Persetujuan Prinsip Kenaikan Tunjangan Kinerja 13 K/L

Salah satu fase yang harus dilewati untuk menaikkan tunjangan kinerja adalah adanya rekomendasi Ijin Prinsip Menteri Keuangan terkait remunerasi atau tunjangan kinerja. Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) sebagai pelaksana terhadap proses penyelesaian rekomendasi ijin prinsip tersebut sehingga menghasilkan rekomendasi besaran remunerasi kepada Menteri Keuangan.

Secara umum tahapan-tahapan yang dilakukan dalam rangka penyelesaian rekomendasi ijin prinsip Menteri Keuangan terkait remunerasi adalah sebagai berikut :

  1. Melakukan pemetaan dan analisis terhadap jumlah pegawai, besaran take home pay saat ini, kemampuan optimalisasi anggaran dan dampak fiskalnya terkait dengan usulan penetapan besaran tunjangan kinerja/remunerasi dalam rangka pelaksanaan reformasi birokrasi Kementerian/Lembaga.
  2. Menyusun simulasi/skenario besaran tunjangan kinerja/remunerasi serta menyampaikan rekomendasi kepada Menteri Keuangan.
  3. Melakukan monitoring terhadap penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan yang akan digunakan sebagai dasar regulasi penetapan hak keuangan/remunerasi agar sesuai dengan ijin prinsip Menteri Keuangan.
  4. Mengikuti dan berperan aktif dalam proses harmonisasi dan pembulatan persepsi dari aspek substansi dan legal drafting terhadap rancangan peraturan perundang-undangan yang akan digunakan sebagai dasar regulasi penetapan keuangan/remunerasi dalam rapat harmonisasi di Kemenkumham.
Baca juga:  Tunjangan Kinerja Lemhanas 2018

Berdasarkan kajian dan telaahan di atas Menteri Keuangan mengeluarkan ijin prinsip persetujuan tunjangan kinerja yang baru bagi pegawai di lingkungan 13 K/L yaitu Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Kelautan, Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kementerian ESDM, Kementerian Pertanian, ANRI, Batan, BPS, LAN, LIPI. Dilampirkan juga besaran tunjangan kinerja bagi pegawai di lingkungan 13 K/L tersebut yang akan berlaku mulai Mei 2015.

Ijin Prinsip Tunjangan Kinerja

Besaran Tunjangan Kinerja 2015
Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan LIPI

Proses selanjutnya sebelum penerbitan Perpres harus mendapatkan persetujuan DPR terlebih dahulu. Bila suatu K/L tidak memerlukan tambahan pagu untuk reformasi birokrasi dan tunjangan kinerja, namun memerlukan realokasi anggaran perlu mendapat persetujuan DPR Komisi terkait. Namun bila suatu K/L memerlukan tambahan pagu tunjangan kinerja, pagu tersebut perlu mendapat persetujuan Badan Anggaran DPR.

Perkiraan Tunjangan Kinerja BMKG
Perkiraan Tunjangan Kinerja BMKG

151 thoughts on “Persetujuan Prinsip Kenaikan Tunjangan Kinerja 13 K/L

  1. bang kalau untuk yg di bawah lembaga/kementerian “Kemenriti dikti daftar kelas jabatannya mana naik apa turun bang…tolong kasih informasinya bila abang tahu…trimakasih..

  2. apakah masih ada waktu mas setagu jikalau sampai saat ini sisanya (K/l yang blm ada perprsesnya) ada kemungkinan di ttd presiden, karena setelah ttd presiden dilanjut ke kemenkeu kan membutuhkan waktu lama juga untuk pencairannya.

  3. kalo belum diupload berarti kementerian dan lembaga tentang kenaikan tunjangan sisanya ada kemungkinan sudah ditandatangani donk pa setagu

    1. Tahun ini ada 19 K/L yang dievaluasi RB dan mengajukan untuk dinaikkan tunjangan kinerjanya. Kemenkeu secara prinsip menyetujui dengan 4 skema besaran yang berbeda yakni:
      1. TNI
      2. Polri
      3. Kemenko Polhukam, Kemenko PMK, BMKG
      4. Kemendag, Kemenperin, KKP, Kementerian BUMN, Kemenhub, Kemenkes, ESDM, Kementan, ANRI, BATAN, BPS, LAN dan LIPI

      Namun keputusan tetap berada di pimpinan tertinggi sehingga semua kemungkinan bisa saja terjadi. 8 K/L (termasuk TNI/Polri) sudah keluar Perpresnya, semoga yang lainnya segera menyusul. Amin

  4. Makanya negara harus banyakin wiraswasta dan pegadang, tni/polri/pns dan keluarganya harus diizinkan usaha bisnis jg karena dari situ akan diambil pajak yg nantinya jg berpengaruh untuk jumlah anggaran pusat/daerah dan ud terbukti negara yg banyak wiraswasta dan pedagangnya maju dan mau naikin gajinya pegawai negeri berapa jg ga pusing mikirin anggaran karena jumlah apbn yg besar

  5. Yang ditulis Om kabag tukin memang benar..kalau soal alokasi ane juga sudah diberi tahu orang BP..masalahnya sekarang cuma payung hukum pencairannya…semoga berkas perpresnya tidak ikut kena asap dan menghilang bagai kabut diterpa hujan..

