Progres K/L Yang Diusulkan Menerima Tunjangan Kinerja 2013 – 2014

Banyak email yang masuk lewat inbox menanyakan kapan tunjangan kinerja atau remunerasi di Kementerian/Lembaga, semoga postingan ini bisa membuat lebih jelas.

Untuk memperoleh gambaran Progres Reformasi Birokrasi Kementerian/Lembaga yang diusulkan menerima tunjangan kinerja tahun 2013 – 2014 maupun K/L yang belum, perlu diuraikan secara kronologis. Sebelumnya penting dimengerti proses pengajuan usulan reformasi birokrasi untuk mengetahui sejauh mana usulan tersebut disetujui :

• Kementerian/Lembaga mengajukan Dokumen Usulan dan road map Reformasi Birokrasi Kepada Kemenpan dan RB.
• Kemenpan RB melakukan penilaian kesiapan program Reformasi Birokrasi :

  1. Penilaian dokumen usulan K/L
  2. Penilaian dokumen Road Map dan Quick Wins
  3. Pengecekan kelengkapan lampiran dokumen usulan dan road map, dan
  4. Verifikasi lapangan

3 (tiga)  aspek pertama penilaian dilakukan dengan Desk Analysis pada kelengkapan dan kualitas isi, baru kemudian dilakukan langkah selanjutnya yaitu verikasi lapangan.

Verifikasi lapangan bisa dilakukan jika penilaian dokuman maupun kelengkapan sudah memenuhi syarat. Pelaksanaan verifikasi lapangan melalui metode wawancara dan observasi dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dan pemahaman reformasi birokrasi  di K/L tersebut.

Tahun 2011

16 K/L sudah mengajukan usulan Reformasi Birokrasi yang telah kepada Kemenpan dan RB. Kementerian /Lembaga tersebut proses penilaiannya dilanjutkan pada tahun 2012, yaitu : 

Kemen PU, Kemen LH, Kemenhub, Kemendikbud, KemenParekk, Kemenpora, Kemen KP, LAPAN, Bapeten, Kemdag, Kemhut, Wantannas, Kemlu, Kemenkes, Kemkertrans dan Kemendagri.

Tahun 2012

Tahun 2012 hampir semua K/L sudah mengajukan usulan reformasi birokrasi tepatnya ada tambahan 22 K/L yang diproses bersama 16 K/L awal. Ke-22 K/L tersebut adalah:

Kemenag, KemenSDM, BSN, Badan Informasi Geospasial, Kemensos, Basarnas, Setjen Ombudsman, Setjen DPD, Setjen KY, BNPB, BPN, Kemenkominfo, BMKG, Bakorkamla, BNP2TKI, Kemen PDT, Perpusnas, BIN, Setjen DPR, Kemenkop UKM, Setjen MPR, dan Setjen Komnas Ham

Selama tahun 2012 Kemenpan melakukan penilaian terhadap semua usulan reformasi birokrasi berdasarkan syarat dan parameter yang sudah ditentukan. Terhadap usulan RB yang sudah lengkap, periode pelaksanaan verifikasi lapangan dilakukan bulan Agustus – Oktober 2012.

Hasil penilaian kemudian diajukan kepada Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional (KPRBN), berikut hasilnya :

Daftar 23 K/L Lolos Passing Grade diusulkan menerima Tunjangan Kinerja tahun 2013 :

No K/L
1 Kementerian Perdagangan
2 Kementerian Kesehatan
3 Kementerian Pekerjaan Umum
4 Kementerian Luar Negeri
5 Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional
6 Kementerian Komunikasi dan Informatika
7 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
8 Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi
9 BNP2TKI
10 Kementerian Kehutanan
11 Kementerian Dalam Negeri
12 Badan Pengawas Tenaga Nuklir
13 Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat
14 Kementerian Kelautan dan Perikanan
15 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
16 Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
17 Badan Intelijen Negara
18 Perpustakaan Nasional
19 Kementerian Lingkungan Hidup
20 Badan Koordinasi Keamanan Laut
21 Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional
22 Kementerian Perhubungan
23 Kementerian PDT

Daftar 10 K/L Lolos Passing Grade Diusulkan Menerima Tunjangan Kinerja tahun 2014 :

No K/L
1 Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral
2 Badan Standarisasi Nasional
3 Badan Informasi Geospasial
4 Kementerian Sosial
5 Badan SAR Nasional
6 Setjen Ombudsman
7 Setjen DPD
8 Setjen KY
9 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)
10 Badan Pertanahan Nasional (BPN)

