Tabel Tunjangan Kinerja 20 Kementerian/Lembaga

Post On: 25 December 2012
By:
July 7, 2013

Dibandingkan dengan periode penerimaan tunjangan kinerja pada Kementerian/Lembaga terdahulu, jumlah kelas jabatan dan besaran nominal yang diterima 20 K/L pada tahun 2012 ini sama.

Masing masing K/L jumlah gradingnya 17 kelas jabatan dengan grade terendah besaran tunjangan kinerja Rp 1.563.000,00 dan tertinggi sebesar Rp 19.360.000,00 untuk grade ke-17. Yang membedakan hanya pada keterangan kelas jabatannya, pada kementerian kelas jabatan tertinggi tidak disebutkan jabatannya, sedangkan pada Lembaga grade tertinggi diduduki Kepala atau Ketuanya.

Tabel Tunjangan Kinerja 20 K/L
No Kelas Jabatan Tunjangan Kinerja (Rp)
1 17 19.360.000
2 16 14.131.000
3 15 10.315.000
4 14 7.529.000
5 13 6.023.000
6 12 4.819.000
7 11 3.855.000
8 10 3.352.000
9 9 2.915.000
10 8 2.535.000
11 7 2.304.000
12 6 2.095.000
13 5 1.904.000
14 4 1.814.000
15 3 1.727.000
16 2 1.645.000
17 1 1.563.000

Sampai saat ini sudah ada 5 gelombang atau periode penerimaan tunjangan kinerja bagi Kementerian/Lembaga:

  1. September 2007: Kemenkeu, BPK dan MA,
  2. Januari 2009: Setkab dan Setneg
  3. Juni 2010: TNI, POlri, Kemenhan, BPKP, Kemenko Perekonomina, Polhulkam, Kesra, Kemenpan dan RB, Bappenas
  4. Januari 2011: Kejaksaan dan Kemenkumham
  5. Januari 2012: Kementerian Perindustrian, Ristek, Pertanian, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA), serta Perumahan Rakyat. Sedangkan 15 LPNK meliputi BKPM, BPPT, Badan POM, BKN, BPS, BATAN, LAN, LEMHANAS, ANRI, BKKBN, LEMSANEG, LKPP, BNN, BNPT serta LIPI.

Sejak periode ketiga sudah mulai ada standarisasi jumlah kelas jabatan dan besaran tunjangan per grade. JUmlah grade berkisar 17 s/d 18, sedangkan besaran tunjangan kinerja terendah Rp 1.563.000. Berbeda dengan TNI dan Polri, tunjangan yang diterima pegawai di kedua lembaga tersebut lebih rendah dari K/L yang lain. Grade paling rendah di TNI Rp 924.000, bahkan khusus Polri hanya menerima remunerasi sepertiganya saja yaitu Rp 553.000, padahal betapa pentingnya peranan TNI, Polri bagi negeri ini (tanpa mengesampingkan K/L lain). Namun seperti diketahui besaran tunjangan kinerja didasarkan atas pencapaian Reformasi Birokrasi di K/L tersebut serta ketersediaan anggaran.

Kalau dianalisa lebih lanjut nilai besaran tunjangan kinerja K/L di luar TNI Polri hampir sama semua, padahal nilai persentase pencapaian reformasi Birokrasi masing-masing K/L tersebut berbeda. Lihat saja tahun 2012 ini persentase pencapaian RB berada pada range 33% s/d 70%, namun tidak berbeda tunjangan kinerja yang diterima.

Sejauh ini Kemenkeu yang dijadikan acuan sebagai Kementerian yang telah 100% dalam pencapaian Reformasi Birokrasi, dan hanya BPK yang mengalami perubahan atas besaran tunjangan kinerjanya. Mahkamah Agung (MA) tunjangan kinerja khusus hakim sudah dihapuskan diganti dengan tunjangan jabatan. Sedangkan instansi lain besaran tunjangan kinerja belum berubah menunggu penilaian kembali pelaksanaan Reformasi Birokarasi di K/L tersebut.

