Mekanisme Pembayaran Tunjangan Kinerja 2012

Secara umum mekanisme pembayaran tunjangan kinerja dapat digambarkan sebagai berikut:

1. Perpres resmi dundangkan (masuk lembar negara).

2. Dirjen Perbendaharaan mengeluarkan Surat Edaran (SE) atau petunjuk teknis sebagai dasar KPPN memproses pembayaran. Terdapat 2  sumber anggaran tunjangan kinerja yaitu (1) Sudah sudah dialokasikan dalam DIPA seperti contoh LIPI dll, (2) Bersumber dari bagian Anggaran 999, contoh: Kemtan.

SE atau juknis nanti mengatur keduanya. Bedanya kalau sudah masuk DIPA, Pengguna Anggaran (PA) atau KPA adalah pejabat dari K/L bersangkutan. Sedangkan yang bersumber dari anggaran 999, Menteri Keuangan selaku PA dan pejabat K/L sebagai KPA.

3. K/L memproses pembayaran ke KPPN Mitra berupa pengajuan SPM-LS, yang mengajukan adalah KPA Pusat (biasanya bendahara K/L). Pengajuan ini disertai dokumen pendukung sebagai persyaratan seperti rekap daftar nominatif dan surat pertanggungjawaban mutlak.

4. KPPN melakukan uji substantif dan formal, Jika syarat lengkap KPPN menerbitkan SP2D, bahasa sederhananya dana cair 🙂

5. Secara berjenjang Bendahara – Pengeluaran K/L mentransfer dana Tunjangan Kinerja ke Ditjen/Badan, Kanwil dan UPT/Satker.

Baca juga:  Hasil Audit BPK dan Integritas Sektor Publik di K/L yang Mendapat Remunerasi

6. Petugas gaji dapat melakukan pembayaran kepada pegawai di lingkungan kantor masing-masing.

7. Itu sudah

Catatan:
Jumlah yang diterima sesuai dengan lampiran Perpres menyesuaikan dengan grade-nya masing-masing. Kecuali ada pasal yang mengatur lain seperti misalnya MA ada pasal yang menyatakan jumlah yang diterima adalah sebesar 70%, sedang K/L lainnya sesuai lampiran.

Surat Edaran Dirjen Perbendaharaan sudah keluar, bagi yang kesulitan download dari perbendaharaan.go.id  ada mirror dari under_miner:

Per 52/PB/2012

1,409 thoughts on “Mekanisme Pembayaran Tunjangan Kinerja 2012

  1. alhamdulillah rapel tahun 2012 udah cair tinggal rapel tahun 2013 udah bulan ke-3 belum juga cair apakah mau setahun lagi ???!!!??

  2. Bapak ibu sdr sdri, lapak ini dah overloads, ngrumpinya pindah di lapak baru, ”Tabel Tunjangan Kinerja ……. ” diskusinya di sana saja…

  3. Alhamdulillah dah cair..remun sy (lg study di luar) dihitung grade 7 (meski peneliti muda) dan full 13 bulan..

    1. sebenernya enak yg lagi TB, absennya gak dipotong, beda dengan pegawai aktif.
      trus masih untung diberikan grade (kebijakan tidak tertulis), karena kalau melihat konsepnya yang sedang TB itu sedang tidak menjabat apa-apa

      1. enak ga enak tergantung perasaan masing-masing. yang TB di instansi saya, hanya saya beri 75% dari nominal yang tidak TB. Lagi pula personal yang TB bukan atas kehendaknya sendiri, tetapi di-TUGASKAN oleh negara untuk belajar. Demikian penjelasan dari saya agar menjadi rasa syukur bagi yang TB maupun tidak sedang TB.

  4. 103 harap bersabar. jika sudah ihktiar, sekarang saatnya tawakaal dan berdo’a. Rizki kita tak kan ada yang mampu menghalangi jika Allah sudah berkehendak. kapan waktunya datang, Allah juga yang Maha menentukan. perbanyak sholat dhuha dan qiyamul lail. semoga rizki segera dibukakan untuk kita semua…

  5. Alhamdulillah.. Baru 😯 liat rekening kali2 ini menggelembung…
    Semoga banknya lg g ngadat biar bisa diselesaikan secepatnya…
    Terimakasih atas segala informasinya om setagu dan kawan2…

  6. Alhamdulillah dapat info valit Mr. Emon udah mampir ditempatku trima kasih buat semua yang berkecimpung didalam TIM REBO dan TIM Keuangan yang telah bekerja keras

  7. masih nunggu rekening bendahara jadi gendut

    beda bank antara pusat dengan daerah

    pe jam 5 tadi masih lom nyampe juga

    sabar…sabar…sabar…

    1. temenku hari ini baru sosialisasi, malah belum tau gradenya juga. ya ga tau dech kapan 103 bisa cair, mudah2an siy bisa cepet. yang jelas tgl 28 des 2012 harus sudah terbit SP2Dnya berarti uangnya sudah cair maksimal ya tgl itu. ditunggu aja boz.

  8. kalau kabupaten ya tergantung bendahara di satker masing2x, yang sy tau jumat kemarin sudah di transfer ke rekening masing2x bendahara.
    Kalau di pusat informasinya valid. Kenal dengan kabag bendahara pusat kan ? yakin gak boong deh kalo imelnya dari bapak satu itu 😀

  9. Kepada Yang Terhormat :
    Bapak dan Ibu Pejabat Struktural dan Fungsional
    di

    Dengan ini dibertahukan bahwa dana tunjangan kinerja sudah kami transfer ke rekening Bapak dan Ibu . Mohon agar Bapak dan Ibu dapat melakukan pengecekan rekening masing-masing. Keterangan dari pihak BRI mengatakan bahwa dana efektif akan masuk ke rekening pegawai paling lambat jam 15.00 WIB. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.

    ttd.

      1. untuk 33 pasti belum cair, lha wong Rekening bendaharanya Mandiri beda ma pusat yang BRI, 3 hari lagi lah, sabar…

        1. temannya adhiewy : sopo iki ? mas dar ?
          tmn satu instansi: 30?????
          yang penting bola panasnya sudah di BRI. Kalo dah urusan bank kan susah ngontrolnya. Sepertinya yang pegawai BRI yg memproses transfer ragu-ragu buat mencet tombol enter. :mrgreen:

  10. maaf telat nih..
    selamat cair buat rekan” di kemen ristek dan Batan, semoga jadi berkah ya rezekinya, jgn lupa 2,5%nya di keluarin, yg remunya belum keluar ( termasuk saya sendiri ) mohon di tambah kesabarannya, saya yakin sebentar lagi pasti akan cair remunnya 🙂

  11. Alhamdulillahjavascript:grin(‘:smile:’) telah cair dengan selamat remun di Kementerian Ristek, semoga membawa keberkahan bagi kami dan dapat memotivasi kami untuk terus berinovasi dan semangat bekerja. 🙂 Aamiin… Untuk yg belum cair kami doakan agar dapat segera cair, karena lebih cepat cair lebih bagus… 😉

    1. mungkin sudah, mungkin juga belum, tapi kebanyakan baru mo cair besok tanggal 26 Desember, posisi sekarang uang sudah ada di Bendahara K/L (satker pusat) jadi klo di daerah ya tunggu transfer dari pusat dulu baru sampe ke rekening masing2 penerima…

  12. :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

    LIBURAN YANG INDAH

    ALHAMDULILLAH SESUATU..
    DUA JEMPOL BUAT STAF ADMIN BRI TOWER
    YANG MAU LEMBURRRRRRRRRR

    YIHAAA

  13. Alhamdulillah di tgl 201212 AKHIRNYA CAIR, RUARR BIASA.. SEMOGA TAHUN DEPAN CEPAT 70% KARENA 70% ITU BAGUSSS..

  14. Oalah…begitu to mksdnya upt, selama ini ngehnya cm istilah “satker”! Iya deh, thx infonya mas/mba, td dpt info bendahara tercinta mw ambil cuti d akhir taun, ya sutralah yaaaa, rejekinya di 2013 emg, alhamdulillaahhhh 😀

  15. @anak sigma (11O) ; kalau ada di pusat (mungkin dah cair) atau satker alias prov (mungkin rabu) atau di upt alias kab nunggu paling cepat kamis baru masuk rek…..

  16. Sugih tanpo bondo, Mlarat tanpo kurang, Urip tanpo nyowo, Mati tanpo batang, Obah tanpo goyang, Meneng tanpo sirep, Wujud tanpo katon, Katon tanpo wujud, Ridho narimo Nyukuri pandume Gusti Allah SWT.

  17. yang di pusat hari ini cair, di satker karena terhalang liburan ya besok rabu, kalau upt mundur lagi kamis……

  18. Masih berharap 110 bisa sampe ke rek pegawai satker kab/kota pas tgl 28,tp bau2nya sih kayanya br bsa sampe rek setelah taun baru, pdahal mau mudik ni 🙁

    1. tergantung kliring bank nya mas, klo bank yg di pakai bendahara di daerah BRI ya bisa cepet, tapi klo bukan ya mungkin bisa lama. cos tgl 26 besok baru ditransfer ke provinsi, trus dr provinsi baru ke kabupaten, klo satker pusat ma provinsi kmungkinan sblm tahun baru sudah cair.. 🙂

  19. SATU LAGI NIH BERITA…TRNYATA TEMEN KITA SDH CAIR HARI INI 21-12-12..MMG BNER2 TRTIB ADMINISTRASI K/L INI..GA SALAH KLO KOMPETENSI KARIR YAH DI INSTANSI INI!
    SELAMAT UTK KL 109 YG JUMAT INI SDH CAIR TUNKINNYA! 🙂 MET LONG WEEKEND YA! 😎

  20. edisi marketing bank : Ya Tuhan, kalau ada tunkin segerakanlah, supaya target deposito dan kpr saya tercapai tahun ini :mrgreen:

    1. edisi birokrat : Ya ya ya, berilah kelancaran distribusi dana tunkin pada awal Pebruari 2013, supaya target bunga deposito 2 bulan tercapai :mrgreen:

  21. Do .. Doakan ada rejeki
    Re… Remun pun diganti tukin
    Mi… Misalkan esok ‘lum cair
    Fa… Fastikan ku tetap menunggu
    Sol… Soal lambat sudah biasa
    La… Lama-lama bisa gila
    Si… Siap-siap akhir tahun
    Doakan ku naik haji

  22. copas dari I P L K

    Edisi Infotainment: Ya Tuhan, kalau ada tunkin segerakanlah,kalau tidak ada jauhkahlah gosipnya….

    Edisi Pak Tarno: Ya Tuhan, kalau ada tunkin segerakanlah, kalau tidak ada tolong dibantu ya….!! Binsalabim jadi apa Prokk… Prokk… Proookk…..

    Edisi ngotot: Ya Tuhan, kalau ada Tunkin segerakanlah, kalau tidak ada tolong diadakan…Tolong Tuhan wujudkanlah….

    Edisi Penipu: Ya Tuhan, kalau ada tunkin segerakanlah, kalau tidak ada tolong isi pulsa Mama, Mama lagi dijalan…

    Edisi SBY: Ya Tuhan, kalau ada tunkin segerakanlah, kalau tidak ada saya hanya bisa prihatin…

    Edisi Nawar: Ya Tuhan, kalau ada tunkin segerakanlah, kalau tidak ada tolong jam kerjanya dikurangin….

    Edisi Bondan ft Fade2Black: Ya Tuhan, kalau ada tunkin segerakanlah, kalau tidak ada ya sudahalahhh….

    Edisi OVJ: Ya Tuhan, kalau ada Tunkin segerakanlah, kalau tidak ada kita demo langsung ke Te…Kaa….Peee…….

    Edisi Aa Gym: Ya Tuhan, kalau ada tunkin segerakanlah, jagalah hati.. jangan kau nodai..

