Tabel Biaya Perjalanan Dinas PNS

Perjalanan dinas adalah perjalanan ke luar tempat kedudukan baik perseorangan maupun secara bersama yang jaraknya sekurang-kurangnya 5 (lima) kilometer dari
batas kota, yang dilakukan dalam wilayah Republik Indonesia untuk kepentingan Negara atas perintah Pejabat yang Berwenang, termasuk perjalanan dari tempat kedudukan ke tempat meninggalkan lndonesia untuk bertolak ke luar negeri dan dari tempat tiba di lndonesia dari luar negeri ke tempat yang dituju di dalam negeri.

Komponen Biaya Perjalanan Dinas
  1. uang harian, terdiri dari uang makan, uang saku, dan transport lokal;
  2. biaya transport pegawai;
  3. biaya penginapan;
  4. uang representatif;
  5. sewa kendaraan dalam kota.
Biaya perjalanan dinas digolongkan dalam 6 tingkat :
Tk Pejabat/PNS Uang Harian Biaya Transport Biaya Inap Uang Repre sentatif Sewa Kendaraan Dlm Kota
A Pejabat Negara (Ketua/Wakil Ketua dan Anggota Lembaga Tinggi Negara, Menteri dan setingkat Menteri); Provinsi Bisnis Bintang Lima – Suite 200.000/hr 500.000/hr
B Pejabat Negara Lainnya (termasuk Gubernur/Wakil Gub dan pejabat yang setara) dan Pejabat Eselon I; Provinsi Bisnis Bintang Empat – Deluxe 150.000/hr
C Pejabat Eselon II; Provinsi Ekonomi Bintang Empat – Deluxe 100.000/hr
D Pejabat Eselon III/Golongan IV; Provinsi Ekonomi Bintang Tiga – Standard
E Pejabat Eselon IV/ Golongan III; Provinsi Ekonomi Bintang Dua – Standard
F PNS Golongan II dan Golongan I. Provinsi Ekonomi Bintang Satu – Standard
Baca juga:  Tunjangan Fungsional Jaksa Naik 300%

Keterangan :
* Tranportasi Pesawat Udara
**Gubernur/Wakil Gubernur/Pejabat yang setara uang representif 200.000/hari dan sewa kendaraan Rp 500.000/hari.

Berdasarkan data di atas, kita ilustrasikan seorang pejabat eselon II berkedudukan di Semarang akan melakukan perjalanan dinas ke Jakarta selama 2 (dua) hari , maka biaya perjalanan dinasnya sbb:

No Komponen Indeks Waktu Jumlah Ket
1 Uang harian 525.000  2 hari 1.050.000 Lumpsum
2 Biaya transport pegawai; 2.040.000  PP 2.040.000 Riil
3 Biaya penginapan; 1.000.000  2 malam 2.000.000 Riil
4 Uang representatif; 100.000  2 hari 200.000 Lumpsum
5 Sewa kendaraan dalam kota.  –  –  –
Total Biaya Perjalanan Dinas 5.290.000

Keterangan:
*Indeks Semarang-Jakarta dan kota/provinsi lainnya bersumber dari Standar Biaya TA 2012
** Perjalanan dinas ke luar negeri berbeda indeksnya

Dilihat total jumlahnya, 2 kali jumlah gaji pokok golongan III A (bahkan lebih).

Perjalanan dinas dilakukan berdasarkan SPPD (Surat Perintah Perjalanan Dinas) yang diterbitkan oleh Pejabat yang Berwenang. SPPD tersebut semacam pertanggungjawaban yang mencantumkan maksud pejabat pemberi perintah perjalanan dinas, transport yang digunakan, tempat tujuan dll. Jika sudah sampai ditempat tujuan maka harus ada otorisasi pejabat yang berwenang tentunya dengan tanda tangan dan stempel instansi tujuan.

Baca juga:  Gaji Wakil Menteri

Faktanya berdasarkan audit BPK  ada penyimpangan-penyimpangan dalam perjalanan dinas yang paling banyak perjalanan dinas fiktif dengan SPPD fiktif, bahkan sampai pemalsuan ticket boarding pass (bekerja sama dengan agen penjualan), mempersingkat/mengelabui waktu perjalanan dinas.

