Tabel Kenaikan Uang Makan dan Uang Lembur PNS Th 2012

Tanpa banyak publikasi Menteri Keuangan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 84/PMK.02/2011 tentang Standar Biaya TA. 2012 sebagai acuan penghitungan kebutuhan anggaran K/L tahun anggaran yang akan datang (2012).

Semua penghitungan didasarkan pada harga satuan, tarif dan indeks yang ada dalam peraturan ini. Ada perbedaan istilah dengan Standar Biaya yang diterbitkan pada tahun-tahun sebelumnya. Dulu dikenal Standar Biaya Umum (SBU) sekarang dengan adanya PMK ini diganti dengan Standard Biaya Masukan (SBM), sedangkan Standar Biaya Khusus berubah menjadi Standar Biaya Keluaran.

Salah satu perubahan yang menonjol adalah adanya kenaikan uang makan dan uang lembur serta uang makan lembur. Selain itu satuan uang makan dan uang makan lembur ditentukan berdasarkan Golongan PNS, sebelumnya uang makan semua PNS ditentukan sebesar Rp 20.000 tanpa melihat golongannya.

Besaran kenaikan Uang Makan, Uang lembur dan Uang Makan Lembur dilihat dalam tabel dibawah ini:

1. Uang Makan

Golongan TA. 2011 TA.2012
Gol I dan II 20.000 25.000
Gol III 27.000
Gol IV 29.000

Uang makan diberikan kepada PNS yang dihitung berdasarkan jumlah hari masuk kerja, pengalokasian dana dalam RKA K/L paing banyak 22 hari dalam 1 (satu) bulan.
Besaran satuan biaya uang makan untuk Gol III dan IV sudah memperhitungkan pajak penghasilan.

2. Uang Lembur

Golongan TA. 2011 TA. 2012
Gol I 7.000 10.000
Gol II 9.000 13.000
Gol III 11.000 17.000
Gol IV 13.000 20.000

3. Uang Makan Lembur

Golongan TA. 2011 TA. 2012
Gol I dan II 20.000 25.000
Gol III 27.000
Gol IV 29.000

Uang Lembur merupakan kompensasi bagai PNS yang melakukan kerja lembur berdasarkan surat perintah dari pejabat yang berwenang. Kerja lembur adalah bekerja di luar jam kerja/waktu kerja normal yang telah ditetapkan oleh setiap instansi/kantor pemerintah. Besaran satuan biaya uang makan lembur untuk Gol III dan IV sudah memperhitungkan pajak penghasilan.

Unduh Peraturan :
PMK 84 – 2011 – Standar Biaya Tahun Anggaran 2012
Perdirjen Anggaran 03-2011

comments

226 Comments

  • June 28, 2011 - 8:45 am | Permalink

    remunerasi kemenkumham piye..wah org atas bnyk acara tp kenyataane buuuoool kuro

  • June 28, 2011 - 9:28 am | Permalink

    Asyiiiiiiiiiik :razz: :grin:
    ayo makin semangat kerja, lebih produktif kawan PNS :cool:

  • pns pusat
    June 28, 2011 - 10:58 am | Permalink

    Alhamdulillah,lumayan buat nambah bayar hutang bank….

  • pns kementan
    June 28, 2011 - 2:00 pm | Permalink

    Alhamdulilah,kapan renum??

  • Calon CPNS
    June 30, 2011 - 10:03 am | Permalink

    Mengapa semakin besar golongan jumlah honornya juga besar, padahal dari segi gaji kasihan untuk golongan yang kecil. Seharusnya dibalik gitu loh, yang bergaji kecil, uang makan honor lembur dan sebagainya itu justru diperbesar.

    • wahyudi danendra
      July 31, 2011 - 12:06 pm | Permalink

      ya jumlahnya pegawai yg banyak ya golongan I dan II semakin keatas jumlahnya semakin sedikit, ya kalau yg bawah di banyakin bisa-bisa uang negara tersedot abis, mereka yang diatas jarang ada yg mau lembur mereka kan juga pernah dari bawah juga, kalau di balik namanya gak adil itu sama rata sama rasa kayak paham sosialis komunis aja gak ada yg jadi pejabat semua disamaratakan. ya semua sesuai porsinya. kalau seperti gak ada yg ma jadi pejabat, jadi staff aja karena jadi pejabat pasti tanggungjawabnya jauh lebih besar dari bawahannya. namanya gaji semua harus disyukuri dan di nikmati agar membawa barokah karena smua sudah Allah yang mengatur. janganlah mengeluh, dan iri pada orang lain karena itu semua akan menimbulkan sakit hati dan syukurilah semua nikmat yang telah Allah SWT berikan gaji besar atau kecil sama saja. gaji besar tapi kalau tidak bisa menikmatinya apa gunanya gaji kecil kalau menikmatin dan mensyukurinya pasti akan membawa barokah di jalan Allah SWT.

      • rifwar
        January 4, 2012 - 12:14 pm | Permalink

        Kalau CPNS saja udh minta gaji besar, sementara kerjanya saja belum cukup umur. Apa kata dunia ? dan saya setuju kata pak wahyudi danendra. dan ingat PNS adalah abdi negara artinya mengabdi dulu dengan tulus dan ikhlas dan insya Allah akan diberi keridhoan atas apa yang kita dapat.

      • selamet suarto
        January 25, 2012 - 1:24 pm | Permalink

        Betul itu kata mas wahyudi, cuman sekedar menambahkan aja kenapa bisa seperti itu karena semakin tinggi jabatan resikonya juga semakin besar begitu juga biaya hidupnya, bukan itu saja kalau misalnya pejabat tersebut gajinya rendah dan tunjangannya kecil nanti pejabat tersebut akan melakukan tindakan-tindakan sewenang-wenang alhasil terjadinya banyak KKN ( Korupsi, Kolusi dan Nepotisme)
        cuman saran aja kepada para pejabat toloonglah jangan bermain-main dengan anggaran ataupun apa jenisnya yang menyangkut uaaaaaaaaaaaaang, anda diangkat jadi pejabat itu hanya sekedar amanah rakyat bukan untuk mencari kekayaan yaccchhh ????? kalau misalnya pejabat tersebut kekayaan bertambah dengan wajar tidak masalah, tapi itu pejabat yang kendaraannya banyak, rumah mewah dll itu uang hasil dari apa kalau bukan menjadi perampok uang rakyaaaaaaat. ingat itu ALLAH MAHA MENGETAHUI jadi jangan ngumpet-ngumpet yaaaah :twisted:

  • Roy Surya
    June 30, 2011 - 10:20 am | Permalink

    Betul kata “Calon CPNS”. Mestinya uang makan prosentase kenaikannya berbanding terbalik dgn golongan. Yang Golongannya lebih rendah mestinya lebih tinggi. Syukur-syukur kenaikan gaji + remunerasi kalo ada. Kasihan dong yg golongan rendah (I/II), karena pada umumnya mereka gak punya jabatan tertentu. Bener kata Mr. Rhoma Irama: “YANG KAYA MAKIN KAYA …. YANG MISKIN MAKIN MISKIN … “

    • Bagas
      December 28, 2011 - 1:42 pm | Permalink

      ITULAH INDONESIA KITAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA………………………… :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

      • paizo
        April 18, 2012 - 8:14 am | Permalink

        betul dari hongkong? masalahnya u kan pegawai rendahan, coba kalau u gol III, apa mw ngomong kayak gt? :lol:

    • ahmad fathoni
      February 17, 2012 - 12:27 am | Permalink

      asumsinya gini
      gaji pejabat 4juta, uang mkan 1juta
      gaji calon cpns 1juta, uang makan 4 juta
      trus apa bedanya,,,, nanti karyawan pabrik juga gitu, minta kepada pemerintah supaya UMRx disamakan dg para pejabat. wkwkkwkwkwkwk,,,,,

  • June 30, 2011 - 11:53 am | Permalink

    yang senang pns vertikal tunjangan apa aja yang keluar pasti dapat, tapi pns daerah ( otonom ) kasihankan ? ada banyak sekali daerah yang sampai saat ini uang makan aja gak dibayarkan. padahal cuman Rp 400.000,/bulan/pegawai apalagi remunerasi yang pakai grade. grade 1 s.d. 27. gol. I 1 jt sekian gol. II 2 jt sekian Gol.III pelaksana 2-3 jt sekian Gol.III eselon IV 6 jt sekian Gol.III eselon III 9 jt sekian eselon II 20 jt sekian eselon I 40 jt sekian/bulan pns daerah jangan pasang telinga soal remun ya kecuali dki jakarta dan beberapa daerah di jawa

    • naro
      September 26, 2011 - 10:29 pm | Permalink

      sebagai pns daerah dengan kesenjangan sperti itu, alangkah baiknya aturan tersebut di tinjau ulang atau minta MK untuk melakukan judicial review. bisa tidak ya ?

      • Bagas
        December 28, 2011 - 1:38 pm | Permalink

        Iya mas tp kt PNS punya organisasi gombal yg namanya tidak bs buat menyalurkan aspirasi PNS….Trs caranya gimana….

