PP Perubahan Gaji 2013 Kapan Diterbitkan?

Sampai saat ini Peraturan Pemerintah (PP) yang mengatur kenaikan gaji tahun anggaran 2013 belum juga diterbitkan. Padahal sudah memasuki bulan April minggu kedua, namun belum ada tanda-tanda atau pernyataan dari pejabat yang berwenang kapan PP tersebut keluar.

Jika sudah diundangkan, Peraturan Pemerintah (PP) tersebut merupakan perubahan kelimabelas atas PP no 7 tahun 1977 tentang peraturan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sejak diundangkan  PP tersebut telah mengalami perubahan sebanyak 14 kali.

Sebelumnya kita lihat tanggal ditandatanganinya Peraturan Pemerintah yang mengatur tentang perubahan/kenaikan gaji PNS dalam 5 (lima) tahun terakhir.

No Peraturan Pemerintah Tanggal
1 PP No 15 Tahun 2012 6 Februari 2012
2 PP No 11 Tahun 2011 16 Februari 2011
3 PP No 25 Tahun 2010 5 Februari 2010
4 PP No 8 Tahun 2009 16 Januari 2009
5 PP No 14 Tahun 2008 4 Februari 2008

Data di atas menunjukkan PP yang mengatur perubahan/kenaikan gaji ditandatangani presiden paling lambat pada bulan Februari. Bahkan pada tahun 2009, PP diterbitkan lebih awal pada bulan Januari 2009. Jeda waktu antara tanda tangan dan diundangkannya PP tersebut sekitar 1-2 minggu. Wajar timbul pertanyaan mengapa sampai bulan April ini (tanggal 9) PP belum keluar juga?

Mulai tahun 2013 arah kebijakan belanja pegawai adalah dengan mempertahankan nilai riil pendapatan. Berarti kenaikan gaji gaji pokok dan pensiun pokok mengacu pada inflasi.

APBN TA 2013 sudah jelas menganggarkan kenaikan gaji PNS yang ditampung dalam pos gaji dan tunjangan. Anggaran untuk pos gaji dan tunjangan dalam RAPBN tahun 2013 direncanakan sebesar Rp112,2 triliun.Jumlah tersebut menunjukkan peningkatan sebesar Rp10,9 triliun atau 10,7% dari pagunya dalam APBNP tahun 2012 sebesar Rp101,3 triliun.

Dari 10,7% tersebut dialokasikan pada:
Kenaikan gaji pokok sebesar 7 %
- Penyediaan cadangan anggaran untuk mengantisipasi kebutuhan gaji bagi tambahan pegawai baru di instansi Pemerintah Pusat

Kita percaya bahwa pemerintah pasti menaikkan gaji sesuai dengan janji yakni 7%, namun penerbitan PP paling lambat harus dilakukan pada bulan April ini.

Seperti diketahui besaran Gaji ke 13 berdasarkan gaji yag diterima bulan Juni. Penyampaian SPM Gaji Induk ke KPPN sesuai ketentuan paling lambat tanggal 15 sebelum bulan pembayaran. Artinya untuk gaji bulan Juni 2013, permintaan gaji ke KPPN paling lambat harus disampaikan tanggal 15 Mei 2013. Sehingga besar kemungkinan gaji bulan Juni belum termasuk tambahan kenaikan gaji, jika PP pada bulan April ini tidak keluar. Belum lagi nanti penerbitan juknis, perubahan pada aplikasi gaji yang akan semakin manambah panjang rantai pengajuan SPM gaji.

So, tunggu apa lagi?

Baca Juga:

79 Comments

  • kampret
    April 10, 2013 - 8:15 am | Permalink

    gaji kami yg kemarenpun belum habis jd gk perlu tuh PP kenaikan gaji terbit lagian ane lg sibuk ngurusin dapur dulu ya….kapan2 ajalah kalo ane dah salse baru ane bikinin tuh PP..,sekarang mah ente2 nikmati saja kesusahan…..

