak karena libur. begitu juga yg koment di setagu pasti belum ada info yg signifikan. makanya sepi..

  197. Sabar bos, kemarin dpt bocoran dr atasanku, suratnya sudah di meja presiden tinggal nunggu di tandatangan oleh beliau. kalau tidak ada halangan, hari rabu ini ditandatangani, karena hari selasa Bpk Presiden baru nyampe di tanah air tercinta ini.

  198. setuju….. sana dapet sini dapet, enak banget,,,,,,,,,saya yang disuruh ngumpulin berkasnya cuma liat doang

  199. Benar, untuk dosen/guru yang sudah memperoleh tunjangan sertifikasi tidak lagi memperoleh tunjangan kinerja….sedangkan yang belum dapat tunjangan sertifikasi untuk sementara masih menerima remunerasi sampai tunjangan sertifikasinya cair…..

  200. Denger2 kalau jabatan fungsional Dosen gak masuk remunerasi ya?sebab sudah ada sertifikasi dosen , betul gak sih???? ❓

  201. papa kemana aja gak pulang pulang… rupa2nya maen disini toh sama syahrini… awasss ya kalo pulang nanti . . . 😈 👿 👿 👿

  202. @BIANG BIROKRAT,BIANG KEROK , BIANG KEROKAN, PNS, PNS IDEALIS, PNS WARAS, PNS EDAN, BURUH!,PNS NYAMBI JUALAN, PNS BAWAHAN, dan semuanya. …… Diharap bersabar sebentar lagi akan segera diumumkan apa yang saudara tunggu tunggu. …….. Saudar a tidak usah saling, mencaci maki, saling mencela yang menjadikan saling emosi. Jadikan forum ini untuk forum silaturahmi dan saling berbagi informasi serta forum diskusi yang bermanfaat. Forum ini bisa dikatakan show of windows dari beberapa Pegawai di Negeri ini Indonesia yang bisa diakses oleh dunia. Jadi mohon untuk bisa mengendalikan diri saudara saudara sekalian sekali lagi bersabarlah rezeki, jodoh dan mati ada di tangan Tuhan Yang Maha Esa. Manusia hanya bisa berharap dan berdoa dan dijalani dengan usaha. Saya ucapkan selamat terlebih dahulu kepada saaudara saudara semua bagi para PNS di lingkungan 20 K/L. TERIMAKASIH.

  203. SAYA TIDAK BUTUH TUNJANGAN KINERJA-TUNJANGAN KINERJA-AN KARENA AKAN MEMBERATKAN KEUANGAN NEGARA……SAYA CUMA PENGEN GAJI SAYA SAMA DENGAN GAJI ANGGOTA DPR…TITIK……

  204. @Pejabat Eselon dan Buruh sama aja, setali 3 uang, maling teriak maling. Kalian berdualah yg hrs selalu introspeksi diri, dan yg sesungguhnya kalian berdualah yg masuk dlm lingkaran setan, maka sangat tdk layak sekali kalau kalian menerima remunerasi karena kalian berdua adalah manusia manusia penjilat menggunakan gaya katak utk menyinkirkan teman sejawatnya.

  205. Di rumah internetan, di jalan internetan… di kantor internetan … nah … gmna kerjaannya … cuma pindah tempat buat nginternet aje …..

    1. sekarang tuh jamamnya internet, bisa bekerja kapanpun dimanapun. lha saya sebagai programmer, ya hammpir tiap hari berkutat dengan yang namanya internet. jadi semua sudah punya job masing-masing.

  206. Wuedan weling kuabeh.
    Remunerasi terus yang dipikirin..
    Kerja di kantor cuma internetan, yg dipikir remunerasi.. ❓
    Introspeksi dong..!!

    Weling, weling kuabeh.. 👿

  207. @Buruh: Panstasnya pertanyaan itu ditujukan kpd anda sendiri, dan memang anda seoranglah yg sangat tdk layak mendapat remunerasi. Lebih baik org spt anda pensiun saja, berhenti jadi PNS.