      • mark
        January 13, 2012 - 10:11 am | Permalink

        yah, nasib kami lebih parah. uang “makan” lima rebok perhari di potong pajak 15 persen jadinya empat reboan. sudah itu dibayarnya tiga bulan lagi. capek dah..gw binun itu uang makan atau uang minum? kl uang makan, pake nasi tanpa lauk kali yak.:(

        • mark
          January 13, 2012 - 10:17 am | Permalink

          tambah air putih setengah gelas.. hikzz.. naseeb naseeb…

          • gembol
            February 13, 2012 - 11:49 am | Permalink

            Mending mas msh dapat,,kita di kab. madiun malah tidak ada uang mamin..nasibbbbbb…

          • ahmad
            March 1, 2012 - 2:17 pm | Permalink

            lha itu mending ada, klaw kami di kab. lampung tengah, cuma gaji thok mas

      • GIBRAN
        January 13, 2012 - 11:06 am | Permalink

        TKD nya kan ada mas, sept dijambi aja katanya gol.III aja 2 jt lbh, lebih besar malaah dibandingkan didapat oleh yang remunerasi

  • Ferdian
    June 30, 2011 - 2:17 pm | Permalink

    aturan uang makan SANGAT DISKRIMINATIF.. PNSD jadi anak tiri program kesejahteraan PNS dari pemerintah..

    • Ady Nugraha
      October 22, 2011 - 9:18 am | Permalink

      PNSD harus tau diri plg kerja jam brapa.. kami PNS vertikal plg kerja jam 4 sore kadang dah mau magrib tiba di rmh, jd PNSD harus ngerti itu…

      • November 14, 2011 - 2:09 pm | Permalink

        yayayay saya jg setuju sama agan yang satu ini. pnsd tingkstksn dulu kinerja kalian.brangkat jam brapa pulang jam brapa?bukan hanya itu, knapa kalian blm dapet tunjangan dll, itu karena apbd habis buat bayarin gj pegawai yang seabreg, tanpa jobdes yang jelas. alias aji mumpung dr para pejabat daerah yang bisa membengkakkan formasi pns. di sebagian daerah saya gak yakin cpns2 itu murni lulus ujian :evil: Marmos :evil: :evil: :evil:

        • JAMaludin
          January 13, 2012 - 1:30 pm | Permalink

          semua pns itu sama, bapak pulang sampai sore itu karena lembur, kalau jam kerjanya sama bung.

          • February 3, 2012 - 8:37 am | Permalink

            eh jangan asal ngomong bos..tiap K/L atau pemda pnya aturan jam masuk kerja, jadi jng disamaratakan semua pns sama jam kerjanya..klo ngomong baca aturan dulu dimasing2 instansi itu..ane aja masuk kerja pkl 7.30 plang kerja pkl 17.00, nyampek rumah pkl 19.00. (itu di luar lembur bos)

      • lou
        February 27, 2012 - 11:46 pm | Permalink

        ady nugraha kalo ngomong mikir dulu, jgn asal bicara. kalian pns kementrian yg ga ada krjaan. PNSD slalu brrusan dgn masyrkt. tau kau nyet….

    • uchie
      November 29, 2011 - 2:35 pm | Permalink

      PNSD kan ttgjwb pimpinan daerahnya…tentunya dsesuaikn dg PAD nya….

    • Bagas
      December 28, 2011 - 1:22 pm | Permalink

      PNSD mogok mau demo uang makan dan remunerasi……………………………………… :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil:

      • Nanang Sandy
        March 20, 2012 - 12:31 am | Permalink

        To:ahmaduro,uchie,ady nugraha dll yg pns pusat. Bisanya cuma ngomong doang, coba lihat di daerah, turun ke daerah kalau pengen tahu kerjaan pnsd, dan lihat kerjaan pns pusat di daerah. Ngomong aja. Contoh mantis itu pns mana? Pusat bung! Kerja cuma minta data ke pnsd, jarang turun ke lapang. Apa mereka tahu berapa jumlah orang miskin di desa, berapa jumlah kk di desa, berapa jumlah ternak, berapa luas hutan? Dan perlu kalian tahu,uang yang kalian makan itu dari mana? Uang dari daerah. Kalian tidak usah macam-macam lah.

    • GIBRAN
      January 13, 2012 - 11:10 am | Permalink

      TKD nya kan ada MAS, kok masih kurang juga n pulang kerja pun hanya sampai jam 15.30 kalo kami di Instansi Vertikal pulang nya jam 4 sore paling dirumah sampai hjam 5, jum’at pun masuk sampai dengan jam 16.30. bebabn kerja pun banyak.

    • awi
      April 3, 2012 - 9:19 am | Permalink

      duh… ketinggalan jaman, jaman edan do rebutan gaji… aku gak tahu sama sekali,
      ada uang lembur…, remukinasi, grade 1, 2, dan dji sam soe alias 234, uang beras naik, lembur naik, sebenarnya ada apa ini ????, kok di daerah buat pegawai kroco2 gak mudeng…, tahunya kalau bayar SPP anak utang kanan kiri

  • Kabayan
    July 1, 2011 - 8:49 am | Permalink

    yang PNSD Tunjangan nya sudah sangat besar…jangan mau dobell!!!

    • ahmad
      March 1, 2012 - 3:19 pm | Permalink

      besar apanya, ojo asal muni

  • Peltah Mamuju
    July 1, 2011 - 8:53 pm | Permalink

    klau CPNS dpat ngak remunerasi ??????????????

    • PNS
      November 1, 2011 - 2:58 pm | Permalink

      LOE CPNS DI DEPARTEMEN APA MAU DAPAT REMUNERASI, BARU BAU KENCUR SUDAH MINTA REMUNERASI, LOE PANTASNYA DAPAT REMUNTERASI AJA… DASAR BLOON……… : :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

      • sss
        November 16, 2011 - 9:59 am | Permalink

        setau gw cpns dapet bos.. karena itu dihitung berdasarkan kinerja..

        • GIBRAN
          January 13, 2012 - 11:12 am | Permalink

          dak bolh gitu mas, mentang2 senior ngomongnya belagu. padahal kerjanya goyang kaki doank

          Tenang yang CPNS dapat kok tapi masih 80 %

      • SAMPEU
        February 22, 2012 - 7:58 pm | Permalink

        LOE SEBELOM JADI PNS PASTI CPNS DULU KALEE..KALO NGOMONG DI SARING NAPA, PNS KAYA LOE GA AKAN SUKSES, KARENA BLAGU ABIS

  • July 2, 2011 - 10:48 am | Permalink
    • Setagu
      July 3, 2011 - 12:04 pm | Permalink

      itu khusus Pemasyarakatan ya, Perpresnya apa udh keluar?
      btw thanks share-nya

  • pekerja
    July 2, 2011 - 11:49 am | Permalink

    kalo di perusahaan swasta asing, uang makan per hari bisa 60.000

  • EDOY
    July 3, 2011 - 7:19 pm | Permalink

    Alhamdulilah,biar cepat dibayarkan agar para PNS lebih sejahtera…..

  • ids
    July 5, 2011 - 5:46 am | Permalink

    masih dipotong pajak ga mas setagu ? dipotong pajak berapa persen, tolong dicantumin diartikel blognya donk, thank anyway

    • Setagu
      July 5, 2011 - 12:17 pm | Permalink

      Gol I dan II tanpa potongan
      Gol III Pph 5 %
      Gol IV PPh 15 %

      shg gol III terbesar terima setelah dipotong pajak.

      • ids
        July 5, 2011 - 6:37 pm | Permalink

        Gol. III–> 95% x Rp 27rb = Rp 25650. Beda tipis dg gol I n II .

        Mas setagu tolong buat artikel tentang pegawai harian (PH) donk, katanya PH cuma ampe tahun 2011, trus gmn kedepannya pasca 2011, thank anyway

        • Setagu
          July 10, 2011 - 12:19 pm | Permalink

          ralat:
          Besaran satuan biaya uang makan untuk Gol III dan IV sudah memperhitungkan pajak penghasilan (dikutip dari PMK No.84 Th 2011.
          Mengenai pegawai harian, ntar saya coba posting :smile:

          • hans
            July 18, 2011 - 4:35 pm | Permalink

            Berarti Gol. III = 27 rb udah nggak dipotong pajak lagi dong…?

          • Dewi
            March 9, 2012 - 9:50 am | Permalink

            Besaran satuan biaya uang makan utk gol III dan IV sdh memperhitungkan pajak penghasilan ( dikutip dari PMK No. 84/PMK.02/2011 ) ???
            Klo boleh tw itu ada di hal mana mas setagu, sy cari di SBU/PMK tdk ada kt” sudah memperhitungkan pajak penghasilan.
            jd apa kena potongan pajak jg utk gol III & IV ? :???:

  • PEGAWAI DAERAH
    July 22, 2011 - 4:00 pm | Permalink

    Gimana mas setagu dengan pegawai daerah, kok nggak ikut mendapatkan uang makan..? kita kan sama-sama kerja pada pemerintah

    • Setagu
      July 26, 2011 - 5:32 pm | Permalink

      Untuk Pemda penganggaran ditentukan Pemda setempat dengan persetujuan DPRD(konsep otda). Efeknya pemberian uang makan juga tergantung kebijakan Pemda dengan memperhatikan kondisi keuangannya (Permendagri 59/2007. Jadi pemda berhak memberikan atau tidak memberikan uang makan ke PNS-nya.

  • agus
    August 20, 2011 - 6:22 pm | Permalink

    Pak menteri,…. PNS yang ada di daerah khususnya Pemda TK. II kapan dapat Uang Lauk Pauk?…
    mengapa karena otonomi hak PNS daerah dan Pusat tidak sama ya?!…..