Daftar K/L tidak lolos Passing Grade dan harus proses ulang usulan Reformasi Birokrasi :

No K/L
1
Kementerian Agama
2
Kementerian Koperasi dan UKM
3
Kementerian Pemuda dan Olahraga
4
Setjen MPR
5
Setjen Komnas Ham

 

Daftar K/L Belum mengajukan usulan Reformasi Birokrasi :

No K/L
1
Kementerian BUMN
2
Setjen MK
3
Setjen KPU

 

comments

149 Comments

  • FAJAR
    June 12, 2013 - 7:20 am | Permalink

    Mas Setagu, mau tanya? apa benar untuk K/L yang sudah menerima tukin di 2012, harus menunggu hasil audit BPK, kemudian mendapat WTP, baru bisa menerima tukin di 2013? terima kasih

    • Setagu
      June 12, 2013 - 10:19 pm | Permalink

      hampir sama dg pertanyaan dibawah, setahu saya tdk ada aturan spt itu, kalau belum dibayarkan biasanya ada kendala pertanggungjawaban spt dokumen pendukung, atau blm ada SOP K/L soal tunkin.

      • FAJAR
        June 13, 2013 - 7:16 am | Permalink

        terima kasih mas he,,he,,

  • Jenderal
    June 12, 2013 - 9:25 am | Permalink

    Polri kapan nih tunjangan kinerjanya naik. :?: :roll:

  • andriiiiii
    June 12, 2013 - 9:34 am | Permalink

    kapan neh dibahas ke DPR nya n apa langsung turun PP nya tuh heheheh

  • pns kere
    June 12, 2013 - 1:04 pm | Permalink

    lama banget sih ini tukin, gak jelas banget.. udah kere, jadi semakin kere deh.. :evil:

  • bego
    June 12, 2013 - 2:32 pm | Permalink

    Akhirnya BPN di tahun 2014 nanti :lol:

  • ilyas
    June 12, 2013 - 4:43 pm | Permalink

    Tukin Kem,Kelautan moga aja cepat turun ….biasa buat nutup lobang yg d sana sini

  • under_miner
    June 12, 2013 - 8:13 pm | Permalink

    om Setagu mau nanya,klo ada K/L yang tahun 2012 telah menerima tunjangan kinerja dengan opini BPK adalah WTP,kemudian pada tahun 2013 menjadi WDP,apakah ada kemungkinan tunjangan kinerja tersebut akan di cabut??ataukah ada prosedur lain??

    terima kasih
    salam

    • Setagu
      June 12, 2013 - 10:11 pm | Permalink

      halo om lama gak ketemu :grin:
      LIPI ya..
      Opini WTP bukan satu-satunya indikator keberhasilan pemberian tunjangan kinerja. Banyak indikator lain selain Opini WTP spt LAKIP, Integritas pelayanan publik, kemudahan ijin berusaha dll.

      Sampai sekarang belum ada aturan tentang pencabutan tunkin CMIIW, setahu saya BPK memang bisa merekomendasikan untuk pencabutan tunkin. Namun rekomendasi tersebut harus benar-benar mencerminkan kinerja seungguhnya K/L dlm menjalankan RB. Harus ada parameter yg jelas bg BPK itu merekomendasikan hal tsb.
      Jadi kemungkinan kecil ada pencabutan tunkin.

      Namun kemunduran Opini BPK adalah sebuah ironi dikaitkan dg indikator keberhasilan, krn menunjukkan adanya kemunduran Reformasi Birokrasi di K/L tsb, solah-olah hanya mengejar tunjangan kinerja semata.

      Lebih ironis lagi Kemenpan dpt WDP juga..turun dari tahun lalu :oops:

      • under_miner
        June 13, 2013 - 10:55 pm | Permalink

        hihihi…om setagu langsung buka kartu nih…

        lega rasanya jika memang opini BPK saat ini bukan indikator utama,sehingga indikator yang lain bisa tetap dipertahankan,bahkan ditingkatkan,ujung-ujungnya tunjangan kinerja pun masih bisa kami dapatkan

        terima kasih banyak om

        salam

        • eaaa
          June 18, 2013 - 4:48 pm | Permalink

          eaaa karang sambuuung.. uhuuuyy

  • June 12, 2013 - 8:46 pm | Permalink

    Kapan ya tunjangan kinerja Kementerian Pertanian untuk tahun 2013 dapat cair? Faktor-faktor apa yg menyebabkan tunjangan kinerja di Kementerian Pertanain tdk dpt cair untuk setiap bulannya?

