Tabel Kenaikan Uang Makan dan Uang Lembur PNS Th 2012

Tanpa banyak publikasi Menteri Keuangan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 84/PMK.02/2011 tentang Standar Biaya TA. 2012 sebagai acuan penghitungan kebutuhan anggaran K/L tahun anggaran yang akan datang (2012).

Semua penghitungan didasarkan pada harga satuan, tarif dan indeks yang ada dalam peraturan ini. Ada perbedaan istilah dengan Standar Biaya yang diterbitkan pada tahun-tahun sebelumnya. Dulu dikenal Standar Biaya Umum (SBU) sekarang dengan adanya PMK ini diganti dengan Standard Biaya Masukan (SBM), sedangkan Standar Biaya Khusus berubah menjadi Standar Biaya Keluaran.

Salah satu perubahan yang menonjol adalah adanya kenaikan uang makan dan uang lembur serta uang makan lembur. Selain itu satuan uang makan dan uang makan lembur ditentukan berdasarkan Golongan PNS, sebelumnya uang makan semua PNS ditentukan sebesar Rp 20.000 tanpa melihat golongannya.

Besaran kenaikan Uang Makan, Uang lembur dan Uang Makan Lembur dilihat dalam tabel dibawah ini:

1. Uang Makan

Golongan TA. 2011 TA.2012
Gol I dan II 20.000 25.000
Gol III 27.000
Gol IV 29.000

Uang makan diberikan kepada PNS yang dihitung berdasarkan jumlah hari masuk kerja, pengalokasian dana dalam RKA K/L paing banyak 22 hari dalam 1 (satu) bulan.
Besaran satuan biaya uang makan untuk Gol III dan IV sudah memperhitungkan pajak penghasilan.

2. Uang Lembur

Golongan TA. 2011 TA. 2012
Gol I 7.000 10.000
Gol II 9.000 13.000
Gol III 11.000 17.000
Gol IV 13.000 20.000

3. Uang Makan Lembur

Golongan TA. 2011 TA. 2012
Gol I dan II 20.000 25.000
Gol III 27.000
Gol IV 29.000

Uang Lembur merupakan kompensasi bagai PNS yang melakukan kerja lembur berdasarkan surat perintah dari pejabat yang berwenang. Kerja lembur adalah bekerja di luar jam kerja/waktu kerja normal yang telah ditetapkan oleh setiap instansi/kantor pemerintah. Besaran satuan biaya uang makan lembur untuk Gol III dan IV sudah memperhitungkan pajak penghasilan.

Unduh Peraturan :
PMK 84 – 2011 – Standar Biaya Tahun Anggaran 2012
Perdirjen Anggaran 03-2011

Baca Juga:

226 Comments

  • gita erlangga
    March 7, 2012 - 9:55 am | Permalink

    Kalau merasa uang makan yang diterima golongan IV yang paling rendah, usulin aja turun golongan :grin: :grin: :grin: :grin:

  • Dewi
    March 9, 2012 - 9:57 am | Permalink

    Mas Setagu sy mw tanya mengenai uang lembur.
    Apa uang lembur yg diberikan pd hari kerja = yg diberikan pd hari libur ? Krn ketentuan thn lalu 2011 uang lembur pd hr krj tarifnya dikalikan 200% dr tarif lembur hr libur.
    Cth : Gol IV lembur pd saat hr minggu tarif 20 rb jd bila senin lmbur 20 rb x 200% = 40 rb.
    Apa tarif itu masih berlaku utk thn skrng?
    ketentuan hr krj : senin – jumat kcuali hr libur nasional, sdngkan hr libur : sabtu & minggu.
    Apa demikian mas setagu

    • Dewi
      March 9, 2012 - 10:31 am | Permalink

      Ralat :
      Apa uang lembur yg diberikan pd hari kerja = yg diberikan pd hari libur ? Krn ketentuan thn lalu 2011 uang lembur pd hr libur tarifnya dikalikan 200% dr tarif lembur hr krj.
      Cth : Gol IV lembur pd saat hr senin tarif 20 rb jd bila hr minggu lmbur 20 rb x 200% = 40 rb.
      Apa tarif itu masih berlaku utk thn skrng?

      • Setagu
        March 9, 2012 - 11:24 pm | Permalink

        Masih berlaku :grin:
        Pemberian uang lembur pada hari libur kerja adalah sebesar 200% dari besarnya uang lembur, ketentuan tsb ada dlm PMK No. 125/PMK.05/2009 ttg KERJA LEMBUR DAN PEMBERIAN UANG LEMBUR BAGI PNS

  • Dewi
    March 9, 2012 - 10:33 am | Permalink

    Hr krj : Senin – sabtu
    Hr libur : minggu dan libur nasional
    Apa demikian mas setagu ?