    Edisi Bang Haji Rhoma Irama: Ya Tuhan, kalau ada Tunkin segerakanlah, kalau tidak ada TERR…LAA….LLLUUUUU…….

    sedikit modif dari http://operatorku.blogspot.com/2012/07/cerita-humor-lucu-banget-2012.html

    1. Edisi pendukung cepat cair setagu: Ya Allah, kalau ada tunkin segerakanlah cair, KARENA CEPAT CAIR ITU BAGUS….

  23. PNS yang sudah tidak tahan ingin dapat remun bisa ke BPR/Finance/Penyedia pinjaman terdekat. 😎 Agunan hanya print out PER-52/PB/2012 & Surat Kuasa kepada Bendahara untuk pengambilan remun. :mrgreen: Bunga 5% untuk 2 bulan. 1 jam cair 😛

  24. 😛 😛 😛
    buat satker 111 yg udh cair duluan selamat yahhh
    bakalan nikmat dah liburanya…
    🙁 gw kapan ya..tersisa 3 jam lagi..
    BRI oh BRI..cepetin dunk

  25. udah ngga serame kemaren yg posting komen, berarti udah banyak yg pada cair ya? udah ngga ingat lagi sama tmn2 senasib seperjuangan dulu. kaciaaaan deh gue 😕 😡 🙁

  26. Kapan nih cair tuh remun, mau tahun baruan nih.
    Sekalian mau mejeng sama doi dan calon mertua nih,
    soalnya udah janji mau jalan2 sama doi pake motor KAWASAKI NINJA 7500cc terbaru nih … 😆

  27. Maaf 😛
    Dana remunerasi Rp 2,9 T sudah terlanjur berbentuk deposito. jatuh tempo pencairan deposito adalah awal Pebruari 2012. Bunga deposito dipakai buat dana pribadi birokrat, anggota DPR dll yang berkepentingan atas golnya remunerasi 20 K/L. 😆
    Sekali lagi maaf 😉
    Mohon bisa bersabar hingga 2 bulan lagi. :mrgreen:

  28. klo dapat Tukijo..buat usaha aja, klo usaha dah besar kluar aja, biar digantikan org2 yg bth kerjaan. kasihan kan..

    1. kerangka berfikir yang benar..TK=modal usaha/pengembangan usaha..kita bantu ciptakan lap.kerja buat teman2 kita yg kurang beruntung..mental PNS lama jangan dipeliara

  29. Merhatiin gak? iklan bang setagu berubah.. tadinya khan hotel dengan gambar cewek cantik lagi tidur.. sekarang udah ganti mobil Ford.. haha… tau aje dah yang pada remon mo beli mobil…

          1. aq bndahara Penerimaan om, tapi kemaren aq dengan bendahara pengeluaran di BNI ngecek blom ada. kalo om barkowi?

  30. Setelah tanda tangan Tukin, baru sadar kalo grading-nya lebih rendah dari temannya yang dianggap nggak kompeten…. hehehehe

    Emang enak, makanya inget rejeki orang masing-masing bung….

    1. Kasihan…Begini nih kalau sudah kebelet Remun..

      Cairnya tahun depan Pak Haji..2013, seperti yang disampaikan oleh kawan seiman saya @pendukung lama cair

  31. Lama tidaknya pencairan tergantung kesiapan Satker dalam mempersiapkan data pendukung terutama Rekapitulasi Daftar Pembayaran Tunkin. Logikanya bagi satker yang jml pegawainya relatif sedikit spt BKPM, BPOM, Batan dll lebih cepat membuat data tsb dibandingkan Pertanian yg puluhan ribu jml PNS-nya.

    1. pertamaxx…

      kami belum cair pak setagu hehe..
      tapi katanya sih tinggal menunggu detik2 terakhir..
      terima kasih pak setagu..
      saya siap menjadi PNS yang baik..

      tapi masih sering telat sih pakk.. yaa.. gak lebih dari 30 menit lah..

      # curhat xixixi :mrgreen:

    2. Betul mas Setagu, dan kayaknya @pendukung lama cair itu dari polri yang notabene TKnya masih sangat kecil dibanding K/L lain dan bahkan dibanding K/L yang baru remunerasi tahun ini… 🙂

        1. Om POPT apa ?

          POPT Ahli Pertama grade 8
          POPT Ahli Muda grade 9

          POPT Terampil Pelaksana grade 6
          POPT Terampil Lanjutan grade 7
          POPT Penyelia grade 8

          1. 103 masih nyankut di deptan nya hari baru kirim ke satker … nah ke UPT nya nih bisa tahun depan cairnya…

  32. kalau dari kantorku, BRI dah ngucapin selamat ke salah seorang dari kita kalau hari ini cair, untuk pendukung lama cair kira kira kalau hari ini turun mau diapain ya ni orang.

  33. Mdh”an 110 pusat besok sgera transfer ke provinsi & dilanjutkan bndhra prov ke pgawe kab/kota secara brdsrkan info dana sdh di bendahara k/l…
    Utk 110 pusat plg lmbat tgl 26 sdh di rek msg” pgawe…
    Mugi” sgera caeerr krn sgra caerr itu Indah !!!

  34. Satu suara sama mas/mba lama menunggu, yg aq maksud dpertanyaan sebelumnya itu bukan bagian subditnya mas AdhyWy itu apa, tapi yg besok cair itu 110 bagian mana? Pusat dulu bru kab/kot?? Atau barengan? Thx for sharing

  35. Berita dari:

    http://pmprb.menpan.go.id/forum/viewtopic.php?id=28

    Katanya Tukin 20 K/L akan cair awal tahun 2013.
    Januari? Februari?
    Gak dijelaskan secara rinci.
    Berikut beritanya:

    Juklak (Petunjuk Pelaksanaan) pembayaran Tunjangan kinerja pegawai pada 20 K/L telah diterbitkan,
    yaitu dengan keluarnya Peraturan Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI nomor PER–52/PB/2012 tentang
    Petunjuk pelaksanaan (juklak) Pembayaran Tunjangan kinerja Pegawai pada 20 Kementerian Negara/Lembaga.

    Dengan adanya Juklak tersebut maka Pembayaran Tunjangan kinerja Pegawai di 20 instansi pusat tersebut
    bisa segera diajukan dan diharapkan awal tahun 2013 sudah bisa diterimakan ke para pegawai di 20 instansi pusat tersebut.

    Tunjangan Kinerja Pegawai 20 K/L tersebut antara lain :

    Kementrian Perindustrian
    Kementrian Riset dan Teknologi
    Kementrian Pertanian
    Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
    Kementrian Perumahan Rakyat
    Badan Koordinasi penanaman modal
    Badan pengkajian dan penerapan teknologi
    Badan Pengawasan Obat dan makanan
    Badan Kepegawaian Negara
    Badan Pusat Statistik
    Badan Tenaga Nuklir Nasional
    Lembaga Administrasi Negara
    Lembaga Ketahanan Nasional
    Arsip Nasional Republik Indonesia
    Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional
    Lembaga Sandi Negara
    Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
    Badan Narkotika Nasional
    Badan Nasional Penanggulangan Terorisme
    Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

    Ke 20 Kementrian Negara/Lembaga tersebut telah dipastikan mendapat Tunjangan Kinerja Pegawai,
    hanya tinggal melakukan pencairan Tunjangan Kinerjanya sesuai Juklak PER–52/PB/2012 supaya
    Tunjangan Kinerja Pegawai tersebut bisa segera diterimakan di awal Tahun 2013.

    1. ini adalah bukti dari web resmi menpan, redam emosi kalian kedepankan pikiran jernih. 2013 cairnya remun bukan di akhi tahun ini.

  36. Mah.. mamah, tunkin nya udah cair blm?

    klo blm, sini ta pijitin kepalanya biar ga pusing mikirin itu trus.. abis itu jangan lupa yah ke ATM tuk cek lagi wkwkwkwk …

  37. Bener-bener tukin bikin h2c,terlalu banyak isu bersliweran. semoga segera diakhirkan di waktu yang tepat di masa yang diharap amiin 😆

  38. Kabar terbaru. Pencairan Tunjangan Kinerja untuk 20 K/L akan dicairkan serentak pada tanggal 20-12-2012 Jam 20:12.
    Jika lewat dari tanggal dan jam diatas, Tunjangan Kinerja 20 K/L akan diberikan kepada Fakir Miskin dan Anak Terlantar. Demikian sekilas info 🙂

    1. 110 bagian mana ni?? yg satker kab/kota udah siapin kresek banyak2 nih! mana banyak bgt cuti bersama lagi! bendahara haram cuti yaaaa 😆 😆 😆 😆

  39. dapet info dari temen ane di denpasar…. dan surabaya seluruh 103 sudah cair berooo sampai jumpa lagi di kenaikan tukin

    1. apa kah bener? ❓ barusan saja pukul 15.00 wita bendahara kantorq ke BNI ngecek rekening bendahara pengeluaran satkerq belom ada. masih 0 saldonya, coba kalo memang udah ada yg masuk/ punya internet banking di upload biar yg laen tambah penasaran n galau ^_^ 103 disini belom

  40. Asyik rekening bendahara pengeluaran pakai bank lokal, bisa tarik cash n istri nggak tahu, pegang tuh ATM……

    1. upload aja di facebook printscreen nya, lalu copy paste adres linknya. baru kami percaya. selamat jika memang sudah cair, dan kalo hoax tak kempang endasmu.

  41. terimakasih pemerintah atas tunjangan kinerja nya… di tunggu tahun depan ya kalo bisa tiap bulan hehehehe, buat temen temen terima kasih atas komentar yang sangat membantu meski sempat out of topic.. angap segabai hiburan.. akhirnya tukin benar benar cair hari ini. salam hangant

  42. oke ntar cek jam makan siang ya… 103 di pastikan cair hari ini info dari BBKP Surabaya.. kabar jogja juga hari ini

  43. untuk mensyukuri cairnya tunjangan kinerja satker area badung kota, bagaimana kalau kita mengadakan turnamen antar satker remun 2012 bandung, diantaranya lipi, batan, menperin, dll. di lapangan pasir sabuga itb jl.ganesha bandung. sekalian gathering. jika berkenan nanti kita jadwalkan hari jum’at pagi jam senam pagi, bagaimana setuju.

  44. Pasal18

    Penyaluran pembayaran Tunjangan Kinerja atas SPM-LS dan SP2D sebagaimana dimaksud dalam Pasal 16 dan Pasal 17 kepada yang berhak menerima dilaksanakan paling lambat tanggal 22 Februari 2013.

    Pasal19

    (1) Dalam rangka melaksanakan pembayaran Tunjangan Kinerja sebagaimana dimaksud dalam Pasal 18, Bendahara Pengeluaran menyimpan dana dimaksud pada rekening Bendahara Pengeluaran.

    (2) Dana di Rekening Bendahara Pengeluaran sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan di rekening Bendahara Pengeluaran yang terdapat pada masing-masing satuan kerja di lingkup Kementerian Negara! Lembaga sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 pada tanggal 31
    Desember 2012 tidak disetor ke kas negara.

    (3) Dalam hal terdapat sisa dana penyaluran pembayaran Tunjangan Kinerja sebagaimana dimaksud dalam Pasal 18, sisa dana dimaksud wajib disetor ke kas negara paling lambat tanggal 28 Februari 2013.

    (4) Penyetoran ke kas negara sebagaimana dimaksud pada ayat (3) menggunakan Surat Setoran Bukan Pajak (SSBP) akun 423913 penerimaan kembali belanja lainnya RM TAYL.

    BABVI KETENTUAN LAIN-LAIN

    Pasal20

    KPA wajib menyusun laporan keuangan dana pembayaran Tunjangan Kinerja sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan mengenai Tata Gara Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Belanja Subsidi .dan Belanja Lain-lain. Penjelasan lebih lanjut tentang penyaluran Tunjangan Kinerja dituangkan dalam Gatatan atas Laporan Keuangan.