  208. nyantae saodara sedulur semua,..bapak SBY abis dapet penghargaan dari Ratu inggris raya,..so pulang ke Indonesia dengan bahagia dan tersenyum lebar,,…sehingga segera menandatangani perpres tunjangan kinerja,…ahahhahahahahahhaha

  209. terserah mau komen apa semua…yang pasti smpe saat ini gue masih gentayangan..hehee…menghantui loe-loe pada sampe loe mimpi basah…hahahaaaaa 👿 👿

  210. Sudah layakah anda mendapatkan remunerasi….? sebaiknya remunerasi diberikan kepada para PNS yang punya prestasi.

    1. Prestasi yang kayak gimana lagi,…namanya uda lolos penilaian bukane sudah berprestasi,..ya itu mah prestasi pns,..apa kudu menjuarai olimpiade baru dikatakan prestasi,..wkwkwkwkwkwk

  211. klo posting sebelumnya dari om Setagu, ke 20 tu :
    1. BPPT
    2. LKPP
    3. BKN
    4. BKPM
    5. Kementerian Pertanian
    6. Lemhanas
    7. LAN
    8. Kemenristek
    9. Kementerian Perindustrian
    10. BATAN
    11. BPOM
    12. BPS
    13. BNPT
    14. ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia)
    15. BKKBN
    16. LESANEG
    17. LSN
    18. LIPI
    19. Kementerian Pemberdayaan Perempuan
    20. Kementerian Perumahan Rakyat.

    cuma Kemenpera harus rapat lagi dengan Komisi V

    klo posting di atas, BNPT no 7 dan 8, trus LIPI ga ada

    mana yang bener…???

    tunggu aja Perpresnya 😀

  212. Nggak ada yang di cancel, Bang Setagu walau uploadnya 20 K/L tetapi hanya 19, no 7 dan 8 sama yaitu BNPT…..

  213. @biang birokrat: gimana bung hasil rapatnya dgn sekretaris kabinet utk penyusunan draft perpres instansi anda????

  214. kalo kementerian ane dah rapat tanggal 23 Oktober 2012. memang betul kata biang birokrat surat persetujuan prinsip menkeu sudah ada juga di kementerian ane. TMT per 1 Januari 2012. Informasi tidak resmi menyebutkan pembayaran akan dilakukan bertahap mulai nopember hingga desember 2012. ngomong-ngomong Biang birokrat dari Kemenperin ya…

  215. @biang birokrat: gimana bung hasil rapatnya dgn sekretaris kabinet utk penyusunan draft perpres instansi anda????

  216. emberrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr …………

  217. Perpres 81 ga ada…langsung 82…sekarang dah ada perpres 84…yang 83 ga ada…pada ngilang gitu ya…???kayaknya remun juga ngilang juga nih…kekekke 👿

  218. @Setagu:Kemenkumham dan Kejaksaan tanggal 18 Mei 2011 disetujui DPR, ada jeda 2 bulan sampai dikeluarkan Perpres tanggal 12 Juli 2011. Kalo satu K/L aja 2 bulan , brarti kalo 20 K/l brapa ya .

  219. Babe gue kok kagak nongol lage ye…., udah males ngasih komen ya … behhh…, Buat semuanya PARA PNS PENUNGGU REMUN, saya hanya mengingatkan kalo besok sudah memasuki bulan november, maka bersiap-siaplah ….. dan waspadalah akan musim penghujan …. yang dapat menyebabkan banjir …..

  220. biang kerok …. hehehehehehe bisa aja.. masuk angin ya mikirin remun yang nggak apis pikir

    buat BIANG BIROKRAT = don’t angry birds…..

  221. REVISI AND RALAT YA BRO “ORANG LUAR” SAMA “UNDER MINER”..
    a. utk ORANG LUAR…SORY ANE MMG GA LIAT JELAS NOMOR SURAT DARI MENKUNYA..YG JELAS ITU SURAT NOMORNYA 257 DAN TERTANGGAL 24 OKTOBER DITUJUKAN KE KEMENPAN & RB ISINYA “IJIN PRINSIP PERSETUJUAN ANGGARAN UTK TK 20 K/L” GITU LHO..
    b. utk UNDER MINER…MAAF INI SIH CUMA MENDUGA NO. PERPRES YANG DI http://www.setneg.go.id tpi trnyata Perpres sdh diangka 82 ya? Sori deh..BTW ANE ABIS KORDINASI DGN KEDEPUTIAN SDM APARATUR DI MENPAN HARI INI DAN MEMBAHAS DRAFT PERPRES INSTANSI ANE DOANG…YG LAEN PADA BERGERAK GAK? YG PASTI PJABAT DI KEDEPUTIAN SDM RABU PAGI INI MAU RAPAT DGN SEKRETARIS KABINET UTK PROSES PERPRES INSTANSI ANE…MUDAH2AN MINGGU KE2 NOV SDH DI TTD PRESIDEN…

  222. biang birokrat makin memperkeruh suasana aja ni… itu bukan penomoran menkeu. jelas salah. saya bukan pegawai kemenkeu tapi faham pola penomoran surat dinas di kemenkeu. MRT.257/MK/2012 jelas bukan pola penomoran kemenkeu

  223. biang birokrat : thx atas infonya
    buat yg terlibat nyusun penugasan jabatan di masing2x instansi, siap-siap begadang. Temen gw yang kebagian bikin databasenya aja sampe muntah2x.
    Bayangkan, kalo dihitung dari januari 2012, berarti yg sudah wafat di th 2012 kudu ‘dihidupkan kembali’. Gimana ngasih rapelnya yah ? dipanggil apa dianterin ????

