Tabel 3. Remunerasi PNS di MA

No Jabatan Tunjangan
PN/PA KLS IB dan PTUN B PN daN KLS II DIL MIL A
1 Panitera/Sekretaris/Eseon I
2 Panitera Muda Perkara/Eseon II
3 Panitera Muda Tim
4 Panitera/Sekretaris pada Pengadilan 3,520,000 3,310,000 3,740,000
dan Kepala Panitera pada Militer
5 Eselon II pada MA dan Wapan/ 2,960,000 2,760,000 3,020,000
Wasek pada Pengadilan
6 Panitera Muda pada Pengadilan 2,600,000 2,140,000 2,810,000
7 Panitera Pengganti pada MA/ 2,480,000 1,950,000 2,630,000
Pengadilan dan Panitera Militer
8 Kasubbag/Kaur pada Pengadilan dan 2,600,000 2,140,000 3,020,000
Kasubbag/Kataud pada Militer
9 Eselon IV dan Koordinator pada 2,600,000 2,140,000 2,760,000
panitera muda MA/Kaur pada Militer
10 Juru Sita 29,390,000 1,850,000
11 Juru Sita Pengganti 2,265,000 1,785,000
12 tenaga Fungsional Tk. Ahli :
a. Utama 8,400,000 8,250,000 8,550,000
b. madya 7,400,000 7,250,000 7,550,000
c. Muda 6,400,000 6,250,000 6,550,000
d. Pertama 5,400,000 5,250,000 5,550,000
13 Tenaga Fungsional Terampil :
a. Penyelia 4,400,000 4,250,000 4,550,000
b. Pelaksana Lanjutan 3,400,000 3,250,000 3,550,000
c. Pelaksana 2,400,000 2,250,000 2,550,000
14 Pengadministrasi Umum Gol. IV 2,400,000 2,250,000 2,550,000
15 Pengadministrasi Umum Gol. III 2,000,000 1,750,000 2,125,000
16 Pengadministrasi Umum Gol. II 1,750,000 1,625,000 1,875,000
17 Pengadministrasi Umum Gol. I
-Pengadministrasi Umum Gol. I/a 1,338,000 1,230,000 1,446,600
-Pengadministrasi Umum Gol. I/b 1,446,000 1,338,000 1,554,000
-Pengadministrasi Umum Gol. I/c 1,554,000 1,446,000 1,662,000
-Pengadministrasi Umum Gol. I/d 1,662,000 1,554,000 1,770,000

Artikel Lainnya

Tabel Remunerasi Bappenas PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR : 76 Tahun 2010 TANGGAL : 15 Desember 2010 Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian perencana...
SOP Usulan Formasi CPNS referensi: menpan.go.id
Kenaikan Tunjangan Kinerja MA – Badan Peradilan Selain pegawai negeri MA yang memegang jabatan struktural, kenaikan tunjangan kinerja yang cukup tinggi juga dinikmati pegawai negeri di badan peradil...
Tabel Remunerasi Kementerian Keuangan Inilah departemen yang telah melaksanakan 100 % remunerasi. Pelaksanaan remunerasi di Depkeu menjadi dasar bagi departemen lain untuk melaksanakan pro...
Tabel Tunjangan Kinerja Setjen DPR RI Penganggaran tunjangan kinerja bagi PNS di Sekretariat Jenderal DPR sebenarnya sudah disetujui pada rapat Banggar DPR tanggal 21 Oktober 2013 (termasu...

Leave a Reply

51 Comments on "Tabel 3. Remunerasi PNS di MA"

avatar

Sort by:   newest | oldest
bewox
bewox
6 years 4 months ago

Wah pak ini Info yg saya cari2.. Tp apkah benar seperti itu.. Sumbernya dr mana ya kl boleh saya tau.. kemudian.. ko beda Tabelnya Antara di MA dengan Depkeu dan Setneg.. ? yg dimaksud dengan Grade itu gmna

setagu
6 years 4 months ago

Tabel ini didasarkan Keputusan Ketua MA nomor: 70/KMA/SK/V/2008 pada bulan Mei 2008. Secara umum pelaksanaan reformasi birokrasi (baca ‘remunerasi’) PNS sdh ada petunjuk pelaksanaan dari Menpan, yg intinya ada tim perumus/penilai dari departemen tsb, tim independen dan dari Men PAN yg akan menentukan job grade dan besaran remunerasi yg didasarkan kondisi Kementerian / Lembaga yg bersangkutan. Itulah mengapa tiap KL bisa berbeda remunerasi-nya. Grade lebih diartikan sebagai tingkat harga jabatan yg penentuannya didasarkan parameter tertentu mis posisi, uraian jabatan dll. smoga membantu