273 comments on “Tabel Tunjangan Kinerja 20 Kementerian/Lembaga

  1. Terima kasih Bang Setagu…Alhamdulillah Satker Ane Cair..Senen 24-12-12… Maaf kalau ada komentar yang bikin nyaman di hati…Semoga Bang Setagu masih mengawal blog ini sampai Tunki 70 atau malah 100%.
    Wassalam wrwb

  2. Yang sudah cair diam2 aja nih….
    Tak lupa kami ucapkan beribu-ribu terima kasih kepada TIM REBO atas perjuanganya sehingga bisa mendapatkan hasil yang diharapkan, semoga Allah SWT memberi pahala yang berlipat ganda Amin…

  3. yg sdh cair kementrian apa saja pak Dhe? silahkan langsung buat modal usaha ya.. smoga rixkinya barakah… aminn

  4. 111 Alhamdulillah sudah cair, saya bersyukur kepada kepada Allah swt. yang telah memberikan rizki buat kami. Kepada Bang Setagu terimakasih atas segala informasinya. Atas nama rekan-rekan saya menyampaikan permohonan maaf bila ada kata yang salah,cacian dan makian, maklum kami begitu mengharapkannya agar tunkin ini segera cair.
    Sekali lagi… maafkan kami ya Bang Setagu.

  5. alhamdulilah 120 sudah cair,,,,,,,, kami bersyukur kepada Allah swt. yang telah memberikan rizki buat kami. Kepada Bang Setagu terimakasih atas segala informasinya. Atas nama rekan-rekan saya menyampaikan permohonan maaf bila ada kata yang salah,cacian dan makian, maklum kami begitu mengharapkannya agar tunkin ini segera cair.
    Sekali lagi… maafkan kami ya Bang Setagu.

  6. Dasar pemerintah, janjinya pertengahan Des’ (baca di flashnews TV OON) tp ampe skr blm turun juga, dasar tukang jualan karettt 😡 😡

  7. Karenanya banyak sekali doa untuk segera cairnya tunkin maka “rapat birokrat terbatas” minggu kemarin menetapkan tunkin harus sudah diterima oleh PNS dari 20 K/L minggu ini. Selamat

  8. 120 di daerah pe sekarang lom cair…

    jam 5 tadi sore rekening bendahara belum gendut

    padahal konfirmsi dari pusat sudah otw dananya

    belum lagi proses autokredit ke rekening pegawai

    kata banknya ga bisa selesai 1 hari

    jadi buat 120 daerah ya harus nambah lagi sabarnya

    mudah-mudahan besok dah gendut rekening bendaharanya 😀

  9. LIPI utk pusat (Jakarta) td sdh cair, utk satker2 di luar Jkt ditunggu saja, mungkin besok or lusa uang tunkin sdh membanjiri rekening kita 😛

  10. mas prabowo itu kaya lagi setress ya. omongannya ngaco. aku kasih tau ya bahwa setiap K/L cairnya tdk bersamaan dan sekararang ini ada yg udah cair ada yg bloom. misalnyaseperti lebaga udah banyak yg udah cair dr tgl 22 desember.makanya mas prabowo jgn sok tau hrs banyak ngobol jangan kuper akhirnya malu sendiri. nah begitu mas

  11. yg udah cair banyak2 bersyukur dan doain mas prabowo biar cepet cairnya supaya ga setress lg ga maki2 org lg dan jgn lupa zakatnya. buat yg bloom banyak2 bersabar cepat atw lambat pasti cair

    • Saudara 120 saran ya dari saya jgn di habiskan tunjangan tsb, karena untuk tugas belajar hanya berhak atas 75% tunjangan kinerja. kalau saya memeriksa instansi saudara itu bisa menjadi temuan, dan akan ditagihkan. :mrgreen: :mrgreen:

  12. Alhamdulillah…..
    110 (pusat) dah masuk ke rek. masing2 pegawai,
    temen2 yg di daerah ga tahu udah apa belon, kalo blm sabar ya..