    • Anas
      December 28, 2011 - 11:49 am | Permalink

      Itu salahsatu goblognya pemerintah saat ini yg gak mikir akibatnya akan timbul kesenjangan di masyarakat (PNS), cm asal bikin aturan tp gak becus ngatur rakyat malah bikin rakyat resah terus…..Apalagi yg namanya organisasinya PNS alias Korpri yang gak demokratis dan melanggar HAM krn PNS tidak diberi kebebasan berserikat tp sdh diatur pemerintah….Jan pemerintah ra cetho..

  • Hanudin
    August 20, 2011 - 10:55 pm | Permalink

    Pak Menteri, PNS yang punya jabatan fungsional seperti Peneliti kalau ada remunerasi jadi berapa yah tunjangan untuk tiap tingkatnya ? Terima kasih Pak Mudah-muadah aja jadi dan negara kita semakin maju
    menjadi negara yang kuat dan mendapat ridlo serta berkat Allah SWT, amien.

  • September 6, 2011 - 9:31 am | Permalink

    betul bung saady,,jgnkan 400 rb/bln perhari 5ribu perak pun kami gak dapat,,ganti bupati ilang deh..kalo sya baca SE nya sifatnya cuman himbauan saja pada pemda agar memberikan uang makan,jdi bukan sifat yg mengikat,mutlak,tergantg kekmap daerah itu,,jadi ya repot..indonesia emang negara lucu kok,,jangankan kesejah masy,,utk aparatnya saja negara tdk mampu adil

  • PNS daerah
    September 6, 2011 - 2:11 pm | Permalink

    setuju sekali dengan pa Indra diatas… buat apa pemerintah mempublikasikan kenaikan uang makan… orang PNS daerah tidak pernah dapat itu uang makan.. jangankan 20 ribu… 5 ribua aja ga… Pemerintah harusnya adil… sama2 PNS harus seluruh Indonesia dapat semua yang namanya uang makan… tolong perhatikan… jangan otonomi daerah malah menimbulkan perbedaan2…

    • PNS Pusat
      September 6, 2011 - 2:24 pm | Permalink

      jelas beda Bung,,,,beban gaji PNS Pusat ditanggung APBN, sedang PNS Daerah ditanggung APBD..jadi klo mw dapt Remun N Uang makan tanya sama BUPATI/WALIKOTA atw Gubernurnya.itu kebijakan daerah masing2..kinerja dlu di perbaiki baru menuntut HAK..

      • PNS daerah
        September 6, 2011 - 2:35 pm | Permalink

        Bilang kinerja di perbaika… apa anda sudah baik…kinerja di PNS daerah sudah sangat baik… jangan sok bung…

        • PNS Pusat
          September 6, 2011 - 2:39 pm | Permalink

          bukan begitu kawan kerjamu hanya duduk2 n online tidak ada gunanya u jd pegawai, bikin bangkrut APBD saja pns daerah!!!!

          • Bagas
            December 28, 2011 - 11:54 am | Permalink

            Aku yang PNS Pusat sj kerja tiap hari cm smpe jam 10 dah bs pulang jg dpt uang makan…Ngapain ngurusi kinerja sgl..

          • tejo
            January 9, 2012 - 4:04 pm | Permalink

            @bagas: hoak doank lo…mana ada pns vertikal jam 10 udah pulang, bisa dipecat lo. Di instansi vertikal jobdes dan sanksi udah sangat jelas, ngaku2 pns pusat segala….NGIMPIII..

          • ahmad
            March 1, 2012 - 2:46 pm | Permalink

            kerjaan PNS Pusat kalau kami dari daerah ada perlu ke pusat pasti minta setoran, kok masih dapet Remun ya

        • HARIYONO
          September 20, 2011 - 11:26 am | Permalink

          mbelgedhes …… mbelgedhes ……..prettttttttttttttttt

          • PNS jakarta
            February 10, 2012 - 8:37 am | Permalink

            Kalau gitu aku mau balik jadi calon PNS aja ah yang uang makanya 5 juta sebulan dan tak perlu bagi-bagi sama pejabat , dari pada jadi pejabat di curigai melulu sama anak buah. kalau pejabat jujur dan tak bisa akal-akalan susah bagi-bagi duit sama anak buah dan………….. anak buah jadi sengsara !!

        • GIBRAN PNS pusat
          January 13, 2012 - 11:21 am | Permalink

          udah baik gimana bung, didaerh saya aja PNSD nya banyak nggak ada kerjaanya aling2 yang kerja Honorernya yang PNS goyang2 kaki , di Instansi vertikal nggak ada yang Honorer jadi yang bekerja para PNS nya.

          • ahmad
            March 1, 2012 - 2:50 pm | Permalink

            anda bisa ngomong gitu apa sudah pernah jadi PNS Daerah, ojo asal muni mas, awakmu PNS Pusat yang selalu minta setoran kalau kami ada urusan kejakarta, atau kamu orang pusat jalan2 kedaerah

        • boliman
          January 18, 2012 - 10:02 am | Permalink

          Waktu Diklatpim ke beberapa daerah saya lihat kinerja PNSD sudah baik. Aturan tentang uang makan dan lembur itu berlaku seluruh Indonesia, pelaksanaannya tergantung dari daerah masing-masing. Uang makan dibayarkan kalau jam kerja 8 jam per hari. Mungkin di daerah anda belum 8 jam/hari.

      • HARIYONO
        September 20, 2011 - 11:28 am | Permalink

        tidak di pusat atau di daerah soal tipu menipu uang anggaran kayaknya dah biasa …..

  • PENGACARA (pengangguran banyak acara)
    September 6, 2011 - 2:36 pm | Permalink

    MAKANYA JANGAN JADI PEGAWAI !!!

  • Jonnn
    September 14, 2011 - 4:07 pm | Permalink

    :mrgreen: Lha wong durung pasti q sudah ribut-ribut, Malu gitu lohhh…..

  • Jonnn
    September 14, 2011 - 4:08 pm | Permalink

    Lha wong durung pasti q sudah ribut-ribut, Malu gitu lohhh….. :mrgreen: :mrgreen:

  • Jonnn
    September 14, 2011 - 4:14 pm | Permalink

    Seng durung intuk sabarrrr sesuk kan ono wayah’e intukkk…. SENG PENTING KERJO SENG BENERRR…. :smile:

  • HARIYONO
    September 20, 2011 - 11:23 am | Permalink

    di kabupaten ngawi ngono kuwi …….. uang makan … uang lembur dll hora enek blas ………. jan mbelgedhes tenan ………

    • uchie
      November 29, 2011 - 2:54 pm | Permalink

      masa sih ….ngawi kan PAD nya besar..ya tapi semua mmg tergantung kebijakan pimpinan daerah nya ya….sabar aja pak

  • October 6, 2011 - 10:25 am | Permalink

    alhamdulillah sesuatu…

  • mauludin
    October 8, 2011 - 11:00 pm | Permalink

    :razz: kapn penyuluh pertanian di kab. kutai
    Barat dapat uang makan

    • mauludin
      October 8, 2011 - 11:10 pm | Permalink

      katanya ujung tombak bersama petani dalam mensukseskan program ketahanan pangan, gmana mau semangat kerja org penyuluhnya ja g tahan pangannya..

  • October 21, 2011 - 2:44 pm | Permalink

    hanya manusia goblog and tidak punya sifat adil seperti orang-orang diatas yang mau-maunya membela PNS Depkeu, oh saya tahu mungkin anda-anda mendapat uang suap dari PNS Depkeu sehingga anda semua membelanya yang sudah jelas pemerintah tidak ada keadilan selalu membedakan para PNS.

  • October 23, 2011 - 7:30 pm | Permalink

    gimana rasanya uang makan lembur & uang lembur itu, soalnya kita belum pernah menikmatinya…!

  • tha
    November 1, 2011 - 8:14 am | Permalink

    syukur lah,,yg vertikal sbtu libur,kami..ini sistim kerja ga karuan kadang ship malem atw sore sukur dpt pagi.hr libur pun ga tentu kena 2 ship malem bru kena libur.jd jgn bilg pnsd ga tw diri pak.klg trbngkalai drmh apalagi anak..

  • pns pusat di daerah
    November 1, 2011 - 9:09 am | Permalink

    sedikit banyak memang antara pns pusat dan pns daerah ada perbedaan. tapi menurut saya keadaannya tidaklah berbeda teramat jauh. memang di satu sisi, sepertinya pns pusat lebih terperhatikan kesejahteraannya karena memang dibiayai langsung oleh APBN. sementara pns daerah sangat tergantung dengan kemampuan APBD masing-masing.
    akibatnya tidak merata antar daerah, ada yang yang sangat apa adanya (gaji pokok + tunjangan standar/umum seperti tunjangan struktural) tapi ada juga yang sangat berkecukupan seperti pemda DKI.

    tapi dilain pihak, karena birokarasi yang sangat besar dan luas meliputi seluruh indonesia, pns pusat biasanya karirnya tidak secepat pns daerah naiknya. pns pusat yang ditempatkan di daerah paling tinggi esselon III (kalau di kota atau kabupaten) sementara PNS daerah di tempat yang sama dengan beban kerja yang kurang lebih sama bisa menduduki esselon II (kepala dinas). untuk jabatan itu, kalau di instansi pusat itu adalah setingkat direktur atau kepala biro, sudah sangat tinggi.

    di kabupaten/kota (termasuk di pedalaman kalimantan tempat saya ditempatkan) ada pejabat esselon 1 yaitu sekretaris daerah. esselon 1…! itu setingkat dirjen. dirjen pajak, dirjen bea cukai, dirjen perbendaharaan, kepala BKPM dan seterusnya. sementara bebean kerjanya? mungkin tidak sampai 10%-nya.
    jadi pns daerah sangat diuntungkan dengan kemudahan mencapai jenjang karir yang lebih tinggi ini. jadi menurut saya antara pns pusat dengan pns daerah tidaklah terdapat perbedaan yang jauh.