    • H. Joko Manding
      June 14, 2013 - 9:30 am | Permalink

      faktor pustun ame jawa sarkiyah tuh,..hohohoho

  • berharap tunkin
    June 12, 2013 - 9:11 pm | Permalink

    semoga PP nya kluar tahun ni.amin

  • adi
    June 13, 2013 - 12:30 am | Permalink

    Mas setagu maaf ne mw Tanya…

    Kata nya kemenPU tidak siap melaksanan RB tahun ini karna masalah manajemen aset….
    Apa betul!!

    • syahrul amin
      June 17, 2013 - 8:33 am | Permalink

      bang stagu..bapeten ada masalah soal turkin nya? mkash

  • depag
    June 13, 2013 - 4:22 am | Permalink

    Kasihan kemenag….. mungkin slamanya gk lolos…

    • wuri
      July 1, 2013 - 4:19 pm | Permalink

      kaciaaaaan deh :twisted: :twisted: :twisted:

    • mangju
      August 17, 2013 - 7:17 pm | Permalink

      wjar sj kemenag blum remun,,,,krn satkernya sngat bnyak,,,,klo mau jujur BPS sdh remun,,,tp coba lihat kinerjanya,,ngurus data BALSEM aja gak becuuuuuuuuuuussssssssssssssssss,,,

  • edm135
    June 13, 2013 - 9:05 am | Permalink

    mas setagu,
    kalau boleh tahu kenapa kemenag tidak lolos pasing grade, karena ditempat kami sudah :
    1. WTP
    2. setiap satker sudah diwajibkan absen denga finger print
    3. Sudah dibuat deskripsi jabatan yang jelas dan juga sudah di lakukan reorganisasi/mutasi besar besaran untuk memaksimalkan fungsi kerja masing masing orang…

    • Santri Liberal
      June 13, 2013 - 11:37 pm | Permalink

      Mgkn kemenag msh tahap perbaikan stlh gencar2nya kasus korupsi Quran…,, jd sbar aj kawan…laen K/L yg laen kurang lebih lah;

      kemenpora dpt sandungan Hambalang,,,
      kemenkop dan UKM lg apes bnyk kredit macet,,,

      tp kira2 neh.. Kemen BUMN —-badan Usaha-nya negara— tenang2 saja krn “usaha”nya lancar2 saja so ngapain remun2 sgl… tnya tc yg udh remun,, diitung2 dikasihnya keliatan banyak,, tp bro… mintanya balikannya lebih banyak nemen… mau sugih usaha diluar gen…

    • depag
      June 14, 2013 - 4:05 am | Permalink

      Kalo birokrasinya msh sprti skrang jgn berharap bs lolos deh….. kaloupun lolos ntar terakhir sndiri….

    • mangju
      August 17, 2013 - 7:30 pm | Permalink

      dr dlu orng sdh gk stuju dg kmenag,,mlhan ada wcana tuk mmbubrkannya,,,dismping itu para pengambil kputusn d negeri ini sdh trindiksi k dlam JIL,,,,,

      • teuku
        October 9, 2013 - 1:33 pm | Permalink

        kalo ulama lapar agap aja puasa, kalo gayus lapar baru kurang ajar, itulah negara ini kalo korupsi sedikit2 jadi bayk masalah tapi kalo korupsi besar-besaran baru dapat perhatian

  • Agin
    June 13, 2013 - 10:20 am | Permalink

    mas setagu kira2 kapan yang 23 KL mulai dibahas oleh DPR bersama Kemenkeu yg selanjutnya akan trn perpresnya n kira2 apakah sama besarannya dgn 20 KL yg duluan terima

  • June 13, 2013 - 11:08 am | Permalink

    mas setagu mau nanya tunkin untuk kemenhub apa thn 2013 cairnya mohon pencerahan trimakasih…

    • tegal
      June 13, 2013 - 1:29 pm | Permalink

      @ iwan….kalo cair akhir tahun 2013 kan rapelannya banyak.

  • James
    June 13, 2013 - 11:53 am | Permalink

    Horeeeeeee tunjangan kinerja 2013 selama 3 bulan pertama dah cair

  • fian
    June 13, 2013 - 2:16 pm | Permalink

    kementerian agama..hmmm..belum berhasil..smoga pak menteri dan para petinggi di kemenag memikirkan nasib kami, PNS di bawah…jangan hanya berfikir golongan dan kelompok masing2 :razz:

    • depag
      June 14, 2013 - 4:08 am | Permalink

      Kasian…..