  6. sing sabar njenengan semua. yang jelas k/l t4 saya sudah alokasikan hampir 20 milyar untuk membayar kenaikan tunjangan kinerja tmt mei.. coba konfirm ke unit perencanaan di k/l masing2..

  7. Semoga deh kalau begitu Om. seperti yang ane sebutkan di atas kalau feeling pribadi mungkin Perpresnya keluar di akhir November..supaya anggaran yang direfocusing atau optimalisasi tidak kembali ke negara..ane tidak tahu bahasa spesifik dari uang kembali ke negara tersebut. Tk

    1. amin pak.. sebab di instansi ane berdasarkan surat dirjen anggaran nomor und/345/ag/2015 tgl 5 juni, kita diminta harus melakukan cost sharing untuk penyesuaian tunjangan kinerja paling lambat akhir juni… jadi secara prinsip anggaran sudah tersedia di masing k/l. tinggal payung hukum perpres untuk pencairannya… amin..

  8. dari rapat dgn kemenkeu., hanya tni polri yang dapt tambahan anggaran krn pegawainya banyak. sementara k/l lain anggaran berasal dari refocusing dan optimalisasi anggaran masing2.

  9. Om Kabag Tunkin.
    Kalau kita merujuk alur dari Om Setagu..persetujuan Komisi terkait di DPR tetap diperlukan…ini sampai sekarang belum ada bunyi nya. Sejarah mencatat Perpres Tukin rombongan Ristek, LIPI, BPPT dan BATAN diterbitkan akhir November 2012, jadi masih ada waktu menunggu, kalau sampai akhir Desember belum terbit juga Perpresnya ya melaut..

  10. Memang jelas bukan dalam waktu dekat, persetujuan DPR saja belum ada..masak bicara Perpres.. Selamat bermimpi penunggu kenaikan Tunkin.

    1. ini tidak perlu persetujuan dpr. lebih kepada optimalisasi anggaran k/l masing masing…. mungkin njenengan bukan di bagian anggaran perencanaan…

  11. hoaxxx semua.. lah ini dokumen usulan tukinnya masih di meja saya.. belum bergerak kemana-mana.. saya belum sempat tandatangani surat pengantarnya…

  12. bener banget info ada 4 k/l yang diturunkan RB nya gara2 LHKSN di bawah 70%. Yang lainnya masih sesuai izin prinsip…nanti saya upload deh yang sudah keluar

    1. info wassap: 13 k/l = kemenko polkam, kemenko PMK, Kem BUMN, Kem ESDM, Kem Kes, Kem Perin, LIPI, ANRI, BATAN, BKN, BMKG, BPS dan LAN.. (telah sedang diajukan dan finalisasi sekneg)
      K/L penurunan RB = Kem Tan, Kem Dag, Kem Hub, KKP (telah sedang harmonisasi di kemenkumham menjelang diajukan ke sekneg)… tapi ini hanya sekedar paparan dari Inspektorat.. hitam atas putih tentulah perpres yang sudah ditandatangani nanti…

  13. Bagaimana bang setagu belum ada kabar tentang 13 K/L yang akan naik tukinnya, apakah sudah di sekertaris negara atau masih digodok di DPR ? atau malah tidak akan naik karena krisis ekonomi akan menghampiri Indonesia

  14. Pendapatan sampingan saya dari pasien dan kebun lebih besar daripada tukin meski jumlah nya tidak menentu. Walau pns daerah, gak ngiri tuh. Dan gak sesibuk pns pusat yg ngarepin tukin melulu. Keep calm dan bersyukur aja 🙂

  15. Bersyukur pd Tuhan itu sdh pasti. Tetapi dlm hub horisontal tetap hrs ada keadilan dan pemberian gaji/tunjangan yg fair yg tidak didasarkan pd kasta2.

  16. berapa pun jumlah tunkin nya tolong di syukuri.jangan saling menghujat.pemerintah pasti akan memperhatikan para pengabdi negara baik atasan maupun bawahan,maka dari itu revolusi mental di canang di diri kita masing2.

