Penerimaan CPNS 2013

Tahun 2013 ini pemerintah merencanakan merekrut CPNS dari pelamar umum sebanyak 60.000 kursi dengan rincian 20.000 untuk instansi pusat dan sisanya 40.000 kursi bagi instansi daerah. Tes akan dilaksanakan pada bulan September 2013 dengan didahului penetapan formasi dan pengumuman ke publik pada bulan Juli-Agustus 2013.

Seperti tahun 2012 Kemenpan melibatkan 10 konsorsium perguruan tinggi PTN yang bertugas membuat soal dan mengevaluasi hasil tes seleksi CPNS. Kemenpan juga sudah membuat MoU dengan ICW yang disertakan dalam pengawasan proses penerimaan CPNS sehingga proses rekrutmen diharapkan adil, transparan, terbuka dan dapat dipertanggungjawabkan secara administratif.

Keputusan lulus tidaknya calon PNS berdasarkan passing grade dan diumumkan satu pintu melalui Kemenpan, artinya instansi daerah tidak punya kuasa untuk menentukan kelulusan CPNS. Ingat kasus CPNS Badung Bali kisruh lantaran pengumuman hasil tes CPNS nilainya berbeda dengan hasil yang keluarkan oleh Kemenpan-RB yang akhirnya menyeret ketua BKD setempat menjadi tersangka pemalsuan dokumen.

Kebijakan Penerimaan CPNS 2013

Secaran nasional pemerintah menerapkan kebijakan zero growth dengan hanya mengganti PNS yang sudah pensiun, meninggal dunia, dipecat atau berhenti dengan tidak menambah jumlah pegawai secara keseluruhan. Namun secara institusional akan dijalankan dengan tiga pola, yakni minus growth, zero growth, dan growth. Sederhananya Minus Growth berarti tidak membuka pendaftaran CPNS sedangkan kebijakan Growth bisa menambah CPNS diluar pensiun.

No Keterangan Jumlah Pegawai ** Rasio Belanja Pegawai thd APBD
1 Minus Growth
* Pemprov Berlebih Lebih 30%
* Pemkab/Kota Berlebih Lebih 50%
2 Zero Growth
* Pemprov Cukup 25% – 30 %
* Pemkab/Kota Cukup 40% – 50%
3 Growth
* Pemprov Kurang Kurang 25%
* Pemkab/Kota Kurang Kurang 40%

** Berdasarkan Analisa Beban Kerja

Pertimbangan lain yang jadi perhatian: instansi yang tidak memiliki tenaga honorer K-1/K-2, rasio jumlah pegawai dengan jumlah penduduk, luas wilayah, kekurangan pegawai serta prioritas jabatan.

Penetapan Formasi CPNS 2013

Untuk memperoleh formasi CPNS instansi pusat maupun daerah harus mengusulkan formasi dengan melengkapi beberapa persyaratan yang sudah ditetapkan dalam regulasi, yaitu:

  1. Melakukan ANalis Beban Kerja (ABK)
  2. Analisis Jabatan
  3. Peta Jabatan
  4. Uraian Jabatan
  5. Redistribusi Pegawai serta
  6. Proyeksi kebutuhan PNS selama 5 tahun yang akan datang.

Keenam syarat diatas sifatnya wajib, jika salah satu tidak dilengkapi otomatis tidak diproses usulan formasinya. Daftar K/L maupun Pemda yang sudah melengkapi 6 persayaratan tersebut dapat dilihat di situs sdm.menpan.go.id. Dari situ dapat diperkirakan apakah instansi tersebut pada tahun 2013 akan membuka pendaftaran CPNS atau tidak.

Belanja Pegawai APBD di bawah 50%

Selain ketentuan di atas terdapat satu syarat lagi yang cukup berat bahwa perbandingan antara belanja pegawai dengan total APBD harus dibawah 50% bahkan Pemprov harus dibawah 30%. Pemenuhan persyaratan ini harus dibuktikan dengan dokumen yang sah tentang APBD beserta jumlah dan besarnya dana untuk belanja pegawai termasuk belanja pegawai yang dialokasikan pada pos belanja langsung.

