Tabel Tunjangan PNS

Tunjangan PNS pengertiannya pendapatan sah yang diterima seorang PNS sesuai jabatan dan status.

Jenis Tunjangan PNS :

1. Tunjangan Keluarga yang besarnya untuk Istri/Suami : 10 % dari gaji  pokok, sedang anak 2 % dengan maksimal yang dapat diajukan 2 anak.

2. Tunjangan Pangan sebesar nilai beras per 10 kg/orang yang masuk daftar gaji.

Perdirjen Perbendaharaan Depkeu Nomor Per-57/PB/2009 Tanggal 30-11-2009 menetapkan tarif beras sebesar Rp 4.950,- per kg.

Update:

Berdasarkan Perdirjen Perbendaharaan Depkeu No 67/PB/2010 tgl 28 Desember 2010, pemberian tunjangan beras dalam bentuk uang ditetapkan menjadi Rp 5.656 /kg. Penetapan harga  ini berlaku mulai 1 Januari 2010,  sehingga PNS maupun pensiunan akan menerima kekurangan selisih harga.

3. Tunjangan Jabatan, merupakan tunjangan bagi PNS yang diangkat dlm jabatan struktural maupun fungsional

a. Tabel Tunjangan Jabatan Struktural:

No Eselon Tunjangan
1 IA 5,500,000
2 IB 4,350,000
3 IIA 3,250,000
4 IIB 2,050,000
5 IIIA 1,260,000
6 IIIB 980,000
7 IVA 540,000
8 IVB 490,000
9 VA 360,000

b. Tunjangan Jabatan Fungsional

± Fungsional Terampil:

No Jabatan Tunjangan
1 Pelaksana Pemula 220,000
2 Pelaksana 240,000
3 Pelaksana lanjutan 265,000
4 Penyelia 500,000

± Fungsional Ahli:

No Jabatan Tunjangan
1 Pertama 300,000
2 Muda 600,000
3 Madya 850,000

±Fungsional Profesi:

No Jabatan Tunjangan
1 Pertama 325,000
2 Muda 750,000
3 Madya 1,200,000
4 Utama 1,400,000

Kelengkapan Administrasi Tunjab Struktural/Fungsional

  • Srt Pernyataan Pelantikan (SPP)
  • Srt Pernyataan Melaksanakan Tugas (SPMT) Jab Struktural/Fungsional.
  • Surat Pernyataan masih menduduki Jab (SPMT) Struktural/Fungsional.
  • Srt Keputusan Inpassing.
  • Foto copy SK kenaikan pangkat terakhr
  • Foto copy ijazah terakhir
  • Foto copy DP-3 tahun terakhir

4. Tunjangan Umum
Untuk PNS yang tidak mendapatkan tunjangan struktural maupun fungsional berhak akan tunjangan umum yg besarnya sbb:

No Gol Tunjangan
1 IV 195,000
2 III 185,000
3 II 180,000
4 I 175,000

5. Tunjangan Khusus Papua

Tunjangan Khusus Papua diberikan kepada PNS,Hakim, Anggota TNI/Polri termasuk calon Pegawai Negeri Sipil yang bekerja/bertugas pada daerah Provinsi Papua. Tunjangan ini diatur dalam Keputusan Presiden RI No. 68 Tahun 2002 tanggal 31 Agustus 2002.

Besaran Tunjangan Khusus Papua dapat dilihat disini.

6. Tunjangan Risiko

Tunjangan yang diberikan kepada pegawai negeri yang diangkat dan ditugaskan secara penuh di K/L sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan sebagai bentuk kompensasi atas risiko bahaya keselamatan dan kesehatan dalam melaksanakan tugasnya.

Jenis-jenis tunjangan kompensasi kerja antara lain  Tunjangan Bahaya Radiasi bagi PNS di lingkungan BPTN, Tunjangan Bahaya Radiasi bagi Pekerja Radiasi, Tunjangan Resiko Bahaya Keselamatan dan Kesehatan dalam Penyelenggaraan Permasyarakatan, Tunjangan Pengamanan Persandian, Tunjangan Resiko Bahaya Keselamatan dan Kesehatan dalam Penyelenggaraan Pencarian dan Pertolongan bagi Pegawai Negeri di Lingkungan Badan SAR Nasional, Tunjangan Pengelola Arsip Statis bagi PNS di lingkungan Arsip Nasional RI dan tunjangan lain yang sejenis dengan tunjangan kompensasi/bahaya yang ditetapkan dengan peraturan perundang-undangan.

Lebih lengkap mengenai tunjangan risiko dapat dilihat di sini.

Baca Juga:

429 Comments

  • Sukandar / Pak ndar
    March 7, 2011 - 9:51 pm | Permalink

    Gaji besar dan kecil,cukup dan tidak itu relatif………..!!!
    Masalah gaji kok diributin,,,,,…kalau mau uangnya buanyak….yahh…buat usaha yang lain…kalau PNS tugas di desa…………yah…buat kebun buanyak2,biar uangnya melimpah ruah……..Gituu saja kok repooooootttttttt……….

    • modal
      April 12, 2014 - 4:57 am | Permalink

      Buat kebun yg banyak.. Emang berkebun ga perlu modal bang, lahan, pupuk, tenaga pengolah, penunggu kebun banyak pencurian, pemagaran dll Kalo mau enak buka toko yg besar saja bang mirip indomart yah… Modalll bang!!!!

  • titing
    March 8, 2011 - 10:39 am | Permalink

    pa ko remunerasi TNi dan POLRI gak sama yah,?

  • March 9, 2011 - 1:26 am | Permalink

    Bingun dengan semuanya. ntah mana yg bener.alasan cair masih 40 % krn dana kurang atau dana dimakan. ckckckckckckkck

  • nono
    March 11, 2011 - 3:22 pm | Permalink

    makanya negara ini begini aparatnya asik ngitung
    remunerasi dan naik gaji

  • kartolo
    March 13, 2011 - 1:47 am | Permalink

    Heran, sudah lolos jadi PNS masih mikir resiko, ketularan penyakitlah, masuk angin lah.
    Semua pekerjaan ada resikonya mas mbak, klo ga mau resiko gede mending nganggur aja ga usah kerja.
    Klo gaji PNS masih kurang, ngundurin diri aja. Bikin usaha sendiri.
    Jadi PNS mikir yang cerdas dikit, waktu tes cpns nyogok atau anak pejabat seh?

