Tabel Remunerasi BPK

Post On: 11 January 2010
By:
November 20, 2011

Berikut  tabel remunerasi BPK yang disebut sebagai Tunjangan Khusus Pembinaan Kegiatan  (TKPK) yang berlaku saat ini:

No Grade Jumlah Tunjangan
1 27 35,210,000
2 26 31,160,000
3 25 27,580,000
4 24 24,400,000
5 23 18,080,000
6 22 15,990,000
7 21 14,160,000
8 20 12,530,000
9 19 9,270,000
10 18 8,070,000
11 17 7,020,000
12 16 5,190,000
13 15 4,520,000
14 14 3,930,000
15 13 3,660,000
16 12 3,280,000
17 11 2,980,000
18 10 2,710,000
19 9 2,470,000
20 8 2,240,000
21 7 2,030,000
22 6 1,860,000
23 5 1,690,000
24 4 1,530,000
25 3 1,400,000
26 2 1,270,000
27 1 1,230,000

* thx buat Tito di Gorontalo

Penentuan dan penempatan grade  didasarkan atas nilai bobot jabatan. Pembobotan jabatan memperhitungkan factor Organization Scale, Ability, Process, Outcome dan Working Condition. Sebagai contoh dengan meperhatikan faktor2 tersebut  seorang auditor BPK menempati range grade 11 -20.

Jika digambarkan berdasarkan Pangkat, Golongan dan Eselon, secara umum dapat digambarkan seperti tabel sbb :

GRADE JENJANG PANGKAT / GOLONGAN RUANG
ESELON TERENDAH TERTINGGI
PANGKAT GOL RUANG PANGKAT GOL RUANG
24-27 I PEMBINA UTAMA IV/d PEMBINA UTAMA IV/e
20-23 II PEMBINA UTAMA MUDA IV/b PEMBINA UTAMA MADYA IV/d
17-19 III PEMBINA III/d PEMBINA TK.I IV/b
13-16 IV PENATA III/b PENATA TK.I III/d
1-12 PELAKSANA JURU MUDA IA PENATA MUDA TK.I III/b
GRADE JENJANG PANGKAT / GOLONGAN RUANG
ESELON TERENDAH TERTINGGI
PANGKAT GOL RUANG PANGKAT GOL RUANG
24-27 I PEMBINA UTAMA IV/d PEMBINA UTAMA IV/e
20-23 II PEMBINA UTAMA MUDA IV/b PEMBINA UTAMA MADYA IV/d
17-19 IIIA PEMBINA III/d PEMBINA TK.I IV/b
13-16 IVA PENATA III/b PENATA TK.I III/d
1-12 PELAKSANA JURU MUDA IA PENATA MUDA TK.I III/b
Tags: , , ,

43 comments on “Tabel Remunerasi BPK

  1. dari pada BPKP ribet bikin desain reformasi birokrasi di instansinya, mendingan BPKP dibubarkan, dan pegawainya yang bagus2 digabung k BPK. Refers ke konstitusi: BPK adalah SATU-SATUNYA lembaga yang berwenang memeriksa. BPKP kan core businessnya PENGAWAS….nah tapi pengawasan inikan juga sudah dilakukan oleh Inspektorat di masing2 kementrian/lembaga.

  2. Waahh..itu tabelnya kebanyakan mark-up nya gan.. Sampai dengan saat ini itu cuma jadi tabel acuan saja, masih jauh dr kenyataan (tiwas leh ngarep2,hehe)..

    Nggak tau yah kalau di depkeu bagaimana, apakah yg di tabel itu sesuai dengan yg dilaksanaken.. Di BPK itu cm jd tabel aja, aslinya sih dibawah tabel itu.

    Bukannya ndak bersyukur, tapi ya lebih baik fair saja, tidak perlu membuai pegawai dengan tabel…

    Trimakasih -semogamenjadiperhatianuntukrekanpnsinstansilain-

    • Gan, sudah saya revise. Ternyata sumber yang saya terima ada 3 tabel yaitu: Tabel yg berlaku saat ini, Tabel sesuai KMK dan Tabel Usulan.
      Tabel yg di atas yg berlaku saat ini.
      Kalo Depkeu dan MA sdh benar karena sudah berdasarkan Kepmenkeu dan Perpres.
      Tq

  3. saya stuju dgn komen dr kacungkamp,,,pd knyataannya TKPK BPK ga sgitu,,,klo mu bikin postingan ttg TKPK BPK lbih baik tnya dl knyataan di lapanganny brp,,,jgn maen asal posting aja…

    • Polri memakai Metode FES (Faktor Evaluasi System). Grade ada 18 ( diluar Kapolri) sama dengan Setneg.
      Grading dan Jabatannya:
      Grade JABATAN
      18–> Wakapolri
      17–> Kaba, Kalemdik, Kapolda Metro
      12-16 –>Jabatan-Jabatan Pati Bintang 1 Dan 2
      9-11–> Jabatan-Jabatan KBP
      8–> Jabatan-Jabatan AKBP
      7–> Jabatan-Jabatan Kompol
      6–> Jabatan AKP/Ipda/Iptu, Fungsional Umum Utama
      2-5–> Kelompok Non Manajerial + Fungsional Umum
      1 –

  4. hai…..para teman dan rekan…..bila mungkin….semua penggajian ditinjau kembali dan diperbaiki serta dihitung lagi…….besarannya seberapa…..untuk tiap-tiap pegawai……negara…..

