Tabel Remunerasi Kementerian Keuangan

Inilah departemen yang telah melaksanakan 100 % remunerasi. Pelaksanaan remunerasi di Depkeu menjadi dasar bagi departemen lain untuk melaksanakan program serupa.

Pemberian tunjangan kinerja di Depkeu mulai diterapkan tahun 2007 dengan label TKPKN (Tunjangan Khusus Pembinaan Keuangan Negara) berdasarkan Kepmenkeu No. 289/KMK.01/02007.
Berikut tabelnya:

No Grade Tunjangan Gol/Ruang Eselon
1 27 46,950,000
2 26 41,550,000
3 25 36,770,000 IV/e Eselon I
4 24 32,540,000
5 23 24,100,000
6 22 21,330,000 IV/d Eselon II
7 21 18,880,000
8 20 16,700,000
9 19 12,370,000 IV/b Eselon III
10 18 10,760,000
11 17 9,360,000
12 16 6,930,000 III/d Eselon IV
13 15 6,030,000
14 14 5,240,000
15 13 4,370,000 III/b Eselon V
16 12 3,800,000 III/b Pelaksana
17 11 3,450,000
18 10 3,140,000
19 9 2,850,000
20 8 2,550,000 II/c Pelaksana
21 7 2,360,000
22 6 2,140,000
23 5 1,950,000
24 4 1,770,000
25 3 1,610,000 I/c Pelaksana
26 2 1,460,000
27 1 1,330,000 I/a Pelaksana

Khusus pegawai Dirjen Pajak ada tambahan tunjangan lagi yaitu Tunjangan Kegiatan Tambahan (TKT) dan Imbalan Prestasi Kerja (IPK).  Lebih lengkapnya dapat dilihat di sini.

 

Artikel Lainnya

Tabel Remunerasi BPKP Peraturan Presiden RI  No. 77 Tahun 2010 tanggal 15 Desember 2010 mengatur tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Badan pengawas Keuangan dan...
SOP Usulan Formasi CPNS referensi: menpan.go.id
Alokasi Belanja Pegawai Kementerian Negara/Lembaga TA 2012 Melalui rapat paripurna DPR RI tanggal 28 Oktober 2012, DPR RI telah mengesahkan UU APBN TA 2012. Dalam APBN 2012 Belanja K/L TA 2012 sebesar Rp 508,3...
Tabel Remunerasi Hakim MA Berdasarkan Perpres No 19 tahun 2008 dan Surat Keputusan: 70/KMA/SK/V/2008 pada bulan Mei 2008 MA mulai membayar tunjangan khusus kinerja Hakim dan PN...
Perkap No 21 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Tata Cara Pemberian Tunjangan Kinerja Polri Bahwa dalam melaksanakan reformasi birokrasi di lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan menghadapi tantangan tugas yang semakin berat dila...

Leave a Reply

323 Comments on "Tabel Remunerasi Kementerian Keuangan"

avatar

Sort by:   newest | oldest
caca
caca
6 years 4 months ago

itu grade berdasarkan apa ya…
bisa disimulasikan/dianalogikan dengan golongan/pangkat pns selama ini ga
trims.

setagu
6 years 4 months ago

@caca
untuk depkeu grade-nya sama dg bpk, silakan liat di Tabel Remunerasi BPK sdh saya tambahkan data mengenai grade yg sesuai dg gol PNS, tq

ozio
ozio
5 years 7 months ago

Untuk menghitung Grade itu gimana ya….
apa cukup dengan penilaian dari atasan…..?
mohon Pencerahan…..
kalau ada metodenya…tolong diinformasikan secara detil kepada kami…
saya pingin mengadakan penelitian..
please…info metodologi kirim ke email artamber11@yahoo.com

maman
maman
5 years 3 months ago

mohon pencerahan, pegawai dilingkungan DEPKES Pusat pasti dapat terima nga Remunerasi… kira2 kapan neee

maman
maman
5 years 3 months ago

mohon pencerahan, pegawai dilingkungan DEPKES Pusat pasti dapat terima nga Remunerasi… kira2 kapan neee

paijo
paijo
5 years 2 months ago

kenapa tunjangan reumunerisasi antara polri dan TNI kok gak sama,apa bedanya TNI sama POLRI…Masak Gol IIA PoLRI kalah dengan IA TNI…tunjangan Tamtama lebih besar daripada Bintara…..lucu banget…

Paimin
Paimin
5 years 1 month ago

Justru lucu kalau TNI dan POLRI sama, karena tdk sama itulah akhirnya POLRI memisahkan diri dari ABRI, polisi apa mau dikirim berperang. Kasihan tentara, harusnya juga malah tamtama lebih besar dari diberi tunjangan dari pegawai pajak.

Gimin
Gimin
4 years 11 months ago

MASALAHNYA APA KITA MAU PERANG? BANYAK TENTARA PE PENSIUN BELUM PERNAH IKUT PERANG.

gundul
4 years 5 months ago

ya udah kalo gitu sampeyan perang aja….pajak e gak usah tak urusin…trus yg mbayar sampeyan siapa….jangan sombong mas…kita sama2 butuh

haleluya
3 years 11 months ago

kalo untuk masuk tamtama syarat pendidikannya sama dengan pegawai pajak ga ya…?? 😆

Macan tidar
Macan tidar
9 months 12 days ago

Hari gini perang,situasi damai seperti ini lebih capek unit kesehatan,pendidikan,dan keamanan,mereka kerja jam 5 sudah dijalan jam pulang kerja jg dijalan,saudara saya di koramil kerjanya kerja bakti dan bersih lingkungan

toni
toni
4 years 2 months ago

kebetulan saya orang akuntansi dan tahu ada ortax terkait retribusi dll ada di sana…
dari ortax ada ada Keputusan Menteri Keuangan nomor 72/KMK.01/1996 tanggal 13 Feb 1996 tentang Besarnya Pemotongan TKPKN di lingkungan Departemen Keuangan yang Terlambat masuk dan Tidak masuk kerja…

yang jadi pertanyaan, kalau TKPKN itu sudah ada sejak jaman dahulu…
trus reformasi birokrasi itu berarti perhitungan penghasilan atau renumerasinya gmana ya?

trus tulung info dari temen2… sebenarnya reformasi birokrasi itu nanti seperti apa sich?
biar kita2 PNS yang belum juga pada tahu…
trimaskih

roby
1 year 11 months ago

untk PNS Kementerian Kelautan dan Perikanan di tahun 2014 ini kapan cair tunjangan kinerjanya mas?.mohon infonya ya

Rahmansyah
Rahmansyah
6 years 4 months ago

kok Renumerasi buat Depkeu dan BPK lebih besar dari pada MA …Hakim katanya pejabat negara tapi kalah besar dengan PNS gol III di Depkeu …Gimana nih padahal tugasnya berat dunia akherat plus taruhan nyawa…..

setagu
6 years 4 months ago

@rahmansyah:
Yang jelas remunerasi MA yang diterima sekarang masih 70 %, untuk naik menjadi 100 % masih perlu ada penilaian kembali soal reformasi birokrasi yg sudah dijalankan di lembaga MA oleh tim gabungan dari MA, Independen dan Kementerian PAN.

achmad
achmad
5 years 6 months ago

kalau MA yg mempunyai tgs lbh berat hny menerima 70%, mengapa Depkeu dan BPK menerima remon lbh tinggi? apa pertimbangan depkeu dan bpk untuk penilaian reformasi birokrasi? mengapa MA hrs dipertimbangkan kembali? dzolim hukumnya menunda sesuatu yg menjadi hak orang, apa lagi pejabat negara yg mempunyai tanggung jawab dunia akhirat dan nyawa taruhannya. jgn mentang yg megang uang lalu seenaknya memainkan hak orang lain, itu uang rakyat bukan departemen, dan rakyat selalu memerlukan keadilan dr MA, namun MA telah didzolimi.

Yono
Yono
5 years 6 months ago

Sudah terima saja untung, lihat PNS yang lain belum dapat. Memang sifat manusia kurang bersyukur atas apa yang sudah diterima.

pegasus
pegasus
5 years 5 months ago

Yang nentuin itu bukan Depkeu atau BPK mas Achmad, tapi Tim Reformasi, terus harus disetujui oleh DPR, kalo sudah 100% saya kira ga beda jauh…, kalo ga terima masih 70% perbaiki kinerja MA dulu, sekarang saya nanya, kalo mo ngurus sesuatu di MA, ada ngeluarin duit ngga?

PNS
PNS
6 years 3 months ago

coba ya semua PNS dapat Remunerasi……..

ono
ono
5 years 6 months ago

Jauh pangang dari api

ompick
ompick
5 years 5 months ago

kerja belum jelas sudah minta remunerasi ??? …

wongcilik
wongcilik
5 years 5 months ago

kalo semua pns dapat remunerasi….indonesia cepat atau lambat akan terpuruk dan hancur ……….. kalo bisa malah remunerasi itu ndak perlu yg perlu adalah kesejahteraan rakyat kecil….. toh sekarang gaji banyak utang pun pasti tambah banyak …. gaya hidup tambah mewah …. ini semua judul yg paling tepat ” yg kaya tambah kaya yg miskin tambah sengsara” …..

Paimin
Paimin
5 years 1 month ago

SETUJU BOS ! “makin besar gajinya, makin besar utangnya” cape dehhh

Tri Achmadi
Tri Achmadi
6 years 3 months ago

@caca & stagu: Grade vs Golongan Di Depkeu
1. Untuk pelaksana, secara umum memang lebih tinggi golongan akan mendapat remunerasi lebih tinggi. Namun itu tidak selalu. Untuk pemberian grade untuk pertama kali, sangat tergantung penilaian atasan. Selisih grade antara satu orang dengan orang lain bisa 2 grade. Dengan demikian pelaksana dengan golongan III/a bisa lebih rendah gradenya dari pegawai golongan II/d.

2. Untuk Pejabat Eselon: Semakin tinggi eselon, semakin tinggi grade. Tapi untuk pejabat dalam eselon yang sama, pangkat/golongan tidak ada pengaruhnya. Yang mempengaruhi grade adalah nilai jabatan. Ada beberapa kriteria untuk menentukan nilai jabatan. Dengan demikian sangat mungkin pejabat eselon III dengan pangkat IV/b gradenya 17, sementera pejabat eselon III lain dengan pangkat III/d gradenya 19.

3. Terdapat kemungkinan pegawai dengan golongan III/c ke atas gradenya hanya 12. Karena pegawai tersebut tidak dipercaya untuk memegang suatu jabatan.

Salam

setagu
6 years 3 months ago

@ tri:
makasih penjelasannya, jadi pembobotan nilai jabatan menjadi penting

fathanster
fathanster
5 years 5 months ago

mas untuk polri apakah besok mungkin sampai seperti depkeu yg sudah 100%?

Moko
6 years 2 months ago

Revisi : label atau istilah TKPKN sdh ada sejak tahun 70an bg pegawai Depkeu (bukan sejak ada program reformasi birokrasi th 2007).

