Tabel Tunjangan PNS

Tunjangan PNS pengertiannya pendapatan sah yang diterima seorang PNS sesuai jabatan dan status.

Jenis Tunjangan PNS :

1. Tunjangan Keluarga yang besarnya untuk Istri/Suami : 10 % dari gaji  pokok, sedang anak 2 % dengan maksimal yang dapat diajukan 2 anak.

2. Tunjangan Pangan sebesar nilai beras per 10 kg/orang yang masuk daftar gaji.

Perdirjen Perbendaharaan Depkeu Nomor Per-57/PB/2009 Tanggal 30-11-2009 menetapkan tarif beras sebesar Rp 4.950,- per kg.

Update:

Berdasarkan Perdirjen Perbendaharaan Depkeu No 67/PB/2010 tgl 28 Desember 2010, pemberian tunjangan beras dalam bentuk uang ditetapkan menjadi Rp 5.656 /kg. Penetapan harga  ini berlaku mulai 1 Januari 2010,  sehingga PNS maupun pensiunan akan menerima kekurangan selisih harga.

3. Tunjangan Jabatan, merupakan tunjangan bagi PNS yang diangkat dlm jabatan struktural maupun fungsional

a. Tabel Tunjangan Jabatan Struktural:

No Eselon Tunjangan
1 IA 5,500,000
2 IB 4,350,000
3 IIA 3,250,000
4 IIB 2,050,000
5 IIIA 1,260,000
6 IIIB 980,000
7 IVA 540,000
8 IVB 490,000
9 VA 360,000

b. Tunjangan Jabatan Fungsional

± Fungsional Terampil:

No Jabatan Tunjangan
1 Pelaksana Pemula 220,000
2 Pelaksana 240,000
3 Pelaksana lanjutan 265,000
4 Penyelia 500,000

± Fungsional Ahli:

No Jabatan Tunjangan
1 Pertama 300,000
2 Muda 600,000
3 Madya 850,000

±Fungsional Profesi:

No Jabatan Tunjangan
1 Pertama 325,000
2 Muda 750,000
3 Madya 1,200,000
4 Utama 1,400,000

Kelengkapan Administrasi Tunjab Struktural/Fungsional

  • Srt Pernyataan Pelantikan (SPP)
  • Srt Pernyataan Melaksanakan Tugas (SPMT) Jab Struktural/Fungsional.
  • Surat Pernyataan masih menduduki Jab (SPMT) Struktural/Fungsional.
  • Srt Keputusan Inpassing.
  • Foto copy SK kenaikan pangkat terakhr
  • Foto copy ijazah terakhir
  • Foto copy DP-3 tahun terakhir

4. Tunjangan Umum
Untuk PNS yang tidak mendapatkan tunjangan struktural maupun fungsional berhak akan tunjangan umum yg besarnya sbb:

No Gol Tunjangan
1 IV 195,000
2 III 185,000
3 II 180,000
4 I 175,000

5. Tunjangan Khusus Papua

Tunjangan Khusus Papua diberikan kepada PNS,Hakim, Anggota TNI/Polri termasuk calon Pegawai Negeri Sipil yang bekerja/bertugas pada daerah Provinsi Papua. Tunjangan ini diatur dalam Keputusan Presiden RI No. 68 Tahun 2002 tanggal 31 Agustus 2002.

Besaran Tunjangan Khusus Papua dapat dilihat disini.

6. Tunjangan Risiko

Tunjangan yang diberikan kepada pegawai negeri yang diangkat dan ditugaskan secara penuh di K/L sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan sebagai bentuk kompensasi atas risiko bahaya keselamatan dan kesehatan dalam melaksanakan tugasnya.

Jenis-jenis tunjangan kompensasi kerja antara lain  Tunjangan Bahaya Radiasi bagi PNS di lingkungan BPTN, Tunjangan Bahaya Radiasi bagi Pekerja Radiasi, Tunjangan Resiko Bahaya Keselamatan dan Kesehatan dalam Penyelenggaraan Permasyarakatan, Tunjangan Pengamanan Persandian, Tunjangan Resiko Bahaya Keselamatan dan Kesehatan dalam Penyelenggaraan Pencarian dan Pertolongan bagi Pegawai Negeri di Lingkungan Badan SAR Nasional, Tunjangan Pengelola Arsip Statis bagi PNS di lingkungan Arsip Nasional RI dan tunjangan lain yang sejenis dengan tunjangan kompensasi/bahaya yang ditetapkan dengan peraturan perundang-undangan.

Lebih lengkap mengenai tunjangan risiko dapat dilihat di sini.

Leave a Reply

467 Comments on "Tabel Tunjangan PNS"


Sort by:   newest | oldest
bewox
6 years 3 months ago

Mohon Ijin pencerahanya Pak’.. Kalau kita Suadah mendapat Tunjangan Renumerasi apakah kita masih bisa dapat Tunjangan2 lainnya Contoh seperti diatas.. sebab pernah saya dengar kl sudah mendapat Tunjangan Renumerasi tidak boleh mendapat Tunjangan lainnya..
Kl Benar apakah termasuk tunjangan anak Istri..
Thx..

ari
1 month 19 days ago

apakah guru sertifikasi yang bernaung di bawah yayasan atau sekolah swasta akan hilang tunjangan jika diangkat jadi pns. terima kasih

6 years 3 months ago

@bewox:
masih terima, krn memang tidak ada peraturannya

teenee
5 years 1 month ago

mas punten mau tanya, katanya berita2, dengan dicanangkannya reformasi birokrasi dan akan disetujuinya RUU kepegawaian atau RUU ASN, maka akan ditiadakan istilah PNS Pemda dan PNS pusat, semua akan dibawah pemerintah pusat. jadi yang ada adalah istilah PNS/ASN (Aparatur Sipil Negara) yang ditempatkan di kantor2 pusat dan PNS / ASN yg ditempatkan di daerah. betulkah itu mas?? karena saya sebagai guru di daerah miskin yang kepala daerahnya sangat sewenang-wenang (kabupaten lebak), merasa bahwa kepala daerah/ bupati dan kroninya sangat sewenang2 mempermainkan pegawai karena kekuasaan mereka sbg pembina tertinggi kepegawaian pemda. memutasi seenaknya karena like n dislike, menurunkan pangkat, memberi jabatan kpd yg tdk kompeten yg penting kroninya dsb dsb. betulkah itu mas,nanti tidak akan ada lg PNS pusat dan PNS pemda. dan semuanya nanti ditanggung APBN, bukan PAD/APBD lagi?? makasih

yuni
6 years 1 month ago

apa bedanya antara remunerasi dan Tambahan Penghasilan Pegawai?