    • Saudara LIPI lagi studi saran ya dari saya jgn di habiskan tunjangan tsb, karena untuk tugas belajar hanya berhak atas 75% tunjangan kinerja. kalau saya memeriksa instansi saudara itu bisa menjadi temuan, dan akan ditagihkan. :mrgreen: :mrgreen:

  13. 120 Ancol juga belum euy, padahal jarak 120 Ancol ma 120 Gatsu lebih deket di bandingin 120 Gatsu – Geotek
    parahhh

  14. Selamat buat kawan-kawan yang sudah cair.. Jangan Lupa untuk membaca ketentuan-ketentuan penalty tunjangan, khawatir ketika tunjangan sudah habis terpakai, ternyata ada tagihan yang harus dikembalikan kepada negara.. Pada Instansi 103 hal tersebut telah disosialisasikan dan perlu dipersiapkan 😀 😀

  15. Waduh.. untuk TNI/POLRI kok ga ada kenaikan nih.. tetep aja jadi anak bebek untuk tunkinnya alias terendah se Indonesia Raya, Padahal bekerja taruhannya nyawa. Buat PNS lain sih kerjanya cuma mooooloooor doang dapet tunkin. 😈 😈 👿 👿

    • anda jendral tunkinya kan gede sudah sama aja kalo di kami grade 13 keatas, yang kasian itu bagi Tamtana dan Bintara, artinya ada yg ❓ ❓

  16. Akhir tahun yang sangat indah, semoga awal tahun 2013 lebih indah lagi…dan akhir tahun 2013 lebih dan lebih indah lagi.Amien
    Pak Presiden SBY…terimakasih banyak ya…rejeki nomploknya/TuKin nya uenak banget..mantaf…semoga berkah & penuh manfaat…bisa untuk biaya sekolah anak2.

    • 103 galau di satker mana?…menurut informasi dari pimpinan semua Satker harus menyelsaikan penyelesaian pembayaran Tunkin paling lambat hari ini…

      • oooo, begitu ya ‘Mang REMUN” terimakasih deh infonya. saya di BPTP. Syukurlah, bisa memberi tempat tinggal yang nyaman buat anak istri. ga bocor lagi…

        • BPTP mana nih?..BPTP kan dibawah Badan Litbang ya?…sepengetahuan saya dana Tunkin sdh di distribusikan ke bendahara satker..sabar aja..soalnya menurut info..Unit Eselon I-nya banyak terjadi perubahan Passing Grade sehingga agak memperlambat pembayaran Tunkin-nya..Sabar ya, pasti hari ini koq semua cair…

          • iya dibawah badan litbang. syukurlah klo memang hari ini. terimakasih infonya ‘Mang REMUN” mudah2an di unit eselon 1 nya pada ga ribet lagi. ngomong2 Mang REMUN di mana nih? ragunan?

  17. Sabar ya 103 yang lagi galau, penyaluran tukin ke rekening pegawai terus saya pantau agar segera masuk sebelum liburan tahun baru.

  18. PP Kimia LIPI Bandung baru saja cair nih. Tapi yang Serpong belum, karena beda Bank. Katanya sore ini yang PP Kimia Serpong mah.

    SELAMAAAAAAT YAAAA

  19. Katanya bank BRI bank terbaik.. ngurusin TUKIN aje pake ditunda.. payahhh…! Dana udah ada di bendahara satker, tapi belum bisa ditransfer karena bank-nya banyak kerjaan.. akhir tahun.. huuwwhhh!

  20. Remun BPOM bablas… sampe skrg ga sampe2 ke rekening bendahara… padahal jumlah pegawai sedikit.. apa aja sih yg dikerjakan orang2 BPOM pusat..?mau meletin tunkin yg di balai2 ya?

    • ini knp jd nyalahin pusat y?pdhl pusat jg jungkir balik ngerjain dokumen2 tuk pencairan tk,,krn byk yg hrs disiapkan…ckckckckck..janganlah buruk sangka,,coba saudara rasakan apa yg dirasakan oleh teman2 kita di pusat..

      • duhh ampun ampun… maaf ya… cuma lagi kesel aja,soalnya pusat juga ga jelas kasi tau ke daerah,coba jelaskan.jadi kita di daerah ga was was nunggu di bank,stand by.. eh tau2nya belum dikirimkan.. baru besok dikirim.. andai komunikasi lebih diintensifkan.

  21. maaf, aku lg dilapangan, gk pake internet, jd gk bisa absen.aku lg di garut, lg cari istri baru, cos istri lg nifas…Hi Bro!

  22. buat 103 sudah banyak yang cair. ragunan sudah cair, badan litbang sudah, BB-Padi sudah, puslitbangbun sudah, BPTP belum 😆

    ada yg bisa kasih info lagi?