    BABVI KETENTUAN PENUTUP

    Pasal21

    Dengan berlakunya Peraturan Presiden Tahun 2012 yang mengatur mengenai Tunjangan Kinerja Pegawai pada 20 (dua puluh) Kementerian NegaraiLembaga, maka Tunjangan pada Kementerian Negara!Lembaga sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 ayat (2) dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

    Pasal22

    Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

    Ditetapkan di Jakarta
    padatanggal 18 Desember 2012

  45. BABV KETENTUAN PERALIHAN

    Pasal14

    (1) Tunjangan pada Kementerian Negara/Lembaga yang selama ini telah diterima diperhitungkan sebagai faktor pengurang pembayaran Tunjangan Kinerja sejak diberlakukannya pemberian Tunjangan Kineja ini.

    (2) Tunjangan pada Kementerian Negara/Lembaga yang selama ini telah diterima sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah: .

    a. Tunjangan Kompensasi Kerja pada Kementerian Pertanian;
    b. Tunjangan Kerja Pengembangan Perumahan pada Kementerian
    Perumahan Rakyat;
    c. Tunjangan Khusus Peningkatan Pembinaan Penanaman Modal pada Badan Koordinasi Penanaman Modal;
    d. Tunjangan Selisih Penghasilan pada Badan Pengkajian dan
    Penerapan Teknologi;
    e. Tunjangan Kegiatan Pegawai pada Badan Kepegawaian Negara;
    atau
    f. Tunjangan Kinerja Ganda pada Lembaga Kebijakan Pengadaan
    Barang/Jasa Pemerintah.

    Pasal15

    (1) Pembayaran Tunjangan Kinerja di lingkungan Kementerian Negara/ Lembaga sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2, terhitung mulai Januari 2012 dapat diajukan berupa:
    a. Tunjangan Kinerja yang belum dibayarkan; atau
    b. Kekurangan Tunjangan Kinerja bagi Kementerian Negara/ Lembaga sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 dan memperhatikan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 ayat (1).
    (2) Pembayaran Tunjangan Kinerja sebagaimana dimaksud pada ayat (1)
    terrnasuk untuk pembayaran bulan ke-13 (ketigabelas).

    (3) Rekapitulasi Daftar Pembayaran Tunjangan Kinerja sebagairnana dimaksud pada ayat (1) yang memuat kebutuhan pembayaran untuk seluruh pegawai yang berhak menerima tunjangan serta telah memperhitungkan kewajiban pajak dan faktor pengurang, dengan format sebagaimana tercantum dalam Lampiran III yang tidak terpisahkan dengan Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan ini.

    Pasal16

    SPM-LS Pembayaran Tunjangan Kinerja Tahun Anggaran 2012 yang akan diajukan pada Tahun Anggaran 2012, diterima di KPPN mitra kerja paling lambat tanggal 27 Desember 2012 pada jam kerja.

    Pasal17

    Atas pengajuan SPM-LS sebagaimana dimaksud dalam Pasal 16, KPPN
    mitra kerja menerbitkan SP2D paling lambat tanggaJ 28 Desember 2012.

    -9-

    ————–

  46. yang bilang 103 dah cair dijogja sok tahu, SE baru keluar kemarin, bendahara kementrian tanggal 17 ngajuin pencairan ditolak kppn karena SEnya blm ada, jadi sabar aja, klw perlu semua pakai nama pak sabar dan bu sabar

    1. Saya yang sok tau Om, maaf bila mengecewakan Om, komunikasi diantara saya dengan teman dari jogja adalah komunikasi yang bertanggung jawab, bukan komunikasi antara orang yang tidak saling kenal seperti di forum ini, di jogja kan UPT 103 bukan hanya satu, apalagi saya menjelaskan bahwa keputusan ada di direktorat masing2, demikian bayan dari saya, wallahu’alam

  47. KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
    DIREKTORATJENDERALPERBENDAHARAAN

    PERATURAN DIREKTUR JENDERAL PERBENDAHARAAN NOMOR PER- 52 IPBI2012

    TENTANG

    PETUNJUK PELAKSANAAN PEMBAYARAN TUNJANGAN KINERJA PEGAWAI PADA 20 (DUA PULUH) KEMENTERIAN NEGARAILEMBAGA

    Menimbang

    Mengingat

    DIREKTUR JENDERAL PERBENDAHARAAN,

    a. bahwa dalam rangka pelaksanaan pembayaran Tunjangan Kinerja Pegawai pada 20 (dua puluh) Kementerian NegaraiLembaga sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Presiden Nomor 101 sampai dengan Nomor 120 Tahun 2012, perlu diatur petunjuk pelaksanaan pembayaran tunjangan kinerja dimaksud

    b. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, perlu ditetapkan Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembayaran Tunjangan Kinerja pegawai pada 20 (dua puluh) Kementerian Negara/Lembaga;

    1. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 47, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4286);

    2. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 5, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4355);

    3. Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 66, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4400);

    4. Peraturan Presiden Nomor 101 Tahun 2012 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Perindustrian (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 239);

    5. Peraturan Presiden Nomor 102 Tahun 2012 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Riset dan Teknologi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 240); :1

    6. Peraturan Presiden Nomor 103 Tahun 2012 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Pertanian (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 241);

    7. Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2012 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun
    2012 Nomor 242);

    . 8. Peraturan Presiden Nomor 105 Tahun 2012 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Perumahan Rakyat (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 243);

    9. Peraturan Presiden Nomor 106 Tahun2012 tentang Tunjangan Kinerja pegawai di Lingkungan Badan Koordinasi Penanaman Modal (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 244);

    10. Peraturan Presiden Nomor 107 Tahun 2012 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 245);

  48. Info dr eselon 2.
    Sedulur-sedulur 110, kalo tidak ada aral melintang, jum’at ini cair. Silakan cek atm masing-masing

  49. 120…

    denger-denger satker dibandung dah dapet sk kepala

    isinya nama,grade,dan rupiah pegawai satker

    adakah satker lain di 120 yang dah dapet sk kepala…???

        1. jakarta lebih cepet informasinya om dari daerah…jadi semua persyaratan udah terpenuhi…sedangkan daerah baru menerima salinan sk hari ini di jakarta

          1. Ternyata yg bikin lambat pencairan di satker kami adalah perbedaan Bank yg pusat pakai dg bank penerima di satker. Jadi ada jeda 1-2 hari.

      1. sekarang ini kan udah jaman internet, informasi bisa sampai bersamaan, birokrasi yang harus dibenahi, seremonial harus dikurangi. berarti 120 sudah masuk rek bendahara KL, masih di rek bendahara KL atau sudah ditransfer ke rek bendahara satker ?

        1. udah di rekening bendahara K/L om

          jakarta mungkin sebagian dah masuk rekening bendahara satker

          daerah termasuk satker saya baru mau ngajuin besok ke jakarta

  50. apapun yang terjadi tetaplah kita semua bertaqwa kepada Allah , duit banyak manfaatin yang baik, duit dikit manfaatin yang baik juga

  51. Info shahih, ada unit 103 di Jogja sudah masuk rekening, coba2 tmn2 di 103 cari infonya, ybs dari unit Jogja td sore koordinasi dengan kantor kami 103 juga, tp qt beda direktorat, jd bgi 103 yang sabar ya, skrg kptusan sdh ada di direktorat masing2 di 103

    Selamat buat 103 …

        1. Soalnya sebelum Per 56 keluar, semua satker 103 sudah beresin isian lampiran dari sptjm dan rekap tukin pernama dll, jd ketika per 56 kluar, tinggal ngacir ke KPPN, hehe

          Alhamdulillah, Selamat Buat 103

  52. Waktu masih nyusun grading jabatan gak ada satupun orang yang peduli, begitu duitnya pada kelihatan semua orang tiba2x jadi ahli mengenai analisa jabatan. Yang selama ini nyaman dengan pangkat, gol, masa kerja dan pendidikannya tiba2x kaget dengan konsep remunerasi yang mereward orang dari value pekerjaannya. Mau ada rapel mau nggak, kerja tetap jalan. Biarkan prosesnya berjalan, toh kita teriak2x gak akan berpengaruh apa2x

  53. Jadi tanggal 22 februari itu bukan patokan, tetap ada kemungkinan turun bulan desember ini.OKE YA PENDUKUNG LAMA CAIR, atau emang anda pengin lama cair .Nggak da manfaatnya

    1. yang pasti tanggal 28 Desember itu uang sudah ada di Bendahara Pengeluaran masing-masing Kementerian/Lembaga. tingga pembagiannya ke masing2 penerima dibatasi sampai dengan 22 Februari 2013. disitu dicantumkan pula tatacara pembukuannya di laporan bendahara termasuk bila ada dana yang tersisa bagaimana harus disetor ke kas negara (baca dengan teliti ps. 19)

  54. untuk pendukung lama cair ,anda mungkin kurang paham bahasa hukum ya, paling lambat 22 februari itu kan batas maksimal, kata orang keuangan uang turun +/- 3 hari setelah sp2d,sedangkan orang2 keuangan dan tata usaha di 20 kementrian sudang menyelesaikan semua prosesnya,saya ngomong sudah konfirmasi dengan orang orang tata usaha maupun keuangan, mereka bilang SEMUA PROSES DAH SELESAI TITIK . saya curiga anda bukan dari 20 K/L.

  55. mau desember kek mau januari kek mau desember tahun depan kek, yg penting kan rapelnya tetap turun. Emang kenapa sih pengen buru2x, jangan2x udah diijonkan dulu bakal rapelnya

  56. sudah tercantum 22 FEBRUARI 2013 maksimal pencairan, bukan besok, bukan tgl 28 bukan tahun ini, untuk 3 proses berikutnya setelah SE diperkirakan memakan waktu 1 bulan, kemungkinan cairnya tahun 2012, kasusnya sama dengan POLRI. kemungkinan Januari, bukan akhir bulan ini. coba kalian berfikir jernih jangan dengan emosi.

      1. setuju Bro dari awal saya juga tidak yakin akan cair tahun ini, kemungkinan besar cair tahun 2013..seperti POLRI dulu

    1. Pikiranmu itu yg selalu ngeres,..ya satket lu tu yg kemungkinan 2014 cz satker lu berada diluar 20 K/L,..ude sabar aje sambil tetep dukung lama cairna,..trus lu jangan sok tau,..stagu aje bilangnya tahun ini,…

    2. “coba kalian berfikir jernih jangan dengan emosi” “sudah tercantum 22 FEBRUARI 2013 maksimal pencairan”……jadi kan sudah jelas toh, kemungkinan cairnya itu bisa besok, lusa, atau lusa lagi dan yang pasti paling lambat 22 februari….yo opo ora dul….. :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

      1. 22 Februari itu adalah batas terakhir transfer dari Bendahara Pengeluaran K/L ke masing-masing penerima, bukan batas pencarian dari APBN. disitu juga diatur mengenai tatacara pembukuannya.. dibaca yang teliti bos..

