Gaji Pokok PNS 2010

Berdasarkan Surat Edaran Dirjrn Perbendaharaan No. SE/ : 06/PB/2010 tanggal 18 Maret 2010 tentang penyesuaian Besaran Gaji Pokok PNS, anggota TNI dan Polri. Seperti diketahui gaji pokok PNS, TNI/Polri tahun 2010 naik 5 % dari tahun sebelumnya (2009), pemberlakuannya mulai Januari 2010. Dengan adanya surat edaran ini berarti maksimal bulan Mei sudah menerima struktur gaji yang baru dan rapelan dari bulan Januari 2010.

Berikut tabel Gaji Pokok PNS 2010 :

GOLONGAN I
MKG A B C D
1.095.000
1
2 1.121.900
3 1.183.700 1.233.800 1.286.000
4 1.149.400
5 1.212.800 1.264.100 1.317.500
6 1.177.700
7 1.242.600 1.295.100 1.349.900
8 1.206.600
9 1.273.100 1.326.900 1.383.000
10 1.236.200
11 1.304.300 1.359.500 1.417.000
12 1.266.600
13 1.336.300 1.392.900 1.451.800
14 1.297.700
15 1.369.100 1.427.100 1.487.400
16 1.329.500
17 1.402.800 1.462.100 1.523.900
18 1.362.200
19 1.437.200 1.498.000 1.561.400
20 1.395.600
21 1.472.500 1.534.800 1.599.700
22 1.429.900
23 1.508.600 1.572.500 1.639.000
24 1.465.000
25 1.545.700 1.611.100 1.679.200
26 1.500.900
27 1.583.600 1.650.600 1.720.400

MKG GOLONGAN II
A B C D
1.390.100
1 1.407.200
2
3 1.441.800 1.502.700 1.566.300 1.632.600
4
5 1.477.100 1.539.600 1.604.800 1.672.600
6
7 1.513.400 1.577.400 1.644.200 1.713.700
8
9 1.550.600 1.616.200 1.684.500 1.755.800
10
11 1.588.600 1.655.800 1.725.900 1.798.900
12
13 1.627.600 1.696.500 1.768.300 1.843.100
14
15 1.667.600 1.738.100 1.811.700 1.888.300
16
17 1.708.600 1.780.800 1.856.200 1.934.700
18
19 1.750.500 1.824.500 1.901.700 1.982.200
20
21 1.793.500 1.869.300 1.948.400 2.030.800
22
23 1.837.500 1.915.200 1.996.300 2.080.700
24
25 1.882.600 1.962.300 2.045.300 2.131.800
26
27 1.928.800 2.010.400 2.095.500 2.184.100
28
29 1.976.200 2.059.800 2.146.900 2.237.700
30
31 2.024.700 2.110.400 2.199.600 2.292.700
32
33 2.074.400 2.162.200 2.253.600 2.349.000
Baca juga:  SE Pelaksanaan Pembayaran Tunjangan Jabatan Auditor, Analis Hasil Pasar Pertanian, Pamong Belajar dan Penilik
MKG GOLONGAN III
A
A C
D
1.743.400 1.817.100 1.894.000 1.974.100
1
2 1.786.200 1.861.800 1.940.500 2.022.600
3
4 1.830.100 1.907.500 1.988.100 2.072.200
5
6 1.875.000 1.954.300 2.037.000 2.123.100
7
8 1.921.000 2.002.300 2.087.000 2.175.300
9
10 1.968.200 2.051.400 2.138.200 2.228.700
11
12 2.016.500 2.101.500 2.190.700 2.283.400
13
14 2.066.000 2.153.400 2.244.500 2.339.400
15
16 2.116.700 2.206.300 2.299.600 2.396.900
17
18 2.168.700 2.260.400 2.356.100 2.455.700
19
20 2.222.000 2.315.900 2.413.900 2.516.000
21
22 2.276.500 2.372.800 2.473.200 2.577.800
23
24 2.332.400 2.431.100 2.533.900 2.641.100
25
26 2.389.700 2.490.700 2.596.100 2.705.900
27
28 2.448.300 2.551.900 2.659.800 2.772.400
29
30 2.508.400 2.614.600 2.725.200 2.840.400
31
32 2.570.000 2.678.700 2.792.100 2.910.200
MKG GOLONGAN IV
A B C D E
2.057.600 2.144.700 2.235.400 2.329.900 2.428.500
1
2 2.108.100 2.197.300 2.290.300 2.387.100 2.488.100
3
4 2.159.900 2.251.300 2.346.500 2.445.800 2.549.200
5
6 2.212.900 2.306.500 2.404.100 2.505.800 2.611.800
7
8 2.267.300 2.363.200 2.463.100 2.567.300 2.675.900
9
10 2.322.900 2.421.200 2.523.600 2.630.400 2.741.600
11
12 2.380.000 2.480.600 2.585.600 2.694.900 2.808.900
13
14 2.438.400 2.541.500 2.649.000 2.761.100 2.877.900
15
16 2.498.300 2.630.900 2.714.100 2.828.900 2.948.600
17
18 2.559.600 2.667.900 2.780.700 2.898.300 3.020.900
19
20 2.622.400 2.733.400 2.849.000 2.969.500 3.095.100
21
22 2.686.800 2.800.500 2.918.900 3.042.400 3.171.100
23
24 2.752.800 2.869.200 2.990.600 3.117.100 3.249.000
25
26 2.820.400 2.939.700 3.064.000 3.193.600 3.328.700
27
28 2.889.600 3.011.900 3.139.300 3.272.100 3.410.500
29
30 2.960.600 3.085.800 3.216.300 3.352.400 3.494.200
31
32 3.033.300 3.161.600 3.295.300 3.434.700 3.580.000
Baca juga:  PP Kenaikan Pokok Pensiun PNS dan Purnawirawan TNI/Polri 2019

151 thoughts on “Gaji Pokok PNS 2010

  1. adakah yang tersentuh dengan gaji para guru swasta di kota bogor yang sugguh tidak layak? dibawah UMR, dibawah tukang satpam.. padahal mereka itu Sarjana… namun yayasan yang mengerjakannya tidak punya kebijakan memberi gaji sesuai UMR.. sungguh keterlaluan…berapa satu jam mereka dibayar, sistem penggajiannya hanya dibayr seminggu tetapi bekerja sebulan… aneh kan… nampaknya perlu evaluasi dan perlu dianalisa kondisi gaji atau upah para guru swasta di kota bogor.. itulah para PR pejabat terutama anggota DPR yang hanya ongkang-ongkang kaki duduk manis dapat gaji ratusan juta… namun guru yang bekrja secara tulus dan iklas hanya diberi upah 600ribu… ADAKAH HATI PARA PEJABAT TERSENTUH DENGAN HAL ITU? jangan melihat akan ada sertifikasi namun tidak semua guru mendapatkannya… bapak presiden memang tidak pernah mndengarkan hal itukarena bisikan nya hanya yang manisnya saja… tolong cek bapak pejabat ke setiap sekolah smk, sma, smp di daerah kotmadya bogor…

  2. Sebetulnya intinya kan bagaimana jasa itu dihargai setara dengan manfaat yang diberikan, jadi bikin aja sistem negara butuh output apa ? kriterianya bagaimana ? kapan mesti tersedia ? butuh enggak jaminan output tersebut ? nah dilelangkan saja ke masyarakat profesi terkait (profesional team work), masing2 team work diuji oleh tim penguji idependen yang profesional, nah hasilnya itu baru dipakai pemerintah untuk menghasilkan output…….rasanya enggak perlu pegawai negeri lagi…..penting harganya berapa dapat apa ? jaminannya apa ? gitu aja kok dibuat repor

  3. Jiah pada perang Coment aje PNS Negara ini …
    kalau merasa Bagus dalam bekerja tch ga usah di bahas …
    tapi yang harus bahkan Wajib adalah kenaikan Gaji GURU …
    Tanpa GURU kalian tch ga ada apa-apanya Bro …

    PRESIDEN,,PEJABAT NEGARA,,HAKIM dsb…
    ga bakal punya ‘Ilmu kalau ga ada GURU …

    So yg Wajib diperhatikan adalah GURU …
    jangan jadi Umar Bakri dunk !!!