    • joko
      March 14, 2011 - 9:23 pm | Permalink

      tetapi apa salahnya meminta keadiLan, meskipun dah taw resiko kerjaan…… 24jam ndak gampang ntuk ngejaLaninya boz!!!!!!!!
      enak ajj ngatain “yg cerdas dikit”, coba sampean jd sperti mereka yg kerja 24jam penuh resiko dg kesehatan dirinya, bisa gantung diri mungkin sampean…. :P

    • wibowo
      March 4, 2013 - 10:36 pm | Permalink

      mas emg kelihatannya kerjaan pns itu santai. tapi kalo anda mau melihat dan mengamati sehari aja jadi ATC atau seorang PILOT PNS, insyaallah anda bisa bayangkan sendiri porsi kerja dengan gaji jauuuuuuuuuhhhh tidak sesuai(tolong diingat kerjaan itu(ATC maupun PILOT) menyangkut nyawa banyak orang)

      • rafael
        September 30, 2013 - 11:12 am | Permalink

        :twisted:

        • rafael
          September 30, 2013 - 11:17 am | Permalink

          mas kartolo jd PNS tu emng kelihatannya santai n tanpa beban itu bagi para oknumnya.Tp tdk untuk para PNS yg bnr2 mngabdi bagi masyrakat pd knyataannya gaji PNS jauh dri harapan n seringkali tdk sesuai dgn biaya operasional untuk sehari2, contoh Polisi yg kerja 24 jam dgn brbagai resiko tp gaji terendah 3jt sdangkan oprasinal mreka di lapangan sebulan bs lebih dri itu…..mikiro pake otak mas bkn pake dengkul :twisted:

          • doze
            January 25, 2014 - 8:54 am | Permalink

            leres pak rafael….

  • nonama
    March 13, 2011 - 7:17 pm | Permalink

    horeeeeeeeeeeeeeeeeeee,, gaji pns naik 10 %
    alhamdulillah

  • Emil
    March 15, 2011 - 3:19 pm | Permalink

    bang setagu, kalau penata laporan keuangan IIIA itu dapat tunjangan apa : tunjangan umum /terampil/ahli/profesi ? tks

  • vera
    March 16, 2011 - 1:36 pm | Permalink

    pak mau nanya…gaji hakim sudah 3 tahun tidak ada kenaikan, sementara PNS selalu mengalami kenaikan gaji setiap tahunnya. di lingkungan MA yang hanya merasakan kenaikan itu cm pegawainya saja hanya hakim yg tidak naik2 gajinya. padahal pak, hakim2 itu bertugas meliputi seluruh wilayah Indonesia. dengan gaji yang begitu minim apa iya bisa memenuhi kebutuhan hakim. contohnya saja pak, tidak semua hakim ditempatkan di daerah sendiri apalagi kalau daerah itu sangat terpencil yang emerlukan berbagai macam transportasi jika ingin pulang, biaya kehidupan yang berbeda-beda disetiap daerah dng penghasiln yang tidak pernah naik?mungkin bagi hakim-hakim yang ada dikota-kota besar itu bukan masalah. yapi bagaimana dengan hakim2 yang ada didaerah terpencil??mohon pak diperhatikan kesejahteraan khidupan hakim2 daerah.

  • March 16, 2011 - 3:18 pm | Permalink

    @Vera : loh kok curhat disini sih?curhat ke pa menteri atau pa presiden aja, disini kaga didenger..pusing mas setagunya ntr..haha

  • Protes
    March 17, 2011 - 4:09 pm | Permalink

    Menurut saya, gaji PNS terendah minimal 8 juta, gak usah ada embel2 lagi. daripada dikorupsi ratusan milyar oleh beberapa orang, lah mending dibagikan melalui gaji, tapi harus tegas seperti swasta, gak usah ada pensiun, dan polanya juga seperti swasa gampang untuk masalah pemecatannya,itu supaya jera dan ngerasa takut dan nanti kerjanya bener2 ngerasa diujung tanduk kalau gak bener karena gampang dipecatnya. Terus berlakukan sistem uji output hasil kerja setiap hari, supaya bisa keliatan mana yang kerja mana yang tidak. bukan selalu apel tiap pagi mulu, tapi tindak lanjutnya adalah telaah produk/output hasil kerja setiap harinya baru tuh nyambung dan mantap. Intinya “Proforsional dan Profesional” Tegas.

  • Protes
    March 17, 2011 - 4:19 pm | Permalink

    sebenarnya DPR / DPD gak perlu ada, ngapain ngabis2in anggaran doang, kebanyakan dari mereka sudah bukan atas nama rakyat. Omongan boleh atas nama rakyat, tapi perbuatan atas nama sendiri dan keuntungan pribadi. Sooooo,,, buat apa ada parlemen kalau kerjanya kayak anak kecil yang suka ngabisin duit pake beli peremen.

  • Protes
    March 17, 2011 - 4:21 pm | Permalink

    Anggota dewan, kalau dipikir2 dewan apa ya????

    • February 17, 2012 - 9:46 am | Permalink

      ya namanya itu Dewan korupsi, kerjanya cuma makan duit rakyat tok, kerjanya korupsi and korupsi kalau rapat kerjanya cuma tidur itulah DPR/DPR, saya setuju kalau bisa DPR?DPD dihilangkan saja agar RAPBN bisa digunakan untuk kesejahteraan rakyat dengan sebaik-baiknya.

  • March 17, 2011 - 7:15 pm | Permalink

    Yah ….buat mendinginkan pikiran, bolehlah mimpi remunerasi, tapi ngga usah terlalu deh, kalau rakyat tahu itu hanya akan menyakiti mereka, kasihan kan? boro-boro remunerasi, naik 10% saja baru katanya, buktinya belum cair sampai sekarang kan? katanya ada tambahan penghasilan Rp.250 ribu/bulan, buktinya dari Kementerian agama sampai hari ini untuk tahun 2010 belum cair, yang bisa dipercaya yang mana informasi itu yacah?

  • March 18, 2011 - 10:26 pm | Permalink

    UNTUK SESAMA GURU… jangan hanya Hak yg terlalu kita tuntut, malulah kita pada murid2 pabila kita kurang niat bekerja padahal kita sudah dpt macam2 penghasilan, mari kita tulus bekerja kalau perlu kita turun ke rumah2 murid2 yg kurang berhasil, semoga bermanfaat. terima kasih

    • doze
      January 25, 2014 - 9:00 am | Permalink

      mantap nih pak guru.. setuju sekali. semoga ketulusan pengabdian dan jasamu menjadi amal jariyah dan memberi banyak manfaat bagi peserta didik sekaligus inspirasi utk semua guru..

  • Pingback: tabel gaji pns 2011 terbaru | Gaji PNS | Tunjangan PNS | Tabel Gaji PNS - Terbaru 2011

  • edi
    March 22, 2011 - 1:35 pm | Permalink

    yaa aku juga belum dapat renumerasi, tapi gak apa-apa kan kebanyakan pns kerjanbya ya kurang maksimal kok , banyak nongkrongnya. bagi saya ada renumerasi atau tidak sama saja….

  • March 23, 2011 - 9:54 am | Permalink

    Remunasi kabarnya 2011/2012 dilaksanakan menyeluruh, tapi Allahualam. Remunerasi masih pilih kasih seperti penegakan hukum ada yg bilang tebang pilih. Pegawai Negeri selalu dituntut kerja maksimal, profesional, tetapi penghasilan minimal. Sebaiknya memang jangan terlalu banyak berharap pd pemerintah, bisa bangkrut nanti, biar yg kenyang semakin kenyuang, yg kurus semakin langsing. Yg penting bisa makan sama garam sudah cukup, masalah biaya pendidikan yg semakin tidak terjangkau (bisa ngutang gadaikan SK), biar pemerintah yg mikir kalau bangsa ini makin terbelakang kalah sama negara tetangga seperti piliphina atau malaysia, sebentar lagi disalip sm timor leste.

