Tabel Remunerasi Kemenkumham

Tunjangan Kinerja Departemen Hukum dan HAM diatur dalam Perpres No. 40 Tahun 2011 tanggal 12 Juli tentang Tunjangan Kinerja bagi pegawai di Lingkugan Kemenkumham. Terdapat 17 grade dalam Perpres tersebut dengan besaran terendah diterima Rp 1.645.000.

Beberapa hal penting yang dijelaskan dalam perpres tersebut:

  • Tunjangan Kinerja diberikan terhitung mulai 1 Januari 2011
  • Pajak penghasian dibebankan kepada APBN TA yang bersangkutan, artinya tunjangan yang diterima bersih sesuai yang ada di tabel.
  • Ketentuan pegawai yang tidak berhak menerima tunjangan kinerja diatur lebih lanjut dengan peraturan Menteri Hukum dan HAM
  • Tunjangan resiko dihapuskan dengan pencabutan PP No 88 tahun 2006
  • Insentif khusus pada unit kerja di lingkungan Ditjen Peraturan Perundang-undangan dihapus
  • Imbalan jasa PNBP di lingkungan Imigrasi, Adm Hukum Umum, dan Ditjen HKI dinyatakan tidak berlaku.

Tabel Remunerasi Kementerian Hukum dan HAM dapat dilihat di bawah ini:

No Kelas Jabatan Tunjangan Kinerja (Rp)
1 17 19.360.000
2 16 14.131.000
3 15 10.315.000
4 14 7.529.000
5 13 6.023.000
6 12 4.819.000
7 11 3.855.000
8 10 3.352.000
9 9 2.915.000
10 8 2.535.000
11 7 2.304.000
12 6 2.095.000
13 5 1.904.000
14 4 1.814.000
15 3 1.727.000
16 2 1.645.000
17 1

Download Perpres No 40 Tahun 2011  di sini

Baca Juga:

217 Comments

  • malirja PAS
    August 25, 2011 - 8:15 pm | Permalink

    klo aq sih mendingan TUNJANGAN RESIKO AKU TERIMA DARI PADA NIH MENGHARAPKAN REMONERASI YANG PERATURANNYA UIH SELANGIT…………. so pada teman-teman yang lain ada 1 pertanyaan nih………MENGAPA TURIS DI HAPUS….SO KITA KAN KERJANYA DENGAN RESIKO DI LAPANGAN (lapas) :sad:

  • GG abis
    August 25, 2011 - 8:54 pm | Permalink

    10.450.000 …mantapppp

  • jujur
    August 25, 2011 - 9:37 pm | Permalink

    Alhamdulillah remunerasi sudah dapat diterima…tetapi masih ada hal yang harus dipertanyakan & diperjelas secara transparan…kenapa remunerasi tiap pegawai dijajaran kemenkumham dipotong 100rb dikarenakan utk pembangunan mesjid kemenkumham? Mohon penjelasan,karena kalo ditotalkan uang yg terkumpul sangat banyak dihitung dgn jumlah pegawai kemenkumham total 43.763 x 100rb = Rp.4.376.300.000,-…memangnya mesjid yg dibangun itu sebesar mana & apa lahan yg tersedia disekitar kementrian jg memadai…mohon penjelasannya agar tidak terjadi salah duga…terima kasih.

    • PNS baik
      August 26, 2011 - 6:45 am | Permalink

      Syukur alhamdulillah. Turut bahagia buat rekan2 pns kemenkumham, meski saya dari kementerian lain.

      Oya remunerasi nya apa sesuai dg tabel diatas ga 100%? trus sy baca komen2 diatas remunerasi cuma 70% itu maksudnya gmn ya? klo memang cuma dpt 70%, apa nantinya 30% sisanya dirapel atau gmn sih sebenarnya.

