Tabel 3. Remunerasi PNS di MA

No Jabatan Tunjangan
PN/PA KLS IB dan PTUN B PN daN KLS II DIL MIL A
1 Panitera/Sekretaris/Eseon I - - -
2 Panitera Muda Perkara/Eseon II - - -
3 Panitera Muda Tim - - -
4 Panitera/Sekretaris pada Pengadilan 3,520,000 3,310,000 3,740,000
dan Kepala Panitera pada Militer
5 Eselon II pada MA dan Wapan/ 2,960,000 2,760,000 3,020,000
Wasek pada Pengadilan
6 Panitera Muda pada Pengadilan 2,600,000 2,140,000 2,810,000
7 Panitera Pengganti pada MA/ 2,480,000 1,950,000 2,630,000
Pengadilan dan Panitera Militer
8 Kasubbag/Kaur pada Pengadilan dan 2,600,000 2,140,000 3,020,000
Kasubbag/Kataud pada Militer
9 Eselon IV dan Koordinator pada 2,600,000 2,140,000 2,760,000
panitera muda MA/Kaur pada Militer
10 Juru Sita 29,390,000 1,850,000 -
11 Juru Sita Pengganti 2,265,000 1,785,000 -
12 tenaga Fungsional Tk. Ahli :
a. Utama 8,400,000 8,250,000 8,550,000
b. madya 7,400,000 7,250,000 7,550,000
c. Muda 6,400,000 6,250,000 6,550,000
d. Pertama 5,400,000 5,250,000 5,550,000
13 Tenaga Fungsional Terampil :
a. Penyelia 4,400,000 4,250,000 4,550,000
b. Pelaksana Lanjutan 3,400,000 3,250,000 3,550,000
c. Pelaksana 2,400,000 2,250,000 2,550,000
14 Pengadministrasi Umum Gol. IV 2,400,000 2,250,000 2,550,000
15 Pengadministrasi Umum Gol. III 2,000,000 1,750,000 2,125,000
16 Pengadministrasi Umum Gol. II 1,750,000 1,625,000 1,875,000
17 Pengadministrasi Umum Gol. I - - -
-Pengadministrasi Umum Gol. I/a 1,338,000 1,230,000 1,446,600
-Pengadministrasi Umum Gol. I/b 1,446,000 1,338,000 1,554,000
-Pengadministrasi Umum Gol. I/c 1,554,000 1,446,000 1,662,000
-Pengadministrasi Umum Gol. I/d 1,662,000 1,554,000 1,770,000

Baca Juga:

48 Comments

  • bewox
    January 11, 2010 - 5:06 am | Permalink

    Wah pak ini Info yg saya cari2.. Tp apkah benar seperti itu.. Sumbernya dr mana ya kl boleh saya tau.. kemudian.. ko beda Tabelnya Antara di MA dengan Depkeu dan Setneg.. ? yg dimaksud dengan Grade itu gmna

    • January 11, 2010 - 7:00 am | Permalink

      Tabel ini didasarkan Keputusan Ketua MA nomor: 70/KMA/SK/V/2008 pada bulan Mei 2008. Secara umum pelaksanaan reformasi birokrasi (baca ‘remunerasi’) PNS sdh ada petunjuk pelaksanaan dari Menpan, yg intinya ada tim perumus/penilai dari departemen tsb, tim independen dan dari Men PAN yg akan menentukan job grade dan besaran remunerasi yg didasarkan kondisi Kementerian / Lembaga yg bersangkutan. Itulah mengapa tiap KL bisa berbeda remunerasi-nya. Grade lebih diartikan sebagai tingkat harga jabatan yg penentuannya didasarkan parameter tertentu mis posisi, uraian jabatan dll. smoga membantu

      • bewox
        January 12, 2010 - 3:52 am | Permalink

        Trmksh ats info nya pak’.. sya seorang CPNS di MA dngan Jabatan Penata Laporan Keuangan. kl nanti sya diangkat jd PNS termasuk No yg mna pak dlm Tabel tsb (fungsional/admin umum)? mhn pncerahanya pak? maksih

        • January 12, 2010 - 4:06 am | Permalink

          saya kurang tau pasti, tp dilihat job desc dan kualifikasi anda ( jk gol III) kemungkinan masuk di tenaga fungsional terampil tingkat pelaksana

        • adut aqief
          August 10, 2010 - 10:14 am | Permalink

          jika anda S1 maka akan masuk pada tingkatan fungsinal ahli, jika dibawah S1 akan masuk pada tingkatan pelaksana. fungsional ahli sesuai urutan, tentu ahli pertama.