  • Umi Badriyah
    March 23, 2011 - 8:44 pm | Permalink

    Penerimaan guru harusnya lebih selektif , Menyedihkan jadi guru sekarang yang hanya menjadi caci maki murid Padahal Yang tidak melaksanakan tugas / yang berbuat kesalahan segelintir orang, saya rasa dimana-mana ada saja oknum.Marilah sama – sama kita saling mengingatkan kejalan yang benar jangan saling menyalahkan satu dengan yang lain

  • anto
    March 25, 2011 - 10:21 am | Permalink

    Kita sbg pns hrs perbanyak sabar, sama sj di kami jg isunya 2010 remunerasi, eh taunya blm jadi dg alasan masih disclaimer dll, memang sih kita hrs maklum, tentu PNS yg bertugas di direct public service/pelayanan langsung ke masyarakat yg didahulukan. Cuma sebenarnya gak usahlah janji2, kok birokrat jadinya spt politikus banyak janji pelihara citra dan pesona diri, lbh baik bilang kami gak bisa janji tetapi saja tunggu semua nanti kalau sdh ada keputusan hitam di atas putih.

  • firdaus
    March 26, 2011 - 9:53 am | Permalink

    Alhmdllh…

  • Don
    March 27, 2011 - 10:06 pm | Permalink

    Buat yang nyentil guru, apa kalian pikir guru itu hanya menjadikan siswa pintar, makanya sering baca buku guru itu adalah pendidik yang bertujuan mengubah prilaku siswanya kearah yang lebih baik. kalau untuk pintar saja ya bubarkan sekolah mari kita dirikan les sebanyak banyaknya.kalau ilmu kurang jangan komentar!!!!!!

  • strategi
    March 29, 2011 - 10:54 am | Permalink

    mohon informasi, bagi saya yang bodoh ini mas…apakah sudah ada keputusan tentang Remunerasi Kemenkumham dan Kejagung 2011 kira-kira bulan berapa ?

    • March 30, 2011 - 8:49 am | Permalink

      saya kutipkan dari berita: Sekretaris Kemen PAN dan RB Tasdik Kinanto seusai menggelar rapat dengan Komisi II DPR (28/3) mengatakan usulan Kejagung dan Kemehukham sudah diteken Pimpinan Komite Pengarah Reformasi Birokrasi (Wapres Boediono). Tapi belum pasti kapan cairnya yang jelas tahun ini.

  • March 30, 2011 - 9:10 am | Permalink

    Pak, saya mau nanya?? saya sudah menjadi pns sejak 1982 dan sekarang sudah gol 3D dan saya jalur pustakawan punya jabatan fungsional diberi tunjangan RP. 350.000.- tiap bulan, apakah saya masih dapat tunjangan remunerasi, kalau tidak dapat alasannya apa ya?? saya bekerja di lingkungan pendidikan tinggi. mohon jawaban nya….terima kasih.

  • teenee
    March 30, 2011 - 1:53 pm | Permalink

    mas punten mau tanya, katanya berita2, dengan dicanangkannya reformasi birokrasi dan akan disetujuinya RUU kepegawaian atau RUU ASN, maka akan ditiadakan istilah PNS Pemda dan PNS pusat, semua akan dibawah pemerintah pusat. jadi yang ada adalah istilah PNS/ASN (Aparatur Sipil Negara) yang ditempatkan di kantor2 pusat dan PNS / ASN yg ditempatkan di daerah. betulkah itu mas?? karena saya sebagai guru di daerah miskin yang kepala daerahnya sangat sewenang-wenang (kabupaten lebak), merasa bahwa kepala daerah/ bupati dan kroninya sangat sewenang2 mempermainkan pegawai karena kekuasaan mereka sbg pembina tertinggi kepegawaian pemda. memutasi seenaknya karena like n dislike, menurunkan pangkat, memberi jabatan kpd yg tdk kompeten yg penting kroninya dsb dsb

  • agil
    April 2, 2011 - 8:49 pm | Permalink

    Giliran remunerasi…. Semuanya pada ngiri, menganggap profesi dirinya lah berat dan pantas dpt remunerasi…
    he he…tak ada puasnya manusia

  • agil
    April 2, 2011 - 8:49 pm | Permalink

    Giliran remunerasi…. Semuanya pada ngiri, menganggap profesi dirinya lah berat dan pantas dpt remunerasi…
    he he…tak ada puasnya manusia
    menyalahkan sana-sini,…

  • FEBRI ILHAM
    April 14, 2011 - 8:51 am | Permalink

    Remunerasi guru itu ya Sertifikasi Bos, kalau guru masih dapat remunerasi sangat…sangat keterlaluan harus tahu diri dong ,ingat tenaga Administrasi sekolah/pendidikan yang tidak pernah dapat apa-apa dan dengan adanya sertifikasi semakin sibuklah tenaga kependidikan ( mulai dari TU Sekolah,dinas pendidikan kecamatan sampai kabupaten ).Mohon perhatian Lagu ” PAHLAWAN TANPA TANDA JASA ” saat ini untuk siapa ?????????????????????????????????????????????

  • awijiatmoko
    April 14, 2011 - 2:25 pm | Permalink

    pak setagu..mau tanya kapan ya pak berlakunya remunerasi dikementrian diknas???kalo dari penilaian konon kabarnya diknas bernilai baik. so…sampai sekarang belum terdengar realisasinya

  • Wilfirmus
    April 15, 2011 - 2:28 pm | Permalink

    Remunerasi PNS apa sama dengan NGO ya?

  • ari
    April 15, 2011 - 4:31 pm | Permalink

    INGGIN KAYA JANGAN MENJADI PNS, PNS ADALAH SARANA PENGABDIAN KEPADA NEGARA, DIBAYAR DIKIT BAGUS NAIK GAJINYA LEBIH BAGUS ,KENAPA MENGELUH DG GAJI KECIL ,JK TAK TERIMA .PENSIUN AJA

  • ari
    April 15, 2011 - 4:34 pm | Permalink

    LIHAT LAH NEGERI KITA MASIH BANYAK SAUDARA KITA YANG KURANG MAMPU MARILAH BERSYUKUR DENGAN APA YANG KITA/ANDA DAPATKAN SAAT INI ,DENGAN GEMBIRA DAN IKLAS “SETIA HATI”