Dika
6 years 2 months ago

Loh, kog kecil banget sich remunnya orang depkeu. Kog sodara sy yang di Serui terimanya 4 kali lipat dari itu.

zairi
zairi
6 years 2 months ago

i like it. for me, remuneration is important for my life
leading by example gitu loh

marno lampard
marno lampard
6 years 2 months ago

sri mulyani remunerasi jangan buat sendiri aja lembaga yang lain mana, hanya omong aja no bukti dan jangan mengiming-imingi remunerasi biar kerja bagus. Kerja dah bagus2 remunerasi tunggu kiamat. Kalau pemerintahan ini kepingin baik, bersih dari KKN cepet diturunkan ngomongnya th.2010 mana bukan omong yang kami inginkan sebagai pegawai gol.II tapi bukti……………..!!!!!!

Ega Aja
Ega Aja
4 years 3 months ago

jiakakak.. lah, SMI aja dah kmana gan.. masiii ngomongin SMI. sama pejabat yang sekarang dong protesnya…

arief
6 years 1 month ago

rumenerasi bagi kami adalah sebuah harapan hidup,bahkan jd angka harapan hidup karena bagi kami pns gol kecil sangat sangat membutuhkan sekali.kehidupan kami pns nasih kurang karena kami mengabdi penuh dedikasi yg tinggi hingga kepelosok negri,semoga pemerintah betul2 memperhatikan kami…amiiinn.

sugriya
sugriya
6 years 1 month ago

penilaian grade tidak fair, tergantung atasan yg menilai. Kalau atasan dekat dengan bawahan bisa cincailah,tp kl bawahan dibenci atasan gradenya ga bakal naik

jambi
jambi
6 years 1 month ago

MasyaAllah, alangkah besarnya kalian Depkeu…. itu baru remunerasi belum +++++ nya, moga kasus Gayus menjadi yang pertama dan yang terakhir buat korps sri Mulayani… Amiennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

Moh.Soekarno
6 years 1 month ago

Tunda Remunerasi di Lingkup Kementerian Keuangan sampai Gayus-Gayus lain dihukum Pancung. Kita liat selama penundaan remunerasi pegawai lingkup Kemenkeu, dapat dipastikan akan banyak mobil-mobil yang dikembalikan ke showroom, rumah yang lagi dibangun tidak terselesaikan, yang biasanya main golf dan pergi tamasya akan banyak berdiam diri di rumah, yang rekeningnya bertambah terus akan segera tutup rekening dan masih banyak lagi.. yang jelas jangan sampe gantung diri dikejar hutang.

Arif
5 years 1 month ago

Betul bos…pancung….

hendri
hendri
6 years 1 month ago

Kenapa kebanyakan orang lebih memikirkan dirinya sendiri (korpsnya sendiri)? Sistem penggajian itu berdasarkan apa Bu Sri Mulyani?? Banyak lho di departemen selain keuangan yang kerjanya lebih berat dan beresiko tetapi tidak dpt remunerasi. Sebagai contoh Seorang dokter (PNS) rumah sakit di pemerintah daerah, Golongan III B gaji nya 2,2 jt, seminggu 2 kali jaga malam tdk dapt tambahan apa2. Contoh lain di Dinas Pendidikan Pemda, ada yang bertugas sama dengan depkeu, yaitu bagian keuangan, tapi kenapa tidak dpt remunerasi? Kalo remunerasi berdasarkan sifat pekerjaannya.. Memang hanya depkeu saja yg kerjanya bth remunerasi??? Memang hanya Gayus- gayus saja yang pinter dan perlu dpt remunerasi??? Tolong perhatikan asas keadilan, Jangan karena merasa yang berkuasa menyetujui remunerasi terus hanya memikirkan korpsnya saja Bu..

mamase
6 years 1 day ago

dokter udah dapat puluhan juta dari buka praktekk mas!

Bye
5 years 9 months ago

Dokter mana yg udh dpt puluhan juta dari buka praktek ? Kalo Dokter baru kemaren sore keterima PNS-nya mana mungkin bisa dpt puluhan juta dari buka praktek, kalah populer dgn Dokter-Dokter senior, sotoy banget dikau..

donnie
donnie
5 years 7 months ago

mohon maaf,saya akan meluruskan sedikit saja :
1. Analogi sederhana : apakah anda mau digaji dg gaji yg sama apabila anda bekerja di bagian suatu perusahaan yg bertugas mencari sumber dana bagi perusahaan dengan bagian lain di perusahaan anda yang bertugas di bagian yang tidak mencari sumber dana,misalnya bagian hrd? atau apakah anda sebagai pimpinan perusahaan akan menggaji yang sama antara bag pencari sumber dana dg bag hrd?
2. Pegawai Depkeu (Bea dan Cukai) yang ditempatkan di pos penjagaan antar negara dimana akses untuk ke kota sangat sulit,disamping itu ia juga harus menjaga agar tidak ada barang terlarang yg masuk ke negara kita dengan risiko dibunuh dan dibebani tugas untuk tetap memenuhi target penerimaan negara. Bagaimana dg mereka tersebut?
3. Bagian keuangan Dinas Pendidikan pemda tidak memiliki persamaan sifat pekerjaan,karena mereka tidak memiliki tugas sbg revenue collector,dll (coba bandingkan fungsi keduanya,apakah sama)
Terimakasih.

Putra
Putra
5 years 6 months ago

Maaf, saya coba memahami analogi anda, tetapi terkesan Subyektif, kalo melihat dari sistem, ya semua punya tupoksi dan resiko kerja tersendeiri, ya tugas depkeu mengelola keuangan negara, bicara Tugas, pernah anda berpikir ttg saudara2 kita yang dari kepolisian dan TNI di perbatasan, atau ditengah hutan menumpas GPK, atau seorang guru yang hidup di pelosok kalimantan, harus berjam2 menelusuri sungai dan hutan, termasuk juga seorang juru kesehatan, atau seorang hakim yang dikatakan sebagai pejabat negara tetpi tidak mendapatkan fasilitas apa2 sebagai pejabat negara, mari kita obyektif melihatnya.

ono
ono
5 years 6 months ago

Merupakan sifat manusia yang memperturutkan hawa nafsu, selalu mementingkan dirinya, dan menganggap bahwa dirinyalah yang paling.

interisti
interisti
5 years 2 months ago

putra : maaf, sbagai tambahan info saja, d internal kemenkeu saja terdapat perbedaan penghasilan yg lumayan mencolok..Direktorat Pajak yg paling besar penghasilannya dibanding Direktorat laen,misalnya dibandingkan dengan Bea Cukai yg di beberapa kantor kerja 24 jam non-stop,pengawasan di pelabuhan,bandara,di perbatasan negara(pelosok2)..penghasilan pegawai Bea Cukai ‘hanya separo’ dari pegawai Pajak,tetapi mreka tetap bekerja scra profesional n slalu berprestasi,sbgai contoh tentunya anda sering liat brita di tv aparat bea cukai menggagalkan penyelundupan narkoba di bandara internasional..So,lebih baik qta bersyukur atas rejeki yg telah Allah berikan kepada qta dan bekerja dgan profesional,membuat prestasi,dan memajukan bangsa Indonesia..dan smoga pemerintah mewujudkan semua harapan PNS pusat maupun daerah..Jayalah terus Indonesia

budi
budi
5 years 5 months ago

orang goblok sok pintar, emang duit nenek moyang loe

gak kuliah gak kiamat
5 years 5 months ago

mas analogi sampean yo lucu tohh… itu cuman pembenaran…

coba lihat guru-guru SD sampean yang PNS dan mendidik sampean bisa pinter sehingga sampean bisa bisa cari duit kira-kira apa tugasnya LEBIH RENDAH dari sampean yang katanya nyari duit negara,,,

Coba tuh tengok guru2 SD yang dipeolosok-pelosok… nggak usah luar jawa deh,, daerah jawa aja… (sampean dulu pernah KKN pas kuliah nggak) tanya berapa gajinya?

apa mendidik anak-anak desa jadi pinter itu pekerjaan mudah?

duh mbok kalo nggak bisa ngasih penjelasan yang logis… nggak usah ngomong mas 🙁

syaifuddin
syaifuddin
5 years 5 months ago

betul tu mas,saya guru PNS tiap bulan gali lubang tutup lubang.

ehem
4 years 4 months ago

tp di tempat saya ada lho guru yg ngajarnya gantian….
soalnya sekolahnya merger jd ada dua guru dalam satu kelas…
alasan merger karena kurang murid…
Nah kalo yg kayak gini gmn…??

bea cukai,ga semuanya kerja di perbatasan….
TNI ga semuanya berperang….
POLRI ga semuanya nilang…eh-eh…
guru ga semuanya ngajar di pelosok….

jd seharusnya rezeki itu sudah ada yg ngatur…

misal guru,,selesai ngajar bisa berwiraswasta….
apalagi guru SD,,kelas satu pula…
depkeu kerja dari jam 7.30 sampe 17.00…
bisa wiraswastakah..??
TNI terikat dengan instansinya….

rejeki datang dari semua pintu…
jangan khawatir…
yang dikhawatirkan,,halal atau haram…
diridhoi atau dilaknati….

semua adalah pilihan…
kenapa ga kerja saja di depkeu….
udah jelas2 gede tu apa namanya….
ga lolos USM STAN atau ga lolos seleksi pegawai di depkeu…
semua adalah rejeki sodara-sodara…
kenapa harus diributkan…??
apakah semua lapisan masyarakat sudah semakin hedon..?
🙂

andi
6 years 1 month ago

bagaimana dengan dokter pns di daerah terpencil yang kerja 24 jam dengan resiko tinggi?

supangat guru sd sukobubuk 01

gayus pancen asu ,gaji besar masih korupsi pa di kroyok masa ja? gak tau terima kasih.

ehem
ehem
4 years 4 months ago

buat apa mas mengumpat..??
dia kan dididik dari SD sampe kuliah….
ada yg salah gak waktu dia diajar..??
atau pantaskan gayus balik mengumpat kepada guru-gurunya…??