  23. Para penghuni Ragunan dan Taman Safari ini semua dapat remun, kapan buruh dan rakyat biasa dapat remun ???… Setelah dapet remun mereka para penghuni Ragunan dan Taman Safari pada cari Istri lagi.. 👿 👿

  24. Alhamdullillah, bang setagu pertanyaan selanjutnya : tahun 2013 remun dibayarkan per bulan atau 3bulan, syukur2 perpres nya terbit lagi 70 persen……..

      • 0m 103. belum tentu…sabar dulu, akan ada uji/evaluasi dulu dari Menpan R&B dulu. yang penting sekarang siapin aja daftar harian apa2 yg kita kerjakan tiap hari, sewaktu2 evaluasi kita siap, kalo hasilnya mengecewakan ya siap2 aja di cabut tukinnya…^_^

  25. lama ngga cuci keris karena istri lagi nifas…tapi berkat TK yang cair, semalem sudah bisa merasakannya kembaliii…puas. haturnuhun pak ebeye

  26. bang setagu, dengar2 tunjangan kinerja kemenkumham baru 40% dan akan dinaikan menjadi 70% tahun depan. apa benar? mohon infonya…..

    • Prinsipnya diberikan perbulan, tergantung kesiapan K/L. Bisa juga bertahap diberikan per 3 bulan kemudian baru per bulan.

      • Apakah dengan telah diterimannya tunjangan kinerja tahun ini akan menghapuskan honor-honor yang biasanya diberikan di tahun sebelumnya?. Mohon infonya yah bang setagu.

        • honor rencana nya hilang semua alias ga dapet honor sama sekali, 120 keputusannya besok tanggal 15 januari 2013, apa hilang sama sekali atau dialihkan ke belanja modal,yang jelas tetep honor ga ada

          klo pe TK per 3 bulan…repot juga ya 😀

  27. nah anak ku, sekarang bapak udah banyak duit (alias tidak miskin lagi).. coba hitung berapa sumbangan2 yg di minta ama guru mu itu kemudian X 2 (buat sedekah gitu)… he… 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆

  28. Benar-benar sepi setelah pada cair. Jadi kangen sama semua yang sudah berbagi informasi dan pengharapan….,

  29. Badan POM sudah cair ^^ Terima kasih banyak untuk bang Setagu yang membuat forum ini,, Penantian remun jadi terasa asik he,,he,,

    • keliatane sudah tidak bung karena anggaran negara bisa jebol kalo nambah K/L untuk mendapatkan remun,…sabar ya.. 😉

        • justru remun itu malah menghemat uang negara, Instansi yang telah remun tidak bisa lagi mengajukan anggaran untuk biaya2 honor (kecuali perjalanan dinas). Penghasilannya cuman 3 komponen. Gaji, tunjangan fungsional/struktural, tunjangan remunerasi. Di luar itu dihapuskan

  30. 2013 yang mau remun mungkin kominfo, KKP, setjen DPR/MPR, BMKG,lemhanas,K_Pemb daerah tertinggal, dll. cuba cek yang sudah verifikasi lapangan pada Agustus 2012 – nop 2012.. semoga …

      • bung D2, K/L yang saya maksud merupakan asumsi saya saja setelah mengecek di google tentang verifikasi lapangan oleh Tim UPRBN Kemenpan terhadap beberapa K/L pada periode waktu Agustus 2012-Nopember 2012. nah 20 K/L yang terima Remunerasi 2012 telah dilakukan verlap pada periode agust-nop 2011.. semoga saja demikian pula adanya bagi K/L yang verlap 2012, remunerasinya terhitung januari 2013…

  31. PAGI SEMUA TEMAN2S SPERJUANGAN!
    ANE MINTA BANTUAN DONK…
    DIANTARA 20 K/L KEMARIN YG SDH PADA TRIMA TK-NYA..BISA GA ANE MINTA FILE KELAS JABATAN/JOB BRADING DI-INSTANSI TEMAN2S??
    BAHAN ITU BUAT REFERENSI PENYUSUNAN KELAS JABATAN DIINSTANSI ANE..
    UNTUK BUNG @AdhieWy boleh minta Bos file Kelas Jabatan diinstansi bos?
    INI EMAIL ANE YA TEMAN2S.. : a_dedy@yahoo.com
    THANKS BERAT ANE UCAPIN UTK BANTUANNYA! 😮

  32. BUAT MAS SETAGU YANG SYA HORMATI…
    MAS SETAGU PUNYA GAK KOMPILASI FILE KELAS JABATAN DARI MASING2 INSTANSI 20 K/L YANG KEMARIN SUDAH DAPAT REMUNERASI?
    MAKASIH AND MATUR NUWUN BANGET KLO ADA DAN BISA DI-SHARE DISINI YA! 😉

  33. Malam bang setagu, mau tanya dong untuk selanjutnya TA 2013 remun akan dibayarkan per bulan atau masih dirapel seperti TA 2012 ??

  34. Kalo di instansi ane, sudah ada KepMen yang mengatur bahwa tunjangan remun TA 2013 akan dibayarkan perbulan setiap tanggal 20. Jika tanggal tsb merupakan hari libur maka akan dibayarkan setelahnya. Ternyata rapelan yang 13 bulan itu yg 1 bulan sebenarnya untuk pembayaran remun Jan 2013, karena gaji PNS selalu dibayar dimuka/di awal bulan (Gaji dulu baru kerja). Jadi remun selanjutnya akan dibayarkan tgl 20 Feb 2013 dst sampai keuangan negara menipis … Demikian sekilas info

    • kok bisa om…???lha jelas kok klo TK yang kemaren tuh termasuk dengan bulan ke-13 bukan januari dibayar di muka…coba cek lagi perpresnya om…klo honor dll kayaknya memang ilang…jadi pendapatan pns ntar cuma gaji,TK,T Fungs,Uang makan,selain itu mungkin cuma kebijakan instansi/kantor masing-masing aja

  35. remun di tunda lagi nih sampe batas waktu yang belum di tentukan, barusan surat edaranya udh keluar.. ngimpi lagi deh..zzzzzzzzz , yg januari jg belum keluar. 😥 😥

  36. REMOON pns kesehatan mana ? pertengahan januari 13 sudah berdar sms sesama pns kesehatan yang isinya: Untuk pns kesehatan, Tolong tinggikan angka kematian, angka kesakitan agar ada Perhatian dari Pemerintah untuk dapat Remunerasi, turunkan kinerjanya Ok… (waduhhhhh ini mogok kerja..? kaya hakim aja rencana mogok kerja…)

  37. Mogok kerja PNS kesehatan taruhannya nyawa Bung.. coba bayangin di puskesmas aku sudah Salah Obat SUDAH GILAAA! apalagi di RSUD gimana Mati Kaliiiii..? paraaaaahhhhh! 😯

  38. Assalamualaikum
    Bagaimana Nasibnya dengan PNS di Pemda, kapan dapat remunerasi, padahal mereka adalah ujung tombak segala permasalahan negeri ❗

  39. Assalamualaikum
    Bagaimana Nasibnya dengan PNS di Pemda, kapan dapat remunerasi, padahal mereka adalah ujung tombak segala permasalahan negeri ❗ :roll

  40. Alhamdulillah …… saya syukur dengan lisan, hati dan semua anggota badan supaya apa yang didapatkan dari remunerasi dapat dijadikan sarana untuk lebih mendekatkan diri dari Allah saw. amiin_ Alwi Kemenag Luwu

  41. pejabat peneliti PNS kan tunjangannya sdh sangat besar setelah dinaikkan. apakah msh dpt tunjangan kinerja? semakin tdk adillah kalo begitu, terutama bg peneliti PNS non jabatan/tunjangan.

      • yakinkah kamu bahwa tunjangan fungsional peneliti dihapus, diganti tunjangan kinerja? siapa jadinya yg asal komen?

          • trims infonya. sehrsnya demikian u semua instansi litbang tdk memberikan dubbel tunjangan. malah banyak di suatu instansi pjbt peneliti (berdasarkan kinerja sesungguhnya) yg tdk sepatutnya mendptkan tun. fung. yg relatif sangat besar.