  • May 2, 2011 - 10:34 am | Permalink

    Saudara2ku di dunia yg mendekati Qiamat Besar. PNS, TNI dan Polri tidak akan bekerja maksimal jika Kesejehteraan mereka sebagai Abdi Negara dan Abdi Masyarakat tidak terpenuhi dengan baik. Contohnya; Kebutuhan Pangan, Sandang, Papan, Kesehatan, Pendidikan, Hiburan dan Komunikasi, dll. Mengenai Kebutuhan Pokok berupa Rumah atau tempat tinggal yg layak bagi PNS Golongan I s.d III (PElaksana). Saya melihat masih banyak Golongan ini yg masih ngontrak or ngekos dengan biaya per bulannya sekitar Rp300 rb s.d. Rp1 juta di wilayah2 DKI dan Jawa Barat. Kami menghimbau kepada para PEmimpin or Ulil Amri (khusunya Presiden RI dan Kemenkeu RI) agar lebih memperhatikan NASIB KESEJAHTERAAN Golongan I s.d III tsb yg tidak punya rumah walaupun TIPE SUBSIDI dengan cara mempermudah persyaratannya dan menzeroka Buga KPR. Kalau kita lihat di zaman RosululloH S’AW, para PNS, TNI dan POlri itu disejahterakan dl, baru PEnegakan ditegakkan….bukan terbalik….Hukum tidak akan dpat ditegakkan secara maksimal jika KESEJAHTERAAN belum terpenuhi…..CAMKANLAAHHHH dan LASKANAKAN! Ojo dadli pemimpin Zolim…Katanya Presiden SBY mau membuat Perumahan Murah bagi PNS, ttpi koq hanya di wilayah selalin Jadebotabek????? Kami sudah mengecek ke Bekasi dan Bogor, Depok, tidak ada itu Developer Rumah dan Bank Pelaksana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan pada bulam April 2011…..Dimana realisasi Rumah bagi PNS tahun 2011???? KAMI MENUNTUT RUMAH SEDERHANA DAN SEHAT serta MURAH BGAI PNS, TNI dan POLRI serta PENSIUNAN!!!!…RENUNGKANLAAHHHHHH….WAHAI PRESIDEN…

  • bukan
    May 5, 2011 - 9:05 pm | Permalink

    pahlawan dengan tanda jasa. guru juga banyak yang nipu. aku salah satu korbannya. beli buku pelajaran tidak membayar.

  • pns LPNK yang cuma dapet gaji Tok
    May 9, 2011 - 9:39 am | Permalink

    iya ni guru ko banyak nuntut, dah ga layak lagi disebut “pahlawan tanpa tanda jasa” guru itu sekarang udah sejahtera dibandingkan kami di PNS di LPNK yg blm remunerasi yang cuma dapet gaji tok tanpa tunjangan apa2 kecuali tunjangan umum, ilmu dari sekolah itu cuman sekian persen yang dapat diserap oleh siswa, ilmu diluara sekolah itu yang lebih penting, sekolah kan cuman mengejar ijazah…cara mengajarnya juga belum bener, benerin dulu cara mengajar kalian, moral siswa dan generasi muda negara kita ini sudah hancur, apa itu karena didikan guru? guru itu bukan profesi yang harus diagung2kan !!!!

    • pns KNPL
      May 28, 2011 - 9:15 am | Permalink

      ini mungkin komentar paling asal yg pernah saya baca…
      sekolah bukan hanya ngejar ijasah mas. di sekolah kepribadian kita juga di bentuk. pendidikan adalah investasi bagi suatu negara bila negara itu ingin maju. ingat waktu setelah jepang kalah perang dunia 2. pendidikan yg mereka utamakan untuk bisa kembali maju, mereka kirim pemuda2 mereka untuk belajar ke luar negeri, mereka perbaiki sistem pendidikannya, tingkatkan kesejahteraan gurunya. kalo guru dibiarkan kekurangan gaji, selalu ngutang kiri kanan gimana mereka bisa mendidik muridnya dengan benar…

      • AGUS
        April 29, 2013 - 2:38 pm | Permalink

        DR SEKIAN JUTA GURU, HANYA BEBERAPA YG BERPIKIR SPT ANDA!!
        TP KENYATAAN…..SERTIFIKASI BUKAN KUALITAS PROFESI YANG DIKEJAR…TAPI KENAIKAN GAJI YG NOMOR SATU….

  • pakde
    May 10, 2011 - 8:38 am | Permalink

    Mohon info dasar hukumnya untuk Tunjangan Fungsional Ahli, terima kasih

  • alimin
    May 10, 2011 - 10:56 am | Permalink

    kl sy sich setuju buanget tuh gak ada yg namanya PNS Pusat atau PNS Daerah. harusnya sama dengan pd jamannya Presiden Suharto. gak ada yg guru mendapat tunjangan sertifikasi, Tunjangan/remunerasi TNI/Polri segala tetek bengek… kita semua mengabdi pada negara harusnya mempunyai hak yg sama pula. sbg contoh apakah PNS Pusat sdh lebih baik dr daerah? Apakah dg Sertifikasi anak didik/siswa mereka sudah mendapat pendidikan yg berkualitas, tidak berpikir korupsi… korupsi… dan korupsi lagi setelah mereka menyelesaikan pendidikannya. dan terahir apakah TNI/Polri sekarang makin lebih baik drpd dahulu (jamannya Presiden Suharto). Malah dg adanya Reformasi gila ini semakin menjadi-jadi orang2 yg mempunyai kesempatan (apapun itu kesempatannya, dalam artian yg buruk lho…). jangan ada perbedaan diantara kita dengan hal2 yg semestinya menjadi perekat bangsa. sebaiknya gaji/penghasilan PNS itu sama, yg membedakan hanya gol/tingkatan sesuai dengan hirarki aturan yg sistem penggajian PNS yg lama (bukan setelah reformasi).

    • princeryan
      May 27, 2011 - 10:39 pm | Permalink

      Tidak setuju. Kinerja seorang PNS itu berbeda-beda. Kalau anda berpikiran seperti itu, alangkah senangnya PNS yang males. Mereka bisa kerja dengan santai, dilain sisi ada PNS yang bener2 mau kerja. Dan keduanya pada golongan dan tingkatan yang sama, mendapat Salary yang sama. Betapa tidak adil. Saya hargai pendapat anda di era Presiden Suharto menurut anda lebih baik. Tapi saya berhak juga mengatakan sebaliknya.

  • AGUS
    May 12, 2011 - 2:01 pm | Permalink

    UU GURU ADALAH PRODUK HUKUM…HARGAILAH..INDONESIA ADALAH NEGARA HUKUM

  • agussoni
    May 13, 2011 - 10:25 am | Permalink

    mau tanya kalau Kemenag Remunirasinya kapan terealisasinya

    • June 5, 2011 - 8:09 am | Permalink

      kayaknya senasib mas karo Depdagri, paling2 nanti bareng2 turunya, nggak tahu kapan? soalnya tupoksi sampean saling ketergantungan denganku yang kerja di Depdagri Kan urusan pernikahan saja kita sama-sama; di kantor lurah/desa yang buat surat pengantar/ keterangan Nikahnya, pean kan yang rekomendasikan? Jadi ya sama-sama tunggu aja mas ha ha ha, salam nimbrung-nunggur sarapan.