      • Jus Sabrah
        July 16, 2013 - 9:23 am | Permalink

        sabar aja, klo udh rejeki pasti datang :smile:

    • mangju
      August 17, 2013 - 7:32 pm | Permalink

      sbar sja bro,,,nnti kta bikin negeri bru n kmnterian bru,,,pkknya srba baru,,,,ok,,

  • edo
    June 13, 2013 - 3:02 pm | Permalink

    mas admin, kementerian dalam negeri kan diusulkan dapat TUKIN tahun 2013. apakah PNS Pemda yang notabene adalah pegawai kemendagri juga dapat tukin 2013?

  • Pengamat Koment
    June 13, 2013 - 8:58 pm | Permalink

    Pengalaman tahun kemarin, tukin baru dibahas di dpr bila postingan ini mencapai 1000 koment… pecahkan rekor koment

    • echy ajja
      June 13, 2013 - 10:31 pm | Permalink

      ayo teman2 komen banyak2 biar cepat dibahas do DPR, he…..he….he….

  • June 13, 2013 - 9:36 pm | Permalink

    Bagi Yang Ingin Mendapatkan Tunjangan Kinerja Harus Memenuhi Syarat Sebagai Berikut :

    1. Usia Min 17 Tahun Keatas
    2. Tidak Pernah Korupsi
    3. Tidak Pernah Kolusi
    4. Tidak Pernah Nepotisme
    5. Tidak Pernah Menerima Tunjangan Selain Gaji
    6. Tidak Pernah Absen
    7. Tidak Pernah Cuti
    8. Tidak Pernh Sakit
    9. Tidak Pernah Ijin
    10. Tidak Pernah Menerima Upeti Dari Pihak Manapun.

    Apabila 10 Point Tersebut Bisa Dilakukan Makanya Tunjungan Kinerja Berhak Anda Dapatkan.

    Terima Kasih

  • echy ajja
    June 13, 2013 - 9:43 pm | Permalink

    Apakah PNS Kantor Camat juga bakalan dapet TUKIN, kan termasuk mendagri yang katanya uda diusulkan, tapi kapan yah???

  • echy ajja
    June 13, 2013 - 10:01 pm | Permalink

    Apakah PNS Kantor Camat juga bakalan dapet TUKIN? kan termasuk Kemendagri jg yang katanya uda diusulkan, tapi kapan yah???

  • obs
    June 15, 2013 - 2:36 pm | Permalink

    kecamatan bukan trmasuk k/l, yang dpt kementriannya, bkn pns pemda, remunnya pemda tunjangan daerah sesuai kemampuan daerah

  • June 19, 2013 - 12:34 pm | Permalink

    Untuk yang kemendikbud apa yg menerima tukin hanya tenaga administrasinya saja,,ataukah juga dengan dosen????kalau iyo enak bener selain dapat tunjangan profesi,,tunjangan gb,,mereka juga dpat tunjangan kinerja,,,

  • lia
    June 21, 2013 - 9:59 pm | Permalink

    K/L yang tunkin tahun 2012 maren cairnya akhir desember sesuatu banget dech….. mungkin yang cair tahun ini akhir desember juga…bakal kaget liat rekening heheeeee…….

  • lia
    June 21, 2013 - 10:03 pm | Permalink

    untuk PNSD n Profesi lain kalian kan udah ada Tunjangan Daerah, Guru ada Sertifikasi guru, tau ga seh pegawai K/L tuh ga ada tunjangan kayak kalian, apalagi yang di perwakilan provinsi, cuma bisa mangap liat orang2 pemda provinsi, nah sekarang adil….lagian kami udah bukan finger print lagi, tapi hand key 5 jari absennya….jam 7.30 – 16.00 tapi realitanya masuk harus jam 7.30 kalo pulang banyakan lembur n ga diitung sama sekali…..etos kerja yang jelas sgt berbeda!!!!!!