  57. PENGIN TAHU NEH….SIAPA NIH PEMECAH REKOR K/L YG DULUAN KELUAR TUNKINNYA??
    BRARTI K/L ITU KINERJANYA TOP MARKOTOP DAH! 😎

    1. gw optimis 103 mungkin jadi yang pertama…cos pegawainya udh pada kehausan, ingin segra dicairkan

    2. instansi ane sudah memasukkan SPMnya ….1-2 hari ini nunggu terbit SP2D untuk kapan sampe ke rekening ane …ane kagak tau soalnya ane gak pernah ngurusin pencairan dana…..yang biasa ngurus mungkin bisa menginformasikan kira2 berapa lama dana cair setelah SPM masuk ke KPPN

  58. ada kabar terbaru dari 103 ada yang besok cair ada yang … 28 desember… tapi!! tetep cair… so sama aja kan… sekenario terburuk tapi bagus 22 februari …

  59. Bola panasnya sudah di biro keuangan mbak, bukan lagi di kepegawaian. Jd mudah2xan bisa segera turun. Meminjam istilah Pimpinan pas upacara kemarin : ‘sudah di depan mata’ tinggal nunggu ‘sudah di telapak tangan’

  60. Kode 110, para pejuang data statistik terpercaya mana suaranyaaa???? Bisa share ga kapan pny qt cair masuk atm?? 😀

  61. Kepada
    Ykh. Setagu
    di Tempat

    Dh,
    Berhubung postingan ini sudah mencapai 1100an komen, mohon anda buka lapak baru tentang SE pencairan tunkin 20 K/L. Hal ini agar komen2 lebih fokus dan tajam mengena pada substansi, bukan semakin melebar dan tidak jelas.Trims atas tanggapannya.

      1. @pns cantik… :satker nya apa ? di kab mana ?
        @lieur : Ya jangan berharap terlalu tinggi, sebelum angka rapelnya tertera di rekening masing2x, jadi gak terlalu sakit kalo rapelnya batal

  62. masih bingung! buat yg kode 110 password “pelopor data statistik terpercaya’ tanya dong! yg bner skrg progressnya udah sampe mana ya?? sampe di satker kab/kota kapan? thx in advance

  63. Mohon maaf utk semua ya.. saya memang lagi stress berharap tukin, makanya komen saya2 sebelum2nya menggunakan kata2 orang tak berpendidikan.
    oleh karena itu mari kita gunakan bahasa lebih santun ke depannya, karena sudah ada titik terang, besok atau lusa tukin akan cair

    Maaf yaa warga Setagu.. 😆

  64. katanya yg lagi tugas belajar dp 75% dari TUNKIN yg di tabel benerngak ya, mohon bantuannya utk Permentan Ttg TUNKIN Kementan 😐

    1. yang tugas belajar TK 100% mas, tapi Gradenya sama dengan grade Fungsional Umum terendah>> sbg contoh>> untuk TB D4/S1 dapet grade 5, TB S2 Grade 6 dan TB S3 grade 7… ada kebijakan di beberapa K/L untuk TB yang diberikan TK adalah TB yang dibiayai oleh instansi asal, so kalo dapet beasiswa dari luar instansinya ya ga dapet TK… 🙂

  65. kalo g salak SE itu dah keluar awal desember.. and kalo baru di upload kemarin di website.. perbendaharaan gak mungkin juga lah semua wajib download di sana jelas udah di fax di masing masing satker. and yang pasti besok udah cair hahahahah 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆

    1. SE nya ga di upload za? yg diupload di perbendaharaan perdirjen nya . sabar sabar sabar… sebelom ada konfirmasi dr pusat masing2 kementerian ke eselon & satker2 nya kita sabar dulu n berdoa bersama2 yuk ^_^

      1. Dirjen Perbendaharaan mengeluarkan Surat Edaran (SE) atau petunjuk teknis sebagai dasar KPPN memproses pembayaran. Terdapat 2 sumber anggaran tunjangan kinerja yaitu (1) Sudah sudah dialokasikan dalam DIPA seperti contoh LIPI dll, (2) Bersumber dari bagian Anggaran 999, contoh: Kemtan.

        :mrgreen: SE atau juknis :mrgreen: nanti mengatur keduanya. Bedanya kalau sudah masuk DIPA, Pengguna Anggaran (PA) atau KPA adalah pejabat dari K/L bersangkutan. Sedangkan yang bersumber dari anggaran 999, Menteri Keuangan selaku PA dan pejabat K/L sebagai KPA.

      2. Bukan jawaban Mas, itu copy paste, maksud saya jika memang dikatakan Per itu Juklak dan SE itu Juknis, mana SE nya?

        Tapi terima kasih atas responnya

        1. PER-52/PB/2012

          ❓ Petunjuk Pelaksanaan ❓ Pembayaran Tunjangan Kinerja Pegawai pada 20 (Dua Puluh) Kementerian Negara/Lembaga

          Owh ini ya Juknis, berarti saya salah baca, ato ???

          Terima kasih Om/Tante atas infonya

  66. kemarin,120 sudah mengajukan SPM ke KPPN, jadi 2 atau 3 hari lagi uang sudah masuk di bendahara pengeluaran instansi pusat. yah paling lambat2nya rabu dech, uang sdh meluncur menuju rekening pegawai…CMIIW.

    Trims kpd kantor KPPN yng bekerja overtime sampe malem :
    (www.perbendaharaan.go.id)Jumlah SPM Masuk Dibatasi, Pelaksanaan Akhir Tahun Anggaran di KPPN Lebih Baik(Selasa, 18 Desember 2012)

    …Sampai dengan pukul 22.00 WIB, front office KPPN-KPPN di Jakarta masih dipenuhi satker untuk mengajukan SPM LS. Beberapa satker masih tampak membawa setumpuk berkas pengajuan SPM. Melihat kondisi tersebut, Dirjen Perbendaharaan memberikan motivasi kepada jajarannya untuk bekerja semangat dengan penuh kehati-hatian. “Hati-hati kerja ya…” sapa Agus kepada para pegawai KPPN….

    1. seriuuusss?kalo uda di bendahara pengeluaran pusat nanti di transfer ke satker2 ato langsung ke rekening seluruh pegawai??120 cisitu…trims

  67. kalo SE baru keluar tgl 18 desember. Brati di pusat belum ada Pencairan SPM-LS nya kan? sedangkan info yg beredar katanya dana e udah di bendahara di pusat, kira2 info yang mana ya yang benar? apa mungkin perdirjen tgl 18 terbit. hari itu lngsung diajukan SPM-LS nya? 😀 semakin simpang siur nih hehehe

    1. berarti komen2 yang diatas sana hoax semua, cil! baru nyadar yach? dirimu juga hoax, alias nihil. mana ada jaman sekarang abdi negara dengan panggilan ucil-marucil, itu kan hanya ada di dunia dongenr…wkwkwk

  68. Terimakasih kepada semua rekan-rekan PNS yang telah mengawal proses keluarnya tunjangan kinerja dan telah serta saling berbagi informasi mengenai tunjangan kinerja ini.

    Tidak lupa juga ucapan terimakasih kepada BAPAK SETAGU SELAKU BAPAK PEMBINA REMUNERASI.

    Sampai jumpa tahun depan hingga mencapai 100%.

    Salam Remunerasi …..

  69. Saya baru saja terima Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-52/PB/2012, tanggal 18 Desember 2012, tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembayaran Tunjangan Kinerja Pegawai Pada 20 (dua puluh) Kementerian Negara/Lembaga.

    Saya sudah sampaikan peraturan ini kepada Pembuat Daftar Gaji, mereka akan segera memproses ke KPPN.
    Dengan keluarannya peraturan ini, maka tunjangan kinerja di instansi 120 dapat diterima pada bulan Desember ini. Trims

  70. SE udah di tandatangani 103 << and di pastikan kamis cair saat apel lantang jelas tegas tanpa galau TUKIN di pastikan tanggal 20 cair..

  71. PER-52/PB/2012

    pasal 7 ayat 1 dan 2 ok karena ada penjelasan di pasal 14 ayat 1 dan 2

    pasal 15 ayat 2 sebanyak 13 bulan

    pasal 16 spm-ls diterima paling lambat tgl 27-12

    pasal 17 sp2d terbit paling lambat tgl 28-12

    pasal 18 penyaluran pembayarn tunkin kepada yang berhak menerima paling lambat tgl 22-02-2013

    alhamdulillah…jelas sudah

    1. bro under_miner sharing dong SE-nya..donlot situs perbendaharaan gak bisa-bisa. Tolong di share di mediafire atau 4shared..pls

  72. berita gembira SE sudah turun PER-52/PB/2012 dari dirjen perbendaharan tentang petunjuk pelaksanaan pembayaran tunjangan kinerja pada 20 kementerian/ lembaga

  73. di laporkan mulai hari ini sampai tanggal 21 mohon di cek di rek masing² di karenakan minggu depan bank sudah cuti … and bila mungkin tidak masuk juga … di pastikan tukin hangus di tahun 2012

  74. monggo yang udh cair mampir ke lapak ane
    ada senia apansa murah meriah
    bisa cicil 20 tahun
    :mrgreen: 😆 😆 😆 😆 😆 😆

    1. Bener nih bisa cicil Apansa selama 20 tahun.
      Mungkin Apansa SS. Sjavascript:grin(‘:mrgreen:’) 😀 angat Sederhana …

  75. penggila tukin………. di mohon sabar… kami harap tidak terlalu memikirkan tukin… biar tidak setres nanti kalo gila tukin nya buat sapa coba… 💡

  76. di kabarkan / di rencanakan cair minggu depan.. setelah Natal.. / paling cepat tanggal 19 / 12 buat pecinta tukin … selamat buat yang mendapatkan tukin…

  77. Bang Setagu, SE nya nunggu semua K/L lengkap atau tergantung K/L yang sudah selesai, siapa cepat revisinya SE nya juga cepat keluar????…..

  78. Perlu diketahui anggaran tunjangan kinerja harus masuk dalam DIPA K/L bersangkutan. Ini dilakukan dengan revisi DIPA, jika hanya realokasi program maka melalui mekanisme revisi biasa.

    Sedangkan pergeseran anggaran yang bersumber dari BA 999.08 ke bagian anggaran Kementerian/Lembaga, prosedurnya sbb:
    -Dirjen Perbendaharaan menerbitkan surat penetapan Satuan Anggaran BA 999.08 yg disampaikan ke K/L tembusan ke Dirjen Anggaran yang menangani BA K/L terkait.
    -Berdasarkan Surat penetapan tadi K/L melakukan usulan revisi DIPA
    -Dirjen Anggaran melakukan talaahan dan menetapkan revisi anggaran
    -Pengesahan DIPA

    Sebelum SE atau juknis keluar langkah2 revisi diatas harus sudah diselesaikan dulu. Revisi DIPA yg berkaitan dengan gaji dan tunjangan masih dapat dilakukan paling lambat tgl 28 Desember 2012.

    Sekali lagi semuanya itu berproses tidak serta merta langsung cair. Kalau proses sdh berjalan, saya yakin SE-nya segera terbit..