  17. Informasinya perpres kenaikan tunkin untuk 13 K/L ini akan terbit bulan agustus, jadi bersabarlah wahai para pemburu tunkin

    1. yaelah.. info apa sih yg dimau
      itu penjelasan sdh gamblang bgt, besaran sudah disetujui prinsip kenaikannya ya nanti tinggal DPRnya bgmn. alurnya sdh jelas DPR-setuju-Perpres. Kalo ente slalu ngikutin setagu.net ntar pasti ada update hasil di DPR, spt pengalaman instansi ane dulu.

      Palingan pada mingkem semua kalo pepres dah keluar, satu lagi kalo nanti besarannya tdk sesuai yg diharapkan protesnya langsung ke pimpinannya ya jangan ke bang setagu. Ok

  18. Komentnya kok gak mutu…klo mau update trs bikin sendiri aja web buat lu baca ndiri…sy penggemar setia setagu.net, semoga makin sukses ya bang…

  19. Itu surat kan kategori sr, sehingga ijin prinsip blm menjukan kepastian tukin naik dlm waktu dekat, tergantung ketersediaan anggaran, bagimana optimalisasi anggaran kl bersangkutan. Kalau tidak ada, harus sowan dpr, imi akan memprepanjang proses.

  20. PTN tempat bekerja saya statusnya BLU,,mau ngusulin REMUN,,biar adil (krn kary dpt tukin,sedangkan dosen tidak),,alhamdulillah tukin Jan-Maret kmrn kita masih dapat , trs April-Mei masih dalam usulan,sedangkan Tukin terkahir yg kita dapat kemungkinan bulan Juni,,tapi setelah itu kita tidak tau lagi gmn karena pihak rektorat mengusulkan remun

  21. Tunjangan kinerja sekarang hampir semua dapet, kalo tunkin dikatakan sebanding dengan kinerja atau bobot resiko og kayaknya ngga juga ya……
    Hampir semuanya sama, bahkan ada beberapa yg dg resiko minim malah tunkinnya lebih besar…….

    1. Memang, sama sekali Tun kin tidak berdasar bobot kinerja tetapi hanya menambah2 penghasilan & tunjangan para pejabat, khususnya Jab fung yg bobot kinerjanya justru kecil tdk sebanding dgn tunjangannya dan tidak yg tidak layak dinamakan ‘pejabat’.

      1. Fungsional tidak layak dinamakan sbg suatu jabatan, melainkan suatu tugas yg wajib dilakukan oleh setiap peg. Sehingga tidak layak sebuah tunjangan didasrkan atas jabatan tsb melainkan hrs berdsr bobot tugas kinerjanya.

    1. Om setagu kayanya sudah minim informasi dan selalu ketinggalan berita,…lampiran diatas aja kan udah beredar duluan dibanding di setagu.. Mana kopnya di crop lagi,..jadi bikin multi tafsir k/l yang lain…itu lampiran punya lipi,..ya harusnya ditampilin kop lipinya donk,,,….

      1. Untuk yg 13 K/L tersebut menurut info semua sama besarannya tunjangan kinerjanya tidak tergantung dengan persentase kemajuan reformasi birokrasi. Kalau anda mengamati kenaikan tunjangan kinerja tahun 2014 ada 5 K/L besarannya sama persis yakni Bappenas, KemenPAN, Kemenkumham, BPKB, Kemenko Perekonomian. Apakah kemajuan RB-nya sama? Tidak.

        Selain itu pada 2014 tahun tersebut, 9 K/L baru diberikan tunjangan kinerja spt Kemenag, Kemenpora, Kem BUMN dll. Dan nilai nominal tunjangan kinerja nya juga sama semua meski RB-nya berbeda. Jadi persentase RB tdk mutlak mempengaruhi besaranya Tunjangan kinerja.

        Mengenai tabel sdh dikasih caption-nya dibawah (LIPI)
        Soal blog minim informasi atau sdh tdk update, pilihan tergantung pembaca jgn bergantung satu sumber. Terus terang postingan di atas dari kiriman pembaca setagu.net.

        Admin tdk bisa menjamin selalu update, apalagi tugas dan pekerjaan juga semakin banyak.

        Di medsos sudah ada BBM, Line, Path atau WA sbg sumber yg lebih update dibanding blog ini. Lagian info begini biasanya cepat menyebar di instansi tsb, shg intern atau PNS di K/L tersebut harusnya lebih tahu atau lebih paham dibandingkan orang luar.

  22. Untuk si Remon jgn asal ngomong aja kamu.tni cuma dpt 54% aja blum tau kapan realisasinya.kalian yg enak di belakang meja dpt 60 – 70% maslh kurang kamu ?? Ayo ikut kami jd Pamtas RI di Papua / Kalimantan biar ngerasai hidup di tmpat terpencil.

