Tabel Tunjangan Kinerja 20 Kementerian/Lembaga

Dibandingkan dengan periode penerimaan tunjangan kinerja pada Kementerian/Lembaga terdahulu, jumlah kelas jabatan dan besaran nominal yang diterima 20 K/L pada tahun 2012 ini sama.

Masing masing K/L jumlah gradingnya 17 kelas jabatan dengan grade terendah besaran tunjangan kinerja Rp 1.563.000,00 dan tertinggi sebesar Rp 19.360.000,00 untuk grade ke-17. Yang membedakan hanya pada keterangan kelas jabatannya, pada kementerian kelas jabatan tertinggi tidak disebutkan jabatannya, sedangkan pada Lembaga grade tertinggi diduduki Kepala atau Ketuanya.

Tabel Tunjangan Kinerja 20 K/L
No Kelas Jabatan Tunjangan Kinerja (Rp)
1 17 19.360.000
2 16 14.131.000
3 15 10.315.000
4 14 7.529.000
5 13 6.023.000
6 12 4.819.000
7 11 3.855.000
8 10 3.352.000
9 9 2.915.000
10 8 2.535.000
11 7 2.304.000
12 6 2.095.000
13 5 1.904.000
14 4 1.814.000
15 3 1.727.000
16 2 1.645.000
17 1 1.563.000

Sampai saat ini sudah ada 5 gelombang atau periode penerimaan tunjangan kinerja bagi Kementerian/Lembaga:

  1. September 2007: Kemenkeu, BPK dan MA,
  2. Januari 2009: Setkab dan Setneg
  3. Juni 2010: TNI, POlri, Kemenhan, BPKP, Kemenko Perekonomina, Polhulkam, Kesra, Kemenpan dan RB, Bappenas
  4. Januari 2011: Kejaksaan dan Kemenkumham
  5. Januari 2012: Kementerian Perindustrian, Ristek, Pertanian, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA), serta Perumahan Rakyat. Sedangkan 15 LPNK meliputi BKPM, BPPT, Badan POM, BKN, BPS, BATAN, LAN, LEMHANAS, ANRI, BKKBN, LEMSANEG, LKPP, BNN, BNPT serta LIPI.

Sejak periode ketiga sudah mulai ada standarisasi jumlah kelas jabatan dan besaran tunjangan per grade. JUmlah grade berkisar 17 s/d 18, sedangkan besaran tunjangan kinerja terendah Rp 1.563.000. Berbeda dengan TNI dan Polri, tunjangan yang diterima pegawai di kedua lembaga tersebut lebih rendah dari K/L yang lain. Grade paling rendah di TNI Rp 924.000, bahkan khusus Polri hanya menerima remunerasi sepertiganya saja yaitu Rp 553.000, padahal betapa pentingnya peranan TNI, Polri bagi negeri ini (tanpa mengesampingkan K/L lain). Namun seperti diketahui besaran tunjangan kinerja didasarkan atas pencapaian Reformasi Birokrasi di K/L tersebut serta ketersediaan anggaran.

Kalau dianalisa lebih lanjut nilai besaran tunjangan kinerja K/L di luar TNI Polri hampir sama semua, padahal nilai persentase pencapaian reformasi Birokrasi masing-masing K/L tersebut berbeda. Lihat saja tahun 2012 ini persentase pencapaian RB berada pada range 33% s/d 70%, namun tidak berbeda tunjangan kinerja yang diterima.

Sejauh ini Kemenkeu yang dijadikan acuan sebagai Kementerian yang telah 100% dalam pencapaian Reformasi Birokrasi, dan hanya BPK yang mengalami perubahan atas besaran tunjangan kinerjanya. Mahkamah Agung (MA) tunjangan kinerja khusus hakim sudah dihapuskan diganti dengan tunjangan jabatan. Sedangkan instansi lain besaran tunjangan kinerja belum berubah menunggu penilaian kembali pelaksanaan Reformasi Birokarasi di K/L tersebut.