Satu lagi dalam perjalanan biasa boleh membawa keluarga namun tidak dibiayai negara, harus dengan biaya sendiri.  Keluarga yang bisa dibiayai negara hanya pada perjalanan dinas tertentu seperti pindah dinas dan penjemputan/mengantarkan pemakaman bagi pejabat yang meninggal.

Peraturan yang terkait (silakan googling)
1.Standar Biaya TA 2012
2.PMK No. 07/PMK.05 /2008
3.PMK No. 45/PMK.05/2007

44 thoughts on “Tabel Biaya Perjalanan Dinas PNS

  1. kalo di tempat saya, pegawai disuruh pergi dulu pake uang sendiri, pulangnya baru nagih ke bendahara.
    lha kalo nggak punya duit gimana?

  2. 😛 Ane bukan PNS, tp merhatiin komen2 diatas, ane punya kesimpulan bhw negara ini memang belum diurus dg bener. Buktinya sama2 PNS (yg menurut sebagian besar pegawe swasta, bukan pngusaha hidup lebih enak dg gaji diatas peg swasta)gak sama terima perjadinnya. Tetangga ane, S1 baru 2 thn PNS, kalo keluar kota bisa bawa uang gak kurang dari Rp. 1 jt perhari. wah…… bgm ya?

  3. klo masih atcost atau biaya riil masih mending, tapi hampir diseluruh Pemda masih menggunakan lumpsum alias percaya aja sama si pns yg melakukan perjalan dinas dan cukup tandatangan kwitansi penerimaan beres, gawat tuh di pusat masih lebih mending…

  4. iya bagi pns yang hanya golongan rendah yang biasa bekerja dilapang kadang-kadang uang perjalanan dinas habis dilapang, itupun kadang-kadang hanya sedikit yang bisa dinikmati, pemerintah seharusnya juga perhatikan berupa satyalencana bagi pns berupa masa kerja terendah sampai yang tertinggi sesuai UU. jarang juga media elektronik yang menyiarkan pns berprestasi, saya setuju dengan bang yanz.

  5. ???????????? jadi bingung klo dngarin berita ttg knaikn gaji atau remunerasi kenapa???? yg ktenye penghasilan berlipat lipat apaaann buktinya sk cpns hingga sk terbaru masih sekolah di bang duit hingga strata 10 non gelaaar lgi binguuung….tapi alhmdulillah hingga kini ana masih mensyukuri bahwa itulah nikmat tertinggi buat ana dari Allah swt dibanding msih banyak disekitar ana yang tangannya mengadah keatas syukur …. sukur syukur Allah maha adiiiil.

  6. apa parameter dan standar penetapan uang harian…apa pakai standar nasional…kalau mau riil ntar kuitansinya dimark up…

  7. jgn singung Gaji kemenkeu, Pajak,Beacukai,Pejabat Polri karena mereka Anak Emas Presiden &mengatur keuangan Negara……utk Gaji pegawai Kemenkeu terendah saja 6 juta…Dasar Perampok Semua,taat beragama tapi tetap saja PERAMPOK…yg tidak merasa jgn tersinggung…beribadah saja dgn benar..OK.byby…..

    1. masa bro paling rendah 6 juta. saya punya kawan di kemenkeu ga nyampe 6 juta gajinya. kemenkeu yang mana ya bro? terlalu provokatif kalo tidak tau jangan banyak omong. survei dulu baru ngomong 😀 :mrgreen:

  8. yang di contohkan diatas SPPD sekelas menteri, eselon I, II

    yah…wajar lah namanya jg pemberitaan,gak mantep kalo gak pake kecap

    Saya mengakui kalo Gaji PNS..sekarang kurang adil,,Apalagi kalo melhat Gaji Kemenkeu, pajak, Beacukai,”PEJABAT POLRI”.
    menurut saya boleh lah mereka lebih tinggi tapi juga jangan terlampau jauh..dgn yg lain selisih 1- 2 juta saja.
    toh label nya juga sama “Pegawai Negeri Sipil”.