    • hans
      November 19, 2011 - 4:07 pm | Permalink

      Bener pak sekarang yang namanya camat aja eselon IIIa. Bener2 gile…

      • Bagas
        December 28, 2011 - 12:27 pm | Permalink

        Tp mas, ini masalah perut…knp pemerintah gak perhatikan masalah kesenjangan yg slm ini muncul antara PNS pusat dgn PNS daerah, yg dl sj blm slsai tmbh masalah uang makan lg….Pemerintah kabinet partai ya seperti ini, menteri2 gak profesional di bidangnya…..Hanya utk mempertahankan presidennya…

      • mark
        January 13, 2012 - 10:29 am | Permalink

        mas, perbedaanya memang bukan jauh mas, tapi jauhhhhhh sekali. hikz.. menjerit mas pns daerah mas apalagi golongan rendah yang tidak memiliki jabatan..antara gol I, GOl II, GOl III, cuma beda dikit. untuk komentar ‘pns pusat di daerah’ coba keliling nusantara dolo dah biar MATA nya mendelik. kita punya kurang lebih 33 provinsi dan banyak kabupaten dan juga kecamatan di seantero Indonesia RAYA JAYA. jd kalo ada di kalimantan SAJA, saya pikir tidak bisa dijadikan acuan sebagai GAMABARAN kesejahteran atau karir PNS PNS di INDONESIA RAYA JAYA MERDEKAA…! jadi kami menyampaikan JERITAN hati yang paling dalam bahwa kami di daerah serba pas pasan karena ditambah utang sana sini untuk memenuhi kebutuhan perut yang sejengkal ini.. kami bangga menjadi PNS karena bisa melayani masyarakat. tapi kami tidak bangga menjadi seorang PNS atas dasar tingkat kesejahteraan. anda manusia dan kami juga manusia. semoga anda mengerti maksudnya.. terima kasih…

        • PAY JO
          May 23, 2012 - 10:24 am | Permalink

          lebih parah lagi mas atau mbak honorer itu lho.! kenapa kalian PNS ??? ada apa ini?

    • ahmad
      March 1, 2012 - 3:08 pm | Permalink

      berapa orang yang bisa menjabat ess 1 & 2 dari PNS Daerah yang ada dalam satu Kab./Prop. pak? lha kami ga ngarep jadi Pejabat, cuma pengen adil dalam membagi Rejeki antar PNS Pusat dan Daerah

  • titink riyani
    November 3, 2011 - 11:00 am | Permalink

    Alhamdullilah,walau kebutuhan pokok selalu pada ganti harga

  • November 4, 2011 - 2:20 pm | Permalink

    saya usul kepada bapak2 yang ada di DPR, untuk kenaikan gaji pegawai negeri jangan 10%, kalau bisa paling sedikit naiknya 30%, karna kalau naiknya cuma 10% percuma para pegawai negeri tidak akan bisa sejahtera sampai kiamatpun, karna setiap pegawai negeri dinaikan 10% selalu dibarengi oleh kenaikan 9 bahan pokok yang naiknya bisa mencapai 50%. jadi jelas disini kita bisa menilai bagaimana mau sejahtera pegawai negeri.

  • November 4, 2011 - 2:23 pm | Permalink

    saran saya sebagai masyarakat jadi pemerintah harus bisa menekan harga barang2 jangan sampai ikut naik, kalau harga barang tidak naik, tapi gaji pegawai negeri naik, saya berkeyakinan pegawai negeri bisa hidup layak alias sejahtera.

  • kadal
    November 9, 2011 - 7:20 am | Permalink

    lah, kemenkes lebih parah, tidak ada tunjangan, ada uang lauk pauk dipotong2 terus…
    ditanya masalah uang makan, dibilang nya ngga ada uang makan, emang benar2 kocak bangsa ini…

  • agam
    November 13, 2011 - 10:20 pm | Permalink

    hilangkan saja tnjngan uang makan, hanya jadi lahan korupsi pejabat daerah

    • hans
      November 19, 2011 - 4:08 pm | Permalink

      Makanya besok2 pilihlah Gubernur/Bupati yang bisa memperhatikan nasib kalian…

    • Cinta Negeri
      March 10, 2012 - 8:43 pm | Permalink

      Memang negara aneh , satu sisi rakyatnya di angkat di satu sisi rakyatnya di pijak – pijak .

  • youngma
    November 20, 2011 - 9:53 am | Permalink

    di daerah saya payah lagi…PNS yang pintar atau goblok gaji sama aja, yg ongkang2 aja justru bisa naik daun karir cepat sesuai dampak pilkada…

  • November 22, 2011 - 3:09 pm | Permalink

    Kapan donk realisasinya.. remunerasi PNS cair?? berapa kisaran nominalnya per golongan ? bagi PNS golongan menengah ke bawah sangat membutuhkan banget..!! kalau pejabatnya sih ngga bingung, bisa sikat kiri-sikat kanan..! Semoga aja bukan omdo saja, kasian pegawai kecil Pak..!!

  • junaidi
    November 29, 2011 - 12:32 pm | Permalink

    :lol: makanya, kalo mau jadi PNS, jadilah PNS pusat. biar dapet semua…hahahahahaha

    • IPNSD
      February 14, 2012 - 9:54 am | Permalink

      Jangan belagu lu …apa hebatnya pegawai pusat..??hebat maling uang rakyat…Pegawai yang paling banyak koroptor ya pegawai pusat..tu contohnya dah ada…Gayuussss

    • si kipli
      March 20, 2012 - 10:00 am | Permalink

      alhamdulilah bisa jadi pegawai pusat :lol:

  • bu guru
    December 4, 2011 - 1:15 pm | Permalink

    uang makan????? Sejak kapn adanya??? Alokasi dananya dari mana???? Kok aq ga prnh terima ya???

  • Rahmat
    December 16, 2011 - 9:36 am | Permalink

    om setagu kapn remon untk pns Batan (Badan Atom Nasional) tlg infonya ya..

  • PNS pusat yg pernah ke daerah
    December 17, 2011 - 12:11 am | Permalink

    menurut ane seharusnya bukan remunerasi, tapi gaji pokok yang diperbesar.

    karena dengan adanya remunerasi, maka beberapa hak yang semula anda dapatkan menjadi tidak anda dapatkan. daaaan, sekali lagi, uang pensiun anda hanya berasal dari gaji pokok anda yang nilainya segitu2 saja.

    jadi, daripada remunerasi, mending menaikkan gaji pokok menjadi 300%, serta memberlakukan peraturan remunerasi di kantor dimaksud.

    • PNS Busyet
      February 22, 2012 - 3:56 pm | Permalink

      setiap kenaikan gaji PNS maka akan menyebabkan kenaikan inflasi, dengan kenaikan 10% dapat menyebabkan inflasi apalagi 300%, belum lg pembayaran uang pensiun PNS pun akan naik,,bangkrut dah negara..

    • Cinta Negeri
      March 10, 2012 - 8:57 pm | Permalink

      Emangnya ini negara bapakmu, ga kau pikirkannya rakyat indonesia yang lain yang masih banyak melarat dan di bawah garis kemiskinan … malah kau enak2an menyusu pada negara, minta tambah da kinerjamu ga ada …. :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted:

  • December 19, 2011 - 5:26 pm | Permalink

    kalo ada uang makan gajinya utuh dooooooooooooooooooong

  • lina PNS DIKNAS PUSAT
    December 21, 2011 - 12:34 pm | Permalink

    Alhamdulillah..bisa buat nambah beli susu si kecil….

    • si kipli
      March 20, 2012 - 10:02 am | Permalink

      hati2 kalo uangnya gk bener nanti gigi sikecil gk numbuh lo

  • paeran
    December 26, 2011 - 7:48 am | Permalink

    pak menteri, pns guru di bawah diknas gak pernah menikmati uang makan…………

  • hayati dwi
    January 1, 2012 - 4:28 pm | Permalink

    mas setagu yg baik hati..aku msh boleh nanya kan,kira2 bln apa kenaikan gaji dan ulp untk tni diterimakan?thank you mas infonya..

  • January 2, 2012 - 1:06 pm | Permalink

    Assalamualaikum…Kapan itu mulai berlaku dan apakah ada remunerasi untuk pns di kemendiknas (sy pns di PTN)??tks

  • Budi PNS Kemhan
    January 2, 2012 - 7:20 pm | Permalink

    Alhamdulillah,,,,,,disyukuri aja, semua sudah diatur Allah SWT

    • udin Kaget Pns TNI AD
      June 16, 2012 - 12:17 pm | Permalink

      @budi, sy mau nanya apa diinstansi bpk dpt uang lembur&uang makan lembur…soalnya ditmpt sy ga prnh turun tuh….

