Penentuan Job Grade Tunjangan Kinerja

Post On: 11 September 2012
By:
In: Opini
September 24, 2012

Sebagaimana diketahui Badan Anggaran DPR telah memberikan persetujuan pemberian remunerasi bagi 20 K/L dengan anggaran lebih dari  2,97 Triliun. Perlu dipahami bahwa ada 2 model persetujuan DPR, pertama melalui Komisi terkait dan kedua lewat Badan Anggaran DPR. Perbedaaanya terletak pada pemenuhan kebutuhan anggarannya, bila suatu Kementerian/lembaga memerlukan tambahan pagu untuk tunjangan kinerja atau remunerasi, pagu tersebut perlu mendapat persetujuan Badan Anggaran DPR. Apabila tidak memerlukan tambahan pagu, namun memerlukan realokasi anggaran cukup melalui komisi terkait.

Itulah yang menyebabkan mengapa LIPI, Kemenristek, BATAN bisa lebih dulu mendapat persetujuan DPR, karena hanya realokasi anggaran. Tinggal Kemenpera saja yang belum ada persetujuan DPR. Nah, dengan persetujuan DPR berarti tinggal menunggu Peraturan Presiden keluar. Perpres ini sebagai payung hukum, sebagai dasar untuk mencairkan dana tunjangan kinerja.

Pertanyaan selanjutnya yang sering wira wiri di blog ini: Bagaimana Job Grade-nya ?  Yang pasti tunggu Perpres-nya :) Namun saya coba memberikan sedikit gambaran penentuan job grading tunjangan kinerja.

Jumlah kelas grading remunerasi dibedakan :

  1. Kementerian dan Lembaga Pemerintah Non-kementerian (LPNK) yang pimpinannya setingkat Menteri, job gradingnya paling tinggi kelas 17, dengan 1 jabatan non grade untuk posisi Wakil menteri (jika ada),
  2. LPNK dengan jabatan struktural teringgi: Sekretaiat Utama, Deputi atau Inspektorat Utama, jab grade tertinggi adalah grade 16, dengan 1 jabatan non grading untuk posisi Kepala atau Wakil Kepala.

Penentuan Besaran Tunjangan Kinerja per Grade bagi bagi K/L yang telah melaksanakan reformasi didasarkan pada faktor berikut: Tingkat capaian (persentase) RB, Nilai dan Kelas jabatan, Indeks harga nilai jabatan, Faktor Penyeimbang dan Indeks tunjangan kinerja daerah provinsi

Rumus Tunjangan Kinerja : Tingkat Persentese RB x Nilai Rata2 jabatan x Indeks Harga jabatan x Faktor penyeimbang x Indeks tunjangan kinerja daerah provinsi

Sebenarnya masing-masing K/L sudah melakukan avaluasi jabatan berikut besaran tunjangan per grade-nya yang sudah disetujui. Jadi besaran tersebut tinggal dikalikan dengan persentase tingkat capaian Reformasi Birokrasi di instansi tersebut. Besaran persentase diperoleh dari verifikasi lapangan oleh Tim UPRBN yang sudah pernah saya posting sebelumnya ( Bagian 1 dan Bagian 2)

Tingkat Pencapaian Reformasi Birokrasi
No K/L Persentase
1 ANRI 53%
2 BATAN 53%
3 BKKBN 54%
4 BKN 48%
5 BKPM 56%
6 BNN 45%
7 BNPT 35,7%
8 BNPT 35,7%
9 BPOM 47%
10 BPPT 68%
11 BPS 53%
12 LAN 58%
13 Lemhanas 54,0%
14 Lemsaneg 42%
15 LKPP 70%
16 Perindustrian 56%
17 Pertanian 45%
18 Perumahan Rakyat 41%
19 PPPA 33,9%
20 Ristek 47,0%

Sebagai ilustrasi atau contoh lihat pada Tabel Remunerasi bagi bagi K/L yang sudah menerima tunjangan kinerja. Persentese capaian Polri 24,5 %, TNI 37 %, Kejaksaan dan Kemenkumham sekitar 40 %. Satu-satunya instansi yang tingkat pencapaiannya sudah 100 % hanya Kemenkeu. Silahkan hitung sendiri perkiraan besaran tunjangan kinerja yang diterima.

1,082 comments on “Penentuan Job Grade Tunjangan Kinerja

  1. Klo lihat persentase diatas, 20 Kementrian yg tercantum diatas Tunjangan kinerjanya Beda semua ya bg setagu, LKPP paling besar donk 70% Asyikkk

  2. Rumus Tunjangan kinerja => Tingkat Persentese RB x Nilai Rata2 jabatan x Indeks Harga jabatan x Faktor penyeimbang x Indeks tunjangan kinerja daerah provinsi
    1. Apakah saya boleh tanya perhitungan Indeks harga jabatan itu K/L yang mengajukan atau sudah ditentukan oleh Kemkeu?
    2. Faktor Penyeimbang itu seperti apa perhitungannya

    mohon informasinya ya

        • untuk Gol III klo tidak memiliki jab Fung tertentu dimasukkan ke pejabatFungsional umum Gol III (masuk Grade 5 kalo ga salah), klo punya fungsioal tertentu klo ga salah ingat untuk pertama (grade 8), Muda (grade 9), madya (grade 11) dan Utama (grade 13). itupun klo grade Ka unit kerana grade dibawahnya, pejabat fungsional nilai Gradenya akan diturunkan di bawah grade Ka unit kerjanya

          • di kementerian saya kelas jabatan sudah dihitung sudah di tandatangan Menpan dan BKN namun saya bingung membuat harga jabatannya (indeks harga jabatan itu dari mana ya?, mohon di bantu ya 😀

        • grade berapa ?
          kementannya lokasi mana ?

          kalo’ S2, mungkin grade 9

          Tingkat Persentese RB x Nilai Rata2 jabatan x Indeks Harga jabatan x Faktor penyeimbang x Indeks tunjangan kinerja daerah provinsi

          nilai rata2 jabatan grade 9 = 1478
          index harga jabatan = 6000
          faktor penyeimbang = 1
          TKDP (jakarta) = 1
          % RB = 45 % = 0.45

          1478x6000x1x1x0.45 = 3.990.600
          tapi tahun pertama dikasih 40%
          jadi 3.990.600 x 0.4 = 1.596.240

          itu saya hitungin, tanpa konfirmasi dr om setagu
          saya hitung berdasarkan permenpan no.63 ttg prosedur RB

          semoga bener…heheh

          • besaran grade tidak dihitung dari pendidikannya tetapi dari jabatan disandang PNS yang bersangkutan
            Pejabat Struktural (5 Faktor)
            – FAKTOR 1- RUANG LINGKUP DAN DAMPAK PROGRAM
            – FAKTOR 2- PENGATURAN ORGANISASI
            – FAKTOR 3- WEWENANG PENYELIAAN DAN MANAJERIAL
            – FAKTOR 4- HUBUNGAN PERSONAL
            – FAKTOR 5- KESULITAN DALAM PENGARAHAN PEKERJAAN
            – FAKTOR 6 – KONDISI LAIN
            Pejabat Fungsional (9 Faktor)
            – FAKTOR 1, PENGETAHUAN YANG DIBUTUHKAN JABATAN
            – FAKTOR 2, PENGAWASAN PENYELIA
            – FAKTOR 3, PEDOMAN
            – FAKTOR 4, KOMPLEKSITAS
            – FAKTOR 5, RUANG LINGKUP DAN DAMPAK
            – FAKTOR 6, HUBUNGAN PERSONAL
            – FAKTOR 7, TUJUAN HUBUNGAN
            – FAKTOR 8, PERSYARATAN FISIK
            – FAKTOR 9, LINGKUNGAN PEKERJAAN

          • kalau boleh menyimpulkan, dalam rumus di atas, pemerintah mempertimbangkan biaya hidup tiap provinsi yg berbeda-beda. TKDP itu indeks kemahalan bukan yah ? Kalau benar maka bisa dibuat hingga tk kab/kota.
            Yang belum dipikirkan adalah tipologi satuan kerja sejenis dalam satu instansi namun dalam provinsi yang berbeda. Kasian kan kepala provinsi jatim tk nya sama dengan kepala prov. babel, padahal rentang tgjwbnya berbeda. Sy setuju gradenya tetap sama karena memang jabatannya sama, tapi angka rupiahnya seharusnya berbeda.

  3. Saya coba beri pencerahan y… Rumus Tunjangan kinerja => Tingkat Persentese RB berdasarkan tabel di atas misalnya Mentan 45%.
    Nilai rata-rata jabatan sudah ada pada peraturan menpan dan RB no. 63 tahun 2011 lihat aja di google ada… setelah dapat lihat (halaman 12)… nah untuk kelas jabatan 9 misalnya nilai rata2 jabanya 1478
    Indeks Harga jabatan 6.000,-
    Faktor penyeimbang 1.
    Indeks tunjangan kinerja daerah provinsi untuk DKI itu 1(halaman 13)
    Jadi nilainya adalah:
    0.45 x 1478 x 6.000,- x 1 x 1 = 3.990.600
    wah gede banget ya…. semoga tik mengecewakan rakyat yang sudah menggaji kita… so haruskerja yang bener…

    • kalau lihat realisasi perhitungan diatas kok nggak pas ya! contoh u grade 11 di Kejaksaan dan Hukum – HAM yang sudah jalan di tabel RB tertulis 3.855 jt? padahal rb nya sdh 70 %. Bisa dijelaskan

      • saya sudah googling peraturan kepala BKN no. 20 rumusnya adalah TK = NJ x IDrp (rumus ini berarti TK pada semua kementerian SAMA? karena tidak ada faktor tingkat persentase RBnya)
        jika melihat rumus tersebut berarti hasil yang di dapat tidak sama dengan permenpan RB no. 63 tahun 2011 yang mana rumusnya ada faktor tingkat persentase RB (masing-masing K/L berbeda, sesuai hasil verifikasi dari tim UPRBN)

        Mohon dijelaskan….. saya jadi bingung

  4. kalau untuk D3 fungsional khusus kira2 dapetnya berapa yah>>>ada yang bisa bantuin ngitung,,,aku udah nyari2 nilai jabatannya ga nemu2….makasihhhhh,,, 😀