Data APBD tahun 2012 menunjukkan untuk Pemerintah Provinsi hanya terdapat 3 daerah dengan belanja di bawah 30 % yaitu Kaltim (28,77%, Papua (28,85%, dan Papua Barat (28,04%).

Jateng (57,31%) Banten (47,24%)
Jogjakarta (56,66%) Sulbar (45,66%)
NTB (55,53%) Kalbar (44,72%)
Lampung (54,9%) Jambi (45,40%)
Bali (52,19%) Sumsel (44,39%)
Sulut (51,45%) Maluku (42,71%)
NTT (50,78%) Kalsel (42,11%)
Sumut (50,69%) Aceh (40,16%)
Bengkulu (50,24%) Malut (38,32%)
Jatim (50,05%) Kepri (37,04%)
Gorontalo (49,83%) DKI Jakarta (36,87%)
Sumbar (49,43%) Bangka Belitung (35,51%)
Sulteng (49,43%) Riau (34,96%)
Sulsel (49,43%) Kaltim (28,77%)
Jabar (48,06%) Papua (28,85%)
Sultra (47,17%) Papua Barat (28,04%)
sumber: Kemendagri

 

Daftar pemda/pemkot sebagian dapat dilihat pada tabel-persentase-gaji-pnsd-terhadap-apbd (data tersebut belum memperhitungkan alokasi belanja langsung).

Alur penyusunan formasi PNS dapat diurutkan sebagai berikut:

  1. Instansi Pusat dan Daerah mengusulkan formasi
  2. BKN memberikan pertimbangan teknis
  3. Menpan meminta pendapat ke Menteri Keuangan
  4. Menkeu memberikan pendapat tentang ketersediaan anggaran belanja pegawai
  5. Menpan memberikan persetujuan prinsip formasi
  6. Instansi Pusat dan Daerah menyampaikan tambahan alokasi formasi
  7. Menpan menetapkan Formasi PNS Pusat dan persetujuan formasi PNS Daerah
  8. Izin dari Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional yang diketuai Wakil Presiden

Prioritas Jabatan CPNS 2013

No Instansi Daerah Instansi Pusat
1 Guru (guru kelas dan guru produktif) yaitu guru yang memberi keterampilan hidup / life skill untuk siswa, guru tataboga, guru seni kriya, dan guru desain grafis. Guru (guru kelas, dan guru produktif) yaitu guru yang memberikan keterampilan hidup / life skill untuk siswa.
2 Tenaga medis dan paramedis (dokter, dokter spesialis, bidan, perawat, dan refraksionis optisien). Dosen.
3 Jabatan yang mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat (pro growth). Jabatan penegak hukum (pro justice), seperti jaksa, panitera, pengaman lembaga pemasyarakatan (sipir).
4 Jabatan yang berperan menciptakan lapangan kerja (pro job), seperti instruktur las, instruktur tataboga, dan instruktur tata rias. Jabatan utama (core business) fungsi instansi, seperti:
* Pengawas tata bangunan dan perumahan, pengawas teknik jalan dan jembatan, penata ruang, pengawas teknik pengairan, arsitek.
*  Pemeriksa pajak, penyuluh pajak, pemeriksa bea cukai
*  Pemeriksa merek, pemeriksa dokumen imigrasi.
* Mediator hubungan industrial, instruktur, pengawas ketenagakerjaan.
*  Pengamat gunung api, inspektur tambang.
* Penguji kenderaan bermotor, pengawas keselamatan pelayaran, ATC.
5 Jabatan yang menciptakan pengurangan kemiskinan (pro job), seperti pamong belajar, pembimbing terapan teknologi tepat guna, penggerak swadaya masyarakat.
6 Jabatan yang berperan dalam pengendalian pertumbuhan penduduk, seperti penyuluh keluarga berencana.

sumber: Kemenpan

Model Tes CPNS 2013

Awal tahun 2013 Presiden SBY melalui Inpres No. 1 Tahun 2013 menginstruksikan seluruh instansi pemerintah agar dalam melakukan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dilaksanakan secara tranparan dan akuntabel. Presiden memerintahkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) bersama-sama Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar mengembangkan sistem Seleksi CPNS/PNS dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) sebagai bentuk transparansi dan akuntabel tadi.