  79. ada yang dah punya salinan Kep. Kepala 120 Nomor 1176/L/2012 tanggal 6 Desember 2012 tentang Pembayaran Tunjangan Kinerja Pegawai Negeri Sipil dilingkungan 120 Tahun 2012

    bagi-bagi dong… 😀

  80. Yang koment kasar dan bernada marah itu tandanya sudah gak sabar cenderung streess, maka ber istiqfarlah wahai saudaraku, janganlah kau umbar amarahmu

  81. Buat Abdi negara di 120…
    alhamdulillah, Direktur Jenderal Perbendaharaan melalui surat pengesahan nomor 006/079-01.1.01/2012 telah mengesahkan revisi dipa 120, pd hari ini tanggal 17 Desember 2012. Petunjuk pelaksanaan dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan tentang pembayaran tunjangan kinerja 20 K/L kemungkinan besok ditandatangani, sehingga pengajuan SPM ke KPPN dapat dilakukan besok (tanggal 18 Desember 2012). Dalam waktu 1, 2, atau 3 hari kemudian, uang tunjangan kinerja diharapkan sudah masuk ke Rekening Bendahara LIPI. Selanjutnya abdi negara 120, dapat mengantri di ATM2 terdekat, utk menyedotnya…CMIIW

    1. pa adi kalo untuk sampe ke satker saya kira-kira prosesnya berapa hari pa? apakah akan melewati bulan desember ini pa ? mohon infonya……orangt bogor neh pa adi

  82. Buat Abdi negara di 120…
    alhamdulillah, Direktur Jenderal Perbendaharaan melalui surat pengesahan nomor 006/079-01.1.01/2012 telah mengesahkan revisi dipa 120, pd hari ini tanggal 17 Desember 2012. Petunjuk pelaksanaan dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan tentang pembayaran tunjangan kinerja 20 K/L kemungkinan besok ditandatangani, sehingga pengajuan SPM ke KPPN dapat dilakukan besok (tanggal 18 Desember 2012). Dalam waktu 1, 2, atau 3 hari kemudian, uang tunjangan kinerja diharapkan sudah masuk ke Rekening Bendahara LIPI. Selanjutnya abdi negara 120, dapat mengantri di ATM2 terdekat, utk menyedotnya…CMIIW

      1. apa bener tgl 18 des 2012 masih bisa ngajuin SPM? di tempat kami trakir SPM hari ini,,, ini kami masih antri di KPPN smpe jam 21.00 Wita masih dilayani coz hari ni terakhir…

        1. tapi mungkin kita beda sumber dananya..klo ga salah di LIPI danae udah ada dalam DIPA ya? kalo kami Klo ga salah dari MAK 99

          1. bener Cil…aku juga di 103…info terupdate untuk 103 sdh beres kemarin..hari ini verifikasi dari seluruh satker..menurut Bos2 yang diatas..kemungkinan 103 bisa cair kamis atau jum’at (kondisi berbeda setiap satker). Malah bos diatas seperti dalam Pertemuan seluruh bos2 di 103 minta agar jangan sampai lepas dari tanggal 21 Desember ini pencairannya…Bravo 103

    1. pa adi kalo untuk sampe ke satker saya kira-kira prosesnya berapa hari pa? apakah akan melewati bulan desember ini pa ? mohon infonya……orangt bogor neh pa adi

      1. seperti yang saya beritaken barusan… di usahakan cair … 18-21 sesuai berita saat apel sebelum Natal… 103 sudah cair

  83. Tunjangan Kinerja kalau prediksi dari EMPUNYA rapel selama 11 bulan di 2012 dan uang sudah tersedia, tinggal SE dari Ditjen Perbendaharaan. Tinggal Transfer ajaaaaa Jos Gandos

  84. Udah Tanggal 17 nih, kira2 kapan ya…
    Mungkin pada tanggal cantik sisa di tahun 2012, yaitu: 20-12-2012
    Supaya gampang diinget tanggal ‘bersejarah’ dimana
    untuk kali pertama TuKin diterima …

  85. Suuuperrrr…….. Sekali……….
    Coba Cek Rekening bagi rekan-rekan Perpres 103, kayaknya sudah masuk, bagi yg belum mungkin masih dlm proses, ngak usah lagi tunggu komen ke1000
    😀 😀 😀

    1. Komen cerdas yang dtunggu2, kan hit makin banyak, noh liat iklannya, makin banyak juga kan :mrgreen:

      Salut atas ide cerdas Om Setagu 😉

  86. teman-teman seperjuangan, mari kita berdoa bersama uuntuung kelancaran dan kemudahan dalam proses pencairan,, karena sekarang musim hujan jadi susah sekali untuk mencair,, yang ada malah kedinginan 😀

  87. tgl 13 kemaren 51 KUPT di tempat kami katanya dah tanda tangan SPTJM, sabar wae tinggal menunggu aja ga perlu kwatir… ^_^ Sabar ….

  88. 17/12/2012 batas akhir pengajuan uang ke KPPN (LS)utk tahun anggaran 2012

    lewat tanggal itu —>>>GOOD BYE TUNKIN…SAMPAI JUMPA DI TAHUN 2013..HAHAHAHA… 😆 😐 😥 :mrgreen:

    1. di tempatku sudah tandatangan daftar rapel tunkin, sy optimis dlm pekan ini cair.
      buat om TIDAK YAKIN gpp anda g yakin.. salam ngowoh..

  89. Ok masalah clear, aku cabut pernyataanku ke Pegawai Rendahan.
    Semalem udah ketemu ama pegawai rendahan, kita sepakati duel 1-1, tapi akhirnya kita berdamai dan sempat jalan 3 ronde, lumayan cukup buat dapur seminggu, sambil menunggu bang remon cair minggu ini…

  90. sptnya ada yg stress mengharap tunkin cepet cair sampe2 komennya jd ngaco.
    di intansi sy hr jumat kemarin tt spj rapel tunkin 13 bulan, uang makan, insentif bulan november.
    yg blm di transfer rapel tunkinnya, semoga dlm minggu ini cair, Alhamdulillah…

  91. tadi upacara, pengarahannya.. hari ini bendahara dan kepegawaian ke pusat, untuk mengawal TUKIN ini.. sekaligus hari ini juga seluruh pegawai tanda tangan bahwa kalau ada yang bolos atau sakit atau apapun di tahun 2012 siap untuk mengembalikan tukin sebanyak bolosnya… audit BPK..
    mungkin 20-12-2012 angka yang cantik untuk turun tukin.. hoho…

  92. kok jadi pada pesimis trus ngomel2, klo saya sih yakin cair minggu ini.. sudah tanda tangan spj tinggal tgu duit masuk ke rekening.. buat yang tidak yakin selamat menggalau aja deeh… jangan cari teman diajak galau doong.. :mrgreen: 😎 😆

  93. DARI AWAL SAYA JUGA TIDAK YAKIN AKAN CAIR BULAN INI, MENGINGAT SELAMA INI YANG ADA HANYALAH TARIK ULUR PENCAIRAN…SAMPAI SEKARANG SE NYA JUGA BELUM TERBIT.
    NAGA-NAGANYA KEMUNGKINAN BESAR TAHUN DEPAN PENCAIRANNYA 👿

  94. sudah tanggal 17 yang kalian nanti. belum ada yang cair kan?. itu adalah bukti bahwa kalian tidak realistis. jangan berambisi tanpa melihat realita, menurut gue remun akan cair di bulan ini adalah NOL BESAR, kemungkinan tahun depan dan itu hanya bisa di rapel 6bulan.

  95. ya Tuhan, lebih baik Engkau urungkan niat baikMu untuk kami atas rizki yang akan Engkau limpahkan karena menjadikan kami lupa kepada Mu ya Tuhan, lupa kepada teman, dan saudara saudara kami.

    Ampunilah atas dosa dosa kami ya Tuhan……

  96. membaca komen di postingan ini jadi males, nggak seperti postingan sebelumnya yang mencapai 1047. Komennya menjadi kasar, nggak saling melengkapi, maunya berantem, ngomong kasar. 8ung setagu, Bisa ndak yang komen kasar dihapus aja…. Atau bikin postingan baru.

  97. membaca dari komentarnya pagawai rendahan, saya yakin ia sebagai pegawai rendahan paling rendah … 😯 😯 😯 😯 😯 😯 😯 😯

    1. Salah sasaran om, @vio thunte mengomentari @pegawai rendahan, bukan @pns bengal, kecuali jika @pegawai rendahan=@pns bengal :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

      Maaf ya om/tante, jika saya sarkastik, ini harusnya forum kebersamaan, berbagi info yang positif dan menyenangkan, koq semakin kesini makin “aneh-aneh” komentarnya 😥

      Maaf sekali lagi, saya tidak bermaksud menyinggung perasaan om/tante disini, have a nice day …

        1. Aku dan Pegawai rendahan sudah damai, setelah campur tangan pihak ke-2, sekarang kami sama2 di ATM untuk mengecek TK sudah masuk atau belum.

  98. kalo kaya gini caranya ga bakalan cair di bulan ini 😈 😈 😈 😈 😈 😈 😈 😈 😈 😈 😈 😈 😈 😈 😈 😈 😈 😈 😈 😈 😈 😈 😈 😈 😈 😈 😈

    LIHAT AJAA!!!!!!!!!

  99. BERITA Di http://www.menpan.go.id tg 14 Desember 2012 :

    PNS di 20 K/L Segera Terima Rapel Tunjangan Kinerja

    JAKARTA – PNS di lima kementerian dan 15 LPNK boleh bernafas lega, menyusul terbitnya Peraturan Presiden tentang Tunjangan Kinerja bagi pegawai di ke-20 instansi pemerintah pusat tersebut. Betapa tidak, keduapuluh Perpres mulai nomor 101 tahun 2012 sampai dengan nomor 120 tahun 2012 itu menetapkan, pembayaran tunjangan kinerja dimaksud terhitung mulai bulan Januari 2012, atau dirapel. Dengan terbitnya Perpres pemberian tunjangan kinerja tersebut, berarti jumlah instansi yang sudah mendapatkan tunjangan kinerja menjadi 36 kementerian/lembaga.

    Lima kementerian yang mendapatkan tunjangan kinerja adalah Kementerian Perindustrian, Ristek, Pertanian, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA), serta Perumahan Rakyat. Sedangkan 15 LPNK meliputi BKPM, BPPT, Badan POM, BKN, BPS, BATAN, LAN, LEMHANAS, ANRI, BKKBN, LEMSANEG, LKPP, BNN, BNPT serta LIPI.

    Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar mengungkapkan, saat ini ada 25 K/L yang dalam proses pengajuan tunjangan kinerja, meskipun dua diantaranya tidak memenuhi passing grade.

    Ditambahkan juga bahwa sebanyak 6 K/L sudah menyampaikan dokumen usulan reformasi birokrasi beserta road map kepada Tim Reformasi Birokrasi Nasional. “Namun masih ada 12K/L yang sama sekali belum menyampaikan dokumen RB,” ujarnya.

    Kepada pimpinan K/L yang belum menyampaikan dokumen usulan tersebut, Azwar Abubakar mendesak agar segera melaksanakan amanat Undang-Undang No. 17/2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005 – 2025, serta Perpres No. 5/2010 tentang RPJMN 2010 – 2014, yang menempatkan kebijakan reformasi birokrasi dalam urutan pertama dari 11 prioritas pembangunan nasional.

    Ditambahkan, dalam mempercepat dan memudahkan proses reformasi birokrasi, Kementerian PAN dan RB juga telah menerapkan sistem penilaian mandiri pelaksanaan reformasi birokrasi (PMPRB) secara online. “Reformasi birokrasi merupakan perintah undang-undang dan dipertegas dengan peraturan presiden. Jadi hukumnya wajib bagi seluruh kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah. Bagi yang tidak melaksanakan, semestinya mereka merasa malu,” lanjut Menteri. (ags/HUMAS MENPAN-RB)

    1. ente ngawur yah, ente dipuslit mana, kl berani ketemuan yuk?aku di BUP. kl lu gk berani 1-1, ajak temen lu!!!

  100. With “remunerasi”, we can make a “great” dream and better future (i hope), but we have to still aware for our indigent brother.. 😛

  101. sabtu, minggu, senin, selasa, rabu, kamis, jumat sabtu lagi 😛 . untuk pelayanan Prima KPPN besok hari sabtu dan minggu buka coz taun 2012 terakhir pencairan dana terakhir tgl 17-12-2012. nomor 103 isunya senin ditranfer ke rekening bendahara satker masing2 ..apa benar za?