    • Untuk Referensi (Job Grading di BPPT) 😎
      Kepala BPPT (Non Grade)
      Sekretaris Utama Kelas Jabatan 16 Nilai Jabatan 3920
      Deputi Bidang Kelas Jabatan 16 Nilai Jabatan 3920
      Kepala Pusbindiklat Kelas Jabatan 15 Nilai Jabatan 3525
      Kepala Pusat BPPT Enjiniring Kelas Jabatan 15 Nilai Jabatan 3500
      Ka, Balai Besar / Ka. UPT Es. II Kelas Jabatan 15 Nilai Jabatan 3500
      Direktur Kelas Jabatan 15 Nilai Jabatan 3500
      Ka. Biro Perencanaan Kelas Jabatan 15 Nilai Jabatan 3475
      Ka. Biro SDM&O Kelas Jabatan 15 Nilai Jabatan 3475
      Ka. Biro Umum & Humas Kelas Jabatan 15 Nilai Jabatan 3475
      Kepala PDIS Kelas Jabatan 15 Nilai Jabatan 3475
      Inspektur Kelas Jabatan 15 Nilai Jabatan 3275
      Ka. Biro Keuangan Kelas Jabatan 15 Nilai Jabatan 3165
      Ka. Balai / Ka. UPT Es.III Kelas Jabatan 13 Nilai Jabatan 2605
      Perekayasa Utama Kelas Jabatan 13 Nilai Jabatan 2490
      Peneliti Utama Kelas Jabatan 13 Nilai Jabatan 2490
      Kepala Bagian di lingkungan Balai Besar/UPT Es. II Kelas Jabatan 12 Nilai Jabatan 2255
      Kepala Bagian di lingkungan Setama Kelas Jabatan 12 Nilai Jabatan 2255
      Perekayasa Madya Kelas Jabatan 11 Nilai Jabatan 2060
      Peneliti Madya Kelas Jabatan 11 Nilai Jabatan 2060
      Kepala Balai di bawah UPT Es. II Kelas Jabatan 11 Nilai Jabatan 2000
      Kepala Bidang di lingkungan Balai Besar / UPT Es. II Kelas Jabatan 11 Nilai Jabatan 1955
      Kepala Bidang di lingkungan Pusat Setama Kelas Jabatan 11 Nilai Jabatan 1955
      Perencana Madya Kelas Jabatan 11 Nilai Jabatan 1885
      Widyaiswara Madya Kelas Jabatan 11 Nilai Jabatan 1885
      Auditor Madya Kelas Jabatan 11 Nilai Jabatan 1885
      Kepala Bidang di lingkungan Pusat Kedeputian Kelas Jabatan 10 Nilai Jabatan 1825
      Dokter Gigi Muda Kelas Jabatan 10 Nilai Jabatan 1630
      Widyaiswara Muda Kelas Jabatan 9 Nilai Jabatan 1535
      Ka. Sub Bag Tata Usaha Inspektorat Kelas Jabatan 9 Nilai Jabatan 1455
      Ka. Sub. Bag di lingkungan Balai Besar / UPT Es. II Kelas Jabatan 9 Nilai Jabatan 1430
      Ka. Sub Bag Tata Usaha di lingkungan Balai / UPT Es III Kelas Jabatan 9 Nilai Jabatan 1430
      Ka. Sub. Bag Tertentu Lainnya (Selain TU Perbantuan) di lingkungan Setama Kelas Jabatan 9 Nilai Jabatan 1430
      Dokter Gigi Pertama Kelas Jabatan 9 Nilai Jabatan 1380
      Perekayasa Muda Kelas Jabatan 9 Nilai Jabatan 1370
      Peneliti Muda Kelas Jabatan 9 Nilai Jabatan 1370
      Perencana Muda Kelas Jabatan 9 Nilai Jabatan 1370
      Pengendali Dampak Lingkungan Muda Kelas Jabatan 9 Nilai Jabatan 1370
      Perancang Undang-Undang Muda Kelas Jabatan 9 Nilai Jabatan 1370
      Auditor Muda Kelas Jabatan 9 Nilai Jabatan 1370
      Pranata Humas Muda Kelas Jabatan 9 Nilai Jabatan 1370
      Pranata Komputer Muda Kelas Jabatan 9 Nilai Jabatan 1370
      Analis Kepegawaian Muda Kelas Jabatan 9 Nilai Jabatan 1370
      Pustakawan Muda Kelas Jabatan 9 Nilai Jabatan 1370
      Teknisi Litkayasa Penyelia Kelas Jabatan 8 Nilai Jabatan 1320
      Ka. Sub Bag Tata Usaha di lingkungan Pusbindiklat / PDIS / BPPT Enjiniring Kelas Jabatan 8 Nilai Jabatan 1320
      Ka. Sub. Bag TU Perbantuan di lingkungan Setama Kelas Jabatan 8 Nilai Jabatan 1295
      Ka. Sub. Bid di lingkungan BE / Pusbindiklat / PDIS Kelas Jabatan 8 Nilai Jabatan 1295
      Ka. Sub. Bid di lingkungan Balai Besar / UPT Es. II Kelas Jabatan 8 Nilai Jabatan 1295
      Ka. Seksi di lingkungan Balai Besar / UPT Eselon II Kelas Jabatan 8 Nilai Jabatan 1295
      Ka. Seksi di lingkungan Balai / UPT Eselon III Kelas Jabatan 8 Nilai Jabatan 1295
      Widyaiswara Pertama Kelas Jabatan 8 Nilai Jabatan 1235
      Perekayasa Pertama Kelas Jabatan 8 Nilai Jabatan 1220
      Perencana Pertama Kelas Jabatan 8 Nilai Jabatan 1190
      Pengendali Dampak Lingkungan Pertama Kelas Jabatan 8 Nilai Jabatan 1190
      Perancang Undang-Undang Pertama Kelas Jabatan 8 Nilai Jabatan 1190
      Auditor Pertama Kelas Jabatan 8 Nilai Jabatan 1190
      Pranata Humas Pertama Kelas Jabatan 8 Nilai Jabatan 1190
      Pranata Komputer Pertama Kelas Jabatan 8 Nilai Jabatan 1190
      Analis Kepegawaian Pertama Kelas Jabatan 8 Nilai Jabatan 1190
      Pustakawan Pertama Kelas Jabatan 8 Nilai Jabatan 1190
      Auditor Penyelia Kelas Jabatan 8 Nilai Jabatan 1140
      Pranata Humas Penyelia Kelas Jabatan 8 Nilai Jabatan 1140
      Pranata Komputer Penyelia Kelas Jabatan 8 Nilai Jabatan 1140
      Analis Kepegawaian Penyelia Kelas Jabatan 8 Nilai Jabatan 1140
      Pustakawan Penyelia Kelas Jabatan 8 Nilai Jabatan 1140
      Arsiparis Penyelia Kelas Jabatan 8 Nilai Jabatan 1140
      Teknisi Litkayasa Pelaksana Lanjutan Kelas Jabatan 7 Nilai Jabatan 1020
      Analis Data (Gol IV fungsional umum) Kelas Jabatan 7 Nilai Jabatan 890
      Auditor Pelaksana Lanjutan Kelas Jabatan 7 Nilai Jabatan 890
      Pranata Humas Pelaksana Lanjutan Kelas Jabatan 7 Nilai Jabatan 890
      Pranata Komputer Pelaksana Lanjutan Kelas Jabatan 7 Nilai Jabatan 890
      Analis Kepegawaian Pelaksana Lanjutan Kelas Jabatan 7 Nilai Jabatan 890
      Pustakawan Pelaksana Lanjutan Kelas Jabatan 7 Nilai Jabatan 890
      Arsiparis Pelaksana Lanjutan Kelas Jabatan 7 Nilai Jabatan 890
      Teknisi Litkayasa Pelaksana Kelas Jabatan 6 Nilai Jabatan 820
      Auditor Pelaksana Kelas Jabatan 6 Nilai Jabatan 690
      Pranata Humas Pelaksana Kelas Jabatan 6 Nilai Jabatan 690
      Pranata Komputer Pelaksana Kelas Jabatan 6 Nilai Jabatan 690
      Analis Kepegawaian Pelaksana Kelas Jabatan 6 Nilai Jabatan 690
      Pustakawan Pelaksana Kelas Jabatan 6 Nilai Jabatan 690
      Arsiparis Pelaksana Kelas Jabatan 6 Nilai Jabatan 690
      Teknisi Litkayasa Pemula Kelas Jabatan 5 Nilai Jabatan 570
      Pelaksana Urusan Teknis (Gol III fungsional umum) Kelas Jabatan 5 Nilai Jabatan 490
      Pelaksana Urusan Administrasi (Gol III fungsional umum) Kelas Jabatan 5 Nilai Jabatan 490
      Pembantu Pelaksana urusan Teknis (Gol II fungsional umum) Kelas Jabatan 3 Nilai Jabatan 340
      Pembantu Pelaksana urusan Administrasi (Gol II fungsional umum) Kelas Jabatan 3 Nilai Jabatan 340

  5. Bung Stagu kira2 perpres terbitnya kapan, karena ini menjadi harapan semua PNS yang sudah tercantum di atas terutama saya sendiri, menunggu rapelan BUAT BAYAR HUTANG biar gak semakin menumpuk trima kasih atas pencerahanya

      • Leo@ betul bung leo yang dibilang bung gibran,, bahkan menurut informasi bentar lagi akan naik jadi 70%,,
        mari kita berdoa bersama,,,

        • memang kadang2 apa yang di sampaikan oleh yang diatas sana tidak sesuai dengan kenyataan nya, alasanya, semua butuh proses untuk mencapai nilai 100 %. tapi tetap bersyukur aja moga2 tunjangan remunnya berlanjut hingga priode presiden berikutnya.

    • saya ndak punya mas, kalau di internal yg tahu bagian Reformasi Birokrasi K/L-nya. Bagian tsb yg ngurusin semua dokumen pendukung termasuk besaran tunjangan kinerja.

  6. Bang, katanya saat ini Indonesia defisit anggaran dan defisit perdagangan, walau paruh kedua diperkirakan npi kita naik tetapi apa kira2 ada uang untuk remunerasi ya tahun ini?