  9. rakyat udah ga ngehargain pemimpinnya…karena yang diekspose ya kejelekan2, ga ada yang mendidik sama sekali, isi berita hanya fitnah, tawuran, kerusuhan yang bisa ngebakar emosi semua…..saya sebagai PNS pun bisa aja dibilang difitnah karena apa????selalu media menyebut nama PNS dengan hurup besar untuk berita2 negatif, jadi kita yang ada dalam PNSnya pun jadi ikut ke bawa…makanya sebutin aja nama orang n bilang aja pegawai dilingkungan instansi mana, ga perlu disebut PNSnya…..didiklah bangsa kita mnjadi lebih baik lewat media, jangan hancuurkan bangsa ni dengan provokasi yang ga ada manfaatnya……………….

    kami PNS itu adalah masyarakat yang bs masuk lembaga negara ini bukan karena dipilih oleh rakyat atau kalangan tertentu(tapi karena hasil seleksi yang fair dan usaha kami)dan hasil dari usaha kami menuntut ilmu sekian lama untuk ngabdi pada negara……………………… maaf ga termasuk bagi PNS yang diangkat dari honorer, im sorry to say….

    Mohon Media beritakanlah berita2 posuitif pada masyarakat, agar kita bisa dengan mudah untuk bekerjasama dengan masyarakat membangun negeri ini, kalo untuk anggota DPR maaf mereka tidak sama dengan kami PNS

  10. gw setuju ama andri…..terlalu bebas media n berita ni…lebih baik kembalikan aturan buat media seperti orde baru….bisa ancur negara ini kalo dibiarin

  11. skarang krusuhan dan amuk massa, tawuran, bentrok massa dg aparat akibat provokativ media massa krn membesar2kan dan mengulang berita sampai 5 kali dlm sehari agar beritanya laku dan terkenal

  12. ikut nimbrung…
    ane jg pernah ikut perjalanan dinas.
    jangan dilihat nilai total’a, karena yg kita terima itu cm lumpsum saja..itu pun ga 100%, karena pasti ada potongan macam2.
    misal dinas 5 hari, lumpsum @400 ribu/hari, yg kita terima tdk serta merta 2 jt, paling banter 1,5jt, karena kantor butuh jg taktis terutama buat jamu tamu yg sebulan bisa sampai 10 hari tamu datang

  13. ❗ 😛 yAH SEMUA PADA SALAH PAHAM, YG BUAT TLSAN JG GAK LENGKAP, SUMBER JG GAK JLS! ILUSTRASINYA JGN HANYA UTK PEJABAT ESELON II, KITA PNS YG GOL IIIB DGN SPPD PRAKTEKNYA KLU UTK 3 HR HANYA DPT UANG SANGU 350RB. MALAH TMN2 YG DR LBG PNDIDIKAN BANYAK YG GAK DPT SANGU. REMUN JG SEBETULNYA HANYA UTK NYAMBUNG HIDUP KRN GAJI SDH HABIS DIPOTONG HUTANG.

  14. ADA GA 2 MEDIA ITU SEBUT AJA METRO DAN TV 1 , YANG NYIARIN TENTANG PNS2 BERPRESTASI ATAU PNS YANG TELAH MENGABDIKAN DIRINYA AMPE PENSIUN, ATAU SEDIKIT KEBAIKANNYA…YANG ADA PEMBESAR2AN KESALAHAN YANG LUAR BIASA MEGAHNYA DI MEDIA2, KASIAN SEKARANG PARA ABDI NEGARA JADI KAMBING HITAM UNTUK MENAIKAN PAMOR KALANGAN TERTENTU..HEBAAAT LANJUTKAN AJAAA……..BIAR BANYAK KERUSUHAN DI NEGERI INI