  102. Terimakasih kepada Master Remunerasi Bapak SETAGU,
    yang telah mengawal keluarnya Perpres 101 s.d. 120, hingga proses pencairan Remunerasi

    Kami tunggu komentar Anda Bapak Setagu…

    sekali lagi terimakasih

  103. sama.. instansi ane jg udh ttd tk 13 bulan..
    ga sebanyak bung AdhieWy tp cukuplah buat makan 3bulan…
    klo sdh dittd semua cair… klo g selasa ya rabu.. atau kamis, atau jumat.. :mrgreen: sebelum natal kyknya…

    1. 6 yah ?
      Gw ampir dikasih 6, enak aja. Gw yang nyusun grading JFU, yg bikin peta jabatan buat berita acara, yang bikin usul formasi, yg nyusun ABK…ggrrrrr

  104. Superrr Sekaliii… teman-teman PNS yang saya cintai, Kesabaran sangat diperlukan didalam segala hal, terutama dalam menanti cairnya REMUNERASI
    Salam Super

    1. bung under_under, ente ketifu! menurut berita yang beredar, itu ternyata uang tunjangan beasiswa dari ristek, jadi anda itu tubel, dapat tunkin 50%, lumayan daripada lumanyun…

  105. Ayo yang belum tanda tangan SPJ segera tanda tangan. Sehari 30 saja biar senin mencapai 1000 komen. Selasa bisa dicairkan….

  106. 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆

  107. semua tukiners klu ikut polling pasti dukung KPTI,
    bardowi kayaknya bukan yg termasuk jadi Tukiners kali ini, bahasanya kurang pas utk seorang pns yg baik 🙄

    1. bahasamu itu yang gak MUTU,…sok paling bener aje lu jadi Orang,..jangan2 kamu malah gak PNS,..cuma outsourcing aje belagu lu,..

  108. DEKLARASI TUKIN INDONESIA

    Kami TUKINers Indonesia dengan ini menjatakan Pertjepat pentjairan TUKIN indonesia, Hal-hal jang mengenai pemindahan ke rekening masing-masing, akan diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat singkatnya.

    Djakarta, tgl 12 boelan 12 tahoen 12
    atas nama TUKINERs indonesia

    Tukinem – Tukinah

    *(tuh diatas, naskah deklarasi TUKIN pra Kongres yg di proklamirkan kemaren oleh Tukinem dan Tukinah. Kalau jumat besok TUKIN belum juga cair, maka kesepakatan kita bersama akan mengadakan Kongres Luar Biasa. Mari kita pertahankan Tukin tetap eksis di kancah dunia pada bulan ini.)

    TUKIN di dadaku…. ! MERDEKA!!!!

    1. Strees sudah lama,..mending ke RSJ aje lu,..komment di stagu uda pade gak mutu,..gak MUTU,..setagu juga gak muncul apa ikut ikutan gak M*T* juga yak,…wkwkwkwkwkwk,..aing mah gelo leatna,.. 😯 😯 😯 😯 😯 😯 😯 😯 😯 😯 😯 😯 😯 😯 😯 😯

    1. Lho? Uang Makan bulan nov-des dah cair jum’at minggu lalu di tempat saya, tkk jg msh dpt untuk nov-des pada hari yg sama, krn potongan tkk dh dkirim ke ragunan utk 12 bulan dalam rangka pencairan TK :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

      1. di tempat gw bag keuangan punya tugas lain sbg pengatur keuangan pegawai, jadi gak mungkin dikeluarin pada minggu yang sama, trus selalu pada hari jum’at.
        Kalo dikeluarin sekaligus takut langsung habis

          1. ditempat saya uang makan, honor2 dan TKK prosesnya langsung (LS) jadi lngsung masuk ke rekening pegawai masing2 sama kayak gaji jadi ga pernah telat 😛

  109. Mudah2an segera cair biar bisa nutup utang dan ambil SK yg disekolahkan.

    Sy harap tdk ada lg yg namanya keterlambatan, klo mmg iya, sy yakin partai pemenang bakal turun pamor 2014

  110. alus pulas wungkul munapek pingaraneunana. ngaran ngaran jalma mah euweuh nu bener, saukur karek pibenereun. da nu boga bener mah iwal ti nu maha bener. nu matak ulah ngan saukur bisa ngacalapruk teu puguh. gawe mah gawe we sangkan pibenereun, urusan buruhna rek gedena sabaraha boh rek muncratna iraha geus aya nu ngatur. pasrahkeun ka nu kagungan sagala tur maha kawasa. montong ngawaraduk tur ngacalapruk teu puguh di blog ieu. sing baroga kasieun jaradi jalma munapek teh!

  111. INSYA ALLAH INSTANSI ANE TUNKIN CAIR DI HARI, BULAN DAN TAHUN YG BAGUS TEMAN2…YAITU 2012-2012
    JGN LUPA YAH ZAKATNYA! 😎

  112. Kalo gaya kepengurusannya saja seperti kampungan gitu ya lebih baik di beri sangksi tegas, tidak perlu bermain di pentas dunia.

    SANGAT SETUJU DAN SANGAT MENDUKUNG UNTUK MEMBERIKAN SHOCK TERAPI KEPADA PARA PENGURUS YANG SOK.

    1. Woii pd kerja sana, malah pd nongkrong di sini, jaannnn.. BTW lu ngomong apa sih? *tepokjidat*.. OOT: Klo PSSI di sianksi y itu memang permintaan KPSI biar mereka menguasai PSSI lagi krn dgn begitu bisnis pengaturan skor & judi mereka ttp subur..

    2. eh FIFAAAAAAAAA… ngapain ngikut campur disini. ini ngurusin TUKIN, jangan bawa2 sepakbola. klu mau komen ngejelekin pengurus buka tuh websitenya PSSI atau KPSI…
      disini kita membahas Percepatan bersatunya TUKIN angan-angan dengan TUKIN realisasi. ❗

  113. okkeh deh.. kalau jumat masih belum cair juga. Kita bulatkan tekad untuk mengadakan Kongres. Jangan sampai bulan ini eksistensi Tukin di pentas dunia jadi terhalang.
    selamatkan tukin dalam tempo sesingkat-singkatnya
    TUKIN DI DADAKU……!

  114. ku uing didukung lah si pendukung cepat cair. sing geuwat ngolocor sabab geuwat ngolocor teh Heded lah…

  115. SIP UDAH VALID, KATA BAGIAN KEUANGAN SE SUDAH ADA.
    MARI KITA SAMA-SAMA BERDOA AGAR CEPAT CAIR, KARENA…
    CEPAT CAIR ITU BAGUS….

  116. bung @under miner ; kayaknya bukan pemutihan, nov des disamakan bulan okt. Telat, pulcep, mrei sebagai pengurang….

  117. okeh wong kepleset jalaran ora bisa njaga lathi ne
    lathi iku kaya gegaman kang landhep
    mulo mbok joga awit iso ngiris awakmu dewe lan ngiris apa sing ono ing sisihmu

    iku iso kanggo pepenget siro kabeh

  118. siro kuwi pangembating praja kang dadi tumbaking negara
    ucap lan tumindak siro kudu tansah dijaga
    tansah eling lan waspada

  119. Daripada ribut2 tentang remun, lebih baik baca link berikut, khusu untuk yang sudah nikah ya…

    kaskus.co.id/post/50b79999552acfe623000012#post50b79999552acfe623000012

    atau :

    solusilelakisuami.wordpress.com

    1. kelamaan bro nunggu mumun nya.. saya sih 2 bln yg lalu udah di kirimin grand avega langsung dari shoroomnya.. wah mantab, nyaman n uenak tenan..
      😆 😆 😆 😆

  120. dapet kabar…

    Insya Allah antara tanggal 17 atau 18 Desember 2012

    Fungsional + Tunjangan Kinerja (dobel)

    12 bulan + 1 bulan (gaji ke 13)

    pemutihan untuk yang sakit,izin,telat,dsb

    kecuali yang alpa tetep di kurangi

    besarannya bervariasi antara 80%, 60%, 40%, dan ga dapet sama sekali (alpa > 45 hari)

    moga aja kabarnya ge meleset lagi

    amien…

  121. Ysh. Para komentator setagu,

    Jagalah etika saat berkomentar. Sejatinya PNS itu bisa bertutur kata yang baik. Kalo mau pake bahasa daerah, berbahasalah dengan baik. Kalo mau marah karena gak cair-cair, marahlah dengan baik, dengan kata-kata yang santun.

    Blog ini dapat diakses oleh masyarakat non PNS. Apa kata mereka jika melihat komentar-komentar yang bahkan membawa nama instansi namun tutur katanya kurang santun.

    Saya juga tidak munafik, sangat mengharapkan tunjangan kinerja cair. Namun tetap ingat bahwa semua rizki asalnya dari Tuhan, Alloh yang kuasa. Kita berikhtiar dan bersyukur atas apapun yang diberikan-Nya. Semoga segera cair! Semoga rizki kita yang berasal dari tunjangan kinerja ini halal dan berkah. Amin 😉

    salam hormat,
    PNS biasa yang juga sedang menunggu cair 😉

    1. “Sejatinya PNS itu bisa bertutur kata yang baik” tapi kenyataannya ya seperti ini….jadi biarkanlah mereka mengeluarkan isi kepalanya sesuai dengan yang ada ….. :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

    2. sejatinya pns sekarang ga bisa ditipu-tipu…. elu ga bener ya LAWAN !!!!

      kite2 khan yang demo elu2 di taun 98 😆

  122. wah di satker ane baru rekap absen khusus buat yang alpa aja (>45 hari ga dapet tunkin)

    jadi kapan dong cair…???

  123. hai Tukiners… mari kita dukung KPTI (Komite Penyelamat Tukin indonesia) untuk Kongres percepatan Penggabungan Tukin angan-angan dengan Tukin realisasi sebelum Sanksi dijatuhkan. jika sanksi dijatuhkan maka kita tidak bisa lagi tampil dalam kancah pertukinan dunia….
    TUKIN di dadaku…!

        1. mbak tumaninah diaminkan seluruh Tukiners se indonesia doanya… tunggu lah tanggal tersebut sampai ubannya warna ungu 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆

  124. mari kita bersatu, bikin kongres penyelamatan TUKIN sebelum sanksi dijatuhkan. Tukin harus tetap Eksis di Dunia. TUKIN di dadaku..!!!!

  125. biar ga nyebar dosa.. BAGI YANG SUDAH DAPAT TUKIN harus dibuktikan dengan bukti nyata, minimal bikin berita di website instansinya.. terus di-Link-an ke sini.
    itu baru jantan dan bertanggungjawab 💡

      1. pelaksanaan TK di setiap K/L untuk yang Tubel bergantung peraturan Ka K/L. Coba tanya ke K/L yang sudah dibayarkan. Walau pun di perpres tidak dicantumkan aturan u yg tubel

        1. ya emang yang tugas belajar dapet 100%, tapi gradenya ditentukan, yaitu 5 untuk D4/S1, 6 untuk S2 dan 7 untuk S3, begitu mas bro…

          1. ya mungkin bisa berbeda. di instansi kami – tubel tapi dia JFT, maka walaupun dia BS maka tetap di grade tsb. misal peneliti madya ya tetap di grade 11

  126. KEPALA UPT 103 BESOK SERAH TERIMA PERANGKAT TUNKIN DI KEMETERIAN, SEMOGA CEPAT CAIR………. KARENA CEPAT CAIR ITU BANGUS………
    Coutersy Pendukung Cepat Cair 🙂 🙂

  127. Cita – cita ga kesampean siga kieu jadina, haduh, sabar aja kang, tiap orang dah ditentukan rizkina, kalo emg di PNS bisa kaya dan sejahtera, inilah saatnya perbaikan kinerja yang rewardnya peningkatan kesejahteraan, taun depan ikutan CPNS nya!!!, tong @ngawaduk wae bau, hehe

    1. Orang sunda mah halus bahasanya euy. Kalau kasar berarti anda bukan orang yang berpendidikan. Hati2 kalo ngomong. Setiap omongan akan dimintai pertanggung jawaban di hadapan ALLOH SWT.

      1. alus pulas wungkul munapek pingaraneunana. ngaran ngaran jalma mah euweuh nu bener, saukur karek pibenereun. da nu boga bener mah iwal ti nu maha bener. nu matak ulah ngan saukur bisa ngacalapruk teu puguh. gawe mah gawe we sangkan pibenereun, urusan buruhna rek gedena sabaraha boh rek muncratna iraha geus aya nu ngatur. pasrahkeun ka nu kagungan sagala tur maha kawasa. sing baroga kasieun jaradi jalma munapek teh!

