Daftar Gaji Pokok TNI dan Polri Tahun 2014

Selain PP tentang kenaikan gaji PNS, tanggal 21 2014 pemerintah juga merilis peraturan pemerintah yang mengatur gaji pokok TNI dan Polri Tahun 2014.

PP No 35 Tahun 2014 mengatur perubahan gaji anggota TNI sedangkan PP No 36 Tahun 2014 merupakan perubahan kesepuluh atas peraturan pemerintah nomor 21 tentang peraturan gaji anggota Polri. Ketentuan gaji baru di atas berlaku surut mulai 1 Januari 2014.

Rata-rata kenaikan gaji pokok sama dengan PNS sebesar 6%, dengan demikian gaji terendah anggota TNI maupun Polri adalah Rp 1.476.600 per bulan untuk tamtama prajuritt dua/kelasi dua (TNI) dan Bhayangkara Dua (Polri) . Bagi rekrutan yang baru masuk di Kepolisian dengan pangkat Brigadir akan menerima gaji sebesar Rp 2.009.900 per bulan.

Tabel Gaji Pokok TNI dan Polri 2014:

1. Tamtama dan Bintara

Gaji Tamtama dan Bintara TNI Polri

2. Perwira

Gaji Perwira TNI Polri

Download:

PP No 35 Tahun 2014

PP No 36 Tahun 2014

Baca juga:  Panglima TNI: Presiden Akan Umumkan Remunerasi TNI

19 thoughts on “Daftar Gaji Pokok TNI dan Polri Tahun 2014

  1. GJI POKOK 5 JUTA tapi tunjangan bisa 100 juta an bro, sarwa wae bro, contoh Ahok Gaji pokok 3,5 juta tapi yg dirterima per bulan 700 juta ; aturan tai ne negara,,,,,,,,,,,,,,,

  2. Siang,,pak setagu sya mau tanya ttg knaikan gaji 6% tu kpn si mulai dinaikanya apa awal th 2015 atau sudah mulai dri 2014.,?? Trimaksh

    1. Kenaikan ini mulai januari 2015, jadi tiap tahun pada bulan Agustus Presiden menyampaikan Nota Keuangan di DPR salah satu isinya ttg kenaikan gaji PNS yang berlaku pada tahun anggaran berikutnya.

  3. Aslkm pak, pak maaf mau tanya kenapa ya sampai skrg gaji 13+ uang rapel suami saya blm cair.padahal yg lainnya sdh cair smua, punya suami saya sendiri yg gak cair. Perna ditanyakan ke jubar katanya kppn nya salah ketik no rekening, kok bisa begitu ya pak?makasih pak atas jawabannya.

  4. waa ternyata gaji polisi cuma segitu,pangkat jendral aja gak nympek separuh dari gaji ane di perusahaan swasta yg bisa d bilang abal2. tapi kk aneh ya pada kaya tu polisi,haha aneh,
    aq aja gaji 8jt sebulan blum bisa tu bikin rumah besar2 kya bripda sbelah rumahq,hahaha lucu

    1. kalau setahu sya pak hendra, itu hanya gaji pokoknya pak hendra, belum uang makannya yg hampir jumlahny sma dg gaji pokok.. jd yg dterima tiap bln 2x lipatnya dstu. blom lg klo ad tunjangan” bulanan lainya sperti remunisasi,dll. blom lg klo polisi bisa dpt ceperan dr uang nge-PAM, PAMPRES,PAMPEMILU dll..
      mungkin yg perlu di analisa adlah pengeluaran anda pak hendra, meski pemasukany lbih bnyak klo pengelolaan uangy kacau, ya g jadi apa”. hehe
      tetangga sblah ku juga polisi,dia juga udah mapan punya rumah besar pake tingkat,hlamnya luas,barusan blnja mesin cuci baru, beli spda mtor honda biasa baru..dateng barengan.
      yg q salut sm tuh org g beli mtor laki yg hrgy 20jtan lbih, nah mgkin bedanya dsitu tuh pak hendra..

  5. Pak setagu,berarti PP dan SE ini sdh termasuk utk pensiunan ya?dan akan dicairkan berbarengan dgn gaji PNS yg msh aktif?

    1. @mbak Rika, mengacu tahun-tahun sebelumnya:
      1. PP Kenaikan Pensiun ada tersendiri ditandatangani bersamaan dg kenaikan gaji PNS
      2. PP diundangkan/dirilis 3-4 minggu setelah PP gaji
      3. Pembayaran gaji baru atau Rapel oleh PT Taspen 2-4 minggu setelah rilis tsb
      4. Jadi rapelan gaji pensiun kira-kira 1-2 bulan lagi

  6. Surat Edaran Direktur Jenderal Perbendaharaan nomor SE-22/PB/2014 Tentang Kenaikan Gaji PNS, TNI dan Polri dikeluarkan sebagai Juknis atas PP No.34, 35 dan 36 tahun 2014 tentang penyesuaian gaji pokok PNS, TNI dan Polri. Terbitnya SE-22/PB/2014 dimaksudkan agar pembayaran penyesuaian gaji pokok pada KPPN seragam.

    Pembayaran gaji bulan Juli 2014 diharapkan sudah menggunakan besaran gaji pokok baru dan kekurangan gaji mulai bulan Januari 2014 baru bisa diajukan ke KPPN setelah aplikasi GPP diupdate.

    http://bendahara-apbn.blogspot.com/2014/06/se-22pb2014-tentang-kenaikan-gaji-pns.html?m=1

  7. BANG SETAGU MW NANYA NIH …DASAR PEMBAYARAN GAJI KE-13 DASAR GAJI BULAN JUNI ATW GAJI JULI ?..MASALAHNYA GAJI JUNI KAN MASIH MENGGUNAKAN GAJI POKOK LAMA…MOHON PENCERAHAN

    1. inilah salah satu dampak keterlambatan penerbitan PP kenaikan gaji, solusinya menurut saya harus ada pasal dlm PP Gaji 13 nanti yang mengakomodir kenaikan gaji misalnya gaji 13 berdasarkan bulan juli atau klausa lain yg intinya tetap memperhitungkan kenaikan gaji.

    1. Penandatanganan berbarengan dengan PP kenaikan gaji PNS TNI/Polri namun rilisnya biasanya sekitar 2 minggu setelah PP gaji PNS diundangkan

    1. Sekarang ini posisi perbendaharaan menunggu PP resmi diundangkan, indikator mudahnya jika PP 34/35/36 tahun 2014 sudah diupload di situs pemerintah misalnya setkab.go.id. Kalau sdh diundangkan SE atau juknis langsung diterbitkan juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.