Tabel Tunjangan Tambahan Penghasilan (TPP) Pemprov Jabar

Post On: 28 February 2011
By:
In: Pemda
February 28, 2011

Sejak awal Januari 2010 Pemprov Jawa Barat memberlakukan kebijakan pemberian tunjangan remunerasi berbasis kinerja. Dasar hukumnya adalah Peraturan Gubernur (Pergub)  Jabar No119/209 tentang Pedoman Pengukuran Kinerja dalam Pemberian Tunjangan Tambahan Penghasilan (TPP) bagi PNS dan Calon PNS. Secara umum konsep yang digunakan sebagai dasar besaran tunjangan berdasarkan Golongan dan eselonisasi. Jika berdasarkan golongan perbedaan antar grade tidak terlalu jauh selisihnya, tidak aneh pegawai yang masa kerjanya 0 tahun dengan pegawai dengan masa kerja puluhan tahun tidak ada perbedaan jika Golongan-nya sama.

Sebaliknya ada perbedaan signifikan antara pegawai struktural/eselon dengan pegawai pelaksana. Dengan golongan yang sama Mis: III d yang hanya staff biasa TPP-nya sebesar Rp 2,4 Juta. namun jika menjabat serta menduduki eselon IV bisa mencapai Rp 7 Juta.

Tabel Tunjangan Tambahan Penghasilan (TPP) Jawa Barat:

No Eselon/Golongan Rp
1 Eselon IB 32.000.000
2 Eselon IIA (Sekda) 25.000.000
3 Eselon IIA (Kepala OPD) 23.000.000
4 Eselon IIA 19.000.000
5 Eselon IIB 19.000.000
6 Eselon IIIA 11.000.000
7 Eselon IIIB 9.000.000
8 Eselon IV 7.000.000
9 Gol IVE 2.950.000
10 Gol IVD 2.900.000
11 Gol IVC 2.850.000
12 Gol IVB 2.800.000
13 Gol IVA 2.750.000
14 Gol IIID 2.400.000
15 Gol IIIC 2.350.000
16 Gol IIIB 2.300.000
17 Gol IIIA 2.250.000
18 Gol IID 1.650.000
19 Gol IIC 1.600.000
20 Gol IIB 1.550.000
21 Gol IIA 1.500.000
Tags:

47 comments on “Tabel Tunjangan Tambahan Penghasilan (TPP) Pemprov Jabar

  1. pdhl banyak pemprov ini kerjanya tidak sesuai dengan penghasilan..Masuk kadang siang, siang bisa jalan2..jam 3 sudah pulang..gimana nih kemendiknas,khususnya para stafnya kapan ky pemprov jabar ini

  2. IKI JAN JANE NEGARANE AREP BUBAR OPO PIYE?DUIT KOK DIDUNDUM SING SUGIH SELOT SUGIH SING KERE TAMBAH MLARAT.PNS KERJANE AKEH BOLOSE,UPACARA BENDERA MALAH PODO NDODOK KARO NGROKOK,SING WEDOK2 KLENCER KARO BLANJA2.. NEGORO WIS RUSAK… MBOK AWEH REMON KI SING TEPAT SASARAN.. KAE LHO GURU2 HONORER SING PELOSOK,POLISI SING NGADEPI DEMO,TENTARA SING JOGO DAERAH TERPENCIL, BUKANE PNS KARO PORO PEJABATE..

  3. tunjangannya mantep ya ternyata pemprov udah mampu untuk memberikan kehidupan yang lebih dari cukup wat pegawainya mudah-mudahan dengan adanya kenaikan tunjangan yang berbasis kinerja ini para pegawai negeri jabar giat-giat ya,..
    tp perlu untuk di perhatikan bahwa saudara memakai uang rakyat jd harus ada pertanggungjawabannya maka PP 53 tahun 2010 harus diberlakukan dan terhadap pegawai yang melanggar agar di tindak secara tegas tanpa pandang bulu. wassalam.

  4. ngga benar tuh, TPP ditabel dan yang keterima……….. Kalau mau sejahtera PNS Jabar. tolong untuk Gol..III yang tidak punya jabatan, II, I diberikannya semuanya, kan tujuannya untuk mensejahterakan karyawan kecil…

  5. Mantep sekaleee….setuju biar orang jawa barat tambah kaya jadi gak rame-rame minta pemekaran wilayah seperti yang rame di provisi laen

  6. Muantaap..tingkatkan lagi…laksanakan dg penuh konsekwen…baik kinerja maupun supervisinya….spy tujuan benar2 tercapai !! Hidup Pak Gubernur !!!