  • February 27, 2010 - 8:16 am | Permalink

    Pak Setagu, kog relatif lbh kecil dari remunerasi Bepeka?

  • ansar
    March 11, 2010 - 12:10 am | Permalink

    Untuk PNS kementeraian lannya mana pa.Khusus kementerian dalam negeri

  • edi susanto
    March 20, 2010 - 5:35 pm | Permalink

    Maaf pa terus kalau ada sy minta tabel besaran remunerasi untuk pns hankam dong dan kalo boleh via email saja di: edi.komlek@gmail.com trims sebelumnya

  • March 22, 2010 - 3:42 am | Permalink

    untuk PNS kementerian Pertanina kapan pak

  • Rahmat Zulkarnain
    March 22, 2010 - 3:43 am | Permalink

    Assalamualaikmum.. saya cpns pranata komputer (III/a). Nnti kalo sudah jadi pns dan ikut diklat trus dapat sertifikat pranata komputer. Saya digolongkan pada tingakatan yang mana?? Apakah tenaga fungsional TK.Ahli??
    Kenapa lebih besar tunjangan fungsional TK.Ahli dibanding Hakim Pengadilan Negeri?? Mohon penjelasannya..
    Terimakasih

  • Haris
    March 22, 2010 - 6:13 am | Permalink

    TABELNYA TIDAK LENGKAP tu.
    Untuk yg di MA, Pengadilan Tinggi, Pengadilan Tinggi Militer, PT TUN, & Pengadilan Negeri Kls 1 tidak ada.
    Padahal selisihnya bs sampai 1 juta lebih banyak.

    Kalo dengan DEPKEU, lebih banyak yg DEPKEU sedikit.
    Tapi kalo yg level menengah, eselon 4, 3, 2, 1 selisihnya banyak sekali, sampai 3 – 10 JUTA
    lebih banyak di DEPKEU.

  • April 6, 2010 - 7:17 am | Permalink

    Pa sy ingin bertanya..
    Sy Pns Gol II yg dinas di RS TNI AD di Jakarta,sy berada dibawah Dephan RI.Kapan Remunerasi untuk Pns yang ada dijajaran TNI,ada ga.?Sedangkan rencana kenaikan gaji 5% dan uang makan Rp.20.000 saja belum menerima…mohon pa petunjuknya,terima kasih.

    • April 6, 2010 - 11:49 pm | Permalink

      Utk TNI satu paket dg Polri dan mungkin Kejaksaaan, kalo dari Berita Juni sdh approve, tp jgn dipegang 100%. PNS di Dephan/Polri juga mendpt remunerasi tapi grade-nya dibawah anggota (dilihat juga bobot jabatannya). Kenaikan Gaji 5% dan uang makan maksimal gajian Mei sdh dibayarkan, tunggu saja sekitar akhir April atau awal Mei pasti terima rapelannya. tq

  • April 13, 2010 - 6:35 am | Permalink

    kapan dibayarkan tunjangan remunerasi untuk jajaran peradilan umum pada mahkamah agung RI, mohon jawaban dan saya sangat membutuhkannya sekarang?

  • SUHANDA
    April 14, 2010 - 4:24 am | Permalink

    wahai pejabat yang berwenang dimana hati nuranimu,tkd guru disamakan dgn tukang sapu guru selalu diam,sekarang sertifikasi sudah 3 bln blm keluar. sampai kapan anda2 menjolimi kami, jgnlah anda bersenang2 diatas penderitaan kami, apa perlu kami berontak. melawan bpk

  • kacrut
    April 25, 2010 - 3:08 am | Permalink

    pemerintah gak adil, kenapa sih gji pns itu lain dari yg lain, kan bisa menimbulkan iri dan dendam bg pns yg ga dpt remun, kayaknya yg berguna bg negara ini cuma beberapa instansi aja.. jd wahai pemerintah jgn salahkan bila pungli masih marak krn dendam/iri pns yg pungli itu merasa ga ada keadilan di negara ini.. HIDUP PUNGLI, GA APA2 GA DPT REMUN TP PUNGLI DIHALALKAN HAHAHA…. yg lbh hancur lagi ternyata di instansi yg dah makan remun malah punglinya lbh menggila drpd yg ga dpt remun.. KACRUTTTT………….