  7. setiap instansi kemungkinan akan berbeda gradingnya…jadi lebih baik jangan di itung-itung dulu…harapan udah gede…eh pas dapet ga sesuai harapan…malah bisa stress…perhitungan grading tidak berdasarkan pendidikan,usia,ato golongan,hanya struktural dan fungsional,jika tidak masuk dalam ke dua jabatan tersebut,maka akan masuk di jabatan umum (termasuk para kandidat fungsional)…itu pun yang berlaku di instansi saya…instansi anda mungkin berbeda…setiap grading memiliki bobot nilai yang besaran nya pun berbeda…grading yang sama bisa memiliki bobot yang berbeda…so yang penting cair dulu aja dah…berapa aja besarannya tetep di syukuri…daripada dah siap-siap DP kendaraan baru…eh ga sesuai harapan…jebol dah setorannya 😛

  8. Betul kata “under_miner” kata usah berkhayal yang muluk2 dulu.Yang penting dapat dulu. Kalo merasa kurang berarti harus berkerja lebih baik lagi agar sesuai harapan …

  9. denger2 cairnya bulan november…jgn terlalu berharap tinggi karena setelah mendapat tunjangan kinerja bisa jadi thp kita justru turun (takutnya kuciwa)…

    • Bagi ane kalau sudah ada kata pegawai yang ngurus gaji/keuangan…silahkan chek rekening baru ane happy….kalau sekarang mau Kepres, PP…ingat salah satu LPNK yang gembar gembor Remunerasi sampai sekarang juga belum..hehehe

  10. bergembiralah…Kenaikan Tunjangan Fungsional Peneliti

    Peneliti Utama Rp. 3.250.000
    Peneliti Madya Rp. 2.500.000
    Peneliti Muda Rp. 1.200.000
    Peneliti Pertama Rp. 540.000

    Berlaku mulai Agustus 2012

    dasar : Surat Menteri Keuangan kepada Menteri PAN dan RB no. S-628/MK.02/2012

    selanjutnya remun….kekeeke

  11. Tahapan REMUNERASI :

    Kerja – peningkatan kinerja – peningkatan kreatifitas – evaluasi diri (pantas atau tidak menerima remun) – baru dah perpresnya turun,…

  12. INI BARU KHAYALAN, YG PASTI TUNJANGAN TENAGA PENDIDIK (GURU&DOSEN) LEBIH TINGGI BAYANGKAN SELAIN TUNJ FUNGSIONAL+ TUNJ SERTIFIKASI (SATU BULAN GAJI)+ TUNJ STRUKTURAL BILA RANGKAP KEPALA SEKOLAH (BOLEH DOBEL TUNJANGAN), LEBIH NIKMAT LAGI DOSEN DPT PROYEK PENELITIAN MILYARAN DANANYA DARI APBN DAN NEGARA ASING (URGE DAN HIBAH BERSAING)

  13. Berharaplah setinggi langit asal harus TEBAL IMAN so kalo gak jadi tercapai ya jangan FRUSTASI apalagi gantung diri… yang penting jangan spekulasi… uang belum diterima sudah beli ini itu… sekian deh lo…

    • seperti yang sudah-sudah Perpres biasanya sekitar 2 bulan setelah persetujuan DPR, jadi diperkirakan November terbitnya, moga lebih cepat :)

  14. Betul.. Sebaiknya kita hadapi dengan biasa2 aja dan nikmati hari ini aja jangan banyak rencana dan harapan terlalu besar, bisa berbahaya lho…Coba kalo ternyata Remun batal… bisa kecewa/stres berat. Ya gak Bro?

  15. Saya mau cerita sesuatu yang SANGAT LUCU.

    Di Kemenkumham grade terendahnya adalah grade 2. Ini biasanya untuk Gol IIa. Maaf bukan untuk menjelek-jelekkan.
    Tapi di Kanwil saya (Sumatera), tak ada sama sekali yang menjabat grade 2!!!! Ini yang LUCU!

    Lucunya lagi, semua CPNS Sarjana/ Gol IIIa (belasan orang) mulai grade 3. Padahal menurut SK CPNSnya adalah grade 4.
    Kami berbesar hati (kami anggap amal) dengan grade 3 sudah hampir 2 tahun ini. Tapi, untuk memohon kenaikan Gradenya seakan-akan kami ini Pengemis.

    Lucunya lagi, CPNS Gol. II yang baru masuk (IIa) langsung dapat grade 4 (ini sekitar 50% dari gol II nya).

    Alasanya tdk jelas. Cuma karena mereka anak/keluarga pejabat di Kanwil.
    RUSAK!

    Sorry, hanya menyampaikan kekesalan 😀 .

      • @Intro: Jngn memnacing di air keruh. sy jg insan kumham kbtulan jg cm di grade 3, tp sy bersyukur n sy tau klo di kumham itu penentuan grade ny bukan berdasar pngkat/golongan/pendidikan tp berdasarkan beban kerja. sy jg S1 dngn pngkat 3a. jd syukurilah..”hidup ini indah” 😎

        • @sipir86.
          Saya tidak memancing di air keruh, saya bicara Hak saya (HAM), hak untuk memperoleh keadilan. Koleksi peraturan & perundang2an kepegawaian saya lumayan lengkap lho Pak. Saya juga bicara dasar hukum di SK PNS saya.

    • sedikit penjelasan masalah grade itu tidak dipengaruhi golongan tapi dipengaruhi beban kerja kalo seandainya gol III tapi kerjaannya sama seperti golongan II ya maka gradenya sama begitu juga sebaliknya. oh ya satu lagi kalo cpns biasanya gradenya emang dikurangi satu dari standart grade biasanya.

        • hehehe ngapain beradu argumen mas/mbk? sebaiknya cari jalan keluar bersama, bukan debat kusir yang gak berguna. saya hanya meluruskan aja kalo remunersasi itu tidak berdasarkan golongan tetapi beban kerja, lihat kenyataan dilapangan kebanyakan yg udah remun penentuan gradenya masih pake golongan gak ngelihat beban kerja padahal yang level2 bawah misalnya yang gol 2 atau 3 itu biasanya yang pekerjaanya paling banyak/ sering disuruh2. Oh ya untuk penentuan jabatan gak semata lihat SK loh mas, harus lihat pengalaman, cara dia menyelesaikan masalah bukan karena dia S2 S3. OH ya kalo seandainya emang bener beban kerja saudara lebih berat dari yang gol 2 saya setuju kalo grade anda seharusnya lebih tinggi. memang menurut saya pelaksanaan remunerasi belum berjalan dengan baik masih banyak penentuan grade yang amburadul dan hanya berdasarkan subyektifitas ato kedekatan semata. ya semua tergantung instansi masing2 kalo mau berubah.

    • to Introxxx: Bikin malu aja… kejelekan instansi sendiri diumbar di ranah publik… udah gitu infonya tidak berdasar lagi.. job grade itu tidak berdasarkan pangkat/golongan tapi beban kerja.. baca lagi permenpan RBnya… Sebaiknya Anda legowo saja.. jika sudah tidak sejalan lebih baik keluar barisan..

      • Yang ngga jelas itu, CPNS yang gol IIa langsung dikasih grade 4, karena, ada sekitar 50% dari total gol II yg baru. Logiskah? Para seniornya aja kesal. Coba deh baca lagi dengan seksama.

        • Y TLNG ANDA JABARINNYA YG JELAS GOL IIA DIATAS SEBAGAI APA? KLO SBGAI BENDAHARA PENGELUARAN/OPERATOR SIMAK BMN/SAKPA ATAU KOMANDAN JAGA YA ANDA HRUS LEGOWO EMANG DI PERMENNYA UDH DIATUR MEREKA DI GRADE 4.

          • betul itu, TK bukan lagi melihat dari gol dan pendidikan. Tapi melihat apa yg dikerjakan. Kalo gol II/a tapi disuruh ngerjain pekerjaan tingkat ahli pertama ya sudah selayaknya mendapatkan reward untuk tk ahli pertama.
            Lah kalo golongan IV/a, tapi kerjaannya cuman bengong2x doang ya wajar kalo cuman dikasih grade kecil

            tapi penerapan konsep remunerasi memang sulit untuk diterapkan, terlebih kalau instansi tersebut belum punya hasil analisis beban kerja/ peta kebutuhan

      • revisi bro, bukan beban kerja tapi nilai suatu pekerjaan
        Kalau beban kerja hasil akhirnya formasi pegawai
        Memang sih seringkali banyak orang yang berasumsi bahwa semakin tinggi beban kerja maka semakin tinggi gradenya, padahal belum tentu
        contoh :
        pengarah surat : beban kerja 1000 surat/hari
        analis kepegawaian penyelia : 10 SK/hari
        Beban kerjanya lebih banyak pengarah surat, tapi nilai pekerjaannya tinggian AK penyelia

  16. Betul Sabar. Nanti Perpres Remun -nya keluar pas Launching Ipone 5 di Indonesia. Pas banget kan bagi yang mau langsung beli tu HP … Pan Launching Pas ada Harapan uang cair … 😆

  17. Bang Setagu, dalam penentuan grade, apakah ada perbedaan antara setiap fungsional, misalnya peneliti muda dengan perekayasa muda atau dengan pranata komputer muda, apakah disamakan atau bagaimana ?

    • kebetulan Peneliti Muda, Perekayasa Muda dan Pranata Komputer Muda ditempat kami sama-sama grade 9 dengan bobot nilai 1385, instansi lain mungkin saja berbeda

      • Seluruh jft dalam level yg sama kelas jabatannya sama. Pernah dicontohkan pas sosialisi oleh tim menpan
        …. muda = …. muda
        ….madya = …. madya
        Yang membedakan cuma jobvaluenya saja
        Masalahnya JV gak kepake di tabel remun yang ada di perpres karena variasinya bisa terlalu banyak.

  18. mustinya bang setagu memberikan informasi sejauhmana perpresnya, knp ndak muncul2 apa harus 20kl.bareng .? sampai saat ini bang setagu ndak pernah kasih komen? gmn bang setagu………..

  19. Sekilas INFO REMUNERASI 20K/L TH 2012 :
    DJA sdh mngingatkan memberikan DEAD LINE kpd pihak Kemenpan-RB utk cepat membuat PERPRES REMUN, klo sd 1 Januari 2013 Perpres TDK KELUAR itu artinya Pagu anggaran 2,8Trilyun akan HANGUS! Masalahnya skrg ada di Kementerian Keuangan: Agus Marto/Menku tdk mau menandatangani Perpres jika TMT cairnya REMUN itu Januari 2012 (dia maunya TMT Juli 2012..sdgkan keputusan persetujuan Banggar DPR+Pemerintah medio September 2012 itu menyebutkan TMT remun Januari 2012) hal lain lagi pihak DJA Kemenku mempermasalahkan tidak dicantumkannya JOB GRADE Menteri/Kepala di Kementerian dan Lembaga di dalam dokumen validasi job grade. Ini artinya…wktu yg hnya tinggal 2 bulan lagi jika msalah ini tdk trselesaikan…DEADLINE 1 JANUARI 2013 Pagu remun yang 2,8 Trilyun akan hangus!