  7. Bagaimana dg nasib peneliti ? Tlg ditayangkan tabel remunerasi tunjangan fungsional peneliti yg dibawah penilaian Lipi

  8. Prov. Malut kapan yach sma dengan Jabar bisa memberikan tunjangan tambahan penghasilan mimpi kali yeeeee wkwkwkwkkwkwkwkwkwkwk

  9. Ane PNS Bogor di Jawa Barat… Provinsi JaBar… Ngga ada tuh rincian diatas.. Bohong… Kapan Tunjangan Seperti Itu…? ngga ngga ada.. Suer Demi Alloh… (jangan manasin PNS bikin ISUE..) 22-03-2011 jam 08.00

    • tabel diatas berlaku buat pegawai PEMPROV, bukan pegawai PEMKAB/PEMKOT, masa sih gitu aja gak ngerti, malu2in bogor aja..

      • iyalah nga ada penjelasan. tau tau diumumin sama sama pns kok di bedain emang bogor bukan jabar. atau memisahkan diri kali aja yah.

        • @agus: alangkah baiknya sebelum komentar dibaca dulu yang bener, skrg kan otonomi daerah, gk bisa gubernur mengeluarkan kebijakan untuk diterapkan di pemkab/pemkot di jabar

  10. Bener… Aku PNS golongan III/d hanya dapat gaji pokok, lokasi Provinsi Jabar ngga dapat seperti tabel diatas.. sampai detik ini perbulan tunjangan hanya 400 ribu.. beneran… pernyataan JUJUR.

  11. Komentar untuk Pa robert… aku PNS jawa barat.. ngga dapat seperti tabel diatas, suer.. siapa yg bikin tabel diatas.. kapan diberlakukannya? ngalamun bohong eta mah.. nepi kakiwari euweuh..

  12. Enak bangat provinsi jabar, sumedang tidak ada apa2..TPP 300rb/triwulan aja oktober s/d desember tahun 2010 aja tidak terima. cukup dengan gaji saja.

  13. PAD PROPINSI > PAD KAB/KOTA
    Pemprov jabar bisa bahagia, PNS kab/kota tetep sengsara,
    GAK ADA TUNJANGAN TAMBAHAN
    KORBAN PERATURAN BAGI HASIL PAJAK DAERAH

  14. hal ini menimbulkan kecemburuan PNS dari PEMKOT/PEMKAB terutama di prov Jabar, seolah-olah ada PNS Kelas atas dan kelas bawah.

    padahal seorang PNS di Kab/Kota tidak jarang harus menghandle bermacam-macam pekerjaan karena keterbatasan jumlah staf, sedangkan PNS PEMPROV selain tiap OPD banyak stafnya, sehingga tiap pegawai bekerja sesuai TUPOKSI masing2.

    sebagai gambaran seorang pegawai dengan golongan sama di PEMPROV jabar bisa memperoleh TPP 8 X lipat dari PNS Kota Bandung.

    Tapi apapun itu walaupun agak iri, tetapi saya hanya bisa mengucapkan Selamat buat PNS PEMPROV Jabar!! semoga dengan TPP yang tinggi bisa kerja optimal.

  15. Apakah ini dikarenakan Otonomi? dan apakah karena otonomi sehingga daerah yang Pimpinannya bisa mengelola PAD ataupun DAU Secara Profesional dan bagus bisa maju dan mensejahterakan pegawai ataupun masyarakatnya…

    Lalu untuk daerah yang “GAGAL” Gimana??? Apakah OTonomi sudah sesuai dengan Cita-cita Reformasi??

    Atau apakah perlu dibuat aturan-aturan baku dari pemerintah pusat agar pembangunan di tiap daerah bisa sejalan dan tidak menciptakan raja-raja kecil??

    *HANYA TUHAN YANG TAHU

  16. CLEARING:
    Tabel ini untuk PNS YG bekerja di PEMPROV JABAR di Gedung Sate Babdung (Pegawai Pemprov). Sedang pns di kotamadya bandung 500rb saja.

  17. alhamdulillah kami pns di garut tpp per bulan Rp. 100.000 dipotong pajak, ngahaturkeun nuhun kanggo nambih-nambih ngagaleuh susu budak, he.he….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>