Gaji 13 PNS 2014 – PP No 53 Tahun 2014

Presiden RI pada 3 Juli 2014 telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2014 tentang Pemberian Gaji/Pensiun/Tunjangan bulan Ketiga Belas bagi PNS, anggota TNI, anggota Polri, pejabat negara, dan penerima pensiun/tunjangan.

Poin-poin Pokok dalam PP No. 53 tahun 2014 tersebut sebagai berikut:

  1. Besarnya gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga betas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 adalah sebesar penghasilan sebulan yang diterima pada bulan Juni 2014.
  2. Dalam hal penghasilan sebulan yang diterima pada bulan Juni 2014 belum dibayarkan sebesar hak yang seharusnya diterima, kepada yang bersangkutan tetap diberikan selisih kekurangan gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga belas.
  3. Penghasilan bagi PNS, anggota TNI, anggota POLRI, dan Pejabat Negara meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan/tunjangan umum, dan tunjangan kinerja/ Tunjangan Khusus Pembinaan Keuangan Negara (TKPKN);
  4. Besaran penghasilan sebagaimana dimaksud tidak termasuk jenis-jenis tunjangan bahaya, tunjangan resiko, tunjangan pengamanan, tunjangan profesi/tunjangan khusus Guru dan Dosen/tunjangan kehormatan, tambahan penghasilan bagi Guru PNS, insentif khusus, dan tunjangan lain yang sejenis dengan tunjangan kompensasi/bahaya serta tunjangan/insentif yang ditetapkan dengan peraturan perundang-undangan atau pengaturan internal Kementerian/Lembaga.
  5. Pemberian gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga belas dibayarkan pada bulan Juli 2014.
  6. Dalam hal pemberian gaji/ pensiun/ tunjangan bulan ketiga belas belum dapat dibayarkan pada bulan Juli 2014, pembayaran dilakukan setelah bulan Juli 2014.
  7. Dalam hal PNS, anggota TNI, anggota POLRI, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun/Tunjangan menerima lebih dari satu penghasilan maka gaji/pensiun/ tunjangan bulan ketiga belas hanya diberikan salah satu yang jumlahnya lebih menguntungkan.
  8. Ketentuan lebih lanjut mengenai teknis pelaksanaan Peraturan Pemerintah ini diatur oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan (dalam hal ini Kementerian Keuangan melalui Ditjen Perbendaharaan).
Baca juga:  PP 38 Tahun 2015 - Gaji 13 PNS 2015

Download PP 53 tahun 2014

 

35 thoughts on “Gaji 13 PNS 2014 – PP No 53 Tahun 2014

  1. samaoai detik ini gaji 13 PNS IPB belum ada kejelasan kapan cairnya. gaji aja belum naik dan rapel gaji juga belum cair tuch. bgm para pemimpin kok tidak memperhatikan nasib anak buahnya sedangkan lebaran tinggal beberapa hari lagi. katanya gaji 13 buat meringankan biaya anak masuk sekolah, tp ini sdh lelewat jauh, anak masuk sklh tgl 4 Juli. mhn nasib anak buah diperhatikan, Bulan Puasa banyak banyak ibadah, memperjuangkan nasib anak buah termasuk ibadah lho!!!

  2. DANA BPJS KES KABUPATEN BOGOR TIDAK DIBAYARKAN KE PUSKESMAS SEKABUPATEN BOGOR SAMPAI SAAT INI TANGGAL 13 JULI 2014 , APAKAH BPJS PENCAIRANNYA TIAP 7 BULAN SEKALI ? , MALAS DEEHHH!!!!!

    1. wahhhhh, nyang boneng om ridwan, bayarnya bisa di kpr gak ,,,halahhh ,,ngeeekkkk

    2. @Ridwan, Mas Ki Joko Bodo saja sudah insaf. Sekarang udah ganti nama jadi Ki Joko Pinter. Masa percaya sama pak DJOKO SUTRISNO yang nama aslinya DJOKO GOBLOK !!!

  3. Kepres udh ada, tp mana nih surat edaran pencairan dari Direktorat perbendaharaan agar bs d aju’in kok blm ada juga,

  4. Mas setagu,kemarin tahun 2013 kemenhub mendapatkan tunkin,,kok tahun 2014 ini sampai bulan juli 2014 belum ada kbrnya,mohon infonya

  5. Alhamdulillah, Segini juga udeh bisa cairrrrr πŸ˜›
    masih mending ditanda tangan,,,gimana kalo gak , hayoooo πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

  6. madsud poin 3 bagaimana mas tgagu apa termasuk tunjangan kinerja jumlah total dibayar untuk gaji ke 13nya mhon info dari teman teman

    1. gaji 13 termasuk tunjangan kinerja ke 13. kalo masalah pencairan tukin 13-nya tergantung masing2 satker.

    2. oh ya jangan lupa tukin 13 ini didasarkan atas tukin bulan juni. jadi kalo tukin bulan juni dipotong (karena absensi) maka tukin 13 juga dipotong.

  7. pembayaran gaji/pensiun/tunjangan bulan ke-13 sebagaimana dimaksud dibayarkan pada bulan Juli 2014. β€œDalam hal pembayaran gaji/pensiunan/tunjangan bulan ke-13 belum bisa dibayarkan pada bulan Juli 2014, pembayaran dilakukan setelah bulan Juli 2014,” bunyi Pasal 4 Ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2014 itu. mohon penjelasan mas setagu tentang hal ini ko plinplan bunyi nya. mksh

    1. bukannya plinplan bos, itu melihat kemampuan masing2 satker untuk memproses pencairan, makanya pemerintah buat 2 opsi: 1 agar dicairkan bulan juli . opsi 2 : jika bulan juli gak bisa maka bisa dicairkan setelah bulan juli. jadi sekarang tergantung satker ente bisanya kapan.

  8. sayang banget di pasal 4 ayat 2 pembayaran gaji ke 13 dilakukan setelah bulan juli sedang kita kita para pns yang paspasan sangat mengharapkan sekali gaji tersebut dibayarkan sebelum lebaran ini.

  9. Alhamdulillah, akhirnya datang juga..
    Bisa buat bayar anak masuk sekolah/kuliah, bayar utang, atau tambah2 buat lebaran.. πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.