    • Agak bingun juga, yang menandatangani perpres itu presiden apa menkeu yah ? Terus kalau sudah diputuskan banggar dan pemerintah memangnya bisa dianulir oleh menkeu ?
      Kalau tmt nya juli artinya setengah dana remun yang 2,8 T itu bakalan hangus juga.
      Menyangkut tidak dicantumkannya jobgrade menteri/kepala ya karena memang dalam penyusunan jobgrade instansi tidak dilakukan penilaian untuk jabatan menteri/kepala karena nilainya sudah dipatok jauh2x hari. Meminjam istilah tim validasi dari BKN, nilainya datang dari langit :)

    • mohon koreksi jika salah…Perpres No 68 Tahun 2005 mengatur tentang tata cara mempersiapkan rancangan peraturan (UU,PP Pengganti UU,PP dan Perpres)…jadi bukan Kemenpan RB yang membuat Perpres…tapi bisa jadi Menpan RB yang menjadi ketua panitia antardepartemen(bisa jadi loh 😛 )klo sampe Januari 2013 tidak cair dan hangus bisa jadi…karena itu pembebanan atas anggaran 2012 bukan 2013,TMT pasti tentunya kita akan tahu ketika Perpres dah keluar…tentang job grade kita bisa baca lagi postingan om setagu di atas “Jumlah kelas grading remunerasi dibedakan :
      Kementerian dan Lembaga Pemerintah Non-kementerian (LPNK) yang pimpinannya setingkat Menteri, job gradingnya paling tinggi kelas 17, dengan 1 jabatan non grade untuk posisi Wakil menteri (jika ada),
      LPNK dengan jabatan struktural teringgi: Sekretaiat Utama, Deputi atau Inspektorat Utama, jab grade tertinggi adalah grade 16, dengan 1 jabatan non grading untuk posisi Kepala atau Wakil Kepala.”

      • PERPRES RB MEMANG DIBUAT DRAFTNYA OLEH KEMENPAN RB..KLO OK PERPRES AKAN LANGSUNG NAIK KE TIM RB NASIONAL (WAPRES YG CEK) DARI SITU DISODORKAN KE PRESIDEN UTK TTD MELALUI SETNEG..GITU LHO..KLO MASALAH TMT REMUN BERES+JOB GRADE MENTERI/KEPALA K-L SMUA BERES..INSYAALLAH AKHIR OKTOBER PERPRES REMUN KELUAR! 😎

  20. walau apapun yang terjadi tetap alhamdulillah yah

    sayhrini hanya bisa berdoa semoga pejabat yang diatas sana hendaknya bisa memikirkan nasib krucuk2 yang di bawah, bukan malah mikir seenak udelnya sendiri

  21. ini mah harus dikasih “shock therapy” thp Menkeu… dalam bentuk “DEMO” ! berdemolah seluruh PNS (yang mayoritas tergabung dlm wadah KORPRI). Berdemo dengan santun mendorong agar sang Menteri secepatnya merealisasikan apa-apa yg sdh menjadi keputusan antara pemerintah dan banggar DPR… karyawan/buruh aja berani demo akbar sampai 3 kali untuk mengkiritik kebijakan pemerintah thd issue tenaga “outsourcing”…jadi sekali lagi… berDEMOlah, ndak usah takut atau gentar….tapi tetap santun…. MERDEKA !

    • PERPRES RB MEMANG DIBUAT DRAFTNYA OLEH KEMENPAN RB..KLO OK PERPRES AKAN LANGSUNG NAIK KE TIM RB NASIONAL (WAPRES YG CEK) DARI SITU DISODORKAN KE PRESIDEN UTK TTD MELALUI SETNEG..GITU LHO..

  22. REmun dimana kau berada, biang birokrat infomu kurang enak di dengar,..wahai orang santun idemu bagus banget,…hahahahaha

  23. percuma aja ribut ribut ngomongin remon,hidup pns gak akan berubah,bisa jdi utangnya tambah banyak,klo remon dah turun,sembako naik 500% apa mau?

    • nah itulah pinternya pemerintah, selama ini kenaikan harga sembako hanya mengikuti kenaikan gaji. Kalo yang dinaikin tunjangan tetep adem ayem.
      Makanya gaji setiap tahun cuman disesuaikan (bukan dinaikkan) dengan laju inflasi. Untuk menaikkan kesejahteraan pns maka yang dinaikan tunjangan non gaji, seperti uang makan, remunerasi, dll

  24. temen-temen di kesatuan brimob pasti seneng banget cos tunjangan keterampilan khusus gegana/pelopor udah bisa di bayarkan lagi per januari 2012 berdasarkan se dirjen perbendaharaan no se-30/pb/2012…..trus tunjangan peneliti kapan…???remun kapan….????

  25. Dari pengalaman yg sudah sudah spt TNI/ POLRI/KL lainya, perpresnya ditandatangani akhir tahun, maka remunerasnya dibayarkan pada januari tahun berikutnya dalam hal ini utk 20 KL dibayar pada th 2013 dg tmt JulI 2012. Harap bersabar, yg jelas tetap cair walaupun harus menunggu 3 bulan mendatang.

  26. jangan sok tauh. YG valid itu bila sudah ada perpresnya. SEDANGKAN Di SETNEG blm ada PERPRES tunjangan kinerja/remunerasi utk 20 K/L, OK? SARAN SY TDK USAH DI TUNGGU2 , YG ADA KESEL HATI, KRN MEMANG DARI DULU PEMERINTAH TDk PEDULI KPD PNS, MENAIKAN GAJIH PEGAWAI HANYA UTK MENGIMBANGI INFLASI, BUKAN UTK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PEGAWAI.

  27. Pisang goreng…pisang goreng…. Ayo siapa lagi yang lapar tapi duit minim seeprti para PNS yang nunggu remun tapi gak jelas, pisang goreng…pisang goreng !!!

  28. Yang jelas PERPRES TERAKHIR sampai saat ini adalah
    PERPRES 76 TAHUN 2012 …
    Enanknya sih PERPRES 77 biar lebih keren, kayak
    Bakmi 77 😀

  29. Rupanya para komentator sdh spt org mabok karena terlalu banyak mengharap dan menghayal akhirnya ngaco, ngelantur ngalor ngidul tdk tentu arah nulis komen semau maunya tanpa dasar, hahaha selamat menggu terusssss mau aja diombang ambing oleh para komentator yg tdk bertanggung jawab, hehehe

  30. Denger-denger PERPRES dikit lagi ditandatangani, lagi nunggu Office Boy beli tinta di Pusat ATK Pasar Pagi. Tintanya habis … :smile:

  31. bkn sedikit lg ditandatangani, tetapi ini sich pulpen presiden sdh diatas kertas yg siap ditanda tangani ketika presiden mulai menggerakan pulpenya, ternyata mata penanya patah, gagal lagi deh…perpres ditanda tangani. Gagal maning gagal maning….tunggu trusss sampai teler! Cape deh…hikhikhik

  32. sodara sodara…. untuk sementara ini saya cuti koment dari sodara-sodara sekalian. sebentar lagi ada kejutan buat saudara2 pns… tunggu ya…

  33. ayo sodara-sodara kita kejar rekor 1000 komen pada artikel ini….. biar lebih jooooossssssss…. (ada yg marah, ada yg sedih, ada yg teriak hore3eeeeeeeee,…..) pisssssss….

  34. INFO LAGI NEH..
    BUAT TEMEN2 YG MASUK PROGRAM REMUN 20 K/L TH. 2012 INI..PASTIKAN BHW ANDA SDH TRIMA SK JOB GRADING (SK YG MNYEBUTKAN BHW NAMA INI PANGKAT INI KELAS JBTANNYA SEGINI UNIT INI GITU LHO!) KLO BELUM ADA..MNTA BIKIN CPET TUH MA BAGIAN SDMNYA..KRN KLO WALAU REMUN TURUN TPI DI INSTANSINYA BLUM TRBIT SK JOB GRADE UTK MSING2 PGAWAI..DIPASTIKAN GA BISA CAIR ITU REMUNNYA! JGN KYA KEMENKUMHAM THN 2010…CAIRNYA 5BULAN KEMUDIAN STELAH PERPRES TURUN

  35. Temen-temenku di 20 K/L..selamat ya.
    Perpresnya udah siap tuh,..
    Bulan depan mudah2an cair…
    Jangan lupa bayar zakat ya..

  36. Pak pres..tolong sahkan perpresnya pak..
    aku disini adalah hanya seorang PNS biasa.

    setelah dipotong hutang2 ku untuk memenuhi keperluan rumah tanggaku, kami hidup hanya dengan sisa gaji 500 rb saja.
    Memang semua pas-pasan..

    tapi untuk dana kesehatan kami tdk bisa memaksimalkannya, sekarang istriku sakit… kami hanya bisa diam saja dengan mengandalkan antibodi tubuh kami dn obat2an warung.

    tolong pak pres..
    aku bisa dikatakan tergolong PNS cukup loyal, sampai-sampai perjalanan dinaspun jarang aku dapatkan, karena jika aku pergi perjalanan dinas, tidak ada yg menyelesaikan peerjaan kantor yg menjadi tgung jwbku..

    Kalo’ memang tidak cair.. aku hanya berharap pada Sang pemberi rezeki..

    .. setitik ungkapan kejujuran PNS..

  37. saudara saudara, kami sangat mengerti anda sekalian sedang berharap harap cemas akan kejelasan remunerasi 20 kl 2012.. tapi percayalah kami selaku pengurus remun telah bekerja semaksimal mungkin untuk mewujudkannya.
    di forum ini saya ingin informasikan bahwa perpress tk bagi 20 kl sudah terbit. tapi karena suatu dan lain hal tidak dipublikasikan.
    saat ini sedang proses untuk finalisasi pencairan. mudah-mudahan tanggal 17 nopember 2012 kabar baik itu datang.

  38. nih saya lg liburan sama bang setagu, udah saya tanyain nasib remun, ktnya tunggu aja bentar lg kan november, tinggal 4 hari kan???? Jadi sabar ya bpk2 ibu2 kakak2 dan adik2 semua.

  39. wkwkwkw…tambah kacau aja yang komen…wkwkwk…cukup menghibur ati dengan baca komen di atas…lanjut gan…!!!!!!!!!!!!