DANIEL
6 years 1 month ago

apakah tahun 2010 ada kenaikan tunjangan jabatan struktural ? tks

elis kusdinar
6 years 28 days ago

asswrwb,saya guru slb saya mendapat insentif berbasis kinerja sebesar 4.250.000 belum potong pajak(Gol 4 a)apakah kami berhak dapat remunerasi juga?atau seperti canda tmn tmn dlm sms “yen ana duite?”…
trims,maaf saya cuma bertanya,dan kapan realisasinya?

wassalam

6 years 12 days ago

tergantung instansi tempat naungan anda Pemda DKI, Pemda lain atau Depdiknas. utk guru hanya DKI saja yg baru beri remunerasi.

gawan
5 years 4 months ago

anda itu kan guru sudah dapat sertifikasi kokmasih kurang kerja anda paling-paling dr jam 07.00 s/d 14.00 banyak liburnya lagi selaian itu masih ngibuli para murid kalau gak les ditempat anda nilainya akan dijatuhkan terpaksaakhirnya ikugt les shg makin besra saja uang yang anda kantongi malu dong ngiri sama mereka yang dapat remunerasisoalnya kerja mereka benar-benar 24 jam gak ada libur,capekdeh

5 years 4 months ago

ckckkckck… sabar om, guru adalah profesi mulia, hargailah seorang guru, tanpa guru hancurlah negeri ini.. taik kau gawan

paijo
5 years 3 months ago

MEMANG GURU PROFESI MULIA TAPI KITA SEKOLAH KAN BAYAR GAK GRATIS BOS

dimazgogon
4 years 5 days ago

Salam sejahtera

Menurut saya memang Guru bisa dikatakan sebagai pekerjaan mulia, tetapi apakah sudah bisa menjadikan anak didiknya pandai? Dimana letak kekurangannya….?

Ini satu pengalaman yg kurasakan dalam diri anak saya. Murid akan pandai jikalau murid suka dengan sang guru tersebut. Kalau nggak suka apakah guru sendiri sudah optimal dalam pendekatan dengan murid? Belum jawabnya….

Saya menghargai profesi guru, tetapi rubah cara mengajarnya, agar murid tidak benci justru berbalik sebagai sahabat..

miuski
5 years 2 months ago

Profesinya memang mulia, tp memegang profesinya itu tukang ngibulin murid, sy setuju kalo sekolah itu emang ngga gratis, sesuai saja dgn apa yg dibayar itulah yg diterima, kalo ngga bayar spp kan ga bisa ikut ujian, betul kan boss?

ganevo
5 years 1 month ago

Cpa bilang tanpa guru negara hancur? Nenekku z gak sekolah tp bisa baca, itung duit dan bisa ngajar pd zaman VOC sekolah rakyat. Kata Nenekku; guru itu mulia tapi gurux banyak yang tau menuntut hakx sementara kewajibanx gak ada yang beres taux jadi “TUTUT” Alias Tukang tuntut (D E M O)

ganevo
5 years 1 month ago

Cpa bilang tanpa guru negara hancur? Nenekq z g’ sekolah, tapi bisa baca, bisa itung duit, bisa mengajar pd zaman VOC di sekolah rakyat (MULO) dan bisa mengusir penjajah dari negeri ini. Guru itu adalah Pahlawan tanpa tanda Jasa dan tidak mengenal PAMRIH Itu dulu tapi skrg guru adalah “T U T U T” alias Tukang Tuntut (PENDEMO) emang bukan bapakq yang gaji guru tapi bapakq bayar SPP yang dipakai pemerintah bayar gaji guru. kalau g’ mau jadi guru yang punya gaji pokok + Insentif + serifikasi dan tunjangan lainnya. jadi GAYUS T. “gtu z repot! jadi guru kok rakus.

5 years 19 days ago

@miuski: betul,betul,betul.
Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita bahwa memberikan ilmu yang baik adalah dakwah. Akan tetapi, sebagai guru untuk saat ini di Indonesia hampir 99% tidak memiliki sikap dan sauritauladan sebagai guru. Melainkan membiarkan ilmu yang dimiliki untuk kelaknatan dirinya di dunia ……

jhoni
3 years 8 months ago

Kalau boleh bilang guru itu adalah pegawai yang menurut Mas iwan fals di analogikan Pak Oumar Bakri yang naik sepeda, tapi sekarang kan buakan naik sepeda lagi yahh Sekarang Laju Mobil Avansa dan sejesisnya , kenapa masi mengeluh malu dong dengan PNS yang tanpa remunerasi dan tampa tunjangan lain2 tapi masih mengabdi pada negara

5 years 3 months ago

Untuk guru itu, remunerasinya ya sertifikasi.
menurut saya layak lah.. 😀

donS
5 years 22 days ago

gan..tanya..!! mang disekolah rakyat dulu yang ngajar SETAN ya..?? bukan guru..??
heheheee…

Dhadhi Aura
5 years 2 months ago

You kok sinis sekali sama guru, ingat you jg bisa bgini skarang dikit banyak karena guru liat to cuma indon yg gaji gurunya paling kecil, you liat jg tu gayus meskipun udah di remunerasi tapi tetap jg korup and you mesti tau uang les tu gak cukup buat bayar waktu dan tanggung jwb seorang guru malah menurut saya mestinya yg paling tinggi gajinya adalah guru karena orang tidak akan bisa jadi apa-apa tanpa polesan guru.

5 years 2 months ago

yang sinis n menghina guru itu murid murtad, memang dia pinter atau pandai karena syetan ? coba klw anda orang yang bijak berilah penjelasan yang benar ! bukan malah ngatain guru ngibulin murid segala. emang bapak lu yang gaji para guru/

donS
5 years 22 days ago

bener banget tuh gan..!! dia orang jelek2kin guru begitu bencinnya..!!
dia bisa ngomong aja gara2 diajarin sama guru,emak lo, bapak lo termasuk guru lo juga.. ngajarin lo biar jadi orang baik, bukan jadi orang munafik!!

5 years 1 month ago

Mr Gawan janganlah melihat brp lama pakai seragam dikantor tp sdh berbuat apa dikanntor ?…., coba sampean ngajar…(fisika/kimia/bio/Mat dll)guru lbr bgmna ? kerja/target jelas ada evaluasi/pengawas & sertifikasi nggak sederhana rumit bin rumit. kerja pakai kurikulum lbr sdh terjadwal kalo guru ngilang muride kelayapan coba itu kalo non guru ngilang nggak ada yg nyari… sampean pernah sekolah nggak ?!

pak guru
5 years 4 days ago

Ngomong ra aturan kowe….

pak guru
5 years 4 days ago

wan…gawan…ngiri ama guru lu yee…kagak pernah skolah dasar emg ni…

4 years 2 months ago

tapi bener to pak guru, mosok pak guru pemarah, sabar pak beda pendapat itu biasa jangan ngatain ndak pernah sekolah dasar, nah lo guru masak begitu ckckckckckc….malu pak

