Gaji Pokok PNS 2011

Kenaikan gaji PNS sebesar 10 % pada tahun 2011 sebentar lagi akan diterima. Pemerintah sudah mengeluarkan PP No. 11 Tahun 2011 tanggal 16 Februari 2011 tentang Perubahan Ketigabelas atas PP N0. 7 Th 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil. Dalam PP ini pemberlakuan TMT-nya per 1 Januari 2011, artinya akumulasi gaji dari Januari akan di rapel. Selanjutnya Dirjen Perbendaharaan akan mengeluarkan Surat Edaran (SE) sebagai pertunjuk teknis pembayarannya.

Update 16/3. Dirjen Perbendaharaan sudah menerbitkan SE/09/PB/2011 sebagai juknis pembayarannya.

Berikut Daftar Gaji Pokok PNS 2011

Golongan I dan II

Gol III dan IV

Baca juga:  Tunjangan Beras PNS Naik Menjadi Rp 7.242 per Kg

145 thoughts on “Gaji Pokok PNS 2011

  1. masa pegawai PNS di bagian TU kaga bisa bikinin daftar kenaikan pangkat ataupun KGB sie
    payah 😳

  2. Klu bkn PNS jgn asal ngomong doang, PNS ga ada yg kena pajak, klu u PNS pelajari de daftar gaji yg sllu u tanda tangani daftarnya biar tau….Dasar

  3. guru itu liburnya banyak..tapi di rumah selalu punya PR (perencanaan belajar 1 minggu ke depan, koreksian, bikin media pembelajaran). Klo gak tau soal guru, jgn ngomong…salah sendiri gak mau jadi guru

  4. bagaimana para pns, apa sudah menerima gaji baru?….selamat semoga menambah kinerja kita, salam πŸ˜†

    1. Aku guru… isteriku ibu rumah tangga… aku tinggal di kota… sampai sekerang naik bis kota……….. hahahha

  5. eh,sa mo numpang tanya ya..saya pns di kemenkumham gol 3b,gaji pokok 1.861.800,ms kerja 2 thn..waktu kenaikan gaji yg 10% thn ini ko sy cm naik sktr 150 rban..itu gmn crtx??tmn2 sy dr upt2 lain jg kenaikanx beda2..ada yg naik sktr 150 rban ada jg yg 170 rban..mhn infox klo ada yg tau..tq

  6. Aq heran ma guru,dulu sih emg pahlawan tanpa tanda jasa,bekerja 1/2 hari,libur ngikutin kalender n kurikulum skolah,skrg koq kya gak ada puasnya,dh gajinya gede sendiri lbh gde di banding polri yg kerja gk kenal wktu,malem kerja jaga smentara yg lain tdur.klo kurang maunya demo aja ngorbanin anak didik..oalah manusia gak ada puasnya,gk ada yg skrg guru kerja pke nurani,yg penting fulus aja..murid gk pinter2 tetep aja goblok.

  7. “Barang siapa bersyukur niscaya ni’mat bertambah dan barang siapa tidak bersyukur, Ingatlah sesungguhnya azab Allah amatlah pedih”

  8. PNS patut memanjatkan puji syukur pada Tuhan, karena negri kita masih banyak rakyat kecil yang harus diperhatikan Pemerintah, namum PNS diberi tambahan gaji walau terasa kurang, tapi sebagai PNS saya sangat bersyukur… amin

  9. Alhamdulillah semoga gaji ini menjadi gaji yang halal oh iya para pns kerja yang baik ya and jauhi korupsi oke

  10. PNS oh PNS OD …semua orang melupakanmu,padahal pembangunan nasional yag berorientasi kerakyatan (button up) tak lepas dari hasil kerja kerasmu..ketika semua instansi menikmati remunerasi kamu berhutang tuk mencukupi kebutuhan anakmu …golongan III hanya dapat 2 jt perbulan…kasian oh kasian (PNS lombok Barat)

    1. numpang komen gan, keetika PNS yang fungsional bisa menikmati remon dan Sertifikasi lalu yang struktural dapat apa????Pemerintah lupa kali yach….. πŸ™

  11. mo naik, mo gak yang namanya PNS tetap ngerasa susah mulu…. yg jelas SK, pada sekolah di BANK gak lulus2
    ….tapi mobil ganti – ganti terus…. hmmm,… mana tau yang bener…’

  12. 1. Mohon kepada para PNS, jangan bicarain ttg gaji dan kenaikan gaji kalian di hadapan kami para rakyat biasa yang ga dapat apa-apa, itu hanya menyakiti hati kami. Nikmati dan sukuri aja….diam lebih baik.
    2. Kepada Pemerintah, mohon jangan hanya pns saja yang diperhatikan, mereka sudah sejahtera, tolong perhatikan yang lain juga yang lebih perlu di beri perhatian, (honorer, karyawan swasta, buruh, kuli, rakyat miskin, anak yatim, dan banyak lagi yang lebih perlu diperhatikan)

  13. Persiapan hati sabar ndak nerima penuh dah biasa kalo ngerapel dipotong “SUKARELA TERPAKSA”….induk semang yg moto duiten….Dasar!!!

