Kenaikan Tunjangan Kinerja TNI 2018

Dasar hukum pembayaran kenaikan tunjangan kinerja pegawai di Lingkungan TNI sudah terbit dengan ditandatanganinya Perpres No 102 Tahun 2018. Penetapan Perpres ini sekaligus menjawab berbagai pertanyaan maupun keraguan tentang jadi tidaknya remunerasi TNI naik.

Kenaikan Tunjangan kinerja diberikan terhitung mulai bulan Juli 2018 dengan memperhitungkan capaian kinerja pegawai setiap bulannya. Pemberian tunjangan kinerja ini tidak menghilangkan tunjangan tunjangan lain yang diberikan (on top) seperti tunjangan Babinsa, tunjangan pulau terluar dan lain-lain.

Besaran tunjangan kinerja TNI untuk tiap kelas jabatan 1 s/d 17 sama persis dengan tunjangan kinerja Polri. Hal ini berbeda dengan daftar tunjangan kinerja terdahulu antara TNI dan Polri di mana terdapat perbedaan besarannya meskipun selisih per kelas jabatan tidak terlalu jauh.

Kenaikan Tunjangan Kinerja TNI

Perbedaan lainnya, sekarang Panglima Tentara Nasional Indonesia yang mengepalai dan memimpin Tentara Nasional Indonesia diberikan tunjangan kinerja sebesar 150% dari tunjangan kinerja kelas jabatan 17 di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia dengan besaran Rp 43.627.500. Tunjangan kinerja bagi Panglima Tentara Nasional Indonesia diberikan terhitung mulai bulan Januari 2Ol7.

Baca juga:  Tabel Remunerasi Kemenko Perekonomian

Pada saat Peraturan Presiden ini mulai berlaku, Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2015 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 176) dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Selanjutnya untuk teknis pembayaran menunggu petunjuk teknis dari kementerian Keuang berupa PMK atau SE (Surat Edaran) yang dikeluarkan Ditjen Perbendaharaan sekaligus nantinya update aplikasi GPP gaji.

Tunjangan Kinerja TNI 2018

Download Perpres No 102 Tahun 2018 – Tunjangan Kinerja TNI

https://drive.google.com/file/d/1WsyyVc8yFUMYELN9dWh9wqMwK8tj9g6D/view?usp=sharing

44 thoughts on “Kenaikan Tunjangan Kinerja TNI 2018

    1. Tgl 17 kan baru di turunkan.. Presiden blng nya pekan depan semua hrs sudah beres,,di tgu aj desember ini pasti kluar..yng lain udh pada kluar kmrn semua bertahap tni polri jumlah ny bnyak gk bisa di hitung pake jari

  1. Min kalo tni yg menjelang masa pensiun di bulan september 2018 apa masih dapat rapelan n selisih kenaikan tunkin nggak krn masa berlaku rapel n selisih kenaikan tunkin katanya berlaku mulai juli

    1. Turun atau enggaknya keknya lbh baik diem…drpd memicu kecemburuan instansi lain yg blm dpt tunkin…biar ankum yg berbicara…kita cukup bekerja sesuai tupoksinya msg2….???

      1. Aku tanya tmnku tni udah terima tunkin dan blm naik. Tunkin des jan sdh diterima dgn indeks lama … Hiks jadi sedih … Polri blm terima

  2. Kapan tunkin TNI cairm sampe desemeber akhir thn 2018 tdk ada kejelasan. Pikirr. Jgn politik terus d urusin. Ini anak negara di PHP in smuaa. Kasian bodoh.

    1. ngarep bayaran mulu, kerja nggak becus habis apel sarapan, trus minggat nyampek sore, berulang ulang sampe pensiun ya begini akibatnya.

      1. Betul boss, tapi jangan2 loe sendiri yg kayak gitu, krn gx semua spt itu coba loe tengok di staff ops tiap satuan apalagi di tingkat kotama kerjanya melwbihi waktu sering sampai tengah malam. Lain kali kalau comment dipikir dengan cermat jangan merasa paling bagus. Be smart bro

        1. Tenang bos, saya tidak menjelekkan abdi negara, terutama di staff Ops, jaga perbatasan, di kapal, apalagi yg membangun jalan di Papua, saya yakin mereka bekerja ikhlas, komen buat yg diatas tuh ngatain presiden php, siapapun presidennya bukankah beliau panglima tertinggi?? Emang bagus ya mencela presidennya sendiri seenak jidat. Saya mengamati situs ini sejak 2010 masih http://www.remunerasi.wordpress.com hingga sekarang setagu.net semua artikel A1 dan sumber hukumnya jelas. Dan komentarnya sejak dulu ya banyak yg berisi orang orang yg sebut itu bos bro… maaf kalau bicara saya ngawur, ini buat mereka yg TDK menghargai presidennya sendiri..

      2. Gw di kapal perang unsur patroli, nikah 12 tahun ketemu istri anak klo dihitung hari gak lbh dr 1 tahun..
        Melihat segala sesuatu bukan hanya yg jelek n enaknya. Coba tengok rekan rekan yg dinas di pulau terpencil perbatasan, juga rekan rekan yang di kapal perang..
        Jam kerja lbh dr 24 jam dlm sehari
        #mikir…

      1. Remun november dan desember masih indeks lama…tp rapel selisih kenaikan langsung 6 bulan…dari juli sampai desember…itu infonya yang saya dapat…

          1. Kan tinggal tunggu bulannya bro…desember kan masih bulan depan…dan itupun ada 31 hari…jd harus bersabar…coba deh cari tau info dr mabes bagian perencanaan…semua pengajuan anggaran pasti ada perencanaan dulu

          2. Insyaallah betul kt om Kurniawan…soal udah ada TRnya tertulis spt itu…penerimaan tunkin msh pakai indek yg lama namun selisih kekurangan drapel dr juli – Desember.

          3. Perpres no 120 tgl 14 nov 18 itu kenaikan 4 kememtrian yaitu menperindag,kemetrian perindustrian,kementrian pertanian,kementrian perdagangan,tni-polri termasuk dimana?

          4. Hmmmmmmm mbak tu dah baca belom to sblm comment? Wong jelas2 perpres nmr 102 th 2018 tk TNI…minum air putih dl sanaaaaa…repot kl jd gurunya ini nih.

  3. Kami PNS yg didaerah ko beda perhitungannya ya? Tidak ada tunjangan kinerja atau apapun seperti PNS pusat? Apakah kami berbeda????

    1. Mengacu pada otonomi daerah kan mbak…jd tunkin msg2 pns daerah beda2 bahkan ada yg tdk mendapatkan tunkin…tergantung ada tidaknya n besar kecilnya pendapatan daerah msg2…ky Jakarta tunkin PNSnya malah berlipet2 tu….

      1. Perpres no 120 tgl 14 nov 18 itu kenaikan 4 kememtrian yaitu menperindag,kemetrian perindustrian,kementrian pertanian,kementrian perdagangan,tni-polri termasuk dimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.