  224. BETUL ITU KATA ADHIEW BHW SRT IJIN PRINSIP DARI MENKU SDH KLUAR UTK 20 K/L! SY SDH BACA N LIAT SNDIRI…NOMOR SRTNYA : MRT.257/MK/2012
    ISINYA MENYIRATKAN BHW TK ITU DIHITUNG TMT JANUARI 2012. (JADI RAPEL LHO BRO 13X TUH! 😀 )
    PERPRESNYA SUDAH DIBUATKAN OLEH KEMENPAN.
    PERPRES AKAN DIKELUARKAN MASING2 UTK 20 K/L.
    PERPRES PERTAMA AKAN KELUAR DGN NOMOR 71 TAHUN 2012

  225. infonya dari mana om roy… dari sumber terpercaya ga tuh… jangan-jangan dari WTS lagi…
    WTS = Wartawan Tanpa Suratkabar 😛 😛 😛

    1. alhamdulillah yah sesuatuk 😈

      semoga cepat cair dan semoga para pns yang setia memnatau thread ini bisa lebih konsentrasi kerjanya,

      elingo awakmu dibayar ora di kon pesbukan

  226. kalo tabel tunjangannya mah udah ada brooooo…dari setelah DPR ngesahin…cuma tinggal realisasinya aja….arrghhtt tolong Pemerintah Komitmennya donx….

    saking lemahnya pemerintah ampe buruh2 berani demo minta gaji 3 juta…buset dah PNS Golongan 3A aja gajinya cuma 2 juta….kalo pmerintahannya komit n tegas maana ada rakyat yang njebros kaya gini, pasti ni negara aman n damai…

    PNS pusat itu ga dapat tunjangan Pak Presiden, cuma dapet gaji pokok, tunjnagan beras 180 rebu, ama uang makan doang..udah itu tokk!!!!!! beda ama PNSD yang punya tunjangan daerah, berjuta2 aje gile…namanya aja PNS pusat kesejahteraan NOL, MeDIA2 pada Lebai disangkanya pada sejahtera kali PNS….

    Kami selalu nunggu kabar remunnya ni Om Setagu….

    1. sabar jeng 😳
      daripada mikirin pemerintah yang ga jelas, baik kita mikirin kerjaan kita aja, sudahkah kita benar2 kerja yang benar ataukah kita hanya “makan gaji buta” seperti orang bilang.

      berapa banyak waktu kerja anda digunakan untuk ber-fesbukan ria????

  227. sepertinya tembusan surat persetujuan prinsip kemenkeu sudah diterima oleh masing-masing KL.
    Soalnya sekretaris biro gw tadi udah ngeliat barangnya, cuman masih ditenteng-tenteng ama karo. Sayangnya yg diliat cuman tabel besaran tunjangannya doang, bukan TMTnya.
    Untuk temen2x yg di unit kepegawaian, anggaran, atau keuangan, coba cari informasi di unit masing2x. Mudah2xan udah terima juga

  228. setuju dan salut buat @aku cinta indonesia, yang penting Indonesia sejahtera ada atau tidak ada remun. kita PNS adalah abdi negara yang telah bersumpah untuk bekerja semaksimal mungkin melayani masyarakat, mengelola negara demi tercapainya tujuan proklamasi mencapai Indonesia adil makmur sejahtera…

  229. Terimakasih, pak setagu atas komentarnya, itulah yang di tunggu komen dari bapak, karena saudara-saudara yang memberikan komen melihat bapak akhir-akhir ini tidak memnerikan komentar atas opini yang berkembang, karena di web setneg sama sekali tidak ada update mengenai pp yang uptodate. Mohon sekiranya bapak bisa selalu memberikan informasi yang uptodate. Terimakasih, salam remun.

  230. Ketika proses akhir reformasi birokrasi di K/L sudah disetujui tim, berarti rancangan Perpres tentang tunjangan kinerja per K/L juga sudah dibuat. Dalam prosesnya penandatanganan Perpres tidak serta merta dilakukan, ada prosedur yang harus dilalui. SOP di Setkab sendiri, alur per berkas memerlukan waktu minimal 9 hari untuk sampai di meja pimpinan (termasuk koreksi). Kemenkumham dan Kejaksaan tanggal 18 Mei 2011 disetujui DPR, ada jeda 2 bulan sampai dikeluarkan Perpres tanggal 12 Juli 2011. Apalagi ini ada 20 K/L yang musti diproses.