  • melva
    January 2, 2012 - 7:47 pm | Permalink

    uang makan naik, harga pokok pun naik…

  • ddp
    January 3, 2012 - 12:03 pm | Permalink

    kenpa sih….pns bawahn,yang kerja dilembaga LIPI koq tidak ada kabarnya tentang remunirasi….? tolong dong lihat kebawah, banyak yang kecil..yang banyak anak..butuh/mengharapkan tambahan untuk makan+biaya sekolah, koq, tidak ada……………, karena lebih banyak kerjaannya yang kecil……, tanpa yang kecil tidak akan ada hasil….

  • me
    January 6, 2012 - 5:37 am | Permalink

    ah..knaikan uang makan g ngaruh tuh d kab saya..dsni pns g diberi uang makan,,tunjangan daerah jg besarnya g sberapa,,remunerasi jg g ada..-_-”..bs g y,pengabdian tulus dpake bwt makan n bayar skolah???

  • Prima ta
    January 6, 2012 - 1:23 pm | Permalink

    Sssstttt….
    Kenapa sihh ribet ribut.
    Aku PNSD, kalo ditotal gajiku > 4 jt/bln, rata2 kerja 4 jam/hari, masuk kantor rata2 4 hari/minggu. Sisa waktu aku gunakan utk nyambi…lumayan kalo dhtnng dri hsl nyambi aku blh dpt > 4 jt/bln…Pandai2lah….

    • PNS Busyet
      February 22, 2012 - 3:59 pm | Permalink

      wew belum baca PP53 ni orang.. :twisted:

      • bohay
        March 1, 2012 - 7:53 pm | Permalink

        weww kerja 4 jam/hari, kerja apaan niih, makan gaji buta yah. begini nih yg bikin nama PNS tercoreng dimata masyarakat :evil:

      • Cinta Negeri
        March 10, 2012 - 8:49 pm | Permalink

        Inilah contoh PNS ga bagus , yang buat pemikiran miring terhadap PNS .

      • si kipli
        March 20, 2012 - 10:05 am | Permalink

        setuju dgn ide prima ta? kalo kerjaan bisa diselesaikan dlm 4 jam ngapain pula lama2 kerja mending cari sampingan buat tambahan ya gk tu :lol:

  • ropik
    January 7, 2012 - 10:28 am | Permalink

    mw dapat mw ngga stress klo baca ini semua nya ,terserah apa mau kamu2…

  • raden
    January 9, 2012 - 8:12 pm | Permalink

    Jika dilihat dari total anggaran APBN setengahnya buat belanja pegawai. artinya ya buat bayarin pegawai-pegawai itu,belum lagi buat yang pensiunan dibayarin sampe mati. Setuju jika gaji PNS naik, tapi buktikan dengan kinerja.PNS harusnya melayani bukan mau dilayani. LOGIKANYA,KALAU PNS MAU GAJI BESAR JANGAN MASUK PNS,DARI AWAL KAN SUDAH TAHU SEGITU GAJI PNS.kalo memang kompeten masuk ke sektor perbankan atau oil and gas yang punya renumerasi bagus, ato buka usaha sendiri. jangan nyusu dari pemerintah dan rakyat.

    • boliman
      January 18, 2012 - 9:33 am | Permalink

      Memang gampang orang omong pengabdian, pelayanan dan sebagainya. Pengabdian adalah bila orang mau mengabdikan diri tanpa memikirkan gaji yang diperolehnya itu benar, tetapi Pemerintahlah yang harus mengusahakan orang yang mengabdikan diri mempunyai pendapatan yang cukup sehingga konsentrasi jadi terganggu. Di negara maju pendapatan PNS sama atau lebih besar dari swasta kecuali pengacara, dokter dan bankir (bukan pegawai bank). Pak raden pinginnya dilayani tapi gak mau memikirkan kesulitan yang melayani. Payaaah deh.

    • Cinta Negeri
      March 10, 2012 - 8:48 pm | Permalink

      Kalau gaji besar kinerja bagus ga masalah , ini gaji kami di potong tiap bulan untuk pajak hanya untuk membayar gaji PNS pemalas ..

  • May
    January 13, 2012 - 9:56 pm | Permalink

    Minta tolong, uang makan PNS kami di daerah Nganjuk tidak pernah diberikan. Sementara kami sering mendengar daerah lain rapel uang makan 25000 per hari maksimum 22 hari. Gimana dong biar Nganjuk uang makannya diberikan? Terasa sekali buat kami yang kerja di nganjuk tapi tinggal di luar Nganjuk. Trims infonya….

  • aini
    January 16, 2012 - 1:47 pm | Permalink

    kl sy tkd utk staf cm 250rb..it jg dpotong korpri 50rb n pajak 10%..n gda uang mkn atw remun..jd iri sma pns pusat..

  • panjul segoro
    January 17, 2012 - 8:49 pm | Permalink

    di daerah ada Tmbahn Tnjgn Pnghsln (insentif), tp bila dibndingkn dgn jawa te2p aja … hrg brg2 kbuthan di jawa lbh murah … dbndingkn dgn luar jawa (kalimntan ato papua misalx). Mmg daerah di anaktirikan …. Kaltim aja yg tiap thn nyumbang devisa ratusan trilyun infrastrukturx ga ada kmajuan, …. blm lg klo migas, batubarax dah hbs diembat ma org2 jakarta … psti ditlantarkn … spertix opsi federal/merdeka prlu jd alternatif … biar ga ada preseden lucu … anak ayam mati di lumbung padi …

  • romlah
    January 18, 2012 - 2:42 pm | Permalink

    kapan ya cairnya remunerasi????????????

  • rony
    January 18, 2012 - 8:27 pm | Permalink

    Untungya aku ngak dapat uang makan ama uang lebur dhhh, nasib2 sekolah ngak selesai2

  • lisna
    January 19, 2012 - 9:37 pm | Permalink

    Sebaiknya Gaji PNS ditarik saja ke Pusat melaui PPKN seperti jaman dulu, sosalnya PNS daerah agak miris jika dibandingkan dengan PNS Vertikal, PNS Pusat dapat uang lauk pauk, di daerah gigit jari, PNS Pusat dapat rumenasi, PNS Pusat Isap jempol sambil melamun, nasib oh nasib PNS gajinya naik 100 ribu perpulan beban bensin naik 4500 per liter, jadi kenaikan gaji masih kurang dibandingkan dengan beban bensin nasib222222?????

    • ACO
      January 20, 2012 - 9:34 pm | Permalink

      SABAR AJA PAK.. MASIH BANYAK NASIBNYA LEBIH JELEK DARI KT PNS

    • ACO
      January 20, 2012 - 9:36 pm | Permalink

      maaf.. maksud sy sabar sj ibu..

  • lisna
    January 19, 2012 - 9:39 pm | Permalink

    maksud gue, PNS pusat dapat rumenasi, PNS Daerah isap jempol hehehehehehehehe

  • lisna
    January 19, 2012 - 9:47 pm | Permalink

    Yang mengata kan Pensiun PNS dibayar Negara itu tidak sepenuhnya benar, yang benar adalah Pemerintah melalui PT Taspen mengembalikan Iuran Wajib PNS yang dipotong tiap bulan sejak gaji CPNS sampai dengan PNS Pensiun, malahan menurut Tabel Gaji Pensiun masa kerja yang dihitung hanya 30 tahun sedangkan yang miliki masa kerja lebih dari 30 tahun tidak dihitung kalau tidak percaya lihat saja tabel gaji Pensiun.

  • January 19, 2012 - 9:52 pm | Permalink

    rumusannya adalah bahwa PNS dipotong gajinya sebesar 10%, terdiri dari 2% untuk ASKES dan 8 % untuk PT Taspen, 4,75% untuk Biaya Pensiun dan 3,25% untuk THT, sedangkan Pajak dibayar Oleh negara. seperi jeruk makan jeruk, pajak ini hitung sebagai pendapatan Negara, padahal uang Pajak untuk Gaji PNS dari Negara, gimana ini…… hanya dirjen Pajak yang tahu……

  • January 20, 2012 - 5:49 pm | Permalink

    sebenarnya yang dapat uang makan itu PNS yang bagaimana ? sebab kami sebagai ( Guru ) PNS di Dinas Pendidikan Kab .Malang sama sekali belum pernah tahu apalagi menerima , Kami minta penjelasan terimakasih.

  • rakyat
    January 20, 2012 - 9:02 pm | Permalink

    wah enak yah jadi PNS, ga papa lah, kami ridho yang penting PNS bekerja dengan baik. Insya Allah rakyat ikut senang. Merdeka!

  • rakyat
    January 20, 2012 - 9:07 pm | Permalink

    bekerjalah untuk duniamu seakan engkau akan hidup selamanya dan beribadahlah untuk akhiratmu seakan engkau besok akan mati.

  • ACO
    January 20, 2012 - 9:48 pm | Permalink

    berapapun gj PNS tdk akan pernah cukup.. gaji 2 juta, byr kredit BPD 1,3jt sisa 700. naik jdi 2,5 juta ehh.. nyambung kredit BPD diptong lgi jadi 1,8 jt, tinggal 700 lgi sm dengan yg kemaren… untung kalo bini PNS jg.. kalo tdk..!!!