    • abdillah
      June 25, 2013 - 6:50 am | Permalink

      iya.. Lu orang pns pusat bakal enggak kena bacok sama warga, tapi kami pns daerah kena maki dan ada yang kena bacok ama warga…. Paham lu

  • Jongos Mentri
    June 24, 2013 - 6:19 pm | Permalink

    banyak2 berita progressnya doank,,, realisasinya yg jls bukan tahun ini sob,,, :?: :mad:

  • abdillah
    June 25, 2013 - 6:52 am | Permalink

    kami pns ktr camat bisa di bakar warga…
    Tapi lu para pns pusat enak2kan lu duduk di kursi…

    • gita erlangga
      June 30, 2013 - 9:41 am | Permalink

      Kami PNS pusat masuk tepat waktu, pulang juga demikian, bandingkan PNS yang ada di kantor camat :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll:

  • wong depag
    June 27, 2013 - 11:03 am | Permalink

    Alhamdulillah kemEnag tidak jadi remun, urusan dunia saja tidak lolos bagaimana kalo urusin akherat ya……

    • teuku
      October 9, 2013 - 1:38 pm | Permalink

      dikit uang dikit diperiksa di akhirat yaa :grin: :grin: :grin:

  • Heni Kemenag
    June 27, 2013 - 7:27 pm | Permalink

    Bahan introspeksi buat Qt smua PNS Kemenag knp smpe ga lolos remun, ga usah cari salah orang laen. Qt benahi aja kinerja Qt masing2, Okaaay..!? SEMANGAAAAAT KEMENAG..

    • depag
      July 4, 2013 - 1:37 am | Permalink

      Ihlas beramal saja…..gak dapat remun sampe kiamat juga ihlas saja ya….

      • hamba Allah
        October 9, 2013 - 2:16 pm | Permalink

        Alhamdulillah 2014 kemenag Remunerasi… :twisted: kalo gk..berarti pemerintah gk adil :grin:

  • mangju
    June 28, 2013 - 1:14 am | Permalink

    BPS dapat remunirasi,,,,,pdhl ngurusin data aja gak becus,,,,,sungguh2 aneh,,,,

  • kakek
    June 28, 2013 - 1:17 am | Permalink

    klo kemenag th ini blum dpt remunirasi wajar,,,krn satkernya sngat2 bnyak,,,tp BPS yg nota bene cuma ngurusin data (amburadul) koq bisa REMUNIRASI,,,,????

  • Tk Survey
    June 29, 2013 - 1:52 am | Permalink

    BPN sabar…………

  • pegawai kemenkes
    June 30, 2013 - 4:53 am | Permalink

    om setagu,kl sudah sampai verifikasi lapangan apa gak lm lg PPnya ak trun?? Soalx dgr2 ada yg blng bulan juli ini remun bs cair..smoga..aamiin..

  • RANG_LAMO
    July 1, 2013 - 11:10 am | Permalink

    ada kabar kalau 23 k/l ini nanti tunkinya TMT 1 JULI 2013..apa ada info pembanding?

  • bowo
    July 5, 2013 - 1:36 pm | Permalink

    iya, katanya pp dah di meja presiden, tp belum di ttd. isunya juga tmt bulan juli 2013, mohon info yang terbaru bang setagu?

  • July 6, 2013 - 10:11 pm | Permalink

    Kalau Kementerian PDT tahun 2013 dapat remunerasi wajar karena tugasnya ngurusin daerah yang tertinggal, terpencil dan terisolir. Lagi pula dari hasil rapat dengan komisi VI BPK sekarang sudah dapat predikat WTP.

  • July 6, 2013 - 10:18 pm | Permalink

    Kalau tidak ada aral melintang mudah-mudahan bulan Juli 2013 bisa terealisasi

  • doni novian
    July 6, 2013 - 11:14 pm | Permalink

    om setagu kapan remunerasi kementerian perhubungan kira2 nih?

  • bowo
    July 8, 2013 - 8:13 am | Permalink

    gmn nih bang setagu, sy dah nanya dari tanggal 5 juli kok belum di tanggapi, ada info terbaru dari beberapa sumber di pusat, bahwa remun di berikan per tmt bulan juli 2013 bukan tmt bulan januari 2013, mana yang benar bang setagu, mohon tanggapan-nya?

  • bejo
    July 8, 2013 - 8:19 am | Permalink

    mas setagu kpn nih update info lagi??????

    • reki usman bali
      August 15, 2013 - 11:19 am | Permalink

      Belisetagu, tlg udate terbaru ttg kaanpelaksnaan mulai tmt mulainyaapa blnjanatu juli?

