Matriks Tunjangan Pulau Terluar dan Wilayah Perbatasan

Prajurit TNI dan PNS yang bertugas dalam operasi pengamanan di Pulau Kecil terluar dan Perbatasan berhak atas Tunjangan Operasi Pengamanan.

a. Pulau-pulau kecil terluar yang menjadi prioritas terdiri atas:

1 pulau Rondo
2 pulau Berhala
3 pulau Nipa
4 pulau Dana Rote
5 pulau Fani
6 pulau Fanildo
7 pulau Sekatung
8 pulau Miangas
9 pulau Marore
10 pulau Marampit
11 pulau Batek
12 pulau Bras

b. Wilayah Perbatasan terdiri atas :

1 Kawasan perbatasan darat dengan Malaysia, Papua Nugini, dan Timor Leste;
2 Kawasan perbatasan laut dengan India, Thailand, Malaysia, Singapura, 

Vietnam, Filipina, Palau, Timor Leste, Papua Nugini, dan Australia; dan

3 Kawasan perbatasan udara mengikuti batas kedaulatan Negara di darat dan di laut dan batasnya dengan angkasa luar ditetapkan berdasarkan hukum international

c. Besarnya tunjangan operasi pengamanan sbb :

1 Sebesar 150% (seratus lima puluh persen) dari gaji pokok bagi yang bertugas dan tinggal di wilayah pulau-pulau kecil terluar tanpa penduduk;
2 Sebesar 100% (seratus persen) dari gaji pokok bagi yang bertugas dan tinggal di wilayah pulau-pulau kecil terluar berpenduduk;wilayah pulau-pulau kecil terluar berpenduduk;
3 Sebesar 75% (tujuh puluh lima persen) dari gaji pokok bagi yang bertugas dan tinggal di wilayah perbatasan; atau
4 Sebesar 50% (lima puluh persen) dari gaji pokok bagi yang bertugas secara sesaat di wilayah udara dan laut perbatasan dan pulau-pulau kecil terluar.

Referensi:
1. Peraturan Presiden Nomor 49 Tahun 2010
2. PERATURAN MENTERI PERTAHANAN NOMOR 10 TAHUN 2010

Baca juga:  114 Jabatan Fungsional PNS

20 thoughts on “Matriks Tunjangan Pulau Terluar dan Wilayah Perbatasan

  1. Biar aja,,,,palingan cuman janji doang,,,realisasix mana,,,,,lagian buat apa pusing-pusing,,,tinggal aja kita gabung dengan Timor Leste kan aman,,,,?

  2. Kenapa kok Pulau ALOR di Nusa Tenggara Timur tidak masuk daftar prioritas tunjangan?? Karena setahu saya di Provinsi NTT, ada 3 pulau, yaitu Pulau Dana Rote, Pulau Batek dan Pilau Alor. Kasian dong teman prajurit di Rote Dana dan Batek dapat tunjangan, trus yang di pulau Alor gimana??? Padahal Alor hanya sekitar 20 an mil dari Negara Timor Leste.

  3. Kabupaten Maluku Barat Daya adalah kabupaten yang berbatasan angsung dengan dua negara yaitu Australia dan Timor leste, kok tunjangan daerah perbatasannya hanya diberikan kepada Guru yang telah bertugas sekurang 2 nya 24 tahun? Sedangkan Polri n PNS lainnya tdk di berikan?

  4. Syukurlah pemerintah sangat memperhatihakan TNI n PNS yg berada di daerah terluar dan perbatasan. Tapi mana buktinya…..? jangan hanya janji tetapi realisasinya mana…..?cape deh..:…!

  5. Maju terus TNI perjuanganmu tiada akhir. Tingkat prestasi dan kinerja demi negara tercinta Indonesia. Meski dana remunerasi belum setimpal dengan perjuanganmu

  6. Kabupaten Nunukan yang jelas2 berbatasan dengan Malaysia kok hingga hari ini blum ada yang mendapatkan, kecuali beberapa guru PNS yang menerimanya bulan ini tapi berupa “utang Pemda” tahun 2010, itupun hanya 10 bulan…..tolong agar yang berwenang menyelidiki adanya dugaan korupsi di Kabupaten Nunukan……

  7. mereka yg tua pasti pernah muda. n pasti pernah jaga perbatasan juga. tapi ga dipikirkan nasibnya. anggap saja hadiah atas pengabdian dulu. bokap gw aja waktu muda pernah tugas di timor-timor. waktu itu lagi konflik malah. tapi ga ada tanda jasanya. jadi remunerasi tni jangan hanya untuk menghargai jasa yg sekarang, tapi juga jasa terdahulu.

  8. Syukur Alhamdulillah pemerintah memperhatikan nasib para penjaga perbatasan sebesar 100% walau masih jauh dengan tunjangan GAYUS yang sampai 12 juta,, dan ceperan 100 milyar…

  9. yang bilang tni cuman latihan ama bersihin selokan doang pasti sekarang dah tahu. kalo tugas tni lebih berat. belum lagi pasukan indobatt yg gabung ama uniffil. yg tugasnya jaga perdamaian di libanon.

    1. Ya … yang tugas di perbatasan emang berat bro apalagi kalo di pulau terpencil, trus kalo yang di kota .. gimana ??? Banyak nganggurnya bro. Kan gak semua tugas diperbatasan. Realistis aja bung.

      1. realistis bung sapa bilang yg dikotabanyak nganggur, masih tetap latian bro jg stamina n kesiapan tunggu perintah untuk operasi, perintah keluar gak peduli kondisi kayak apa, mau keluarga sakit tetap berangkat bro, tanya tuh para keeluarga yg tiba tiba ditinggal tugaS

      1. jangan coment yg membuat perselisihan,, klo pengen tau beratnya TNI yg anda hrs masuk didalamnya biar tau,, jgn asal komen tnp tau seluk beluknya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.