Ega Aja
Ega Aja
4 years 3 months ago

Bapak Guru yang sopan dong komennya.. 🙂

pns lain
pns lain
6 years 1 month ago

depkeu hebat yah bisa mencetak pns anti korup kayak gayus hahahaha…. keknya gayus pengen remunerasinya dinaikkan lagi, biar pns dari instansi lain mati aja ga apa buat dia..

mahdi
mahdi
6 years 16 days ago

kalo ngak ada remunerasi depag bubar aja

nazarudin
nazarudin
5 years 1 month ago

setuju, memang depag baiknya bubar aja….!

ehem
ehem
4 years 4 months ago

setuju…..!
ngurusin haji aja ga smoothy….
🙂
udah gitu korup pula…
(maksudnya oknumnya)
departemen AGAMA lho…
😛

hendro
hendro
3 years 11 months ago

setuju..bubarin aja…lagian yang biasa Cheat saat Nyairin duit Kan Satuan Kerja DEPAG?

indah
indah
6 years 14 days ago

Setahu saya kementrian keuangan menjadi pilar ekonomi negara. Remunerasi digulirkan agar PNS dapat hidup layak, kalo muncul kasus Gayus mnurut saya itu hanya oknum.jangan sampai digeneralisasi. Kalo kementrian keuangan beda dengan instansi lain(lebih dulu) krn kementrian keuangan menjadi proyek percontohan untuk program remunerasi ini. semoga instansi lain segera menyusul.
yang perlu diingat hampir 70% penerimaan negara diperoleh dari pajak….:)

hendro
6 years 5 days ago

emangnya depkeu aja yang pilar negara. kita heran kenapa tidak disamakan semua pns coba dipikirkan kita bisa baca karena guru, guru bisa mengajar karena sehat, kesehatan tercapai karena pertanian baik, dll. jadi tidak ada yg lebih baik, bu SMI semua baik, tetapi koruptor banyak di dep???? lihat aja kekayaan mereka… di dep???? dgn dep lain jauh beda ibu.. sepertinya ada kasta2 di antara pns,???

donnie
donnie
5 years 7 months ago

mohon maaf,hendro
1. Apakah anda mempunyai data yang akurat dan terpercaya mengenai perbandingan jumlah koruptor antar departemen berikut kekayaan mereka?
2. Guru yang membuat anda bisa membaca memperoleh gaji dari penerimaan negara (+/- 70%) yang dikumpulkan dari departemen keuangan (ditjen pajak dan bea cukai)
Terimakasih.

gak kuliah gak kiamat
5 years 5 months ago

benar- sampean juga nerima dari duit negara… tapi masalahnya khan bukan itu yang dibahas to mas?

duh sampean ini kok muter2 🙂

bintang
bintang
5 years 11 months ago

“70% penerimaan negera diperoleh dari pajak” TAPI (mungkin) lebih dari 90% yang mbayar pajak bukan pegawai DEPKEU. tuh para guru, TNI, dll dikemanakan???

*yang bayar pajak siapa, yang dapet siapa??? ckckck

barokokok blkekok samidin
barokokok blkekok samidin
5 years 10 months ago

wah pede amat tuh orang pajak.. dia ga sadar hampir 95% uangnya darimna yang bayar pajak rakyat….emng dia yg punya uang…yg nyetak uangnya….coba buka donk matanya…yg bayar pajak tuh…rakyat, TNi/Polri, petani,buruh, termasuk orang miskin juga pada bayar pajak….eee malah yg makan uang rakyat orang-orang pajak….awas tuh perutnya buncit…trs meletus tus tus tusss Duaaaaaaarrrrrrrrr (kya Bom az hihihihih)

donnie
donnie
5 years 7 months ago

mhn maaf, sy akan meluruskan sedikit saja :
– TNI/Polri dan PNS diberikan tunjangan pajak penghasilan yang nilainya sama dengan pajak penghasilan yg seharusnya dibayar, jd dgn kata lain mereka tidak membayar pajak.
– orang miskin, petani, dan buruh yang penghasilannya pertahun tidak melebihi PTKP perorang sebesar 15.840.000,maka tidak dikenakan pajak atas penghasilannya tersebut.
– pajak merupakan instrumen pemerintah agar terjadi subsidi silang antara orang2 yg dianggap mampu (dan atau kaya) kepada orang2 miskin dengan pembayaran pajak orang2 yg dianggap tidak miskin (dan atau kaya) tersebut.

helen
helen
5 years 4 months ago

maaf juga mas donnie saya juga ingin meluruskan sedikit:
TNI/Polri dan PNS memang menerima tunjangan pajak penghasilan sebesar pajak terutang (itu untuk gaji) namun tunjangan tersebut hanya ditanggung pemerintah untuk PPh 21 berupa gaji, tapi untuk PPh 21 yg bersifat final seperti honor (PNS gol III ke atas dikenakan tarif sebesar 15%) dibayar oleh PNS itu sendiri jadi jangan dibilang PNS tidak membayar pajak.
selain itu pajak negara tidak hanya berupa PPh 21 saja kan, PPn, PPN, PBB juga pajak? itu baru pajak negara,..pajak propinsi n pajak daerah yg kita bayarkan itu apa dunk namanya, kok bisa TNI/Polri dan PNS mas bilang sama aja gak bayar pajak?

mhew
mhew
4 years 4 months ago

kayaknya orang pajak jg bayar pajak…
ga tau ya..?? :mrgreen:

opik
opik
5 years 9 months ago

yang punya uang pajak rakyat bukan dirjen pajak atau depkeu. Dirjen pajak/depkeu cuma narikin uang aja. jadi pendapatan negara 70% dari pajak lebih pada prestasi rakyat.

must
must
5 years 4 months ago

yang punya minyak juga bukan pegawai Pertamina, kenapa gaji pegawai pertamina besar? yang punya uang di Bank Indonesia juga bukan pegawai BI? kenapa gaji mereka besar? Garuda, PLN, dan banyak BUMN terus terusan rugi, kebapa Fasilitas mereka lebih baik dari pegawai Depkeu? cobalah berfikir jernih….

Putra
Putra
5 years 6 months ago

terus kalo 70% diterima dari pajak, lantas memperkuat posisi anda sebagai pengelola pajak untuk mendapat remunerasi??, Pajak dari rakyat, dan Pegawai lain juga rakyat, maka harus ada equlity disitu, kalo mau cari alasan ya yang rasional dong Mbak…

aryo kusumo
aryo kusumo
5 years 1 month ago

sesama PNS jangan berantem… kalo emang merasa gajinya gak sesuai ama kemampuannya, yah tinggal keluar aja to’… tinggal cari dimana perusahaan dalam negeri yang mau menggaji anda sebesar yang anda inginkan dengan menjual kemampuan anda… membangun negara tidak harus jadi PNS kok… sayapun kalo sudah punya kemampuan lebih… mau jadi usahawan… menciptakan lapangan pekerjaan… tidak merengek-rengek remunerasi… tapi karena saya belum ada kesempatan dan kemampuan.. saya menerima saja dibayar sesuai kemampuan saya… ingat kalo merasa gak puas dengan gajinya… silahkan keluar dari PNS… gampang kan.. pemerintah juga gak bakal tinggal diam kok… semuanya akan disejahterakan, tapi yah mesti sabar… gak bisa langsung semuanya…
Negara mau memberikan remunerasi pada semua kementrian dan lembaga, tapi kalo pemberiannya bareng2 semua sekaligus kan APBN ga kuat. makanya, mesti dikit2 dulu, sbagai pilot project, diberikan pada BPK, DEPKEU, dan MA dulu (tahun 2007), trus setau saya untuk tahun 2010 ini menyusul BAPPENAS, MENPAN, dan aduuh saya lupa satu lagi, trus tahun 2011 yang udah ada kabarnya baru KEMENTRIAN KEHUTANAN….

Lhoh kok, BPK, DEPKEU, dan MA duluan? jawabannya, DEPKEU yang pegang duit, BPK yang memeriksa, dan MA yang nangani hukumnya…not that simple, tapi secara institusional, baru tiga lembaga itu yang pucuk pimpinannya sanggup mendesain program reformasi birokrasi SECARA JELAS di instansinya masing2.

dan

helen
helen
5 years 4 months ago

70% penerimaan negara dari pajak ya mbak?
trus 70% itu dipungut oleh fiskus yg bekerja di kemenkeu gitu?
trus maksudnya pajak yang pake azas self assessment apa ya?
aturan perpajakan kita sangat jelas kan mbak, gak ada fiskus jg pajak yg 70% itu akan mengalir ke kas negara coz sanksi perpajakan sangat jelas.. malah mungkin dengan tidak adanya oknum fiskus yg curang (seperti gayus) kemungkinan bisa lebih dari 70%. kita bukannya iri dengan renumerasi di jajaran kemenkeu tapi mbok ya jangan dgn alasan di kemenkeu sumber penerimaan negara trus disitu ada renumerasi. Mgkn cukai lgs ditangani oleh petugas di kemenkeu tp pajak lain spt PPN, PPh, n PBB? PBB jelas2 yg mungut pemerintah desa (untuk WPOP), KPPBB tinggal ngasih target ke pemda.
Prinsipnya saya setuju renumerasi tapi jelas kriterianya, bukan hanya coz suatu instansi itu menghimpun (karena memang kemenkeu hanya menghimpun bukan memungut lgs ke WP/kecuali tuk kasus khusus, misal krn dicurigai menggelapkan pajak, n biasanya tuk yg spt ini terjadi nego2 pajak terutang) penerimaan negara trus berhak menerima renumerasi 😀

Arif
5 years 1 month ago

Oknum….?! tapi komunitas cocok dengan habitatnya….indah seindah omongannya tp beracun banyak gayusnya

jibman
jibman
6 years 10 days ago

Bukan masalah generalisasi kasus gayus tambunan tapi inilah fakta yang ada.. Dan dari sisi global masyarakat, nama lembaga/ kementrian telah tercoreng…
Bagi masyarakat yang tidak berpendidikan sekalipun menaruh tinta merah atas kasus tersebut… kurang puaskah anda dengan remunerasi sehingga sedemikian rakusnya anda menghisap darah rakyat miskin??
if we can give a warranty for 100% whether corruption in financial affairs can be reduced after being given remuneration but hopelessly the the answer is “NO”.
According to statistics, lots of projects include census, survey, pilot survey can yield inflation rate, the total of population, human developmnt index, AHH, etc..

satpam
satpam
5 years 9 months ago

KALAU SAYA MAH SUDAH BERSYUKUR DENGAN APA YANG SUDAH SAYA DAPATKAN SEKARANG…SAYA BARU 11 TAHUN KERJA DI PEMERINTAH…GOLONGAN II/A…KALO DICUKUP2 KAN YA PASTI CUKUP…NGGAK PERLU MENUNTUT TERUS…KARENA REJEKI UDAH ADA YANG NGATUR….YANG PENTING SEKELUARGA SEHAT, ANAK2 JADI ANAK YG TAAT BERAGAMA DAN SAYA TIDAK PUNYA UTANG KE BANK…PERCUMA KALAU GAJI BESAR TAPI SAKIT2AN…DAN STRES TAKUT DI PENJARA….HARTA NGGAK DIBAWA MATI…HIDUP INI CUMAN SEBENTAR BAPAK2 IBU2..PALING LAMA 120 TAHUNAN ITUPUN UDAH PIKUN…SETELAH MATI AKAN MEMPERTANGGUNGJAWABKAN KELAKUAN DIDUNIA INI DAN ITU LAMANYA RIBUAN TAHUN LEBIH….TOBAT.

mhew
mhew
4 years 4 months ago

saya suka dengan km sodaraku…
pikiranmu lebih dewasa… 😀

jeni
6 years 9 days ago

menurut saya, remunerasi merupakan bentuk ketidak adilan dan yang justru akan memicuh timbulnya perpecahan, dan ini sangat tidak sesuai dengan ideologo kita pancasila, terutama sila ke 3 dan ke 5, bayangkan tenaga kesehatan khususnya perawat dan bidan yang kerja siang malam menagani pasien, dengan resiko pekerjaan yang sangat besar untuk tertular penyakit seperti HIV, AIDS, TBC, Hepatitis, Flu-Babi dll, hanya mendapatkan gaji plus tunjangan fungsional yang hanya 260.000 per-bulan, pikirkan sekali lagi nasib kami ini, yang hanya memikirkan nasib PNS di departemen tertentu saja, dari pada bagini lebih baik semuanya ditiadakan saja, biar adil…..