  • June 5, 2011 - 7:34 am | Permalink

    Renumerasi bila dikelola oleh satu lembaga/departemen saja sejak dulu, mungkin tidak terjadi kecemburuan/kesenjangan yang mencolok seperti sekarang ini, dimana Renumerasi hanya bisa dinikmati oleh PNS Departemen Tertentu saja (baca departemen yang mengelola keuangan negara), Tetapi untuk PNS dari Departemen yang jauh dari urusan pengelolaan keuangan negara(Jare wong jowo, Departemen Garing), paling-paling hanya bisa melongo saja memandangi teman sejawatnya gajinya gede. Padahal Korprinya sama; Pangka/Gol.Ruang sama; Presidenya ya sama. Hanya pengaturan Struktur Gajinya saja yang nggak sama. Jadinya ya nggak heran kalo sesama PNS (walau teman sejawat sejak SD,SMP,SMA) kesejahteraanya nggak sama he he he.

  • June 5, 2011 - 7:53 am | Permalink

    Renumerasi bila dikelola oleh satu lembaga/departemen saja sejak dulu, mungkin tidak terjadi kecemburuan/kesenjangan yang mencolok seperti sekarang ini, dimana Renumerasi hanya bisa dinikmati oleh PNS dari Departemen Tertentu saja, Tetapi untuk PNS dari Departemen atau SKPD yang jauh dari urusan pengelolaan keuangan negara(Jare wong jowo “Departemen/SKPD Garing”), paling-paling hanya bisa melongo saja memandangi teman sejawatnya dikampung Gajinya Gede. Rumahnya gede dipinggir jalan besar lagi-ada yang di Perumnas2, tanahnya luas. Padahal Korprinya sama lho; Pangka/Gol.Ruang sama; Presidenya ya sama. Hanya pengaturan Struktur Gajinya saja yang nggak sama. Jadinya ya nggak heran kalo sesama PNS (walau teman sejawat sejak SD,SMP,SMA) kesejahteraanya nggak sama ha he ha iya apa iya ya ? ya iyo

  • ferdian firdaus
    August 17, 2011 - 1:44 am | Permalink

    saya adalah Pns kota Bandar Lampung yang mengharap remonerasi berlaku pada kami pegawai Golongan II kami hanya staf tunjangan anak dan istri pun nilai nya tidak dapat membantu untuk kami karena jumlahmya kecil lain dengan golongan yang tinggi tunjangan jabatan pun cukup lummayan tolong untuk menteri terkait tolong di kaji untuk golongan rendah seperti saya

    • Raden mas wawa
      March 5, 2013 - 2:09 pm | Permalink

      hadowwhhh..mas malah curhat……tanya ama bupati atau walikota bandar lampung mas…..renum disini untuk kementerian pusat…..entar pusink kalo pean curhat ke pak stagu nya….nggak nyambung masalahnya..

  • Budi
    October 20, 2011 - 2:29 pm | Permalink

    Kapan ni kira2 ada JAFUNG AKIP (Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.
    Sejak 2004 smua isntasnsi hrs buat LAKIP tp knapa pegawai yg mengerjakan justru tdk ada perhatian.
    Hanya ada iming2 sj kalo mo jd FUNGSIONAL KHUSUS, padahal sbg penyusun slalu kena date line…tp tak dpt tunjangan khusus hanya dpt tunjangan umum sama pelaksana pemula sj ndak ada apa2nya.

  • dian
    November 16, 2011 - 10:31 am | Permalink

    kalo yang pergi haji dapat tunjangan fungsional umum gak?

  • yanz
    December 28, 2011 - 11:58 am | Permalink

    SAYA SANGAT GERAH LIAT KETIMPANGAN PENDAPATAN DI PNS…PEMERINTAH SANGAT TAK ADIL, SEKARANG YANG DIAGUNG2KAN MALAH GURU…SAYA KIRA MEMANG GURU ITU PROFESI MULIA TAPI GA USAH DILEBIH2KAN LAH…EMANGNYA PNS LAIN JUGA GA MULIA?????????

    TOLONG PEMERINTAH ADIL DALAM PEMBAGIAN PENDAPATAN PNS!!!!! KALO DARI BEBAN KERJA GURU HANYA DIBEBANKAN KERJA DARI JAM 7 AMPE JAM 2, BEDA DENGAN YANG UMUM DARI JAM 7.30 AMPE 16.30 BAHKAN BISA LEBIH TAMPA UANG LEMBUR!!!!! COBA BANDINGKAN BEBAN KERJANYA???ADIL NGGAK????????

    SAYA WALAU BUKAN LULUSAN SPD JUGA BISA NGAJAR ORANG, YANG DISEBUT GURU ITU BUKAN HANYA PNS, GURU NGAJI, GURU LES, MEREKAPUN DSEBUT GURU BAHKAN LEBIH MULIA KETIMBANG GURU2 PNS YANG CUMA NGAREPIN GAJI GEDE…..

    JADI TOLONG PEMERINTAH PERHATIKAN PNS LAIN UNTUK KESEIMBANGAN JAGAN SAMPAI ADA YANG DIAGUNG2KAN SEPERTI ITU!!!!!!!

    UNTUK GURU PNS, KERJAKAN TUGAS ANDA SEBAIK MUNGKIN..JANGAN CUMA NUNTUT DOANG DARI DULU, SAYA BUKAN BENCI TAPI SAYA MIRIS LIHAT KETIMPANGAN SEPERTI INI!!!!

    SEKARANG BANYAK ORANG BERLOMBA JADI GURU PNS, DENGAN BESAR2 NGABDI JADI HONORER, APA-APAAN ITU????? SAYA SALUT PEMERINTAH SEKARANG MEMANG HARUS MEMBATASI JUMLAH PNS DAN HAPUS SISTEM HONORER!!!!!!!!

  • yanz
    December 28, 2011 - 12:01 pm | Permalink

    SISTEM HONORER ITU SAMA SEKALI GA MENDIDIK KITA JADI CERDAS…TAPI MENDIDIK KITA JADI KULI (MAAF KALO AGAK KASAR)…PANTES AJA KUALITAS PENDIDIKAN INDONESIA MASIH SANGAT RENDAH….COBA TERAPKAN SISTEM PEREKRUTAN UMUM YANG BAGUS UNTUK GURU KE DEPAN AGAR GURU2 PNS LEBIH BERKUALITAS!!!!!

  • yanz
    December 28, 2011 - 12:38 pm | Permalink

    TEST ULANG SMUA GURU!!!!!!

  • yunizar
    December 28, 2011 - 9:00 pm | Permalink

    mohon dapat ditampilkan tabel remunerasi ke 18 K/L baik berupa usulannya ataupun yang disetujui, yang ada hanya K/L yang sudah remunerasi….

  • Harlin
    January 7, 2012 - 6:29 pm | Permalink

    Ass.. sebagai seorang sarjana keperawatan selain tunjangan fungsional terampil, apakah perawat juga bisa mendapatkan tunjangan yang lain?? dan bagaimana remunirasi bagi perawat..??