bewox
bewox
6 years 4 months ago

Trmksh ats info nya pak’.. sya seorang CPNS di MA dngan Jabatan Penata Laporan Keuangan. kl nanti sya diangkat jd PNS termasuk No yg mna pak dlm Tabel tsb (fungsional/admin umum)? mhn pncerahanya pak? maksih

setagu
6 years 4 months ago

saya kurang tau pasti, tp dilihat job desc dan kualifikasi anda ( jk gol III) kemungkinan masuk di tenaga fungsional terampil tingkat pelaksana

adut aqief
adut aqief
5 years 9 months ago

jika anda S1 maka akan masuk pada tingkatan fungsinal ahli, jika dibawah S1 akan masuk pada tingkatan pelaksana. fungsional ahli sesuai urutan, tentu ahli pertama.

Moko
6 years 3 months ago

Pak Setagu, kog relatif lbh kecil dari remunerasi Bepeka?

ansar
ansar
6 years 2 months ago

Untuk PNS kementeraian lannya mana pa.Khusus kementerian dalam negeri

edi susanto
edi susanto
6 years 2 months ago

Maaf pa terus kalau ada sy minta tabel besaran remunerasi untuk pns hankam dong dan kalo boleh via email saja di: edi.komlek@gmail.com trims sebelumnya

Bambang P Soekirno
6 years 2 months ago

untuk PNS kementerian Pertanina kapan pak

Rahmat Zulkarnain
Rahmat Zulkarnain
6 years 2 months ago

Assalamualaikmum.. saya cpns pranata komputer (III/a). Nnti kalo sudah jadi pns dan ikut diklat trus dapat sertifikat pranata komputer. Saya digolongkan pada tingakatan yang mana?? Apakah tenaga fungsional TK.Ahli??
Kenapa lebih besar tunjangan fungsional TK.Ahli dibanding Hakim Pengadilan Negeri?? Mohon penjelasannya..
Terimakasih

Haris
Haris
6 years 2 months ago

TABELNYA TIDAK LENGKAP tu.
Untuk yg di MA, Pengadilan Tinggi, Pengadilan Tinggi Militer, PT TUN, & Pengadilan Negeri Kls 1 tidak ada.
Padahal selisihnya bs sampai 1 juta lebih banyak.

Kalo dengan DEPKEU, lebih banyak yg DEPKEU sedikit.
Tapi kalo yg level menengah, eselon 4, 3, 2, 1 selisihnya banyak sekali, sampai 3 – 10 JUTA
lebih banyak di DEPKEU.

Rahmat Safrudin
6 years 1 month ago

Pa sy ingin bertanya..
Sy Pns Gol II yg dinas di RS TNI AD di Jakarta,sy berada dibawah Dephan RI.Kapan Remunerasi untuk Pns yang ada dijajaran TNI,ada ga.?Sedangkan rencana kenaikan gaji 5% dan uang makan Rp.20.000 saja belum menerima…mohon pa petunjuknya,terima kasih.

setagu
6 years 1 month ago

Utk TNI satu paket dg Polri dan mungkin Kejaksaaan, kalo dari Berita Juni sdh approve, tp jgn dipegang 100%. PNS di Dephan/Polri juga mendpt remunerasi tapi grade-nya dibawah anggota (dilihat juga bobot jabatannya). Kenaikan Gaji 5% dan uang makan maksimal gajian Mei sdh dibayarkan, tunggu saja sekitar akhir April atau awal Mei pasti terima rapelannya. tq

MUH.TASMIN,SH.
6 years 1 month ago

kapan dibayarkan tunjangan remunerasi untuk jajaran peradilan umum pada mahkamah agung RI, mohon jawaban dan saya sangat membutuhkannya sekarang?