Rudifa77 (FJR)
Rudifa77 (FJR)
6 years 8 days ago

Tolong utk remunerasi Depkes harap diperhatikan lagi secara seksama..

Thanks,

TAZKIA
TAZKIA
6 years 7 days ago

AMAT WAJAR GAJI PNS SEJUMLAH ITU, KARENA NILAI PROFESIONAL DAN AMANAH SEBANDING UNTUK KEMAJUAN BANGSA. TAPI PERLU DILAKUKAN PENGAWASAN KINERJA DAN HUKUMAN YANG MENYALAHGUNAKAN KEKUASAAN. SALAH TETAP SALAH BENAR TETAP BENAR. KALAU KITA PERHATIKAN, BANYAK ORANG BERSEMBOYAN: KALAU BISA DIPERLAMBAT KENAPA DIPERCEPAT, KALAU BISA DIPERSULIT KENAPA DIPERMUDAH. SEMBOYAN ITU ADA DIMANA-DIMANA

herwan
herwan
5 years 11 months ago

wahahahaha….ini sepertinya yang komentar PNS orisinil…..sip..sip…yang penting kinerja, jangan cuma minta duit tok. perhatikan tu masih banyak yang belum sejahtera…jangan jadi munafik di dunia ini, tapi perhatikan orang yang ada di sekitar anda….

hendro
6 years 5 days ago

jika kinerja dinilai oleh atasan maka kkn akan semakin subur, karena akan terjadi asal bapak senang.. didep saya bekerja ada orang yang jika pengawas masuk malam datangnya pagi hari menulis laporan dan sekarang posisinya naik jadi kaseksi.. gimana tuh. tlg dipertimbangkan.. jadi kita berpikir yg penting dekat ama bos kinerja tak perluuuuu… itu sudah pasti ayooo dekat ama bosss klu mau grade tinggi, memanglah indonesia selalu mundur kebelakang ngak pernah mau maju. karena bos ngak suka dengan staff yg idealis dan pintar bekerja. ayooo cari muka rame2 ama bos… setor berapayahhh biar grade tinggi////

mhew
mhew
4 years 4 months ago

apa harus dinilai tetangga…?? :mrgreen:

RENO
RENO
6 years 4 days ago

saya seorang pegawai LAN RI, Menurut Dirjen Anggaran RI Anny Ratnawaty, anggaran remunerasi sebelas kementrian dan lembaga bisa cair, jika harus diawali dengan pengajuan reformasi birokrasi dari lembaga yang bersangkutan dahulu.
Permasalahannya yang saya dengar, jika remunerasi berjalan, dari segi finansial , maka pendapatan yang diterima para pimpinan maupun bagian yang basah akan sangat berkurang dengan drastis, istilahnya rugi.
1. Pertanyaannya, bagaimana menyikapi dan memperlakukan hal tersebut jika dari lembaga yang bersangkutan ogah-ogahan mengajukan format reformasi birokrasi yang berimbas pada remunerasi yang akan merugikan mereka “para pimpinan ” ( karena sebenarnya kinerja dari sisi keuangan saja LAN sudah menjadi rutinitas memperoleh predikat ( WTP ) wajar tanpa pengecualian pemeriksaan dari BPK ). + predikat prestasi lainnya + menjadi salah satu team perumus kebijakan reformasi birokrasi
2. Apakah bentuk reformasi birokrasi bisa dijalankan seperti bentuk penerapan peraturan ( seperti penerapan PP 41 tahun 2007 tentang pembentukan SOTK di tingkat daerah yang harus diterapkan secara serentak dalam 1 tahun, bahwa hal tersebut harus segera dilaksanakan dengan mengacu bahwa lembaga / departemen tersebut sudah dapat memenuhi kriteria, layak mendapat remunerasi.

RENO
RENO
6 years 4 days ago

Uang Makan adalah uang yang diberikan kepada PNS berdasarkan tarif dan dihitung secara harian untuk keperluan makan PNS. Uang makan diberikan paling banyak 22 hari kerja dalan 1 bulan. Tahun 2010 uang makan mengalami kenaikan Rp 5.000 menjadi Rp 20.000 per hari. Sebenarnya pagu definitif sudah dikeluarkan Menkeu dengan SE-2679/MK.02/2009 hanya saja sampai saat posting tulisan ini, uang makan yang diterima masih 15.000 per hari karena belum ada Surat Edaran dari Dirjen Perbendaharaan mengenai teknis pembayaran uang makan PNS.

Trus kerjaaan dari Dirjen Perbendaharaan tu ngapain aja ? bukankah hal tersebut sudah berlarut-larut cukup lama, kasihan beban hidup para pelaksana rendahan berbanding dengan beban biaya hidup, jika hal yang mendasar dan primer ( perut ) masi saja tidak bisa dikerjakan dengan tempo yang sesingkat-singkatnya.
Dari Dirjen Anggaran mungkin dan pasti tidak merasakan karena meeka sudah mendapat remunerasi, tp bagaimana dengan para pegawai lainnya di seluruh indonesia ?
Apakah dari depkeu tidak dapat melakukan meng-audit Dirjen Anggaran( salah satu ) kinerja yang melempem seperti ini, malu ah udah makan gaji buta aja, tp kinerja melempem.

bonnie
bonnie
5 years 5 months ago

mas reno: matamu soak mas…coba sampeyan kerjo nang perbendaharaan..lek gak ngerti gak usah nggacor mas..

kopet
kopet
5 years 5 months ago

Reno : Gak usah kbnyakan ngeluh, kalo gaji kurang di PNS loe kluar aja..
Kalo pengen dapet remun, nglamar sono di depkeu. Tuh otak masuk standard gak di tes masuk nya, asal tau aja standard nya sangat tinggi. Atau nasib emg menderita n banyak mengeluh kali maka nya gak maju2. Kasian org indonesia punya rakyat kyk gini.

obi
obi
5 years 2 months ago

@bonnie n @ kopet :> keren banget kata” terahirnya aku suka banget….
itulah manusia selalu membanding- bandingkan rumput tetangga yang lebih hijau, tanpa sadar kemampuan diri sendiri 🙂
peace

hendro
hendro
3 years 11 months ago

Gak usah ngomong lek gak ngerti…

sugeng vbiroo
sugeng vbiroo
6 years 4 days ago

diknas remunerasi kapan???????????

heru
heru
4 years 7 months ago

sabar masss berdoa aja masss

TRI
TRI
6 years 4 days ago

tambahan info supaya ga makin simpang siur:

Penatapan grade untuk dijadikan dasar remun yang diterima pegawai baik itu di BPK, DEPKEU, dan MA tidak asal-asalan. Tapi berdasarkan assesment, dan assesment itu dilakukan per dua tahun.

Negara mau memberikan remunerasi pada semua kementrian dan lembaga, tapi kalo pemberiannya bareng2 semua sekaligus kan APBN ga kuat. makanya, mesti dikit2 dulu, sbagai pilot project, diberikan pada BPK, DEPKEU, dan MA dulu (tahun 2007), trus setau saya untuk tahun 2010 ini menyusul BAPPENAS, MENPAN, dan aduuh saya lupa satu lagi, trus tahun 2011 yang udah ada kabarnya baru KEMENTRIAN KEHUTANAN.

Lhoh kok, BPK, DEPKEU, dan MA duluan? jawabannya, DEPKEU yang pegang duit, BPK yang memeriksa, dan MA yang nangani hukumnya…not that simple, tapi secara institusional, baru tiga lembaga itu yang pucuk pimpinannya sanggup mendesain program reformasi birokrasi SECARA JELAS di instansinya masing2. Jadi untuk para PNS yang departemennya blm dapat remun, ya tuntutlah manajemen (boleh dimaknai sebagai Menteri) untuk bisa lebih bener dalam bikin perbaikan, dan sabar dulu…tunggu menterinya punya gebrakan baru…kalo menterinya cuma planga plongo dan cuma ngurusin politik, yang jadi korban ya pegawainya sendiri…Lihat deh pucuk pimpinan di BPK dan DEPKEU (pada masa awal remun) dua-duanya Professor (Prof Anwar dan Prof. Sri Mulyani) yang ngerti caranya memperbaiki organisasi.

RENO
RENO
6 years 3 days ago

ya harusnya memang menteri tu standardnya profesor.
klo di tempat kami, yang namanya profesor sudah seabrek, Master dan Doktor produk luar negeri, biasa aja, cuma mereka sebagai para pengajar maupun peneliti, tidak duduk di struktural dan memiliki power on leadhership.
ya salam aja buat semuanya, saling berbagi informasi.

CPNS
CPNS
5 years 11 months ago

yah sesama PNS jangan berantem… kalo emang merasa gajinya gak sesuai ama kemampuannya, yah tinggal keluar aja to’… tinggal cari dimana perusahaan dalam negeri yang mau menggaji anda sebesar yang anda inginkan dengan menjual kemampuan anda… membangun negara tidak harus jadi PNS kok… sayapun kalo sudah punya kemampuan lebih… mau jadi usahawan… menciptakan lapangan pekerjaan… tidak merengek-rengek remunerasi… tapi karena saya belum ada kesempatan dan kemampuan.. saya menerima saja dibayar sesuai kemampuan saya… ingat kalo merasa gak puas dengan gajinya… silahkan keluar dari PNS… gampang kan.. pemerintah juga gak bakal tinggal diam kok… semuanya akan disejahterakan, tapi yah mesti sabar… gak bisa langsung semuanya…

kopet
kopet
5 years 5 months ago

Sangat Setuju..