  • joni
    March 10, 2012 - 8:26 pm | Permalink

    Penghasilan naik kerja makin merosot, korupsi di semua golongan . Dari kelurahan sampai pusat, ngak ada yang benar . Buat KTP yang harusnya gratis musti bayar, uang pajak mustinya untuk pembangunan di kantongin .Malah gaji di naikin terus .lama – lama rusak negara ini gara2 PNS PEMALAS. :evil:

  • pruehardest
    March 10, 2012 - 9:49 pm | Permalink

    kapan ya nyampe di daerah/banjar..

  • Arif joko nb
    April 10, 2012 - 10:08 am | Permalink

    Mengenai Uang makan berlaku bagi PNS di Pusat sekarang kan otomi daerah , PNS yg didaerah itu tak pernah trima uang makan ,maka sebaiknya otonomi daerah itu di cabut aja PNS kembali ke pusat biar merasakan remunerasi dan uang makan jadi tdk ada perbedaan baik di daerah maupun di pusat.

  • wan
    April 14, 2012 - 10:46 am | Permalink

    Bagaimana kalau kita membuat satu forum untuk memperjuangkan Keadilan buat seluruh PNS yakni persamaan Gaji, tunjangan atau uang makan. sehingga tidak ada lagi kecemburuan antara PNSD dan PNS pusat. Semua PNS sama. Hal ini harus kita gencar mulai sekarang. Karena pemerintah kita kerjanya lamban. Gak tanggap. Tetapi apabila ada desakan dari rakyat baru mereka merespon. Bagaimana?

  • nasrullah
    April 14, 2012 - 6:09 pm | Permalink

    pemerintah membuat peraturan sudah cukup mengakomodatir atas kepentingan rakyat, salah satu contoh untuk uang makan pns. tapi realisasinya untuk pns d kabupaten gresik itu cuma wacana, sejak ada uang makan saya tidak pernah menerima. padahal uang makan sejak 2009. dan thn 2012 sebesar 37.000. dikemanakan uang makan di kabupatenku ?

  • April 16, 2012 - 9:57 am | Permalink

    apakah uang lauk pauk PNS merupakan anggaran dari pusat???
    soalnya kami, tepatnya PNS dilingkungan kabupaten buleleng, provinsi bali tidak pernah menerima uang lauk pauk.

  • pegawai kemdikbud
    April 16, 2012 - 3:52 pm | Permalink

    mas setagu,

    Saya pns gol III, berarti uang makan yang didapat sebesar 27.000. Dalam PMK 84/2011 sebagaimana Mas Setagu sebutkan bahwa tabel uang makan di atas sudah memperhitungkan pajak,”Besaran satuan biaya uang makan untuk Golongan III dan IV sudah memperhitungkan pajak penghasilan”.
    - Apakah artinya kita sudah bersih dapat 27.000/hari? Soalnya disatker saya masih tetap kena pajak 5% sehingga dapatnya kira-kira 25.xxx /hari.

    • Setagu
      June 16, 2012 - 4:53 pm | Permalink

      -Pertanyaannya pph-nya yg menanggung siapa kalo tdk dibayarkan, harus ada peraturan perundangan untuk mengatur mengenai hal ini (uang makan bebas PPh), spt misalnya gaji PNS yg pph-nya ditanggung pemerintah ada PP yg mengaturnya (PP 80 th 2010). Jadi memang uang makan tetap kena PPh.

  • asongan
    April 19, 2012 - 3:56 pm | Permalink

    kata orang2 jd pns itu enak, semua ditanggung negara, digaji dari pajak rakyat, itu kata orang…tp yang jadi pns koq rasanya tidak adil, bisa dibilang tidak ada penghargaan pada jenjang pendidikan, tanpa bermaksud mengecilkan pns dengan pendidikan dan ketrampilan rendah..apalagi pns pusat..masih klh dibanding pns daerah..tp siapapun anda, dengan basic pendidikan apapun..jgn krn gaji kecil trs berkecil hati..penghasilan bukan dr gaji sj, silahkan buka usaha tp jgn smp ganggu kerja, pintu rejeki datang drmn saja, yang penting halal..

  • Bahri pns sejati
    April 30, 2012 - 8:46 pm | Permalink

    Alhamdulilah,
    Kami PNSD Kota Medan,selain mendapat gaji,setiap bulan nya kami juga memdapat TPP/TKD/UANG MAKAN yang jumlahnya sebagai berikut:

    Gol I 1 jt
    Gol II 1,2 jt
    Gol III 1,4 jt
    Gol IV 2 jt

    Alhamdulillah,setiap bulan lancar dan tidak pernah telat…

  • May 20, 2012 - 10:26 am | Permalink

    Gimana dengan kami yang di daerah bang? apa dikbud dapat remunerasi dan uang makan juga? LP aja kabarnya mau dapaet tapi sampe sekarang gak ada kejelasannya! Tolong advicenya bang… :razz:

  • ferdia
    June 5, 2012 - 9:23 am | Permalink

    udah, PNSD mogok aja… kyk hakim wktu nganbek kmaren… Apa klo PNS di RSU, Pemadam kebakaran, Guru pada mogok trus PNS Pusat sanggup ngambil alih tanggung jawab..