  4. jadi pns harus prihatin.. banyak2 sabar.. bekerja saja yang benar,, ga usah ikut2an korupsi.. jangan ikut2an pinjam nama/sppd fiktif.. hehe..
    insya Allah berkah.. amin…

  5. mohon pengertian semuanya, saya istri dari suami PNS gol. III. A. PNS itu terukur hidupnya kalau mau beli rumah harus gadai SK, kalau tiba2 dapat musibah gadaikan SK. sebaliknya kalau PNS yang bisa bangun rumah dengan mudah, beli mobil dicurigai korupsi. kalau dicermati baik-baik bagaimana peningnya istri membagi sisa gaji suami. kenapa harus gadaikan SK sebab kalau tidak gadai SK tidak akan punya apa-apa. bayangan saja hidup di kota bayar anak sekolah, istrik, kebutuhan makan dan sebagainya dengan gaji Rp 2.500.000,- apa cukup ? apalagi ini sisa gaji. mungkin saudara masih belum yakin kebanyakan dari kami sebetulnya hanya nampak bagus dari luar terutama status sosial padahal terkadang kami harus saling menguatkan satu sama lain disaat-saat kami baru beli rumah. percayalah bukannya saya membela diri karena suami saya PNS, apalagi ada kalimat “tau gitu kok mau …”terus kami harus bagaimana ? ini Indonesia tidak mudah mendapatkan pekerjaan. sekali lagi kami tegaskan kami tetap bersyukur hanya saja melalui tulisan ini saya hanya menyampaikan keadaan yang sebanarnya dan bukan klarifikasi.

  6. saya PNS pada ditjen bea dan cukai, kementerian keuangan, dg golongan II a.setelah membaca komentar2 saudara sekalian, ada beberapa hal yg ingin saya sampaikan:

    1. gaji pokok PNS tidak perlu naik setiap tahun. menurut saya yg perlu diubah adalah komposisi gaji tersebut, saran saya adalah perubahan untuk tunjangan istri (10%) dan tunjangan anak (2%). logikanya, apabila gaji pokok kita (misal) 2.000.000, memiliki istri dg tunjangan 200.000 (10% x 2.000.000) serta 2 anak dg tunjangan 80.000(2 x (2% x 2.000.000)), apakah wajar tambahan penghasilan setelah kelahiran 2 anak hanya 80.000 (sebelum ditambah dengan tunjangan beras yg besarnya dbawah 50.000/jiwa) ?

    2. tujuan remunerasi adalah menghilangkan aneka-ragam tambahan penghasilan berkedok tunjangan yg kadang tidak relevan dg tugas pokok dan fungsi si penerima.
    di lingkungan kementerian keuangan sendiri, pemberian remunerasi tidak disamaratakan, tetapi sesuai dengan peringkat jabatan berdasarkan bobot dan tanggung jawab masing2 pegawai. jadi pegawai dg golongan yg sama belum tentu memiliki peringkat jabatan yg sama (akibatnya golongan yg sama pun remunerasinya berbeda). peringkat jabatan ini dievaluasi setiap 6 bulan dan keputusan kenaikan/penurunan ditetapkan dalam sidang pd tingkat eselon II yg dilaksanakan setiap tahun. hal ini lah yg diharapkan menghilangkan anggapan bahwa PNS itu PGPS –maaf– Pintar Goblok Penghasilan Sama.

    3. konsekuensi dr remunerasi tersebut, kementerian keuangan menerapkan sistem absensi berbasis mesin dengan jam kerja mulai pukul 07.30 – 17.00. setiap keterlambatan, walaupun hanya 1 menit, akan diberikan potongan tehadap tunjangan kinerja tersebut. selain itu, jumlahnya akan diakumulasi, apabila dalam satu bulan potongan absensi mencapai belasan/puluhan persen akan diberikan peringatan tertulis (plus pemotongan tunjangan di bulan berikutnya mulai dari 15%-25%). setiap tahun, akumulasi per bulan tersebut menjadi salah satu dasar pertimbangan dalam sidang kenaikan/penurunan peringkat jabatan. jadi bisa saja pegawai mengalamai penurunan peringkat jabatan gara2 sering terlambat masuk kantor.

    4. kalau saudara mengatakan kami arogan, perlu saya berikan contoh di ditjen bea dan cukai. di pangkalan sarana operasi kami, para ABK biasa berlayar untuk patroli antarpulau hingga berminggu2 TANPA mendapatkan SPPD (Surat Perintah Perjalanan Dinas) yang besar pembayaran antarkotanya berkisar 300-450rb dan TANPA mendapatkan uang makan PNS (karena tidak berada di kantor) yang besarnya 20.000/hari. sebagai gantinya hanya diberikan dana –mohon maaf saya lupa– sebesar 2.000/hari plus risiko gesekan2 di laut lepas, terkadang dg bonus tembakan lawan atau badai. dg beban kerja seperti ini, apakah kami sepenuhnya dapat dikatakan arogan?

    mohon tanggapannya..

    1. yang arogan itu orang yang sirik akan kenaikan gaji PNS….
      kenapa sih orang naik gaji dijadikan permasalahan rumit…
      kalo mau ya jadi PNS juga donk. ikut tes kalo lulus ya sukur,
      kalo ngak yaa……. emnang dasar goblok..

  7. kerja optimal just 3 jam??, hmmm.
    masukin koran ahhh.
    kerjana main game??, hmmm.
    masukin koran jg ahh.
    di terima PNS karena nyogok dengan sejumlah uang??, hmmm.
    masukin koran lg lg ahhh.
    honorer pengajar bermodal surat keterangan kuliah??, hmmmm.

  8. emang bener,,, kalo gaji pns goolongan kecil juga naik, pasti sejah tera,,,,,, lah wong melihat kenyataan,,,, SK nya di bank kohhh paada kerja nya di sekohan,,,, apa coba penyebabnya,,,, >>>>>???

  9. YA SYUKURI AJA MAS?MBAK WONG KITA DI GAJI SEUMUR HIDUP,TENANG TENANG AJA YANG PENTIN HALAL,BAHAGIA DAN SELAMAT DUNIA DAN AKHIRAT

  10. menurut saya, gaji yg di berikan pemerintah tidak sebanding dengan tuntutan kinerja PNS yg semaksimal mungkin, dan mirisnya ada juga PNS yang di gaji Hampir 4 Jutaan keatas tetapi tidak berkerja dengan sebaik2 nya. seharusnya pemerintah mengaji PNS sesuai dengan Ke Profesionalan kerja na.
    sebagai contoh PNS Guru, Perawat, Dokter, TNI & Polri. mereka Tulang Punggung bagi kemajuan bangsa yang harus di perhatikan. yang sebaiknya di berikan gaji plus tunjangan 2x lipat dari gaji pokok, asal kan mereka berkerja secara profesional. dan penaikan tunjangan itu dilakukan dengan cara merata dan otomatis………………..