  15. @TUKANG SIKAT : ANDA BISA BICARA SEPERTI ITU KARNA ANDA HANYA BEROPINI SAJA……D KANTOR SAYA SAJA SEGALA ANGGARAN SEKARANG DIPOTONG UNTUK KEPENTINGAN PEMERINTAH, SEDANGKAN KEGIATAN INGIN BANYAK, AMPE UANG MAKAN KITA PEGAWAI ADA YANG GA DIBAYARKAN U NTUK NUTUPIN ITU SEMUA……WALAU LELAH KITA IKHLAS KO, YANG KITA TIDAK IKHLAS ITU OPINI MEDIA YANG SANGAT PROVOKATIFFFF, JANGAN SAMAKAN PNS DENGAN ANGGOTA DPR YANG JELAS2 MEREKA ITU EMANG KORUPTOR SEJATI, KEMAREN DI MEDIA METRO APALAGI, MEMBAHAS PERJALANAN DINAS PNS YANG KATANYA ADA INDIKASI BAWA KELUARGA KAYA DPR, YANG BNR AJA LAAHHHH BERITANYAAAA, KALO ANGGIOTA DPR ITU MUNGKIN KALO PNS JUSTRU NINGGALIN KELUARGANYA KALO PERJALANAN DINAS, KALO MAU JAGAN SEBUT PNSNYA…SEBUT AJA INSTANSINYAAA!!!!!!!!!!!!!!! PAK PENEGAK HUKUM KALO MAU CARI DALANG KERUSUHAN ITU BUKAN ORANGNYA TAPI MEDIAAA YANG JELAS23 PROVOKATOR SEJATIIIIII!!!!!!!!

  16. media massa dan cetak kerjanya hanya sbg provokator mengompori massa dan rakyat spy demo dan rusuh wajar jaman ORBA media massa dikontrol oleh pemerintah

  17. media massa dan cetak skarang jadi provokator biang krusuhan massa wajar jaman ORBA dikontrol oleh pemerintah. kerjanya media massa skarang mengompori massa dan rakyat spy demo dan rusuh

  18. Betul, tidak semua PNS bisa menikmati yg seperti itu. semua kembali ke kebijakan pimpinan masing2. saya aja mundur dr PNS krn merasa kurang nyaman dgn status itu..tdk seperti yg terlihat dr luar.cmiiw

  19. cuma mau melengkapi peraturan tentang perjalanan dinas:

    1. PMK No. 45/PMK.05/2007
    2. PMK No. 62/PMK/05/2007
    3. PMK No. 07/PMK.05/2008
    4. Perdirjen Perbendaharaan No. Per-21/PB/2008

    1. Aturan tentang Perjalanan dinas terkait besaran uang harian, transport dll diatur dalam PMK tentang Standar Biaya Masukan (Standar Biaya Umum-dulu). setiap tahun ditetapkan PMK tentang SBU ini, yang terbaru PMK No 36/PMK.05/2012 tentang revisi SBU 2012 (PMKnya lupa) dan PMK No 37/PMK.05/2012 tentang SBU 2013… bisa didownload di website dirjen anggaran kemenkeu

  20. EMANG pARAH …KITA PNS HANYA JADI LADANG BERITA MEDIA YANG SERING JADI PROVOKATOR…SALAH DIKIT LANG EKSPOSE BESAR2AN…..KESEJAHTERAAN PNS GA SEBESAR APA YNG DIBERITAKAN…REMUNERASI MAJU MUNDUR MAJU MUNDUR…….ORANG2 YANG BERKATA MIRING TENTANG PNS MUNGKIN MEREKA2 YANG GA KETERIMA JADI PNS…KALO YANG DAH SUKSES N DAH JADI PENGUSAHA GA DA TUH YANG KOMEN2 APAAGI NYUDUTIN……PEMERINTAH YANG TEGAS DONG !!!!!!!!KESEL GW

  21. ini ko beritanya menyesatkan yah.. kalo perjalanan dinas ya nerimanya cuma uang harian aja,, udah termasuk buat makan.. transport dan penginapan ya pns yang bersangkutan ga nerima.. jadi itung aja yang bisa dibawa pulang berapa? gimana si ini yang nulis berita??