    Selain itu Perpres akan sah jika sudah dicatatkan dalam lembaran negara. Sampai saat ini Perpres terakhir no. 81 ttg biaya haji, Perpres soal tunjangan kinerja belum ada.
    Semua masih pada masih pada track-nya, tidak ada yang aneh, masalahnya cuma kita kurang sabar saja, tunggu bulan November ini.
    Salam semuanya..

    1. terima kasih pak setagu…
      kami sangat mengamini atas info bapak sehingga teman2 lebih bijak dalam menyikapinya…

      1. Akhirnya suhu turun gunung juga 😛
        Yang ini yang dapat dipercaya….
        ON THE TRACK….
        SIPPP……
        Lainnya OMDO hehehe…… 😆

    2. om setagu maaf koreksi…di sipuu.setkab.go.id Perpres terakhir NOMOR 82 TAHUN 2012 TENTANG PENGESAHAN PERSETUJUAN ANTARA PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA DAN PEMERINTAH REPUBLIK KYRGYZSTAN MENGENAI PEMBEBASAN VISA BAGI PEMEGANG PASPOR DIPLOMATIK DAN DINAS

      kalo tentang biaya haji itu Perpres NOMOR 67 TAHUN 2012 TENTANG BIAYA PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI TAHUN 1433H/2012M

      maaf om kalo salah… 😀

  231. Remun tak Remun Saya berharap Indonesia bisa makmur sentosa, jangan hanya pejabat saja yang sejahtera, masyarakatnya juga harus sejahtera

  232. haha, makin dibaca komen2nya makin merasa di PHP-in sama Presiden. Penasaran tauuuk 🙁

  233. INFO TERKINI REMUN 20 K/L THN 2012
    KEMENTERIAN KEUANGAN TELAH MENGELUARKAN SRT IJIN PRINSIP TTG PERSETUJUAN REMUN UTK 20 K/L KPD KEMENTERIAN PAN&RB TMT JANUARI 2012 BO!
    ALHMDLH BANGEUD! 😆
    PROGRES SLANJUTNYA DARI SRT PRSETUJUAN PRINSIP KEMENKU..KEMENPAN AKAN MENGIRIMKAN DRAFT PERPRES REMUN KE PRESIDEN DGN LAMPIRAN SRT IJIN PRINSIP TRSBUT..
    SO SABAR YA BRO PERPRESNYA INSYAALLAH AWAL NOVEMBER INI…AAMIIIN!
    SIAP…SIAAAAAP!

  234. wkwkwkw…tambah kacau aja yang komen…wkwkwk…cukup menghibur ati dengan baca komen di atas…lanjut gan…!!!!!!!!!!!!

  235. nih saya lg liburan sama bang setagu, udah saya tanyain nasib remun, ktnya tunggu aja bentar lg kan november, tinggal 4 hari kan???? Jadi sabar ya bpk2 ibu2 kakak2 dan adik2 semua.

  236. saudara saudara, kami sangat mengerti anda sekalian sedang berharap harap cemas akan kejelasan remunerasi 20 kl 2012.. tapi percayalah kami selaku pengurus remun telah bekerja semaksimal mungkin untuk mewujudkannya.
    di forum ini saya ingin informasikan bahwa perpress tk bagi 20 kl sudah terbit. tapi karena suatu dan lain hal tidak dipublikasikan.
    saat ini sedang proses untuk finalisasi pencairan. mudah-mudahan tanggal 17 nopember 2012 kabar baik itu datang.

    1. alhamdulillah…kami semua baru bisa mengamini hal ini pak pengurus remun…
      semoga saja dengan adanya remun ini, kita bisa lebih profesional, bertanggung jawab serta melenyapkan semua bau bau KKN… amin…

  237. Pak pres..tolong sahkan perpresnya pak..
    aku disini adalah hanya seorang PNS biasa.

    setelah dipotong hutang2 ku untuk memenuhi keperluan rumah tanggaku, kami hidup hanya dengan sisa gaji 500 rb saja.
    Memang semua pas-pasan..

    tapi untuk dana kesehatan kami tdk bisa memaksimalkannya, sekarang istriku sakit… kami hanya bisa diam saja dengan mengandalkan antibodi tubuh kami dn obat2an warung.

    tolong pak pres..
    aku bisa dikatakan tergolong PNS cukup loyal, sampai-sampai perjalanan dinaspun jarang aku dapatkan, karena jika aku pergi perjalanan dinas, tidak ada yg menyelesaikan peerjaan kantor yg menjadi tgung jwbku..

    Kalo’ memang tidak cair.. aku hanya berharap pada Sang pemberi rezeki..

    .. setitik ungkapan kejujuran PNS..