  11. Jika gaji PNS dikaitkan dengan jam kerja efektif, maka hasilnya adalah gaji tersebut sudah cukup besar. Katakanlah jam kerja efektif 3 jam sehari dengan 22 hari kerja, artinya ada 66 jam kerja sebulan dengan gaji misalnya 1.200.000. Itu artinya kurang lebih Rp 18.000 per jam. Lumayan kan ? Akan tetapi, kebanyakan orang selalu mengaitkan antara kebutuhan hidup dengan gaji yang diterima.Sementara di sisi lain, pemberi kerja pasti mengaitkan antara pekerjaan yang dibebankan dengan hasil kerja atau kecakapan. Kemudian, jika dikaitkan dengan harga kebutuhan pokok sehari-hari seperti sembako, katakanlah beras, maka petani tentu saja tidak ingin harga berasnya murah. Maka, untuk sementara, jika ingin naik gaji, kerjalah yang rajin……

  12. gaji pns sangat memprihatinkan buat kebutuhan hidup saja tidak cukup di jaman yg serba mahal sekarang seharusnya DPR/Pemerintah buka mata dan buka telinga jgn diam saja dong, buruknya kinerja PNS akibat gaji yang tidak layak diterima dan pembayaran gaji dll selalu terlambat bahkan di tahan tahan di pemda2 , korupsi terjadi dilingkungan PNS akibat gaji mareka terlalu rendah dibandingkan dengan POLRI/TNI dan instansi PNS kejaksaan, ini sungguh pemerintah memperlakukan PNS tidak adil, sudah banyak jasa2 PNS untuk bangsa ini tapi kenapa PNS diperlakukan seperti anak tiri sungguh sangat tidak masuk akal dan tidak wajar,padahal pemasukan untuk devisa anggaran negara cukup banyak bahkan lebih, Negara RI sanggup kok kalau membayar gaji PNS per bulan minimal golongan terrendah 4 juta per individu tapi kenyataannya uang negara banyak dikorupsi oleh petinggi petinggi Negeri ini, sudah sangat pantas hukuman mati untuk koruptor biar mampus semua koruptor di instistusi pemerintahan yang paling berbahaya hukum yg tidak jelas di negeri ini, kalau kondisi seperti ini sampai kiamat pun tidak akan maju, berkembang negeri ini

  13. REMUNERASI
    MAJU TERUS PANTANG MUNDUR BUAT NEGARA KU INDONESIA.
    BERBAKTI UNTUK NEGARA JANGAN TANYA APA YANG SUDAH DIBERIKAN NEGARA KEPADAMU.
    PENGABDIAN TERBAIK LAKUKAN UNTUK MENUJU INDONESIA YANG LEBIH BAIK

    STAFF
    KANTOR PELABUHAN LEIDONG

    DOAND BERNARD PARDEDE

  14. REMUNERASI? gak rata mending diperbaiki aja dulu pelayanan dan infrastukturnya..Birokrasi gak usah belibet, yang transparan
    yang kesejahteraannya diperhatikan cuma tertentu padahal semua kan juga penting. yang dianggap penting hanya salah satu saja negara juga gak jalan.
    jadi mending perlakukan semua sama kan sama2 abdi negara, pelayanan masyarakat juga lebih ditingkatkan dan cepat gak rumit dan luamaaaaa

  15. Saya membenarkan kalau PNS itu proyek padat karya untuk menyerap tenaga kerja sebanyak2nya,tapi itu dulu pada jaman Orde Baru.

    Setelah memasuki era reformasi model seperti itu sdh scr berlahan ditinggalkan dan saat ini dengan adanya REFORMASI BIROKRASI penerimaan PNS lebih selektif & kompetitif yang didasarkan pada kompetensi SDM yang diimbangi dengan Remunerasi gaji PNS sebagai bentuk pelaksanaan program reformasi birokrasi pemerintah.

    salah satu dasar penerapan remunerasi adalah:
    1.mensejajarkan Gaji PNS dengan Gaji pegawai BUMN & Swasta karena diakui gaji pegawai negeri selama ini masih dibawah gaji pegawai BUMN & Swasta sehingga banyak tenaga kerja yg potensial yang memiliki kompetensi ,enggan untuk menjadi pegawai negeri, mereka lbh memilih untuk bekerja di perusahaan swasta nasional,Swasta Asing bahkan tidak sedikit tenaga potensial yang memiliki keahlian tertentu memilih utk bekerja diluar negeri karena alasan gaji.berbanding terbalik dengan pemerintah Singapura dimana mereka menyetarakan gaji pegawai pemerintahan dengan pegawai swasta sehingga pegawai yang potensial mau masuk menjadi PNS.

    2.Dengan Reformasi Birokrasi (Perbaikan Sistem Manajemen) dan Dimbangi dengan pemberian Remunerasi kepada Pegawai yg bekerja secara profesional & terukur akan Meminimalisasi Korupsi Uang & Korupsi Waktu PNS.

    Tidak sedikit PNS yang memiliki kerja sampingan untuk mencukupi kehidupan keluarganya karena kecilnya gaji yg mereka peroleh (digambarkan Iwan Fals dlm lagunya Umar Bakri), shg PNS tidak fokus dalam melaksanakan pekerjaannya karena saat mereka bekerja masih terpikir mau makan apa istri & anaknya besuk sementara gaji yg diterima tanggal 1 sudah habis di tanggal 15 hanya utk menutupi kebutuhan makan keluarga,fasilitas anak sekolah, Tagihan Listrik PLN dan PDAM (belum termasuk bayar angsuran kredit rumah & sepeda motor ).

    Akibat ketidak fokusan ini loyalitas PNS mulai berkurang, Pegawai bekerja seadanya sebisanya,Mereka bekerja sepanjang hari, tetapi tidak mencurahkan ENERGI dan GAIRAHnya dalam pekerjaan atau bahkan Pegawai tidak bahagia di tempat kerja; mereka sibuk untuk mengungkap ketidak bahagiaannya, setiap hari pegawai ini meremehkan hasil kerja karyawan yang bekerja bersungguh-sungguh dan yang lebih parah lagi ada pegawai yang hanya dateng pagi ke kantor untuk absensi kedatangan setelah itu menghilang dan kembali ke kantor lagi sore untuk absensi pulangnya.

    Remunerasi menurut saya seperti Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) yg selama ini Pemerintah Daerah telah berjalan, akan tetapi bedanya kalau TKD semua PNS mendapatkan nominal yg sama sesuai dgn pangkat/gol yg membedakan hanyalah kedisiplinan absensi,apabila ada keterlambatan/absen hanya 1x maka besarnya TKD/P akan dipotong sbg pinalty.

    Kalau remunerasi penerimaan remun ke pegawai dengan pangkat/gol yg sama akan berbeda jumlah nominalnya dihitung berdasarkan bobot kerja (jumlah pekerjaan dan target penyelesaian pekerjaan) untuk kedisiplinan absensi pagi & sore apabila tidak ada kedisiplinanakan di pinalty dengan memotong Uang Makan.
    Jadi saya tekankan disini untuk PNS yg malas tidak akan mendapatkan remunerasi tsb.

    Tahap penerapan Remunerasi kepada kementrian/lembaga tdk serta merta diberlakukan begitu sj,akan tetapi melalui proses yg dinamakan REFORMASI BIROKRASI yg menekankan pada efisiensi & Kompetensi yang didasarkan pada Personal Balanced CoreCard Dr.Ir.Hubert K. Ramperssad

    Memperbaiki sistem pemerintahan yang begitu besar di NKRI ini tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi perlu proses yang panjang yg dilandasi dengan pemikiran yang bijak demi kemajuan bangsa dan negara.
    Mudah2an Isu Remunerasi ini bisa segera diwujudkan, bagaimana pemerintahan akan membawa kesejahteraan rakyatnya kalau sebagian besar dari pemerintahan ini belum merasakan yang namanya kesejahteraan itu sendiri.

    saya DUKUNG REFORMASI BIROKRASI!