    • IPNSD
      February 14, 2012 - 10:06 am | Permalink

      hehehehe…betul bossssss

  • PNS pemula
    January 21, 2012 - 10:09 pm | Permalink

    ditempat saya kerja gila gilaan sampai ada istilah “D*****-Mart” mengacu pada Indomart/Alfamart yg 24 jam terang berderang ini karena bigbozznya orang yg gila kerja dan berambisi sehingga stafnya jadi korban..
    PNS Pusat yg kerja ditempat sya dijamin mampuzz krna harus pulang kerja jam 12 sampai 5 pagi tanpa istirahat dan seringkali sabtu-minggu aja masuk kantor…

    tapi uang lembur jarang diberikan :sad:
    INI NYATA!!!

    • IPNSD
      February 14, 2012 - 10:07 am | Permalink

      alhamdulilah semoga cepat..amin

    • udin Kaget Pns TNI AD
      June 16, 2012 - 1:26 pm | Permalink

      betul mas…sama sy juga..

  • PNSD
    January 23, 2012 - 4:07 pm | Permalink

    D t4 saya bekerja jg tdk ada uang makan,TKD untk staf hnya 275 rb/bln.
    Tp mau blg apa qt hanya bsa pasrah,Wajar klu PNSD krja malas2an krna yg d trima tiap bulan tdk sberapa…

  • rudi
    January 25, 2012 - 2:11 pm | Permalink

    begitu nasib PNSD,…PNS pusat itu nga tau kerja hanya makan keringat dari pegawai daerah.. pegawai pusat nga menghasilkan uang … Presiden harus memperhatikan itu… lebih baik Remunerasi dihilangkan kalau hanya pilih-pilih kasih

    • jamboel
      January 29, 2012 - 11:57 pm | Permalink

      Eloe juga bego,di daerah tu yg enak,nyantai g kepantau,,g ush iri gtu donk…kalo dah tugas yg penting itu pengabdian,tau…..

    • pns teladan
      January 30, 2012 - 8:59 am | Permalink

      jgn pada berantem gara2 duit ajah pada berantem, kita masih bersyukur apa yg kita dapatkan semenjak jadi PNS….coba liat di luar sana yang selalu terbelit sama kemiskinan…apakah pantas abdi negara hanya meributkan uang…..sesama pns seharusnya saling menghargai….

  • indra (honorer)
    January 30, 2012 - 8:18 pm | Permalink

    knapa hanya Pegawai Negeri Sipil saja yg dapat uang makan,uang lembur,uang makan lembur sedangkan kami para Honorer yg jam kerjanya lebih dari yg ditetapkan malah tidak medapatkan uang makan dan sbgx? jika dilihat dari kebenarannya byk PNS yg menerima uang lembur padahal mrk TIDAK PERNAH LEMBUR SAMA SEKALI..!!!! tidak adil…! :mad:
    para PNS sudah dapat Gaji tdkperlu lagi dapat uang makan!!!

    • jamboel
      February 4, 2012 - 12:31 pm | Permalink

      sadar diri dan sabaar dlu bro…kan msh honor? jgn teriak2 kyk gtu..pengabdian loe blm ada apa2nya,,doain aja turun dulu,nanti kan bisa aja di perbarui?

      • PNS biasa
        February 4, 2012 - 8:42 pm | Permalink

        Ooo ada ya PNS yang gitu, ga lembur tapi ngaku lembur.. ditempat saya ga pernah seperti itu. Semoga atasannya bisa membimbing lebih baik

  • ahli syukur
    January 31, 2012 - 9:03 am | Permalink

    bersyukur mas alhamdulilah sdh jd honor,semua itu ada bagiannya dulu waktu aq honor juga begitu,kalau kita slalu memandang keatas hanya rasa kesal yg ada misal honor iri dgn pns,pns iri dgn atasannya,begitu selanjutnya sampai mati hidup kita tdk bahagia.mari ikut pelatihan agama agar hidup kita damai

  • yanz
    January 31, 2012 - 12:53 pm | Permalink

    ga usah pada ngiri PNSD atau Pusat dah ada aturannya masing2222…kalo mau iri2an PNS pusat ntu ga ada Tunjangan Daerah kaya PNSD….kalo PNS Pusat dapat Remun itu sangat wajar sekaliii……Guru kan dah ada sertifikasi masa blum cukup juga????katanya pahlawan tanpa tanda jasa????

  • drasco.
    February 1, 2012 - 12:32 am | Permalink

    Hwahahahahaha….geli aku mendengar Remonerasi…smakin kesininya sudah jelas banget gak ada bedanya ama pembantu hanya saja mungkin menggunakan pakean yg so Formal on each day during weekdays, well…kalo gak puas yah better resign aja atau mendingan di syukurin wong nyari kerja skarang susah banget kan…

    • jamboel
      February 4, 2012 - 12:34 pm | Permalink

      ngerasa khaan?moga aja bisa di syukuri dan kinerja2nya makin meningkat…

  • Dede PNS Pusat
    February 3, 2012 - 8:28 am | Permalink

    Remun…. cepet dong biar kita2 dapat Sejahtera terus… kapan nih, Kemenhub….

  • eka
    February 5, 2012 - 10:51 am | Permalink

    perhubungan kapannih dapat remunerasi kasiankan temanteman yang kerja penjaga menara suar sudah tempat terpencil sudah jauh dari anak istri tunjanganya belum memadai lagi

    • si kipli
      March 20, 2012 - 10:16 am | Permalink

      navigasi pontianak nanti ya mbk heheh :lol:

  • February 8, 2012 - 10:35 am | Permalink

    saya sangat setuju pns daerah ditambah tunjangan kinerjanya kapan perlu samakan dengan pusat agar dengan harapan etos kerjanya bisa lebih ditingkatkan tapi jangan korupsinya yg ditingkatkan karna uang itu asin semakin banyak diminum semakin dahaga didapat

  • imam_bmkg
    February 12, 2012 - 5:15 pm | Permalink

    Ah sama aja boong tuh kenaikan UM. Naik tp perhitungan maks 22, lah kami yg fungsional bisa lebih dr itu, sabtu-minggu, tanggal merah, cuti bersama, siang malam gak ngaruh, klo jadwalnya dinas ya dinas… Kasian!!! Balik lagi ke kerja rodi…ckckckckck

    • TerimaKasih
      February 13, 2012 - 1:00 pm | Permalink

      “Sama aja boong tuh kenaikan UM..”
      Bagaimana kalo situ gak usah nerima UM sekalian.. toh sama aja boong kan..?? :lol:

  • nengah warsa
    February 15, 2012 - 1:13 pm | Permalink

    utk pns di kabupaten Tabanan Bali sampai saat ini belum pernah menerima yang namanya ” uang makan “, lalu dibawa kemana uang makan tersebut selama ini ?

  • wan
    February 16, 2012 - 7:47 pm | Permalink

    saya setuju jika Pengelolaan PNS ditangani oleh pusat saja semua, sehingga tidak ada perbedaan antara pegawai pusat dan pegawai daerah. yang terjadi sekarang adalah adanya kesenjangan antara PNS Pusat dan PNS daerah padahal sama sama PEGAWAI NEGERI SIPIL, hal ini terjadi karena adanya perbedaan kebijakan yang diberikan oleh pusat dan daerah. Bagi daerah yang kaya PNS nya sejahtera karena ada insentif/ tunjangan yang besar, sedangkan bagi daerah yang APBD nya kecil PNS pusat yang dianggap lebih sejahtera karena ada uang lauk pauk dan remunerasi. Hal ini bisa menyebabkan kecemburuan antara PNS Pusat dan PNS daerah. Sementara Pemrintah pusat seakan tidak tanggap akan hal ini padahal ini sudah berjalan beberapa tahun. Belum lagi untuk GURU walaupun kalau dilihat kinerjanya tidak mengalami kemajuan yang signifikan(tidak semua guru) untuk memajukan pendidikan hal ini bisa dibuktikan dengan adanya nilai ujian akhir siswa yang selalu di manipulasi agar mencapai target nilai yang ditetapkan oleh pemerintah, tetapi mereka memperoleh pendapatan yang sangat besar di daerah yang kaya, yang lucunya lagi mereka juga memperoleh tunjangan sertifikasi yang diberikan oleh pusat, kenapa tunjangan sertifikasi tersebut tidak diberikan oleh pemerintah daerah saja toh selam ini mereka mempeeroleh gaji dari APBD. Setiap kebijakan pasti ada kelemahan. Jadi menurut saya pemerintah sebaiknya melakukan pengkajian dan penelitian ulang terhadap kebijakan tentang PNS yang selama ini berjalan. Tetapi kalau kita perhatikan Pemerintah sama sekali tidak melakukan hal tersebut sehingga kita dapat mengecap pemerintahan sekarang emang bobrok.. gak ngerti dengan kondisi yang sedang terjadi.

  • wan
    February 16, 2012 - 7:52 pm | Permalink

    Mari kita perjuangkan Kesejahteraan untuk seluruh PNS. Mari kita perjuangkan keadilan dan persamaan untuk seluruh PNS yang sama sama mengabdi untuk daerah dan negara!!!!
    Semua PNS wajib memperoleh Uang lauk pauk! semua PNS wajib memperoleh insentif/remunerasi! Dan Mari perjuangkan keseragaman kebijakan untuk seluruh PNS di seluruh indonesia.