  • January 31, 2012 - 11:55 pm | Permalink

    Pak saya mau nanya tentang Tunjangan Buat Pengelola Arsip ( Bukan Arsiparis ) di lingkungan pemda ada apa tidak ya pak? pernah dengar sepertinya ada tunjangan tersebut yang berasal langsung dari pusat. Mohon informasinya pak. Trimakasih

  • Nyoman Widiratyasa
    February 9, 2012 - 10:36 am | Permalink

    Pak/Bu Yth.
    Tunjangan keluarga (anak)sy msh memakai aturan lama, yakni 3 org. Kebetulan anak pertama sy skr sdh lulus kuliah dan keluar dari hak tunjangan anak. (Sy mempunyai 4 org anak). Apkh anak sy yg ke-4 bisa dimasukkan sbg yg memperoleh hak atas tunjangan anak dlm daftar gaji sbg pengganti anak pertama sy ? Mohon penjelasannya, Trimakasih.

  • Nyoman Widiratyasa
    February 9, 2012 - 10:38 am | Permalink

    Oh iya…
    Mohon dilengkapi dasar hukumnya atas prtanyaan sy diatas. Trimakasih.

  • February 16, 2012 - 11:32 pm | Permalink

    :grin: :grin: :grin: :grin: :grin: kapan ya remunerasinya….

  • Akhyarudin Noor
    February 17, 2012 - 8:57 am | Permalink

    Bagaimana dengan dokter yang mengikuti pendidikan spesialis, apakah masih mendapat tunjangan fungsional?

    • April 29, 2013 - 9:00 am | Permalink

      karena dokternya sedang pendidikan, maka tunjangan fungsionalnya akan dicabut setelah enam bulan terhitung SK Tugas belajarnya. Dan nanti setelah balik lagi maka akan diajukan kembali. Tkb

  • February 18, 2012 - 11:28 am | Permalink

    mas,saya pns dilingkungan RSUD di kaltim.
    MOHON BANTUANNYA mas..
    saya bekerja di bagian IPSRS lebih tepatnya di bagian instalasi dan perawatan kelistrikan RSU. mengingat resiko kerja yang tinggi (tau kan mas kalo bagian listrik itu ngapain aja. ngurusi listrik satu RSu yang jelas sangat berisiko terjadinya insiden, belum lagi kalo ada kerusakan2 terlebih di malam hari dan harus membenarkannaya dalam kondisi kurang cahaya).
    makannya saya menghadap bagian keuangan RSU mengusulkan bagaimana kalo bagian listrik diberi tunjangan resiko kerja seperti halnya perawat,bidan, radiografer, dll..kata bagian keuangan bisa aja diusulkan dan diperjuangkan. :razz:
    tapi saya diminta untuk memberikan dasar hukumya mas. baik UU, KEPPRES, PERDA maupun yang lainnya katanya.. saya kan jadi bingung mas..:roll:
    help ya mas.. :cry:
    terima kasih banyak..

    • Raden mas wawa
      March 5, 2013 - 2:13 pm | Permalink

      ya iyalah brooo……emangnya rumah sakit punya pak haji perorangan ..asal pak haji setuju maka duitnya keluar…wkwkwkwkwka…

      keuangan belanaja negara dan daerah ada payung hukum dan perundang undangannya ..nggak asal usul tapi asal….aya aya wae sampean ini….gubernur aja kalo salah menyetujui anggaran yg nggak ada payung hukumnya aja bisa kena bui…..hohooho

  • solhan khairi
    February 26, 2012 - 7:27 pm | Permalink

    mulai kapan pelaksanaan pembayaran tunjangan profesi guru di bayarkan?

  • nurbaiti
    March 18, 2012 - 3:10 pm | Permalink

    terimakasih atas informasinya smoga pns jahuh dari korupsi, kerjalah dengan ikhlas, hidup lebih nikmat.

  • mugito
    April 8, 2012 - 8:07 pm | Permalink

    selain tunjangan fungsional,unt yg berkerja di elektromedik apa ada tujnangan profesi.tks

    • mugito
      April 8, 2012 - 8:11 pm | Permalink

      selain tunjangan funsional, unt tenaga elektromedik apa ada tunjangan profesi tks

    • mugito
      April 8, 2012 - 8:27 pm | Permalink

      selain tunjangan fungsional elektromedik apa ada tunjangan profesi

  • dimazgogon
    April 29, 2012 - 11:33 am | Permalink

    Soal Remunerasi

    Ini masih menjadi pergulatan yang ada di level atas, karena mereka yang ada disana itu tuh juga gak mau dapetnya dikit.

    Resiko dengan adanya Remunerasi apa? Sudahkah anda semua siap? Kalau saya lebih baik tunjangan yg lainnya yg dinaikkan…..

  • sigt
    July 17, 2012 - 9:48 am | Permalink

    pak setagu, mau nanya untuk diknas . kapan yah ada remunerasi.. tahun 2013 sudah belum yah,,, ma kasih, matur nuwun jawabanipun

  • July 27, 2012 - 1:30 pm | Permalink

    kapan tunjangan remunerasi bagi pns dilingkungan mendiknas khususnya POLITEKNIK NEGERI BANDUNG..akan dilaksanakan atau pencairannya…trm ksh…?

  • hamran
    August 24, 2012 - 9:02 am | Permalink

    kapan ya tunjangan umum dinaikkan, soalnya sejak 2007 sampai sekarang belum ada kenaikan, padahal pekerjaan yang dikerjakan oleh staf sangat banyak

  • November 1, 2012 - 10:38 am | Permalink

    mintak tunjanan pongsiun dibayar kan tunai,,sesuai dengan rancangan UUD?

  • November 1, 2012 - 10:39 am | Permalink

    mintak tunjanan pensiun dibayar kan tunai,,sesuai dengan rancangan UUD?

  • November 1, 2012 - 10:40 am | Permalink

    :wink:
    :lol:
    :idea:

  • om parno
    November 16, 2012 - 10:22 am | Permalink

    saya mau tanya pak, apa benar tunjangan pensiun untuk PNS akan dibayarkan sekaligus? kalo benar, besaran total nya sesuai golongan kah pak? trima kasih…

    • Setagu
      November 17, 2012 - 10:17 pm | Permalink

      Sebelumnya kita bahas dulu program pensiun
      1. Program pensiun manfaat pasti (Defined Benefit)
      2. Program Pensiun Iuran Pasti (Defined Contribution)

      yang berlaku bagi PNS di Indonesia adalah program pensiun manfaat pasti, formulasinya seperti sekarang ini yaitu pemberi kerja dalam hal ini pemerintah memberi uang pensiun yang pasti jumlahnya (75% dari gaji pokok).

      Dengan formulasi spt ini, maka dana yang ditanggung pemerintah semakin besar shg makin memberatkan APBN. Tahun ini lebih dari 50 T, tahun 2025 diperkirakan sekitar 175 Triliun.

      Pada 3 April 2012 keluar Permenkeu no: 50/PMK.010/2012 ttg perubahan ketiga atas keputusan Menteri Keuangan Nomor 343/KMK.017/1998 ttg iuran dan manfaat pensiun yang berlaku 6 bulan sejak diundangkan.

      Ada perubahan pasal 20 yang kutipan lengkapnya:
      “Dalam hal jumlah akumulasi iuran dan hasil pengembangan yang menjadi hak Peserta pada Dana Pensiun Pemberi Kerja yang menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti kurang dari atau sama dengan Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah), jumlah akumulasi iuran dan hasil pengembangan tersebut dapat dibayarkan sekaligus.”

