Perkiraan Tunjangan Kinerja Polri

Polri termasuk instansi yang disetujui untuk mendapatkan kenaikan tunjangan kinerja pada tahun 2015 ini. Berdasarkan hasil evaluasi Tim Unit Pengelola Reformasi Birokrasi Nasional (RBN) penerapan pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Polri mendapatkan nilai 67,23. Hasil ini meningkat dibandingkan pada tahun 2014 yang lalu.

Usulan kenaikan tunjangan kinerja telah disampaikan Kemenpan kepada Kemenkeu selaku pemegang otoritas anggaran. Peningkatan besaran tunjangan kinerja ini tetap memperhatikan ketersediaan anggaran dan diutamakan berasal dari efisisensi dan penghematan.

Polri sendiri sudah yang menerima tunjangan kinerja semenjak tahun 2010 berbarengan dengan beberapa instansi lainnya. Cikal bakal pemberian tunjangan kinerja diawali pada tahun 2007 dengan 3 instansi Kemenkeu, BPK dan MA sebagai pionir. Dibandingkan dengan K/L lainnya secara nominal, tunjangan kinerja Polri jauh lebih kecil. TNI paling mendekati dalam artian selisih besaran tidak terlalu jauh. Rata rata tunjangan kinerja K/L untuk level kelas jabatan terendah mencapai Rp 1.563.000 atau hampir 3 kali lipat dari Polri pada grade yang sama dengan angka Rp 553.000.

Baca juga:  Persetujuan Penetapan Perubahan Kelas Jabatan Polri

Ketimpangan akan semakin terlihat jika disandingkan dengan instansi penegak hukum lainnya: Kejaksaan dan MA. Kejaksaan tunjangan kinerja paling rendah Rp 1.802.500 diluar tunjangan fungsional jaksa yang telah meningkat hampir 200% per 17 September 2014, sedangkan MA grade terendah Rp 1.719.000. Keduanya baik MA maupun Kejaksaaan sudah mengalami peningkatan tunjangan kinerja yakni pada tahun 2014.

Sehingga adanya rencana kenaikan tunjangan kinerja bagi pegawai di lingkungan Polri sedikit banyak mengurangi kesenjangan ini dan menjadi katalis pendorong peningkatan kinerja bagi personel Polri.

Berkaitan dengan kenaikan tunjangan kinerja, dikalangan Polri sendiri telah beredar usulan besaran tunkin yang baru. Daftar ini memuat rencana peningkatan tunjangan kinerja Polri berdasarkan Pangkat/Golongan beserta indeks per kelas jabatan beserta kebutuhan anggaran seperti yang ditunjukkan dalam tabel di bawah ini:

Tunjangan Kinerja Polri

Rencana Kenaikan Tunjangan Kinerja Polri

Kenaikan Tunjangan Kinerja Polri

Jika merujuk pada daftar di atas, tidak ada yang istimewa berkaitan dengan besaran indeks per kelas jabatan. Grade terendah Rp 1.052.000 masih lebih kecil dengan rata- rata terendah K/L lain. Namun jika dibandingkan dengan besaran tunjangan Polri sebelumnya  adan peningkatan yang sangat signifikan dengan persentase. Rencana kenaikan sebesar 60% tersebut mengacu pada Kementerian Keuangan sebagai benchmark penentuan tunjangan kinerja.

Baca juga:  Tabel Tunjangan Tambahan Pegawai Dirjen Pajak

Persentase Kenaikan Tunjangan Kinerja Polri

Secara keseluruhan rencana jumlah anggaran tunjangan kinerja di Polri yang dibutuhkan menyentuh angka Rp 22,88 Triliun. Hal ini tidak terlepas dari jumlah pegawai Polri yang besar mencapai 439.813 personil dengan rincian Anggota Polri 414.791 dan PNS 25.021 yang tersebar sampai tingkat Polsek di seluruh Indonesia.

Sampai saat ini penghitungan dan pembahasan kenaikan tunjangan kinerja Polri masih dalam proses bersama 18 K/L lainnya. Keputusan final baru diketahui jika Perpres tentang tunjangan kinerja sudah diterbitkan.

26 thoughts on “Perkiraan Tunjangan Kinerja Polri

  1. kasian bgt polri. jam kerja 24 jam, dituntut kerja maximal… ehh gaji nya masih kalah sm PNS lain. palagi sm guru yang sekarang sudah ada sertifikasi…semoga polri tetap eksis&profesional ya… semANGATTT

  2. Yang gak mungkin jangan dipubliksikan disini buang_buang energi saja masih banyak yang hal-hal penting lainnya yang belum dipublikasikan, kami menunggu hal-hal yang pasti saja.

  3. Semoga smua jdi nyata…karna tuntutan makin terasa…apa lagi kususnya mengenai masyarakat…klo dah banyak mana mungkin mau neko2…neko2 langsung babat…

  4. pilar demokrasi yaitu eksekutif legislatif dan yudikatif…klo mau negara kuat menurut saya benahi ketiga element tersebut dan pastikan kesejahteraan orang2 yang bekerja di bidang tersebut…gaji polisi sangatlah kecil dibandingkan dengan godaan dalam pelaksanaan tugasnya jadi dah sewajarnya pihak eksekutif memikirkan kesejahteraan bagi mereka tentunya dengan diimbangi dengan punishment yang tegas dan terukur terhadap oknum yang bisa merusak kredibilitas bagi kesatuan polri…lagian dana 15 t kan tgl nambahin dikit tuh dr dana pengadaan ups dki jakarta

  5. Alhamdulillah, barokallah..semoga cepat terealisasi karena bila dibandingkan dgn institusi penegak hukum yg lain tunkin Polri yg paling kecil nilainya, juga bila dibandingkan dgn TNI, tunkin polri jg msh kalah..

    1. Kalo saya sbg anggota Polri lebih pilih tunkin jd 100% mas coz gk semua anggota polri korupsi..yg korupsi itu oknum..kalo anda org yg berintelektual pst bs membedakan..semua institusi itu baik, yg bikin rusak itu oknum2nya yg serakah..

      1. Betul om sy setuju g cm polri aj yg korup instansi lain lebih ngeri lg cm g kelihatan soalnya g berainggungan langsung dg masy. Dan tdk bukan polri nya yg jelek tp ad oknum nya n smua instansi ad oknumnya itu udah pasti.

  6. yah..sabaar aja gombal………….emang ini lagi zamannya NGEgombal (gombal mungkin dah lupa, ada yang JELAS..giliran turunin (uang makan) perpres nya langsung keluar……kwkwkwk

  7. Kayaknya nih gombal banget … kenaikan gaji aja nggak jelas ….
    dah gitu perpres nya aja blom jelas .. udah pade ngegombal mulu …..

  8. Sengsaranya menjadi PNS Pemda, tidak ada tunjangan apa, baik makan atau TKD hanya menerima gaji PNS doang, sudah itu dipotong pinjaman Bank, Hanya sisa gaji yg harus bisa disiasati untuk kebutuhan hidup…..bahagialah mereka yang menjadi PNS pusat/Polri dan TNI

    1. itukan tergantung kemampuan daerah bisa ngasih TKD sama pnsnya,dan tidak semua pns pusat tunjangannya lbh besar dibanding pnsd,

    2. Pengeluaran harus di imbangkan dngn pemasukan bro…
      Jgn lebih besar pasak dripada tihang…
      Di nikmati saja bro

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.