  • ahmad fathoni
    February 17, 2012 - 12:58 am | Permalink

    dngr2 da kbr klo kedepan sdh gk da lagi pns daerah. so smga dapat uang makan sma. amin,,

  • Samsul Hakim
    February 17, 2012 - 2:45 pm | Permalink

    Pegawai Daerah HIDUPNYA masih sama dengan UMAR BAKRE

  • aboe
    February 17, 2012 - 4:32 pm | Permalink

    :razz: tunggu aja peraturan dari depdagri bhw pns akan berubah menjadi apn (Aparatur Pegawai Negara)jadi berlaku sama and gak ada lagi yang namany pegawai daerah semua sama tp kapan ya pak mendagri…….

    • PNS Busyet
      February 22, 2012 - 4:02 pm | Permalink

      cuman sebutan aja itu pak..

  • damayanti
    February 18, 2012 - 7:36 am | Permalink

    katanx remunerasi u kementrian agama berlaku januari 2011 koq sampai sekarang belum terbayarkan?

  • Arif Ainur R
    February 22, 2012 - 8:11 am | Permalink

    Alhamdulillah kesejahteraan pegawai sudah bertambah, terima kasih Ya Allah semoga Negeri ini, aman, sejahtera, banyak rejekinya

  • syamsul Bahri
    February 22, 2012 - 8:21 am | Permalink

    Buat Pak mentri Pemprov Kapan sya dengar ada 99 Pemda Provinsi dan Kabupaten Kota seluruh Indonesia yang akan mendapatkan uang Remonerasi….

    • PNS Busyet
      February 22, 2012 - 4:01 pm | Permalink

      sabar smua pasti dapet tunggu waktunya aja, satu-satu dl ya,,pusat aja belum smua dapet..

  • PNS DAERAH
    February 22, 2012 - 12:43 pm | Permalink

    PNS PUSAT TAPI KORUPSINYA MILYARAN,,MAEN GEDE…

  • February 24, 2012 - 2:36 pm | Permalink

    Alhamdulilah di wilayah sdh cair :razz: :razz: :razz: , namun SE pencairan dana kok belum ada ya??? tolong dong di upload???? :?: :?:

  • budimulyano
    February 24, 2012 - 9:13 pm | Permalink

    susahnya dadi peg daerah gak ikut nikmatikenaikan uang amakn,emangnya kita ga makan kali yang makan orang pusat saja

  • budimulyanto
    February 24, 2012 - 9:17 pm | Permalink

    susahnya orang cilik gak dipikirkan pemerintah pusat, untuk uang makan kita tergantung DPRD dan keuangan daerah alias APBD, APBD untuk rakyat ja kurang,kapan yang kita2dapat uang makan kay di pemerintah pusat

  • budimulyanto
    February 24, 2012 - 9:21 pm | Permalink

    Beruntung gaji kita 2012 ni naik, eeeeeeeeee belumjuga dibayarkan gajiku, BBM dah rencana dinaikkan,sembako dah pada naik duluan lagi …….. susahnyanya dadi pegawai rendahan, lebih susah lagi kalo saudara2kita yang pada lompunya kerjaan gak ikut naik,malah kena dampaknya

  • gita erlangga
    February 25, 2012 - 11:17 am | Permalink

    hwahahahahahahahahah………….

  • bambang
    February 27, 2012 - 2:35 pm | Permalink

    kenaikan gaji 10% sama aja boong kalo BBM jadi di naikin. …… heheheheh, yg bener itu gaji dinaikin BBM diturunin itu barus PAAASSSSS!!!!!

  • pengorbanan pns
    February 28, 2012 - 8:28 pm | Permalink

    saya pns pusat,,yg kerja di daerah golongan 2 jika boleh milih mending saya jdi pegawai daerah !!! pegawai pusat tu gak enaknya dilempar didaerah2 gaji 2 jta pisah anak istri ,,saya dimana istri anak dimana,,pindah2 ngontrak,,mana 2 dapur,,,istri anak disana perlu makan saya dimana perlu makan,,,kalo dipikir cukup apa gaji segitu,,buat hidup!!! tolong dong dipikirkan tu buat para yg punya jabatan tinggi,,dimana hati nuranimu!! kenapa gak orang daerah itu sendiri yg urus intansi itu didaerah mereka,,,!!!

  • pengorbanan pns
    February 28, 2012 - 8:41 pm | Permalink

    teman2!! pns pusat atau pns daerah itu gak usah dipermasalahin,,,uang makan gak perlu kita ributin,,,yg harus kita perjuangkan tuh,,pns itu harus satu pilih hilangkan pns pusat atau hilangkan pns daerah!!! jika pns daerah yg dipilih ya hilangkan pns pusat!!! yg bersetatus pns pusat masukan jadi pns daerah masing2!begitupun sebaliknya,,,!!! jadi jika pns jadi satu jika ada uang makan dapat semua,,dan tidak ada lagi yg berjauhan dari anak istri,,,!!!

  • pengorbanan pns
    February 28, 2012 - 8:52 pm | Permalink

    apa pungsinya di beda bedakan pns pusat ama pns daerah,,selama ini ,,,!!! yg ada korupsi tambah menjadi2,,,ketidak merataan antara sesama pns juga selalu diributkan,,,masalah2 juga tetap banyak tidak terselesaikan,,,apa untungnya sesama pns berdebat,,yg ada hanya permasalahan2 baru,,,!!!

  • dwi nugroho
    February 29, 2012 - 11:09 am | Permalink

    subsidi BBM dikurangi (harga BBM naik) tetapi pos subsidi lain (tunjangan/ remunerasi dll) untuk PNS dinaikkan, sebagian besar masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah yaitu mayoritas penduduk (buruh petani pelaku usaha informal) yang paling terasa menerima dampaknya, yang sejahtera semakin sejahtera yang miskin semakin menderita demi sebuah kebijakan populis yang diskriminatif….hidup PNS daerah yang tidak merasakan remunerasi.

  • sukaremun
    March 1, 2012 - 2:58 pm | Permalink

    :shock: :shock: :shock: :shock: :shock: :cool: :cool: :mrgreen: :mrgreen:

  • March 2, 2012 - 7:17 pm | Permalink

    Alhamdulillah ya Allah smg akan membawa kebaikan dan kebahagiaan dalam keluarga hamba aminn ya rabbal a’lamin…………

  • Sinamo Palentin
    March 6, 2012 - 6:33 pm | Permalink

    Pemberian uang makan PNS paling rendah diterima oleh golongan IV

    • Setagu
      March 9, 2012 - 11:20 pm | Permalink

      Sekarang di TA 2012uang makan PNS sudah memperhitungkan pajak penghasilan, jadi uang makan yg diterima Gol IV sdh paling besar.

  • gita erlangga
    March 7, 2012 - 9:55 am | Permalink

    Kalau merasa uang makan yang diterima golongan IV yang paling rendah, usulin aja turun golongan :grin: :grin: :grin: :grin:

  • Dewi
    March 9, 2012 - 9:57 am | Permalink

    Mas Setagu sy mw tanya mengenai uang lembur.
    Apa uang lembur yg diberikan pd hari kerja = yg diberikan pd hari libur ? Krn ketentuan thn lalu 2011 uang lembur pd hr krj tarifnya dikalikan 200% dr tarif lembur hr libur.
    Cth : Gol IV lembur pd saat hr minggu tarif 20 rb jd bila senin lmbur 20 rb x 200% = 40 rb.
    Apa tarif itu masih berlaku utk thn skrng?
    ketentuan hr krj : senin – jumat kcuali hr libur nasional, sdngkan hr libur : sabtu & minggu.
    Apa demikian mas setagu

    • Dewi
      March 9, 2012 - 10:31 am | Permalink

      Ralat :
      Apa uang lembur yg diberikan pd hari kerja = yg diberikan pd hari libur ? Krn ketentuan thn lalu 2011 uang lembur pd hr libur tarifnya dikalikan 200% dr tarif lembur hr krj.
      Cth : Gol IV lembur pd saat hr senin tarif 20 rb jd bila hr minggu lmbur 20 rb x 200% = 40 rb.
      Apa tarif itu masih berlaku utk thn skrng?

      • Setagu
        March 9, 2012 - 11:24 pm | Permalink

        Masih berlaku :grin:
        Pemberian uang lembur pada hari libur kerja adalah sebesar 200% dari besarnya uang lembur, ketentuan tsb ada dlm PMK No. 125/PMK.05/2009 ttg KERJA LEMBUR DAN PEMBERIAN UANG LEMBUR BAGI PNS

  • Dewi
    March 9, 2012 - 10:33 am | Permalink

    Hr krj : Senin – sabtu
    Hr libur : minggu dan libur nasional
    Apa demikian mas setagu ?

  • joni
    March 10, 2012 - 8:26 pm | Permalink

    Penghasilan naik kerja makin merosot, korupsi di semua golongan . Dari kelurahan sampai pusat, ngak ada yang benar . Buat KTP yang harusnya gratis musti bayar, uang pajak mustinya untuk pembangunan di kantongin .Malah gaji di naikin terus .lama – lama rusak negara ini gara2 PNS PEMALAS. :evil:

  • pruehardest
    March 10, 2012 - 9:49 pm | Permalink

    kapan ya nyampe di daerah/banjar..