  128. 103 masih ada rakor mekanisme pencairan ke rekening personal tgl 19 – 20 besok. jadi cairnya paling cepat tgl 24 tuh
    😆

        1. YA KALO INSTANSI ENTE BARU RAKOR TGL SEGITU YA NGAK BISA CAIR BULAN INI ALIAS TAUN INI BACA TUH PER 46/PB/2012 😆 😆 😆

  129. Mari kita kejar angka 1000 untuk lebih memberikan semangat bagi kita-kita dalam menunggu detik-detik pencairan tunjungan kinerja.

    Semoga teman-teman semua masih kuat dan semangat dalam menunggu pencairan.

    Kerja keras, kerja cerdas, kerja lemas ….

  130. sekarang sedang mengjitung jumlah tunjangan kompensasi kerja yang telah dibayarkan selama setahun sebagai faktor pengurang. selesai itu langsung transfer… 103 mantappp…

    1. Ko baru diitung sekarang mas, Saya 103 juga, dari minggu lalu aku dah kirim data potongan TKK ke ragunan, ikhtiarnya kan udah, tinggal nunggu aja proses berikutnya, hehe

    1. IH INI MAH JADUL….
      GAJI KAN UDAH PKE REKENING, JD NGAPAIN LAGI DIMINTA NO REKENING, KECUALI REKENING LISTRIK KALIEE……… BTW AJUIN KREDIT 😆 😆 😆

  131. @raminten (si orang stress)…datang lagi..kayaknya ni orang stres gara-gara ga ksampean masuk pns..hehe
    =================================================

    ora usah ngenyek marang liyan,
    ndelok no awak mu dewe-dewe,
    ndelok marang atimu, ireng opo putih,

    ora usah ndelok awaking liyan
    amargo manungso kuwi kanggonaneng salah lan kokean nepsu angkoro

    amarga seko iku manungso kudu tansah
    nyuwun ngapuro marang Gusti Alloh.

    1. Mas bro Raminten sebenarnya wejangan mas bro itu bagus, cuma banyak yang gak ngerti apa maksudnya, mendingan di translit ke bahasa nasional biar pada ngerti semua trima kasih mas bro

  132. SEMOGA SAJA YANG DIKATAKAN JUGA PNS BENAR KALO PROSES KPPN SECEPAT ITU ARTINYA CAIRNYA CEPAT, KARENA CEPAT CAIR ITU BAGUS

    1. TAPI ITU KPPN MANA BOSS…….. TIDAK SEMUA KPPN SEPERTI ITU YANG MEMANG SEMUA ADA SOPNYA
      TAPI PADA DASARNYA AKU SETUJU AJA PENDAPAT ANDA KALO CEPAT CAIR ITU BAGUS 🙂 🙂

      1. halah apal cimacan sagala, jigana kanyahoan yeuh akun urang aslina saha. xixi… yah dari pada meuli domba teu kabeuli mendingan meuli sate, bisa ngeteng.

        1. satuju kang cisitu,,,, punten salam ken ka kang yopi nya ti abdi n’cang remon tea.saurken ke urang karaokean dei di ciawi.

    1. Mas bro si kabayan sebenernya Raminten ngomong begitu kalau sampean ngerti artinya cuma mengingatkan kita kepada Yang Maha Kuasa

  133. Kepka 109 sudah keluar. ane dah tau berada di posisi grade berapa… walo ga keluar bulan tahun ini, tapi tetap menjadi secercah harapan tuk membangun masa depan ane ma calon istri tercinta. ane demen baca komentar akang Perwira. dan menurut ane itu betul 100%.. biarlah itu harapan menjadi salah satu penyemangat untuk bekerja, tapi asal jangan sampe masuk dalam jenjang ambisius menunggu rapelan tahun ini.. 😉

    1. Kepka sudah keluar SE belum keluar? itu mustahil. yang sekarang kita tunggu adalah SE, setelah itu baru memproses yang lainnya

      1. mustahil juga iya, tapi kenyataan nya sudah keluar dan sudah saya baca breeew.. sabar ya jangan emosi gitu.. santai saja seraya tetap berdoa dan berharap..

  134. Omongan lo smua ga da yg bener…kalo gua sbg haji 2 kali trima brita langsung dr syairun yg calon mantu gue bhw rapel tunjangan kinerja 13 bulan bkal lo2 smua trima sblm Natal….jdi buat lo2 smua jgan risau dgn kata2 gue yg sudah haji 2 kali ni…..komen2 lu smua pada mubazir,..kalo lu ga percaya gue serahin anak gue s Rumana utk lo nikahin….kalo s SULAM kluar ga kluar omongnya slalu sabar sabar dan sabar…

  135. elingo siro kabeh mbok ojo podo suloyo marang sedulur siro, marang kekancan siro lan tetangga siro,
    amarga kuwi kabeh yaiku sedulur siro kuwi yo jejering kaluwarga.

  136. Bukan berkomentar negatif, tapi silahkan membuka mata, bahwa pada kenyataanya sampai saat ini SE belum keluar, iya kan? atau ada yang bilang sudah keluar? itu tandanya anda wajib periksa mata. silahkan realistis ketika SE keluar, tgl 17 misalnya paling cepat. mau berapa hari untuk:

    1. K/L memproses pembayaran ke KPPN.
    2. KPPN melakukan uji substantif dan formal.
    3. Secara berjenjang Bendahara – Pengeluaran K/L mentransfer dana Tunjangan Kinerja ke Ditjen/Badan, Kanwil dan UPT/Satker.
    4. Petugas gaji dapat melakukan pembayaran kepada pegawai di lingkungan kantor masing-masing.
    Kira-kira mungkin gak? 4 proses berikutnya diselesaikan sampai tgl 28???
    jawabannya “NOL BESAR”
    remun tetap akan cair tahun depan 2013

    1. Kata – kata adalah do’a mas, komentar anda seperti memadamkan api dengan air, jesss….
      biarlah kawan2 yang lagi semangat dan penuh harap bersuka cita, toh ga ada ruginya buat anda, kalopun memang taun depan cairnya, let it be that way….
      Jika anda muslim tentu senang melihat saudaranya dalam kebahagiaan penuh harap, walopun menurut anda ga Realistis atau Nol Besar
      Boleh realistis tapi jangan pesimis dan skeptis, mending optimis sambil makan “nu amis amis sareng teh pait haneut” 😛

      1. wah bung “pns juga” pasti ga mudeng proses pencairan dana, kalo di KPPN pengajuan SPM ga makan 3-4 hari, lha wong dalam 1 jam aja udah beres, n paling lama besok harinya uang sudah sampai di rek penerima. so ga usah ngawur dech sampeyan…

        1. di KPPN kalo kita masukin jam pertama, jam kedua danae dah masuk,, kalau masukin jam ke dua besok pagi jam pertama uange dah masuk coz KPPN sekarang mantab kerjanya di tempatq.

        2. maaf nih kalo salah tapi kenyataannya KPPN tempat kami memang begitooooooo paling cepat 2 hari SPM terbit, kecuali KPPN percontohan

    2. bener-bener iyeu jelema, owoh ka kapok. nol badag nol leutik kumaha sia weh. mun amprok ku aing diwewelwn sambel hejo cibiuk siah

  137. tanggal 13/14,…btw setagu kemane aje,..bertapa atau cari wangsit,…giliran gini aje ngilang cuma muncul di awal,..takuk gak valid ya,..atau kalah cepet infonya

  138. SILAHKAN BERKOMENTAR NEGATIF, KARENA TIDAK AKAN MEMPENGARUHI KEADAAN, PASTI AKAN CEPAT CAIR, KARENA CEPAT CAIR ITU BAGUS.

  139. lumayan tunjangan bulanan yg mirip2x TK hari ini dah keluar SPJnya, tinggal nunggu SPJ rapel TK.
    Kayaknya SPJ uang makan bakal dicuekin nih 😛

    1. WALAUPUN BERITA HOAX, KITA DOAKAN SEMOGA MENJADI KENYATAAN, DAN CEPAT CAIR KARENA CEPAT CAIR MITU BAGUS.

  140. Nanti sehabis Sholat Jum’at tanggal 14-12-2012, berdo’a yang khusyu ya. Terus jangan langsung pulang dulu, coba cek ATM. Insya Allah sudah ada.

  141. Sudahlah, ditunggu saja, kalau sdh rezeki ga akan kemana.. Mudah2an bs minggu ini, kalau tdk ya tdk apa2 kan, yg pasti masuk ke rek kita.. gitu aja kok repot.. plis deh ah..

  142. kmarin instansi ane dapet surat dr menpan, bahwa tanggal 21 Des 2012 akan di adakan penyerahan simbolis dr KemenPan ke Instansi ane..semoga aja ini salah satu pendukung untuk pencepatan pencairan, karena cepat cair itu bagus.. bkan begitu @pendukung cepat cair :mrgreen: :mrgreen:

  143. NGAK PENGTING KALI SAPA YANG DULUAN TOH YG DULUAN JUGA BELUM TENTU MASUK SORGA DULUAN, YANG PENTING NTAR 20K/L CAIR TAHUN INI JUGA 😆 😆 😆

  144. agar tidak terjadi kegaduhan, saya pastikan dari 20 k/l belum ada yang cair, paling cepat senin depan. demikian semoga menajadi tenang situasinya. makasih

          1. nah kan, ketahuan boongnya! emang gw anak kecilll…kata bendahara gw, paling cepet senen depan, ciyus miap

          2. under_miner : bendahara lu tuh yang lelet,..gtu uda reformasi birokrasi,..nyairin aje lama,..kalo gak tau gak usa sok tau lu,..

          3. buat apa seh bertengkar saudara2… sabar sabar…. mungkin tiap kementerian beda tergantung kecepatan kerja masing2 K/L ^_^

    1. hayo…. yudistira & cing sobari BO’ONG…MIMPI kaleee. lha aku yang orang ristek saja belum dapat apa2, kemarin baru dikumpulkan di ristek, baru dikasih penjelasan doang…rekeningku juga masih kosong, belum ada uang remun….kalian ngigau lagi ya….

      1. Mas Bro ‘under miner’
        Kalau fungsional peneliti 3/d (peneliti muda) untuk kelompok ini Grade berapa? dan berapa jumlah rupiah realisasi yang di terima. S2 masa kerja 15 tahun. Terima kasih banyak mas bro…… 😛 ❓ 💡 ➡ 🙄

    1. BOHONG BESAR NIH, 111 BELUM CAIR JUGA TAPI GA APALAH YANG PENTING NANTI CAIR KARENA CEPAT CAIR ITU BAGUS

      1. 111 itu K/L nya BATAN ya, kelihatanya banyak yang koment disini, apalagi si pendukung cepat cair tiap hari melototin terus dan koment, gak pernah absen koment weleh…weleh….weleh….

  145. 111. ud cair,..cie,..cie,..cie,..cetar membahana,..yang laen sabar ya,…asyek gelo pokoknya,..bilang Wow sambil koprol,..

  146. Baru cuti 1 hari, suami dah ditelp ‘Maaf Bapak harus masuk tandatangan SPJ….. Grade 13 berapa ya???

  147. he..he.. berita bo’ong semua. gmn mau cair, org dimintain foto copi ktp suami/istri, surat nikah dan kartu keluarga. data ini aja belum terkumpul semua di masing2 instansi, belum waktu pengirimannya + hitung2an. utk minggu dpn insya Allah mudah2an cair… amin.