  16. Yang adil tuh turunkan harga… baru kemungkinan PNS rendahan/tanpa jabatan bisa menikmati hidupnya dengan Insya Allah layak…

  17. skrg biaya hidup tinggi tp tdk sejalan dgn gaji yg di terima khusunya pegawai di daerah….Lebih besar pasak daripada Tiang

  18. Aku lagi nunggu pengumuman CPNS nih, dari awal memang sudah ragu2 untuk coba ikut test CPNS, soalnya saat ini aku udah kerja di Swasta dengan gaji yang mungkin 2x dari gaji PNS. Awalnya aku semangat pengen ikutan karena pengen pulang kampung saja, udah gak betah di jakarta. Tapi setelah ikutan test dan nunggu hasilnya kok makin tambah ruwet ya pikiranku, malah condong berharap tidak ketrima. Soalnya jadi mikir, “bisa gak ya dengan gaji PNS ntar bisa nyekolahin anak2 sampe perguruan tinggi ??”. btw, kalo udah diterima CPNS trus kita mau mengundurkan diri kena penalty berapa juta ya ??

  19. Kalau bagi saya, kenaikan gaji tanpa adanya pengendalian kenaikan harga sembako tidak ada gunanya (sama aja tambah cekik leher), kenapa….?.
    Baru kabar saja akan kenaikan gaji PNS, harga-harga dipasar serba naik. Perbandingan kenaikan harga barang sembako dengan kenaikan gaji jelas berbanding terbalik. Sumber Penghasilan cuma dari satu sumber yaitu gaji sedangkan jumlah kebutuhan untuk sembako saja pada naik lebih lebih pun yg tidak tergolong bahan pokok. Jadi apa gunanya..? Gaji diterima 1xsebulan tidak sama dengan 9 bahan pokok yg dibeli rata-rata 10xsebulan… masya Allah….

  20. hidup adalah pilihan mas…..kita masuk tni, polri, guru, pnsd, dan sebagainya, harus kita syukuri apa yang telah diberikan kepada kita, kalau ingin kaya dan sejahtera jangan masuk pegawai mending jadi pengusaha aja, coba kita pikirkan pekerja pabrik yang lulusan SMA dan SARJANA berapa gaji mereka dibandingkan gaji TNI/POLRI dan pns yang golongan rendah renah sangat jauh perbedaannya BUNG!

  21. Mari kita berhati-hati terhadap mentalitas pengejar layangan:
    inginnya dapat layanga-layang yang jatuh untuk diri sendiri, tapi kalau ternyata orang lain yang meraihnya, berusaha dirobek-robek karena tidak rela.
    mari kita berhati-hati dari rasa dengki.
    So, biarkan remunerasi atau gaji buat orang lain naik.
    Jangan karena kita tidak dapat remunerasi, orang lain juga tidak boleh.

  22. kalo bisamah remunerasi itu yang besar biar jangan utang sana utang sini,sementara sekarang kan banyak guru gajinya minus karena apa hutanganya banyak gajinya sedikit. jadi tolong kepada pemerintah agar gaji remunerasi yang besar kaya negara malaysia baru pns itu makmur ok.

  23. gaji itu hak-nya PNS mas, dan feedback dari kinerja itu salah satunya dengan uang (tunjangan). jika kita bandingkan dengan tahun2 sebelumnya, gaji PNS trennya selalu naik. hal ini bukan tanpa sebab. beban hidup yang semakin tinggi dan inflasi menjadi salah satu alasan. jadi wajar kalo gapok PNS naik…

  24. Yang komentar mgk PNC or CPNS ..saya hanya pengamat menurut media saya hanya mengutip “Bukannya menjadi PNS salah satu jalan menjadi koruptor”. dari beberapa komentar seakan-akan beban kerja selalu dinilai dengan uang..mmh..mmmh..coba kalau pemikirannya dirubah..menjadi PNS itu pengabdian..menjadi PNS ibarat meminjam/memakai/menggunakan barang/sesuatu milik bangsa (masyarakat)..coba didiskusikan??

  25. Saya baru lulus CPNS di Kemenkumham. Dari beberapa komentar di atas, sangat wajar banyak masyarakat yang memandang miring, karena fungsi Birokrat umumnya adalah Administratif.
    Tapi dari pengalaman saya, karena persaingannya sangat ketat dan membutuhkan intelektualitas yang tinggi untuk Lolos, wajar dong kalau PNS diperhatikan Pemerintah supaya lebih professional dan anti korupsi. Bagaimanapun, saran yang konstruktif sangat dinantikan.

  26. Coba kita liat kebawah…..masih banyak yang tangannya terlentang ke atas…..siapapun menginginkan lebih.yang jelas lebih baik pemerintah harus dapat menahan tingkat perekonomian sangat tinggi…….harga dapat di kontrol sehingga walapun gaji yang kecil kita ngga pontang panting mikirin uang sisa berapa di kantong.kalau udah begitu kan ngga mikir lagi nyari sampingan sehingga kabur dari kantor n ngga susah lagi mikirin hidup.masyarakat dibawah juga ngga tercekek lehernya.tapi yang atas mikirnya mau ningkatkan perekonomian,harga dibiarin naik hanya demi melihat perekonomian tinggi tapi masyarakat menjerit….KASIHAN MEREKA

  27. Alhamdulillah gaji PNS naik 5%, ya lumayan tapi kami guru PAI yg kerjanya di SLB cuma se-tai kuku dari gajinya orang PLB yang tunjangannnya sampai 3-4 juta.tolong dong pa gubernur jabar dipikirkan dimana KEADILANNYA..kan gubernur dipilih bukan untuk PLB aja, yang rapel 5% aja belum terima kok.

  28. GAJI NAIK?????

    Hikhikhiiiiik……..

    Mendingan REMONERASI di MAJUKAN.

    Hitung-hitung gaji dinaikan 10% mendingan Remonerasi di andalkan.

    Emang sih ada ga enaknya bagi pejabat yang rangkap jabatannya bakal di singsetin/ramping.Klo demikian khan mereka kagak bakalan dapet uang proyek sana sini karena sudah dikembalikan ke Negara tapi di kembalikan negara kembali untuk dibagikan RATA semua jenjang PNS.Itu yang ADIL.

    Cuma yang diatas udah kembang kempis jantungnnya klo Remonerasi dimulai
    (ITULAH YANG BIKIN LAMBAT REMONERASI).Tapi anak buah pada berharap supaya ada keadilan profesional kerja menyangkut kesejahteraan.

    Begitulah teman-teman yang budiman.

    1. lha ini baru bener..emang yang biasanya gak setuju remunerasi itu justru yang sekarang rangkap2 jadi panitia pengadaan ini itu, …pejabat ini itu, …dll…biasanya mereka yg sekarang udah jadi kasubag, kabag dll, pejabat pengadaan, ppk/pimpro, dlll … karena mereka yag potensial kehilangan ‘sambilan’ itu ..hitung saja kalo tiap proyek setor minimal 2 juta …, kalo ada 10m proyek dikalikan saja lah… 🙂

  29. Numpang….Numpang….Entri kesedihan kami dikiiit pakde operator…

    Pakde,,,,KAPAN PNS Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di remunerasi-kahn juga????