  • acie
    April 29, 2010 - 1:10 am | Permalink

    apa ada rencana BMKG dapat remunerasi? BMKG juga termasuk salah satu lembaga yang langsung berhubungan dengan publik, harus slalu stndby 24 jam melayani public.

    • inyong
      January 11, 2011 - 12:16 pm | Permalink

      weh..BMKG kan Lembaga Non Kementrian kan ya … kayaknya nunggu yang Kementerian dapet Remun dulu deh , baru Lembaga yang Non2 itu … kalo Kementrian kan (terutama yg punya BUMN) kan banyak hasilin duit (misal Keuangan, punya banyak BUMN Bank, Asuransi, Lembaga Permodalan dll..yang aneh kan justru Kementrian ESDM yang juga punya banyak BUMN, eh malah blom Remun…PNS nya disana kaya2 lho, banyak yg bermobil, ada yg beli iPhone 4 jg,… kalo BMKG kan cuman ngabisin duit negara aja, beli alat gempa, alat cuaca, hasilnya yang make Angkasa Pura, n info gratis di media..jadi gak bisa bikib duit ke negara ….makanya Remunerasinya ntar terakhir kalo semua udah diRemunerasi …hehe

  • cahya
    May 4, 2010 - 6:34 am | Permalink

    maaf mas, untuk tabel diatas yang no. 10 besarnya remunerasi untuk Juru sita di PN/PA KLS IB dan PTUN B apa tidak salah?? kok besar sekali??? mohon koreksinya.. tnks..

  • Sipol
    May 11, 2010 - 4:27 am | Permalink

    Nice info boz. btw sprt saya yg kerjanya sbg pustakawan di PN, termasuk kategori yg mana ya Boz! thx.

  • Lae
    May 16, 2010 - 1:26 pm | Permalink

    Pa..kalo blh tau..u/ jabatan Pranata Komputer,,berarti masuk ke tingkat mana ya?? (saya CPNS MA)..ehmm..saya msih binggung u/ tingkatannya..terima kasih..

    • May 17, 2010 - 12:16 am | Permalink

      soal tingkatan grade ada semacam surat atau skep, jadi ada hitam diatas putih, utk Lae bisa lihat PNS yg mempunyai jabatan sama brp grade-nya.

      • Lae
        May 23, 2010 - 10:16 am | Permalink

        hmm..makasih yach..brati ntar aq liat di surat keputsannya yach..TengKyu..^^

  • chia
    May 17, 2010 - 3:19 am | Permalink

    remunerasi untuk kementrian agama kapan ya??

  • arri
    May 21, 2010 - 1:35 pm | Permalink

    Ada yang lucu, tabel tenaga fungsional itu tidak ada orangnya, dan juga tidak masuk akal, masa’ tunjangannya lebih besar dari ketua pengadilan (ahli) dan hakim (terampil).

  • arief
    May 29, 2010 - 2:38 pm | Permalink

    Masalah remunerasi memang kontroversi, pasti ada yg setuju dan tidak. Pemerintah yang salah atau pegawai pemerintah yang belum profesional dalam bekerja. Itu semua tergantung dari sudut pandang kita berfikir. Seorang pemain sepakbola pun harus menunjukkan kinerja dan kwalitasnya selama bertahun-tahun jika ia ingin dibayar lebih mahal. Berfikir positif dan memperbaiki diri ke arah yang lebih baik jauh lebih penting dari sekedar materi. Manusia memang butuh materi tapi ingatlah, bahwa pekerjaan adalah jalan untuk tumbuh menjadi manusia yang lebih baik. Selalu akan ada KEPUASAN setelah kita tidak lagi bekerja apabila kita bekerja dengan profesional meski secara materi tidak cukup puas.
    Saudaraku, keadilan yang hakiki akan kita dapatkan di “Hari Akhir” nanti. Bersabarlah dan ikhlas….

  • June 6, 2010 - 8:42 am | Permalink

    pusing coy mikirin remunerasi udah ngutang sana sini tau nya ga jadi, harusnya jangan ribut dulu atuh

  • June 6, 2010 - 8:45 am | Permalink

    Mau propesional gimana coy wong gajinya juga minim, disiplin aja ketat

  • pns pemda
    June 26, 2010 - 3:08 pm | Permalink

    PNS Pemda jgn mengharap Remunerasi, Pemda hanya jadi sapi perahan Pusat, PNS Guru karena persatuannya kompak dapat Tunj Profesi, TNI/Polri juga dapat Remunerasi, Hakim, Jaksa juga, PNS Pemda kelaut aja, kasian deh lu, Mendagrimu tidak punya taring mikirin kamu, Bidan dokter perawat terima aja penyakit dari pasienmu, Camat, Kabag Kepala dinas siap-siap saja jadi objek pemeriksaan …… Ayo bersatu PNS Pemda seluruh Indonesia (KORPRI mana suaramu rugi ku memakai emblemmu)

    • pns pusat
      September 16, 2011 - 3:30 pm | Permalink

      tp kn lumayan bro..udah jd pns, banyak lho yg ngarep..tp ga ksampean..

  • July 17, 2010 - 4:37 am | Permalink

    Saya seorang guru yg baru terangkat d tempatkan d sekolah smp d daerah terpencil d kab. Buol, tp gaji saya sma dgn yg d kota, apa tdk ada tunjangan untk daerah terpencil? D daerh saya cma sekolah dasar saja yg dpt tunjangan bencana tp tingkat smp tdk apa bedax?

  • tomy
    August 12, 2010 - 4:51 am | Permalink

    kalau pengen kaya jangan jadi pns,jadilah pengusaha,
    be enterpreneur,not be a worker

  • August 19, 2010 - 2:22 am | Permalink

    Issue remunerasi hanya bikin masgul saja, saya pegawai PNS Pusat sudah bekerja 27 tahun lamanya, hanya bawa pulang salary saya Rp.1,6 jt sj, karena kepotong utang kekoperasi untuk biaya anak sekolah di salah satu SMA Negeri di Jakarta. Ga disangka sekolah negeri tingkat SMA ternyata benar benar nguras duit,apalagi setelah duduk dikelas III buat bibel,perpisahan,buku lah dsb, dsb. Dari bayaran yang besarnya dikelas I Rp.180.000.- dikelas III dipatok Rp.310.000.-,emang benar benar gila orang tua murid benar-2 jd sapi perahan.
    Disatu sisi para guru menikmati uang TKD yang besarnya cukup signifikan, tetapi msh sj mereka teriak seakan uang gj plus yg lainnya masih kurang saja, saya ga hbs fikir kenapa sih para guru yg statusnya PNS Pemda DKI seakan tak ada puasnya belum lg uang dari KS (Komite Sekolah)msh mereka terima jg.
    Bersyukurlah anda paling tidak salary anda sdh diatas Rp.6 jt, saya hanya gara gara kondisi ekonomi yg carut marut karena tidak bisa menguliahkan anak yg baru lulus dr sma,akhirnya terpisah dari anak anak dan istri.Sang istri menuntut cerai benar benar tragis padahal anak saya dua duanya perempuan dan akhirnya kami berpisah karena memang sang istri sdh ga sudi lagi melihat suaminya yang kere ini.Pisah dalam arti belum bercerai secara resmi karena memang kami tidak memiliki biaya untuk mngkin ke pengadilan agama, entah kalau istri punya uang. Memang betapa kejamnya dunia ini, inilah kehidupan saya seorang PNS yg mnjlang pensiun akhirnya terlempar dari kehidupan keluarga.
    (Yadi Yusup email: uyadisup@yahoo.co.id)

    • pns pusat
      September 16, 2011 - 3:33 pm | Permalink

      sabar pak….

  • October 21, 2010 - 5:07 pm | Permalink

    Numpang….Numpang….Entri kesedihan kami dikiiit pakde operator…

    Pakde,,,,KAPAN PNS Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di remunerasi-kahn juga????

    OoooAllah….Kulo dadi pengamat cuaca resiko kerokan istri trusss sesudah dinas malam,,,belum masuk angin-angin duduk,belum rawan kena resiko ledakan tabung gas balon pibal,,,belum lagi tidak dapat rumah dinas selama dinas 4 tahun ngabdi di daerah…

    Piye toh ono guru diperhatikan kesejahteraannya trus2an, wong aku dinas masih koyok umar bakrieeee….