  • PNS baik
    August 26, 2011 - 6:28 am | Permalink

    Buat rekan2 PNS Kemenkumham, boleh tau ga tunjangan kinerja lama sblum diremunerasi itu per bulan dapat berapa ? Sy dari PU tunjangan TKK Rp 99.750

    thx

  • PNS baik
    August 26, 2011 - 6:30 am | Permalink

    Buat rekan2 PNS Kemenkumham, boleh tau ga tunjangan kinerja lama sblum diremunerasi itu per bulan dapat berapa ? Sy dari Kementerian PU tunjangan TKK Rp99.750

    Cuma ingin ngebandingin aja, thx

  • banker
    August 26, 2011 - 8:36 am | Permalink

    Tunjangan kinerja kemenkumham ini untuk yang pertama kali. Sebelumnya tidak ada. Besaran angka tunjangan kinerja merupakan angka 100 %. Semoga kementerian lain pun segera mendapatkan tunjangan kinerja tersebut.

  • untung
    August 26, 2011 - 9:38 am | Permalink

    Alhamdulillah dapat 17 juta lebih…. Buat bayar uang semester anak…

    • PNS baik
      August 26, 2011 - 10:56 am | Permalink

      mantab. btw itu rapelan tunjangan kinerja dari bulan januari ???

      Aduh kpn nih kementerianku dpt remun :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

  • Pegawai Lapas
    August 26, 2011 - 12:32 pm | Permalink

    Kami dari lapas ngucapin trima kasih buat pak Banker atas infonya yang akurat. Kita tunggu lagi info2 lainnya pak. Mohon maaf bila bapak sebetulnya seorang pejabat.

  • joni
    August 26, 2011 - 12:56 pm | Permalink

    pak banker remun 13 nya kapan dikeluarkan, kok gak disebutkan di juklak? thanks

  • Lapas Medan
    August 26, 2011 - 2:49 pm | Permalink

    Buat Bro BANKER dan teman yang telah menerima tunjangan kinerja, mohon informasi mengenai PAJAK, apakah Tunjangan kinerja yang kalian terima dipotong pajak atau tidak, karena di UPT kami santer berita Bahwa Tunjangan Kinerja akan dikenakan PPH .. Kami akan menerima Pada Hari Senin Tanggal 29 Agustus …

    Seharusnya setahu kami menurut PerPres dan Juklak, Pajak ditanggung Negara .. Trims, Mohon Infonya

    • remunewati
      August 26, 2011 - 4:07 pm | Permalink

      lapas medan@ memang benar tunj.kinerja kita kena PPH tapi gak usah kawatir karena kita juga dapat tunjangan PPH,, itu artinya pajak ditanggung oleh negara,,

  • orang Lapas
    September 2, 2011 - 11:47 am | Permalink

    Alhamdulillah…lebaran tahun ini kami diberikan rejeki remunerasi… Berapapun yang kami terima, akan kami nikmati dan syukuri… Amien…

  • Penjaga TPI
    September 5, 2011 - 6:32 am | Permalink

    Biarpun harus kehilangan insntif pnbp, tapi kita iklas koq. Kan remunnya lebih gede drpd insentif.

  • Warga Pengayoman
    September 8, 2011 - 6:23 am | Permalink

    Gak ada gunanya ngeributin beda grade. Kita nikmati aja yg ada. Trus, kapan nech pembayaran remun berikutnya ? Pak Banker, mohon pencerahan. Soalnya info pak banker 99 % tepat akurat.

  • Im Soetta
    September 9, 2011 - 7:05 am | Permalink

    Katanya, remun bakal dibayar lagi bln September ya ? Om banker yg baek…kasih bocorannya donk….

  • Ngiri.com.net
    September 23, 2011 - 9:02 am | Permalink

    setelah baca2 di atas, jadi ngiri nih :twisted:
    kapan ya ditempatku ???
    moga paling lambat taun depan

  • banker
    September 23, 2011 - 11:26 pm | Permalink

    Pembayaran remunerasi berikutnya adalah untuk bulan Agustus, September dan Oktober. Pembayaran akan dilakukan di bulan Oktober.

  • panjul ganteng
    September 23, 2011 - 11:43 pm | Permalink

    Terima kasih pak banker…. Berarti bulan depan bisa bayar DP rumah… Mantaaaaapppssss !!!!