    OoooAllah….Kulo dadi pengamat cuaca resiko kerokan istri trusss sesudah dinas malam,,,belum masuk angin-angin duduk,belum rawan kena resiko ledakan tabung gas balon pibal,,,belum lagi tidak dapat rumah dinas selama dinas 4 tahun ngabdi di daerah…

    Piye toh ono guru diperhatikan kesejahteraannya trus2an, wong aku dinas masih koyok umar bakrieeee….

    Bisuuuk sa’ wayahe Indonesia bakal kena badai,hujan salju atau peringatan gempa tsunami, aku ora gelem informasikan ke seluruh masyarakat sebagai peringatan dini.Orak sudiiiiiii….!!!Selamatkan brutu masing-masing…rek(ngambek…:P)

    Podo wae ngarepku….!!!

    Aku niat remunerasi untuk “NGAMPRAH NENG BANK KUDU AMBIL BTN….”
    Nak Saiki aku ngontrak umah dari jaman biyen sampai saiki (NOMADEN)….
    Piye carane PNS iso dapet Umah klo ndak wani NGAMPRAH BANK,,,pakdeeee…..????
    Lah,klo gaji masih golongan 2c,aku piye carane ngambil BTN lah wong neng MATARAM – NTB, deplover BTN ngasih harga diatas 150jt,trusss sisa Gaji kurang memadai untuk dipotong cicilan BTN….

    Walah-talaaaaaahhhh…..KUALAAAAATTTT….BISUUUUUKKKKK….ONO GEMPA/TSUNAMI UNTUK WILAYAH INDONESIA TENGAH-TIMUR,,,AKU ORAK SUDIIIII INFORMASIKAN SEBAGAI PERINGATAN DINI….ORAK SUDIIIIIIIIIIIIII…..!!!!!(xixixixixixiiiiiiii…..)

    Byar podo dipateni alammmm….

  30. gaji PNS TNI/POLRI emang kecil, udah kecil tapi masih diomongin yg enggak2, cukup buat makan sebulan,sekolahin anak, dah syukur…daripada jd pengangguran yg gak jelas….bikin negara tambah resek…

  31. gaji pns menurut gue relatif kecil. buat bayar cicilan kredit rumah aja berat.
    mau ga mau mesti cari proyekan sampingan.

  32. tingkat penerimaan remunerasi harus sesuai dengan beban kerja donggggggggg……jangan yang cuma datang, diam duduk main game lebih banyak diterima ………………….. sadar bosssssssssssssssss !!!!!!!!!!!!!!!!!!

    1. bettul……..bettul atao skalian saja ditambah gayus2 yang ada di indonesia dipelihara oleh negara………..pasal berapa itu ?………………

  33. Dari awal kan sudah dikasih tahu kalau mau kaya…mau hidup enak jangan jadi pegawai negeri tapi jadilah pengusaha atau kerja lah di swasta…..sekarang kok malah pada mengeluh?????????? Bersukurlah apa yg kita dapat sekarang….barang siapa bersukur dgn yg kita dapat insya Allah akan ditambahkan nikmatnya tp bila engkau tidak bersukur sesungguhnya azabNYA sangatlah pedih…*MUHASABAH atau Introspeksi dirilah*

  34. pns emang gajinya kecil, tapi lbh baik klo dinaikkan utk sekedar cukup.ya minimal 7 juta utk skrg. klo punya usaha diluar yg penghasilannya tinggi per blnnya lebih baik keluar dari pns.biar diisi org yang lebih membutuhkan.

      1. setuju om…kalo cuma menghaap jadi PNS kapan produktif..tukang becak aja anaknya bisa kuliah kok..asal tetap berdoa dan berusaha keringat kita akan dihargai

  35. Jangan pusing2..mikirin gaji lah….sekarang mah gimana bisa menyikapi keadaan seperti ini, banyak uang tidak menikamati atau uang cukup tapi dinimakti…yang bermanfaat, barokah..gitu lho…..cape deh…

  36. Ah…pusing…pusing…hayo aja mikirin Gaji, pusing lah kalo cuma berkicau-kicau disini mana bisa ada hasilnya, demonstrasi aja langsung ke Gedung Putih, hehe…

    1. betul2, satukan barisan, KORPRI mana taringmu, percuma ada kalu kagak bisa berjuang untuk PNS, desak Menteri Dalam Negeri,kayaknya anggota Dibawah Departemen Dalam Negeri dibiarkan penuh dengan Hutang…

  37. Biarkan mereka para pejabat itu bersenang-senang di dunia dengan gaji tinggi dan fasilitas yang sudah di jamin negara. Jika mereka sampai tidak memikirkan rakyat nya yang miskin….liat aja nanti balasannya di akhirat.Gaji pegawai negeri harusnya sama semua baik pusat atau daerah yang membedakan itu masa kerja dan golongan, tapi karena SBY sudah berbuat tidak adil dan diskriminasi yang di bawah tidak akan ridho dunia akhirat, nanti biarlah ketidakadilan dituntut di akhirat saja, sekarang ya bersyukur dan sabar aja kali.

  38. Wah ………..Moga dengan kenaikan gaji ini, akan menambah semangat kerja bagi seluruh pegawai. jangan lupa tahun depan naik lagi ya…………..

  39. GAJI PNS SEGITU???? SIAPA SEBENARNYA YANG BOLEH KAYA?? Apa yang boleh kaya hanya kontraktor??Bayangkan kontraktor untuk proyek senilai Rp 95 jt, mereka untungnya minimal bisa 20% berari Rp 19 jt, itu hanya dikerjakan selama 1 bulan. Tanggung jawabnya hanya itu, bayangkan kalo panitia Gol IIIa gajinya 2 jt, selama 1 tahun hanya dpt 24 jt. Tanggung jawabnya berat sekali

      1. putra-putra terbaik bangsa jangan sampai menjadi PNS biar negara ini ga maju-maju, caranya gimana??..caranya kesejahteraan PNS ga usah diperhatikan..biar putra-putra terbaik bangsa ga tertarik jd PNS

  40. SIAP MENJAGA KEDAULATAN NKRI HARGA MATI…BERJUANG BUKAN MELIHAT MATERI..SERAHKAN JIWA RAGA BAKAN SANAK SAODARADITINGGALKAN UNTUK TUGAS DI MANA ADA KONFLIK…..,BUKAN UANG YG DIHADAPI…JADI KAMI DAPAT KENAIKAN DERAJAT DI DUNIA AKHERAT. DEPKEU YG SLALU MENGUTAK UTIK KEUANGAN NEGARA YG SANGAT BANYAK LUMRAH KALO DAPAT KENAIKAN TUNJANGAN UANG…./FASALITAS LENGKAP….SELALU DAPAT KUMPUL KELUARGA …BISA BELI RUMAH MILYARAN RP…KAMI TINGGAL DI …ALAM TERBUKA …KEHUJANAN..RELA MATI/?????