  • Urang bangka
    April 10, 2013 - 8:24 am | Permalink

    dia lagi sibuk urusin partainya bro.. nggak mikirin pns mo hidup apa mo mati…

  • April 10, 2013 - 11:32 am | Permalink

    Salam semoga harapan dan ketentuan kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil yang bekerja Dalam lingkungan Departemen Dalam Negeri Masih banyak yang kekurangan dibidang kesejahteraan tentang Ekonomi Keluarga, dan saya mengharapkan semoga kesejahteraan kami sunguh mengharapkan kepada Bapak Menteri Dalam Negeri

  • April 10, 2013 - 12:35 pm | Permalink

    Benar sekali, dari data sebelumnya seharusnya PP Perubahan Gaji 2013 sudah diterbikan. Yang menjadi pertanyaan mengapa bisa terlambat? Apakah ada unsur kesengajaan atau ada unsur lain? Seperti yang diungkapkan bahwa dengan adanya keterlambataan maka berdampak ke hal-hal lain. Coba diulas alasan keterlambatan, kelihatannya lebih menarik untuk diperbincangan. :grin:

  • vie evie
    April 10, 2013 - 12:53 pm | Permalink

    Mohon bantuan metro atau tv one aja untuk ngingetin pemerintah akan janjinya tentang kenaikan gaji dan remunerasi pns polri dan tni lewat dialog interantiv.

  • n"cang Remon
    April 10, 2013 - 2:25 pm | Permalink

    mas setagu apakah kemungkinan untuk tahun 2013 kenaikan gaji dibatalkan? karena sampai bulan april ini PP nya pun belum terbit. trus lagi masalah tunjangan kinerja sampai saat ini belum diterima.

    • kampret
      April 10, 2013 - 7:55 pm | Permalink

      kayanya sih dibatalkan abis kalian kerjane males-malesan sih

      • Tutie
        May 23, 2013 - 10:16 pm | Permalink

        Enak aja yang males ya males gak sedikit juga PNS yang rajin jangan asal ngejeplak kalo ngomong loe mungkin sirik karena gak di terima jadi PNS wew :evil:

  • Doyok
    April 10, 2013 - 10:17 pm | Permalink

    …kapan nih…udah gak sabar…!!

    • kampret
      April 11, 2013 - 8:35 am | Permalink

      ntar kalo sampeyan dah kawin…

  • arman
    April 11, 2013 - 8:59 am | Permalink

    harusnya tetap naik gaji PNS itu, karena tingkat inflasi untuk bulan Februari dan Maret 2013 kemarin, juga cukup tinggi,,

  • Hanan Tasnim
    April 11, 2013 - 9:16 am | Permalink

    Udah Naik Kok TDL nya ha..ha..ha..sudah kedahuluan sama PLN…PLN emang TOP gak Kaya BY kelamaan mikir…. :mrgreen:

  • mamase
    April 11, 2013 - 12:48 pm | Permalink

    Denger2 malah ga jadi naek 7%.. alias ditunda kenaikannya..??
    Wah, semoga aja jadi naek lah.. Udah mo KPR neh..
    masak ngontrak terus??

  • Pengamat Komen
    April 11, 2013 - 1:14 pm | Permalink

    Dah lupa kalo ada rencana gaji naik…. Mungkin nunggu bbm naik, PP baru turun… Posisi PP sudah dimeja mana atau belum dibuat ya, bung Setagu tahu ndak PP ada dimana ….

  • Pengamat Presiden
    April 11, 2013 - 5:21 pm | Permalink

    Kenapa lu semua dulu memilih presiden SUPER LEMOOT kayak BY gini ??? :roll:

    • April 23, 2013 - 7:57 am | Permalink

      Nah,, Kalau “BIG BOS” cuma sibuk Ngurus Partainya, sementara nasib knaikan gaji PNS digantung, saya makin yakin para PNS ga akan ada lagi yang melirik ma “PARTAI itu”…
      Jumlah PNS se Indo kan sedikit, jadi ga bakal ngaruh di hasil pilpres nanti yah…

  • sriwidani
    April 12, 2013 - 8:38 am | Permalink

    he..he… jadi geli ak baca coment mr kampret..lucu gimana gitu,kalau ngga sabar emang kita jadi keseeellll..mau apa lagi ?? mari kta yakin bhw pemimpin2 kt di atas pst banyak beban jg akan janji2nya yg sdh terlanjur beredar. semoga ALLAH memberi jalan yg terbaik buat kt semua. thanks bwt mr kampret karena sdh membuat ak…ketawa dlm hati…..