Ahmad Syarpawi
4 years 11 months ago

Anda termasuk orang yang tidak ingin guru itu lebih sejahtera, dan Anda beruntung tidak jadi guru sehingga tidak merasakan bagaimana jadi guru seperti saudaramu yang jadi guru sekarang terutama di daerah terpencil, semoga tuhan mengampuni anda

nam
1 year 6 months ago

Ya semoga yg menghina guru ilmunya bsa barokah, waktu bom atom jepang saja yg dtnya berapa guru yg tersisa bukan brpa pgwai kantor ataupun tentara. Miris lihat gru fbilang penipu atau apa. Masih bnyak guru yg bs buat panutan. Profesi jngan smakan sama oknum. Negara tetangga aja sangat menghormati guru dan buktinya mnjadi negra yg maju, tp negara kita?? Ada yg menjelk2an guru. Kebangetan

pns umum
4 years 11 months ago

Saya heran, banyak guru yg sudah dapat tunjangan profesi 1 kali gaji, tunjangan fungsional dan lainnya, masih saja kurang. Lihat pns umum lainnya, gaji pas-pasan, tunjangan hanya tunjangan umum. Yg namanya uang, mau ditambah berapapun terasa kurang, kecuali bagi yg mau bersyukur.

hendrik
6 years 27 days ago

mengapa Pegawai di Depdagri gak dapat Remunerasi ya teruttama peg pemkot/pemkab.apa mereka tidak dianggap PNS koq diskriminatif

Helmi
5 years 5 months ago

Semua tergantung usulan instansi masing-masing… tidak ada diskriminasi menurut saya karena tugas pokok dan fungsinya tidak sama seperti bendaharawan dan staff cleaning service, sama-sama pegawai tapi tunjangannya beda, padahal cleaning service kerjaannya full dari pagi sampe sore bersih-bersih terus, belom disuruh ini-itu, dibanding bendaharawan gak mungkin tiap hari full dari pagi sampe sore ngitungin duit terus, betul gak?

anang
5 years 4 months ago

Kesejateraan pegawai pusat dan dan pegawai daerah memang seperti langit dan bumi. Memang susah jadi peg daerah. Pegawai daerah tidak mendapat Uang Lauk Pauk. Kesejahteraan cuma 100 rb masih dipotong pph. Jadi terima rutin per bulan cuma gaji pokok saja. Sebaiknya semua pegawai daerah dijadikan satu dan dijadikan PNS pusat saja. Dan urusan kepegawaian diurusi oleh pusat saja. Dengan demikian kesejahteraannya sama,tidak ada perbedaan pns pusat dan daerah, toh beban kerja mereka sama, status sama. Nah tinggal daerah yang PAD nya besar mau ngasih tambahan kesra…itu terserah daerah masing2. Buat PEJABAT yang diatas sana, tolong renungkan ini dengan HATI NURANI, janganlah negeri ini dikotak-kotak, dibeda-bedakan, kasihan yang PNS daerah. Uang Lauk Pauk saja sampai sekarang tidak menerima, apalagi remunerasi bagi DEPDAGRI, Allah hu Alam. Malah menambah stres, kecemburuan dan menghilangkan semangat kerja.

budi
5 years 3 months ago

Di Indramayu yang penghasil minyak,para PNS nya dapat tunda {tunjagan daerah] dirata2 mendapat Rp250ribu/bulan,dipotong Rp50ribu buat kadedeh waktu pensiun katanya dan dipotong pajak 15% buat gol.III keatas, jadi total dapat Rp162,5ribu sampai Rp200ribu [bagi gol.Idan II] dipukul rata bagi PNSyang tak menduduki jabatan struktural.
yang sangat saya sayangkan koq tidak melihat golongan? Nah kalau PNS daerah seperti kata Menkeu,bahwa pusat tak mau mengakomodir, bisa dipastikan para PNS nom struktural akan dikerjai oleh bupati,untuk menerima seperti yang seperti itu lagi.bandingkan degan tunjangan kinerja daerah DKI yang mendapat Rp2,9 juta/bulan?
mohon dipantau kebijakan2 yang tampaknya memberangus kesejahteraan kami para PNS di Indramayu.

indra
5 years 3 months ago

yg namanya birokrasi itu dr pusat sampe daerah,,pusat yg membuat kebijakan dan daerah yg melaksanakan,,jdi bersinergi..kalo salah satu pincang..ya rusaklah birokrasi kita,,jgn heran kalo negara kita seperti ini,,ga jelas siapa yg jadi pemimpin dinegeri ini..bayangin kalo investor didaerah pada lari krn didaerah birokr jelek ato ada kerusuhan,,yg rugi pasti pem pusat juga tho,,cuma apa ini didgr oleh pengambil kbijakan dipusat??sya tdk tau..

nazarudin
5 years 1 month ago

giliran liat remunerasi pengennya jadi PNS pusat, tapi giliran ditanya siap gak dimutasi ke seluruh wilayah indonesia, pengennya jadi pegawai daerah. kalo saya perhatikan PEMDA2 jauh lebih enak dibandingkan pusat dalam hal jabatan, kantor yang beban kerjanya sama atau mungkin dibawah beban kerja instansi pusat (misal disdukcapil kabupaten dengan KPP) tapi kepalanya ess II sementara kepala KPP ess III. tidak semua daerah juga pegawainya berpenghasilan rendah, misalnya Kutai Kertanegara, DKI, Sumsel dsb. jadi jangan mau enaknya sajalah, sesuaikan dengan kinerja kita masing2 dan di unit mana tempat kita bekerja.

periz
5 years 1 month ago

tenang saja bro,, semua akan di remu koq,, akan tetapi masih butuh proses baik dr segi laporan keuangan masing2 Pemrop/Pemda,,

Ghofar
4 years 3 months ago

iya tuch, apalagi yang namanya Dosen PNS, sudah dapat sertifikasi, tunjangan fungsional, dapat penelitian lagi yang sangat besar, apakah remunerasi juga harus dapat………. kasihan yang PNSnya di Kemendikbudnya, hanya melongo saja! sudah gajinya kecil, tapi dosen makin kaya saja, rata-rata dosen yang baru-baru udah mobilan
hasil penelitian lagi

Ardian
6 years 24 days ago

Pak, tanya?
Kalo Kemenhut kira2 ada remunerasi ga ya?
Thn kpan mungkin?hehe..

6 years 12 days ago

@ hendrik & ardian:
sesuai roadmap Reformasi Birokrasi tahun 2011 semua K/L selesai, pelaksanaannya bisa saja mundur lagi tergantung situasi spt penilaian dari Tim RB, persetujuan DPR dll.

Wawan Bantahari
6 years 18 days ago

pak kpan remunerasi kejaksaan yg dikabarkan juni 2010 mndatang ap bnar,,..?

6 years 12 days ago

kejaksaan satu paket dengan Polri/TNI, dari berita rencana memang Juni, cuma realisasinya bisa tdk sesuai. Tunggu saja fakta-nya

tunjangan guru lebih bermanfaat daripada pns depkeu, guru bekerja dengan tulus mencerdaskan anak bangsa.