  41. Kenaikan gaji kl yg hanya 5% sangat tdk signifikan dgn kenaikan kebutuhan pokok sehari-hari,sama2 PNS gol sama bahkan lebih tinggi dp pns keuangan, tapi gji yg diterina sangat jauh beda. Contoh yg terbuka Gayus T seorang peg baru golongan masih cukup rendah, gaji yg diterima jauh lebh tinggi. Dibanding dgn seorang dosen yg dah bekeja 30 tahun dan dah profesor serta dapat tunjangan sertifakasi dan tunjangan kehormatan tetap kalah. padahal untuk mencapai profesor dan doktor tdk mudah didpt, hrs dgn susah payah hrs mau berkorban lahir batin, pendek kata tdk mudah,gaji yg diterima masih kalah dgn peg pajak/keuangan yg baru sore kmrn masuk. belum lagi peluang untuk korepsi yg tdk sedikit terbuka lebar. Untung p. Susno berani membuka hal itu dgn menaruhkan jiwa dan raga, matipun dia dah siap. Bisa dibayangkan bila p. Susno ga membuka hal itu, brp milyar bahkan trilyun uang rakyat dinikmati dan untuk foya2 oleh pegawai pajak. Ingat hidup ini hanya sekali, kalau Tuhan dah mengambil nyawana ga bisa ditunda lagi, hrs mempertanggung jawabkanNya. harta benda yg melimpah dari hasil korepsi hanya akan menyengsarakan selamanya di akherat nanti, uang milyartan yg diperoleh dgn cara chalal apalagi dgn cara yg tdk chalal tidak bs untu membeli tiket ke surga. semoga kita semua menyadari hidup yg rata-rata 70 tahunan ini, hanya mampir ngombe, hanya sebentar saya, kita baru melakukan kehidup pada fase ke 2 masih ada 2 fase kehidupan lagi yg mesti masing-masing akan melaluinya, yaitu kehidupan di alam kubur dan kehidupan di alam akhetat yang kekal untuk selama-lamanya, itulah kehidupan yg sebenarnya, kalau banyak dosanya ya hidup di neraka akan sengsara selamanya, dan sebaliknya kalau banyak amal kebajikannya akan masuk surga. demikian sekilas re nungan bagi yg selama ini harta bendanya diperoleh dgn cara tdk wajar segera bertobat, dan kembalikan harta itu kpd rakyat, mumpung kalian masih ada kesempatan, siapa tahu besok atau nanti akan mati, akan manyesal selamanya dan ada gunanya. semoga para koruptor di bukakan hatinya dan diampuni dosa2 nya, Amiin

  42. Diknas yang staff admin piye nasibe yah? Gak sertifikasi dan renumerasi. Mesake sodaraku, berangkat unthuk2 pulang sore. Sedangkan dosen bisa nyambi ke sana kemari.Kalo Admin nyambinya gimna, dari pagi sampai sore harus stand by…

  43. mikir dong ,gaji pns harus disamaratakan aja cuma tunjangan yg beda berdasarkan bobot,tanggungjawab,jam kerja,resiko,dan lainnya.apa ente tidak kasihan sama suster suster yang kerja ngeship dirumahsakit.meninngalkan anak dan suami,kadang dibentak dokter,pasien,dan keluarga pasien,badannya kurus mendorong brancard yg isinya pasien gendut dimana hati nurani pemerintah?tlg lihat berapa gaji dan tunjangannya?tapi ppni tak pernah berdemo ria mereka adem ayem karna niat mereka amat mulia.semoga allah swt memasukan mereka dalam surga firdaus.amin

    1. Iya tuh, gimana sih? Kasian banget kan, untung aja nggak ampe ngesot, kalo ampe ngesot ih.. ngerii. Moga niat dan amal mereka diterima, dan moga rejekinya juga naik. amin. yang penting ikhlas…

  44. ya udah… gmn kl yang belum kebagian remun skrg jg bs ajukan pengunduran diri.. drpd dikantor kerjanya cm mikirin remun n hasil kerjanya NOL.. udah gt nanti sakit tumor otak krn mikir terus..udahlah, yakinkan hati kita kl rejeki pasti tdk akan kemana. ORA ET LABORA ( artine opo yo ..?? )

  45. Apapun namanya, yang namanya upaya tuk perbaikan kesejahteraan itu baik dan memang wajib dilakukan oleh pemerintah…tapi yang gak kalah pentingnya pengawasannyapun juga harus dilakukan, instrumen pengawasan harus disiapkan disemua departemen …sebab klo tidak ya percuma saja, seperti contoh: tunjangan sertifikasi guru dan dosen sekarang ini,setelah tunjangan dah diterima oleh mereka, apa kinerja mereka semua juga meningkat ?.Jangan salah jika ada institusi lain yang sama-sama memiliki tanggung jawab iri dan menuntut kepada pemerintah……..dan sinis kepada guru…..Waaaauuuuu…..

  46. Pemerintah tidak punya nurani. Bayangkan Departemen atau instansi terkait yang mendapatkan remunerasi gajinya berlipat-lipat. Bayangkan institusi pemerintah yang golnya IV E khususnya Peneliti hanay seperduapuluh dibanding gol sama tapi sudah mendapat remunerasi. Keterlaluan sekali……………….., tapi mau diapain penguasa ya penguasa. Nurani nomor sekian.

  47. KALAU MEMANG GAJI PNS DIKAJI TDK LAYAK YA NAIKKAN LAGI DONG, JANGAN MENGHALALKAN SEGALA CARA UNTUK MENCUKUPI KEBUTUHANNYA…

  48. GAJI PNS CUMAN SEGITU????GAJI 2 JT ANAK 2, UNTUK MAKAN DAN ONGKOS TRANSPORT SAJA SUDAH HABIS.. GMN BISA MENYEKOLAHKAN ANAKNYA?GMN BISA BERLIBUR?GMN UNTUK BEROBAT KALAU SAKIT?GMN UNTUK BELI RUMAH???

    1. wahhh…
      udah repot jgn di buat repot om..
      dah tau gag ckup,,klau mau nyekolahin ank,,di usahakan di sekolahkan,,jgn crita pke liburan segala..
      law gag bisa berobat ya jgn sakit dong,,
      atur ja lah,,sering ngbrol am tmen se kantor..buat APBD (Asal Pngertian Bagi Dua)..di jamin deh agak cukup jadi nya..ok bos

    1. Bedanya remunerasi diberikan serentak kpd pegawai dlm suatu instansi,tp klo sertifikasi tdk semua guru dan kasihan juga guru yg tdk dpt sertifikasi pdhl blm tentu yg sertifikasi kinerjanya lebih baik,…itulah guru ngatur rumah tangganya sendiri saja tdk adil….begitu saja mengaku klo ngga ada guru ngga ada presiden dll padahal penyelenggaraan UN juga amboradul….tp msh ada guru yg baik juga lho’

  49. REMUNERASI TIDAK ADIL… BIAR ADIL PERLU DIKAJI YG MENDALAM JOB DESKNYA DAN APA YG TELAH DIKERJAKAN. HARUS SAMALAH GAJI DAN REMUNERASINYA JIKA BEBAN KERJA DAN RESIKONYA SAMA, TDK DIBEDAKAN PEGAWAI DAERAH DAN PUSAT. YTH IBU SRI MULYANI, DOKTER DI DAERAH TDK DAPAT TUNJ SERTIFIKASI SPT GURU, GMN NI?APA ADIL??

  50. saya sebagai karyawan depkeu jadi ketiban pulungnya temen2 padahal departemen keuangan itu terdiri dari beberapa unit eselon 1, ada dijen pajak, bea cukai, perbendaharaan, perimbangan keuangan, bapepam, dll coba lihat dan rasakan bagaimana pelayanan di KPPN percontohan…inget KPPN kantor pelayanan perbendaharaan negara yang bayar gaji n tunjangan PNS bukan KPP loh kantor pelayanan pajak, diKPPN percontohan tidak ada pungutan layanan cepat dan tidak mengecewakan..kalo mau bukti silakan datang sendiri..jadi jangan lihat depkeu dari satu sisi tapi lihat secara keseluruhan, jangan gara2 nila stitik rusak susu sebelanga.