    Bisuuuk sa’ wayahe Indonesia bakal kena badai,hujan salju atau peringatan gempa tsunami, aku ora gelem informasikan ke seluruh masyarakat sebagai peringatan dini.Orak sudiiiiiii….!!!Selamatkan brutu masing-masing…rek(ngambek…:P)

    Podo wae ngarepku….!!!

    Aku niat remunerasi untuk “NGAMPRAH NENG BANK KUDU AMBIL BTN….”
    Nak Saiki aku ngontrak umah dari jaman biyen sampai saiki (NOMADEN)….
    Piye carane PNS iso dapet Umah klo ndak wani NGAMPRAH BANK,,,pakdeeee…..????
    Lah,klo gaji masih golongan 2c,aku piye carane ngambil BTN lah wong neng MATARAM – NTB, deplover BTN ngasih harga diatas 150jt,trusss sisa Gaji kurang memadai untuk dipotong cicilan BTN….

    Walah-talaaaaaahhhh…..KUALAAAAATTTT….BISUUUUUKKKKK….ONO GEMPA/TSUNAMI UNTUK WILAYAH INDONESIA TENGAH-TIMUR,,,AKU ORAK SUDIIIII INFORMASIKAN SEBAGAI PERINGATAN DINI….ORAK SUDIIIIIIIIIIIIII…..!!!!!(xixixixixixiiiiiiii…..)

    Byar podo dipateni alammmm….

    • inyong
      January 11, 2011 - 12:22 pm | Permalink

      nah..ini contohnya kesenjangan itu … gimana kalo PNS yg gak dapat Remunerasi pada stress kayak gini, bisa hancur2an negara ini …. Renmunerasinya pilih kasih..dan pilih2…

  • November 23, 2010 - 11:55 am | Permalink

    Ass. Mohon info tentang Remunerasi PNS

  • November 26, 2010 - 9:50 pm | Permalink

    Kpd YTH,
    MenKeu RI
    Di tempat.

    Untuk kedepan Program REMUNERISASI
    apakah bisa merata diseluruh Jajaran Pemerintah,
    Khususnya dijajaran KEMENTRIAN RI ?

  • desmiriza
    December 23, 2010 - 9:24 am | Permalink

    saya pustakawan gol III/d…..di remunerasi saya dalam posisi mana?

  • December 26, 2010 - 3:57 pm | Permalink

    Kpd Yth. Menkeu,

    mohon pertimbangannya utk mereformasi semua birokrasi termasuk di pemkot/kab/prov.

  • musmulyadi
    December 27, 2010 - 2:09 pm | Permalink

    Kami di Lingkungan kesehatan kapan akan diremunerasi…..apakah remunerasi ini merata untuk seluruh instansi di PNS ?

  • mabok
    January 19, 2011 - 10:02 pm | Permalink

    wah enak yg pns kerja nya digiatin lg yaaaaaaaaaaaaa

  • mabok
    January 19, 2011 - 10:03 pm | Permalink
  • jatnika
    January 20, 2011 - 11:23 am | Permalink

    pak Remunerasi paling besar itu di departemen ap??
    terimakasih

  • Aryo
    February 1, 2011 - 10:20 am | Permalink

    PNS Pemda Kab/Kota bagaimana? kok Tidak adil yah, sesama PNS tetapi tidak sama penghasilannya, Pikirkan juga donk nasib PNS Daerah..

  • Ganda
    February 1, 2011 - 10:22 am | Permalink

    Hahah…ya tuh, Mendagri Tak memikirkan PNS Daerah, udah enak jadi menteri lupa berjuang untuk PNS kecil diadaerah, padahal Mendagri dulu juga PNS didaerah Sumbar …..(Huff!!!)

  • Yanus cool season 2
    May 8, 2011 - 2:38 pm | Permalink

    “Alhamdulillah….dengan keluarnya remunerasi di mahkamah agung semoga dapat meningkatkan kinerja PNS di lingkungan tsb..dan saya sangat berminat untuk bekereja di instansi ini nanti…semoga harapan saya tercapai..Amin..Ya Allah…@

  • alek
    September 14, 2011 - 9:08 am | Permalink

    saya seorang Panitera Pengganti di PN kelas II, remunerasi yang saya terima sekarang 1.300.000, kalah dengan staf (II/a) masa kerja 1 th di pengadilan tinggi, rasanya tidak adil….soalnya menjadi PP sangatlah susah harus ada jenjang karir……mohon penjelasannya …kenapa bisa begini?

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>