      Permenkeu itu sering dijadikan acuan bahwa pembayaran pensiun PNS akan dilakukan sekaligus (lumpsum). Padahal aturan tsb diberlakukan untuk program pensiun iuran pasti (no.2), sedang kita PNS menganut sistem program pensiun manfaat pasti (no.1).

      Hitungan 1,5 M spt dalam SMS atau berita akhir2 ini masuk akal dalam sistem iuran pasti, karena ada faktor investasi juga.

      Memang ada wacana utk mengubah menjadi model iuran pasti terkait dg smakin beratnya beban APBN, namun sampai saat ini belum ada pembahasan pemerintah dg DPR soal sistem pensiun PNS.
      Sehingga selama peraturan tentang pensiun PNS belum diubah, pensiun akan tetap dibayarkan perbulan.
      Salam

  • omdoang
    January 12, 2013 - 5:10 pm | Permalink

    yang pns dapat buruh juga dapat gaji yang nganggur juga dapat apa? tiap tahun negeri ini mencetak pengangguran tingkat tinggi ,menengah rendah malah ada yg dasar maksud gue tamat SD paling kecilo %nya.pertanyaannya kata guruku negeri ini kaya kok bisa gitu ya kata lagu oma irama yg kaya makin kaya yg miskin ya miskin aku ya kaya ya miskin dua2nya.bagaimana ya negeri yg luas ini kita buat kapal canggih kita kawas itu laut kita nangkap ikannya aku kira dengan ikan saja bangsa ini sejahterah aplagi hasil tambang baik dilaut maupun didarat wah kaya ya kita sayang yg memimpin negeri ini otaknya cerdas tapi moralnya tak secerdas otaknya.apalagi ide saya ini pasti tak ada yg mendukung habis tidak sarjana,asal tahu saja ya dinegeri ini banyak sarjana tapi tak ada punya ide kayak saya.saya bangga bila ide saya jadi perhatian oleh bapak2 yang berotak dan moral berlian yg memimpin negeri ini, negeri ini negri maritim lo bapak ….. ak ak

    • Raden mas wawa
      March 5, 2013 - 2:43 pm | Permalink

      nggak nyambung ma topik……contoh pengangguran yg cuma bisa menghayal dan apatis..omdo….less talk do more please…..

  • husjain
    January 28, 2013 - 4:02 pm | Permalink

    bagaimana ya, kalau para dosen yg sdh dapat tunjangan serdos , apa dapat lagi tunjangan remunerasi,

  • Sawal setiawann.SP
    February 7, 2013 - 7:28 pm | Permalink

    kenapa Penyuluh pertanian masa usia pensiun 60 tahun sedangkan Pengendali Organosme pengganggu tananam/Pengamta hama penyakit (POPT/php)batas usia penensiun 56 tahun ,tugas popt membawahi 1-3 kecamatan sedang penyuluh pertanian cuman 1-2 desa .popt harus berpendidikan hpT atau biologi sedang [enyuluh hanya cukup dari pakultas pertanian semua jurusan toong pertibangkan

  • Sawal setiawann.SP
    February 7, 2013 - 7:44 pm | Permalink

    Mohon tinjau untuk fungsional POPT sebab popt lebih berat dibnading penyuluh pertanian kenapa dibedakan padahal sama sama di lapangangan pelayan petani

    • Raden mas wawa
      March 5, 2013 - 2:30 pm | Permalink

      sudah dapet remun untuk kemetreian pertanian masih aja protessss….dah kerja sana yg benerrrr….

  • olivia
    February 20, 2013 - 10:29 am | Permalink

    kapan remunerasi umtuk perawat?? apalagi kita-kita yang berada di perbatasan

  • April 29, 2013 - 8:55 am | Permalink

    mas, untuk pegawai kesehatan ada kenaikan tunjangan fungsionalnya nggak?

  • Novain
    May 13, 2013 - 11:48 am | Permalink

    Kapan realisasi dana remunisasi untuk pegawai struktural

  • junifer
    May 18, 2013 - 12:03 am | Permalink

    kerjaan kebanyakan nongkrongnya aja…maunya gaji besar

  • wiwiksariningsih
    June 23, 2013 - 6:38 pm | Permalink

    klw aku krja aja sesuai tupoksi.mo dapat tambahan ini itulah ato gak ttp disyukuri.bagiku rezeki g melulu dr gaji.ada banyak pintu2 rezeki yg Allah buka buat kita.Alhmdlh tanpa remunerasi,sertifikasi ..bla3…kita bisa punya rumah yg layak huni,mobil baru,saving tanah dll.ternyata rezeki Allah swt sangat luas.

    • koes
      August 19, 2013 - 8:33 am | Permalink

      siip….mantab , kerja sesuai tupoksi dan SOP dpt gaji alhamdulillah

  • Makmur Tanawali
    August 16, 2013 - 1:41 pm | Permalink

    Tunjangan Remunerasi sdh di siarkan dri 3 tahun terakhur yaitu sekitar tahun 2010 namun sampai saat ini Kementerian Agama melum terwujud….. Kementerian yg lain sdh realisasi, Kemenag hingga saat ini belum terrealisasi, mengapa….???????

  • iko
    August 20, 2013 - 12:38 pm | Permalink

    mas mau nanya; benar apa ga ya besarnya insentif PNS Dispenda paling rendah 10 jt per bulan. utk pejabat eselan 4, 30-50 jt per bulan dan eseloan 3 100 jt per bulan yg semuanya diterima per 3 bulan. Thanks infonya…

    • mungkin
      August 20, 2013 - 2:22 pm | Permalink

      tergantung dispenda masing2 dan tergantung bagian apa anda ditempatkan :razz: kalo dispenda DKI atau KUTAI mungkin aja segitu kalo ngawi 1-2 juta aja masih ngimpi kali :lol: :lol:

  • sensei
    September 5, 2013 - 11:19 am | Permalink

    tunjangan untuk tenaga kependidikan dan administrasi sekolah kapan ya…..

  • marotin
    October 23, 2013 - 8:26 am | Permalink

    staf pns daerah yang nelongso,,,dah gk dpt sertifikasi jg gk dapat remunerasi,,,ketua umum korpri kok madem-adem saja,,,diusahakan donk

  • fatih
    December 28, 2013 - 1:10 pm | Permalink

    mas kalo di dispenda bogor bgmn tunjangannya? saya baru saja lolos seleksi

  • Bagong
    February 3, 2014 - 8:32 am | Permalink

    Yang paling terlantar itu ya PNS Kab/Kota. Remunerasi bagi PNS Cuma dengar2 aja selama ini tdk pernah ada kabar PNS Kab/kota akan dapat remunerasi, Katanya sih NKRI (wajib bagi WN dalam bela negara) tp kalau sudah soal Duit/uang/materi (pikirkan diri sendiri). Itulah Negeriku Tercinta.

  • DISPENDA
    February 3, 2014 - 4:42 pm | Permalink
  • melda
    February 10, 2014 - 9:14 pm | Permalink

    bedanya tunjangan jabatan dengan biaya jabatan apa?