  51. bersyukurlah…. udah jadi pns…, kalo ada lowongan pns berapa yg antri… ribuan, ya.. emang kerjanya enak gajinya gede…,sampe2 ngalalin berbagai cra yg penting bsa jadi pns, lihat tuh buruh-buruh pabrik.. kerja ampe malem.. coba tanya gajinya berapa..???

  52. Inilah salah satu kebijakan Aparatur Negara kita.Serba dibalik. Idealnya kan yang terbaik atau berkinerja baik mendapat reward, jelek mendapat punish. Terburuk dapat reward remunerasi, terbaik bengong dan urut dada. Apa kata dunia dan di akhirat kelak!!!

  53. Remunerasi hendaknya bisa diterapkan pada setiap departemen , pusat maupun daerah agar kesejahteraan sama-sama dirasakan oleh setiap PNS, tinggal lagi kesiapan pendanaan , tapi mendingan remunerasi dari pada billout bank century dan penggelapan bantuan BI, maupun mafia pajak, …..remunerasi berindikasi mengurangi korupsi asalkan peraturan benar2 ditegakkan dalam membrantas korupsi itu sendiri.

  54. yg kita tunggu sebetulx kapan diterapkan sistem Punishment dan reward bagi PNS yg malas or bandel tetapi juga ada penghargaan bagi yg berprestasi, jgn seperti sekarang Rajin Malas Gaji Sama (RMGS). kalo msh sistem sekarang ini jelas yg rajin atau yg punya prestasi akan kehilangan semangat yg ujung2x kinerja mereka bakal menurun ..

  55. REMUNERASI TEBANG PILIH…. masa ngasi remunerasi ke instansi yang personnya doyan korupsi? emang gak ada lembaga atau kementerian yang lebih tepat sasarannya untuk kasi remunerasi? kok orang makin tinggi pendidikannya n gajinya masih doyan ngemil uang negara…..nah kyk gini deh jadinya muncul lintah darat sperti gayus T….

  56. Alhamdulillah, yang namanya bersyukur itu kepada Allah, mo banyak mo sedikit itu rejeki, kalau ndak terima keluar aja dari PNS.

  57. menteri keuangan tidak adil, pecat saja, apa yang butuh gaji tu pns keuangan? ditempat kerjanya sarat dengan korupsi, yang lebih mulia dapat remunerasi utama adalah guru. tugasnya sangat mulia dan tidak ada celah korupsi. hidup guru.

  58. korpri bubar saja bila tidak perjuangkan semua pns masuk remunerasi terutama guru yang berjasa membentuk sdm, siapa yang berjasa mereka jadi presiden, menteri kalo bukan guru.

      1. iya..KORPRI tuh kayak induk ditinggalin anaknya….udah bubarin aja, karena sebagai induk gak bisa memperjuangkan anaknya …. induk yang durhaka… 🙂

  59. Betul Tuh Gmn sih pemerintah dalam membuat Gaji kok dibeda2kan. Yang di pemda kerjaannya juga sama pak. Pemda DKI besar banget gajinya. Pemda di Kab Jateng kok beda jauh gajinya tdk ada remunerasi Padahal kerjaannya juga sama dg pemda DKI. Dokter di Pemda tdk dapt sertifikasi, Guru dpt sertifikasi. Gmn keadilan penggajiannya?

  60. Hampir tiap periode peralihan kepemimpinan nasional, selalu yang menjadi topik- bahasan aktual adalah masalah Gaji PNS; sayangnya Korprinya sama, pangkat dan jabatanya sama, menpanya sama tapi Struktur Gajinya macam-macam: PNS pusat-lah, PNS Daerah-lah. Enak yang PNS pusat, belum 10 th dah puluhan juta yang bisa dibawa pulang (lihat Gayus cs). Sementara yang PND Daerah, udah kerja 17 tahun-pun, paling yang bisa dibawa pulang tidak lebih dari 2,4 Jt. gimana sih ngaturnya bos-bos diatas tuh ???1

  61. YA Allah . . ! kapan remunerasi diberikan kepada PNS Gol rendah ini Ya Allah . . . ! ! ! karena sangat kami butuhkan untuk membayar sekolah anak-anak kami ini, sedangakan biaya pendidikan yang mahal, biaya hidup yang mahal, sangat memberatkan kami Ya Allah . . . ! ! !. Segerakan ya Allah remunerasi dibayarkan . . . ! ! !
    A M I N . . . ! ! !

  62. orang jujur mah ngga bakalan punya apa2, paling hanya kepuasan bathin aja tidak di kejar bersalah…..tenang….tenang….

  63. MEMANG SISTEM GAJI DI NEGARA KITA TAK ADIL. Gaji Pegawai Pajak Gol IIIA masa kerja tak sampai 10 tahun koq besarnya setara dengan gaji Prof Dr… Gaji Gubernur BI sepertinya juga lebih besar dari Presiden.

  64. Alhamdulillah naik walo 5%. Sebenarnya kalo dipikir2 ya gaji segitu jauh sekali dengan keadilan… Bayangkan saja gaji Gayus 12,5jt yg hanya gol IIIA. Saudaraku PNS Pemda sdh 12 tahun bekerja lulusan S2 dari UGM tapi Gajinya 2,5jt + Tunj jabatan 900 rb. Pak Presiden Mohon Adil dalam menggaji PNSnya?trims.

    1. klo mau adil….pasti semua bilang ada ketidakadilan menimpa mreka. padahal BANYAK orang lain yang lebih PARAH daripada yg kita trima.

      Secara jujur (terlepas masalah korupsi yg memang HARUS kita musuhi bersama), klo dibuat tinggi semua gaji PNS, trus duit darimana???
      Jadi, kita PNS ini,…Ayoolah belajar bareng2 BERSYUKUR(cukup ra cukup, ya dipas2ne wae).
      Dedikasi dan tanggung jawab,…mesti kita tingkatkan bukan untuk PENGABDIAN kepada orang/manusia tertentu melainkan perwujudan syukur kita kepada yang MEMBERI HIDUP.
      ^_^

  65. Kasihan ya kita guru – guru ini. Dari dulu emang udah dapat bonus ” PAHLAWAN TANPA TANDA JASA “, makanya ….. departemen lain dapat remunerasi, kita dapat ‘gigit jari’. Andai semua PNS diberi hak yang sama ( Remunerasi ), alangkah bijaknya.Tidak membeda- bedakan departemen …… nasib kita wahai guru, kasihan …. kasihan ….

  66. ALHAMDULILLAH…. MASIH BISA NAIK…..WALAUPUN KENAIKAN KEBUTUHAN POKOK JAUH LEBIH TINGGI DARI KENAIKAN GAJI.

  67. KALO MASALAH BERSYUKUR ITU MAH HARUS. YANG JADI MASALAH SEBENARNYA BUKaan kenaikiannya, tapi keterjangkauan. maksudnya purcuma saja gaji naik, kalo harga kebutuhan naiknya lebih tinggi dari kenaikan gaji. kita lihat realitas di masyarakat kita harga barang2 sudah naik duluan deari tauhn lalu sebelum lebaran, sampai sekarang ga turun2 , padahal gaji baru naik bulan mei dan kenaikannya pun tidak bisa menutupi nainya kebutuhan kita sehari2

  68. banyak-banyaklah bersyukur,walaupun gaji PNS gol.seperti Qita lebih dari cukup……….CUKUP buat nutupin hutang…………..