  14. Saudara2 ku sekalian sebangsa setanah air,apapun kebijakan pemerintah ttg kenaikan gaji 10% ke atau 15% ke diterima saja…disyukuri,dinikmati aja utk kesejahtraan keluarga anak, bini…yang penting anak2 kita bs sekolah….lbh tgg dari kita,,,,

  15. berapapun kenaiakan gaji PNS 10 % ,15 % bahkan 100%pun ,sbg manuasia ngak akan puas.
    syukuri yang ada.terima sj.yang penting negara aman dan rakyat sejahtera.

  16. bung Setagu mau nanya nich, kalau membaca berita di Kompas.Com tanggal 23 Maret 2011 disebutkan bahwa gaji pns akan naik 15% terhitung mulai 01 Januari 2011, tapi setelah saya membaca PP 11 Tahun 2011 dan lampirannya, kenaikan adalah 10 %. Gimana yang benar ini??? atau cara ngitung kenaikannya gimana?? hingga disebutkan kenaikan 15%. Mohon penjelasan

  17. Setuju sama yang usul tunjangan istri dinaikkan menjadi 50 %, tunj anak 25% dari gaji pokok. Karena yg sekarang kecil sekali tidak layak…

  18. komentar tom-tom itu ada benernya (kalo dia yang jadi PNS, komentar koq ga pake mikir. didengkul ya otaknya?

  19. makasih infonya gan….tp sering tunjangan2 yg lain terlambat sampeinya…mungkin dananya di karyakan/deposito di bank dulu sama oknum diknas dengan alasan dana belum cair….

  20. Mau gaji PNS besar? tengoklah kasus Rusia, mem-PHK 5000-an PNS (pensiun dini).
    Kalau Pemerintah bisa mengoptimalkan beberapa job ke dalam 1 bagian yang mirip, kemungkinan take home pay PNS kita akan naik 3 kali lipat. Bagaimanapun, PNS adalah intelektual yang terpilih (menurut Teori). Pensiun dini-kan yang kurang produktif, supaya mereka bisa cari kerjaan di swasta ataupun sebagai Konsultan. Betul? πŸ™‚

    1. Untuk saat ini kayanya usulan anda belum bisa direalisasikan, karena mau bagaimana para pejabat negara kita memPENSIUN MUDAkan PNS yang tidak produktif sementara mereka sendiri banyak yang TERMASUK kategori tersebut koq……. wkakakakakakak………..

  21. remunerasi harus dirata baik pusat, departemen, tni polri, daerah….
    skalian jebol tu APBN
    gak usah banyakin pns
    yg penting kerjaan beres..
    daripada PNS cuma baca koran nongkrong
    ambil sogokan pengadaan….

  22. alhamdulillah walaupun bagaimana harus kita syukuri, memang penghasilan setiap PNS beda untuk setiap instansi sebagaimana di pemda Provinsi Bengkulu di sekretariat Pemda beda penghasilan dengan di Badan atau dinas. itulah sanak pejabat biasanya enggak mau di tempatkan di Badan atau dinas yang kurang lokaknya.

  23. @mas budi : kalo ABRI mah gak dpt remunerasi coz skrg udah bubar bego.. Kalo polisi disorot emang sejak doe loe kaleee… bener disorot apalagi salah… Kalo tni dpt remun berani nyorot apa pingin benjut sampean sama yg cepak2.. Coz mrk kerja kan bengong2 sambil nyambutin rumput jadi ya aman2 saja.

    1. bung rafi, itu untuk penghasilan diluar gaji pokok dan tunjangan tetap, misal honorarium kegiatan, uang makan, dll….