  • gita erlangga
    June 5, 2012 - 1:31 pm | Permalink

    Ferdia : sanggup :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll:

  • udin Kaget Pns TNI AD
    June 16, 2012 - 12:56 pm | Permalink

    mas setagu!!!..sy mau nanya nh sy pns di TNI AD …tp ga prnah dpt uang lmbur apalagi uang mkn lmbur…padahal jam kerja nya 10-11 jam/hri… apakah ada anggaran nya utk pns TNI AD…?? tlg info nya…dan tlg apakh ada surat PP…trims

    • Setagu
      June 16, 2012 - 5:05 pm | Permalink

      pertama, lihat apakah uang lembur atau makan lembur di anggarkan dlm DIPA tidak? jika tidak diperlukan revisi DIPA.
      kedua, apakah ada surat perintah lembur dari kasatker
      ketiga, jelasnya tanya ke Bendahara apakah ada kebijakan lain soal uang lembur ini :)

      setahu saya mekanisme anggaran TNI tdk dg KPPN namun melalui Pekas, shg mungkin saja prosedurnya lain.

  • RYAN333
    June 19, 2012 - 9:22 am | Permalink

    yg penting cair dulu gaji 13,.

    baru coment…
    :lol: :roll: :grin:

  • yance
    July 6, 2012 - 1:26 pm | Permalink

    !!!! :roll:

  • yance
    July 6, 2012 - 1:32 pm | Permalink

    itu kadang kalo sdh sampai di instansi masing2 masih juga di persulit,,,,alasan inilah itulah…

  • zainal
    October 4, 2012 - 7:29 pm | Permalink

    kalau saya melihat sampai sekarang di instansi RS tempat saya bekerja malah masih memberlakukan kebijakan MenKeu ini dimana uang lembur masih menggunakan biaya lam yaitu masih 9.000/jam untuk semua golongan.. bagaimana ya ? apa keputusan ini memang hanya untuk departemen keuangan saja atau berlaku untuk semuanya..mohon penjelasannya.

    salam

    nb. kalau bisa japri juga ya ke zainal4545@yahoo.com tks

  • October 10, 2012 - 10:35 pm | Permalink

    sampai saat ini ga tau wujudnya uang makan itu kayak apa, udah berjalan mulai kapan….. apakah memang PNS daerah haram untuk dapat uang makan….

  • Fauzan
    October 31, 2012 - 6:35 pm | Permalink

    sebesar apa pun uang makan untuk PNS yang diberikan pemerintah pusat tapi kami di kabupaten Bireuen-Aceh tidak pernak menerimanya, mungkin pertauran tersebut tidak berlaku untuk kami di Bireuen,,,heeeeeeeeeeeeeeeeeeee

  • vivie susanty
    February 28, 2013 - 2:10 pm | Permalink

    Ass, bagaimana kabar mengenai uang tolak pensiunan PNS ??

  • ahmadsofyan
    May 19, 2013 - 10:31 am | Permalink

    Sbgai PNS shrsnya malu klo masih korupsi mndingan macul aja d sawah, lihatlah msh bnyak orang yg brkualitas yg trselubung ingin mmperbaiki anggaran yg smestinya di olah …..bukan kenyangin diri sndiri…ingat akhirat bila mau korupsi..

  • Arieyani Tamrin
    June 4, 2013 - 12:48 am | Permalink

    Uang makan naik,uang lembur naik,hehe….mw naik sampai di awan juga mah ngak ada perubahan sama sekali.Belum naik saja,harga cabe,bawang,telur dsb dah naik dluan euy…????

  • Arieyani Tamrin
    June 4, 2013 - 12:48 am | Permalink

    Uang makan naik,uang lembur naik,hehe….mw naik sampai di awan juga mah ngak ada perubahan sama sekali.Belum naik saja,harga cabe,bawang,telur dsb dah naik dluan euy…????

  • Arieyani Tamrin
    June 4, 2013 - 12:48 am | Permalink

    Uang makan naik,uang lembur naik,hehe….mw naik sampai di awan juga mah ngak ada perubahan sama sekali.Belum naik saja,harga cabe,bawang,telur dsb dah naik dluan euy…????

  • budiyono
    November 30, 2013 - 2:46 pm | Permalink

    Dalam penjelasan Besaran kenaikan Uang Makan PNS Th 2012,Tabel Kenaikan Uang Makan untuk golongan III dan IV (rp.27.000 dan rp.29.000 per hari) dijelaskan Besaran satuan biaya uang makan “sudah memperhitungkan pajak penghasilan.”
    Yang kami tanyakan pada Setagu.net, apa dalam realisasi penerimaan uang makan untuk golongan III dan IV (rp.27.000 dan rp.29.000 per hari) diberikan utuh atau masih dipotong pajak penghasilan.
    Demikian trimakasih atas penjelasannya.

    • pajak
      December 1, 2013 - 8:32 am | Permalink

      untuk gol 3 dan 4 masih harus dipotong pajak bro. jadi uang makan untuk semua golongan besarnya sama yaitu 25000

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>