Computer Assisted Test (CAT) merupakan metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS. Pada prinsipnya dalam prosesnya peserta ujian CPNS langsung menjawab pertanyaan di komputer yang sudah terhubung dengan server induk. Kelebihan utama sistem ini adalah akuntabilitasnya, setiap peserta dapat mengetahui nilainya secara langsung setelah menyelesaikan ujian, apakah memenuhi passing grade atau tidak.

Test CAT hanya untuk ujian Kompetensi Dasar (Tes Pengetahuan Umum, Tes Bakat Skolastik dan Tes Skala Kematangan), tahap selanjutnya adalah tes kompetensi bidang (TKB) yang dilaksanakan instansi masing-masing.

Apakah test penerimaan CPNS 2013 dilaksanakan dengan sistem CAT?. Faktor terpenting dari sistem CAT adalah infrastrukturnya, faktanya instansi pemerintah yang memiliki perangkat CAT hanya BKN saja, 1 (satu) berada di pusat dan 12 lainnya di kantor regional dengan kapasitas masing-masing 50 peserta ujian.

Sedangkan ujian CPNS 2013 direncanakan serentak, sehingga tidak realistis jika model ujian CAT dilakukan pada tahun ini. Sistem CAT cocok jika pelaksanaan ujian berkesinambungan, artinya penerimaan CPNS dilakukan setiap saat sesuai kebutuhan. Jadi nampaknya tahun ini masih menggunakan format Lembar Jawaban Komputer (LJK) yang diperiksa secara computerized.

Akhirnya penulis mencoba berbagi pengalaman ketika lulus CPNS secara murni melalui test:

  1. Berdoa
  2. Persiapkan materi, pelajari soal tahun2 kemarin, perbanyak pengetahuan umum atau berita aktual melalui media baik televisi, koran maupun internet (positif). Coba buat analisa sendiri mengenai type soal.
  3. Persiapan Test Kompetensi Bidang, pelajari karakteristik, seluk beluk instansi yang dilamar, peraturan atau UU yang menyangkut kebijakan yang berhubungan instansi tersebut.
  4. Menjaga kesehatan tubuh dan psikis.

Update: Daftar K/L dan Pemda yang membuka lowongan CPNS 2013

Dikutip dari situs Kemenpan sebanyak 65 K/L akan membuka seleksi penerimaan CPNS 2013 dengan formasi 20.000 orang. Sedangkan formasi CPNS bagi pemerintah daerah sebanyak 40.000 orang yang akan dilaksanakan oleh 226 Pemda.

Berikut Kementerian dan Pemerintah Daerah yang dipastikan membuka lowongan CPNS 2013 dari jalur umum :