    • kampret
      April 13, 2013 - 9:04 pm | Permalink

      ketawa aja sepuasnya ampe terbit tuh PP kenaikan gaji…. :razz: :razz: :razz: :razz: makanya mandi subuh atuh ya…

  • budiarti
    April 12, 2013 - 7:36 pm | Permalink

    yth bapak presiden, kami para pns sangat menunggu PP yang mengatur kenaikan gaji PNS 7%, mohon segera ditanda tangani

  • djati
    April 12, 2013 - 8:42 pm | Permalink

    Ya udah ayo rame-rame ngingatin bapak presiden lewat account twitternya :razz:

  • sabar
    April 12, 2013 - 10:34 pm | Permalink

    all semakin lama kepres kenaikan gaji belum dikeluarkan kan nantinya dirapel dan juga rapelannya tambah banyak.

  • susan
    April 13, 2013 - 9:18 am | Permalink

    Jangan hanya janji2 doang dong, realisainya mana… capek dech.

  • yosep ms.
    April 14, 2013 - 6:38 pm | Permalink

    dpr cuma Omdo,ruu asn akhir tahun 2012 yg lalu rencananya akan disahkan, nyatanya sampai saat ini……..?tidak memihak kepada rakyat tapi sebaliknya cuma kepentingan individunya sambil duduk manis makanya ahmad albar bilang dunia ini panggung sandiwara. he . he. he.

  • yosep ms.
    April 14, 2013 - 6:54 pm | Permalink

    Menyinggung masalah kenaikan gaji yg 7 prosen, sudah menginjak bulan april 2013, katanya pp nya blm turun, masa bikin pp saja 4 bulan tiak beres….?

  • pns wong desa
    April 15, 2013 - 8:42 am | Permalink

    gaji blm naik2 harga brg udah brp X naik??? hrsx kenaikan gj ga usah diumumkan, pedagang2 itu kan sensitif skl pendengaranx klu dgr kenaikan gj..

  • REPUBLIK MANUK
    April 15, 2013 - 10:52 am | Permalink

    URA URUS.. PEMERINTAH NGURUSI HARGA BAWANG, HARGA DAGING SAPI, HARGA KEDELAI & HARGA CABAI BE URA BECUS !!!! HIDUP REPUBLIK MANUK !!!!

  • April 15, 2013 - 11:38 am | Permalink

    Konsep pp saja 4 percuma org pst pendidikan gede2, mendingan tukaran sama pns di bawah pusat aja ( daerah khusus)khusus

  • April 15, 2013 - 11:41 am | Permalink

    Konsep pp saja 4 bulan percuma org pusat pendidikan gede2, mendingan tukaran sama pns di bawah pusat aja ( daerah )

  • April 15, 2013 - 11:49 am | Permalink

    Pp gaji aja 4 bulan urus, apalagi ruu asn mungkin lebih fatal lagi n sekedar wacana !!!!@!!!!!!@!!!!!!!

  • Gaspol
    April 15, 2013 - 12:11 pm | Permalink

    tenang,..saya sudah menginstruksikan untuk segera di batalkan kenaikan gajih 2013 dan menghapus sistem remunerasi,…tahun 2014 baru dilakukan gebrakan yang besar, semoga elekbilitas menjadi naik,.. :grin:

  • bego
    April 15, 2013 - 2:05 pm | Permalink

    Mungkin nunggu BBM naik dulu ya :?: :?: :?: :?: :!: :!: :!: :!: ..

  • YULIA
    April 16, 2013 - 8:38 am | Permalink

    Cepetan dong kluar PP nya,udah ga sabar nich…maklum kita kan pegawai..

  • Si Gundul
    April 16, 2013 - 9:27 am | Permalink

    lama nian… :!: :!: :roll:

  • dini
    April 16, 2013 - 9:29 am | Permalink

    eh justru karna lama mikir itu karna banyak mikirin kesejahteraan PNS,alhamdulillah sejak bapake menjabat ada perubahan penghasilan.bersyukurlah,dan musti kita hargai.

    • kampret
      April 16, 2013 - 7:46 pm | Permalink

      matamu sowek :razz: :razz: :razz: :razz: :razz: :razz:

    • krish
      April 23, 2013 - 10:21 am | Permalink

      pemerintahan palsu,super lemot,bodoh,koruptor,msih ada yang beranggapan pemerintahan sekarang ini baik?pikir dan renungkan apa yang terjadi di negara ini selama ini!!

  • JOOOOOOOO
    April 16, 2013 - 11:03 am | Permalink

    PEMERINTAH ABAL ABAL,……………….