  • baru lulus
    March 3, 2014 - 3:14 pm | Permalink

    Mas Agus & All. mohon sharingnya donk… untuk tunjangan2 ini berlaku gak selama kita jadi CPNS ??? ato hanya 80% gaji pokok saja ya,, spt yang sering saya denger….

    • Setagu
      March 4, 2014 - 7:07 am | Permalink

      Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diberikan gaji pokok sebesar 80% (delapan puluh persen) dari gaji pokok yang ditentukan untuk golongan/ruang gaji menurut pangkat yang didudukinya.

      Nah dari gaji pokok ini ada tunjangan-tunjangan lain yang melekat spt tunjangan istri/suami, anak & tunjangan beras. Maksudnya bukan hanya gaji pokok saja yg diterima namun ada tunjangan lain yg melekat spt yg disebutkan tadi.

      Tunjangan jabatan struktural atau jabatan fungsional akan diberikan bagi PNS yang diangkat dalam Jabatan struktural atau fungsional fungsional. CPNS belum berhak menerima tunjangan jabatan struktural ataupun tunjangan jabatan fungsional. CPNS belum memenuhi syarat untuk menduduki jabatan struktural ataupun jabatan fungsional. CPNS hanya berhak diberikan tunjangan fungsional umum. Besaran tunjangan umum 175.000 s/d 195.000 (sesuai golongan).

      Sehingga komponen gaji CPNS: gaji pokok (base) + tunjangan umum + Tunjangan kemahalan (jika penempatan Papua)

      • baru lulus
        March 4, 2014 - 4:09 pm | Permalink

        Terima kasih banyak mas agus atas share pengetahuannya….. berarti dapat saya simpulkan untuk Take Home Pay CPNS = 80%Gaji pokok (Sesuai SK) + Tunjangan (Poin 1 + Poin 2 + Poin 4) … begitukah kira2 ya mas ???

        Semoga atas rezeki saya ini & kita semua, Alloh S.W.T berikan keberkahan & kemanfaatan… agar bisa berguna bagi keluarga, agama, dan negara…. Amin

  • prana
    March 3, 2014 - 3:47 pm | Permalink

    Assalamu’alaikum, maaf nih Mas Pengelola Setagu.net, mau nanya, ada bocoran nggak perubahan tunjangan fungsional widyaiswara……. soalnya sejak tahun 2007 belum ada perubahan nih.. terima kasih

  • KAPAN YA? KAB BOGOR!!
    March 12, 2014 - 3:46 am | Permalink

    KAPAN YA? PNS KAB BOGOR DAPAT REMUNERASI/TUNJANGAN? , 40 UPT PUSKESMAS SE KAB BOGOR PUN BELUM DAPAT DANA BPJS SAMPAI SAAT INI, MENURUT INFORMASI DANANYA DIPOTONG PEMDA DAN UANGNYA DI BUNGAKAN DI BANK . TOLOOONG PAK SBY / KPK / PEM PUSAT UNTUK MENGATASI HAL INI.

  • bam
    March 12, 2014 - 6:17 am | Permalink

    Sungguh nikmat dpt tunj Jab plus t. Remun. Kerja santai, tiap bln
    rekening brtambah, ha..ha.. tinggal manfaatin yg bnr2 kerja n gk punya jab.

  • Yudo
    April 3, 2014 - 6:46 am | Permalink

    Pembiaran gaji yang kecil bagi pns sebenarnya adalah kejahatan bagi kemanusian yang yang melahirkan kejahtan yang lain, jgn jargon abdi negara lalu menekan dengan gaji yang kecil, atau jgn pula mengatakan kalau mau kaya jgn jadi pns.

    Ketimpangan gaji antar KL itu nyata, katanya sama-sama pns, ada yang merasa mengerjakan yang lebih istimewa/berat, yang lain dianggap biasa saja, yang terlewat atau lupa bahwa kebutuhan hidup itu tdk memandang instansi atau lembaganya apa?

    Merasa misalnya memberantas korupsi, wah gaji saya harus lebih tinggi, sementara yang ditangkap misalnya gaji megap2, ya itu tadi pembiaran puluhan tahun gaji/kesejahteraan yang pas ada pas enggak….hendaknya keluhan gaji/kesejahteraan pns tdk ditanggapi dengan komentar “kalau mau kaya jgn jadi pns” karena kebutuhan hidup itu pada dasarnya sama koq…”MARI KITA HENTIKAN PEMBIARAN PULUHAN TAHUN TERHADAP GAJI PNS YANG TIDAK MANUSIAWI”

  • echie
    April 20, 2014 - 5:10 pm | Permalink

    Remonerasi sangat tepat untuk PNS ?ª?? mempunyai pekerjaan banyak, tapi harus ada penilaian ?ª?? objektif, kalau saya melihat masih ada pemberian remonerasi PNS beban kerjanya ?ï rekayasa oleh pimpinan sehingga satu pekerjaan bisa banyak org dgn alasan kasihan tapi tidak melihat perasaan org ?ª?? bebar-benar mengerjakan pekerjaan., dgn alasan agar semua ada pekerjaan. Harapan saya kedepan harus ada semacam Panitia Tim veripikasi ?ª?? ?ï bentuk oleh pegawai pusat turun kelapangan jika perlu diwawancara masing2 PNS jangan berdasarkan usulan dari sub unit, mungkin dengan adanya φ??? bisa mengurangi kerugian keuangan negara ?ª?? diberikan kepada PNS dengan perhitungan grade ?ª?? diperoleh

  • jhon kenedy
    April 23, 2014 - 5:01 pm | Permalink

    gue heran………….kenapa pemerintah cuma memikirkan para PNS saja, + dengan macam2 tunjangan yang diberikan,……..emang negara kita gx ada warga selain PNS,..???? masih buanyak banget warga negara kita yang memerlukan bantuan dari ketidak mampuan mereka,….ataw cuma warga yang kebetulan bernasib baik aja bisa menjadi PNS lalu mereka diberikan perhatian yang maksimal…, Apa cuma PNS saja dinegara ini yang mau hidup???? mereka yang tidak bernasib baik juga pengen hidup cooooyyyy!!!!!

    • abi
      April 23, 2014 - 5:51 pm | Permalink

      Tenang pa John, uang yg dikasih pemerintah ke pns kan lewat doang, kan duitnya pasti dibelanjakan ke tukang sayur, tukang tempe, tukang beras, tukang krupuk, dan tukang2 lainnya….gitu. Biasanya belanja bayam seiket, naik gaji jadi dua iket, biasa beli telor dua biji jadi tiga biji … dst
      akhirnya semua dapat berkah juga toh

      • April 24, 2014 - 8:27 am | Permalink

        Betul Pak ABI, hebat cara berfikirnya begitu sederhana aja……sahaja….mang mau dibawa kemana kehidupan ini………….pokonya kita hidup tentram dan damai dunia akhirat……..jangan sampai di akhir nanti sudah pensiun masih banyak beban….makanya jangan konsumtif…….saya hidup di kota besar….tidak ada pengaruhnya……..tenang aja………..no problem.

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>