No. Kementerian/Lembaga
1 Kementerian Koordinator Bidang Polhukam
2 Kementerian Koordinator Bidang Kesra
3 Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
4 Kementerian Dalam Negeri
5 Kementerian Luar Negeri
6 Kementerian Pertahanan
7 Kementerian Hukum dan HAM
8 Kementerian Keuangan
9 Kementerian ESDM
10 Kementerian Perindustrian
11 Kementerian Perdagangan
12 Kementerian Pertanian
13 Kementerian Kehutanan
14 Kementerian Perhubungan
15 Kementerian Kelautan dan Perikanan
16 Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi
17 Kementerian Kesehatan
18 Kementerian Pekerjaan Umum
19 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
20 Kementerian Sosial
21 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
22 Kementerian Lingkungan Hidup
23 Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
24 Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional
25 Kementerian PANRB
26 Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal
27 Kementerian Perumahan Rakyat
28 Kementerian Pemuda dan Olahraga
29 Kementerian Sekretariat Negara
Lembaga
30 Arsip Nasional RI (ANRI)
31 Lembaga Administrasi Negara (LAN)
32 Badan Kepegawaian Negara (BKN)
33 Perpustakaan Nasional (PERPUSNAS)
34 Badan Pusat Statistik (BPS)
35 Badan Inteljen Negara (BIN)
36 Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)
37 Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN)
38 Badan Informasi Geospasial (BIG)
39 Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)
40 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
41 Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)
42 Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)
43 Badan Pertanahan Nasional (BPN)
44 Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM)
45 Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)
46 Badan Nasionala Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI)
47 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)
48 Lembaga Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
49 Badan SAR Nasional
50 Badan Narkotika Nasional (BNN)
51 Badan Standarisasi Nasional (BSN)
52 Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN)
53 Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN)
54 Badan Nasional Penanggulangan Terorisme RI (BNPT)
55 Kejaksaan Agung
56 Sekretariat Kabinet
57 Sekretariat Jenderal BPK
58 Sekretariat Jenderal DPR
59 Sekretariat Mahkamah Agung
60 Sekretariat Mahkamah Konstitusi
61 Sekretariat Komisi Yudisial
62 Sekretariat Komisi Nasional HAM
63 Sekretariat KPU
64 Badan Koordinasi Keamanan Laut (BAKORKAMLA)
65 PPATK
No Pemerintah Daerah
1 Provinsi NAD
2 Kab. Gayo Lues
3 Kab. Aceh Barat Daya
4 Kab. Aceh Selatan
5 Kab. Aceh Singkil
6 Kab. Aceh Tamiang
7 Kab. Aceh Tenggara
8 Kab. Pidie Jaya
9 Provinsi Sumatera Utara
10 Kab. Batu Bara
11 Kab. Nias
12 Kab. Nias Barat
13 Kab. Nias Selatan
14 Kab. Nias Utara
15 Kab. Padang Lawas
16 Kab. Padang Lawas Utara
17 Kab. Deli Serdang
18 Kab. Labuhan Batu Utara
19 Kab. Tapanuli Tengah
20 Kab. Tapanuli Utara
21 Kab. Sibolga
22 Provinsi Sumatera Barat
23 Kab. Kepulauan Mentawai
24 Kab. Solok Selatan
25 Kab. Pasaman
26 Kota Padang Panjang
27 Kab. Indragiri Hilir
28 Kab. Kepulauan Meranti
29 Kab. Kuantan Singingi
30 Kab. Pelalawan
31 Kab. Rokan Hilir
32 Kab. Siak
33 Kota Pekanbaru
34 Kab. Batanghari
35 Kab. Kerinci
36 Kab. Sarolangun
37 Kab. Tebo
38 Kota Sungai Penuh
39 Kab. Bungo
40 Kab. Banyuasin
41 Kab. Muara Enim
42 Kab. Musi Banyuasin
43 Kab. Musi Rawas
44 Kab. Ogan Ilir
45 Kab. Ogan Komering Ilir
46 Kab. Ogan Komering Ulu
47 Kota Pagar Alam
48 Kota Prabumulih
49 Kab. Lahat
50 Kab. Ogan Komering Ulu Selatan
51 Kota Lubuk Linggau
52 Provinsi Bangka Belitung
53 Kab. Bangka Barat
54 Kab. Bangka Selatan
55 Kab. Bangka Tengah
56 Kab. Belitung
57 Kab. Belitung Timur
58 Kab. Bangka
59 Provinsi Bengkulu
60 Kab. Bengkulu Tengah
61 Kab. Kepahiang
62 Kab. Lebong
63 Kab. Rejang Lebong
64 Kab. Seluma
65 Provinsi Lampung
66 Kab. Mesuji
67 Kab. Pesisir Barat
68 Kab. Pesawaran
69 Kab. Tanggamus
70 Kab. Way Kanan
71 Kab. Metro
72 Kab. Kep. Anambas
73 Kab. Lingga
74 Kab. Natuna
75 Provinsi DKI Jakarta
76 Kab. Bogor
77 Kota Bandung
78 Kota Depok
79 Kota Bogor
80 Kota Tangerang Selatan
81 Kota Serang
82 Kota Cilegon
83 Kab. Cilacap
84 Kab. Kedal
85 Kab. Kudus
86 Kab. Purblingga
87 Kab. Semarang
88 Kab. Wonosobo
89 Kota Magelang
90 Kota Pekalongan
91 Kota Salatiga
92 Kota Semarang
93 Kota Surakarta
94 Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
95 Kab. Jember
96 Kab. Sidoarjo
97 Kota Mojokerto
98 Kota Mojokerto
99 Kota Surabaya
100 Kab. Mojokerto
101 Kab. Pamekasan
102 Kab. Tuban
103 Kota Blitar
104 Kota Diri
105 Kota Malang
106 Kota Probolinggo
107 Provinsi Kalimantan Tengah
108 Kab. Barito
109 Kab. Katingan
110 Kab. Lamandau
111 Kab. Pulang Pisau
112 Kab. Barito Timur
113 Kab. Kotawaringin Timur
114 Provinsi Kalimantan Barat
115 Kab. Kapuas Hulu
116 Kab. Kayong Utara
117 Kab. Ketapang
118 Kab. Kubu Raya
119 Kab. Landak
120 Kab. Melawai
121 Kab. Sanggau
122 Kab. Sekadau
123 Kab. Sintang
124 Kab. Pontianak
125 Kab. Sambas
126 Kota Pontianak
127 Kota Singkawang
128 Provinsi Kalimantan Selatan
129 Kab. Balangan
130 Kab. Kota Baru
131 Kab. Tabalong
132 Kab. Tanah Bumbu
133 Kab. Tapin
134 Kab. Banjar
135 Kab. Barito Kuala
136 Kab. Hulu Sungai Tengah
137 Kab. Hulu Sungai Utara
138 Kota Banjar Baru
139 Kota Banjarmasin
140 Kab. Bulungan
141 Kab. Kutai Barat
142 Kab. Kutai Timur
143 Kab. Malinau
144 Kab. Nunukan
145 Kab. Paser
146 Kab. Penajam Paser Utara
147 Kab. Tana Tidung
148 Kota Bontang
149 Kab. Bolaang Mongondow Selatan
150 Kab. Bolaang Mongondow Timur
151 Kab. Bolaang Mongondow Utara
152 Kab. Kepulauan Siau Togulandang Biaro
153 Kab. Minahasa Tenggara
154 Kab. Bolaang Mangondow
155 Kota Tomohon
156 Kab. Gorontalo Utara
157 Kab. Pohuwato
158 Provinsi Sulawesi Selatan
159 Kab. Luwu Timur
160 Kab. Bantaeng
161 Kab. Enrekang
162 Kab. Pinrang
163 Kab. Toraja Utara
164 Kota Pare Pare
165 Provinsi Sulawesi Tengah
166 Kab. Tojo Una-Una
167 Kab. Bombana
168 Kab. Buton Utara
169 Kab. Kolaka Utara
170 Kab. Konawe Utara
171 Kab. Wakatobi
172 Provinsi Sulawesi Barat
173 Kab. Jembrana
174 Kab. Karangasem
175 Kota Denpasar
176 Provinsi Nusa Tenggara Barat
177 Kab. Lombok Utara
178 Kab. Sumbawa Barat
179 Provinsi Nusa Tenggara Timur
180 Kab. Mangarai Barat
181 Kab. Manggarai Timur
182 Kab. Sabu Raijua
183 Kab. Sumba Barat
184 Kab. Sumba Barat Daya
185 Kab. Sumba Tengah
186 Kab. Ende
187 Kab. Flores Timur
188 Kab. Manggarai
189 Kab. Nagekeo
190 Kab. Rote Ndao
191 Kab. Sikka
192 Kab. Timor Tengah Utara
193 Provinsi Maluku
194 Kab. Buru Selatan
195 Kab. Maluku Barat Daya
196 Kab. Maluku Tenggara
197 Kota Tual
198 Kab. Maluku Tenggara Barat
199 Kab. Seram Bagian Barat
200 Provinsi Maluku Utara
201 Kab. Halmahera Tengah
202 Kab. Halmahera Timur
203 Kab. Pulau Morotai
204 Kab. Halmahera Barat
205 Kota Ternate
206 Kota Tidore Kepulauan
207 Kab. Asmat
208 Kab. Deiyai
209 Kab. Dogiyai
210 Kab. Intan Jaya
211 Kab. Jayawijaya
212 Kab. Keerom
213 Kab. Lanny Jaya
214 Kab. Memberamo Raya
215 Kab. Mappi
216 Kab. Paniai
217 Kab. Puncak
218 Kab. Puncak Jaya
219 Kab. Tolikara
220 Kab. Yalimo
221 Kab. Biak Numfor
222 Kab. Kepulauan Yapen
223 Provinsi Papua Barat
224 Kab. Fak Fak
225 Kab. Maybrat
226 Kab. Raja Ampat