Andi
5 years 7 months ago

kalau yg komen pns depkop, pasti tunjangan lebih bermanfaat bagi depkop karena depkop bekerja untuk rakyat keciiiiiil dan kurang mampu

Arif
5 years 5 months ago

soal siapa yg lebih pantas mendapat tunjangan, itu memang subyektif.. semua pegawai pasti membela instansinya masing2..

dogol gembler
5 years 4 months ago

JGN MENHARAPKAN APA YG BSA DIBERIKAN OLEH NEGARA KEPADA KITA…NAMUN PIKIRKAN LAH APA YG BSA KITA BERIKAN KEPADA NEGARA INDONESIA TERCINTA,,,,,,,,,,TU KLO DI NEGARA YG MAJU SONO. GMN KITA MAU MAJU NGAREP MULU TPI KERJA SEMRAUTTTT….GAK DI ATAS GAK DI BAWAH SAMA AJA TAU NYA MENGOLAH SMUA APA YG BSA DIOLAH. AMPE PULAU NYA SENDIRI DI RAMPAS ORANG GAK BSA DI JAGA KAN OON TU,,,PAYAH,

5 years 3 months ago

Menjalankan tidak semudah mengatakan
Konsekuen dalam satunya kata dan perbuatan harus diwujudkan.
ikhlas menjalankan dan menerima adalah sikap yang terbaik.
Yakinlah Tuhan tak pernah salah menilai pengabdian hambanya.
kaya miskin bukanlah ukuran bahagia.
Tetaplah dijalan lurus yang ditunjuki Tuhan, pasti selamat serta bahagia dunia akhirat.
Tidak percaya ? buktikan…
Mohon maaf… selamat menjalankan tugas…

Jibril
5 years 4 months ago

Saya setuju dg pendapat Bapak, karena kerja dg tulus utk mencerdaskan anak bangsa ! Kalo gitu jangan protes kalo nilai KELULUSAN UAN dinaikkan dan kebanyakan anak2 pinter bukan HANYA dari sekolah tapi KEBANYAKAN dari kursus, les2an ! Gak percaya ? Buktinya, saat ini apa ada anak pinter tanpa ikut les ? Mulai dari TK saja sudah banyak yg di-les-kan oleh orangtuanya ! Oleh karena itu jangan suka klaim, jadi PNS YANG PALING BANYAK JASANYA, menurut saya diantara PNS itu tak ada yg lebih tinggi derajatnya, semua sama, hakekatnya hanya sebatas CARI UANG UNTUK MAKAN ANAK DAN ISTERI ! Pengabdian ? Bohong, kalo mengabdi kenapa gajian terlambat semua pada teriak-teriak ! Ini hanya masalah penempatan, ada di Diknas, Depdagri, dll

Garuda Indonesia
5 years 4 months ago

itu mah dah profesi pak,,,,, tp guru gak profesional murid ditinggal kasih catatan belajar sendiri , gurunya nyambi di Swasta,,,,koq masih ngiri dah dapet sertifikasi masih kurang to,,,,, ntar muntah” lho,,,

5 years 4 months ago

oknum kali, jangan fitnah

5 years 2 months ago

mas klw ngomong jgn pake dengkul. di enggo otake ku ! ono polone ora sih ? itu tergantung pribadinya masing-masing. jgn mengklaim guru. Kuwalat lu tau rasa.

kebijakansosial
6 years 12 days ago

blog yang bagus, izin saya pasang link di blogku yach

6 years 12 days ago

makasih mas, silahkan saja

Fajar
6 years 11 days ago

Mas kalau dinas pelayanan pajak dapet remunerasi ga??kan termasuk pajak juga.apa cuma pegawai dirjen pajak dan KPP saja yg dapet remunerasi??kalau bisa bls ke email sy saja

6 years 9 days ago

Mohon ijin sekaligus mohon petunjuk pak, apakah benar dan pasti bahwa remunerasi pns tni/polri akan diterima nanti bulan juni 2010? terima kasih sebelumnya.

6 years 8 days ago

Rencana pemberian remunerasi di Polri memang banyak menjadi perhatian, yg pertama pas hari Bhayangkara 1 Juli 2009, kedua diberikan awal th 2010. Faktanya sampai sekarang blm terlaksana. Sebenarnya sdh ada anggaran utk TA 2010, dan tim RB juga sdh oke tinggal menunggu pembicaraan DPR dan Depkeu utk direalisasikan. Masalahnya isu remunerasi sekarang menjadi isu sensitif sejak ada kasus Gayus. Apa terlaksana Juni… tunggu saja :)

fajar
6 years 8 days ago

saya belum kerja mas agus.tp lagi nggu SK.lama banget ya.temen saya ud ada yg kluar SKna.katanya sih bertahap.kn mas bilang “tergantung instansinya.klo dibawah Depkeu dapet tp klo instansi seperti Pemda hanya DKI yg dapet remunerasi”.tolong dijelaskan karena saya agak bingung.DIPENDA itu dibawah instansi apa??bales ke email saya aja.thx

6 years 7 days ago

Maksudnya kebijakan remunerasi tidak semua PNS dapat, hanya instansi tertentu (BPK, Depkeu, MA, Setneg) dan Pemda DKI yg sdh melaksanakan remunerasi. Jadi utk dpt remunerasi K/L harus melalui proses tertentu dan sbg tambahan Pemda juga tergantung PAD-nya.
Fajar sudah PNS 100 % belum ? Lebih diperjelas lagi Dipenda daerah mana?

adibest
6 years 7 days ago

mas tolong tanya keppni pusat kalau perawat dapat tunjangan profesi tidak?kira kira berapa puluh tahun lagi harkat dan jasa para tenaga kesehatan dihargai negara,kalau perawat indonesia yang jadi TKI dapat tunjangan sertifikasi dan remunerasi nggak ya?kasian dech loh

iqbal
6 years 6 days ago

selain TNI/Polri departemen lain dapat remunersi nggak

WASKITO
6 years 6 days ago

Apakah Kementerian Hukum dan Ham mendapatkan Remunerasi pada tahun 2010 ini? dan apakah besaran Remunerasi setiap kementrian /TNI/POLRI itu sama? mohon tanggapan, terima kasih..

Ega
6 years 6 days ago

mau nanya Pak, saya kerja di BPOM (termasuk LPND). Apakah bs ikut remunerasi? Sdh 2 tahun terakhir ini di kantor mempersiapkan hal2 yang berkaitan dgn reformasi birokrasi dan remunerasi. Tp secara de fakto bgmn? Apakah bs LPND ikut program tsb and kpn? Terimakasih

6 years 4 days ago

spt yg sdh dijelaskan, sesuai rencana semua K/L termasuk LPND tahun 2011 sdh selesai melaksanakan program Reformasi Birokrasi.

Djienho
5 years 11 months ago

mo nanya, ini tunjangan dasar hukumnya (PP,perpres,dll) no @ tgl brp?
Makasih

5 years 11 months ago

@djienho:
Jabatan Struktural: Perpres NO 26 s/d 29 Tahun 2007 tgl 19/6/2007
Jabatan Fungsional: Perpres No 29 s/d 75 Tahun 2007 tgl 28/6/2007
Tunjangan Umum: PP RI NO. 12 Tahun 2006 tgl 11/5/2006

LALU ARIES
5 years 11 months ago

mau nanya nih, klo bnr TNI/PORI akn dapat remunerasi, apakah PNS yg bernaung dibawah TNI/PORI jg akn dapat remunerasi?? tks.