  • PNS NDESO
    April 17, 2013 - 12:47 pm | Permalink

    Infonya: gaji plus semua tunj dijadikan patokan gapok, bukan yang 2012 kemarin. baru dikalikan 7%.
    Entah benar entah nggak dr instansi ane begitu gan…

    • rang lamo
      April 18, 2013 - 7:49 am | Permalink

      saya sepakat dengan PNS NDESO, ada yang tersuruk di balik keterlambatan PP ini. semoga kenaikan gaji melebihi asumsi awal. pasti pemerintah punya perhitungan sendiri dengan laju inflasi dan efek domino lainnya yang akan terjadi pada perkiraan “kenaikan harga BBM” tahun ini.semoga…

    • Gaspol
      April 18, 2013 - 8:20 am | Permalink

      gak mungkin,..pasti itu berita warkop,…

      • arkani
        April 18, 2013 - 5:40 pm | Permalink

        nggk ada maz broo…perhtungan gaji pok and tunj dijadikan satu…kuwi karepe mbahmu……. :mrgreen: :lol:

  • ninda
    April 18, 2013 - 12:28 pm | Permalink

    amboh … Marakne neng sirah ngelu

  • budy08
    April 18, 2013 - 2:12 pm | Permalink

    sampai skrg belum keluar2 pp tentang kenaikan gaji.

  • rosmaniar
    April 18, 2013 - 3:10 pm | Permalink

    piye toh mas, wong tolong ngurusin negara ne sebaik baiknyo lah mas.. yo kalau emang udah ngk nyanggup lg mundur toh….. mas… mas….!! slow slow bimbang yo…?? ora eneng.. mas…. :sad: !!

  • abdi negara
    April 19, 2013 - 9:08 am | Permalink

    ahhh…sepii ajah, kayaknya menunggu kenaikan bbm, sehingga, kenaikan akandi hitung berdasarkan insflasi faktual dan aktual di tahun 2013 ini…sabar menunggu demi yang terbaik!!!

  • farid
    April 19, 2013 - 9:10 am | Permalink

    up to date!!!
    Bulan juli rencana pemerintah akan menaikkan BBM.
    Kemungkinan bulan agustus, PNS baru akan merasakan gaji baru di tahun 2013 ini.

    • Gaspol
      April 19, 2013 - 12:53 pm | Permalink

      iya naik 50 ribu,..gtu aje heboh lu,.. :twisted:

  • budy08
    April 19, 2013 - 1:44 pm | Permalink

    belum ada tanda2 keluarnya pp tentang kenaikan gaji?

  • rahma
    April 19, 2013 - 5:58 pm | Permalink

    berita terbaru. Bahwa bulan mei dapat dipastikan gaji pns belum naik karena di tempatq lembar gaji bulan mei sudah keluar. Sumangat !

  • khusaeri
    April 19, 2013 - 6:40 pm | Permalink

    capeck dech,polri,pns,tni, itu yg diaharapkan cuma kenaikan gaji, pengabdian trus tanpa ada kesejahteraan yg jls jdnya ya tdk sumangat :roll:

  • dia
    April 19, 2013 - 9:19 pm | Permalink

    raimu mas broooooooooooo………presidene edan………mikir partaine dewe…cok cok cok …….

  • dia
    April 21, 2013 - 1:25 pm | Permalink

    memang indonesia adalah negri mimpi……..presiden tukang mimpi…..mentrinya bisanya bilang siap bossssssssss dprnya cuma bilang yang penting aku kebagian persetan mikir rakyat emangnya gue pikirin………. :twisted:

  • April 21, 2013 - 2:25 pm | Permalink

    saya dapat bocoran gaji pns bulan mei sdh pasti naik, saya sangat yakin 100%. Tapi sayangnya mei 2014

  • April 21, 2013 - 9:02 pm | Permalink

    kalau dipikir-pikir Dari 10,7% tersebut dialokasikan pada:
    - Kenaikan gaji pokok sebesar 7 %

    besar juga ya :)

  • abang roni
    April 22, 2013 - 9:44 am | Permalink

    GA USAH MIKIR GAJI NAIK, NAIKIN AJA CELANA SENDIRI

  • April 23, 2013 - 7:58 am | Permalink

    Nah,, Kalau “BIG BOS” cuma sibuk Ngurus Partainya, sementara nasib knaikan gaji PNS digantung, saya makin yakin para PNS ga akan ada lagi yang melirik ma “PARTAI itu”…
    Jumlah PNS se Indo kan sedikit, jadi ga bakal ngaruh di hasil pilpres nanti yah…

  • sriwidani
    April 23, 2013 - 9:34 am | Permalink

    to mr kampret, mr kan pns juga…jangan apriori begitu dong. ntar kalau udah keluar tuh semua janji jani babe di atas,kan mr seneng juga kan, intinya mari kita sabar aja . nikmati apa adanya…yakin ALLAH sayang umatnya….