Dono
Dono
5 years 2 months ago

Seandainya ada sejuta ummat Indonesia yang berpikiran seperti Anda, Insya Allah NKRI beserta seluruh Rakyatnya bakalan makmur,sejahtera, adil dan beradab.

pengamat
pengamat
5 years 11 months ago

Hah orang depkeu cuman dapet segitu y???

mending jual ayam aja di kampung mas.

kirain gede, halah ternyata cuman segitu.. masih kalah ama orang bank and karyawan swasta.

gtu aja koq ampek diributin ama masyarakat…. bego bener

hamba Allah (juga PNS)
hamba Allah (juga PNS)
5 years 8 months ago

”Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” [Luqman:18]

Nabi berkata bahwa orang yang sombong meski hanya sedikit saja niscaya tidak akan masuk surga:

Dari Ibn Mas’ud, dari Rasulullah Saw, beliau bersabda: “Tidak akan masuk sorga, seseorang yang di dalam hatinya ada sebijih atom dari sifat sombong”. Seorang sahabat bertanya kepada Nabi Saw: “Sesungguhnya seseorang menyukai kalau pakainnya itu indah atau sandalnya juga baik”. Rasulullah Saw bersabda: “Sesungguhnya Allah Swt adalah Maha Indah dan menyukai keindahan. Sifat sombong adalah mengabaikan kebenaran dan memandang rendah manusia yang lain” [HR Muslim]

PNS LPND
PNS LPND
5 years 11 months ago

saya sedih ketika mendengar bahwa lembaga saya bukan K/L prioritas untuk dapet remunerasi menurut orang DEPKEU, dan jika pun dapet, gradenya berada pada grade yang rendah….apa ga sekalian lembaga kami ini dibubarkan saja ?????????????

aryo kusumo
aryo kusumo
5 years 1 month ago

sesama PNS jangan berantem… kalo emang merasa gajinya gak sesuai ama kemampuannya, yah tinggal keluar aja to’… tinggal cari dimana perusahaan dalam negeri yang mau menggaji anda sebesar yang anda inginkan dengan menjual kemampuan anda… membangun negara tidak harus jadi PNS kok… sayapun kalo sudah punya kemampuan lebih… mau jadi usahawan… menciptakan lapangan pekerjaan… tidak merengek-rengek remunerasi… tapi karena saya belum ada kesempatan dan kemampuan.. saya menerima saja dibayar sesuai kemampuan saya… ingat kalo merasa gak puas dengan gajinya… silahkan keluar dari PNS… gampang kan.. pemerintah juga gak bakal tinggal diam kok… semuanya akan disejahterakan, tapi yah mesti sabar… gak bisa langsung semuanya…
Negara mau memberikan remunerasi pada semua kementrian dan lembaga, tapi kalo pemberiannya bareng2 semua sekaligus kan APBN ga kuat. makanya, mesti dikit2 dulu, sbagai pilot project, diberikan pada BPK, DEPKEU, dan MA dulu (tahun 2007), trus setau saya untuk tahun 2010 ini menyusul BAPPENAS, MENPAN, dan aduuh saya lupa satu lagi, trus tahun 2011 yang udah ada kabarnya baru KEMENTRIAN KEHUTANAN.

Lhoh kok, BPK, DEPKEU, dan MA duluan? jawabannya, DEPKEU yang pegang duit, BPK yang memeriksa, dan MA yang nangani hukumnya…not that simple, tapi secara institusional, baru tiga lembaga itu yang pucuk pimpinannya sanggup mendesain program reformasi birokrasi SECARA JELAS di instansinya masing2

eqa
eqa
5 years 11 months ago

kl bea cukai itu tabelnya sama ga dengna tabel depkeu. trims

gesang
gesang
5 years 10 months ago

jangan lupa sipir penjara lhoooooooooooooooooooooooooooooooooo

SIPIL
SIPIL
4 years 7 months ago

g lupa mas…. ya sementara kamar penjara VVIP d kontarakin ama pejabat yg masuk bui pa lagi koruptor pasti hasilnnya lebih besar dari remun

ipinupin
ipinupin
5 years 10 months ago

saya pikir memang remunerasi depkeu serasa kurang efektif dengan kenyataan yang ada… inilah tugas dari pemerintah menata birokrasinya yang gak jelas… pola rekrutmen adalah masalah dari masalah-masalah di pegawai negeri…

aryo kusumo
aryo kusumo
5 years 1 month ago

sesama PNS jangan berantem… kalo emang merasa gajinya gak sesuai ama kemampuannya, yah tinggal keluar aja to’… tinggal cari dimana perusahaan dalam negeri yang mau menggaji anda sebesar yang anda inginkan dengan menjual kemampuan anda… membangun negara tidak harus jadi PNS kok… sayapun kalo sudah punya kemampuan lebih… mau jadi usahawan… menciptakan lapangan pekerjaan… tidak merengek-rengek remunerasi… tapi karena saya belum ada kesempatan dan kemampuan.. saya menerima saja dibayar sesuai kemampuan saya… ingat kalo merasa gak puas dengan gajinya… silahkan keluar dari PNS… gampang kan.. pemerintah juga gak bakal tinggal diam kok… semuanya akan disejahterakan, tapi yah mesti sabar… gak bisa langsung semuanya…
Negara mau memberikan remunerasi pada semua kementrian dan lembaga, tapi kalo pemberiannya bareng2 semua sekaligus kan APBN ga kuat. makanya, mesti dikit2 dulu, sbagai pilot project, diberikan pada BPK, DEPKEU, dan MA dulu (tahun 2007), trus setau saya untuk tahun 2010 ini menyusul BAPPENAS, MENPAN, dan aduuh saya lupa satu lagi, trus tahun 2011 yang udah ada kabarnya baru KEMENTRIAN KEHUTANAN….

Lhoh kok, BPK, DEPKEU, dan MA duluan? jawabannya, DEPKEU yang pegang duit, BPK yang memeriksa, dan MA yang nangani hukumnya…not that simple, tapi secara institusional, baru tiga lembaga itu yang pucuk pimpinannya sanggup mendesain program reformasi birokrasi SECARA JELAS di instansinya masing2.

orang pintar layak mendapatkan reward lebih tinggi

sikasmo paniki
sikasmo paniki
5 years 10 months ago

selisihnya banyak banget dah jd pimpinan bisa korupsi anggaran tunjangannya besar pula, mana letak keadilannya….

aktivis hot
aktivis hot
5 years 10 months ago

kemerdekaan aja bisa digapai……
masa remunerasi gak bisa tercapai…..
kami PNS kerja tidak santai………..
hargai pekerjaan kami yang sesuai……
agar kami dapat hidup yang damai……

Khairul
5 years 10 months ago

jajaran depkeu dapat remenurasi besar wajar lah beban kerja mereka kan berat?, tapi ingat ingat jangan menerima suap dan menyuap. gitu lo

jito
jito
5 years 10 months ago

Boro-boro remunerasi, uang makan saja para PNS di daerah (Pemkab) tidak dapat.
Padahal sesama PNS saja kesenjangan penghasilan sebegitu tajamnya, apalagi rakyat kecil.

Negeri ini penuh ketidakadilan!

donnie
donnie
5 years 7 months ago

jito,coba tolong tanyakan uang makan tersebut kepada Bupatinya…karena PNS dimanapun berada seharusnya mendapatkan uang makan tersebut…
Mgkin bagian keuangan di Pemkab anda,lupa memberikan hak anda tsb.
Terimakasih.

aryo kusumo
aryo kusumo
5 years 1 month ago

sesama PNS jangan berantem… kalo emang merasa gajinya gak sesuai ama kemampuannya, yah tinggal keluar aja to’… tinggal cari dimana perusahaan dalam negeri yang mau menggaji anda sebesar yang anda inginkan dengan menjual kemampuan anda… membangun negara tidak harus jadi PNS kok… sayapun kalo sudah punya kemampuan lebih… mau jadi usahawan… menciptakan lapangan pekerjaan… tidak merengek-rengek remunerasi… tapi karena saya belum ada kesempatan dan kemampuan.. saya menerima saja dibayar sesuai kemampuan saya… ingat kalo merasa gak puas dengan gajinya… silahkan keluar dari PNS… gampang kan.. pemerintah juga gak bakal tinggal diam kok… semuanya akan disejahterakan, tapi yah mesti sabar… gak bisa langsung semuanya…
Negara mau memberikan remunerasi pada semua kementrian dan lembaga, tapi kalo pemberiannya bareng2 semua sekaligus kan APBN ga kuat. makanya, mesti dikit2 dulu, sbagai pilot project, diberikan pada BPK, DEPKEU, dan MA dulu (tahun 2007), trus setau saya untuk tahun 2010 ini menyusul BAPPENAS, MENPAN, dan aduuh saya lupa satu lagi, trus tahun 2011 yang udah ada kabarnya baru KEMENTRIAN KEHUTANAN….

Lhoh kok, BPK, DEPKEU, dan MA duluan? jawabannya, DEPKEU yang pegang duit, BPK yang memeriksa, dan MA yang nangani hukumnya…not that simple, tapi secara institusional, baru tiga lembaga itu yang pucuk pimpinannya sanggup mendesain program reformasi birokrasi SECARA JELAS di instansinya masing2.

dan ingat.orang pintar layak mendapatkan reward lebih tinggi

mhew
mhew
4 years 4 months ago

ya kalo menurut saya tinggal keluar dari pns….
kerja di tempat anda berhak mendapat gaji besar…. :mrgreen:

juragan kurma
juragan kurma
3 years 11 months ago

ente semua ribet alay. kalo emang pengen dapet gaji gede, jangan jadi pns. ni kayak ane. bisnis kurma!!

Tri Achmadi
Tri Achmadi
5 years 9 months ago

Sejauh yang saya ketahui dan pernah saya dengar, Remuneriasi model Kementerian Keuangan pernah ditawarkan ke beberapa Kementerian lain. Tapi kementerian lain itu ada yang menolak dengan berbagai alasan, setelah dijelaskan secara lengkap konsep reformasi birokrasi. Salah satu alasan yang tidak dikemukakan adalah justru dengan remunerasi pendapatan para pejabat akan turun, karena tidak boleh lagi menerima pendapatan ini dan itu lagi…. Tunjangan naik, tapi pendapatan turun. Juga diharuskan menegakkan disiplin yang relatif lebih tinggi dan punishment yang sangat mempengaruhi pengurangan pendapatan.

Benarkah yang disampaikan di atas? Saya belum dan tidak berminat untuk menelusurinya.

setagu
5 years 9 months ago

Mungkin benar juga, tapi reformasi biroktrasi (RB) bagi K/L sekarang sudah mrpkn keharusan. Senada dg Tri yg perlu diperhatikan adalah para pejabat atau orang2 yg selama ini diuntungkan dg kondisi skr. Jumlahnya kecil tapi sangat merugikan mayoritas PNS. Tim penilai RB harus tediri dr orang2 berintegritas dan jeli melihat permasalahan atau perlu ada semacam “RB Watch” di K/L bersangkutan utk mengawasi RB spy berjalan pada koridornya.

umarlingga
umarlingga
5 years 9 months ago

@ To ; Umar Lingga
……Emang benar kok Mas….mestinya Pejabat kita yang diatas gak perlu menunggu semuanya harus berjalan SEMPURNA ……..sambiil jalan, tetep perlu diamati, diawasi dan diberikan penilaian teruuus “sejauhmana progress dari Reform Birokrasi yang telah dijalankan”. Khan semuanya sudah ada Road Map nya !!! dan bersamaan dengan itu Remun segera direalisasikan dan gak perlu ditunda-tunda lagi, sehingga tidak menimbulkan kecemburuan dari 11 K/L. Prosentase Realisasi Remun tsb bisa dilakukan secara bertahap hingga pada akhirnya mencapai 100 % dan bahkan prosentasenya bisa menurun apabila progress yang dicapai oleh K/L tertentu pada tahun ybs berdasarkan penilaian dari RB Watch “Raportnya merah”.
Yang penting adalah Reform Birokrasi jalan terus dan Remunnya juga tetap “turun”……begitulah harapan saya.
TETAPI SIAPA YA YANG BISA NGUSAHAIN SEPERTI HARAPAN SAYA TSB ????.