  • oneng
    July 8, 2013 - 12:32 pm | Permalink

    klo PP berlaku surut……berarti dapet rapelan dong….mantap :razz:

  • idha
    July 8, 2013 - 4:34 pm | Permalink

    pak setagu, kalau guru pns dpt remunerasi juga? Apa bedanya tunjangan remunerasi ama tunjangan sertifikasi guru dan dosen..? :smile:

    • Tetangga Setagu
      August 16, 2013 - 1:58 pm | Permalink

      Tunjangan Sertifikasi tidak sama dengan Tunjangan Remunerasi. Tapi jika PNS sudah mendapat Tunjangan Sertifikasi dan instansinya sudah ada remunerasi, maka tunjangan yang diberikan adalah mana yang lebih besar. TIDAK BOLEH DUA2 NYA….

  • irul
    July 9, 2013 - 2:22 pm | Permalink

    kenapa tunjangan kinerja 23 k/l thn ini, mulai d hitung dr bln juli 2013 tidak dr januari 2013?

  • Agin
    July 9, 2013 - 3:03 pm | Permalink

    utk 23k/L kapan TMT nya kita tunggu kabar selanjutnya !
    atw mungkin admin bisa menjawabnya !
    soalnya menurut isu beredar sblmnya TMT nya Per januari 2013.

  • tukang insinyur
    July 9, 2013 - 6:53 pm | Permalink

    Ada khabar Kementerian PU menerima tunkin terhitung mulai Juli 2013 dengan besaran 40% dan akan dibayarkan secara rapel akhir tahun 2013, betul nggak bung admin ?

  • Pencari Kejelasan
    July 9, 2013 - 7:46 pm | Permalink

    Bapak yang menagani website stagu yang terhormat, mohon maaf untuk melungkan waktunya, apakah benar kabar burung di luar yang menyatakan bahwa kelanjutan remunerasi bagi K/L yang lolos passing grade di tunda untuk menerima tunjangan remunerasi pada tahun ini dikarenakan dana digunakan untuk BLSM? Mohon informasinya agar kami tidak penasaran dan mengharapka yang tidak jelas. Sekian dan terima kasih mohon maaf kalo ada kata yg tidak berkenan dan mohon di tanggapi.

    • ngasi kejelasan
      July 10, 2013 - 4:20 pm | Permalink

      hadeeeeh, tunggu aja om. pakde setagu juga pasti belum tau, yang pasti kita sabar aja menunggu untuk distujui DPR dan kemudian perpresnya.

  • Setagu KW 1
    July 10, 2013 - 3:30 am | Permalink

    Semua yang sabar ,ditunggu aj..orang sabar disayang tuhan..

  • Liman Setiawan
    July 11, 2013 - 9:18 am | Permalink

    bersyukurlah….

  • Nilam Sachair
    July 17, 2013 - 5:17 pm | Permalink

    Om setagu ga brani bls coment,,,bis semuanya msh kabar burung, rapelan tunjangan fungsional peneliti dr bln agustus 2012 mpe januari 2013 aj blom cair2, gmn dgn remunerasi?,,,,msh mimpi kale yeeee,,,,,dananya mau d pake buat kampanye petinggi2 partai yg hanya mikirin kepentingan diri sendiri, BLSM cm kedok u mendongkrak partai politiknya pada pilpres 2014,,,,mdh2 Allah membinasakan org2 yg tdk bermoral tersebut!!!

  • lilik suhaeli
    July 19, 2013 - 7:56 am | Permalink

    Maaf, saya mau menanyakan apakah remunerasi kemendagri itu termasuk mencakup pns yg ada di pemkab/pemkot..? klo tidak, mohon infonya pemda mana saja yg sudah mendapatkan tunjangan kinerja pada tahun 2013 atau 2014. Terimakasih….

  • July 19, 2013 - 2:43 pm | Permalink

    kemenag kira2 kapan yach….remunnya… :smile:

  • suketi
    July 19, 2013 - 7:19 pm | Permalink

    pengalaman adalah guru yang terbaik karena dia tidak pernah meminta gaji, sertifikasi, remunerasi, dan tunjangan :mrgreen: :lol:

  • dez
    July 30, 2013 - 9:12 am | Permalink

    tukin kementan udah cair untuk ke-2 kalinya :grin: ..

  • gerha
    August 1, 2013 - 5:14 am | Permalink

    remunerasi tidak adil… bikin males kerja

    • saw
      August 1, 2013 - 9:32 am | Permalink

      betul, yang rajin jadi ikut2an malas. bukan kemajuan yg dicapai tetapi malah kemunduran. bukan memperkecil korupsi (minimal korupsi waktu) tetapi malah membangkitkan.