5 years 11 months ago

Semua dapat baik PNS maupun anggota

abah arif
5 years 11 months ago

apakah guru dan dosen juga akan dapat remunerasi? Thx

5 years 11 months ago

Maaf mau ty saya seorang radiografer mndpat tnjangan bhaya radiasi(TBR),apa msh brhak mndpat tjangan fungsional jg.krn scra jbtan,radiografer/ahli rontgen adlah fungsional.

5 years 11 months ago

menurut PP No 54 tahun 2007 radiografer adalah jabatan fungsional, tapi ada aturan yg prinsipnya menyatakan tdk boleh ada rangkap tunjangan fungsional

5 years 11 months ago

Saya heran kenapa,kita sama2 PNS.tp krn otonomi,trdapat ksenjangan pndapatan antara PNS Pusat dg Daerah.pdhal kt smua PNS krja sbg pgawai pmerintah.tiap aturan/keptusan dr pusat blm tntu daerah mlaksanakan.krn trbntur PAD.Apa selamanya spt ini?hal spt ni yg kdang jd polemik di daerah.

5 years 11 months ago

kacian deh loe PNS………. medingan kita jadi gayus aja kali ya…….

5 years 2 months ago

silahkan aja lu jadi gayus, jadi siluman ke mau jd bangke juga ga ada yang larang . orang model lu itu bagusnya dibina……….. dl .biar ga ngejalar.

teenee
5 years 1 month ago

yang seharusnya dibina siapa? gajah di depan mata ga keliatan ya. pake bahasa yang bener..

baharuddin
5 years 11 months ago

mau tanya mas, kami guru-guru pns dibawa naugan departemen agama bekerja di daerah,guru-guru pns dibawah naungan pemkot mereka sudah mendapat remunerasi,sementara kami guru-guru dibawah naungan depag tidak diberikan remunerasi,tolong diberikan jawaban apakan guru-guru dibawah naungan depag nanti juga ada remunerasi.????? terima kasih jawabannya.

5 years 11 months ago

Reformasi Birokrasi mencakup semua K/L dan Pemda yang ada di negeri ini, memang membutuhkan proses waktu, yg penting ada komitmen kuat dari Pemerintah dan DPR utk melanjutkan program ini.

5 years 11 months ago

mau nanya pak. saya pns daerah upt pusat depkes,lagi tugas belajar di luar propinsi lain. apa saya dapat tunjangan renumerasi??

thom
5 years 11 months ago

Permisi, saya mau tanya klo Kementerian pendidikan nasional kpn yah remunerasinya? Terima kasih:)

Wirro Suwondo
5 years 11 months ago

Kasihan guru yg blm sertifikasi…….setiap kali cuma menelan ludah melihat teman2 guru yg sdh sertifikasi dan PNS lain yg dpt remunerasi……seakan dunia tak adil….apalah dayaku melihat semua itu,hanya gerutu smg tdk menjadi kutu.

Wirro Suwondo
5 years 11 months ago

Mau mengadu kpd siapa? Umar Bakri….jadi guru jujur berbakti memang makan hati.

Wirro Suwondo
5 years 11 months ago

Apakah hanya bangga muridnya skrg menjadi anggota DPR,Mentri bahkan Presiden….sedang menyekolahkan anaku sendiri perjuangannya 1/2 mati.

zein zainah zh
5 years 3 months ago

Setuju pak,pengen nguliahin anak biayanya selangit,kapan nih PGRI bergerak biar anak anak guru bisa jadi anak kuliahan juga

Sunarto
5 years 11 months ago

Kenapa ya pak koq tunjangan keluarga untuk anak hanya 2% dari gaji pokok? padahal kebutuhan anak malahan (mungkin)lebih besar dari tunjangan keluraga untuk suami/istri. apakah dari pemerintah tidak ada wacana untuk merubah peraturan tersebut yang berkaitan dengan tunjangan keluarga khususnya untuk tunjangan anak!

sisi
5 years 10 months ago

setuju……
pertanyaan saya dengan beliau
mohon tanggapannya

Wawan Bantahari
5 years 11 months ago

izin pak, klw kejksaan, polri kapan remunerasinya ataupaling tidak 2010 ini sudah bs direalisasikan,,… ap ad ciri2nya… trims

ajiraga
5 years 10 months ago

mau tanya ni..
ibu saya pegawai departemen pertanian..
kmrn ada pngarahan dr pusat & pembuatan rkening di BRI untuk remunerasi DEPTAN tahun 2011..
apa benar yaa?
trimakasih..

5 years 10 months ago

sesuai rencana dan progress memang begitu..

ajiraga
5 years 10 months ago

waaah, sukur laah..
muadah2an jadii..

ajiraga
5 years 10 months ago

waaah, sukur laah..
mudah2an jadii..

5 years 10 months ago

Mau nanya nih…
Apa fungsional guru termasuk Fungsional profesi sehingga tunjangannya termasuk pada tabel diatas? Terimakasih atas jawabannya.

5 years 10 months ago

Tunjangan yg diatas lain dg tunjangan profesi, tunjangan profesi 1 kali gaji. Tapi tunjangan profesi tidak menggugurkan tunjangan2 di atas (tergantung SK-nya)

5 years 2 months ago

Sama ni pertanyaan saya dengan anda. Mungkin PPJG itu pak?

Ainur
5 years 10 months ago

Mau nanya pak.Saya PNS tenaga kesehatan dari D III analis kesehatan yg skg menduduki jab. Fungsional pelaksana.Yg mau saya tanyakan,bisakah beralih dari jab.Fungsional terampil ke fungsional ahli ?Klo bs,mekanismenya bgmn? Terima kasih atas jawaban bapak.

5 years 10 months ago

Secara umum kenaikan dari fungsional ke ahli ada 3 aspek yg dinilai:
1. Masa kerja harus mencapai waktu tertentu
2. Pencapaian angka kredit telah memenuhi untuk kenaikan ke yang lebih tinggi. Angka kredit ditentukan oleh pejabat yang berwenang.
3. Setiap unsur penilaian DP-3 sekurang2nya bernilai baik.

Ainur dapat mencari tahu peraturan tsb di bagian kepegawaian, pasti ada.

5 years 10 months ago

Izin bertanya pak..sy dr pns daerah kab lebak prop banten, apakah dr pns d dapat remun..? Dan kami d daerah tdk dapat uang mkn spt pns pusat..kenapa pak..? Apakah tunjangan daerah dan pusat tdk sama..?

5 years 4 months ago

hehehe sama ya ya padahal beban kerja berat,dituntut harus gini harus gitu pada akhirnya kayak kgak ada keadilan ya…apa sih perbedaannya PNS Pusatdan Daerah padahal kalu melihat kerja bahkan kami di daerah lebih diberi beban karena katanya ini buat Daerah yang intinya negara juga kan kalau kagak ada daerah tentunya kagak ada Negara justru dari pajak Daerah itu yang untuk pembangunan Negara secara keseluruhan di lihat dari segala aspek….

rizal
5 years 10 months ago

kapan dana remunerasi pegawai pns hankam diberikan ?

rizal
5 years 10 months ago

apakah pns hankam mendapat remunerasi?
kalau iya kapan dana itu diberikan?

syaheera
5 years 10 months ago

izin tanya pak…
yang sy dengar remunerasi TNI/POLRI akan cair bulan juli? apakah benar begitu?? apakah sudah pasti??
saya juga seorang pns daerah…BAPPENAS di jakarta akan segera mendapatkan remunerasi..bagaimana dgn pegawai BAPPEDA..apakah juga mendapat remunerasi..?? trims..