  • Im singkawang
    September 24, 2011 - 1:33 pm | Permalink

    Jangan sampe telat ngirimnya bos

  • October 3, 2011 - 12:29 pm | Permalink

    Kita semua jg berharap demikian, pembayaran tunker tahap2 dpt d bayar bulan oktober..namun apakah tunker untuk bulan okt bisa dibayar tanpa ada acuan pelaksanaan kinerja seperti absensi dsb untuk bulan okt..mohon penjelasannya pak banker trims

  • banker
    October 27, 2011 - 4:37 pm | Permalink

    Para Kepala Kantor agar memerintahkan bendahara untuk memantau masuknya transfer tunjangan kinerja tahap 2, mulai tanggal 28 oktober 2011 pukul 12 siang.

  • ton_qiu
    October 28, 2011 - 9:56 am | Permalink

    Pak banker mhn info tunker yg tahap 2 dapatnya brp bln.. Jd hari ini sudah bisa cair ya pak.. Thx

  • banker
    October 29, 2011 - 11:00 am | Permalink

    Tunjangan kinerja tahap 2 dibayarkan untuk 3 bulan. Bila sudah masuk rekening bendahara, dapat segera dibayarkan untuk seluruh pegawai

  • JOJON
    October 30, 2011 - 9:55 pm | Permalink

    TAHAP 3 NYA KAPAN DAN BERAPA BULAN

  • joni
    October 31, 2011 - 11:18 am | Permalink

    pak banker, remun 13 nya kapan dicairkan, thanks sebelumnya

  • November 1, 2011 - 2:32 pm | Permalink

    Lapas balikpapan msh nihil pak

    • KALAPAS
      November 1, 2011 - 2:47 pm | Permalink

      KALAU MAU PENUH TUH LAPAS BALIKPAPAN, LOE KASIH MASUK AJA SEMUA ORANG YANG ADA DI MALL, DIPASAR, DI RUMAH SAKIT KE LAPAS BALIKPAPAN, BIAR LAPAS BALIKPAPAN PENUH, DASAR LONTONG.. :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll:

  • November 3, 2011 - 11:20 am | Permalink

    Dg tdk mengurangi rasa hormat..bpk kalapas gadungan klo ga ngerti permasalahannya ga perlu komen2 seperti itu, krn sama sekali ga nyambung sm materi yg diobrolin,,,sebaiknya dibaca dulu dr awal baru komen.. tolol n katro bngt..

  • banker
    November 10, 2011 - 7:52 am | Permalink

    Tunjangan kinerja bulan ke – 13 akan dibayarkan juga.

  • November 11, 2011 - 8:46 am | Permalink

    Tunker bln 13 dibayarnya bareng tunker bln November n Desember ya pak banker ???

  • muhammad tarah
    November 11, 2011 - 10:55 am | Permalink

    :smile: mari kita tingkatkan disiplin kinerja wahai para PNS sudah terima remunerasi tentunya kinerja ditingkatkan dan dilaksanakan dengan iklas ,jangan lagi korupsi waktu dan korupsi yang lain-lain kasihan rakyat ( sama saja membayar pangangguran terselubung).

  • Pgw Badan POM
    November 11, 2011 - 12:13 pm | Permalink

    :smile: alhamdulillah BPOM sdh disetujui anggarn rermun.cuma masih blm jelas aja sistem grade seperti apa.kalau ky di Kemenkumham kok kayanya kasian ya para staf,jadi dari grade 17 sampai grade 5 itu diborong sama jabatan struktural.. padahal sebenarnya yg perlu remun itu justru yg dibawah2 ini.. kasian

    • Pgw Badan POM
      November 11, 2011 - 12:25 pm | Permalink

      Om Setagu.net.. kalau tunjangan yg dari PNBP masih dibayarkan ga sih?tk

  • nico
    December 1, 2011 - 2:03 pm | Permalink

    uda pada dapat remunerasi ja pada ribut….
    giliran kami kapan nich cairnYa…..
    kami dari dep.perhubungan lauT…
    soalnya data2 kami baru dikirim…
    kira2 kapan ya cair?