  40. INFO TERKINI REMUN 20 K/L THN 2012
    KEMENTERIAN KEUANGAN TELAH MENGELUARKAN SRT IJIN PRINSIP TTG PERSETUJUAN REMUN UTK 20 K/L KPD KEMENTERIAN PAN&RB TMT JANUARI 2012 BO!
    ALHMDLH BANGEUD! 😆
    PROGRES SLANJUTNYA DARI SRT PRSETUJUAN PRINSIP KEMENKU..KEMENPAN AKAN MENGIRIMKAN DRAFT PERPRES REMUN KE PRESIDEN DGN LAMPIRAN SRT IJIN PRINSIP TRSBUT..
    SO SABAR YA BRO PERPRESNYA INSYAALLAH AWAL NOVEMBER INI…AAMIIIN!
    SIAP…SIAAAAAP!

  41. Remun tak Remun Saya berharap Indonesia bisa makmur sentosa, jangan hanya pejabat saja yang sejahtera, masyarakatnya juga harus sejahtera

  42. Ketika proses akhir reformasi birokrasi di K/L sudah disetujui tim, berarti rancangan Perpres tentang tunjangan kinerja per K/L juga sudah dibuat. Dalam prosesnya penandatanganan Perpres tidak serta merta dilakukan, ada prosedur yang harus dilalui. SOP di Setkab sendiri, alur per berkas memerlukan waktu minimal 9 hari untuk sampai di meja pimpinan (termasuk koreksi). Kemenkumham dan Kejaksaan tanggal 18 Mei 2011 disetujui DPR, ada jeda 2 bulan sampai dikeluarkan Perpres tanggal 12 Juli 2011. Apalagi ini ada 20 K/L yang musti diproses.

    Selain itu Perpres akan sah jika sudah dicatatkan dalam lembaran negara. Sampai saat ini Perpres terakhir no. 81 ttg biaya haji, Perpres soal tunjangan kinerja belum ada.
    Semua masih pada masih pada track-nya, tidak ada yang aneh, masalahnya cuma kita kurang sabar saja, tunggu bulan November ini.
    Salam semuanya..

      • Akhirnya suhu turun gunung juga 😛
        Yang ini yang dapat dipercaya….
        ON THE TRACK….
        SIPPP……
        Lainnya OMDO hehehe…… 😆

    • om setagu maaf koreksi…di sipuu.setkab.go.id Perpres terakhir NOMOR 82 TAHUN 2012 TENTANG PENGESAHAN PERSETUJUAN ANTARA PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA DAN PEMERINTAH REPUBLIK KYRGYZSTAN MENGENAI PEMBEBASAN VISA BAGI PEMEGANG PASPOR DIPLOMATIK DAN DINAS

      kalo tentang biaya haji itu Perpres NOMOR 67 TAHUN 2012 TENTANG BIAYA PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI TAHUN 1433H/2012M

      maaf om kalo salah… 😀

  43. Terimakasih, pak setagu atas komentarnya, itulah yang di tunggu komen dari bapak, karena saudara-saudara yang memberikan komen melihat bapak akhir-akhir ini tidak memnerikan komentar atas opini yang berkembang, karena di web setneg sama sekali tidak ada update mengenai pp yang uptodate. Mohon sekiranya bapak bisa selalu memberikan informasi yang uptodate. Terimakasih, salam remun.

  44. setuju dan salut buat @aku cinta indonesia, yang penting Indonesia sejahtera ada atau tidak ada remun. kita PNS adalah abdi negara yang telah bersumpah untuk bekerja semaksimal mungkin melayani masyarakat, mengelola negara demi tercapainya tujuan proklamasi mencapai Indonesia adil makmur sejahtera…

  45. sepertinya tembusan surat persetujuan prinsip kemenkeu sudah diterima oleh masing-masing KL.
    Soalnya sekretaris biro gw tadi udah ngeliat barangnya, cuman masih ditenteng-tenteng ama karo. Sayangnya yg diliat cuman tabel besaran tunjangannya doang, bukan TMTnya.
    Untuk temen2x yg di unit kepegawaian, anggaran, atau keuangan, coba cari informasi di unit masing2x. Mudah2xan udah terima juga

  46. kalo tabel tunjangannya mah udah ada brooooo…dari setelah DPR ngesahin…cuma tinggal realisasinya aja….arrghhtt tolong Pemerintah Komitmennya donx….

    saking lemahnya pemerintah ampe buruh2 berani demo minta gaji 3 juta…buset dah PNS Golongan 3A aja gajinya cuma 2 juta….kalo pmerintahannya komit n tegas maana ada rakyat yang njebros kaya gini, pasti ni negara aman n damai…

    PNS pusat itu ga dapat tunjangan Pak Presiden, cuma dapet gaji pokok, tunjnagan beras 180 rebu, ama uang makan doang..udah itu tokk!!!!!! beda ama PNSD yang punya tunjangan daerah, berjuta2 aje gile…namanya aja PNS pusat kesejahteraan NOL, MeDIA2 pada Lebai disangkanya pada sejahtera kali PNS….

    Kami selalu nunggu kabar remunnya ni Om Setagu….

    • sabar jeng 😳
      daripada mikirin pemerintah yang ga jelas, baik kita mikirin kerjaan kita aja, sudahkah kita benar2 kerja yang benar ataukah kita hanya “makan gaji buta” seperti orang bilang.

      berapa banyak waktu kerja anda digunakan untuk ber-fesbukan ria????

  47. infonya dari mana om roy… dari sumber terpercaya ga tuh… jangan-jangan dari WTS lagi…
    WTS = Wartawan Tanpa Suratkabar 😛 😛 😛

  48. BETUL ITU KATA ADHIEW BHW SRT IJIN PRINSIP DARI MENKU SDH KLUAR UTK 20 K/L! SY SDH BACA N LIAT SNDIRI…NOMOR SRTNYA : MRT.257/MK/2012
    ISINYA MENYIRATKAN BHW TK ITU DIHITUNG TMT JANUARI 2012. (JADI RAPEL LHO BRO 13X TUH! 😀 )
    PERPRESNYA SUDAH DIBUATKAN OLEH KEMENPAN.
    PERPRES AKAN DIKELUARKAN MASING2 UTK 20 K/L.
    PERPRES PERTAMA AKAN KELUAR DGN NOMOR 71 TAHUN 2012

  49. biang birokrat : thx atas infonya
    buat yg terlibat nyusun penugasan jabatan di masing2x instansi, siap-siap begadang. Temen gw yang kebagian bikin databasenya aja sampe muntah2x.
    Bayangkan, kalo dihitung dari januari 2012, berarti yg sudah wafat di th 2012 kudu ‘dihidupkan kembali’. Gimana ngasih rapelnya yah ? dipanggil apa dianterin ????

  50. biang birokrat makin memperkeruh suasana aja ni… itu bukan penomoran menkeu. jelas salah. saya bukan pegawai kemenkeu tapi faham pola penomoran surat dinas di kemenkeu. MRT.257/MK/2012 jelas bukan pola penomoran kemenkeu

  51. REVISI AND RALAT YA BRO “ORANG LUAR” SAMA “UNDER MINER”..
    a. utk ORANG LUAR…SORY ANE MMG GA LIAT JELAS NOMOR SURAT DARI MENKUNYA..YG JELAS ITU SURAT NOMORNYA 257 DAN TERTANGGAL 24 OKTOBER DITUJUKAN KE KEMENPAN & RB ISINYA “IJIN PRINSIP PERSETUJUAN ANGGARAN UTK TK 20 K/L” GITU LHO..
    b. utk UNDER MINER…MAAF INI SIH CUMA MENDUGA NO. PERPRES YANG DI http://www.setneg.go.id tpi trnyata Perpres sdh diangka 82 ya? Sori deh..BTW ANE ABIS KORDINASI DGN KEDEPUTIAN SDM APARATUR DI MENPAN HARI INI DAN MEMBAHAS DRAFT PERPRES INSTANSI ANE DOANG…YG LAEN PADA BERGERAK GAK? YG PASTI PJABAT DI KEDEPUTIAN SDM RABU PAGI INI MAU RAPAT DGN SEKRETARIS KABINET UTK PROSES PERPRES INSTANSI ANE…MUDAH2AN MINGGU KE2 NOV SDH DI TTD PRESIDEN…

  52. biang kerok …. hehehehehehe bisa aja.. masuk angin ya mikirin remun yang nggak apis pikir

    buat BIANG BIROKRAT = don’t angry birds…..

  53. Babe gue kok kagak nongol lage ye…., udah males ngasih komen ya … behhh…, Buat semuanya PARA PNS PENUNGGU REMUN, saya hanya mengingatkan kalo besok sudah memasuki bulan november, maka bersiap-siaplah ….. dan waspadalah akan musim penghujan …. yang dapat menyebabkan banjir …..

  54. @Setagu:Kemenkumham dan Kejaksaan tanggal 18 Mei 2011 disetujui DPR, ada jeda 2 bulan sampai dikeluarkan Perpres tanggal 12 Juli 2011. Kalo satu K/L aja 2 bulan , brarti kalo 20 K/l brapa ya .

  55. Perpres 81 ga ada…langsung 82…sekarang dah ada perpres 84…yang 83 ga ada…pada ngilang gitu ya…???kayaknya remun juga ngilang juga nih…kekekke 👿

  56. emberrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr …………

  57. @biang birokrat: gimana bung hasil rapatnya dgn sekretaris kabinet utk penyusunan draft perpres instansi anda????