Baca Juga:

272 Comments

  • Hadyang Alwi
    February 5, 2013 - 7:49 pm | Permalink

    Alhamdulillah …… saya syukur dengan lisan, hati dan semua anggota badan supaya apa yang didapatkan dari remunerasi dapat dijadikan sarana untuk lebih mendekatkan diri dari Allah saw. amiin_ Alwi Kemenag Luwu

    • mangju
      June 12, 2013 - 10:05 pm | Permalink

      kmenag gk jd bro,,,kta tunggu remun d syurga aja,,,,

      • Santri Liberal
        June 13, 2013 - 11:43 pm | Permalink

        Kemenag ambil remon d mekah,,, :idea:

  • saw
    February 8, 2013 - 10:09 am | Permalink

    pejabat peneliti PNS kan tunjangannya sdh sangat besar setelah dinaikkan. apakah msh dpt tunjangan kinerja? semakin tdk adillah kalo begitu, terutama bg peneliti PNS non jabatan/tunjangan.

    • sidak_pns
      February 19, 2013 - 1:40 pm | Permalink

      Tunjangan SElain Tukin di hapus kan beroooo jangan asal komen

      • saw
        March 7, 2013 - 9:29 am | Permalink

        yakinkah kamu bahwa tunjangan fungsional peneliti dihapus, diganti tunjangan kinerja? siapa jadinya yg asal komen?

        • Bass
          April 10, 2013 - 3:26 pm | Permalink

          tergantung instansi, kalo di BATAN, apabila tunj peneliti > tukin maka yg dibayarkan tunj peneliti :smile:

          • saw
            April 11, 2013 - 11:39 pm | Permalink

            trims infonya. sehrsnya demikian u semua instansi litbang tdk memberikan dubbel tunjangan. malah banyak di suatu instansi pjbt peneliti (berdasarkan kinerja sesungguhnya) yg tdk sepatutnya mendptkan tun. fung. yg relatif sangat besar.

  • February 11, 2013 - 12:36 pm | Permalink

    Kapan kemendikbud realisainya unk pustakawan

  • February 16, 2013 - 9:19 pm | Permalink

    Dinkes ikut naik ga’ya ?padahal kita yg berisiko terkena virus dari orang yg kita obati baik lgsg maupun tdk langsung..perhatikan kita juga dong :evil:

    • Bass
      April 10, 2013 - 3:30 pm | Permalink

      itu sangat tergantung K/L ybs, kalo jajaran “teras”nya paham dan ga sibuk ngurus diri sendiri, pasti akan sangat serius menggarap program RB ini, sayangnya kebanyakan pejabat teras di lingkungan kesehatan sudah banyak yg makmur dan sugih (baca:dokter)

  • SITI ROMLAH
    February 23, 2013 - 12:36 am | Permalink

    KAPAN DONK REMUN PNS KESEHATAN… KALO NGGA LIHAT SAJA… PASIEN DITELANTARKAN DAN KEMATIAN MENGHADANG….. HAHAHAH… :lol:

    • sidak_pns
      March 1, 2013 - 11:37 am | Permalink

      wilih jangan bawak2 kerjaan kalo niat kerja jadi PNS ya udah kerja aja ngapain sekarang baru teriak2 kayak kesetanan, kalo g niat ngelayananin pasien g usah kerja aja. lu liat di pedalaman.. di bayar berapapun kalo sudah kewajiban ya kewajiban untuk berkeja…

      • syachrul amin
        April 3, 2013 - 10:26 am | Permalink

        terus klu turkinnya ga trn,pasien2 rmh skt,puskesmas mw di telantarin ? sadis amat km jd manusia

      • syachrul amin
        April 3, 2013 - 10:31 am | Permalink

        PNS KES,MESTINYA KM G USH KOMEN KY GTU,TOH KM JG SDH D GAJI NEGARA….SOAL TURKIN BLM TRN YA SABAR AJA,KAN PK PROSES ,SEBENARNYA KK SEKOLAH G SICH DULUNYA?

    • Broo
      March 16, 2013 - 6:16 am | Permalink

      PAYAAAAH beginikah potret pegawai kemenkes pantas banyak pasien tidak terurus. masya ALLAH :sad:

      • Broo
        March 19, 2013 - 12:32 am | Permalink

        Heh PNS Kesehatan jangan begitu kelakuannya pasien dirujuk melulu, parah, Kalo ga niat ngelayanin pasien g usah kerja aja.. tu liat di pemerintah pusat, untuk mencari dan menggalang dana rela berkorban sirkus di monas.. mau ngga PNS Keshtan berjuang seperti itu , kalo ga mau PNS kesehatan jangan teriak teriak, makanya diam ga usah kerja tapi ABSEN KE HADIRAN HARUS MASUK!!!! PNS kesehatan jangan teriak teriak… PNS Kes Kesetanan..!!!

