Perkiraan Tabel Remunerasi Kemenkumham

Fakta
Anggaran remunerasi selama 13 bulan: Rp 1,078 Trilyun
Jumlah Pegawai : 43.763

Asumsi
Dokumen/edaran tidak resmi (karena belum ada Perpres) yang penulis dapatkan, tabel remunerasi Kemekumham ada 17 grade. Namun besaran yang tertera jauh melebihi dari anggaran yang disediakan.
Sebagai Benchmarking tunjangan kinerja yang digunakan adalah Kementerian yang telah mendapatkan tunjangan kinerja antara lain Bappenas, Kemenko Perekonomian dan BPKP (seperti yang dikatakan Menkeu Agus Marto).
Perbedaan besaran tunjangan kinerja antara grading 18 denganΒ  grade hanya pada grade pertama saja, lainnya sama. Dengan jumlah 17 grading berarti perbandingan yang diambil adalah Kemenko Perekonomian.

Berdasarkan Fakta dan Asumsi tersebut, besaran yang diterima pegawai Kemenhumkam dapat diketahui.

Berikut perkiraan Tabel Remunerasi Kementerian Hukum dan Ham:

No Grade Jml Pegawai Besaran (Rp) Jml per Bulan Anggaran 13 Bulan
1 17 2 22.264.000 44.528.000 578.864.000
2 16 6 14.131.000 84.786.000 1.102.218.000
3 15 8 10.315.000 82.520.000 1.072.760.000
4 14 52 7.529.000 391.508.000 5.089.604.000
5 13 37 6.023.000 222.851.000 2.897.063.000
6 12 174 4.819.000 838.506.000 10.900.578.000
7 11 175 3.855.000 674.625.000 8.770.125.000
8 10 819 3.352.000 2.745.288.000 35.688.744.000
9 9 145 2.915.000 422.675.000 5.494.775.000
10 8 1145 2.535.000 2.902.575.000 37.733.475.000
11 7 2447 2.304.000 5.637.888.000 73.292.544.000
12 6 3704 2.095.000 7.759.880.000 100.878.440.000
13 5 194 1.905.000 369.570.000 4.804.410.000
14 4 8362 1.814.000 15.168.668.000 197.192.684.000
15 3 25180 1.727.000 43.485.860.000 565.316.180.000
16 2 1313 1.645.000 2.159.885.000 28.078.505.000
17 1 1.563.000
Total 43763 82.991.613.000 1.078.890.969.000

Dilihat tabel diatas dapat dilihat data jumlah pegawai (43.763) dan jumlah anggaran 13 bulan yang disediakan (Rp 1,078 T) tidak berbeda dengan fakta. Jadi sebesar itulah kira- kira remunerasi yang akan diterima pegawai Kemenkumham tiap grade.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

187 Comments on "Perkiraan Tabel Remunerasi Kemenkumham"


Sort by:   newest | oldest
benkbenk ikut
4 years 11 months ago

pertamax ni,kalo diliat2 dari grade td,berarti untuk Staf Penjagaan (gol 2a-2d,karna paling banyak,jumlah pegawai 25rb-an) yaitu grade 3 yg dapetnya 1,7jt..

remuneraSHIT
4 years 11 months ago

1,7 dikurangi tunjangan resiko yg hilang rp. 600 rb

pns pethuk
4 years 11 months ago

ada temen yang gajinya dipotong hutang bank tinggal 500 ribu saja. Tunjangan resiko hilang 600 ribu, gajinya jadi -100ribu πŸ˜†

Ciecie
4 years 11 months ago

Klo Untuk Gol III/a kira2 berapa ya?

GG abis
4 years 11 months ago

kan itu tunjangan remun ,gaji pokoknya di itung dong mas

wongfeigun
4 years 11 months ago

:mrgreen: Nasehat simbah : 1,727 jt itu angka 100 % (sesuai tabel yg disetujui banggar DPR). Kalo ambil contoh Dept lain yg sdh cair, diterimakan 40 %. Jadi terimanya sekitar 690 ribu. Lalu dikurangi tunj.ris. yg sdh dibayar Rp 600 ribu. Sisa bersihnya, ya 90 ribu, kawan. Rapelnya, 90 rb x 6 bulan (Jan-Juni)= 540 rb. Cukup buat beli 3 kaleng susu Chilkid Platinum 3 kaleng.