    1. @pns miskin,..mana ada dimintain ftkp ktp,kk dll….mengada-ada ja sih lo,…pantesan miskin mulu,..pns itu sekarang udah sejahtera…ga bakal miskin2 amat…

      1. @hai orang dalam (kubu kali ya).. yg di mintain itu di instansi gua, nggak tau di tempat lain.. yg bilangin gua miskin amat siapa? kalau gua jujur, gaji ama tunjangan selama ini nggak cukup buat sejahtera.. hutang masih salah satu jalan keluar. kalau lo mungkin aja korupsi.. bisa beli rumah ama mobil bs langsung lunas..

  148. Ternyata ttg kabar ristek sdh cair, berita Hoax. barusan dpt kabar dr temenku yang di ristek, emang blom cair. rencana minggu depan katanya.

  149. Pemberitahuan.

    Berkenaan telah dikeluarkannya perpres nomor 101 s.d. 120 mengenai tunjangan kinerja 20 K/L, sehubungan dengan hal tersebut diberitahukan bahwa untuk SE tidak di publikasihan ke khalayak mengingat agar tidak terjadi kegaduhan mengenai pencairan tunjangan kinerja tersebut.

    Untuk itu silakan saudara-saudara untuk sering-sering melakukan pengecekan ke ATM saudara, siapa tahu tunjangan kinerja telah ditransfer ke nomor rekening masing-masing.

    Demikian pemberitahuan untuk menjadi perhatian dan terimakasih.

    :mrgreen:
    ….

  150. boleh cepat boleh lama, asal jangan terlalu menggebu, tiap instansi akan berbeda mungkin aja ristek duluan, yang lain tahun depan juga bukan hal mustahil. pengennya sih tidak lama cair karena lama cair itu tidak bagus.

    1. ngomong naon siah, hayang diwewelan ku sambel hejo cibiuk. hayu barudak urang cek isukan, kudu geus aya mun can aya ontrog kppn na.

  151. AYO UNTUK YANG PERPRESNYA NO.111 KITA BERDO’A SAMA SAMA “SEMOGA CEPAT CAIR KARENA CEPAT CAIR ITU BAGUS…” AAMIIIIN.

  152. DI INSTANSIKU KOK BELUM MASUK REKENING YAH, APA ADA YANG SALAH?, RISTEK DULUAN YA?. BERARTI INSTANSI GUE JUGA UDAH DEKET NIH SEMOGA CEPAT CAIR KARENA CEPAT CAIR ITU BAGUS.

  153. Yes makasih mas setagu, setelah lama mengikuti perkembangan blog ini akhirnya CAIR MEMBAHANA BADAI, SESUATU YA SYAHRINI

  154. ADA YANG BAJAK NAMA DAN GAYA GUE NIH, NGAJAK BERANTEM. UDAH GITU NGASAL LAGI NGASIH KOMEN. SI PENDUKUNG LAMA CAIR HOAX AJA PAKE NAMA ALLAH, CEPET TOBAT BUNG, YANG JELAS PASTI CEPAT CAIR KARENA CEPAT CAIR ITU BAGUS..

  155. WAH MANTAPP GAK DIKURANGI TUNJANGAN FUNGSIONAL

    TERBUKTI TUNJANGAN FUNGSIONAL BUKAN TUNJANGAN PROFESI….ANALISA OM SETAGU MANTAP

    1. betul mas udah cair tak ada potongan selisih dari tunjangan fungsional, ini kayanya potongan dari ketidak hadiran saja

      1. kok gw belum yah?emang ramdhan orang ristek mana sich?aku di jakarta kok blom, temen2 kantorku juga belom….ah gosip nich!

  156. Sekilas info, anggaran untuk pembayaran TK sudah masuk ke rekening instansi masing2x
    Tinggal menunggu proses pencairannya. Ayo temen2x di Biro Keuangan, ditunggu SPJ nya

  157. babeh …kan babeh tgl 17 mau dapet uang tunkin ya…babeh…aku pengen beli mamah yang baru,,! boleh ya beh…
    ” ayo siapa yang berminat “

  158. Lets Pray together brothers and sisters ?(?.??)
    All things that we’ve done
    All things that we’ve been through for the past couple years
    Preparing for this “Tunkin”
    It will be nice in its time

  159. Tinggal cair aje kok lama ya,…ayo di bantu ya, bim salabim jadi apa,..prok,..prok,..prok,,..ayo dibantu lagi yak,.. :mrgreen:

  160. Alhamdulillah td pak mentri di kementerian saya baru ngasih pencerahan kalo remun cair 2/3 hari lagi yakni kalo enggak rabu/kamis.

  161. Barusan di-instansi ane ada pengarahan dari para pejabat plus Bpk. Menteri tentang capaian kinerja pegawai Rangka RB. selama tahun 2012. Disini ane gak mau bicara (ngetik) banyak2. Pada intinya Pak Menteri beserta jajarannya mengatakan bahwa TuKin akan cair 3 atau 4 hari kedepan. Berarti paling lambat tgl 14-Desember-2012 (Insya Allah). Alhamdulililah. Amin YRA….

  162. untuk pendukung lama cair, jangan nyebar info yang nggak da dasarnya, menteri kita malah bilag turun minggu ini, ini menteri lho yang bilang

  163. dengan nama allah, saya tidak berbohong, saya termasuk 20 k/l dqn ini realita yang harus dihadapi, bukankah polri juga bisa cair di tahun berikutnya? hanya saja katanya cuma bisa rapel maksimal 6bulan. bukan dari januari, sedangkan sisanya dikembalikan. sekedar informasi soalnya saya tahu masalah, bukan cuma asal bergebu tanpa fakta. sama saya juga pengennya cepat cair, karena lama cair itu tidak bagus.

  164. P’cinta poligami..cuma bisa ngeribetin..gausah ngomong kalau gatau pastinya…jangan jangan ni orang bukan dari 20 k/l.cuma orang sirik aja

  165. Kalo cair taun depan, emang duitnya darimana? Tunkin ini kan masuk TA 2012, jd yg dari DIPA tinggal revisi DIPA, yg dari BA 999 juga tinggal nunggu, but keywordnya sama TA 2012, InsyaAllah keluar tahun ini juga, klo masalah penyaluran di instansi masing2 dan akhirnya terlambat, brarti segera dievaluasi tuh K/L yg lelet gitu, katanya dah reformasi birokrasi 😀

  166. Untk @pndukung lama cair dan buat @grade 6…
    Boleh2 aja kamu brspekulasi kek gtu…mo tahun dpan lah..yg pnting kami smua dh bsa cair dan rekening kami bengkak seblm NATAL.,BUAT ANDA BRDUA YG Sabar aja y..slamat mnunggu remun cair taun dpan buat anda brdua…

  167. Kata bagian keuangan di instansiku, sampai saat ini se belum keluar, kalopun keluar hari selasa masih ada 3 tahap lagi, dan kemungkinan tidak akan ke kejar untuk mencairkan remunerasi di akhir tahun ini kemungkinan bisa jadi lewat tahun 2013, dan nasib uang remun masih spekulasi. kemungkinan lama cair, karena lama cair tidak bagus.

  168. Ngapain cepet2 tengokin saldo rekening d ATM…
    Sok tau kamu..yg bner tu dr tgl 17 s/d 20 desember
    tpi tmen2 harus ingat jgn keseringan kartunya d gesek utk ngecek d atm ntar bisa2 kartunya lecek rusak dan ga kbaca lg…

  169. Pemberitahuan.

    Berkenaan telah dikeluarkannya perpres nomor 101 s.d. 120 mengenai tunjangan kinerja 20 K/L, sehubungan dengan hal tersebut diberitahukan bahwa untuk SE tidak di publikasihan ke khalayak mengingat agar tidak terjadi kegaduhan mengenai pencairan tunjangan kinerja tersebut.

    Untuk itu silakan saudara-saudara untuk sering-sering melakukan pengecekan ke ATM saudara, siapa tahu tunjangan kinerja telah ditransfer ke nomor rekening masing-masing.

    Demikian pemberitahuan untuk menjadi perhatian dan terimakasih.

    :mrgreen:

  170. mungkin se sudah keluar dan langsung dikirim ke E1, soalnya bendahara satker ane udah dimintai no rek untuk transfer dana remun.

  171. Syahrini kalo pndapatan tunkin kta dgabung sama dgn pnghasilan pjabat yg di grade 13., stlh trima rapel bgmanana kalo kta kawin aja….ntar kta bsa bli rmah,bli mobil,shoping dan lain sbgnya…minggu dpan aku bakal lamar kamu

  172. Non syahrini, minggu ke mana nih??? sudah tidak kena pajak, pajak menjadi beban APBN, so murni X 13 dikurangi tidak masuk, terlambat datang, pulang cepat. Rapel paling cepat tgl 18 des….. @ pak benda hara ; deal ya 10 persen…

  173. @pengamat komen , kalo gitu bisa dilewatkan ke no rekening pribadi saya saja ooooookeeee.
    komisinya 10%, deal, ,,,

  174. Pak Bendahara yth, rapelanku jangan masuk rekening karena ATM dah dipegang istri dan PIN nya udah diluar kepala lagi. Kasih tunai saja ya…..

  175. Silahkan temen2 smua 20k/l utk nangkring d atm antara tgl.17 s/d 20 desember…jgan lupa kluarkan 2,5% utk zakat n santuni anak yatim dan kaum fakir miskin…jd ga usahlah kta berdebat lg ini itu yg ga pnting…anjuran saya lbh baik dri skrg temen merencanakan mo d kemanakan uang yg segepok itu.,mulailah ancar2 dr skrg mo d pakai utk apa uang tsb…salam bahagia utk smua…

  176. ada yang punya link untuk unduh Peraturan Kepala LIPI nomor 03/E/2012 tanggal 22 November 2012?

    1. No. : 580X/SU.4/KU/XII/2012
      Lamp. : 1 (satu) berkas
      Hal. : Tunjangan Kinerja Pegawai XXXX

      Jakarta, 7 Desember 2012

      Kepada Yth.
      Kepala Satuan Kerja di lingkungan XXXX
      Di tempat

      Dengan hormat,

      Bersama ini kami sampaikan surat Sekretaris Utama XXXX nomor 568X/SU/KU/XII/2012 tanggal 5 Desember 2012 perihal penyampaian kebutuhan tunjangan kinerja pegawai XXXX.

      Sesuai arahan pimpinan XXXX, untuk efisiensi dan efektivitas pencairan tunjangan kinerja XXXX tahun 2012 dilakukan melalui satu pintu yaitu pada Biro XXXX dan Perlengkapan XXX.

      Sehubungan dengan hal itu, kami mohon Saudara dapat segera mengirimkan Nama Bendahara, Nomor Rekening Bendahara Pengeluaran dan Nama Bank Satuan Kerja masing-masing sebelum tanggal 11 Desember 2012 ke Sekretarat Kepala XXX XXXX :

      e-mail : xxxxxx@gmail.com
      Fax : (021) xxxxxxxx
      SMS : xxxxxxxxxxxx

      Selanjutnya kami akan mengalokasikan dana sesuai dengan rekap tunjangan kinerja terlampir untuk disampaikan kepada pegawai Saudara sesuai dengan kelas jabatan masing-masing. Teknis penyampaian tunjangan mengacu pada ketentuan Peraturan Kepala XXXX nomor 03/E/2012 tanggal 22 November 2012 tentang penegakan disiplin dalam rangka pelaksanaan pemberian tunjangan kinerja pegawai di lingkungan XXXX dan pertanggung jawaban keuangan masing-masing satuan kerja disampaikan sebelum tanggal 28 Desember 2012 kepada :

      Nama : XXXXXXXXX, XXX.
      Jabatan : Kepala Sub Bagian Pembayaran Bagian XXXXXXXXXX
      Alamat : Jl. XXXXXX Jakarta 12710

      Atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami ucapkan terima kasih,.

      Kepala Biro Umum dan XXXXXXX,