  • pengharapan
    August 1, 2013 - 8:38 am | Permalink

    benar sekali pemberian remunerasi yg tidak sama, tidak ada kepastian, apalagi ktnya yg rencana 23 K/L tahun ini di janjikan akan menerima remunerasi sampai skrg belum ada kepastian juga sedangkan aturan kedisiplinan dan ketiadaan honor2 juga tunjangan2 lain sudah diterapkan sehingga tidak ada lagi yg namanya honor ataupun tunjangan lain tahun ini tetapi sampai skrg blm ada kepastian kapan terimanya itu sangat2 berpengaruh besar terhadap kinerja seperti yg di alami di kebanyakan K/L lain mungkin hampir sama mengalami penurunan jg kemalasan bekerja (kualitas hasil kerjanya menurun)/walau bekerja tiap tetapi tidak ada semangatnya
    jadi mohon untuk yg terkait dengan mslh pembahasan remunerasi sesegera mungkin/dipercepat supaya bisa lebih bersemangat lg bekerja
    dan saran utk ke depan nya mohon tidak lagi menjanjikan hal yg muluk2 krn kalo sampai tidak jadi atw tdk adalagi kejelasan spt skrg ini malah membuat kinerja nya menurun

    • saw
      August 12, 2013 - 7:33 pm | Permalink

      walau sdh diterapkan remun di sebuah instansi, blm tentu akan menambah kinerja/ kemajuan dlm kegiatan. krn kalau yg merasa sdh rajin tetapi mendptkan tunkin yg lbh kecil dr yg tdk rajin maka malah menurunkan kinerja mereka. terutama krn tunkin dinilai dr jab fungsional semata.

  • eha
    August 1, 2013 - 9:05 am | Permalink

    alhamdulillah …syukuri aj :lol:

  • August 12, 2013 - 8:14 am | Permalink

    :razz: razz:

    • King Mpg
      August 14, 2013 - 2:50 pm | Permalink

      Buat kawan-kawan yang di Kemenag jgn berkecil hati walaupun belum Remunerasi,biarlah mereka-mereka dulu, kita harus selalu IKLAS menerima kenyataannya dan BERAMAL kepada yg belum remunerasi juga, jgn putus asa sabar… sabar … sabar … pasti ada saatnya, okey. :lol: :roll: :roll:

  • danu
    August 17, 2013 - 10:21 am | Permalink

    “Yaa Allah..Bantulah hamba untuk (senantiasa ) mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu, serta memperbaiki (kualitas) ibadahku kepada-Mu.”

  • derocha
    August 18, 2013 - 9:52 am | Permalink

    Kapan Kemenhut cair nih, usulan dari thn 2011….

  • abdullah
    August 18, 2013 - 8:59 pm | Permalink

    Bgm dg pmberian remunerasi kpd pemda propinsi pemda kabupaten/kota, kpn dianggarkan padahal kt2 jg pns sama dgn pns yg ada di K/L yg sdh trimo remunerasi lbh dulu.

  • ujang
    August 19, 2013 - 3:45 pm | Permalink

    kayanya kemenhut nanti deh cair nya kalo hutan nya dah gundul bencana alam dimana-mana baru deh di cairin tuh hadeuuhhh

  • pue
    August 28, 2013 - 11:51 am | Permalink

    Remun TNI ??? ?äª cair yaaa bln juni & juli??? Wahh,,, gmn nih?? Aplgi remun naik,,, :cry: :roll:

  • zuki
    August 29, 2013 - 11:03 am | Permalink

    om kapan tunkin kemen kelautan dan perikanan cairnya ?

  • bingung
    September 1, 2013 - 12:23 pm | Permalink

    ane bingung nih dalam pemberian gradenya…masak golongan ii/a mentok yang masuknya pake ijazah sd gradenya disamain sama yang golongan iii/b yang masuknya pake ijazah sma/s1 yakni sama-sama grade 6 administrasi umum? ada yang tau ngak cara pemberian grade ini?

  • info
    September 3, 2013 - 2:22 pm | Permalink
  • September 12, 2013 - 12:50 am | Permalink

    Saya lihat pada tahun 2012, Kementerian Pertanian tidak terdaftar pada blog ini sebagai kementerian yang menerima remunerasi, padahal saya sudah menikmati. Lalu istri saya yang bekerja di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sampai saat ini belum menerima remunerasi padahal pada blog ini terdaftar pada tahun 2011 dan 2013. Maksudnya bagaimana?