SUHANDA
SUHANDA
6 years 1 month ago

wahai pejabat yang berwenang dimana hati nuranimu,tkd guru disamakan dgn tukang sapu guru selalu diam,sekarang sertifikasi sudah 3 bln blm keluar. sampai kapan anda2 menjolimi kami, jgnlah anda bersenang2 diatas penderitaan kami, apa perlu kami berontak. melawan bpk

kacrut
kacrut
6 years 1 month ago

pemerintah gak adil, kenapa sih gji pns itu lain dari yg lain, kan bisa menimbulkan iri dan dendam bg pns yg ga dpt remun, kayaknya yg berguna bg negara ini cuma beberapa instansi aja.. jd wahai pemerintah jgn salahkan bila pungli masih marak krn dendam/iri pns yg pungli itu merasa ga ada keadilan di negara ini.. HIDUP PUNGLI, GA APA2 GA DPT REMUN TP PUNGLI DIHALALKAN HAHAHA…. yg lbh hancur lagi ternyata di instansi yg dah makan remun malah punglinya lbh menggila drpd yg ga dpt remun.. KACRUTTTT………….

acie
acie
6 years 28 days ago

apa ada rencana BMKG dapat remunerasi? BMKG juga termasuk salah satu lembaga yang langsung berhubungan dengan publik, harus slalu stndby 24 jam melayani public.

inyong
inyong
5 years 4 months ago

weh..BMKG kan Lembaga Non Kementrian kan ya … kayaknya nunggu yang Kementerian dapet Remun dulu deh , baru Lembaga yang Non2 itu … kalo Kementrian kan (terutama yg punya BUMN) kan banyak hasilin duit (misal Keuangan, punya banyak BUMN Bank, Asuransi, Lembaga Permodalan dll..yang aneh kan justru Kementrian ESDM yang juga punya banyak BUMN, eh malah blom Remun…PNS nya disana kaya2 lho, banyak yg bermobil, ada yg beli iPhone 4 jg,… kalo BMKG kan cuman ngabisin duit negara aja, beli alat gempa, alat cuaca, hasilnya yang make Angkasa Pura, n info gratis di media..jadi gak bisa bikib duit ke negara ….makanya Remunerasinya ntar terakhir kalo semua udah diRemunerasi …hehe

cahya
cahya
6 years 23 days ago

maaf mas, untuk tabel diatas yang no. 10 besarnya remunerasi untuk Juru sita di PN/PA KLS IB dan PTUN B apa tidak salah?? kok besar sekali??? mohon koreksinya.. tnks..

Sipol
Sipol
6 years 16 days ago

Nice info boz. btw sprt saya yg kerjanya sbg pustakawan di PN, termasuk kategori yg mana ya Boz! thx.

Lae
Lae
6 years 11 days ago

Pa..kalo blh tau..u/ jabatan Pranata Komputer,,berarti masuk ke tingkat mana ya?? (saya CPNS MA)..ehmm..saya msih binggung u/ tingkatannya..terima kasih..

setagu
6 years 10 days ago

soal tingkatan grade ada semacam surat atau skep, jadi ada hitam diatas putih, utk Lae bisa lihat PNS yg mempunyai jabatan sama brp grade-nya.

Lae
Lae
6 years 4 days ago

hmm..makasih yach..brati ntar aq liat di surat keputsannya yach..TengKyu..^^

chia
chia
6 years 10 days ago

remunerasi untuk kementrian agama kapan ya??

arri
arri
6 years 6 days ago

Ada yang lucu, tabel tenaga fungsional itu tidak ada orangnya, dan juga tidak masuk akal, masa’ tunjangannya lebih besar dari ketua pengadilan (ahli) dan hakim (terampil).

arief
arief
5 years 11 months ago

Masalah remunerasi memang kontroversi, pasti ada yg setuju dan tidak. Pemerintah yang salah atau pegawai pemerintah yang belum profesional dalam bekerja. Itu semua tergantung dari sudut pandang kita berfikir. Seorang pemain sepakbola pun harus menunjukkan kinerja dan kwalitasnya selama bertahun-tahun jika ia ingin dibayar lebih mahal. Berfikir positif dan memperbaiki diri ke arah yang lebih baik jauh lebih penting dari sekedar materi. Manusia memang butuh materi tapi ingatlah, bahwa pekerjaan adalah jalan untuk tumbuh menjadi manusia yang lebih baik. Selalu akan ada KEPUASAN setelah kita tidak lagi bekerja apabila kita bekerja dengan profesional meski secara materi tidak cukup puas.
Saudaraku, keadilan yang hakiki akan kita dapatkan di “Hari Akhir” nanti. Bersabarlah dan ikhlas….