  58. kalo kementerian ane dah rapat tanggal 23 Oktober 2012. memang betul kata biang birokrat surat persetujuan prinsip menkeu sudah ada juga di kementerian ane. TMT per 1 Januari 2012. Informasi tidak resmi menyebutkan pembayaran akan dilakukan bertahap mulai nopember hingga desember 2012. ngomong-ngomong Biang birokrat dari Kemenperin ya…

  59. klo posting sebelumnya dari om Setagu, ke 20 tu :
    1. BPPT
    2. LKPP
    3. BKN
    4. BKPM
    5. Kementerian Pertanian
    6. Lemhanas
    7. LAN
    8. Kemenristek
    9. Kementerian Perindustrian
    10. BATAN
    11. BPOM
    12. BPS
    13. BNPT
    14. ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia)
    15. BKKBN
    16. LESANEG
    17. LSN
    18. LIPI
    19. Kementerian Pemberdayaan Perempuan
    20. Kementerian Perumahan Rakyat.

    cuma Kemenpera harus rapat lagi dengan Komisi V

    klo posting di atas, BNPT no 7 dan 8, trus LIPI ga ada

    mana yang bener…???

    tunggu aja Perpresnya 😀

    • Prestasi yang kayak gimana lagi,…namanya uda lolos penilaian bukane sudah berprestasi,..ya itu mah prestasi pns,..apa kudu menjuarai olimpiade baru dikatakan prestasi,..wkwkwkwkwkwk

  60. terserah mau komen apa semua…yang pasti smpe saat ini gue masih gentayangan..hehee…menghantui loe-loe pada sampe loe mimpi basah…hahahaaaaa 👿 👿

  61. nyantae saodara sedulur semua,..bapak SBY abis dapet penghargaan dari Ratu inggris raya,..so pulang ke Indonesia dengan bahagia dan tersenyum lebar,,…sehingga segera menandatangani perpres tunjangan kinerja,…ahahhahahahahahhaha

  62. @Buruh: Panstasnya pertanyaan itu ditujukan kpd anda sendiri, dan memang anda seoranglah yg sangat tdk layak mendapat remunerasi. Lebih baik org spt anda pensiun saja, berhenti jadi PNS.

  63. Wuedan weling kuabeh.
    Remunerasi terus yang dipikirin..
    Kerja di kantor cuma internetan, yg dipikir remunerasi.. ❓
    Introspeksi dong..!!

    Weling, weling kuabeh.. 👿

  64. Di rumah internetan, di jalan internetan… di kantor internetan … nah … gmna kerjaannya … cuma pindah tempat buat nginternet aje …..

    • sekarang tuh jamamnya internet, bisa bekerja kapanpun dimanapun. lha saya sebagai programmer, ya hammpir tiap hari berkutat dengan yang namanya internet. jadi semua sudah punya job masing-masing.

  65. @Pejabat Eselon dan Buruh sama aja, setali 3 uang, maling teriak maling. Kalian berdualah yg hrs selalu introspeksi diri, dan yg sesungguhnya kalian berdualah yg masuk dlm lingkaran setan, maka sangat tdk layak sekali kalau kalian menerima remunerasi karena kalian berdua adalah manusia manusia penjilat menggunakan gaya katak utk menyinkirkan teman sejawatnya.

  66. SAYA TIDAK BUTUH TUNJANGAN KINERJA-TUNJANGAN KINERJA-AN KARENA AKAN MEMBERATKAN KEUANGAN NEGARA……SAYA CUMA PENGEN GAJI SAYA SAMA DENGAN GAJI ANGGOTA DPR…TITIK……

  67. @BIANG BIROKRAT,BIANG KEROK , BIANG KEROKAN, PNS, PNS IDEALIS, PNS WARAS, PNS EDAN, BURUH!,PNS NYAMBI JUALAN, PNS BAWAHAN, dan semuanya. …… Diharap bersabar sebentar lagi akan segera diumumkan apa yang saudara tunggu tunggu. …….. Saudar a tidak usah saling, mencaci maki, saling mencela yang menjadikan saling emosi. Jadikan forum ini untuk forum silaturahmi dan saling berbagi informasi serta forum diskusi yang bermanfaat. Forum ini bisa dikatakan show of windows dari beberapa Pegawai di Negeri ini Indonesia yang bisa diakses oleh dunia. Jadi mohon untuk bisa mengendalikan diri saudara saudara sekalian sekali lagi bersabarlah rezeki, jodoh dan mati ada di tangan Tuhan Yang Maha Esa. Manusia hanya bisa berharap dan berdoa dan dijalani dengan usaha. Saya ucapkan selamat terlebih dahulu kepada saaudara saudara semua bagi para PNS di lingkungan 20 K/L. TERIMAKASIH.

  68. papa kemana aja gak pulang pulang… rupa2nya maen disini toh sama syahrini… awasss ya kalo pulang nanti . . . 😈 👿 👿 👿

  69. Denger2 kalau jabatan fungsional Dosen gak masuk remunerasi ya?sebab sudah ada sertifikasi dosen , betul gak sih???? ❓

  70. Benar, untuk dosen/guru yang sudah memperoleh tunjangan sertifikasi tidak lagi memperoleh tunjangan kinerja….sedangkan yang belum dapat tunjangan sertifikasi untuk sementara masih menerima remunerasi sampai tunjangan sertifikasinya cair…..

  71. Sabar bos, kemarin dpt bocoran dr atasanku, suratnya sudah di meja presiden tinggal nunggu di tandatangan oleh beliau. kalau tidak ada halangan, hari rabu ini ditandatangani, karena hari selasa Bpk Presiden baru nyampe di tanah air tercinta ini.

  72. hari minggu malas memantau perkembangan karena tabel perpres di sipuu.setkab pasti tidak bergerak karena libur. begitu juga yg koment di setagu pasti belum ada info yg signifikan. makanya sepi..

  73. bapaku mana ya kok kagak muncul lagi …. , pak … katanya kalo remunerasinya turun mau belii moge baru …. jangan lupa janjinya loh ….

  74. Pak, aku tidak boleh uts karna belum bayar uang semester dan ujian juga belum bayar studio, padahal bapak sdh dapat tunki walau hanya 1 juta.

  75. Sabar nak, nanti kalau tunkinya udah naik, kalau tunkinya cuma 1 juta mana cukup untuk bayar cicilan rumah BTN aja habis, belum untuk ongkos kamu kuliah dan untuk makan sehari hari aja ga cukup kebutuhan pokok makin mahal, kalau tunkinya ga naik naik kamu berhenti aja.

  76. Oh nasibku tak bisa melanjutkan kuliah karna tak ada biaya, wahai para pejabat di pemerintah pusat tolonglah kami dan orang tua kami yang hidupnya makin terpuruk, bagaimana nasib kami yang tak bisa melanjutkan kuliah.

  77. Wahai Bapak Presiden, Bapak2 Mentri dan Bapak2 DPR tolonglah perhatikan nasib bapak saya sebagai Prajurit dan PNS berpangkat rendah, Tunki yang diterima masih terlalu kecil besarnya 33 persen, jadi saya mohon dengan sangat dinaikan menjadi 100 persen secepatnya.

    • Bapaknya ada dua ya mas… yang satu prajurit yang satu PNS.. beruntunglah Anda… ada dua penghasilan.. 😛 😛 😛 😛

  78. wahai mhs, anda dimanfaatkan tenaga oleh dosen mengerjakan proyek penelitian dosen dg dana milyaran, sedangkan dosen dpt tunj fungsional, tunjangan sertifikasi,

  79. tenang az,bapak/ibu, semuanya udh setuju tinggal nunggu cairnya dipastikan bln ini atau paling lambat desember. jgn ijon dl ya?

  80. tenang az,bapak/ibu, semuanya udh setuju tinggal nunggu cairnya dipastikan bln ini atau paling lambat desember. jgn ijon dl ya? :mrgreen:

  81. iya betul anda tdk salah masalah persetujuan pembayaran tunjangan kinerja, tapi pada daftar 19 K/L yg menerima remunerasi pd th 2012, nama KEMTAN (KEMENTERIAN PERTANIAN) TDK ADA DALAM DAFTAR.

  82. kok pada berpolemik antara ada dan tiada sih …… Bikin tambah stres tau ….. Mendingan mari kita semua berdoa …… Ini adalah salah satu bentuk ujian kesabaran, pasrah aja sama ALLAH, sambil nunggu berita yg up to date dari bang setagu okayyy

  83. PNS WARAS : tabel nya dapat dari mana tuh…???berita dari setkab.go.id ma menpan.go.id ga disebutin tuh 19 K/L tu mana aja…???posting om setagu sebelumnya kalo Kemtan dah dapet Surat Men PAN dan RB No: B/2808/M.PANRB/ 11/2011 Tanggal 21 Nop 2011 perihal Penetapan usulan tunjangan kinerja, Tingkat Pencapaian Reformasi Birokrasi Kemtan 45%

  84. instansi saya sudah dapat surat edaran MENPAN n Menkeu tntang pencairan remunerasi, informasi dari sekretaris badan masing2 provinsi, rapel pencairan sementara katanya sampai Oktober 2012, alhamdulilaahhhhh………..

  85. DAFTAR 19 K/L PENERIMA REMUNERASI TH 2012 TDK DIUMUMKAN KPD PUBLIK, TAPI DIBERITAKAN KEPADA PARA PEJABAT ESELON 1 MASING~MASING K/L. SILAHKAN TELUSURI KESANA, PALING TDK KPD SEKRETARIS/SEKJEN MASING~MASING K/L.

  86. Baru dapat Copian Surat Resminya ni tmn2 Nomor : SR-275/MK.02/2012 perihal Persetujuan Pemberian tunjangan kinerja Bagi Pegawai di 20 K/L, isinya tentang persetujuan pencairan , rapel dari tanggal 1 Januari 2012……..

    INI VALID Dengan Nama Allah saya mengucapkan terimakasihhhhhh

  87. wah kelamaan gelar tiker nih, pesenan kopi dari bung pelayan ga dateng2, ambil bantal n guling aja deh….ngimpi’ ztztztztztztztzt…..

  88. info di lingkup ane..TK akan di bayarkan 1 bulan dulu untuk bulan november…sedangkan untuk januari-oktober akan di bayar kan bulan desember..itu info yg di dapat dari kementerian ane..

  89. Perpres aja lom keluar ko dah pada tau tanggal tu cairnya ya…??? 😛
    dasar pencairan tentu ada Perpres dulu
    belum juknis dari Perbendaharaan ato KPPN
    semudah itukah sekarang birokrasi…???
    ga perlu hal-hal di atas…???
    bener-bener Reformasi namanya 😀

    • reformasi birokrasi kan membuat birokrasi lebih cepat mudah dan praktis, kalo sudah ada uangnya yaudah cepet2 bagi rata aja.
      itu hanya pendapat syahrini aja loh bang :mrgreen:

  90. Under_miner : sudah diberi tau, msh saja tdk percaya, bhw nama kemtan tdk ada dalam daftar penerima remunerasi th 2012, makanya tinggal 19 K/L.