kochi
4 years 8 months ago

hahaahahahahahah,,,,trus gag dapat apa2 dunkz???? πŸ˜† :roll:

Pegawai babel
4 years 11 months ago

Siaaaaaaaaaaaapppppppp di-86-kan………

papua
4 years 11 months ago

πŸ˜† mas,tlg infox…kok itunganx 13bln? apa remun dimsk an dlm gaji 13,y…mas? Wach,klau gitu syukur alhamdulillah,..bs pk bt ank sklh & lebaran

4 years 11 months ago

wah kemenhukan cair donk πŸ˜€ aku kapan ya :roll:

vandy
4 years 11 months ago

mas bukanx..di post sebelumnya katanya gradex ada 19?

4 years 11 months ago

Staf penjagaan(gol 2) masuk grade brp ya?? Bingung.com πŸ˜†

benkbenk juga
4 years 11 months ago

dengan melihat tiap2 level jumlah pegawai di grade tsb,setidaknya kita bisa menebak gol/eselon per-grade-nya,grade 17 utk Sekjen dan Irjen (2 org),16 utk staf ahli,15 utk Dirjen/Ka.Bdn,14 utk Eselon 2a,paling bawah grade 4 utk gol 3 non jbtan,grade 3 utk gol. 2

GG abis
4 years 11 months ago

berdasarkan eselon dan kalo staf berarti job desk nya yah , bukan golongan ..
bukanya remunerasi berarti berbasis kinerja ?
contohnya misal bagian keuangan ato bendahara apa di samakan dengan staff seperti di bagian umum /agendaris

benkbenk ikutan ajah
4 years 11 months ago

kayaknya, untuk staf yang non jabatan gak pake job desk dech, sama ajah dengan Depkeu, Setneg, TNI&POLRI juga kayak gitu… kecuali yang punya Eselon sama dengan UPT yang berbeda, baru beda Job desk-nya beda….
yah githu lah,gak akan beda kalau masih staf…

adhy
4 years 11 months ago

setagu perkiraan tabel remunerasi kejaksaan sekalian dong… πŸ˜€

papua
4 years 11 months ago

remun…kpn y….trmx,da byk yg mau di bl…,

herman
4 years 11 months ago

mas setagu, grade 1 itu gol I/a atau II/a, mohon pencerahannya..!

Rini
4 years 11 months ago

Mas stagu Grade kejaksaan gmn? Mhon info.

Alex
4 years 11 months ago

Mas tolong dong info, kapan kementerian akan diberlakukan remunerasi terutama penerbangan yang dekat dengan risiko, kok belum disentuh2 keburu aku pensiun πŸ˜•

Alex
4 years 11 months ago

maksudku di kementerian perhubungan gitu lho, masak sih kerja mulai 1984, boro2 eselon tunjangan aja enggak ada, remunerasi belum jelas ?? Kapan neh ya

Paijo
4 years 11 months ago

Kirka grade untuk kejaksaan berapa tlg bung setagu ?..

4 years 11 months ago

mas,cpns dapet nggak remun??

JR
4 years 11 months ago

Duit …. Duit … Duit……………..

Osie
4 years 11 months ago

JUni atau Juli Ya ??????

Jongos napi
4 years 11 months ago

Tabel diatas itu nilai 100% ap 70% mas setagu.? Ktanya turun nya baru 70%. Berarti 70% nya dari nominal tabel di atas gitu ta..? Atau nominal itu udah 70%..?

benkbenk juga
4 years 11 months ago

bener Om setagu,khan baru disetujui 70%,jd total anggaran yg disediakan untuk kemenkumham yg segera dibayarkan tahun ini Rp.1,078T itu itungan yg 70%

sipir
4 years 11 months ago

mas dari man dapatin gred dan jumlah pegawainya? karena banyak yang ga sesuai sebagai contoh untuk grade 17 yg hanya ada 2 orang pegawai sedangkan di kementerian hukum dan ham klo ga salah esllon 1 nya lebih dari 10 jadi dasar jumlah pegawainya dari mana tuh mas? , trims.

benkbenk juga ikut
4 years 11 months ago

bener Om setagu,khan baru disetujui 70%,jd total anggaran yg disediakan untuk kemenkumham yg segera dibayarkan tahun ini Rp.1,078T itu itungan yg 70%

ANAK MINYAK
4 years 11 months ago

YACH HITUNG-HITUNG INILAH INDONESIA KU…. SEKIAN LAMA AKU MENUNGU DUHAI PIMPINANKU. NAMUN TERNYATA PUDAR HARAPANKU UNTUK MEMUJIMU…. BUNG RIDHO CIPTAIIN DONG LAGU YG GARA-GARA REMUNERASI RAKYAT KECIL YANG MENDERITA, SEMUA HARGA MEMANG BANTING HARGA, INDONESIA KU….

ANAK MINYAK
4 years 11 months ago

😳 YACH HITUNG-HITUNG INILAH INDONESIA KU…. SEKIAN LAMA AKU MENUNGU DUHAI PIMPINANKU. NAMUN TERNYATA PUDAR HARAPANKU UNTUK MEMUJIMU…. BUNG RIDHO CIPTAIIN DONG LAGU YG GARA-GARA REMUNERASI RAKYAT KECIL YANG MENDERITA, SEMUA HARGA MEMANG BANTING HARGA, INDONESIA KU….

Aang thea
4 years 11 months ago

Smoga penantian remon tak sia 2…

budi
4 years 11 months ago

Mas setagu untuk grade kejaksaan gm ?

fkdwic
4 years 11 months ago

Waah… semoga berkah.. BTW kl kemenag kapan ya? tolong dong mas info nya… tks….

[…] Posting terbaru:Β  […]

katro
4 years 11 months ago

anggaran eselon 2a dgn gol 3a sama.. mantap… :hammer: πŸ‘Ώ

katro
4 years 11 months ago

anggaran eselon 2a dgn gol 2a sama.. mantap… :hammer: πŸ‘Ώ

Indah
4 years 11 months ago

Kasian amat,
1,7juta – 600 ribu= Rp. 1.100.000,-
Editansil kabur lagi, biar resiko ada.

hadi
4 years 11 months ago

1,7 juta – 1,2 juta (utang bank) = 500 ribu
500 ribu – 600 ribu (tunj. resiko) = -100 ribu
:roll: abis dong πŸ˜†

4 years 11 months ago

lalu gaji dikemanakan?
jadi -100 ditambah lagi gaji kalian bosss!
pinter ya ente?

sabar_menunggumu
4 years 11 months ago

kan yg dkembalikan hanya per januari 2011, msal bln juli cair brarti 7bulan n stw saya, remun itu dluar gaji pk0k kn

4 years 11 months ago

hehehe, lucu ya kalian, remun itu diluar gaji pokok

WASKITO
4 years 11 months ago

untuk golongan IIIc – IIId berapa mas stagu?

WASKITO
4 years 11 months ago

πŸ˜› gol 3c dam 3d berapa mas stagu

Kecewa
4 years 11 months ago

Sekian lama menunggu cuma dpt segitu, bknnya gk bersyukur, coba liat remun kemenkeu, bikin iri, gk sesuai harapan, namanya aja anggaran 1 Triliun tp dibagi utk 43 rbu orang, udh dpt telat, kecil pula, pemerintah mmg tdk adil, mmg kemenkeu jd anak emas ya, keadilan cuma sebatas omongan

gunkarupam
4 years 11 months ago

asik remonerasi aj dibahas entah kapan cairnya????… Pusingggggg…

Sipir Penjara
4 years 11 months ago

Klw mau kaya jgn jd PNS bung….

kawan sipir penjara
4 years 11 months ago

setuju bro, siapa sih yg gak pengen kaya :roll:

Gayus
4 years 11 months ago

Pak Sipir
Pungli makin kecil atau makin besar ya???

Menulang
4 years 11 months ago

Pegawai di Lapas banyak sambilan selain pungli bisa jualan macam2 eenak tenan kerjanya jagain orng tidur gitu aja dapet remun minta gede lagi.

kawannya kawan sipir penjara
4 years 11 months ago

maaf..mungkin anda bukan seorang sipir..
jadi anda tidak tau berapa besar resiko jadi sipir seperti kami..

princeryan
4 years 11 months ago

Bro Manulang…Anda belum ngerasain jadi sipir, jadi jangan asal komentar.
Saya bukan Sipir. Tapi teman-teman saya banyak sebagai Sipir.