  • Arif joko nb
    April 10, 2012 - 10:08 am | Permalink

    Mengenai Uang makan berlaku bagi PNS di Pusat sekarang kan otomi daerah , PNS yg didaerah itu tak pernah trima uang makan ,maka sebaiknya otonomi daerah itu di cabut aja PNS kembali ke pusat biar merasakan remunerasi dan uang makan jadi tdk ada perbedaan baik di daerah maupun di pusat.

  • wan
    April 14, 2012 - 10:46 am | Permalink

    Bagaimana kalau kita membuat satu forum untuk memperjuangkan Keadilan buat seluruh PNS yakni persamaan Gaji, tunjangan atau uang makan. sehingga tidak ada lagi kecemburuan antara PNSD dan PNS pusat. Semua PNS sama. Hal ini harus kita gencar mulai sekarang. Karena pemerintah kita kerjanya lamban. Gak tanggap. Tetapi apabila ada desakan dari rakyat baru mereka merespon. Bagaimana?

  • nasrullah
    April 14, 2012 - 6:09 pm | Permalink

    pemerintah membuat peraturan sudah cukup mengakomodatir atas kepentingan rakyat, salah satu contoh untuk uang makan pns. tapi realisasinya untuk pns d kabupaten gresik itu cuma wacana, sejak ada uang makan saya tidak pernah menerima. padahal uang makan sejak 2009. dan thn 2012 sebesar 37.000. dikemanakan uang makan di kabupatenku ?

  • April 16, 2012 - 9:57 am | Permalink

    apakah uang lauk pauk PNS merupakan anggaran dari pusat???
    soalnya kami, tepatnya PNS dilingkungan kabupaten buleleng, provinsi bali tidak pernah menerima uang lauk pauk.

  • pegawai kemdikbud
    April 16, 2012 - 3:52 pm | Permalink

    mas setagu,

    Saya pns gol III, berarti uang makan yang didapat sebesar 27.000. Dalam PMK 84/2011 sebagaimana Mas Setagu sebutkan bahwa tabel uang makan di atas sudah memperhitungkan pajak,”Besaran satuan biaya uang makan untuk Golongan III dan IV sudah memperhitungkan pajak penghasilan”.
    - Apakah artinya kita sudah bersih dapat 27.000/hari? Soalnya disatker saya masih tetap kena pajak 5% sehingga dapatnya kira-kira 25.xxx /hari.

    • Setagu
      June 16, 2012 - 4:53 pm | Permalink

      -Pertanyaannya pph-nya yg menanggung siapa kalo tdk dibayarkan, harus ada peraturan perundangan untuk mengatur mengenai hal ini (uang makan bebas PPh), spt misalnya gaji PNS yg pph-nya ditanggung pemerintah ada PP yg mengaturnya (PP 80 th 2010). Jadi memang uang makan tetap kena PPh.

  • asongan
    April 19, 2012 - 3:56 pm | Permalink

    kata orang2 jd pns itu enak, semua ditanggung negara, digaji dari pajak rakyat, itu kata orang…tp yang jadi pns koq rasanya tidak adil, bisa dibilang tidak ada penghargaan pada jenjang pendidikan, tanpa bermaksud mengecilkan pns dengan pendidikan dan ketrampilan rendah..apalagi pns pusat..masih klh dibanding pns daerah..tp siapapun anda, dengan basic pendidikan apapun..jgn krn gaji kecil trs berkecil hati..penghasilan bukan dr gaji sj, silahkan buka usaha tp jgn smp ganggu kerja, pintu rejeki datang drmn saja, yang penting halal..

  • Bahri pns sejati
    April 30, 2012 - 8:46 pm | Permalink

    Alhamdulilah,
    Kami PNSD Kota Medan,selain mendapat gaji,setiap bulan nya kami juga memdapat TPP/TKD/UANG MAKAN yang jumlahnya sebagai berikut:

    Gol I 1 jt
    Gol II 1,2 jt
    Gol III 1,4 jt
    Gol IV 2 jt

    Alhamdulillah,setiap bulan lancar dan tidak pernah telat…

  • May 20, 2012 - 10:26 am | Permalink

    Gimana dengan kami yang di daerah bang? apa dikbud dapat remunerasi dan uang makan juga? LP aja kabarnya mau dapaet tapi sampe sekarang gak ada kejelasannya! Tolong advicenya bang… :razz:

  • ferdia
    June 5, 2012 - 9:23 am | Permalink

    udah, PNSD mogok aja… kyk hakim wktu nganbek kmaren… Apa klo PNS di RSU, Pemadam kebakaran, Guru pada mogok trus PNS Pusat sanggup ngambil alih tanggung jawab..

  • gita erlangga
    June 5, 2012 - 1:31 pm | Permalink

    Ferdia : sanggup :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll:

  • udin Kaget Pns TNI AD
    June 16, 2012 - 12:56 pm | Permalink

    mas setagu!!!..sy mau nanya nh sy pns di TNI AD …tp ga prnah dpt uang lmbur apalagi uang mkn lmbur…padahal jam kerja nya 10-11 jam/hri… apakah ada anggaran nya utk pns TNI AD…?? tlg info nya…dan tlg apakh ada surat PP…trims

    • Setagu
      June 16, 2012 - 5:05 pm | Permalink

      pertama, lihat apakah uang lembur atau makan lembur di anggarkan dlm DIPA tidak? jika tidak diperlukan revisi DIPA.
      kedua, apakah ada surat perintah lembur dari kasatker
      ketiga, jelasnya tanya ke Bendahara apakah ada kebijakan lain soal uang lembur ini :)

      setahu saya mekanisme anggaran TNI tdk dg KPPN namun melalui Pekas, shg mungkin saja prosedurnya lain.

  • RYAN333
    June 19, 2012 - 9:22 am | Permalink

    yg penting cair dulu gaji 13,.

    baru coment…
    :lol: :roll: :grin:

  • yance
    July 6, 2012 - 1:26 pm | Permalink

    !!!! :roll:

  • yance
    July 6, 2012 - 1:32 pm | Permalink

    itu kadang kalo sdh sampai di instansi masing2 masih juga di persulit,,,,alasan inilah itulah…

  • zainal
    October 4, 2012 - 7:29 pm | Permalink

    kalau saya melihat sampai sekarang di instansi RS tempat saya bekerja malah masih memberlakukan kebijakan MenKeu ini dimana uang lembur masih menggunakan biaya lam yaitu masih 9.000/jam untuk semua golongan.. bagaimana ya ? apa keputusan ini memang hanya untuk departemen keuangan saja atau berlaku untuk semuanya..mohon penjelasannya.

    salam

    nb. kalau bisa japri juga ya ke zainal4545@yahoo.com tks

  • October 10, 2012 - 10:35 pm | Permalink

    sampai saat ini ga tau wujudnya uang makan itu kayak apa, udah berjalan mulai kapan….. apakah memang PNS daerah haram untuk dapat uang makan….

  • Fauzan
    October 31, 2012 - 6:35 pm | Permalink

    sebesar apa pun uang makan untuk PNS yang diberikan pemerintah pusat tapi kami di kabupaten Bireuen-Aceh tidak pernak menerimanya, mungkin pertauran tersebut tidak berlaku untuk kami di Bireuen,,,heeeeeeeeeeeeeeeeeeee

  • vivie susanty
    February 28, 2013 - 2:10 pm | Permalink

    Ass, bagaimana kabar mengenai uang tolak pensiunan PNS ??

  • ahmadsofyan
    May 19, 2013 - 10:31 am | Permalink

    Sbgai PNS shrsnya malu klo masih korupsi mndingan macul aja d sawah, lihatlah msh bnyak orang yg brkualitas yg trselubung ingin mmperbaiki anggaran yg smestinya di olah …..bukan kenyangin diri sndiri…ingat akhirat bila mau korupsi..

  • Arieyani Tamrin
    June 4, 2013 - 12:48 am | Permalink

    Uang makan naik,uang lembur naik,hehe….mw naik sampai di awan juga mah ngak ada perubahan sama sekali.Belum naik saja,harga cabe,bawang,telur dsb dah naik dluan euy…????

  • Arieyani Tamrin
    June 4, 2013 - 12:48 am | Permalink

    Uang makan naik,uang lembur naik,hehe….mw naik sampai di awan juga mah ngak ada perubahan sama sekali.Belum naik saja,harga cabe,bawang,telur dsb dah naik dluan euy…????

  • Arieyani Tamrin
    June 4, 2013 - 12:48 am | Permalink

    Uang makan naik,uang lembur naik,hehe….mw naik sampai di awan juga mah ngak ada perubahan sama sekali.Belum naik saja,harga cabe,bawang,telur dsb dah naik dluan euy…????

  • budiyono
    November 30, 2013 - 2:46 pm | Permalink

    Dalam penjelasan Besaran kenaikan Uang Makan PNS Th 2012,Tabel Kenaikan Uang Makan untuk golongan III dan IV (rp.27.000 dan rp.29.000 per hari) dijelaskan Besaran satuan biaya uang makan “sudah memperhitungkan pajak penghasilan.”
    Yang kami tanyakan pada Setagu.net, apa dalam realisasi penerimaan uang makan untuk golongan III dan IV (rp.27.000 dan rp.29.000 per hari) diberikan utuh atau masih dipotong pajak penghasilan.
    Demikian trimakasih atas penjelasannya.

    • pajak
      December 1, 2013 - 8:32 am | Permalink

      untuk gol 3 dan 4 masih harus dipotong pajak bro. jadi uang makan untuk semua golongan besarnya sama yaitu 25000

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>