    • saya kopiin posting mba/bu Lia “Baru dapat Copian Surat Resminya ni tmn2 Nomor : SR-275/MK.02/2012 perihal Persetujuan Pemberian tunjangan kinerja Bagi Pegawai di 20 K/L, isinya tentang persetujuan pencairan , rapel dari tanggal 1 Januari 2012……”

      maksud saya di atas tertulis “Pemberian tunjangan kinerja Bagi Pegawai di 20 K/L”
      sesuai surat di atas tentu nya…

      tapi berita yang ada 19…

      apakah di surat tsb (klo yang dah liat) tertulis ato disebutkan nama K/L nya..???

      klo saya sih lom liat 😀

  91. wahai para pegawai kemtan; jangan percaya apa yang dikatakan PNS WARAS. informasinya 100% salah… saya bisa buktikan itu. tetap pada komitmen reformasi birokrasi; layani petani dan masyarakat pertanian dengan sebaik-baiknya, jauhi pungli, tingkatkan intergritas dan profesionalisme. Rezeki sudah diatur oleh Allah SWT, tidak akan tertukar. Hidup Kementerian Pertanian.

      • wahai temen PNS, saya hargai sikap anda yang perhatian terhadap teman anda. tetapi kalo baru mendengar “katanya” sebaiknya tidak usah diumbar ke publik dulu. Anda tidak tahu yang sebenarnya khan… semoga Anda diampuni Allah..

  92. di instansi saya beritanya akan segera cairrr, bulan 11 karena tutup anggaran semua instasi tgl 7 desember, jd semua anggaran sudah harus diajukan ke Kppn sebelum tglg 7 mudah mudahan bulan november bulan baik bagi 20 KL.

  93. bapakku mana nih boong lagi. ………, uang remunnya malah buat poya poya katanya mau beliin motor…. gmna sih.

  94. Dalam surat disebutkan instansi berikut yang akan disetujui untuk segera dicairkan :

    BPPT, LAN, Kemenristek, Kemenperin, BATAN, Badan POM, BKN, BKPM, BPS, LKPP, Kementrian Pertanian, BNPT, ANRI, BKKBN, Kementrian Pemberdayaan Perempuan n Perlindungan anak, Lembaga Sandi Negara, BNN, LEMHANAS, LIPI, Kementrian Perumahan Rakyat

  95. maaf ga ada kata “akan”…tapi K/L yang dimaksud itu DISETUJUI pencairan Tunjangan Kinerja tahun 2012 per 1 Januari 2012 dengan besaran tergantung masing2 K/L, lampiran besaran tunjangan pun ada…K/L saya grade 1 ampe 17

  96. under_miner, percayalah kpd sy, bhw nama kemtan tdk ada dlm daftar penerima remunerasi th 2012, tetapi tetap mendpt tunjangan tetapi namanya bukan tunjangan remunerasi, krn dana nya sdh tersedia namun jumlah uang yg diterima tdk sebesar yg mendpt remunerasi. Jangan percaya kpd org luar, dia hanya tau sedikit i tapi sombongnya bukan kepalang melebihi menteri.

    • posting mba/bu Lia ”

      Dalam surat disebutkan instansi berikut yang akan disetujui untuk segera dicairkan :

      BPPT, LAN, Kemenristek, Kemenperin, BATAN, Badan POM, BKN, BKPM, BPS, LKPP, Kementrian Pertanian, BNPT, ANRI, BKKBN, Kementrian Pemberdayaan Perempuan n Perlindungan anak, Lembaga Sandi Negara, BNN, LEMHANAS, LIPI, Kementrian Perumahan Rakyat”

      saya mah tunggu Perpres nya aja ah… 😀

  97. Gambaran lain: (mengenai kenaikan tunjangan fungsional peneliti)

    Surat Menkeu ke Menpan RB tgl 29 Agustus 2012, No: S-618/MK.02/2012 tentang persetujuan prinsip penyesuaian tunjangan jabatan fungsional peneliti.

    Yang kata Pak SBY sdh siap ditandatangani Perpresnya (disampaikan saat hekteknas tgl 30 Agustus 2012), sampai saat ini belum keluar tuh Prespesnya. Gimana dengan remunerasi yg baru keluar persetujuan Menkeu tgl 24 Oktober 2012 ya? kapan keluar Perpresnya yaaa??? ❓

  98. Informasi valid dari bapak saya. Remunerasi untk tahun ini diundur tahun depan. Karena anggaran tahun ini

    sudah harus tutup buku..

  99. kayanya PNS WARAS sentimen banget sama Kemtan… jangan-jangan dia adalah salah seorang pegawai KEMTAN yang dipecat tidak dengan hormat karena melakukan penipuan pengadaan CPNS…

  100. sama mas leo, tempatku sama senin tgl 12. Ayo 1 komen lagi dah 500 komen. Sudah setengah langkah menuju 1000 komen

  101. Para istri2 mari kita pantau pendapatan suami diluar gaji,ternyata ada remun yg sebentar lg mau caiiirr,itu juga hak kita, jangan sampai duit remunnya buat nyari istri baru, mudah2an dgn adanya remun tdk membuat lupa daratan para penerima remun ….. Amiinnn

  102. paahhh, nanti kalo remunnya cair istrimu tersayang ini belikan cincin berlian yg segede gentong ya ……hhhmmm ….. Biar cetaaarrr membahana ………xixixixi ….

  103. Biar diskusinya fokus ke remunerasi, mau nanya ah sama Lia :
    Kalau di surat no. SR-275/MK.02/2012, di lampirannya, untuk kelas jabatan 8, 9, dan 10, nilai jabatannya berapa ya?
    Boleh nanya gak, lia dari LPNK bukan ya?

    • maaf yang ditanyain bobot nilai atau rupiahnya…???klo bobot nilai untuk fungsional dan struktural dengan kelas yang sama bisa jadi bobotnya berbeda, bahkan di kelas yang sama, namun berbeda tingkatan fungsional seperti auditor penyelia dan auditor ahli pertama kelas jabatan sama 8 tapi bobot nilainya berbeda yaitu 1205 dan 1280…kelas jabatan 10 di saya ga ada,jadi dari 9 langsung 11

      maaf ini di instansi saya…bisa jadi instansi anda berbeda 😀

  104. Surat Kemenkeu : SR- 275/MK.02/2012

    Instansi saya LPNK

    Grade
    Kepala : Rp.19.360.000
    16 : Rp.14.131.000
    15 : Rp.10.315.000
    14 : Rp.7.259.000
    13 : Rp.6.023.000
    12 : Rp.4.619.000
    11 : Rp.3.855.000
    10 : Rp.3.352.000
    9 : Rp.2.915.000
    8 : Rp.2.353.000
    7 : Rp.2.304.000
    6 : Rp.2.095.000
    5 : Rp.1.904.000
    4 : Rp.1.814.000
    3 : Rp.1.727.000
    2 : Rp.1.645.000
    1 : Rp.1.563.000

  105. tabel yg diposting aktifis remun itu baru 40%nya, sebagaimana yg sudah ditrima K/L lain utk tahap pertama besarannya ya spt yg tertera dlm tabel tsb. tinggal kita ada di grade brp, gtu…

    • iya betul gan, saya udh liat tabel” instansi lain yg sdh remun, jd kurang lebih ya nominalnya hampir sama semuanya, tinggal tergantung posisi kita aja ada di grade brp

  106. lengkapnya yang di kementerian seperti ini:
    Grade Nilai
    17 19.360.000
    16 14.131.000
    15 10.315.000
    14 7.529.000
    13 6.023.000
    12 4.819.000
    11 3.855.000
    10 3.352.000
    9 2.915.000
    8 2.535.000
    7 2.304.000
    6 2.095.000
    5 1.904.000
    4 1.814.000
    3 1.727.000
    2 1.645.000
    1 1.563.000

    • Ini mah grade yang 40%, BPKP…aturan lama dengan indeks RB 40% sekarangkan berdasarkan capaian birokrasi kementrian/lembaga..

    • Njik, aku tuch sudah baca suratnya sendiri, dengan mata sendiri! Ane sangat beharap, km jangan asal bacot,trimakasih. Dalam surat Menteri Keuangan perihal –Persetujuan Prinsip Pemberian Tunjangan Kinerja– yang ditujukan kepada Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara masih tercantum 20 K/L. Semoga tidak semua orang percaya atas berita yang ditulis si tukang wartawan. Percayalah hanya kepada fakta. Trims

  107. Selamat pagi semuanya….
    kok sepi ya pagi ini
    Ayo kita lanjutkan diskusinya.
    Saya coba sedikit datakan instansi teman2 yang komen belakangan ini:

    BPPT: Lia, Ranto, Adi
    LIPI: Under_Miner, PNS Biasa, aktipis
    LPNK Lainnya : Aktivis Remun
    KEMTAN : orang luar

    sorry kalau salah…he….

  108. 17 25.360.000
    16 19.131.000
    15 16.315.000
    14 9.529.000
    13 8.023.000
    12 5.819.000
    11 5.855.000
    10 5.352.000
    9 4.915.000
    8 4.535.000
    7 3.504.000
    6 2.595.000
    5 1.904.000
    4 1.814.000
    3 1.727.000
    2 1.645.000
    1 1.563.000

  109. ❓ 😛 :sad: 👿 ❗ :smile: 😳 😀 😮 😯 😕 😎 😆 😡 😈 :roll: 😉 💡 ➡ 😐 😥 :mrgreen: ,…ini mewakili para pengarep remun,..wkwkwkwk

  110. BU Lia…., mau nanya dong…..
    Di K/L nya bu Lia, utk jabatan fungsional masuk di grade brp aja ya?
    Kalau yang laen ada yang tahu jg boleh dishare inpohnya
    makasih ya….

  111. walah… telat nih kasih komen…, terserah mau cair apa nggak remunnya, caapek deh nunggunya… kayak nunggu angkot…. kebanyakan calonya… jadi ngggak jalan jalan

  112. @Maknyus…..secara umum grade untuk fungsional khusus

    Jabatan Fungsional Pertama(gol 3a-3b)grade 8,
    Fungsional Muda (gol 3c-3d)grade 9
    Fungsional madya (gol 4a-4c)grade 11
    Fungsional utama (gol 4d–)grade 13

    Fungsional pemula grade 5
    fungsional pelaksana grade 6
    Fungsional pelaksana lanjutan grade 7
    Fungsional penyelia grade 8

      • kayaknya dalam lampiran surat tidak mencantumkan sedetail itu…di sana hanya tercantum grade dan nilai tunjangannya sedangkan untuk jabatan tidak ada. Grade jabatan ini tidak ada hubungannya dengan kemenkeu tapi berhubungannya dengan Kemenpan.