  • Pgw Badan POM
    December 2, 2011 - 12:57 pm | Permalink

    wah bakalan lama mas… sdh ada ISO 9001:2008 belm??biasanya instansi dulu yg siapin,kl dah siap br ajuin ke Kemenpan,hbs tu diverifikasi sama kemenpan,setelah lolos,diajukan ke kemenkeu,lalau baru ditandatangani tim Reformasi Birokrasi yg dipimpin Wapres,setelah itu baru terbit perpres remunerasinya… panjang kan alurny???

  • TM
    December 15, 2011 - 8:58 pm | Permalink

    :lol:
    selamat ya, smg kinerja di tingkatkan..
    dan smg lembaga lain juga remunnya dpt ditingkatkan oleh pemerintah…

  • banker
    December 19, 2011 - 12:12 pm | Permalink

    Tunjangan kinerja bulan ke 11, 12 dan 13 direncanakan akan mulai ditransfer tanggal 21 Desember 2011.

    • remunewati
      December 19, 2011 - 1:45 pm | Permalink

      :roll: berarti akhir bln ni bisa dibagi dong om banker?? oh ya om banker katanya ada wacana klo turis mo dikembalikan om apa bener itu?? makasih infonya,,,

  • banker
    December 21, 2011 - 5:43 pm | Permalink

    Bagi satker / UPT yang belum menerima transfer tunjangan kinerja, agar menyampaikan nama UPT dan nama bank nya.

  • bang bos
    December 21, 2011 - 6:56 pm | Permalink

    Ijin bertanya Om banker, wacana tnjangan resiko mau dkmbalikan gmana? soalnya hanya om banker-lah ujung tmbak informasi yg akurat buat kami didaerah..

  • Papua
    December 21, 2011 - 8:16 pm | Permalink

    Pak banker,turis apa bnr akan di byr kan kembl? Tlg infox…pak.
    Pak,kt di papua blm trm tunker thp 3…

  • Papua
    December 22, 2011 - 8:08 pm | Permalink

    Kwn2 di kemenkumham da pd trm tunker,k? Kt di papua blon trm…pd hal da berhrp bt natal nich…

  • nury
    December 23, 2011 - 8:22 am | Permalink

    klu tgl 21 baru msk ke setker kira2 kapan kami terima sbg pegawai bawahannya

    • Ainan Dhinan M
      December 23, 2011 - 11:14 pm | Permalink

      alokasi anggaran belanja pegawai di indonesia itu hampir mencapai +/- 50% dari APBN, jumlah pns +/- 4 JT ORANG + KELUARGANYA JADI 16 JT JIWA, dan sisanya yang 50%an lg itu digunakan/dibagikan utk kepentingan +/- 220 juta penduduk indonesia sisanya, Coba Pikirkan Wahai Para PNS/ASN negri ini….

      • Setagu
        December 28, 2011 - 12:31 am | Permalink

        Kalo dikaitkan dengan APBD (Daerah) rata-rata di atas 50 %, tapi kalau dibandingkan dengan APBN alokasinya sekitar 16-17%. namun masih diatas belanja barang yang hanya sekitar 9-10% (silakan googling).

  • banker
    December 24, 2011 - 2:35 pm | Permalink

    Tunjangan risiko dihentikan pembayarannya sesuai ketentuan Peraturan Presiden No. 40 tahun 2011. Bagi satker yg sudah menerima transfer tunjangan kinerja, dapat segera dibayarkan kepada para pegawai. Saat ini hanya Sekretariat Jenderal (Pusat), Itjen dan Ditjen AHU yang belum dilakukan transfer tunjangan kinerja.

  • OooO
    December 28, 2011 - 2:09 pm | Permalink

    Buat PNS kemenkumham yg sdh di remunerasi, ada ga “Tunjangan Kinerja” bulan 13 ? yah spt gaji 13 gt ??
    thx

  • papua
    December 29, 2011 - 10:39 pm | Permalink

    ada.kita di papua da terima kmrn.thx banker infox

  • papua
    December 29, 2011 - 10:43 pm | Permalink

    kt di kemenkumham trm bln 11,12,13.sy grade 3 trm 5.181.000.tnp ada ptgn krn rjn msk krj.

  • People
    December 30, 2011 - 10:51 am | Permalink

    tunjangan remun ini bayarannya rapelan ya ? ga dibayar bulanan ?