    • itu sangat tergantung K/L ybs, kalo jajaran “teras”nya paham dan ga sibuk ngurus diri sendiri, pasti akan sangat serius menggarap program RB ini, sayangnya kebanyakan pejabat teras di lingkungan kesehatan sudah banyak yg makmur dan sugih (baca:dokter)

    • wilih jangan bawak2 kerjaan kalo niat kerja jadi PNS ya udah kerja aja ngapain sekarang baru teriak2 kayak kesetanan, kalo g niat ngelayananin pasien g usah kerja aja. lu liat di pedalaman.. di bayar berapapun kalo sudah kewajiban ya kewajiban untuk berkeja…

      • PNS KES,MESTINYA KM G USH KOMEN KY GTU,TOH KM JG SDH D GAJI NEGARA….SOAL TURKIN BLM TRN YA SABAR AJA,KAN PK PROSES ,SEBENARNYA KK SEKOLAH G SICH DULUNYA?

      • Heh PNS Kesehatan jangan begitu kelakuannya pasien dirujuk melulu, parah, Kalo ga niat ngelayanin pasien g usah kerja aja.. tu liat di pemerintah pusat, untuk mencari dan menggalang dana rela berkorban sirkus di monas.. mau ngga PNS Keshtan berjuang seperti itu , kalo ga mau PNS kesehatan jangan teriak teriak, makanya diam ga usah kerja tapi ABSEN KE HADIRAN HARUS MASUK!!!! PNS kesehatan jangan teriak teriak… PNS Kes Kesetanan..!!!

    • lha kalo pasien ditelantarkan, dimana hati anda sebagai manusia? kalau itu terjadi pada orangtua anda atau saudara anda , bagaimana?

  42. aku di mulut ngomong ogah remun tapi liat saja nanti di rsud angka kesakitan dan angka kematian pasti tinggi… hahaha… paling aku di gantung di monas…. siapa yang ga mau duit pasti orang goblok yaaa…???

  43. pesan untuk pns kes jangan emosional mengungkap di arena comment ini sudah cukuplah… tapi tolong diam diam tinggikan angka kesakitan dan angka kematian dan telantarkan pasiennya… sudah stop commentnya, stop no comment lagi, tapi laksanakan pesannya agar pemerintah tau !!!

  44. pns kesehatan mending kerja k luar negeri aja…gaji bagian kesehatan bs 10x-20x gaji pns d indo… d indo gak dihargai…wkwkwk

  45. Ada yg tahu knp tunkin utk bln Jan – Maret tahun ini kok belum keluar ya? Ada yg punya info kapan akan dibayarkan?
    Nuwun

    • kalo anda peneliti (dng jabatan fungsional), saya yakin anda sdh mendptkan tunjangan fungsional. kalo anda Peneliti Pertama Tun fung 1,1 jt. Peneliti Utama dpt 5,2 jt. Kalo msh ditambah TunKin jadinya totalnya tolong dihitung… Mohon ma’af bila memang TunFung dihapuskan diganti TunKin.

  46. Status Sih PNS Kesehatan tapi kerjanya mirip PNS Kesetanan itu akibat pengaruh kemasukan roh dari tugu monumen nasional yaaa… (ini informasi up to date dari Gayus)

  47. Untuk PNS Kesehatan tolong perlihatkan bekerja dengan baik agar dinilai pasien BAIK.. kalo masalah tertukar obat n salah obat ga pa apa paling mati asal jangan ketahuan keluarga pasien, bila ketahuan berikan kata maaf atau berhenti kerja bereslah masalah…

    • tidak semua pns kes seperti itu contoh nyata pns kes yg kerja diluar negri tdk ada yg punya kasus malah lebih dihargai dan dipuji bangsa lain sobatku

  48. ASS.kapan ya kemenag mendapatkan tunjangan kinerja & kapan ya Rapel kenaikan gaji PNS dicairkan?,klu bleh usul nich di BI Daftar penilaian Pegawai,nilai yg di dapat oleh pegawai di apresiasi dg nilai brupa uang,coba ya PNS jga bgitu

    • yah begitulah klo tolok ukurnya intansi/KL bukannya PNS ybs…enakan yg dpt duluan to dah bs bli mobil rmh, yg laen msh spt pengemis…

      • yang beli mobil/rmh cuma dapet DPnya aja mas, buat bayar perbulanya nunggak 4bln gara” ditunda negara, alhasil mobil di tarik dealer dan rmh di segel..HAHAHAHAHAHAHHAAHHAAHAHHA *setres*