WONG MISKIN
5 years 11 months ago

pusing coy mikirin remunerasi udah ngutang sana sini tau nya ga jadi, harusnya jangan ribut dulu atuh

WONG MISKIN
5 years 11 months ago

Mau propesional gimana coy wong gajinya juga minim, disiplin aja ketat

pns pemda
pns pemda
5 years 11 months ago

PNS Pemda jgn mengharap Remunerasi, Pemda hanya jadi sapi perahan Pusat, PNS Guru karena persatuannya kompak dapat Tunj Profesi, TNI/Polri juga dapat Remunerasi, Hakim, Jaksa juga, PNS Pemda kelaut aja, kasian deh lu, Mendagrimu tidak punya taring mikirin kamu, Bidan dokter perawat terima aja penyakit dari pasienmu, Camat, Kabag Kepala dinas siap-siap saja jadi objek pemeriksaan …… Ayo bersatu PNS Pemda seluruh Indonesia (KORPRI mana suaramu rugi ku memakai emblemmu)

pns pusat
pns pusat
4 years 8 months ago

tp kn lumayan bro..udah jd pns, banyak lho yg ngarep..tp ga ksampean..

Roi
5 years 10 months ago

Saya seorang guru yg baru terangkat d tempatkan d sekolah smp d daerah terpencil d kab. Buol, tp gaji saya sma dgn yg d kota, apa tdk ada tunjangan untk daerah terpencil? D daerh saya cma sekolah dasar saja yg dpt tunjangan bencana tp tingkat smp tdk apa bedax?

tomy
tomy
5 years 9 months ago

kalau pengen kaya jangan jadi pns,jadilah pengusaha,
be enterpreneur,not be a worker

Yadi Yusup
5 years 9 months ago

Issue remunerasi hanya bikin masgul saja, saya pegawai PNS Pusat sudah bekerja 27 tahun lamanya, hanya bawa pulang salary saya Rp.1,6 jt sj, karena kepotong utang kekoperasi untuk biaya anak sekolah di salah satu SMA Negeri di Jakarta. Ga disangka sekolah negeri tingkat SMA ternyata benar benar nguras duit,apalagi setelah duduk dikelas III buat bibel,perpisahan,buku lah dsb, dsb. Dari bayaran yang besarnya dikelas I Rp.180.000.- dikelas III dipatok Rp.310.000.-,emang benar benar gila orang tua murid benar-2 jd sapi perahan.
Disatu sisi para guru menikmati uang TKD yang besarnya cukup signifikan, tetapi msh sj mereka teriak seakan uang gj plus yg lainnya masih kurang saja, saya ga hbs fikir kenapa sih para guru yg statusnya PNS Pemda DKI seakan tak ada puasnya belum lg uang dari KS (Komite Sekolah)msh mereka terima jg.
Bersyukurlah anda paling tidak salary anda sdh diatas Rp.6 jt, saya hanya gara gara kondisi ekonomi yg carut marut karena tidak bisa menguliahkan anak yg baru lulus dr sma,akhirnya terpisah dari anak anak dan istri.Sang istri menuntut cerai benar benar tragis padahal anak saya dua duanya perempuan dan akhirnya kami berpisah karena memang sang istri sdh ga sudi lagi melihat suaminya yang kere ini.Pisah dalam arti belum bercerai secara resmi karena memang kami tidak memiliki biaya untuk mngkin ke pengadilan agama, entah kalau istri punya uang. Memang betapa kejamnya dunia ini, inilah kehidupan saya seorang PNS yg mnjlang pensiun akhirnya terlempar dari kehidupan keluarga.
(Yadi Yusup email: uyadisup@yahoo.co.id)

pns pusat
pns pusat
4 years 8 months ago

sabar pak….

bagindoarrahman
5 years 7 months ago

Numpang….Numpang….Entri kesedihan kami dikiiit pakde operator…

Pakde,,,,KAPAN PNS Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di remunerasi-kahn juga????

OoooAllah….Kulo dadi pengamat cuaca resiko kerokan istri trusss sesudah dinas malam,,,belum masuk angin-angin duduk,belum rawan kena resiko ledakan tabung gas balon pibal,,,belum lagi tidak dapat rumah dinas selama dinas 4 tahun ngabdi di daerah…

Piye toh ono guru diperhatikan kesejahteraannya trus2an, wong aku dinas masih koyok umar bakrieeee….