  69. Betul, sekecil apapun nikmat yang Allah berikan tentu wajib kita syukuri, termasuk kenaikan gaji, seberapaPUN di gaji kalau kita tidk bersyukur akan tetap merasa kurang (- ) GT CONTOHNYA. Ayooo… bergaya hiduplah sesuai denga pengasilan kita, kalo gaji kopral jangan bergaya hidup sperti jendral…, jadi pegawai adalah Pilihan Hidup yang harus siap menjalani dengan segala konsekwensinya…. JANGAN MENGELUH…Bersyukulah, (RIBUAN ORANG ANTRI DILUAR SANA MENANTI KAPAN PADA PENSIUN SEHINGGA ADA PORMASI YANG BISA MERAKA GANTIKAN… BERSYUKURLAH)… REMUNERASI DI DEPKEU TERNYATA (GATOT) ALIAS GAGAL TOTAL……

  70. Assswrwb,
    Sekecil apapun nikmat yang diberikan Allah tentu patut kita syukuri,apalagi naik gaji,Alhamdulillah kalau mengukur cukup atau tidak tentu tergantung gaya hidup,sebanyak apapun uang klo kita tidak pandai bersyukur akan terasa kurang…
    untuk itu mari kita nikmati biar uangnya mendapat berkah….

    wassalam

  71. Sudah empat kali gaji pokok Pegawai Negeri Sipil berubah (mengalami kenaikan), tetapi bagi hakim katanya pejabat Negara tertentu belum dinaikkan, apakah karena dianggap sudah besar ? padahal gaji yang diterima hanya cukup untuk biaya transportasi bersua dengan keluarganya, karena banyak hakim yang dipisahkan suami istri, atau karena hakim selama ini belum pernah ada demonstrasi kollektif ?

  72. Betul kenaikan gaji tidak merata, pemda DKI jauh meninggalkan pemda2 yg lain, pelayanan publik ,merosot dan tolol datang telat,mulai jam 8 lewat kalau jam 12 tepat harus berhenti buka lagi telat molor. Mending ditutunin gaji pelayanan publik naikkan gaji clening service…

  73. jangan selalu bertiriak naik-naik Gaji, melayani masyarakat dulu lah. selayakya PNS terima pa adanya dari pemerintah, apalagi menaikan gaji memilah-milah antara pemerintah pusat dan daerah dibedakan , Mana KEadilanmu SBY, STOP kenaikan yang tidak merata, ok.

    1. betul perbedaan sangat mencolok bahkan di daerahku dari tahun 1999 sampai sekarang kgak ada uang lauk-pauk,uang makan dll…kalu mau buat pemerataan sebaiknya uang dislip ajha di gaji agar adil dan tidak menjadi ladang korupsi…

  74. trims, kalaupun cuma sedikit, nggak ada artinya dibandingkan mereka-mereka yang dapat remunerasi!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Batalkan remunerasi…, atau semua dapat remunerasi,,,,

    1. rejeki sendiri-sendiri mas..
      saya yang di swasta saja tidak iri dengan mereka yang gajinya besar kerjanya kecil..
      setiap keringat pasti dihargai sesuai kok, baik di dunia maupun di akhirat

  75. APA MANFAAT KORPRI DENGAN PUNGUTAN SETIAP BULAN BAGI PNS ? DENGAN PGRI SAJA KALAH, PGRI BISA NAIKAN GAJI MELALUI SERTIFIKASI. APAKAH KALIAN SETUJU UNTUK DEMO AGAR PNS DAERAH TAHUN 2011 DAPAT REMUNERASI ? LEBIH BAIK TIDAK NAIK KALAU 5 %, GABUNG SAJA TAHUN DEPAN KENAIKANNYA

  76. tapi kpn kita terima kenaikannya, sampe bln april ini msh tetap sama tuh gaji yg kita terima

  77. walau naik tetap gak adil,bagaimana dengan departemen pendidikan, mengapa tidak mendapat remunerasi,ini menunjukkan kalau pemerintah memandang sebelah mata pada pendidikan,ingatnya hanya pada waktu kampanye saja

    1. Diknas ditopang oleh kinerja guru yang penuh dedikasi. Jadi kan yang udah kinerjanya bagus mah, gak usah dapat remunerasi. Remunisasi ditujukan bagi yang brokbrok. Jadi di Indonesia, kalau mau dapat perhatian kesejahtraan harus bermental kinerjanya amburadul. Hah!!!!

  78. Pns sudah 2 kali naik gaji pokok tapi kenapa hakim nggak naik – naik gaji pokoknya padahal katanya hakim itu pejabat negara. apa hakim itu memang harus hidup dalam penuh dalam keprihatinan dan kemiskinan.

    1. hakim tu sekali naik, ganal pun ai naik gajinya, jangan di samakan dn PNS pada umumnya, jangan ada curiga antar Pegawai RI.

  79. Alhamdu lillah ada sedikit kenaikan gaji, meskipun jauh dari cukup.Sangat diharapkan agar kenaikannya jangan terlalu kecil, kasihan PNS dengan masa kerja sudah lama dan golongan sudah tinggi(30 tahun), kalah pendapatannya dengan Gayus T yang baru sepuluh tahun kerja/III-a dengan penghasilannya Rp 12 juta lebih. Terlalu jauh diskriminasinya dengan PNS yang lebi pontang panting. Trims.

    1. PNS kan pegawai “padat karya” jumlahnya terlalu banyak dengan volume kerja yang tidak sesuai, sehingga sangat membebani uang negara, jadi sulit untuk mendapatkan standar gaji yang layak.Coba cek berapa jam kerja efektif mereka per hari ? dari 7 jam paling banter 2-3 jam saja mereka efektif kerja, selebihnya……..? Tak tahulah, bisa baca koran,merokok, atau cari kegiatan lain yg tak ada relevansinya dengan job.

      1. Tidak semua.. Itu cuma sebagian kecil PNS yg tidak mempunyai kemampuan dalam bekerja, sehingga jobnya sedikit. Ada baiknya Remunerasi dan gaji ditingkatkan utk staf yang jam kerjanya lebih banyak dan tanggung jawabnya lebih besar. ketimbang pns yang non job

      2. Setuju dgn bung basri..padahal kalo ada efisiensi income mereka bisa optimal..!!
        Tapi rupanya mereka menyalah artikan asas ke-5 Pancasila..

      3. maaf bung tidak semua PNS seperti itu, masih banyak PNS yang bekerja melampui jam kerja tapi tidak mendapatkan apa2….tambahan penghasilan ataupun reward .Coba dicermati lagi ,memang ada yangkerjanya optimal dan ada yang hanya menggantungkan pekerjaan pada orang lain,makanya sistem rekruitmen PNS betul2 yang berkualitas dan mampu itu yang oerlu dibenahi

      4. Betul3, saya sndiri PNS kadang merasa negara rugi menggaji saya yang sering ngga melakukan apa-apa tapi tetap dibayar juga makanya PGPS masih berlaku di PNS artinya PINTER GOBLOK PENGAHSILAN SAMA

        1. betul betul betul, saya juga PNS sering di panggil menghadap atasan, walau udh diluar jam dinas, bahkan malam hari, di beri tugas itu ini yang mau gak mau harus di kerjakan lembur dirumah. gaji saya juga gak nambah walau dapat tugas tambahan seperti itu. lebih cocoknya seperti Birokrasi kayu api,siapa yang bisa di bakar (di suruh kerja) dia aja terus yang di kasih kerjaan………… Nasib – nasib baru jadi PNS ….

      5. jangan gitu kang saya kerja dari jam 7 sampai jam satu, dari hari senin sampai sabtu, belum lagi kalo membimbing anak-anak kegiatan waktu terpakai….jangan melihat dari satu sisi, saya seorang guru sd tidak yang seperti akang sampaikan…terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.