    • arie
      March 22, 2013 - 10:48 am | Permalink

      lha kalo pasien ditelantarkan, dimana hati anda sebagai manusia? kalau itu terjadi pada orangtua anda atau saudara anda , bagaimana?

    • Andi
      May 7, 2013 - 12:39 am | Permalink

      wuih…nih contoh PNS otak udang,ngomongnya g pake mikir,,wew guoblok

  • pns kes
    February 23, 2013 - 12:40 am | Permalink

    sebelum kita kena tertular virus… pasien harus mati duluan…. atau menderita separti nasib pns kes hehehe… :grin:

  • siti romlah
    February 23, 2013 - 12:46 am | Permalink

    aku di mulut ngomong ogah remun tapi liat saja nanti di rsud angka kesakitan dan angka kematian pasti tinggi… hahaha… paling aku di gantung di monas…. siapa yang ga mau duit pasti orang goblok yaaa…???

  • siti romlah
    February 23, 2013 - 12:48 am | Permalink

    aku orang politis….

  • menyusup
    February 23, 2013 - 1:11 am | Permalink

    pesan untuk pns kes jangan emosional mengungkap di arena comment ini sudah cukuplah… tapi tolong diam diam tinggikan angka kesakitan dan angka kematian dan telantarkan pasiennya… sudah stop commentnya, stop no comment lagi, tapi laksanakan pesannya agar pemerintah tau !!!

  • pns
    March 3, 2013 - 5:19 pm | Permalink

    pns kesehatan mending kerja k luar negeri aja…gaji bagian kesehatan bs 10x-20x gaji pns d indo… d indo gak dihargai…wkwkwk

    • SUSTER NGES
      April 3, 2013 - 7:44 pm | Permalink

      setuju soalnya hanya pns kes yg dihargai lebih tinggi diluar negri daripada didalam negri.mari beramai ramai hijrah keluar negri

      • gita erlangga
        April 5, 2013 - 9:00 am | Permalink

        Brangkat aja keluar negeri kalau disana lebih baik

  • Peneliti
    March 7, 2013 - 9:37 am | Permalink

    Ada yg tahu knp tunkin utk bln Jan – Maret tahun ini kok belum keluar ya? Ada yg punya info kapan akan dibayarkan?
    Nuwun

    • saw
      March 7, 2013 - 10:23 am | Permalink

      kalo anda peneliti (dng jabatan fungsional), saya yakin anda sdh mendptkan tunjangan fungsional. kalo anda Peneliti Pertama Tun fung 1,1 jt. Peneliti Utama dpt 5,2 jt. Kalo msh ditambah TunKin jadinya totalnya tolong dihitung… Mohon ma’af bila memang TunFung dihapuskan diganti TunKin.

      • Peneliti
        March 7, 2013 - 10:47 am | Permalink

        tunjangan peneliti sdh dpt, namun tunkin blm.. (utk 3 bulan tahun pertama thn ini).. Tunkin ttp dapat tunFung tetap dpt..

        • saw
          March 7, 2013 - 3:12 pm | Permalink

          berarti benar, peneliti fungsional PNS dpt 2 tunjangan. wow…

          • gayup
            April 18, 2013 - 11:06 am | Permalink

            biarin yg laen teriak bl dpt turkin yg penting ak sdh dobel lg..enak to…

  • March 16, 2013 - 5:11 pm | Permalink

    Wah memang ada tunjangan lagi yaa? sbenarnya selain remun.. ada apa lagi sih yaa?

  • Dewa
    March 18, 2013 - 3:03 am | Permalink

    PNS kesehatan atau PNS Kesetanan Ya ?????

  • ana s editamshil
    March 19, 2013 - 12:46 am | Permalink

    Status Sih PNS Kesehatan tapi kerjanya mirip PNS Kesetanan itu akibat pengaruh kemasukan roh dari tugu monumen nasional yaaa… (ini informasi up to date dari Gayus)

  • andi melaranggeng
    March 19, 2013 - 1:03 am | Permalink

    Untuk PNS Kesehatan tolong perlihatkan bekerja dengan baik agar dinilai pasien BAIK.. kalo masalah tertukar obat n salah obat ga pa apa paling mati asal jangan ketahuan keluarga pasien, bila ketahuan berikan kata maaf atau berhenti kerja bereslah masalah…

    • SUSTER NGES
      April 3, 2013 - 7:47 pm | Permalink

      tidak semua pns kes seperti itu contoh nyata pns kes yg kerja diluar negri tdk ada yg punya kasus malah lebih dihargai dan dipuji bangsa lain sobatku

  • PNS
    March 19, 2013 - 1:10 am | Permalink

    ngasih obat salah Matiii… NGERIII dech… mit amit!!!