saprudin
5 years 9 months ago

seharusnya semua kementrian serentak diadakan remunerasi , sekarang ini pemerintah sudah harus memikirkan serius kepada para pns gol bawah sudah kah layak penghasilan yang diterima untuk kebutuhan hidup sehari-hari, terus terang saya menjerit penghasilan segitu tdk ada tunjangan lain kaya di kemkeu kayanya terlal umewah tidak
merata antara pns lain, coba kalau bisa semua pns sama lah ga usah ini kementrian anu, kementrian anu jd timbul kecemburuan sosial.

donnie
donnie
5 years 7 months ago

mhn maaf,saprudin :
perbedaan pns lain dg depkeu yaitu :
1. pns lain tidak diberikan fungsi sebagai revenue collector (pengumpulan penerimaan negara utk APBN) dan tidak mempunyai tugas dan kewajiban sebagai bendahara pemerintah…
2. pns depkeu mempunyai jam kerja yg lebih panjang drpd pns lain yaitu 07.30 s.d. 17.00 (jam kerja normal harian), dan tidak punya kewajiban untuk bekerja penuh selama 24jam/hari dan 7hari/minggu (untuk ditjen bea dan cukai,dept keuangan)
3. apakah pns lain juga diberikan sanksi pemotongan tunjangan apabila terlambat datang, pulang lebih cepat atau tidak masuk kantor dengan alasan apapun? Departemen keuangan tlah melaksanakan ketentuan tersebut dengan sistem absensi handkey atau fingerprint.
Terimakasih.

kopet
kopet
5 years 5 months ago

donnie : gak usah bnyak omong bro..
Coba loe pikirin kalo loe pada posisi mereka dgn gaji emang kecil. So jgn bawa2 peraturan di depkeu.
Pahami temen2 dep laen, selama mereka tdk menghina depkeu.

interisti
interisti
5 years 2 months ago

kopet : setiap orang kan dapat rejeki masing2 sesuai pekerjaannya..jadi klo dri awal sudah memilih jadi pns non-depkeu ya mesti disyukuri dan jgan iri dgan rejeki pegawai depkeu yg lebih besar yg sesuai dengan tugas dan beban kerja mereka..

aryo kusumo
aryo kusumo
5 years 1 month ago

sesama PNS jangan berantem… kalo emang merasa gajinya gak sesuai ama kemampuannya, yah tinggal keluar aja to’… tinggal cari dimana perusahaan dalam negeri yang mau menggaji anda sebesar yang anda inginkan dengan menjual kemampuan anda… membangun negara tidak harus jadi PNS kok… sayapun kalo sudah punya kemampuan lebih… mau jadi usahawan… menciptakan lapangan pekerjaan… tidak merengek-rengek remunerasi… tapi karena saya belum ada kesempatan dan kemampuan.. saya menerima saja dibayar sesuai kemampuan saya… ingat kalo merasa gak puas dengan gajinya… silahkan keluar dari PNS… gampang kan.. pemerintah juga gak bakal tinggal diam kok… semuanya akan disejahterakan, tapi yah mesti sabar… gak bisa langsung semuanya…
Negara mau memberikan remunerasi pada semua kementrian dan lembaga, tapi kalo pemberiannya bareng2 semua sekaligus kan APBN ga kuat. makanya, mesti dikit2 dulu, sbagai pilot project, diberikan pada BPK, DEPKEU, dan MA dulu (tahun 2007), trus setau saya untuk tahun 2010 ini menyusul BAPPENAS, MENPAN, dan aduuh saya lupa satu lagi, trus tahun 2011 yang udah ada kabarnya baru KEMENTRIAN KEHUTANAN….

Lhoh kok, BPK, DEPKEU, dan MA duluan? jawabannya, DEPKEU yang pegang duit, BPK yang memeriksa, dan MA yang nangani hukumnya…not that simple, tapi secara institusional, baru tiga lembaga itu yang pucuk pimpinannya sanggup mendesain program reformasi birokrasi SECARA JELAS di instansinya masing2.

dan ingat.orang pintar layak mendapatkan reward lebih tinggii

mhew
mhew
4 years 4 months ago

sebenarnya kalo departemen lain jg ada aturan gitu jg lebih fari….
lagian kalo ga terima,,kenapa ga kerja di tempat anda layak digaji besar…dan mendapat apresiasi atas kemampuan anda..?? :mrgreen:

aa
aa
5 years 9 months ago

hendri :
Kenapa kebanyakan orang lebih memikirkan dirinya sendiri (korpsnya sendiri)? Sistem penggajian itu berdasarkan apa Bu Sri Mulyani?? Banyak lho di departemen selain keuangan yang kerjanya lebih berat dan beresiko tetapi tidak dpt remunerasi. Sebagai contoh Seorang dokter (PNS) rumah sakit di pemerintah daerah, Golongan III B gaji nya 2,2 jt, seminggu 2 kali jaga malam tdk dapt tambahan apa2. Contoh lain di Dinas Pendidikan Pemda, ada yang bertugas sama dengan depkeu, yaitu bagian keuangan, tapi kenapa tidak dpt remunerasi? Kalo remunerasi berdasarkan sifat pekerjaannya.. Memang hanya depkeu saja yg kerjanya bth remunerasi??? Memang hanya Gayus- gayus saja yang pinter dan perlu dpt remunerasi??? Tolong perhatikan asas keadilan, Jangan karena merasa yang berkuasa menyetujui remunerasi terus hanya memikirkan korpsnya saja Bu..

saya sependapat dengan anda. harusnya kemenkeu khususnya djp, harus dievaluasi kembali kinerjanya melihat kasus yang mencoreng kemenkeu. layakah kemenkeu mendapatkan remunerasi dengan kasus tersebut? manakah reformasi birokrasi?

agus
agus
5 years 8 months ago

remunerasi cm bg yang megang duit dan beruurusan dgn duit (lmbg yang katanya ngurus keadilan negara)pak.. dokter? kayaknya blm dapt karena ndak menghasilkan duit untuk negar kali ha..

didion
didion
5 years 8 months ago

keadiln adalh hak semua orng,dan kami harap pemerintah melaksanakn rasa keadilan kesemua pihak,jangan yg dekat2 aj ….

Abdillah hanif
Abdillah hanif
5 years 8 months ago

DEPAG kapan dapat rumenerasi, apa nunggu logo Ikhlas beramalnya di ganti dulu … capek dech….. buat menteri agamanya itu jangan ngurusu haji melulu sama uang abadi umat … pegawainya itu di perhatikan juga….

pns Kemenag
pns Kemenag
5 years 8 months ago

Bagaimana dengan pns Guru Kementerian Agama? apakah reformasi birokrasi di Kemenag juga mencakup pemberian remunerasi bagi guru?

ondelondel
ondelondel
5 years 8 months ago

Maneeee katanya Kemtan mau remunerasi kok kagak ade… Lupa kalee DPR apa kagak makan… anda kira yang ngurusin gimana rasanya nasi supaya enak ??? BPK, MA, Jaksa, AGAMAAAAAAA…. and so on. tidaaak bung… TAPI.. sebenarnye lebih baik jangan dulu ada remunerasi di KEMENTERIAN/LEMABAGA MANA PUN (include DEPKEU ; yang kerjanye hanya mungutin uang orang???), karena kinerjanye masih diragukan tuh.. Masih banyak PNS yang kerjanya ongkang2 KAKI, makan gaji BUTEE…Jadi apanye yang dinilai untuk 11 Kementerian/Lembaga yang direncanakan akan dapat REMUNERASI 2011 yang sudah dapat RESTU DPRRRRRRRR……..(<<<<????), Ape hanye dinilai dari dokumen yang diajukan (yg dapat dimanipulasi.. dibaek2in biar keren, hebat, banyak kerjanya, berat resikonya, dan banyak kehebatan2 lainnya yang muncul di dokumen yg hanye tulisan!!??), yaaah TAPI SARAN ANE untuk semua PNS yang belum dapat Tunj. Remunerasi… tetap bersyukurlah kita udeh dikasih rezeki oleh Tuhan melalui pekerjaan menjadi PNS… kagak usah muluk2 deh, nyang PENTING bekerjalah sesuai job deskription, tanggungjawab dan wewenang yang dibebankan kepada kite.. Jalankan dengan penuh amanah, ikhlas supaya apa yg kite terime tiap bulan menjadi BERKAH adenye Yaah..(red=Kagak makan gaji butee), haram hukumnya…Eh bukan haram tapi PUNYA MALU kagak Kitee, hik hik hik. Tuh masyarakat ngelihatin kitee..!!!
ISTIGHFAAR BUNG… BANYAK2 ISTIGHFAR HAI KEMENPAN, DEPKEU, DPR, SEMUA2NYE DEEH..
HIDUP DI DUNIA YANG PANA ini HANYA SEMENTARA… KELAK KEHIDUPAN YANG SEBENARNYA dan ABADI…INGAT MATI WAHAI MANUSIA.. TIDAK ADA HARTA SEDIKIT-PUN YANG AKAN IBAWA MATI…

ibnu
ibnu
5 years 8 months ago

hahaha setuju ayee..
kita nih kudu sabar aje, toh kalo rejki insyaAllah dapet jg..
harapan pada pemerintah untuk adil

alibaba
alibaba
5 years 8 months ago

jos

alibaba
alibaba
5 years 8 months ago

REMUNERASI DAN KESEJAHTERAAN………….?
BUKANYA SAYA TIDAK MAU ADA KENAIKAN GAJI….ATAU TUNJANGAN PROFESI…..ATAU APALAH ITU NAMANYA…..?TAPI BUKANNYA ITU MALAH MEMBUAT KAYA ORANG YANG SUDAH KAYA ALIAS MENSEJAHTERAKAN ORANG YANG SUDAH SERBA KECUKUPAN…..?
“…..DARI SEBAGIAN HARTA YANG KITA MILIKI ADALAH TITIPAN UNTUK MEREKA….”
NAH SEBAGAI HAMBA TUHAN HARUSNYA KITA BERFIKIR UNTUK ITU……
BULSIT KALO ORANG BILANG JABATAN INI,,,,JABATAN ITU,,,,,BERESIKO….
COBA SAUDARA LIHAT DISUDUT2 KOTA INI MASIH BANYAK PEKERJAAN PEKERJAAN YANG MEMILIKI RESIKO LEBIH BESAR ( KULI2 BANGUNAN,BURUH2 TANI,,,,DST )APAKAH MEREKA MEMIKIRKAN MASALAH REMUNERASI….ATAU PENGABDIAN….?BORO2 MEMIKIRKAN SEKOLAH ANAK…..MEMIKIRKAN MAKAN ESOK HARI SAJA G SEMPAT…..

SEPERTI APAKAH PENGABDIAN YANG DIGEMBAR GEMBORKAN ITU…..?