  49. Kalo mau jujur n melihat kenyataan bhw skrng bnyk tmbul kesenjangan antar pegawai dr yg namanya uang makan, tunjngn kinerja, tunjngn fungsl, tunjngn laennya lg dst, smpe kenaikan gj yg ga jelas… ada yg dpt n blm tp enakan yg sdh dpt kan…bayangkan 2-3 thn sdh dpt, lumayan… Tp yg blm apa jg bs mndpt sebnyk kurun wkt spt itu??? Hai para pegawai jangan cm diem sj apa komentarmu???? 😮 😮 😮

  50. koar koar minta tunjangan …. kerja yang becus dulu jangan internet an doang .. harusnya kita bersukur cobak tengok kebawah masih banyak orang susah ..

  51. kementerian agama tunggu remunerasi di surga,,, sebab walau pun sudah dapat WTP tapi tetap tidak diusulkan remun … biasa lah kalau soal agama dianggap penting hanya kalau ada konflik, atau kerusuhan yg menyangkut SARA…

  52. pemerintah indonesia adalah yg teraneh di dunia menurut saya. mau menyejahterakan rakyat dan pegawainya saja pakai berbagai alasan dg sitem yg dibuat-buat. maka yg terjadi banyak komplain dan iri hati karena ketidakadilan yg terjadi terutama soal kesejahteraan. tapi anehnya, kalau untuk kesejahteraan pejabat tinggi negara dan DPR, uang trilyunan diboroskan gak masalah tampaknya,,, ngasih tunjangan penyuluh yg nominalnya mungkin hanya 0,005% dari gaji pejabat negara saja masih milih2. berarti pemerintah gak percaya dg kinerja para penyuluh dari berbagai bidang yg telah diangkatnya sendiri,,, lebih baik gak usah angkat penyluh2 lain pak, kalau yg dpt tunjangan hanya penyuluh tertentu,,, betul2 tidak adil…

    • betul kata aji itu, PNS daerah kapan? zalim amat sama pegawai daerah..mang apa bedanya sama pegawai kementrian itu kita kerja juga setengah mati langsung berhadapan dengan masyarakat

      • bilang aja sama kepala daerah mu agar jangan korupsi sana sini juga para pejabat di daerahmu. karna semakin banyak korupsi semakin rendah PAD. apabial PAD di daerahmu tinggi, maka tunjangan kinerja pns di daerahmu tinggi juga…

  53. kata Sekjen Kemensos, tunkin kita dibayar Juni….bgmn Menpan&RB? mosok sama2 kita capek, nunggu tunkin gak nongol2

  54. Perindustrian remunnya belom keluar2 dah 5 bulan dari 2013.. ada info ga OM SETAGU? menkeu tanda tangannya kapan…

  55. Jika jujur kita lihat…..dibeberapa kementrian yg sdh mendapat remunerasi justru disana terjadi penyelewewngan yg paling besar, kenapa …..? Kami yg bekerja di instasi yg penuh dgn resiko dianggap blm layak mendapat tunjangan , apa yg salah dgn pemerintah kita….

  56. yang kroco2 komennya ada bnyk yg ngawur,,, jgn iri sm k/l yg dpt tunkin,, tp buru2 dicambuk deh pejabat2 teras kalian utk memikirkan proses reformasi birokrasi yg ujung2nya dpt tunkin,, kuncinya pada internal k/l yg bersangkutan,, pemerintah yg ngasih remun sih tinggal liat “MANA SYARAT2NYA UDH LENGKAP LOM????”, msh ada ya bayi tuek taunya minta tnpa paham kyamana prosesnya dpt sesuatu yg diinginkan… :mrgreen:
    indonesia bangeet!!!!

  57. USUL PAK PRESIDEN YANG MULIA , ANDAIKATA SETIAP MENJELANG LEBARAN BAGAIMANA KALAU DIADAKAN PENERIMAAN GAJI SECARA UTUH TANPA POTONGAN BIAR LEBIH LENGKAP PEMBERIAN KESEJAHTERAAN BAGI PNS TNI/POLRI.SAYA YAKIN SETIAP PEGAWAI RENDAHAN SEPERTI KAMI PASTI BANYAK POTONGAN TERIMA KASIH

  58. Pak setagu, mohon infonya ttg tabel tunjangan kinerja,teman saya di kemenkeu pajak dia Grade 9 dengan tunjangan kinerja 8juta an 😯 , kok beda ya dengan tabel yang diunggah pak setagu.?? ❓