Baca Juga:

41 Comments

  • Ulil
    May 30, 2013 - 5:29 am | Permalink

    minta file contoh soalnya min….
    Skalian jwabanya

    Email: ulil_barru@yahoo.com

  • biasa
    June 10, 2013 - 8:19 am | Permalink

    kapan gaji 13 cair.

  • Ayuningtyas Rahmawati
    July 21, 2013 - 11:26 pm | Permalink

    Minta contih soal plus jawaban nya, plus trik2 nya ya…

  • putu sari cayani
    July 24, 2013 - 10:42 am | Permalink

    Info cara pendaftaran cpns dunkz, sy br tamat kuliah perawat.makasii:)

  • July 28, 2013 - 7:37 am | Permalink

    thanks infonya !

  • tulus wibisono
    August 14, 2013 - 12:05 pm | Permalink

    :cool:

  • tulus wibisono
    August 14, 2013 - 12:06 pm | Permalink

    usiad3? s1 ?

  • Rio Pradana Akbar
    August 21, 2013 - 10:22 am | Permalink

    tolong lbh di perjelas lagi dong info nya

  • elvisss
    August 24, 2013 - 12:03 am | Permalink

    thkx untuk infonya

  • ika
    August 24, 2013 - 2:36 pm | Permalink

    kpn pendaftaran untuk wilayah bali? kabupaten apa aja? minta soal2 tahun sebelumnya donk? makasi

    • Setagu
      August 25, 2013 - 12:23 pm | Permalink

      Lebih pastinya tunggu tanggal 1 Sept, secara resmi akan diumumkan oleh instansi yg membuka penerimaan CPNS lewat media atau website masing-masing.

  • September 1, 2013 - 6:48 am | Permalink

    persyaratanya apa???

  • Yulia
    September 1, 2013 - 8:34 am | Permalink

    kalo dftar d instansi pendidikan kab pekalongan gmn ya caranya.??
    apa semua pendaftaran menggunakn sistem Online.?

  • September 2, 2013 - 6:52 pm | Permalink

    persyaratannya apa saja? kapan pelaksanaannya?

  • eka
    September 5, 2013 - 6:58 am | Permalink

    kok formasi jabatannya ga ada ya…mohon dinfo kalo mau lihat dimana

  • awas ditupu
    September 6, 2013 - 9:55 am | Permalink

    awas ditipu ya temen2 ,awas ditipu ya temen2, awas ditipu ya temen2, awas ditipu ya temen2, awas ditipu ya temen2, awas ditipu ya temen2, awas ditipu ya temen2, awas ditipu ya temen2, harus lebih bijaksana, harus lebih bijaksana, harus lebih bijaksana, harus lebih bijaksana, harus lebih bijaksana, harus lebih bijaksana, harus lebih bijaksana

  • wiwit lespita sari
    September 21, 2013 - 12:50 pm | Permalink

    persyaratan untuk daerah padang lawas apa saja ya ?

  • acan
    October 20, 2013 - 7:38 am | Permalink

    knp pns beda pensiun umur 56 dan 58

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>