WAHAI SAUDARA SAUDARAKU SEBANGSA DAN SETANAH AIR….
“JANGAN TANYAKAN APA YANG TELAH DIBERIKAN NEGARA KEPADAMU….TAPI TANYAKAN APA YANG SUDAH KAMU BERIKAN KEPADA BANGSAMU”

cebret
cebret
5 years 8 months ago

Saya pikir harus adil tidak hanya instansi tertentu saja yang dapat remunerasi karena dianggap penting, apadahal semua instansi penting dengan peran masing-masing. Remunerasi harus segera diratakan ke semua PNS terutama di pusat. Harus ada indeks pengali tingkat kemahalan. Klau tidak bisa, gagalkan semua remunerasi, biar sama2 rasa, ga seperti sekarang hanya depkeu dll yg dapet, padahal kalo jernih kita pikir mereka yang telah remunerasi bukan yang benar2 bergerak di sektor riil. Tertibkan tunjangan2 kinerja daerah setelah remunerasi. Korpri harusnya bisa memperjuangkan hal ini dengan gigih.

dedi rahmat
dedi rahmat
5 years 7 months ago

Saya pns salah satu kementrian yg berhubungan dgn dunia maya, sptnya remunerasi masih hanya sebatas angan2 utk bisa hidup “layak” (memiliki rumah bukan dari warisan ortu).
Salah satu direktorat dilingkungan kami bahkan sudah menikmati “remu” intern karena PNB yg tinggi.
Jujur saya berharap remunerasi namun saya kasihan pada negara jika harus membayar rata seluruh pegawai tanpa melihat fungsinya. Sebagian besar ditempat kami banyak yg “nganggur”, saat ada remu tentu saja mereka juga menerima remu.

Saya lebih berharap pemerintah membuat sebuah terobosan besar, kurangi jumlah PNS minimal 50%, naikkan penghasilan PNS yg memang “bekerja” minimal 25%. Jadi tidak ada istilah PGPS lagi.
Jangan sampai pegawai2 qualified keluar hanya karena mencari kesejahteraan ditempat lain/negara lain.

imelhny
4 years 1 month ago

Mas ini dr Kemenkominfo :mrgreen:

Yg udah dapat remunerasi krn PNBP tinggi : Ditjen Postel. :mrgreen:

ozio
ozio
5 years 7 months ago

Untuk menghitung Grade itu gimana ya….
apa cukup dengan penilaian dari atasan…..?
mohon Pencerahan…..
kalau ada metodenya…tolong diinformasikan secara detil kepada kami…
saya pingin mengadakan penelitian..
please…info metodologi kirim ke email artamber11@yahoo.com

adi
adi
5 years 7 months ago

kapan remunerasi di daerah diterapkan boss…??????

aditiya
aditiya
5 years 7 months ago

kabarnya Departemen kehutanan Tahun 2011 mau ada Renumerasi apa betul??
dan kalau GOl. III/d dapat tunjangan berapa??

DAH
DAH
5 years 7 months ago

Remunerasi ok, asal jangan ada Gayus-Gayus.
Saya kira masih banyak Gayus-Gayus berkeliaran.
Terus terang sebagai pembayar pajak, kami sangat kecewa.

gandos
gandos
5 years 7 months ago

1. Cuma Menanggapi penyataan sahabat Donnie 30 Sept 2010 : Pegawai Depkeu (Bea dan Cukai) yang ditempatkan di pos penjagaan antar negara dimana akses untuk ke kota sangat sulit,disamping itu ia juga harus menjaga agar tidak ada barang terlarang yg masuk ke negara kita dengan risiko dibunuh dan dibebani tugas untuk tetap memenuhi target penerimaan negara. Bagaimana dg mereka tersebut?. <<<< mungkin tempat kerja anda lebih menyedihkan dan sangat sederhana jika dibandingkan rekan2 yang ada di TNI/Polri/Petugas penjaga perbatasan (saya pernah liat di Metro TV penjaga perbatasan yang sangat…Hemmmff kasihan sekali, benar2 jauh dari kota bahkan perkampungan desa. mungkin kerja dari Bea Cukai memang lebih berat dibanding rekan2 (TNI/Polri) di perbatasan itu ya…???. baru tau saya….

2. Kalo lihat dr tabel tersebut sangat HEBAT sekali, gaji seorang golongan I (Grade 4)hampir sama dengan gaji seorang pegawai pusat di salah satu instansi Kementerian Gol. 3A lain.whakakaka….. mantabss….

3. Seorang pegawai pusat (salah satu Kementerian yg belum remunerisasi) katakan dapat penempatan di Kal.Tim wah benar2 harus bekerja keras sebagai contoh di Kota Tarakan/Sebatik dimana biaya hidup tinggi, ssedangkan gaji masih pas pas…huhuhu..

yang jelas tetap bersyukur saja dengan rejeki yang sudah ada dan selalu Berharap dan berdoa saja, semoga keadaan semakin membaik…..,dan tau kondisi pegawai2 yang ada jauh di Indonesia juga…,kasihan juga kalo mendengar cerita2 mereka (pegawai2 pusat yang belum remonerisasi) yang nan jauh di sana.. 🙂 GoodLuck Pal….

manthous
manthous
5 years 7 months ago

Turut prihatin dengan para PNS yg blum dapat remunerasi..
Mungkin coba tanyakan ke manajemennya (eselon, pjabat, menteri, dsb), desain reformasi birokrasinya dah oke blum?
-Sistem pelayanan ke masyarakat udah oke? ada kepastian tenggat waktu, tempat komplain, dsb.. (mirip2 bank gitu lah)
-Trus, sistem reward/punishmentnya ke pegawainya.. Telat 5 menit? Tunjangan dipotong.. Ngabur 5 menit lebih awal? Sama.. dipotong juga..
-dsb..

Oia, selain remunerasi, apa kabarnya gagasan bu Sri Mulyani ya?
Beliau pernah mencetuskan ide, agar semua PNS ikut asuransi..
terlebih untuk perumahan.. Targetnya, 5 th sebelum pensiun dah harus punya rumah sendiri.. Ga numpang di rumah dinas, apalagi mengklaimnya sebagai milik pribadi..
Ide bagus tuh.. perlu ditindak lanjuti..

bagindoarrahman
5 years 7 months ago

Numpang….Numpang….Entri kesedihan kami dikiiit pakde operator…

Pakde,,,,KAPAN PNS Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di remunerasi-kahn juga????

OoooAllah….Kulo dadi pengamat cuaca resiko kerokan istri trusss sesudah dinas malam,,,belum masuk angin-angin duduk,belum rawan kena resiko ledakan tabung gas balon pibal,,,belum lagi tidak dapat rumah dinas selama dinas 4 tahun ngabdi di daerah…

Piye toh ono guru diperhatikan kesejahteraannya trus2an, wong aku dinas masih koyok umar bakrieeee….

Bisuuuk sa’ wayahe Indonesia bakal kena badai,hujan salju atau peringatan gempa tsunami, aku ora gelem informasikan ke seluruh masyarakat sebagai peringatan dini.Orak sudiiiiiii….!!!Selamatkan brutu masing-masing…rek(ngambek…:P)

Podo wae ngarepku….!!!

Aku niat remunerasi untuk “NGAMPRAH NENG BANK KUDU AMBIL BTN….”
Nak Saiki aku ngontrak umah dari jaman biyen sampai saiki (NOMADEN)….
Piye carane PNS iso dapet Umah klo ndak wani NGAMPRAH BANK,,,pakdeeee…..????
Lah,klo gaji masih golongan 2c,aku piye carane ngambil BTN lah wong neng MATARAM – NTB, deplover BTN ngasih harga diatas 150jt,trusss sisa Gaji kurang memadai untuk dipotong cicilan BTN….

Walah-talaaaaaahhhh…..KUALAAAAATTTT….BISUUUUUKKKKK….ONO GEMPA/TSUNAMI UNTUK WILAYAH INDONESIA TENGAH-TIMUR,,,AKU ORAK SUDIIIII INFORMASIKAN SEBAGAI PERINGATAN DINI….ORAK SUDIIIIIIIIIIIIII…..!!!!!(xixixixixixiiiiiiii…..)

Byar podo dipateni alammmm….

kapan adil
kapan adil
5 years 6 months ago

Membuat kebijakan yg tidak adil, akan diadili besok diakhirat dengan lebih adil. Semoga para pepmbuat kebijakan dapat berbuat adil

Enterpreneur Muda
Enterpreneur Muda
5 years 6 months ago

“Walah-talaaaaaahhhh…..KUALAAAAATTTT….BISUUUUUKKKKK….ONO GEMPA/TSUNAMI UNTUK WILAYAH INDONESIA TENGAH-TIMUR,,,AKU ORAK SUDIIIII INFORMASIKAN SEBAGAI PERINGATAN DINI….ORAK SUDIIIIIIIIIIIIII…..!!!!!(xixixixixixiiiiiiii…..)”

Cacat kowe cak, mulakno nek pas bancana akeh korban!! wong neng BMKG bak e kyak ketek!! kowe dibayar mang nge ngurusi kui, nek kekehan protes metu wae kerjo swsta yg mnggaji berdasarkan kompetensi. tp tk kiro arepo neng swsta gjimu ra bkal mundak gra2 ra kompeten!! C.A.C.A.T!!

Putra
Putra
5 years 6 months ago

Putra :
Maaf, saya coba memahami analogi anda, tetapi terkesan Subyektif, kalo melihat dari sistem, ya semua punya tupoksi dan resiko kerja tersendeiri, ya tugas depkeu mengelola keuangan negara, bicara Tugas, pernah anda berpikir ttg saudara2 kita yang dari kepolisian dan TNI di perbatasan, atau ditengah hutan menumpas GPK, atau seorang guru yang hidup di pelosok kalimantan, harus berjam2 menelusuri sungai dan hutan, termasuk juga seorang juru kesehatan, atau seorang hakim yang dikatakan sebagai pejabat negara tetpi tidak mendapatkan fasilitas apa2 sebagai pejabat negara, mari kita obyektif melihatnya.

ono
ono
5 years 6 months ago

Kalau sudah urusan “kue”, semua orang saling berebut

dodol
dodol
5 years 6 months ago

Salah sendiri ,Kenapa ga jadi pegawai Depkeu, itu mungkin yang tersirat di pegawai dep KEU, ehhh kalian DEPKEU , emang kalian keistimewaannya apa sih???? karena pegang duit? apa kalian ga pernah tau bahwa ada sebagian PNS yang bukan DEPKEU mempertahankan negara dengan JIWA RAGA, liat penjaga lintasan Kereta, liat penjaga pintu air, liat tentara diperbatasan, enak aja lo naek naekin gaji, gw sumpahin elo yaaa

pegasus
pegasus
5 years 5 months ago

pernah daftar jadi PNS Depkeu, BPK ngga? kalo belum pernah coba aja, baru tau istimewanya dimana, bener kata komen-komen yang di atas, siap atau tidaknya remunerasi itu juga tergantung dah siap belum para pemimpin K/L untuk menjalankan reformasi birokrasi, kalian tau ngga, kalo kalian sakit selama 10 hari,tidak masuk kantor bahkan dengan surat Dokterpun, dengan golongan III a, maka bulan berikutnya TKPKN nya akan di potong kurang lebih 1,2 juta, telat 1 menit maka akan dipotong sekitar 13 ribu, sudah siap belum kalian mendapatkan hal itu, keseringan telat, kalian dapat rapor merah, yang nantinya akan berpengaruh ke grade..(penurunan). belum lagi resiko di tuntut dan dipenjara, karena salah ambil kebijakan (bukan korupsi) itu semua ada di lembaga-lembaga yang ngurusin duit rakyat…
2011 ini kemungkinan TNI dan Polri yang akan dapat remunerasi, kita liat..sekarang ngurus SIM lebih mudah dan jauh lebih murah, saya sendiri mengalaminya…

kopet
kopet
5 years 5 months ago

Kalo pengen dapet remun, nglamar sono di depkeu. Tuh otak masuk standard gak di tes masuk nya, asal tau aja standard nya sangat tinggi. Atau nasib emg menderita n banyak mengeluh kali maka nya gak maju2. Kasian org indonesia punya rakyat kyk gini.