  24. Biasa aja ,,,pendapatan selalu berbanding lurus dengan kebutuhan, semakin tinggi pendapatan semakin tinggi pula kebutuhan dan keinginan…So,, still Qonaah

  25. syukur alhamdulillah dgn kenaikan 10% gaji PNS ini klu dibanding dgn kenaikan harga tak sebanding saran saya kalau memang thn-thn berikutnya klu mau dinaikkan jgn di gemborkan biasa aja toh cuma keluarga PNS aja yg tau kan dan yg menikmati

  26. Gaji naek… itu u/ menyesuaikan biar ga terlalu tenggelam. remunerasi berjalan lambat coz gi pada sibuk cri slamat. Kinerja buruk C/PNS adalah warisan masa lalu, n skrang dah mo mulai d awali lagi dg tidak transparannya rekrutmen. Hasil nya bisa ditebak bahwa next 10 tahun lg pemerintah akan mengalami lack of quality seperti yg terjadi pada 2008 (pengangkatan 2005,2006). Pada akhirnya CPNS yang sebelumnya bekerja maksimal akan menurun kinerjanya karena tingginya beban tugas tidak diiringi pemasukan yang mumpuni. EX : menurunnya kinerja saya saat ini dikarenakan penyesuaian dengan penerimaan. Tidak ada lagi pulang terlambat u/ menyelesaikan tugas, coz tidak ada feed back yang berarti dari instansi. πŸ˜€ …
    Akhir Kata ….selamat menikmati kenaikan/ penyesuaian gaji, semoga harapan tetap melambung hingga mampu mengerek semangat bekerja πŸ™‚ Salam

  27. ya…disyukuri sajalah… walaupun cuma 10 %.Barang siapa yang mensyukuri setiap nikmat-Nya, niscaya Allah akan menambahkan nikmat-Nya lebih banyak lagi.Amin…
    Mungkin dari rizki yang lainya…

  28. kalau yang dapat “TAMBAHAN GAJI” itu PNS kok yang nyoroti buuuuuanyak ya gan? apalagi kalau “GURU” dapat sertifikasi??????????? sing gak rela kalau pendapatan guru naik kayaknya sak dunia deh…., tapi coba liat “remunerasi” dari departemen lain??????? gak ada sing wani ngomong????? hayo …….!!!!!!!!! siapa yang brani nyorotin “REMUNERASI”nya ABRI AMA POLISI???????

    1. Betul Bos, Bodonya yg punya konsep sertifikasi guru/dosen knp nggak ngonsep remunerasi aja utk guru/dosen, sertifikasi dibuang jauh2 tuh… ndak nalar !!!

    2. Bos Bud….Gimana kalo PNS yg lain nggak remunerasi tapi pakai sertifikasi, ijasah mesthi S1 puyeng nggak ya… kwk…kwk…kwk….

  29. Kapan ada pemimpin yg brani menaikkan tunjangan istri jd mpe 50 % n tunjangan anak jd mpe 25 % dr gaji pokok. Ini br pemimpin yg ngerti kebthn rakyat. Ga cm ICRAT-ICRIT gn malah bikin inflasi

  30. bukti bahwa pemerintahan sby belum maksimal berpihak kepda rakyat….bgamn mau serius mengurangi korupsi pns nakal

  31. ya.syukurlah. temen tak usah iri sama PNS jadilah PNS, semua ada yang ngatur. ka;lau iri sama TNI jadilah TNI, kalau iri sama anggota DPR jadilah anggota dewan.

  32. Yang paling penting kita melaksanakan tupoksi dengan baik dan terus berdoa semoga Pemerintah setahap demi setahap mampu mensejahterakan PNS Amiiin…

  33. Syukuap Allhamdullillah…. pada Allah setahap demi setahap Pemerintah telah mulai mensejahterakan PNS walau belum maksimal dengan demikian semoga PNS dapat menjalankan tugasnya dengan baik

  34. Besar atau kecil atau apapun namanya ..mari kita syukuri, karena kalau kita mensyukuri nikmat Allah niscaya Allah akan menambah nikmatnya, mari kita hargai itikad baik pemerintah

  35. Setelah
    MENIMBANG
    kemudian
    MEMPERHATIKAN
    dan selanjutnya
    MEMUTUSKAN

    bahwa yang namanya KENAIKAN GAJI PNS pada dasarnya tidak pernah terjadi. Yang ada PENYESUAIAN HARGA, gaji disesuaikan dengan harga barang.

    Betul gak saudara2?

    Ini hanya akal-akalan penguasa, agar rakyat tetap memilhnya dalam pemilhan.

    Dan kita sebagai bangsa yg biasa di nina bobokkan akhirnya terbuai.

    Nasib…nasib…

  36. Setelah
    MENIMBANG
    kemudian
    MEMPERHATIKAN
    dan selanjutnya
    MEMUTUSKAN

    bahwa yang namanya KENAIKAN GAJI PNS pada dasarnya tidak pernah terjadi. Yang ada PENYESUAIAN HARGA, gaji disesuaikan dengan harga barang.