  • budisanyoto
    April 23, 2013 - 10:12 am | Permalink

    Hey,hey,hey…duit wae lu yg di omongin!! noh liat pgw pabrik/garment,dg gj umr aja pd hebat nguntungin negara! giliran mereka demo nntut naik gj malah di pentungin ama pns/stpol pp. dia juga pengen hdp layak tau!!!!! gue jga PNS ko.

  • budisanyoto
    April 23, 2013 - 11:25 am | Permalink

    Aku salut sama pegawe swasta,aku hormat bngt sama mereka,dari keringat mrka sbgian pajak dah terkumpul. produktivitas krja mrka sangat mempengaruhi hsl pajak negara. thank u for all

  • April 23, 2013 - 11:51 am | Permalink

    Bagi ane kurang tepat kalau dibilang kenaikan gaji, kan ada inflasi jadi lebih tepat kalau dibilang “penyesuaian inflasi”

  • April 23, 2013 - 12:54 pm | Permalink

    Seorang teman di kantor sering meminta tolong untuk mengecekkan apakah PP ini sudah keluar. :roll: Dan setiap kali saya buka setagu, tak ada kabar beritanya. Tujuh persen, kapan dikau keluar? :grin:

  • April 23, 2013 - 5:27 pm | Permalink

    waduh kayaknya batal naik nich gaji PNS. udah semua harga naik. jadi gigit jari aja

  • aria1983
    April 23, 2013 - 8:12 pm | Permalink
  • roni
    April 24, 2013 - 8:19 am | Permalink

    Perubahan gaji di PP No 22 Tahun 2013, coba d upload om setagu

  • budy08
    April 24, 2013 - 8:38 am | Permalink

    Allhamdulilah………..

  • Hamba Allah
    April 24, 2013 - 8:41 am | Permalink

    Alhamdulillah, sudah keluar aturannya PP Nomor 22 Tahun 2013…..http://keuanganptagorontalo.blogspot.com/2013/04/peraturan-pemerintah-no-22-tahun-2013.html

  • April 24, 2013 - 8:57 am | Permalink

    @Hamba Allah: terima kasih atas informasinya

  • muhammad arbian
    April 24, 2013 - 10:07 am | Permalink

    banyak2 berdoa kepada yang maha kuasa supaya cepat terealisasi kenaikan gajinya ya,amin berataan :grin:

  • Agus G
    April 24, 2013 - 11:25 am | Permalink

    ya itulah Pemimpin Indonesia, kalu bukan gitu, bukan Pemimpin Indonesia Broooo

  • wagiman
    May 1, 2013 - 2:01 am | Permalink

    Yang sabar saja sambil nunggu pp kenaikan bahan bakar minyak biar tambah rame…….

  • May 1, 2013 - 7:14 am | Permalink

    Sudah keluar kok Om.

    Lha ini: Daftar Gaji PNS 2013

    :oops: :oops:

  • June 2, 2013 - 5:41 am | Permalink

    Ngapain sih PNS pada ngurusin gaji 13 dan kenaikan gaji 2013? Kan udah pada dpt tunj kinerja semua ? Brarti bukan gaji 13 lagi yang udh diterima, malah udh ke 13 s/d 24 tiap bulan naik 100% lebih, tunj kinerja kan rata2 diatas gaji bulanan. Nah kalu yang pensiunan biarin aja biar mereka makin kurus. “Begitulah kata penguasa”

  • darningsih santa rohani
    June 15, 2013 - 1:32 pm | Permalink

    :lol: mas/ mba Gogle mau tanya sertifikasi tahun 2013 itu mengacu kepada gaji pokok yantg tahun berapa yaaaa

  • atik
    June 20, 2013 - 11:32 am | Permalink

    untuk bidan nggak perlu gaji ke 13 soalnya dah kaya dari hasil orang melahirkan jadi untuk sedekah adja pasti rela

  • dewi putri ayu
    June 22, 2013 - 9:43 am | Permalink

    pkir rakyat kecil, jgn di pkir pns, polri,tni aja

  • September 17, 2013 - 2:23 pm | Permalink

    ohh gitu mas beritanya.

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>