  • bmkg
    September 12, 2013 - 4:42 pm | Permalink

    tinggal dikit lagi—>http://www.dpr.go.id/id/komisi/komisi5/report/4011/RDP-Komisi-V-DPR-RI-dgn-Sekjen-Men-PU,-Menhub,-Sesmen-PDT,-Sestama-BMKG-dan-Basarnas —> disetujui badan anggaran—->keluar perpres—->keluar juklaknya terus cair dech amin.

  • bmkg
    September 12, 2013 - 4:44 pm | Permalink

    tinggal dikit lagi—>http://www.dpr.go.id/id/komisi/komisi5/report/4011/RDP-Komisi-V-DPR-RI-dgn-Sekjen-Men-PU,-Menhub,-Sesmen-PDT,-Sestama-BMKG-dan-Basarnas —> disetujui badan anggaran—->keluar perpres—->keluar juklaknya terus cair dech amin

  • mndr
    September 13, 2013 - 10:18 pm | Permalink

    numpang tanya om. kalo pns kesehatan yg ada di daerah apakah termasuk yg dpt remunerasi dr kementerian kesehatan?

  • martyrillah
    September 18, 2013 - 1:58 pm | Permalink

    kemenag kapan dong …remunerasinya yg laen aja udah.

  • endy
    September 25, 2013 - 11:56 pm | Permalink

    permisi mau nanya.. pns kesehatan yg di puskesmas n rmh sakit daerah, jg msk remun kementrian kesehatan.????????? mohon tanggapan bos

  • October 3, 2013 - 10:30 pm | Permalink

    ??膆?µ ?••(y) ••?膆?µ ?.••(y) ••?膆?µ ?• •(y)? \=D/.. Harus kita tunjukkan semuanya dengan sabar dan ikhlas kita jauhkan rasa iri dan dengki, ingat harapan adalah masa depan dan itu milik sang Kholik, seberapa besar hebat, ampuhnya kekuatan dan kekuasaan manusia itu terbatas maka tidak akan bisa melampoi, menghalangi kehendakNya, sebagai aparat mari bersatu lepas dan tanggalkan baju/ORGANISASI yang telah terkesan sebagai SARANA Enak untuk memecah belah ukhuwah

  • sisabar ikhlasberamal
    October 6, 2013 - 12:53 pm | Permalink

    sabar saja…., kalo dh waktunya datang sendiri, dah ada yang ngurusi kok :wink:

  • marotin
    October 10, 2013 - 9:28 am | Permalink

    mas setagu,,,,,lha pns daerah dapet tukin gk?

    • gita erlangga
      November 22, 2013 - 11:47 am | Permalink

      Dapat tahun 3014 :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

  • Mardok keo
    October 19, 2013 - 3:29 pm | Permalink

    Sayang sekali kemenag masih belum lolos. Salah apa ya?

  • soeparmaen
    October 25, 2013 - 11:10 pm | Permalink

    Mohon Kepada Pak Menteri Kemenag Tahun 2014
    agar di realisasikan Pembayaran Tunjangan Remunisasi, jangan Sertifikasi aja tiap bulan mengalir kepada guru guru

  • abdi pertanahan
    November 18, 2013 - 2:24 pm | Permalink

    semoga BPN bnr bnr remun di 2014

  • Arpentius
    November 19, 2013 - 11:46 am | Permalink

    :razz: Mantap…semoga….aparatur pemerintah kedepan bisa lebih baik dan profesional…..

  • Pulung
    November 29, 2013 - 9:09 am | Permalink

    mau tanya apakah ada yang tau informauk K/L yang menerima remunerasi Rapelan untuk tahun 2012 dan 2013 akan diperhitungkan pemotongan keterlambatan dsb? atau dipukul sama rata dianggap masuk full gitu jadi ga ada pemotongan? mohon infonya ya. terima kasih

  • Budi
    November 29, 2013 - 9:19 am | Permalink

    Kira2 kapan tunkin 28 K/L th 2013…dicairkan….minta infonya
    terimakasih

  • oetadja
    December 18, 2013 - 5:51 pm | Permalink

    Dengan Remunerasi Moga Tercipta Aparatur Yg Bener2 Profesional… G ky Sertifikasi Yg hanya menyibukkan para -eks-”Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” untuk “Mengejarnya”

  • December 24, 2013 - 2:08 pm | Permalink

    Aslm. Tahun 2013/2014 kemenag RI tidak lolos Passing Grade. Jika di usulkan kembali bisakah dapat tunkinnya pada tahun 2014 bersama instansi lainnya, mas setagu?. mohon tangapannya.

  • June 25, 2014 - 1:21 pm | Permalink

    Semoga Remonnyq cepat keluar okey.

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>