  • Kang Remon
    January 28, 2012 - 3:41 am | Permalink

    Mas setagu, Tabel Remunerasi BNN kapan di posting?

  • dhewee
    February 23, 2012 - 2:21 pm | Permalink

    mas setagu,remun u kemenkes kpn y kira2? Ada info g??

  • nuri
    March 8, 2012 - 10:24 am | Permalink

    om banker, remunerasi jan s/d maret 2012 kapan cair nih? q denar PP tentang kenaikan gaji 2012 sdh di ttd presiden ya? kapan juga tuh cairnay? thx

  • May 6, 2012 - 7:08 pm | Permalink

    :mrgreen: ikutan nimbrung dong guys??? apa betul peg bnnk yg dipekerjakan bs dpt remunerasi&LP???

  • May 6, 2012 - 7:14 pm | Permalink

    :mrgreen: soalnya dr bulan nopember 2011 kita peg bnnk dah disuruh buka rek bri ktnyanya jan 2012 cair dan lgs msk ke rek bri tersebut??? tp sampai sekarang kok blm cair-cair, ada gak alasan yg msuk akal knp blm bs cair/mmg tidak bs dicairkan?? soalnya di bnnk ku, alasanya gak jls n gak msuk akal pokoknya??? tq

  • fariz
    June 17, 2012 - 3:19 pm | Permalink

    jaman sekarang PNS gajinya beda-beda ga adil ga seperti jaman suharto gajinga sama ………….Trus py jare

  • teman
    July 15, 2012 - 10:06 pm | Permalink

    wahai para senior saya numpang nanya ya.
    kalau S1 bagian perancang peraturan perundang-undangan dengan alokasi penempatan Divisi Pelayanan Hukum dan Ham itu…
    1. saya ditempatkan di lapas atau di kanwilnya kemenkumham (saya ikut kanwil)?
    2. untuk remun saya masuk grade brp?
    3. selain gapok dan remun saya dapat apa lagi?
    terima kasih banyak dan mohon dijawab
    4. begitu masuk saya bisa pilih jabatan struktural atau jabatan fungsional dahulu apa langsung ke jafung?

    terima kasih, yang berbaik hati mau menjawab bisa di reply ato kirim email ke ted_chatme@yahoo.co.id

  • MARIA
    November 30, 2012 - 5:01 pm | Permalink

    udah remun ya??semoga kinerjanya semakin membaik dan gak ada yang nyambi jadi calo.terutama di imigrasi.amiiinn

  • BAKTINEGARA
    December 21, 2012 - 7:27 pm | Permalink

    Boleh nanyak pak banker,,,Untuk Yang CPNS biasa nya kapan dibayar tunker nya.dan untuk cpns masuk klas jabatan berapa? terima kasih pak… :grin: :grin: :grin: :grin: :grin: :grin: :grin: :grin: :grin: :grin: :grin: :grin: :grin:

  • hendrik
    December 31, 2012 - 5:09 am | Permalink

    walopun sy dari angkatan bersenjata tp sy mengucapkan selamat semoga kemenkumham dan kejaksaan bs dapet remunerasi lebih besar. sy tidak suka sirik2an dan tidak suka kalo ad yg jelek2kin lembaga lain hanya karena remunerasinya lebih kecil. bersyukur kepada Tuhan yg terbaik

  • January 8, 2013 - 7:43 am | Permalink

    kapan dibayar remon 70 persen…………………….. :evil: :twisted:

    • prana
      April 15, 2014 - 9:09 am | Permalink

      mas, kamu mending, aku nih masih 0%……..

  • perawat malas
    January 2, 2014 - 7:49 am | Permalink

    Bpjs harus di laksanakan 2014… Malas aku ngeresponnya soalnya ngga ada tambahan penghasilan hanya tambahan beban kerjaan, malas aku ke puskes.. bodo amat ahhh…

  • April 14, 2014 - 11:44 pm | Permalink

    Sangat membantu kawan

  • prana
    April 15, 2014 - 8:56 am | Permalink

    Mas Setagu.net… belum berita baru nih di bulan april 2014 ini..? siapa tahu ada yang menggembirakan. Kemenag sedih terus beritanya…

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>