5 years 10 months ago

Seperti yang sdh saya bahas, bahwa pencairan remunerasi tergantung dari persetujuan definitif DPR. Itu juga kalau penilaian tim RB sudah oke. Sampai saat ini blm ada persetujuan DPR utk K/L prioritas spt TNI/Polri, Menhan sendiri hari Senin 14/06 mengatakan remunerasi diperkirakan baru dilaksanakan tahun depan (sumber)

ani
5 years 10 months ago

hiks…sedihnya…remunerasi mundur lagi…

ahsya
5 years 10 months ago

mau nanya, kalau kementrian agama dapat remunerasi ga? semua PNS atw jabatan tertentu saja? trim’S

5 years 10 months ago

Sesuai Road Map, semua K/L akan melaksanakan reformasi birokrasi dan remunerasi mencakup semua PNS bukan hanya jabatan tertentu saja.

5 years 10 months ago

Tolong pak, remunerasi untuk PNS TNI jangan diundur kalau bisa secepatnya diberikan, karna kami sangat membutuhan sekali untuk membiayai anak-anak kami ke perguruan tinggi agar mereka pendidikannya lebih tinggi dari orang tuannya.

5 years 10 months ago

perlu bapak ketahui gaji kami sudah habis dipotong oleh bank bekas pinjam untuk membeli rumah, bahkan rumah yang kami tempati sudah dijual, uangnya untuk biaya sekolah dan kuliah anak, jadi saya mohon kepada bapak-bapak DPR agar secepatnya dan Remunerasi untuk PNS TNI diberikan/dicairkan.

PNS LPND
5 years 10 months ago

mohon maaf saya mau bertanya….selain tunjangan tersebut diatas, saya mendengar bahwa ada K/L yang juga mendapatkan tunjangan kesra/tunjangan kesehatan….apa itu betul ?????? selama ini di lembaga kami cuma menerima tunjangan seperti yg tersebut diatas, dan saya sebagai pelaksana, hanya mendapatkan tunjangan umum saja sebesar Rp. 185 rb, dan itu pun habis dipotong untuk taspen dan koperasi….

5 years 10 months ago

Utk PNS Pemda tunjangan kesra atau apapun namanya memang diperbolehkan krn ada dasar hukumnya yaitu Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 tahun 2006, utk PNS Pusat penambahan tunjangan di luar tunjangan umum, struktural/fungsional harus prosedural (mis: hrs persetujuan DPR)

5 years 10 months ago

Pak, Saya mau tanya masalah tunjangan fungsional untuk pustakawan memang sudah naek sejak kapan, karena saya pustakawan yang jabatan nya tingkat penyelia tunjangan nya masih Rp.350 rb per bulan, padahal dalam tabel ini sudah Rp.500.000,- per bulan harus nanya siapa ya?? terima kasih.

trisnojh
5 years 10 months ago

tolong kasih tau alamat nya untuk informasi gtt, karna istri saya udah lama jadi gtt dan umurnya udah 36 th . apa kira-kira ada harapan untuk diangkat menjadi pns? trimakasih atas infonya

Jauhari
5 years 10 months ago

Mhn izin bertanya pak..apakah tunjangan pusat dan daerah beda pak..? Padahal tugas dan fungsi kerjanya sama.

5 years 10 months ago

selamat sore,, sy mau tanya, untuk tunjangan profesi tersebut di atas apakah yang dimaksud seperti profesi dokter/apoteker yang beerja sebagai PNS? berarti mereka akan mendapatkan 2 tunjangan: fungsional dan profesi, apakah seperti itu? kemudian, apa saja persyaratan agar mendapatkan tunjangan profesi? terimakasih, semoga gaji PNS akan lebih baik (sesuai) dan adil lagi kedepannya..

tini
5 years 9 months ago

mas mau tanya. maksud reformasi birokrasi itu apakah remunerasi? kalau birokrasi kan berarti strukturnya? terus kalau remunerasi apakah ada sistem rapel? dan apa ada kemungkinan remunerasi dibatalkan? terkait kasus gayus. terus terang di tempat saya sudah sejak dua tahun ini dipersiapkan. termasuk jam kerja yang sudah ketat dan sebagainya. Padahal resiko kerja saya termasuk tinggi (karena bekerja di lab melakukan pengujian). Jadi saya sangat berharap bahwa remunerasi akan terjadi selambat2nya 2011.

5 years 9 months ago

@mbak Tini:
Remunerasi merupakan bagian dari tahapan reformasi birokrasi (RB). Dlm tahapan RB remunerasi sbg bentuk penghargaan atau reward atas terjadinya Reformasi Birokrasi di suatu Kementerian/Lembaga.
Apakah ada sistem rapel?
Tergantung TMT penandatanganan Perpresm, misal TMT Januari 2010 tapi penandatangan Maret maka berlaku surut alias rapelan (spt MA dan Setneg)
Apakah remunerasi bisa dibatalkan?
Segala kemungkinan selalu ada, tapi saya meyakinkan hanya penundaan saja.
Maksih

lombok
5 years 9 months ago

pak mau nanya; kemenag kapan ya dpt remunerasix?

kang jen
4 years 11 months ago

lombok,nanti kalau uangnya ada ya.berharaplah
dengan cemas

acep
5 years 9 months ago

sekedar menyumbangkan saran: tolong untuk remunerasi antar lembaga/kementerian dan pemerintah daerah jangan ada perbedaan yang mencolok.karena itu akan menimbulkan kecemburuan.jangan hanya 12 kementerian/lembaga saja yang mendapat besaran remunerasi yang wah…tapi perhatikan departemen dan pemda.contoh:masa sih penghasilan bersih seorang polisi berpangkat bripda dengan masa kerja o tahun lebih besar dari pns golongan III dengan masa kerja yang sudah lama.

zin
5 years 9 months ago

kalau pemda sangat bermimpi untuk renumerasi ,
harus persetujuan kesana kemari,
mungkin masih 50 th setelah kementrian …
ya beginilah diskriminasi …

mbokne
5 years 9 months ago

Mau nanya pak.. yang dimaksud tunjangan umum untuk gol III 185.000 apa TKK itu, Pak? Kok di tempat saya cuma 131.000(dah pajak).atau ada tunjangan lain?