Fuck You
4 years 8 months ago

we…ganco……loe pikir kita-kita nh cuman jaga orang tidur…….kita nih penjaga penjahat yang berbeda kejahatannya so kalo kamu apa…………………….jadi jangan loe asal bunyi…… 😈

bandar buntut
4 years 11 months ago

WANI PIRO……kwkwkwkwkwk πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

jangkrik genggong
4 years 10 months ago

yang susah ya yang dirubasan dan bapas… hehe

Rupbasan_Forever
4 years 6 months ago

Ngga jg tuh siapa bilang Rupbasan itu susah…Rupbasan itu paling enak tahu!!

4 years 11 months ago

Berapa pun jumlahx ya di syukuri aza, dari pada gak ada sama sekali… πŸ˜€ πŸ˜‰

herman
4 years 11 months ago
Go..Go..PAS
4 years 11 months ago

alhamdulillah akhirnya bisa rehab rumah.
tp…kira” kapan remon dicairkan? mohon infonya.
buat tmn” yg SKnya lg sekolah di bank, alhamdulillah jg krn ada tambahan dana untuk membayar.
jaya pemasyarakatan…
Glory…Glory…Pemasyarakatan.

4 years 11 months ago

Alhamdulillah jika benar Remunerasi segera cair tuk kemenkumham… brapapun itu harus disyukuri… dengan gaji sekarang aja kita msh bisa hidup, nyekolahin anak, dsb… apalagi tambah tunjangan remunerasi, artinya lbh baik lagi dong… kita g usah banding2kan dengan K/L lain… sesungguhnya bersyukur lbh mulia daripada segalanya… rajin2 bersyukur, pasti Allah SWT menambah rejeki lain yg kita g pernah duga datangnya… ok .?.?,?

SipiR Lapas
4 years 11 months ago

setuju boooossss….

Menunggu Remun
4 years 11 months ago

Pak setagu mau nanya gol sama, yang satu jabat struktural emunnya sama gak. ya tq.

Menunggu Remun
4 years 11 months ago

Pak setagu mau nanya gol sama, yang satu jabat struktural dpt remunnya sama gak. ya tq.

icen
4 years 11 months ago

Rupanya negara punya prinsip “profit oriented” juga .. Lembaga yg memberikan keuntungan financial lbh besar maka akan dapat feed back yg besar pula spt kemenkeu.

Tenaga dan loyalitas saja tak cukup buat negara ..

Tetap semangat dan terus berjuang kawans

remuneraSHIT
4 years 11 months ago

SETUJU … !!

jm pas
4 years 11 months ago

sukuri aja….

radj
4 years 11 months ago

bagi tugas ma TUHAN
qt usaha Tuhan nentuin hasil

barangja
4 years 11 months ago

WADOEH….KOK PADA BINGUNG SEMUA TABEL DIATAS KAN BARU ❗ PERKIRAAN DOANG ❗ YG PENTING JULI PASTI CAIR MUNGKIN BANJIR BANDANG…. :mrgreen: πŸ˜† :mrgreen: πŸ˜†

Bendahara Umum
4 years 11 months ago

❓ ❓ ❓ ❓ ❓
Alhamdulilah,saya udah siap ke KPPN mau menyairkan anggaran remunerasi, ALhamdulilah masuk grade IV

polsuspas
4 years 11 months ago

TERIMAH KASIH ALLAH DAN PEJABAT TINGGI AKHIRNYA REMUN KAMI DISETUJI,KAPAN YA CAIRNYA?,KEPADA REKAN2 SEPERJUANGAN SEMANGAT KERJA KITA HARUS DI TINGKATKAN DAN SAYA UCAPKAN TERIMAH KASIH KEPADA MASYARAKAT ATAS DUKUNGAN UNTUK KAMI,APAPUN YANG TERJADI PADA KAMI,TETAP SLALU SEMANGAT DAN EXIS TAAT PADA PERATURAN YG BERLAKU OK

polsuspas
4 years 11 months ago

terimahkasih pada allah dan pejabat tingi negara yg telah memperjuangkan kesejahtraan kami,tapi bulan kapan ya turunnya,wajar kalu sipir dapat remun karna tugas dan resiko yg di eban sangatlah besar berhubungan dengan nyawa,jadi wajar wajar aja skali log terimah kasih pak

GG abis
4 years 11 months ago

katanya udah ada tabel resminya , yg punya share dong

jim
4 years 11 months ago

KEJAKSAAN ?????

kaka
4 years 11 months ago

Insya Allah BETUL !!!!!!!!!!!

mr. adil
4 years 11 months ago

Bung setagu yg pinter, tolong susun daftar % yg diterima tiap2 K/L spy ketahuan ketdk adilan pemerintah, jgn yg 1×24 kerja dgn taruhan nyawa tp cm dpt 25 %.