    Betul gak saudara2?

  37. ribut kok mslh gaji naik 10% po tunjangan naik….mikir ku…pie iso cukup 1 bulan n iso nabung…piro2 lah penting dadi daging…kakean coment disodori berkas2 yo podo rak mudeng….wes otak udang semua.hohoho

  38. yang penting kita bisa mensyukuri rezeki yang ada tetapi jangan sampai melihat yang di atas atau yang lebih kaya maka diri kita akan merasa kurang atas rezeki yang kita punya.

  39. Tetep aja kecil ya… kasihan pns yang kerjanya bener2 untuk masyarakat, kalau yang cuma duduk ongkang2 di kantor aja sih dah sukur naek segitu πŸ™‚ –pendapat saya aja lho ini

  40. hmmm Gaji naik.harga barang juga naik..Jadi lebih baik pemerintah turunkan harga drpd gaji yg naik coz brg pun ikut naik

  41. semua sudah ada rejekinya, tinggal bagaimana usaha kita menjemputnya, tentu dengan cara yg baik agar barokah πŸ™‚
    selamat buat teman2 pns yg mengalami kenaikan gaji, smoga menular kepada kita semua πŸ˜€

  42. smua punya hayalan….tapi hayalan tipe berapa ??????bukan berarti tak mensyukuri tp klo gaji naik 10 % dan inflasi lebih besar,apalah arttinya bro,,,,,sama jg bohong !!

    1. udah tradisi bossss….lo motong cepat tanggap tp lo ksh kelebihan tao bonus entar dlu…..mikir sribu kali !!!!!beginilah birokrasi Qta….

    2. Potongan apaan? kalo honor2 kan sekarang cuma 5%, kalo gaji kan pajaknya dibayarin ama negara. gak pernah lihat daftar gaji ya? Kita tuh cuma kena IWP 10%, tu juga cuma di gaji pokok + tunjangan anak istri, yg lain gak kena. Lg an IWP kan sebagian tuk pensiun kita. Kalo taperum kan ntar bisa balik lg.

    3. gaji PNS dipotong 15% PPN gundulmu. pajak dari gaji pokok PNS kan semuanya ditanggung pemerintah. Itulah enaknya PNS, cukup nafas aja udah di gaji

  43. mau cpns ataupun pns … Smuanya nerima ….. Jd jgn kuatir …
    Yg ptg bgmn kelanjutan remun kemenkumham … Udh sampai mana?
    ms setagu cari tau donk …..
    Thank’s!

  44. Rajin bgt nge-blog yg beginian. Gw jg, iseng amat mampir ke mari, he3…. Udah, gak usah mikirin gaji, kerja aja yg baik trus minta yg banyak sama Allah. Percuma minta sm negara, lha negara jg demen ma duit. Rejeki gak cm gaji bro!!

  45. Gaji PNS sangat relatif karena setiap instansi berbeda-beda tunjangannya, bayangkan sob…jadi PNS security di Lingkungan Kerja DPR / MPR RI Senayan, baru jadi CPNS 1,5 Tahun sudah bisa kasbon 170 Juta WOW..ini Nyata ane gak bohong Bayangken..!!! coba bandingkan dng yg sudah jd PNS di Instansi Lain…!!! inilah realita yang ada….www.ahmadriyadhmz.wordpress.com

    1. Kalau kata spesifik 10% memang tidak ada, tapi ada pasal perubahan lampiran-nya. Lampiran yang berupa Daftar Gaji Pokok naik 10 % dari tahun sebelumnya.

  46. jadi kapan nich mulai terima? Slx gj bln mart ini msh ttp aja.nkx kcl sich,pa lg u/ biaya idup di papau khususx…tp y,lumyn dan hrs di sukuri.,

      1. inflasi setaun itu cuma 6-7%
        inflasi itu bukan kenaikan harga bung!
        inflasi itu jumlah pertambahan uang yang beredar di masyarakat.
        sedang kenaikan harga itu merupakan dampak dari inflasi. emang sih, dampak kenaikan harga dari tahun ke taun lbh gede dari tingkat inflasi,,
        harus bisa membedakan antara inflasi dengan kenaikan harga

      2. setau saya sih menikah sekantor gpp, cuma kalo menikah sesama pns itu yang boleh menerima tunjangan istri/suami dan tunjangan anak itu hanya salah satu, yang lainnya dianggap single. jadi misalnya sang suami yang ditetapkan menerima tunjangan istri dan anak maka istrinya tidak boleh menerima tunjangan suami daan anak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.