    1. Itu lah yg membedakan kerja dengan otot sm kerja dgn otak Jgn lebai bro… Uang lauk pauk kalian jg lebih besar…

  23. Apakah untuk pegawai daerah juga ada bg admin, kalau ada kasi bocoran donk, kami pegawai daerah tidak pernah mendapatkan hal seperti itu, hanya gaji doank nich.

    1. Daerah kan ada insentif.. atau TKD om.. Tunjangan Kinerja Daerah..
      Lha contoh kayak Pemprov DKI itu.. TKDnya ngalahin Tukin nya pegawai beberapa K/L pusat..

  24. info: untuk yang belum tersebut : Kelas jabatan tukin
    17 22.842
    16 17.413
    15 12.518
    14 9.600
    13 7.293
    12 6.045
    11 4.519
    10 3.952
    9 3.348
    8 2.927
    7 2.616
    6 2.399
    5 2.199
    4 2.082
    3 1.972
    2 1.867
    1 1.766

      1. mungkin maksud bang remon ini untuk yang diluar 13 instansi K/L. yang penilaian RB nya kisaran dibawah 65%

      2. semoga bapak songong diberi inspirasi untuk menyampaikan sesuatu dengan kata-kata yang sopan… amin.. itu draft dari kantor saya, untuk k/l yang usulannya 60 %. tks

        1. bang remon, punya tabel kenaikan tukin untuk kemendag dan ESDM? apakah sama dengan foto yg tertera yg diatas (LIPI)?

          1. perkiraan saya sama untuk ke 13 k/l di atas bu dina. dari rapat2 dengan kemkeu, anggaran banyak tersedot untuk TNI polri. makanya tabel tukin tidak sesuai dengan usulan (harapan) masingng2 k/l sebesar 60 sd 70 % kemkeu. rumusan tabel tukin tersebut telah diolah pada titik yang paling moderat oleh kemkeu.

      3. Yang daftarnya dikasih sama Bung REMON, itu Tukin untuk K/L yang baru pertama kali mendapat Tukin, kalo gak capaian RB baru 40 – 45%

  25. weleeehhh, kok cm 13 K/L min, katanya kemaren ada 19 K/L. bagaimana nasibnya dengan yang 6 instansi lainnya min??

  26. Hore…ternyata lampirannya ga semua sama,…tempatku sedikit lebih besar nilainnya terutama grade 7 keatas..bang admin jelasinnya kurang jelas nih. Itu diatas kan lampirannya punya LIPI, judulnya bang admin crop. Jadi semua orang menyangka itu tabel buat 13 K/L…padahal berlainan

  27. satuan per grade TK itu beda2 walaupun walaupun persentase TK sama 70%, setau saya satuan itu beda berdasarkan K/L itu masuk high/medium/low priority bagi pemerintah.. CMIIW

  28. Temen2…kenapa jumlah prosentase kenaikan kita sama dari empat puluh ke tujuh puluh dengan Kemenkumham tapi dapatnya beda karena mereka ajuin kenaikan waktu presidennya Sby besaran pengalinya (jumlah uang 100persen yg diterima per grade) lebih besar…

  29. Jadi intinya semua yg 13 k/l itu besarannya seragam apa ngga? Kalo iya berarti Data Mencerdaskan Bangsa ga jadi 70% dong yaaaa…Masih penasaran nih sama lampirannya…abis itu dtulis ada 13 lembar lampiran…sapa tau aja beda gitu :p

  30. dari Wassap terbaru: k/l yang mengusulkan 60 % lebih kecil dari 13 k/l tersebut di atas. kisaran 400 ribuan lebih kecil.. tetap disyukuri…

  31. tambah bingung saya krn gaji saya msh ajeg jeg ga ada remunerasi ataupun kenaikan tunjangan kinerja Daerah, cape dechhhhhh

  32. bung admin, kalo saya lihat kenaikan tukin 13 K/L ini lebih rendah dari kenaikan tukin instansi Menpan, Bappenas. pertimbangan ny apa ya ko bs beda gitu, padahal scr penilaian RB rata2 13 instansi ini kisaran 70%

  33. weleeehhh, kok cm 13 K/L min, katanya kemaren ada 19 K/L. bagaimana nasibnya dengan yang 6 instansi lainnya min??

    1. TNI nggak jadi naik tunkernya.pimpinan tni hanya omdo aja kita para bawahan hanya di beri janji2 aja !!!

  34. Itu naikknya kayanya ga nyampe 70% ya..terutama yang grade tengah2…beda banget kalo kita bandingkan dengan kemenkumham..waktu 40%nya sama dengan kita…tapi 70%nya ko lain ya…kemenkumham lebih besar..

  35. Itu lampiran semua k/l sama gitu? Data mencerdaskan bangsa kayanya g dpt segitu deh…update nya dong om setagu…tengkyuuuu

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.