    1. mas paijan jangan sewot dulu.. judul tulisan ini kan tabel biaya perjalanan dinas bukan yang diterima PNS dari perjalanan dinas…
      saya kebetulan bekerja sebagai PNS yang ngurusi keuangan jadi sedikit tau tentang itu. betul yang ditulis mas setagu bahwa komponen biaya perjalanan dinas memang seperti itu. teknis pelaksanaannya di beberapa instansi berbeda; ada yang seluruh biaya dibayarkan ke si pegawai kemudian si pegawai beli tiket sendiri bayar hotel sendiri dll. ada yang si pegawai tinggal terima uang harian, yang lain-lain termasuk tiket dan hotel diurus oleh kantor.

      1. iya mas pegawai kementan,, terimakasih atas koreksi nya.. tapi memang harus hati2 membacanya, karena yang merupakan hak pns dalam perjalanan dinas adalah uang hariannya saja..
        semoga tidak ada lagi penyimpangan2 dalam perjalanan dinas.. semoga kinerja PNS membaik dan tambah sejahtera.. amin

  22. Hehehe, komen ane sebagai seorang PNS sih, melihat berita diatas cuma miris aja, yg pertama karena gaji ga seberapa, dan perjadin yang ga besar diterima udah digunjingkan masyarakat. Pdhl saya sendiri yang rill saya terima paling hanya uang harian misal ke daerah hanya sbesar 700rban. itu pun utk 2 hari perjalanan, melek tolong pada masyarakat umum, kalau yang ada pemberitaan di media-media tidak terjadi diseluruh kementerian, instansi atau departemen, mereka hanya sebagian kecil saja, sebagian besarnya PNS tuh hidup dengan hutang karena SK di gadaikan. Jadi kpd masyarakat umum mohon bijak, menilai kondisi yang terjadi sebenarnya.

  23. Reumonerasi dulu baru hitung2an biaya perjalanan dinas…..
    PNS tuh gajinya kecil….kerjanya lumayan….salah dikit diPojokin ama Masyarakat dan media….parah jadi PNS….!!! Begini salah begitu salah….

  24. Klo orang bego ngeliatnya besar Rp 5.290.000 sekali jalan, tapi kenyataannya g segitu yg diterima. Uang tiket n hotel dibayar at cost jdnya kita g terima sepeserpun. Lagian berapa sih persentase PNS yg dapet jatah perjalanan dinas…? Ngasih contoh eselon II…Eselon II tuh klo di PNS Instansi Vertikal jabatan mentereng, klo di BUMN mungkin setingkat sama General Manager. Kroco aja klo di BUMN perjadinnya bisa lebih banyak dari PNS yang punya jabatan eselon III.

      1. :mrgreen: apalagi pns daerah yang cuman golongan II, parahnya kl tempat kegiatan ada di hotel yang mewah (yang mengadakan asalah pusat)… dan (kebetulan) gak dapet jatah kamar, mo nginep di hotel yang sama … tidak cukup duit (lebih mahal dari pergantian) .. mo cari hotel sekitar .. susah dengan rate tarif hotel yang ada .. dapet nya di ujung… (ongkos bolak balik nya lagi … hotel dan tempat kegiatan, makan dll masuk di transport.., jadi perjalanan dinas untuk prajurit kecil .. = nombok :mrgreen:

    1. betul… banyak yg bego… sy ja golongan 3b gaji gedean satpam PL* , Hampir sama dengan kabid saya, itu pun kalian yg bego2 yg ngrasain biaya listerix naik kan??? komen2 aja lu… emang segampang itu ambil duit di pemerintahan..

  25. uang transport ya kepake buat tiket pesawat mas bro..klo di kantor ane tiket pesawat yang bli protokol jadi kita pns yang pejadin ga segitu juga gedenya..

  26. 😆 mudah2an perjalan dinas nya bener di pake buat ngurus negara bukan SPJ ajah
    🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄

  27. wkwkwkw… PNS PNS gak ada yang komen oey… kalau remun belum cair-cair pada berebut komentar…. 😆 😆

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.