  5. itu kerja bpk dan bpkp tidak akan maksimal sepanjang masih menerima pasilitas dari orang/oknum yang diperiksa .karena kan tidak sampai hati mencari kesalahannya orang yang telah memberikan makan/oleh-oleh.dan memang rata-rata bpk/bpkp kalau turun dilapangan diajak makan ke restoran sama oknum kalau tidak restorannya yang datang ketempat pemeriksaan padahal mereka kan sudah dibiayai oleh negara mulai dari berangkat sampai pulang dari bangun tidur sampai tidur kembali

  6. BPK oh BPK, kalau memeriksa Aset tolong rekomendasinya yang jelas dunk….pemeriksaan itu kan dilakukan agar kinerja Pemda menjadi lebih baik, bukannya bikin pemda malah bingung, nah ini tidak dapat diyakini kewajarannya yang mana, dimana aja, nilainya berapa, kalau mau diperbaiki gimana….pemberian opini bukan kejar target doang loh…untuk 2010 pokoknya pemda yang disclaimer segini…kynya nggak gt deh…

    • makanya baca rekomendasinya sampe tuntas bos..
      kalo ga ngerti, mungkin dibantu baca2 peraturan jg, biar ga bingung.. 😀

    • Wah…
      Jgn2 instiusi anda diperiksa ya…
      Trus dinyatakan disclaimer…

      Makanya kalo buat laporan keuangan yg bener dan jangan asal2an…

      Sebagai bagian dari masyarakat, saya juga perlu mengetahui keadaan keuangan setiap institusi pemerintahan secara terbuka…

      Jadi kalo ga mau menjadi bingung anda harus belajar untuk menyusun laporan keuangan yang lebih tepat dan akurat…

      Maaf kalo ada kata2 yang kurang berkenan…

  7. Saya mendapat surat balasan dari Sekretariat Negara RI No. B.1148/Setneg/8/2003 tertanggal 11 Agustus 2003 ditandatangani Deputi Sekretaris Negara Bidang Pemberdayaan Sumber Daya oleh Bapak Bambang Prajitno S.H., M.M mengenai “Permohonan dilakukan Perubahan Formula untuk Pendapatan Pokok bagi seluruh PNS,TNI dan POLRI” disampaikan pula kepada Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara.
    Yang intinya Gaji Pokok Utama selama ini sangat kecil dan tunjangannya sangat besar ditambah lagi dengan remunerasi, saya mengajukan perubahan formulanya dirubah menjadi “GAJI POKOK UTAMA BESAR DAN TUNJANGAN KECIL” bila kepada PNS, TNI dan POLRI sudah pensiun maka yang diterima bisa menghidupi masa tuanya dengan hanya Gaji Pokok Utamanya tersebut.
    diumpamakan selama ini gaji pokok utamanya sebesar Rp.800.000,- pada masa pensiun apakah para PNS,TNI dan POLRI akan bisa menghidupi masa tuanya ?
    Bisakah melanjutkan permohonan tersebut diatas direalisasikan bukannya dengan remunerasi sebagai peningkatan kesejahteraan para PNS,TNI dan POLRI

    • Memang usulannya bagus, tapi kalau seperti itu negara bisa bangkrut. Para pensiunan memang telah berjasa dan mengabdi, tapi membiayai beliau dan janda/dudanya dengan gaji yang besar bisa repot. Perancis hampir menjadi korban , bahkan Yunani sudah kolaps. Yang penting adalah jaminan kesehatan dan jaminan sosial bagi para pensiunan, jadi uang pensiun murni untuk biaya hidup mereka dan istri / suami dan anaknya yang masih sekolah, tidak perlu memikirkan biaya berobat dll.

  8. berikut remunerasi dinas kebersihan
    kelas 6 rp. 50.000,-
    kelas 5 rp. 43.900,-
    kelas 4 rp. 35.500,-
    kelas 3 rp. 28.300,-
    kelas 2 rp. 27.500,-
    kelas 1 rp. 25.000,-

  9. rencananya remunerasi untuk dinas kebersihan dirapel selama 20 tahun coba kalikan saja banyak kan gan bisa untuk beli kompor gas dan elpiji 3 kilo lantas meledak bllluuuaaarrrr …………..gosong semuanya nasibb

  10. ada temen yg suaminya org BPK,kl ngomong pengennya remunerasi BPK 100% katanya kinerja BPK bagus sdh teruji…….emang di indonesia ini yg kerja orang2x BPK doang apa??padahal auditor BPK banyak yg terima suapan, orang2 BPK jg byk yg saingan2x mobil baru..duit darimana tuh??..masih ada lembaga negara yg belum terima remunerasi jgn maunya BPK mulu dong…..intinya dia sirik TNI terima remunerasi tuh…….

  11. Daripada ribut mending kerja di swasta aajaaaa…gaji sesuai dg tanggung jwb. Klo mo kaya jgn jd PNS. PNS yyg jujur g bakal kaya.
    Mending trima apa adanya dan disyukuri.
    Jangan saling iri dengki, toh masing2 dh ada rejekinya. Sabarrrrr…..

  12. BPKP kan alatnya zaman Soeharto,lucu memang ud kewenangan pemeriksaan tanggungjawab pengelolaan keuangan negara itu di BPK,ngapain bpkp audit segala
    dari external to internal

  13. pimpinan polri kaji ulang dong remonerasi untuk bintara kasian mereka.tanpa mereka bapak tidak dapat bekerja dengan baik pikirkan dong. samakan sama kejaksaan kenapa sih kan penegak hukum entar banyak pelangaran lho pak

  14. Guru masih jauh dari rata 2 penerrimaan renumerasi .. tp protes jalan terus..padahal, jaminan membuat guru bisa jadi hakim, polisi, ekonom mgk terbantu dg renumerasi, kalo dikasih peningkatan ketika sudah tua, tp dr awal pengetahuan ttg tanggungjawab kinerja kurang… gak jamin juga ya.. so pendidikan dan kesehatan fokus utama pembanguanan manusia indonesia seutuhnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>