  • pong
    March 19, 2013 - 7:58 pm | Permalink

    ada yg tau ga ea,,,
    kapan kementrian kehutanan terima remunerasi???

    • pong
      March 19, 2013 - 8:02 pm | Permalink

      info ga jalas,,,tolong d britau dong??

  • Dewiiliantina
    March 25, 2013 - 9:05 am | Permalink

    ASS.kapan ya kemenag mendapatkan tunjangan kinerja & kapan ya Rapel kenaikan gaji PNS dicairkan?,klu bleh usul nich di BI Daftar penilaian Pegawai,nilai yg di dapat oleh pegawai di apresiasi dg nilai brupa uang,coba ya PNS jga bgitu

    • gayup
      April 18, 2013 - 11:46 am | Permalink

      Nunggu BBM naek kali… :grin: :grin: :grin:

  • Aktivis Remun
    April 8, 2013 - 3:51 pm | Permalink

    Nunggu Lagi Nunggu Lagi :razz:

    • gayup
      April 18, 2013 - 11:12 am | Permalink

      yah begitulah klo tolok ukurnya intansi/KL bukannya PNS ybs…enakan yg dpt duluan to dah bs bli mobil rmh, yg laen msh spt pengemis…

      • Aktivis Remun
        April 19, 2013 - 9:14 am | Permalink

        yang beli mobil/rmh cuma dapet DPnya aja mas, buat bayar perbulanya nunggak 4bln gara” ditunda negara, alhasil mobil di tarik dealer dan rmh di segel..HAHAHAHAHAHAHHAAHHAAHAHHA *setres*

  • gayup
    April 18, 2013 - 11:57 am | Permalink

    Kalo mau jujur n melihat kenyataan bhw skrng bnyk tmbul kesenjangan antar pegawai dr yg namanya uang makan, tunjngn kinerja, tunjngn fungsl, tunjngn laennya lg dst, smpe kenaikan gj yg ga jelas… ada yg dpt n blm tp enakan yg sdh dpt kan…bayangkan 2-3 thn sdh dpt, lumayan… Tp yg blm apa jg bs mndpt sebnyk kurun wkt spt itu??? Hai para pegawai jangan cm diem sj apa komentarmu???? :eek: :eek: :eek:

    • Aktivis Remun
      April 19, 2013 - 9:17 am | Permalink

      ngga diem aja kok mas, kita udh teriak” tp ga ada yg denger tuh :cry:

  • sidak_pns
    April 19, 2013 - 12:16 pm | Permalink

    koar koar minta tunjangan …. kerja yang becus dulu jangan internet an doang .. harusnya kita bersukur cobak tengok kebawah masih banyak orang susah ..

  • david
    May 2, 2013 - 9:41 am | Permalink

    kementerian agama tunggu remunerasi di surga,,, sebab walau pun sudah dapat WTP tapi tetap tidak diusulkan remun … biasa lah kalau soal agama dianggap penting hanya kalau ada konflik, atau kerusuhan yg menyangkut SARA…

  • david
    May 2, 2013 - 9:57 am | Permalink

    pemerintah indonesia adalah yg teraneh di dunia menurut saya. mau menyejahterakan rakyat dan pegawainya saja pakai berbagai alasan dg sitem yg dibuat-buat. maka yg terjadi banyak komplain dan iri hati karena ketidakadilan yg terjadi terutama soal kesejahteraan. tapi anehnya, kalau untuk kesejahteraan pejabat tinggi negara dan DPR, uang trilyunan diboroskan gak masalah tampaknya,,, ngasih tunjangan penyuluh yg nominalnya mungkin hanya 0,005% dari gaji pejabat negara saja masih milih2. berarti pemerintah gak percaya dg kinerja para penyuluh dari berbagai bidang yg telah diangkatnya sendiri,,, lebih baik gak usah angkat penyluh2 lain pak, kalau yg dpt tunjangan hanya penyuluh tertentu,,, betul2 tidak adil…

  • aji
    May 3, 2013 - 10:39 am | Permalink

    PNS daerah kapan? sumber APBN kan dari daerah…..jangan zalimi pegawai daerah pakkkkkkk :roll: :grin: :oops:

