About

Remunerasi PNS lebih diartikan sebagai sitem penggajian dikaitkan dengan sistem penilaian kinerja yang bertujuan untuk memacu prestasi dan motivasi kerja PNS. Sasaran remunerasi mendorong peningkatan profesionalisme dan kinerja PNS serta dorongan untuk tidak melakukan korupsi. Pemerintahan yang bersih sebagai tujuan reformasi birokrasi sudah menjadi amanat undang-undang. Dalam blog  ini akan dicoba membahas Kementerian dan Lembaga yang sudah dan akan memberlakukan remunerasi, berapa besar remunerasi, Job grade, program unggulan (Quick Wins) maupun berita-berita yang berkaitan dengan remunerasi, bagaimana prakteknya serta penilaian audit BPK terhadap Laporan Keuangan (LK) Kementerian dan Lembaga bersangkutan.

Tahun 2010 pemerintah menargetkan akan melakukan reformasi birokrasi di 12 Kementerian/Lembaga (KL). Selanjutnya, pada 2011, reformasi birokrasi sudah bisa tuntas diterapkan di seluruh Kementerian/Lembaga. Ke-12 lembaga itu adalah Kejaksaan Agung, Departemen Pertahanan, Departemen Hukum dan HAM, Kantor Menko Perekonomian, Kantor Menko Kesra, Kantor Menko Polhukam, Kantor Meneg PAN, Kantor Meneg PPN/ Bappenas, Kepolisian Negara RI, Lembaga Administrasi Negara, BKN dan BPKP. Menyusul lembaga lain seperti Depkeu, BPK, MA dan Setneg. Reformasi birokrasi memang tidak melulu sebagai pemberlakuan kenaikan remunerasi. Tapi tidak dapat dipungkiri hal tersebut menjadi bagian penting dalam pembentukan good governance. Remunerasi menjadi magnet yang kuat bagi para PNS maupun yang berminat menjadi PNS, karena berarti ada kenaikan penghasilan yang signifikan bagi PNS. Besaran remunerasi ditentukan oleh job grade, sedangkan grade didasarkan atas beberapa parameter.

Pada akhirnya, masyarakat tentu ingin melihat pertanggungjawaban kinerja PNS setelah menerima remunerasi. Akuntabilitas dan transparansi menjadi keharusan. Masyarakat berhak mendapatkan pelayanan publik yang terbaik.

Disclaimer
1. Opini atau artikel yang ditulis dalam blog ini atas nama penulis sebagai pribadi sehingga tidak ada keterkaitan secara hukum, baik langsung maupun tidak langsung terhadap profesi dan instansi dimana penulis bekerja.

2. Beberapa artikel pada blog ini menyertakan sumber dari luar yang isinya bukan merupakan tanggung jawab penulis di blog ini, silahkan baca dan ketahui dari sumbernya secara langsung.

Jika ingin menghubungi saya lebih lanjut silahkan kirim email setagunet@gmail.com

22 Comments
Share
Share