Jongos napi
4 years 11 months ago

Yg gol 3a trima Rp 3 480 000,- Yg gol 2a trima Rp 2 140 000,-

polsuspas
4 years 11 months ago

Golongan 3B dapat berapa nih. tp harus kehilangan 450.000. πŸ˜€

ronis
4 years 11 months ago

mantaffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffff
klu bisa jangan hanya habis di isuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu ajah ya mas……………………………..

taufiq
4 years 11 months ago

kal CPNS dapat gak uang remunerasi

ida hasibuan
4 years 11 months ago

asyik ahkirnya remununasi kemenkumhan disetujui juga tapi kapan diterimanya ya. Pak menteri tolong dong secepatnya dikeluarkan karena bulan juni dan juli ini biaya anak sekolah sangat berat jadi kalau remun nya turun kita tidak perlu pinjam uang ke koperasi utk masukkan anak ke perguruan tinggi

ANAK MINYAK
4 years 11 months ago

πŸ˜› biasa mas ntar barang nya udah keluar tapi didepositkan dulu biar berbunga indah di bank yach kite-kite hanya bisa berharap ntar juga nanti dibayar secara berkala empat bulan atau enam bulan sekali nah kita disuruh buatin amprah uang udah dicairkan dikatakan belum yach supaya jadi pupuk untuk bunganya… bingung yaaaaaa ❓ πŸ˜• :mrgreen:

[…] Perkiraan Tabel Remunerasi Kemenkumham | Remunerasi PNS. […]

Hendro Prabowo
4 years 11 months ago

wah remon keluar yang pusing bendahara2 ni mikirin angsuran2 pinjaman,gaji pada ngepres bt angsuran bank resiko di cabut jadi – deh,mana remon turunnya g tiap bulan….. :sad:

4 years 11 months ago

bung setagu, tolong dikonfirmasi apa betul tunjangan resiko pemasyarakatan tidak lagi berlaku setelah adanya remunerasi. kami berharap semoga tunjangan resiko untuk pemasyarakatan tetap diperhitungkan karena tidak adil rasanya kalo kami yg ada di UPT Pas dengan resiko tinggi karena adanya tunjangan remunerasi disamakan dengan kawan yg ada di Kanwil atau pusat.Beban kerja kami di UPT Pas jelas lebih berat. semoga ini bisa jadi masukan dan pertimbangan bapak2 kami yg ada di pusat untuk terus memperhatikan kami yg ada di UPT Pas.trims

remuneraSHIT
4 years 11 months ago

Bener, denger denger ada 5 tunjangan di Kemenkumham yang dihapuskan … Ada info gak Mas setagu, tunjangan apa saja .. ??

pegkanwil
4 years 11 months ago

mas, kalo yg di UPT dapat remunerasi lebih besar,,, bisa” pegawai kanwil pada pindah semua… trus yg ngurus laporan mas2 dr UPT PAS ga ada lagi dong….

pegkanwil
4 years 11 months ago

mas, kalo yg di UPT dapat remunerasi lebih besar,,, bisa” pegawai kanwil pada pindah semua… trus yg ngurus laporan mas2 dr UPT PAS ga ada lagi dong….

COMANDO BERINGIN
4 years 8 months ago

we….setan loe-loe pade cuman ngurusin kertas doank kok……………………………..so kalo gitu kita juga pindah aja ke KANWIL……kan kaga perlu pake resiko…ato loe aja yang tugas di LAPAS πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ

PENGAMANAN LAPAS ABE
4 years 8 months ago

1000% SETUJU

SO…YANG JADI BINGUNG NH MASALAH GRADE, MASA PEGAWAI KANWIL ADA YANG STAFF DAPATNYA GRADE 4 SO KITA STAF PENGAMANAN DAN PENJAGAAN LAPAS CUMAN DI GRADE 3 SO MEREKA KAN CUMAN NGURUSIN KERTYAS DOANG NH KITA…..NGURUSIN PENJAHAT SE INDONESIA LAGI……APA KAGA AMBLAS TUH πŸ’‘ πŸ’‘ πŸ’‘ πŸ’‘ :roll: :roll: 😳 😳 😳 😳 😳 😳

husni
4 years 11 months ago

masa sich nilainya segini…
tolong donk pak menteri dilobi lg sama pak menkeu 😎
please dunk….pak…
lobi is the best………….. πŸ˜‰

fadlillah sufi
4 years 11 months ago

Alhamdulillah remunerasi cair……tp klo dipotong tnjngan resiko bnyak pegawai jd gembel krn tiap bln hrs nombok gaji kaya anak Sma bayar SPP<2.300.000-1.800.000(bank)-500.000(koperasi)-600.000(tnjngan resiko)=-RP 600.000/bln sdang remon dibayar /3 bln……..GEMBEL GEMBEL

sabar_menunggu
4 years 11 months ago

bang fadlillah sufi,,, remun ntu kn di luar gaji pokok kan???
jadi kita dapat tambahan bukan nombok gt

Anu
4 years 7 months ago

Makanya jangan pinjem/hutang ke bank…..
Klopun harus, besarnya jgn terlalu besar, max 30-35% dari gaji (non tunjangan resiko). Terus ga usah nambah2in hutang ke koperasi………
Resiko dari salah ambil keputusan, ya malah nombok…

pegkanwil
4 years 11 months ago

lebih besar pasak daripada tiang dong mas…
harus lebih disesuaikanlah pengeluaran, bisa2 semakin besar pendapatan nanti’y pengeluaran’y lebih luar biasa lagi…

4 years 11 months ago

Ini sama saja, dalam hal senang banyak susahnya disebabkan tunjangan RESIKO PAS dipotong, Remunerasi dibayar diluar Daftar Gaji ini lucu sebenarnya! sebab Pejabat diatas sana udah tau PNS nya bokek semua dan Gajinya MINES semua….hehehe… :mrgreen:

Anu
4 years 7 months ago

Yang lucu tuh anda x …………….
Masa gajinya sampe dengan mines….
Remunerasi tuh tunjangan kinerja, kalau ga masuk kerja, terlambat masuk kantor, pulang sebelum waktunya, biasanya dipotong sekian %. Makanya dibuatkan daftar tersendiri.

GG abis
4 years 11 months ago

masa sih di bayar per 3 bulan …serius tuh ?

Anu
4 years 7 months ago

Mungkin karena baru diberlakukan, pencairannya per 3 bulan. Tapi sepertinya tergantung dari pusat kementeriannya. Kalau yang udah lama, biasanya dibayar per bulan.

4 years 11 months ago

untuk temen2 PAS… kayakx yg hlang bukan tung.resiko.. Ingat nggak brita di april 2011(GOOGLE), Disitu ada undang2 bru yg membagi tnjangan resiko untk insan PAS dlm 6 ring. Dulu kan cuma 3 ring. Coba cek deh,, ini skdr info . Ok?

paijo
4 years 11 months ago

kita syukurin aja remon mau turun soalnya jadi sekarang ini saya injoi aja jadi petugas “PAS” Pas Mau beli mobil bisa, Pas mau beli rumah Bisa, Pas mau bini dua juga bisa ha….ha…sunah rosul

P2U
4 years 11 months ago

Trus gaji pokokx ga d hitung ya…

Janji Bui
4 years 11 months ago

“Oh remonku sayank” Engkaulah dambaan hatiku siang kunantikan malam kuimpikan akhirnya setelah lama kumenunggu engkau datang juga kepelukanku…yank

Janji Bui
4 years 11 months ago

“Oh remonku Sayank” Engkaulah dambakan hatiku siang kunantikan malam kuimpikan akhirnya sekian lama kumenunggu enkau datang juga kepelukan… Gol 3b piro?

hero
4 years 11 months ago

mau tanya itu yang 70% atau 100%…thanks

rutan mamuju
4 years 11 months ago

akhirnya yg dinanti-nantikan slama ini datang jga,,,, syukurrrrrrr……… πŸ˜† πŸ˜†

pay
4 years 11 months ago

dobol kurooo…. gak percoyo babar blass

satrio
4 years 11 months ago

SBY gitu loochhh… siapa yang bayar gitu looch
EGP emang gue pikirin… Emang gak pernah cair gitu lochh…

imam
4 years 11 months ago

katanya katanya tok…

edy
4 years 11 months ago

tur nuwun juragane…
πŸ˜†

wpDiscuz