    • June 4, 2013 - 2:54 pm | Permalink

      betul kata aji itu, PNS daerah kapan? zalim amat sama pegawai daerah..mang apa bedanya sama pegawai kementrian itu kita kerja juga setengah mati langsung berhadapan dengan masyarakat

      • togiru
        June 27, 2013 - 7:50 pm | Permalink

        bilang aja sama kepala daerah mu agar jangan korupsi sana sini juga para pejabat di daerahmu. karna semakin banyak korupsi semakin rendah PAD. apabial PAD di daerahmu tinggi, maka tunjangan kinerja pns di daerahmu tinggi juga…

  • Bram
    May 8, 2013 - 12:01 am | Permalink

    kata Sekjen Kemensos, tunkin kita dibayar Juni….bgmn Menpan&RB? mosok sama2 kita capek, nunggu tunkin gak nongol2

  • PNS NGAREP REMUN
    May 30, 2013 - 8:17 am | Permalink

    Perindustrian remunnya belom keluar2 dah 5 bulan dari 2013.. ada info ga OM SETAGU? menkeu tanda tangannya kapan…

  • Santri Liberal
    June 13, 2013 - 11:54 pm | Permalink

    yang kroco2 komennya ada bnyk yg ngawur,,, jgn iri sm k/l yg dpt tunkin,, tp buru2 dicambuk deh pejabat2 teras kalian utk memikirkan proses reformasi birokrasi yg ujung2nya dpt tunkin,, kuncinya pada internal k/l yg bersangkutan,, pemerintah yg ngasih remun sih tinggal liat “MANA SYARAT2NYA UDH LENGKAP LOM????”, msh ada ya bayi tuek taunya minta tnpa paham kyamana prosesnya dpt sesuatu yg diinginkan… :mrgreen:
    indonesia bangeet!!!!

  • udin
    July 11, 2013 - 3:15 pm | Permalink

    Pak setagu, mohon infonya ttg tabel tunjangan kinerja,teman saya di kemenkeu pajak dia Grade 9 dengan tunjangan kinerja 8juta an :shock: , kok beda ya dengan tabel yang diunggah pak setagu.?? :?:

    • ngasi kejelasan
      July 12, 2013 - 8:00 am | Permalink

      emang grade 9 di pajak sekitar 6-8 kalo yg 8 jutaan itu sudah jadi account representative n tugaslah lebih dari pelaksana biasa. udahlah bersukur aja dengan apa yg ada, toh mereka juga tugasnya mencari duit buat gaji kita jadi wajar kalo tunjangannya lebih besar

  • July 23, 2013 - 2:39 pm | Permalink

    PEgawai kemdikbud di univeritas ngaplo.com
    dana banyak dipake pejabat untuk jalan-jalan

  • haling
    October 30, 2013 - 11:51 am | Permalink

    adanya remunirasi bagi PNS berarti bertamba lagi penghasilan juga bertambah beban kinerja yang harus dipertanggumgjawabkan dunia dan akhirat.

  • Ikan
    November 3, 2013 - 1:12 pm | Permalink

    Maaf mau nanya nih yang tabel di atas apakah yg untuk 47% at 100 % ? Mohon jawabannya bagi teman2 yg dh dpt remun lbih dlu. Trims

  • chandra
    November 14, 2013 - 11:21 pm | Permalink

    Maap bp2 ibu2 sekalian,, mohon berkenan menjawab pertanyaan saya,

    itu misalnya seorang pegawai yang udah diterima di salah satu L/k yang sudah di beri remunerasi (seperti disebutkan diatas), apakah otomatis dapet tunjangan kinerja?

    misalnya peg itu baru aja diterima, apakah minimal dapet yang kelas jabatan 1 (1,5 jt) ?

    mohon berkenan menjawab (serius nanya)

  • udin
    November 18, 2013 - 12:10 pm | Permalink

    itu tabelnya nilai untuk 100% atau penerimaannya masih disesuaikan lagi dengan remun k/l yg sudah disetujui om setagu? :shock:

  • Octarafa
    December 19, 2013 - 9:08 am | Permalink

    Mohon pencerahannya. Saya sedang mencari dasar hukum bahwa besaran tunjangan kinerja didasarkan atas pencapaian Reformasi Birokrasi di K/L tersebut serta ketersediaan anggaran?

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>