5 years 9 months ago

Tunjangan sebesar 185.000 mrpkn tunjangan umum bagi PNS yang tidak mendapat tunjangan struktural maupun fungsional. Jadi jk sudah ada tunjangan struktural/fungsional maka tunjangan umum hapus. Di slip gaji pasti dicantumkan tunjangan/potongan. Jika anda PNS Pemda mungkin ada tunjangan lain, tq

juraidah
5 years 8 months ago

mudah2an remunerasi TNI?polro terealisasi secepatnya,kasian TNI banyak yang belum punya rumah..bahkan sapai anak mereka SMA…

heri
5 years 8 months ago

PNS fungsional di rumah sakit umum daerah mendapat tambahan penghasilan yaitu jasa pelayan , apakah pns yg sdh mendapat uang jasa pelayanan berhak untuk mendapatkan uang lembur? tolong informasinya

hanik
5 years 8 months ago

Mo tanya jg ya mas, sy PNS Kantor Kemenag Kab Ponorogo, terus terang belum paham eselon dll, dulu jg pernah isi Questioner yg diedarkan di kantor sy utk persiapan remunerasi, Nah sesuai bidang yg sya kerjakan saya termasuk JFU Penganalis, dengan masa kerja 5 thn, Gol III B, setelah remunerasi nanti kira2 berapa gaji sy? Dan saat ini saya mutasi di lain posisi, penetapan remun nantinya gmn? berdasarkan job terkhir? Thks atas penjelasannya…

5 years 8 months ago

Tergantung grading , grade berdasarkan bobot jabatan yg berarti juga posisi yg dipegangnya. Secara obyektif harus memperhitungkan golongan dan kualifikasi person tsb. Dlm grading remunerasi yg menjadi benchmark adalah Depkeu utk 27 grade serta Setneg utk 17 grade. Sayangnya utk Setneg saya blm mengetahaui range golongannya, sedang utk yg 27 grade spt Depkeu, dg gol dan kualifikasi yg dipunyai, Hanik dpt memperkirakan sendiri besarannya.

5 years 8 months ago

tolonglah pak pejabat cepat cairkan remunirasi, jangan hanya janji-janji saja, kalau Pemilu / kada okelah lo janji-janji, tapi ni uda jelas untuk kebutuhan pegawai pemerintah, ngapain mempermasalahkan beokrasi inilah itulah, toh rata2 semua biokrasi di indonesia tercinta ini hampir semua sama… kkn semua…?? tolonglah………………………………

lenita
5 years 8 months ago

Ass, berita yg saya peroleh hari ini bahwa remunerasi lingkup Deptan tidak jadi…mohon penjelasannya, trimakasih

herry
5 years 8 months ago

ass, sangat disayangkan sampai hari ini belom ada remunerasi utk dokter,padahal mereka termasuk yg mempertaruhkan nyawanya berhadapan langsung dg penyakit….
hoalaaaah,,,,piye pemerintah iki toh,,,

daud
5 years 8 months ago

kok cuma dokter.. mestinya semua tenaga kesehatan lainnya juga… kalau guru tiap hari demo masalah gaji /kesejahteraan/ pengangkatan pns … tenaga kesehatan ga pernah demo tuh.. masalahe latar belakang profesi beda-beda dan gak akur … kapan demo bareng-bareng nih

5 years 4 months ago

iya benar juga kalau semuanya PNS serentak demo bisa jadi berita utama di seluru mancanegara…..kapan ada keadilan yang sama padahal kalau mau cerita profesionalisme kerja pasti masing-banggakan instansi/kerjanya,betulkan…

zainal
5 years 8 months ago

Bagaimana dg tunjangan fungsional kep.sek..apa bakal ada perobahan..?

yulizar komala
5 years 8 months ago

Memperhatikan Keppres n0.87/99, psl 8, besarnya tunjangan jabatan fungsional keahlian adalah :
– jjg utama, setinggi-tingginya = tunjab struktural eselon Ia
– jjg madya, setinggi-tingginya = tunjab struktural eselon IIa
– jjg muda, setinggi-tingginya = tunjab struktural eselon IIIa
– jjg pertama, setinggi-tingginya = tunjab struktural eselon IVa
namun kenyataannya, yg diterima saat ini sesuai dengan PP 59/2007, jumlah tunjab fungsional bagi widyaiswara (widyaiswara masuk katagori fungsional ahli) yg diterima adalah :
– WI. Utama Rp. 1.400.000
– WI. Madya Rp. 1.000.000
– WI. Muda Rp. 700.000
– WI. Pertama Rp. 325.000
ya…. kalau dibandingkan, jangankan dengan jabatan yang setara, mis. Wi pertama~es IV; Wi muda ~ esIII; Wi madya ~ es II dan Wi utama ~ es I, ya…. masih jauh, dengan yang level dibawahnya saja masih berada dibawah ?????

Begitu pula untuk kelompok jabatan fungsional lainnya ….

Weleh …weleh ….weleh…. siapa ya yg mau memikirkan nasibmu ….

5 years 7 months ago

mohon maaf….mau nanya…apakah bendahara itu wajib diberikan tunjangan fungsional atau bagaiman pak…?karene wkt diklat katanya kita diwajibkan mendpt tunjangan fungsional…..untuk mendapatkan tunjangan fungsional itu caranya bagaimana….?

5 years 7 months ago

Bendahara mendapat tunjangan/honorarium berdasarkan pagu dana yg dikelolanya. Besaran yg diterima berdasarkan SBU (Standar Biaya Umum) yang dikeluarkan Menkeu, paling rendah dg pagu s/d 100 juta, tunjangannya Rp 245.000 dst.
Jika SK penempatan/jabatan sebagai bendahara maka berhak atas tunjangan tersebut.

Fandi
5 years 7 months ago

untuk tunjangan dan remunerasi tersebut kapan di laksanakan ya…
Saya seorang PNS gol III/c (menduduki jabatan fungsional ) selain gaji pokok saya menerima : Tunjangan KESRA RP. 100.000,- (potong pajak) dan dengan tunjangan sebagai berikut :
IIIa-IIIb : 300000
IIIc-IIId : 400000
IVa-dst : 500000,
kok berbeda dengan yang disebutkan di atas,,

± Fungsional Ahli:
No Jabatan Tunjangan
1 Pertama 300,000
2 Muda 600,000
3 Madya 850,000

mana yang benar ??

5 years 7 months ago

Tunjangan kesra tergantung dari Pemda artinya menyesuaikan pendapatan daerah setempat. Perlu diingat tunjangan fungsional tidak berdasarkan golongan tapi berdasarkan jabatan yg didudukinya.

Fandi
5 years 7 months ago

mau tanya pak, saya seorang penyuluh KB di kab karanganyar (dulu berada dibawah BKKBN Pusat) sejak tahun 2003 (otonomi), status kepegawaian kami berubah dari PNS pusat menjadi PNS Daerah otonom, yang ber implikasi kepada hilanganya Tunjangan UM (dulu Rp. 15.000,- per hari) sekarang HILANG SAMA SEKALI,
dan sampai sekarang tunjangan fungsional juga tidak pernah naik :

± Fungsional Ahli:
No Jabatan Tunjangan
1 Pertama 300,000
2 Muda 400,000
3 Madya 500,000

bagaimana ini ?