    • emang grade 9 di pajak sekitar 6-8 kalo yg 8 jutaan itu sudah jadi account representative n tugaslah lebih dari pelaksana biasa. udahlah bersukur aja dengan apa yg ada, toh mereka juga tugasnya mencari duit buat gaji kita jadi wajar kalo tunjangannya lebih besar

  59. bukan pemerintah yang salah pak…semua pemerintah di dunia ini selalu berusaha meningkatkan kesejahteraan rakyatnya terasuk pns,,kalau masih ada yg korupsi itu oknum pak jangan digeneralisasi….

  60. adanya remunirasi bagi PNS berarti bertamba lagi penghasilan juga bertambah beban kinerja yang harus dipertanggumgjawabkan dunia dan akhirat.

  61. Maaf mau nanya nih yang tabel di atas apakah yg untuk 47% at 100 % ? Mohon jawabannya bagi teman2 yg dh dpt remun lbih dlu. Trims

  62. Maap bp2 ibu2 sekalian,, mohon berkenan menjawab pertanyaan saya,

    itu misalnya seorang pegawai yang udah diterima di salah satu L/k yang sudah di beri remunerasi (seperti disebutkan diatas), apakah otomatis dapet tunjangan kinerja?

    misalnya peg itu baru aja diterima, apakah minimal dapet yang kelas jabatan 1 (1,5 jt) ?

    mohon berkenan menjawab (serius nanya)

  63. YG JELAS KEMENTERIAN / LEMBAGA YG SDH DAPAT TUNJANGAN KINERJA BERARTI LAPORANNYA LENGKAP. UNTUK PERTANGGUNGJAWABAN NANTINYA…. ITU SAJA KOK REPOT. YG BELUM DPT BELUM UP TO DATE SEMUANYA TUH..

  64. Mohon pencerahannya. Saya sedang mencari dasar hukum bahwa besaran tunjangan kinerja didasarkan atas pencapaian Reformasi Birokrasi di K/L tersebut serta ketersediaan anggaran?

  65. saya JUGA PNS…
    yang saya pikirkan jika semua sdh terima remunerasi.., pengeluaran (APBN) bakal mengalami lonjakan yang sangat drastis untuk BELANJA PEGAWAI…
    selanjutnya tentu harus dikuti kesadaran sendiri dari masing2 untuk mengimbangi KINERJANYa selaras dengan imbalan yg diterima..
    jika semua pegawai di berbagai bidang melakukan ini maka PENGELUARAN BELANJA PEGAWAI TERSEBUT bisa diimbangi dg HASIL KERJA PRIBADI >>HASIL KERJA BAGIAN>> HASIL KERJA SAT. KERJA >> HASIL KERJA LEMBAGA/ KEMENTERIAN >> HASIL KERJA NASIONAL…

    sudahkah kita memikirkan SEMANGAT yg di JIWAI tanggung jawab peningkatan kinerja yg kita siapkan sbg konsekuensi PENINGKATAN PENDAPATAN YG KITA TERIMA????

    kenapa sy tanyakan HAL ini, krn sy melihat teman2 di beberapa kementerian termasuk di K/L saya sendiri..banyak membicarakan REMUNERasI.., KAPAN DATANGNYA.., setelah datang 30%.., ganti perbincangan menjadi KAPAN REMUNERasi menjadi 70% nya..?

    sementara kita analogikan Negara adalah perusahaan, dan anda adalah pemilik perusahaan tersebut.., anda ingin meningkatakan kesejahteraan pegawai dg meningkatkan tunjangannya berlipat2…, selanjutnya apa yg anda harapkan terhadap perusahaan anda tsb??? tentu keuntungan perusahan yang berlipat2 selaras dg biaya yg telah anda keluarkan untuk biaya produksi (termasuk didalamnya adalah biaya PEGAWAINYA)

    dr analogi ini seyogyanya kita menjiwai sumbangsih dan tanggung jawab apa yg kita harus siapkan setelah menerima remunersasi…tidak terjebak SEBATAS HANYA perbincangan KAPAN DATANGYA REMUNERASI DAN BERAPA NILAINYA????

    Terkadang saya merasa sedih…?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>