  113. @leo:kalo pns bukannya nggak bisa jaga rahasia tapi setiap tau info yang rahasia selalu bilang ke teman2 nya “eh jangan bilang2 loh ini rahasia… ya” sampe ke temennya yang ke seribu…

  114. kalo untuk Fungsional itu ga masuk dalam grade tapi ada lampirannmya sendiri….

    dan sebagai info di kantor saya tanggal 20 November ada penilaian Kinerja tiap2 pegawai tahap 2…tahap 1 Penilaian kinerja udah dilaksanakan bulan Juli…karna di kantor kami “katanya” Remun dibayar setiap 6 bulan….jadi penilaian diadakan 2 kali….untuk menentukan Grade Tunjangan kinerja…Thx

  115. Udah..sebentar lagi ini saya tanda tanganin kok..biar bagian UP sibuk dulu ngurus rekapitulasi absen..kasihan kalau diburu-buru..sabar ya..

  116. Kalian semua yang menunggu remun, tolong tingkatkan kinerja + tertibkan kehadiran sesuai jam kerja, biasakan dari sekarang. Karna insya Alloh sebentar lagi remun cair. PERCAYALAH!

    Dan setelah cair nanti, kalau kalian masih malas kayak sekarang, kalian pasti rugi, karna akan ada pengurangan tunjangan kinerja (minus) kalau kinerja dan kehadiran masih memble/payah/teu paruguh/goreng patut/…

    Ayo tingkatkan mutu PNS Indonesia! Jangan cuman nuntut hak aja. Imbangi dengan perbaikan kualitas kinerja.

    Salam saya,
    PNS Atasannya Set@gu

  117. PNS atasannya Set@gu : Bapak kamar pesanannya sudah siap dibooking…. nanti calling saya ya kalau sudah meluncur ke lokasi 😳

  118. edan lagi … edan lagi … semakin lama semakin nggak jelas … termasuk …. bang setagu …. semakin nggak jelas saja….. (ayo kasih komen bang setagu.. jangan hanya diam …)

  119. instansi gue akhirnya cair juga … besok hari rabu…. cihuiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

  120. ada satu hal yang belum pernah diungkap di forum ini. agak sedikit pahit tapi kita harus tau supaya tidak kecewa. dalam surat persetujuan menkeu nomor SR-275/mk.02/2012 pembayaran tunjangan kinerja “dapat” dibayarkan berlaku surut mulai tgl 2 januari 2012. kata “dapat” disana bermakna bisa ya bisa tidak. untuk lebih jelasnya tunggu perpressnya nanti. tmt nya kapan. kita semua berdoa semoga tmt januari 2012.

  121. Perpres aja lom ada…tapi dah cair…NGIBULLLL

    mbok ya yang valid gitu klo ngasih informasi

    kasih pencerahan dong om Setagu…biar pada tenang ni ati 😀

  122. ijin prinsip dari menkeu SR-275/mk.02/2012, dipastikan remunerasi akan segera bisa dicairkan, di setkab sudah dibuat draft perpresnya. Mohon bersabar, butuh proses yang teliti. supaya jangan seperti grasinya si ola.

  123. amien, setelah ada pencerahan mudah mudahan liburan akhir pekan menyenangkan dan dapat tidur nyenyak.
    Plus rekor komen yang melebihi buku tamu dan postingan lainnya………

  124. copas setagu :
    Ketika proses akhir reformasi birokrasi di K/L sudah disetujui tim, berarti rancangan Perpres tentang tunjangan kinerja per K/L juga sudah dibuat. Dalam prosesnya penandatanganan Perpres tidak serta merta dilakukan, ada prosedur yang harus dilalui. SOP di Setkab sendiri, alur per berkas memerlukan waktu minimal 9 hari untuk sampai di meja pimpinan (termasuk koreksi). Kemenkumham dan Kejaksaan tanggal 18 Mei 2011 disetujui DPR, ada jeda 2 bulan sampai dikeluarkan Perpres tanggal 12 Juli 2011. Apalagi ini ada 20 K/L yang musti diproses.

    Selain itu Perpres akan sah jika sudah dicatatkan dalam lembaran negara. Sampai saat ini Perpres terakhir no. 81 ttg biaya haji, Perpres soal tunjangan kinerja belum ada.
    Semua masih pada masih pada track-nya, tidak ada yang aneh, masalahnya cuma kita kurang sabar saja, tunggu bulan November ini.
    Salam semuanya..

    november yang mana?,..wkwkwkwkwkwk,tahun depan kali bukan tahun ini,.. 😀

    • Setuju dengan Pak H. Joko Manding, saya hanya memperingatkan Pada pak Setagu, kalo ngomong jangan asal bacot, mana tanggung jawab publiknya! padahal saya sendiri apabila berkata sesuatu, kemudian meleset, saya tidak tenang, dan ingin secepatnya mengklarifikasi pernyataan saya, baik itu berupa permintaan maaf atau sekedar memberikan penjelasan. Saya jadi ragu, jangan-jangan si empunya blog, tidak memiliki tanggung jawab sama sekali alias enol besar. Mohon tanggapannya. Cheers

    • Untuk ranto,, Mungkin ada baiknya Anda membaca dahulu di bagian “ABOUT” di blog ini,, Di situ empunya blog ini dengan bijaksana menulis hal berikut:

      Disclaimer
      1. Opini atau artikel yang ditulis dalam blog ini atas nama penulis sebagai pribadi sehingga tidak ada keterkaitan secara hukum, baik langsung maupun tidak langsung terhadap profesi dan instansi dimana penulis bekerja.
      2. Beberapa artikel pada blog ini menyertakan sumber dari luar yang isinya bukan merupakan tanggung jawab penulis di blog ini, silahkan baca dan ketahui dari sumbernya secara langsung.

      Jadi mohon dihormati si empunya blog ini,karena ini juga merupakan sarana kita berbagi dengan instansi lain tentang kabar remunersi 😉

    • H. Joko Manding : ini masih november bang, pan masih 17 hari lagi untuk ke desember, siapa tau diantara 17hari tersebut 😀

      ranto : sabar ranto gudel, syahrini cuma mengingatkan wng sabar teleke dowo jarene wong jowo :mrgreen:

  125. Sesusai dengan yang dikatakan Setagu yang dikomentari syahrini,, Ijin prinsip sudah lewat,, Sekarang posisi sudah di Setkab,, Setkab sudah buat draft perpresnya,, Sebelum draft disampaikan ke Presiden butuh paraf dari 3 menteri termasuk menPAN dan Menkeu,, So,sekarang tinggal tunggu 3 menteri cek dulu,baru draft diserahkan ke Presiden dan ditandatangani 😉 Remun turun deeeee,,, Horrayyy 😀

  126. Waduh … saya dibilang nol besar, tapi udah jutaan yang membaca blog ini. Jadi inget dulu sebelum remunerasi TNI/Polri cair, segala comment sumpah serapah keluar, kenyataannya?

    Blog ini hanya sarana penyampaian & berbagi informasi, shg info dari temen-temen diberbagai K/L bisa share di bog ini, karena pasti juga lebih paham kondisi masing2. Saya tegaskan disini posisi saya hanya PNS biasa bukan pengambil keputusan. Kalau soal Perpres kapan diterbitkan terus terang saya tidak tahu, saya juga bukan dari kalangan Setkab. Perkiraan saya berdasar penerbitan Perpres tunkin terdahulu.

    Saya sangat paham temen2 tidak sabar menunggu, Pak Menpan saja juga sudah menyuarakan ketidaksabarannya.

    Yang saya tekankan disini semua proses sudah berjalan, DPR sudah setuju, anggaran jig sdh disetujui, surat prinsip Menkeu sdh ada, draft perpres juga sdh. Kalau penerbitan Perpres, masalah bukan disaya.

    ciyus?? serius mas

    • jadi pengen ketawa bacanya…ketawa dulu ah…wkwkkwkwkw….
      “kalo ngomong jangan asal bacot”
      ….wkwkwkwkkw…..

      semua yang buka setagu.net pasti baca juga yang ini nih…

      “padahal saya sendiri apabila berkata sesuatu, kemudian meleset, saya tidak tenang, dan ingin secepatnya mengklarifikasi pernyataan saya, baik itu berupa permintaan maaf atau sekedar memberikan penjelasan”

      apakah “ranto” ini jantan untuk jilat ludah sendiri…???

      wkwkwkkw…..

      trims om setagu…ga usah di masukin ati…cuma pns yang kebanyakan utang tuh mah kayaknya…. 😀

  127. yg bisa ngomong disini tunjuk tangan… disini semua cuma ngetik ga ada yg ngomong…. 😈 😆

    dan jujur saya menyukai dengan isi komen yg ada disini terlepas itu informasi benar atau tidak..

    paling ngga ini bisa menghibur saya yg juga sedang menanti mimpi agar jadi kenyataan. :mrgreen:

  128. menurut ane hati-hati kalau sharing surat yg sifatnya rahasia, mending jgn diekspos deh, surat itu memang ada dan isinya spt komentar2 di atas 😆 😆

  129. syukurlah…. besok hari rabu…. akhirnya. … penantian yang hampir berakhir…. terimakasih Tuhan.
    Kalo boleh bilang “wowwwwwwwww gitu. ….”.

  130. Yang pasti sekarang para petugas di TU..lagi sibuk merekap Absen..Januari – Oktober 2012.untuk Ristek,BATAN,BPPT,LIPI pakai software yang dikeluarkan oleh Ristek…anggap tabungan kalau terlambat cairnya…….santai_saja.com.

  131. sasbar..sabar.. pasti ada kok
    hargai para pejabat yang di atas, yg sudah susah” membuat kebijakan buat kita”..

    kita banyakin bedoa biar semua terproses dengan baik dan terealisasikan :)

  132. di kantor saya rekap data absen sudah dilakukan minggu kemarin dari bulan januari-oktober nilainya akan di persentasekan dengan nilai Tunjangan yang di dapat…salut buat para TU nya yang sampai lembur demi keluarnya remunerasi….

    kita tunggu saya yang pasti tahun ini..karena surat dari Menkeu nya sudah keluar…

  133. ya gak mungkin lah kalo satu dari 20K/L yang dimaksud uda ade yg terima, perpresnya aje belum keluar,..dasarnya apa,..ah pada ngarangnya kebangetan tu,..

    • Wah,, pak Haji Joko Manding kalo gonta ganti nama jgn lupa di ganti gambarnya pak,, ketahuan kalo ini pak Haji,, he,,he,, semangat :mrgreen: