Progres K/L Yang Diusulkan Menerima Tunjangan Kinerja 2013 – 2014

Post On: 12 June 2013
By:
In: Opini
November 23, 2013

Banyak email yang masuk lewat inbox menanyakan kapan tunjangan kinerja atau remunerasi di Kementerian/Lembaga, semoga postingan ini bisa membuat lebih jelas.

Untuk memperoleh gambaran Progres Reformasi Birokrasi Kementerian/Lembaga yang diusulkan menerima tunjangan kinerja tahun 2013 – 2014 maupun K/L yang belum, perlu diuraikan secara kronologis. Sebelumnya penting dimengerti proses pengajuan usulan reformasi birokrasi untuk mengetahui sejauh mana usulan tersebut disetujui :

• Kementerian/Lembaga mengajukan Dokumen Usulan dan road map Reformasi Birokrasi Kepada Kemenpan dan RB.
• Kemenpan RB melakukan penilaian kesiapan program Reformasi Birokrasi :

  1. Penilaian dokumen usulan K/L
  2. Penilaian dokumen Road Map dan Quick Wins
  3. Pengecekan kelengkapan lampiran dokumen usulan dan road map, dan
  4. Verifikasi lapangan

3 (tiga)  aspek pertama penilaian dilakukan dengan Desk Analysis pada kelengkapan dan kualitas isi, baru kemudian dilakukan langkah selanjutnya yaitu verikasi lapangan.

Verifikasi lapangan bisa dilakukan jika penilaian dokuman maupun kelengkapan sudah memenuhi syarat. Pelaksanaan verifikasi lapangan melalui metode wawancara dan observasi dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dan pemahaman reformasi birokrasi  di K/L tersebut.

Tahun 2011

16 K/L sudah mengajukan usulan Reformasi Birokrasi yang telah kepada Kemenpan dan RB. Kementerian /Lembaga tersebut proses penilaiannya dilanjutkan pada tahun 2012, yaitu : 

Kemen PU, Kemen LH, Kemenhub, Kemendikbud, KemenParekk, Kemenpora, Kemen KP, LAPAN, Bapeten, Kemdag, Kemhut, Wantannas, Kemlu, Kemenkes, Kemkertrans dan Kemendagri.

Tahun 2012

Tahun 2012 hampir semua K/L sudah mengajukan usulan reformasi birokrasi tepatnya ada tambahan 22 K/L yang diproses bersama 16 K/L awal. Ke-22 K/L tersebut adalah:

Kemenag, KemenSDM, BSN, Badan Informasi Geospasial, Kemensos, Basarnas, Setjen Ombudsman, Setjen DPD, Setjen KY, BNPB, BPN, Kemenkominfo, BMKG, Bakorkamla, BNP2TKI, Kemen PDT, Perpusnas, BIN, Setjen DPR, Kemenkop UKM, Setjen MPR, dan Setjen Komnas Ham

Selama tahun 2012 Kemenpan melakukan penilaian terhadap semua usulan reformasi birokrasi berdasarkan syarat dan parameter yang sudah ditentukan. Terhadap usulan RB yang sudah lengkap, periode pelaksanaan verifikasi lapangan dilakukan bulan Agustus – Oktober 2012.

Hasil penilaian kemudian diajukan kepada Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional (KPRBN), berikut hasilnya :

Daftar 23 K/L Lolos Passing Grade diusulkan menerima Tunjangan Kinerja tahun 2013 :

No K/L
1 Kementerian Perdagangan
2 Kementerian Kesehatan
3 Kementerian Pekerjaan Umum
4 Kementerian Luar Negeri
5 Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional
6 Kementerian Komunikasi dan Informatika
7 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
8 Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi
9 BNP2TKI
10 Kementerian Kehutanan
11 Kementerian Dalam Negeri
12 Badan Pengawas Tenaga Nuklir
13 Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat
14 Kementerian Kelautan dan Perikanan
15 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
16 Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
17 Badan Intelijen Negara
18 Perpustakaan Nasional
19 Kementerian Lingkungan Hidup
20 Badan Koordinasi Keamanan Laut
21 Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional
22 Kementerian Perhubungan
23 Kementerian PDT

Daftar 10 K/L Lolos Passing Grade Diusulkan Menerima Tunjangan Kinerja tahun 2014 :

No K/L
1 Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral
2 Badan Standarisasi Nasional
3 Badan Informasi Geospasial
4 Kementerian Sosial
5 Badan SAR Nasional
6 Setjen Ombudsman
7 Setjen DPD
8 Setjen KY
9 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)
10 Badan Pertanahan Nasional (BPN)

Daftar K/L tidak lolos Passing Grade dan harus proses ulang usulan Reformasi Birokrasi :

No K/L
1
Kementerian Agama
2
Kementerian Koperasi dan UKM
3
Kementerian Pemuda dan Olahraga
4
Setjen MPR
5
Setjen Komnas Ham

 

Daftar K/L Belum mengajukan usulan Reformasi Birokrasi :

No K/L
1
Kementerian BUMN
2
Setjen MK
3
Setjen KPU

 

149 comments on “Progres K/L Yang Diusulkan Menerima Tunjangan Kinerja 2013 – 2014

  1. Mas Setagu, mau tanya? apa benar untuk K/L yang sudah menerima tukin di 2012, harus menunggu hasil audit BPK, kemudian mendapat WTP, baru bisa menerima tukin di 2013? terima kasih

  2. om Setagu mau nanya,klo ada K/L yang tahun 2012 telah menerima tunjangan kinerja dengan opini BPK adalah WTP,kemudian pada tahun 2013 menjadi WDP,apakah ada kemungkinan tunjangan kinerja tersebut akan di cabut??ataukah ada prosedur lain??

    terima kasih
    salam

    • halo om lama gak ketemu 😀
      LIPI ya..
      Opini WTP bukan satu-satunya indikator keberhasilan pemberian tunjangan kinerja. Banyak indikator lain selain Opini WTP spt LAKIP, Integritas pelayanan publik, kemudahan ijin berusaha dll.

      Sampai sekarang belum ada aturan tentang pencabutan tunkin CMIIW, setahu saya BPK memang bisa merekomendasikan untuk pencabutan tunkin. Namun rekomendasi tersebut harus benar-benar mencerminkan kinerja seungguhnya K/L dlm menjalankan RB. Harus ada parameter yg jelas bg BPK itu merekomendasikan hal tsb.
      Jadi kemungkinan kecil ada pencabutan tunkin.

      Namun kemunduran Opini BPK adalah sebuah ironi dikaitkan dg indikator keberhasilan, krn menunjukkan adanya kemunduran Reformasi Birokrasi di K/L tsb, solah-olah hanya mengejar tunjangan kinerja semata.

      Lebih ironis lagi Kemenpan dpt WDP juga..turun dari tahun lalu 😳

      • hihihi…om setagu langsung buka kartu nih…

        lega rasanya jika memang opini BPK saat ini bukan indikator utama,sehingga indikator yang lain bisa tetap dipertahankan,bahkan ditingkatkan,ujung-ujungnya tunjangan kinerja pun masih bisa kami dapatkan

        terima kasih banyak om

        salam

  3. Kemensos menjadi Tahun 2014 dan belum bisa Tahun ini, padahal sudah diperhitungkan hanya bisa mengucapkan Inallilahi waina ilahirojiun, mungkin 2013 ada musibah di kemensos tdk WTP dan penuh catatan, tinggal keseriusan para petinggi kemensos aza, padahal pernyataan Wapres Bodieono Tahun ini 2013, selanjutnya apa yang dilakukan diatas sana, malah sibuk bongkar pasang pemangku kepentingan, kemungkinan belum serius untukn itu.silahkan Berdoa Para Petugas sosial lapangan agar para petinggi itu konsisten dan komitmennya tidak separuh hati

  4. Kapan ya tunjangan kinerja Kementerian Pertanian untuk tahun 2013 dapat cair? Faktor-faktor apa yg menyebabkan tunjangan kinerja di Kementerian Pertanain tdk dpt cair untuk setiap bulannya?

  5. Mas setagu maaf ne mw Tanya…

    Kata nya kemenPU tidak siap melaksanan RB tahun ini karna masalah manajemen aset….
    Apa betul!!

  6. mas setagu,
    kalau boleh tahu kenapa kemenag tidak lolos pasing grade, karena ditempat kami sudah :
    1. WTP
    2. setiap satker sudah diwajibkan absen denga finger print
    3. Sudah dibuat deskripsi jabatan yang jelas dan juga sudah di lakukan reorganisasi/mutasi besar besaran untuk memaksimalkan fungsi kerja masing masing orang…

    • Mgkn kemenag msh tahap perbaikan stlh gencar2nya kasus korupsi Quran…,, jd sbar aj kawan…laen K/L yg laen kurang lebih lah;

      kemenpora dpt sandungan Hambalang,,,
      kemenkop dan UKM lg apes bnyk kredit macet,,,

      tp kira2 neh.. Kemen BUMN —-badan Usaha-nya negara— tenang2 saja krn “usaha”nya lancar2 saja so ngapain remun2 sgl… tnya tc yg udh remun,, diitung2 dikasihnya keliatan banyak,, tp bro… mintanya balikannya lebih banyak nemen… mau sugih usaha diluar gen…

    • dr dlu orng sdh gk stuju dg kmenag,,mlhan ada wcana tuk mmbubrkannya,,,dismping itu para pengambil kputusn d negeri ini sdh trindiksi k dlam JIL,,,,,

      • kalo ulama lapar agap aja puasa, kalo gayus lapar baru kurang ajar, itulah negara ini kalo korupsi sedikit2 jadi bayk masalah tapi kalo korupsi besar-besaran baru dapat perhatian

  7. mas setagu kira2 kapan yang 23 KL mulai dibahas oleh DPR bersama Kemenkeu yg selanjutnya akan trn perpresnya n kira2 apakah sama besarannya dgn 20 KL yg duluan terima

  8. kementerian agama..hmmm..belum berhasil..smoga pak menteri dan para petinggi di kemenag memikirkan nasib kami, PNS di bawah…jangan hanya berfikir golongan dan kelompok masing2 😛

  9. mas admin, kementerian dalam negeri kan diusulkan dapat TUKIN tahun 2013. apakah PNS Pemda yang notabene adalah pegawai kemendagri juga dapat tukin 2013?

  10. Pengalaman tahun kemarin, tukin baru dibahas di dpr bila postingan ini mencapai 1000 koment… pecahkan rekor koment

  11. Bagi Yang Ingin Mendapatkan Tunjangan Kinerja Harus Memenuhi Syarat Sebagai Berikut :

    1. Usia Min 17 Tahun Keatas
    2. Tidak Pernah Korupsi
    3. Tidak Pernah Kolusi
    4. Tidak Pernah Nepotisme
    5. Tidak Pernah Menerima Tunjangan Selain Gaji
    6. Tidak Pernah Absen
    7. Tidak Pernah Cuti
    8. Tidak Pernh Sakit
    9. Tidak Pernah Ijin
    10. Tidak Pernah Menerima Upeti Dari Pihak Manapun.

    Apabila 10 Point Tersebut Bisa Dilakukan Makanya Tunjungan Kinerja Berhak Anda Dapatkan.

    Terima Kasih

  12. Apakah PNS Kantor Camat juga bakalan dapet TUKIN, kan termasuk mendagri yang katanya uda diusulkan, tapi kapan yah???

  13. Apakah PNS Kantor Camat juga bakalan dapet TUKIN? kan termasuk Kemendagri jg yang katanya uda diusulkan, tapi kapan yah???

  14. kecamatan bukan trmasuk k/l, yang dpt kementriannya, bkn pns pemda, remunnya pemda tunjangan daerah sesuai kemampuan daerah

  15. Untuk yang kemendikbud apa yg menerima tukin hanya tenaga administrasinya saja,,ataukah juga dengan dosen????kalau iyo enak bener selain dapat tunjangan profesi,,tunjangan gb,,mereka juga dpat tunjangan kinerja,,,

  16. K/L yang tunkin tahun 2012 maren cairnya akhir desember sesuatu banget dech….. mungkin yang cair tahun ini akhir desember juga…bakal kaget liat rekening heheeeee…….

  17. untuk PNSD n Profesi lain kalian kan udah ada Tunjangan Daerah, Guru ada Sertifikasi guru, tau ga seh pegawai K/L tuh ga ada tunjangan kayak kalian, apalagi yang di perwakilan provinsi, cuma bisa mangap liat orang2 pemda provinsi, nah sekarang adil….lagian kami udah bukan finger print lagi, tapi hand key 5 jari absennya….jam 7.30 – 16.00 tapi realitanya masuk harus jam 7.30 kalo pulang banyakan lembur n ga diitung sama sekali…..etos kerja yang jelas sgt berbeda!!!!!!

    • iya.. Lu orang pns pusat bakal enggak kena bacok sama warga, tapi kami pns daerah kena maki dan ada yang kena bacok ama warga…. Paham lu

  18. Bahan introspeksi buat Qt smua PNS Kemenag knp smpe ga lolos remun, ga usah cari salah orang laen. Qt benahi aja kinerja Qt masing2, Okaaay..!? SEMANGAAAAAT KEMENAG..

  19. klo kemenag th ini blum dpt remunirasi wajar,,,krn satkernya sngat2 bnyak,,,tp BPS yg nota bene cuma ngurusin data (amburadul) koq bisa REMUNIRASI,,,,????

  20. Ah….mlah tambah pusing baca berita…….. yang penting realisasinya kapan untuk BPN yang masih th 2014, sedangkan yang th 2013 aja belum……? yang penting kerja aja lah rejeki kalo dah datang juga tak usah diundang,…….

  21. om setagu,kl sudah sampai verifikasi lapangan apa gak lm lg PPnya ak trun?? Soalx dgr2 ada yg blng bulan juli ini remun bs cair..smoga..aamiin..

  22. iya, katanya pp dah di meja presiden, tp belum di ttd. isunya juga tmt bulan juli 2013, mohon info yang terbaru bang setagu?

  23. Kalau Kementerian PDT tahun 2013 dapat remunerasi wajar karena tugasnya ngurusin daerah yang tertinggal, terpencil dan terisolir. Lagi pula dari hasil rapat dengan komisi VI BPK sekarang sudah dapat predikat WTP.

  24. gmn nih bang setagu, sy dah nanya dari tanggal 5 juli kok belum di tanggapi, ada info terbaru dari beberapa sumber di pusat, bahwa remun di berikan per tmt bulan juli 2013 bukan tmt bulan januari 2013, mana yang benar bang setagu, mohon tanggapan-nya?

  25. pak setagu, kalau guru pns dpt remunerasi juga? Apa bedanya tunjangan remunerasi ama tunjangan sertifikasi guru dan dosen..? :smile:

    • Tunjangan Sertifikasi tidak sama dengan Tunjangan Remunerasi. Tapi jika PNS sudah mendapat Tunjangan Sertifikasi dan instansinya sudah ada remunerasi, maka tunjangan yang diberikan adalah mana yang lebih besar. TIDAK BOLEH DUA2 NYA….

  26. utk 23k/L kapan TMT nya kita tunggu kabar selanjutnya !
    atw mungkin admin bisa menjawabnya !
    soalnya menurut isu beredar sblmnya TMT nya Per januari 2013.

  27. Ada khabar Kementerian PU menerima tunkin terhitung mulai Juli 2013 dengan besaran 40% dan akan dibayarkan secara rapel akhir tahun 2013, betul nggak bung admin ?

  28. Bapak yang menagani website stagu yang terhormat, mohon maaf untuk melungkan waktunya, apakah benar kabar burung di luar yang menyatakan bahwa kelanjutan remunerasi bagi K/L yang lolos passing grade di tunda untuk menerima tunjangan remunerasi pada tahun ini dikarenakan dana digunakan untuk BLSM? Mohon informasinya agar kami tidak penasaran dan mengharapka yang tidak jelas. Sekian dan terima kasih mohon maaf kalo ada kata yg tidak berkenan dan mohon di tanggapi.

    • hadeeeeh, tunggu aja om. pakde setagu juga pasti belum tau, yang pasti kita sabar aja menunggu untuk distujui DPR dan kemudian perpresnya.

  29. Om setagu ga brani bls coment,,,bis semuanya msh kabar burung, rapelan tunjangan fungsional peneliti dr bln agustus 2012 mpe januari 2013 aj blom cair2, gmn dgn remunerasi?,,,,msh mimpi kale yeeee,,,,,dananya mau d pake buat kampanye petinggi2 partai yg hanya mikirin kepentingan diri sendiri, BLSM cm kedok u mendongkrak partai politiknya pada pilpres 2014,,,,mdh2 Allah membinasakan org2 yg tdk bermoral tersebut!!!

  30. Maaf, saya mau menanyakan apakah remunerasi kemendagri itu termasuk mencakup pns yg ada di pemkab/pemkot..? klo tidak, mohon infonya pemda mana saja yg sudah mendapatkan tunjangan kinerja pada tahun 2013 atau 2014. Terimakasih….

  31. pengalaman adalah guru yang terbaik karena dia tidak pernah meminta gaji, sertifikasi, remunerasi, dan tunjangan :mrgreen: 😆

    • betul, yang rajin jadi ikut2an malas. bukan kemajuan yg dicapai tetapi malah kemunduran. bukan memperkecil korupsi (minimal korupsi waktu) tetapi malah membangkitkan.

  32. benar sekali pemberian remunerasi yg tidak sama, tidak ada kepastian, apalagi ktnya yg rencana 23 K/L tahun ini di janjikan akan menerima remunerasi sampai skrg belum ada kepastian juga sedangkan aturan kedisiplinan dan ketiadaan honor2 juga tunjangan2 lain sudah diterapkan sehingga tidak ada lagi yg namanya honor ataupun tunjangan lain tahun ini tetapi sampai skrg blm ada kepastian kapan terimanya itu sangat2 berpengaruh besar terhadap kinerja seperti yg di alami di kebanyakan K/L lain mungkin hampir sama mengalami penurunan jg kemalasan bekerja (kualitas hasil kerjanya menurun)/walau bekerja tiap tetapi tidak ada semangatnya
    jadi mohon untuk yg terkait dengan mslh pembahasan remunerasi sesegera mungkin/dipercepat supaya bisa lebih bersemangat lg bekerja
    dan saran utk ke depan nya mohon tidak lagi menjanjikan hal yg muluk2 krn kalo sampai tidak jadi atw tdk adalagi kejelasan spt skrg ini malah membuat kinerja nya menurun

    • walau sdh diterapkan remun di sebuah instansi, blm tentu akan menambah kinerja/ kemajuan dlm kegiatan. krn kalau yg merasa sdh rajin tetapi mendptkan tunkin yg lbh kecil dr yg tdk rajin maka malah menurunkan kinerja mereka. terutama krn tunkin dinilai dr jab fungsional semata.

  33. terlalu banyak kebijakan pemerintah yang akhirnya pegawai yang sudah 20 tahun mengabdipun dianggap tidak bekerja optimal sdh pada meninggal sebelum pensiun. kasian tuh bos…. yang betul saja kalo kasih janji

  34. om setagu… katanya sudah terbit kawat pemberitahuan tukin untuk kemenhub tapi tidak jelas realisasinya… apa kawatnya kurang besar kah? mungkin diperbesar seperti kawat bangunan ukuran 22 mm baru kelihatan,,, apa iya kah om….target target terus…. sampai teman2 yang kerjanya baik sudah menutup mata alias is death

    • Buat kawan-kawan yang di Kemenag jgn berkecil hati walaupun belum Remunerasi,biarlah mereka-mereka dulu, kita harus selalu IKLAS menerima kenyataannya dan BERAMAL kepada yg belum remunerasi juga, jgn putus asa sabar… sabar … sabar … pasti ada saatnya, okey. 😆 :roll: :roll:

  35. “Yaa Allah..Bantulah hamba untuk (senantiasa ) mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu, serta memperbaiki (kualitas) ibadahku kepada-Mu.”

  36. Bgm dg pmberian remunerasi kpd pemda propinsi pemda kabupaten/kota, kpn dianggarkan padahal kt2 jg pns sama dgn pns yg ada di K/L yg sdh trimo remunerasi lbh dulu.

  37. kayanya kemenhut nanti deh cair nya kalo hutan nya dah gundul bencana alam dimana-mana baru deh di cairin tuh hadeuuhhh

  38. ane bingung nih dalam pemberian gradenya…masak golongan ii/a mentok yang masuknya pake ijazah sd gradenya disamain sama yang golongan iii/b yang masuknya pake ijazah sma/s1 yakni sama-sama grade 6 administrasi umum? ada yang tau ngak cara pemberian grade ini?

  39. Saya lihat pada tahun 2012, Kementerian Pertanian tidak terdaftar pada blog ini sebagai kementerian yang menerima remunerasi, padahal saya sudah menikmati. Lalu istri saya yang bekerja di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sampai saat ini belum menerima remunerasi padahal pada blog ini terdaftar pada tahun 2011 dan 2013. Maksudnya bagaimana?

  40. ??膆?µ ?••(y) ••?膆?µ ?.••(y) ••?膆?µ ?• •(y)? \=D/.. Harus kita tunjukkan semuanya dengan sabar dan ikhlas kita jauhkan rasa iri dan dengki, ingat harapan adalah masa depan dan itu milik sang Kholik, seberapa besar hebat, ampuhnya kekuatan dan kekuasaan manusia itu terbatas maka tidak akan bisa melampoi, menghalangi kehendakNya, sebagai aparat mari bersatu lepas dan tanggalkan baju/ORGANISASI yang telah terkesan sebagai SARANA Enak untuk memecah belah ukhuwah

  41. Mohon Kepada Pak Menteri Kemenag Tahun 2014
    agar di realisasikan Pembayaran Tunjangan Remunisasi, jangan Sertifikasi aja tiap bulan mengalir kepada guru guru

  42. mau tanya apakah ada yang tau informauk K/L yang menerima remunerasi Rapelan untuk tahun 2012 dan 2013 akan diperhitungkan pemotongan keterlambatan dsb? atau dipukul sama rata dianggap masuk full gitu jadi ga ada pemotongan? mohon infonya ya. terima kasih

  43. Dengan Remunerasi Moga Tercipta Aparatur Yg Bener2 Profesional… G ky Sertifikasi Yg hanya menyibukkan para -eks-“Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” untuk “Mengejarnya”

  44. Aslm. Tahun 2013/2014 kemenag RI tidak lolos Passing Grade. Jika di usulkan kembali bisakah dapat tunkinnya pada tahun 2014 bersama instansi lainnya, mas setagu?. mohon tangapannya.

  45. Kapan sih Tukin alias Remunerasi 2014 dicairkan danax khususx diinstansi UNM MKS…soalx dana tersebut sangat2 dibutuhkan oleh pegawai and juga saya mau kepingin tahu bahwa uang lauk pauk di UNM MKS terimax selalu tgl 20an,apa memang begitu realisasi pencairan danax

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>