Indeks Negara Gagal 2012

Dalam Index Negara Gagal (Failed State Index (FSI) 2012 yang dipublikasikan organisasi Fund for Peace , Indonesia menduduki peringkat ke-63 dari 178 negara, turun satu peringkat dari tahun lalu. Semakin kecil peringkat negara di indeks tersebut berarti negara itu dalam perjalanan menjadi negara gagal. Dalam kategori tersebut, Indonesia masuk kategori negara-negara yang dalam bahaya (in danger) menuju negara gagal.

Indeks ini dilakukan kepada 178 negara menggunakan 12 indikator tekanan sosial, ekonomi, dan politik pada negara. Selain itu, Fund for Peace juga menggunakan lebih dari 100 subindikator termasuk isu-isu seperti legitimasi negara, pembangunan tidak merata, , protes kelompok masyarakat, dan penegakan hak asasi manusia.

Sementara di bidang layanan publik, Fund for Peace mencatat ada kemajuan di Indonesia meski tetap saja dinilai lemah dengan peringkat 75. Skor indeks pelayanan pubik tahun 2012 mencapai 6,2 turun dibanding tahun lalu dengan nilai 6.3 (berarti ada peningkatan layanan).

Dibandingkan negara tetangga, Indonesia masih jauh tertinggal. Singapura berada di posisi 157 dengan skor 35,6. Malaysia di peringkat 110, dan Thailand peringkat 84 dengan skor 77.

Baca juga:  Dampak Penghematan Anggaran K/L 2014

Dalam indeks ini, negara paling gagal dan berada di peringkat pertama adalah Somalia. Sementara Finlandia berada di posisi paling stabil dan bagus. Selain Finlandia, Swiss dan Denmark juga dikategorikan negara terstabil.

 

 

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Share
Share