Adhiet
5 years 7 months ago

UTOPIA alias MIMPI

[…] berari kira-kira Rp 1.324.640. Tunjangan yang variatif, semisal saja Rp 185.000 – Rp 500.000 (sumber), maka take home pay 5147 orang yang akan memperebutkan 328 kursi ini adalah sekitar Rp.1.800.000. […]

Ridha
5 years 7 months ago

mau nanya klo kita pegawai propinsi yang diperbantukan di daerah/kabupaten, boleh ga kita dapat tunjangan dari kabupaten dan propinsi (keduanya kita terima). Sangat di mohon penjelasannya. Terima kasih

5 years 7 months ago

Tunjangan (Fungsional & struktura) untuk PNS yg diperbantukan dibayarkan oleh instansi tempat ia diperbantukan (per BKN no 31 dan 39 Th 2007). untuk Insentif masih diperbolehkan.

5 years 7 months ago

Salam. Mas,klo blh confirm, apa benar di lingkunagan Pemda, DIPENDA memperoleh prioritas Remunerasi pada 2012? Apakah setelah itu Insentif bnar2 ditiadakan seiring dg jg berlakunya Permendagri yg br? (Ngomong2 kpn Permendagri yg br keluar? Kok yg lama udah dicabut duluan tp yg br msh dlm pembahasan?) Nah,apakah Remunerasi diterima scr merata seluruh pegawai DIPENDA? Ataukah besarannya berbeda2 tiap posisi, msal yg bersentuhan langsung dg masyarakat atw yg bersinggungan dg pemungutan Item Pajak tertentu saja, sehingga buat staf lain justru tdk dapat? Slain tu, apakah smua kembali pd kondisi APBD? Gawat jg kan buat Prov yg APBD defisit hingga 62 M? Mohon jawabannya ya mas, demi meluruskan kegelisahan kawan2..Trims..

5 years 7 months ago

Prinsip remunerasi adalah dibayar sesuai kinerja. Tiap posisi mempunyai bobot. Bobot jabatan itulah yg menentukan besaran remunerasi. Dasar pemberian bobot berdasarkan resiko pekerjaan. Tentunya yg bersentuhan langsung dg pelayanan masyarakat atau PAD pembobotannya lebih tinggi. Remunerasi juga akan menghapuskan semua insentif atau honor yg terkadang diterima peg/unit tertentu.

Selama ini,yg sdh berjalan, pemberlakuan remunerasi bagi seluruh pegawai/unit di instansi tersebut. Hanya Dephub pemberian remunerasi masih di Ditjen Perhubungan Udara saja. Utk Pemda saya yakin akan bersamaan seluruh unit.

Persoalan klasik Pemda memang pada PAD setempat yg tidak sama. Jadi spt Pemda Jakarta remunerasi-nya tinggi sementara daerah lain hanya sampai ratusan ribu saja.
Perlu ada kebijakan Pemerintah misalnya penentuan rasio besaran remunerasi dg batas atas/bawah, shg gap tdk terlau lebar antar Pemda. Atau penambahan anggaran pusat bagi daerah tentunya dg persetujuan DPR. Salam

5 years 7 months ago

Maaf mas, saya mohon uraian mengapa DIPENDA dibawahi Depdagri? Mengapa bkn Depkeu? Lantas, apakah setelah remunerasi segala bentuk Tunjangan Daerah, Tunjangan Beban Kerja jg akan dihapus? Klo gt, sama aja kan, cuma beda nama doank.. Hmmh,mas pada dasarnya memang perlu pemilahan bobot kerja dg hak yg layak bagi tiap PNS, sesuai kapasitas, tp apakah ukuran “bobot” tsb diatur scr gamblang seiring dg Aturan scr Nasional? Bkn apa mas, klo daerah yg netapkan standar, saya cermati, ga objektif, kebanyakan krn unsur emosional, bahkan kedekatan pribadi. Nah,klo gt kan, gak tepat sasaran?

5 years 7 months ago

Sebelumnya saya uraikan dulu ada 2 jenis pajak ditinjau dari lembaga pemungutnya yaitu pajak pusat dan pajak daerah. Pajak pusat spt PPn, PPh, cukai etc yg dipungut oleh Depkeu melalui DJP & Bea Cukai. Sedang pajak daerah pajak yg dipungut propinsi, kabupaten atau kotamadya berdasarkan Perda yg lembaga pemungutnya Dipenda.
Berdasarkan Perda itu kata kuncinya. Perda harus dikeluarkan oleh pemda yg secara struktural dibawah Depdagri bukan Kemenkeu.

Soal pembobotan jabatan sdh ada acuan yg jelas yaitu Per/ Menpan no 15/2008 dan Per no. 04/2009 sebagai pedoman. Bias yg sering terjadi adalah memposisikan seseorang dlm jabatan tertentu berdasarkan alasan subjektif spt pendapat Lydia. Tentunya tim pengawas/penilai yg berperan disini untuk memonitor praktek spt itu. Perlu juga ada semacam “remunerasi Watch” yg mengawal pelaksanaan RB di instansi2.

5 years 7 months ago

Apakah yang ada & yang terpikirkan pemerintah hanya REMUNERASI untuk TNI, DEPKEU dsb sedang remunerasi untuk PNS non Pengajar Dikti/Diknas sama sekali tidak disinggung / diperhatikan, apa sudah dianggap Pemerintah dengan pemberian gaji PNS non pengajar Dikti/Diknas sudah itu sudah dianggap ber lebih-2 an ? Saya sebagai perwakilan PNS non Pengajar Dikti mohon juga diperhatikan MENGENAI REMUNERASI gitu Bos !

5 years 7 months ago

Apakah yang ada & yang terpikirkan pemerintah hanya REMUNERASI untuk TNI, DEPKEU dsb sedang remunerasi untuk PNS non Pengajar Dikti/Diknas sama sekali tidak disinggung / diperhatikan, apa sudah dianggap Pemerintah dengan pemberian gaji PNS non pengajar Dikti/Diknas sudah itu sudah dianggap ber lebih-2 an ? Saya sebagai perwakilan PNS non Pengajar Dikti mohon ikut juga diperhatikan MENGENAI REMUNERASI tapi jangan pilih pilih sedang sebenarnya gaji pas pas gitu Bos !

yung
5 years 7 months ago

ikutan bertanya. apakah perbedaan pns pusat dan pemda (pemprov, pemkot / pemkab)? apakah pns pusat mendapatkan tunjangan daerah juga atau tidak? terima kasih atas pencerahannya

5 years 7 months ago

PNS pusat sering juga disbt PNS vertikal diangkat oleh kementerian (dulu departemen) atau lembaga non kementerian/departemen.
PNS daerah diangkat oleh Pemprov, Pemkot, atau Pemkab.
PNS Pusat mendapat Gaji, tunjangan, uang makan yang bersumber dari APBN sedang PNS Daerah gaji & tunjangan berasal dari pusat yang dialokasikan (DAU) dan insentif/tunjangan tergantung dari APBD setempat. salam

Jelema miskin
5 years 7 months ago

Om…setagu ….sy mau tanya…untuk pns TNI kapan Remunnya ya…jadi ga ya…dulu kita pernah disuruh melengkapi data yg kata utk remun…tlg jwbanya, trims, hatur nuhun..

Kopral Jono
5 years 7 months ago

MAS…sudah ada belum peraturan yang mendasari diterimanya remunerasi untuk tni …mohon penjelasanya….trims

wpDiscuz