mhew
mhew
4 years 4 months ago

sepertinya semuanya merasa berjasa dan berharap diperhatikan jasanya… :mrgreen:

Dwita
Dwita
5 years 6 months ago

Remun ya?????
seharusnya,,dengan diterapkannya hal ini bukan hanya gaji dan tunjangan yang meningkat..,,,tp pribadi dan sifat kerja individu yang menerima juga harus ditingkatkan….. Jangan hanya hak saja yang dituntut tapi kewajiban diabaikan,,hah,,hah.. saya tidak menentang dg adanya remun,,tp lihat juga kondisi di sekitar… dari pada itu saya lebih melihat kebanyakan pegawai negeri saat ini penggajian lebih didasarkan pada golongan dan masa kerja..,,,ga ada yang melihat prestasi kerja… seharusnya ada badan independen yang mengawasi prestasi pegawai… jadinya karyawan yang rajin dan malas-malasan harusnya mendapat hak yang berbeda pula… itu yang lebih penting…,,karena kenyataan saat ini terjadi banyak ketimpangan dalam pelaksanaannya….

manthous
manthous
5 years 6 months ago

Betul setuju mbak.. nah disitu kemenkeu nampaknya juga mencoba memperbaiki.. ada sistem reward and punishment.. pinter bodo, malas, rajin, tunjangannya ga sama..
meskipun masa kerja dan golongan sama, tapi tunjangan yg diterima beda.. demikian pula pejabat2nya..
Lha wong sama2 gol 2B, tapi si A nerima lebih banyak dari si B je.. coz si A kerjaannya lebih berat+banyak..
esl IV di biro A, bisa jadi dapat tunjangan lebih rendah dari esl IV di biro B.
Trus kewajibannya? masuk-pulang tepat waktu.. kurang dari itu? dipotong tunjangan..
trus ada kontrak kinerja untuk unit kerja bersangkutan dari pejabat sampe pelaksana2nya..
klo yg ga sesuai target? tunjangan akan turun ke level terendah dari range pangkatnya..
klo sesuai/melebihi target? tunjangan naek ke level tertinggi sesuai pangkatnya..
Semoga mencerahkan..

kopet
kopet
5 years 5 months ago

Saran Bagus, dan sudah dilakukan..
Anda punya kepribadian yg bagus..
Sy tunggu di depkeu ya

putra
putra
5 years 6 months ago

Saran saya kepada pengelola untuk obyektif dan rasional memberikan tanggapan atas pertanyaan dari pembaca, perlihatkan lah kalo anda seorang abdi yang intlektual bukan abdi yang loyal karena suatu motif yg abnormal. mari merendah diri dan berkaca diri.

ded
ded
5 years 6 months ago

klo br msuk dr s1..gol IIIA,,masuk grade brpa ya mas…8?9?atau 10?mksh…..

Enterpreneur Muda
Enterpreneur Muda
5 years 6 months ago

JIAMPUT!!!.. Pd mikirin perutnya sendiri2!! masi bnyak yg jauh lbeh kekurangan dr pd ente2, klo mau enak dan gji g disama ratakan. kerja diswasta sja, yg gaji diukur berdasarkan kompetensi!! atw mnjadi wirausaha yg maju atw tdkny usaha tergantung dr kemampuan kita. GITU AJ KQ REPOT!!! Sudah menjadi kosekuensi klo mnjadi PNS, klo g trma mndg pndah aj..

Cicak Pembantai!!
Cicak Pembantai!!
5 years 6 months ago

@all : jd gni watak pra PNS, krja blm tntu bcus tp ud mnta ini itu, klo g suka mnding kluar saja, krja diswasta. tp saya kira ente2 jg bkal ditolak dg kompetensi ente klo krja di swsta sprti di chevro atw di BUMN spti Pertamina.. Yg bnyak omomng tp isinya kosong!! C.A.C.A.T!!!

oytes
oytes
5 years 6 months ago

keren_-gede bener renumerasinya. Sama gedenya sama ttangga gue yang pnya titel mba (mantan buruh amerika) yg kerjaannya cleaning service sbulam 30-40 jt jg mirip sama pejabat.

Bonenk
5 years 6 months ago

wah besr bgt remun depkeu, bisa menjdi kesenjngn sosial antra PNS di instansi pemerinth. oke lah depkeu berpern penting di sektor keuangan tp yh otak sma hati nurani nya di pke lah (kira2 dunk). remunerasi segede itu sih agk kteraluan. inilah potret PNS departemen yg konon bnyk org yg ingin msk ke institusi tersebut. orang pinter tp goblok huft…

pegasus
pegasus
5 years 4 months ago

kok pada nyalahin kemenkeu sih? Kemenkeu tidak ada hubungannya sedikitpun dalam masalah reformasi di kementerian yang lain, dengan kata lain, kalo pengen remunerasi berjuang sendiri-sendiri. gini lho mas mas dan mba mba, untuk dapat remunerasi itu harus ada TIM yang menilai, TIM tersebut biasanya ada perwakilan dari Menpan, kalo Menpan dah OK barulah minta persetujuan Ke DPR, jadi yang berperan disini adalah pemimpin di di kementerian masing-masing, Menpan, dan DPR. jadi jangan bawa-bawa Kemenkeu dong, Kemenkeu tugasnya cuma menganggarkan kalo hal tersebut sudah disetujui.

aryo kusumo
aryo kusumo
5 years 1 month ago

sesama PNS jangan berantem… kalo emang merasa gajinya gak sesuai ama kemampuannya, yah tinggal keluar aja to’… tinggal cari dimana perusahaan dalam negeri yang mau menggaji anda sebesar yang anda inginkan dengan menjual kemampuan anda… membangun negara tidak harus jadi PNS kok… sayapun kalo sudah punya kemampuan lebih… mau jadi usahawan… menciptakan lapangan pekerjaan… tidak merengek-rengek remunerasi… tapi karena saya belum ada kesempatan dan kemampuan.. saya menerima saja dibayar sesuai kemampuan saya… ingat kalo merasa gak puas dengan gajinya… silahkan keluar dari PNS… gampang kan.. pemerintah juga gak bakal tinggal diam kok… semuanya akan disejahterakan, tapi yah mesti sabar… gak bisa langsung semuanya…
Negara mau memberikan remunerasi pada semua kementrian dan lembaga, tapi kalo pemberiannya bareng2 semua sekaligus kan APBN ga kuat. makanya, mesti dikit2 dulu, sbagai pilot project, diberikan pada BPK, DEPKEU, dan MA dulu (tahun 2007), trus setau saya untuk tahun 2010 ini menyusul BAPPENAS, MENPAN, dan aduuh saya lupa satu lagi, trus tahun 2011 yang udah ada kabarnya baru KEMENTRIAN KEHUTANAN….

Lhoh kok, BPK, DEPKEU, dan MA duluan? jawabannya, DEPKEU yang pegang duit, BPK yang memeriksa, dan MA yang nangani hukumnya…not that simple, tapi secara institusional, baru tiga lembaga itu yang pucuk pimpinannya sanggup mendesain program reformasi birokrasi SECARA JELAS di instansinya masing2.

dan ingat.orang pintar layak mendapatkan reward lebih tinggiii……

rakyat biasa
rakyat biasa
5 years 6 months ago

renumerasi=justifikasi korupsi
supaya tidak korupsi y dikasih aja uang lebih banyak, dimana-mana korupsi itu harga matinya ya harus diberantas bukan malah dikompensasi uang biar nggak nyolong, gayus adalah bukti nyata betapa terbaliknya logika berpikir orang pembuat kebijakan itu.

donita
donita
5 years 5 months ago

btw, 11 kementrian yg akan dpt remun itu kementrian apa aja siy?..

arif
arif
5 years 5 months ago

Sri Mulyani telah merusak tatanan Penggajian PNS. Tunjangan melebihi gaji pokok.. dia menyamakan PNS dengan swasta. Dalam pekerjaan sbg PNS tdk ada yg sulit . Cuma masalah kedisiplinan saja yg sulit. Korupsi di Depkeu jaman dulu sblm ada renumerasi sangat parah. Setelah renumerasi tetap saja.. parah.. karena sekarang otaknya juga lebih pandai..drpd dulu..

petruk
petruk
5 years 5 months ago

kasihan dech lo yang gak dapat remunerasi?

biarin aja kemenkeu aja yg dapat.. biar mereka masuk neraka sendirian makan gaji buta sedangkan rakyat banyak yg membutuhkan n kelaparan..

Le..
Le..
5 years 5 months ago

thanks ya infonya…bisa sbagai referensi, buat saya yg pegawai swasta yang terkadang merasakan jadi PNS itu enak yah,kerja sdikit,ga ada tekanan dan secara ga langsung mereka dapat gaji dari pajak yg saya bayar setiap bulan dari gaji saya.*bukan bermaksud negatif. Tapi setelah melihat tabel diatas. Saya kembali bersyukur dan tersadar, karena dimanapun kerjaannya, kita semua mempunyai tanggung jawab masing2..dan sama beratnya loh..mau swasta atau negeri. kalau diswasta, kami memang difasilitasi untuk bersikap profesional dan akhirnya tertanam dipribadi masing2*tetapi besar kapasitasnya ya tergantung ke manusianya sendiri dan ada hukum alam disana.misalnya, saya tidak diwajibkan untuk absen atau check clock setiap datang atau pulang kerja, tapi karena ditempat saya kerja dididik untuk merencanakan sendiri planning karir, termasuk things to do setiap hari berdasarkan standar yang telah ditentukan,secara otomatis terbentuk rasa tanggung jawab atas profesionalitas pekerjaan tersebut.

Mungkin dipemerintahan, sikap profesional masih berawal dari pribadi masing2 dan sedang diproses untuk memfasilitasikannya. tapi going forward, mau pegawai swasta atau pemerintahan, kita akan berada dilevel yang sama dalam segala halnya. Jadi, ga ada “hujat-menghujat” antar sesama kita yang sebagai “kuli” ini.. toh, apapun pekerjaannya, ibadah tujuannya..

setagu
5 years 5 months ago

💡

rendi
rendi
5 years 5 months ago

ada yang tau gaji pegawai PERUM JASA TIRTA 2 berapa buat teknisi listrik ma operator???

Irman
Irman
5 years 5 months ago

mohon info, dengar2 BKPM uda remun ya? mhn info dong dari lembaga satu ini tunjangan2 apa aja yg didapat selain gaji pokok.

wpDiscuz
Shares