Bisuuuk sa’ wayahe Indonesia bakal kena badai,hujan salju atau peringatan gempa tsunami, aku ora gelem informasikan ke seluruh masyarakat sebagai peringatan dini.Orak sudiiiiiii….!!!Selamatkan brutu masing-masing…rek(ngambek…:P)

Podo wae ngarepku….!!!

Aku niat remunerasi untuk “NGAMPRAH NENG BANK KUDU AMBIL BTN….”
Nak Saiki aku ngontrak umah dari jaman biyen sampai saiki (NOMADEN)….
Piye carane PNS iso dapet Umah klo ndak wani NGAMPRAH BANK,,,pakdeeee…..????
Lah,klo gaji masih golongan 2c,aku piye carane ngambil BTN lah wong neng MATARAM – NTB, deplover BTN ngasih harga diatas 150jt,trusss sisa Gaji kurang memadai untuk dipotong cicilan BTN….

Walah-talaaaaaahhhh…..KUALAAAAATTTT….BISUUUUUKKKKK….ONO GEMPA/TSUNAMI UNTUK WILAYAH INDONESIA TENGAH-TIMUR,,,AKU ORAK SUDIIIII INFORMASIKAN SEBAGAI PERINGATAN DINI….ORAK SUDIIIIIIIIIIIIII…..!!!!!(xixixixixixiiiiiiii…..)

Byar podo dipateni alammmm….

inyong
inyong
5 years 4 months ago

nah..ini contohnya kesenjangan itu … gimana kalo PNS yg gak dapat Remunerasi pada stress kayak gini, bisa hancur2an negara ini …. Renmunerasinya pilih kasih..dan pilih2…

Nasrul Makdis
5 years 6 months ago

Ass. Mohon info tentang Remunerasi PNS

Kurniawan
5 years 6 months ago

Kpd YTH,
MenKeu RI
Di tempat.

Untuk kedepan Program REMUNERISASI
apakah bisa merata diseluruh Jajaran Pemerintah,
Khususnya dijajaran KEMENTRIAN RI ?

desmiriza
desmiriza
5 years 5 months ago

saya pustakawan gol III/d…..di remunerasi saya dalam posisi mana?

pegawai pemkot
5 years 5 months ago

Kpd Yth. Menkeu,

mohon pertimbangannya utk mereformasi semua birokrasi termasuk di pemkot/kab/prov.

musmulyadi
musmulyadi
5 years 5 months ago

Kami di Lingkungan kesehatan kapan akan diremunerasi…..apakah remunerasi ini merata untuk seluruh instansi di PNS ?

mabok
mabok
5 years 4 months ago

wah enak yg pns kerja nya digiatin lg yaaaaaaaaaaaaa

mabok
mabok
5 years 4 months ago
jatnika
jatnika
5 years 4 months ago

pak Remunerasi paling besar itu di departemen ap??
terimakasih

Aryo
Aryo
5 years 3 months ago

PNS Pemda Kab/Kota bagaimana? kok Tidak adil yah, sesama PNS tetapi tidak sama penghasilannya, Pikirkan juga donk nasib PNS Daerah..

Ganda
Ganda
5 years 3 months ago

Hahah…ya tuh, Mendagri Tak memikirkan PNS Daerah, udah enak jadi menteri lupa berjuang untuk PNS kecil diadaerah, padahal Mendagri dulu juga PNS didaerah Sumbar …..(Huff!!!)

Yanus cool season 2
Yanus cool season 2
5 years 19 days ago

“Alhamdulillah….dengan keluarnya remunerasi di mahkamah agung semoga dapat meningkatkan kinerja PNS di lingkungan tsb..dan saya sangat berminat untuk bekereja di instansi ini nanti…semoga harapan saya tercapai..Amin..Ya Allah…@

alek
alek
4 years 8 months ago

saya seorang Panitera Pengganti di PN kelas II, remunerasi yang saya terima sekarang 1.300.000, kalah dengan staf (II/a) masa kerja 1 th di pengadilan tinggi, rasanya tidak adil….soalnya menjadi PP sangatlah susah harus ada jenjang karir……mohon penjelasannya …kenapa bisa begini?

dudi
dudi
1 year 11 months ago

oke deh

dudi
dudi
1 year 11 months ago

tx god i like it

xxx
xxx
1 year 11 months ago

selamat ya gan, jangan lupa makan-makan.

wpDiscuz
Shares