Mekanisme Pembayaran Tunjangan Kinerja 2012

Post On: 26 November 2012
By:
In: Opini
December 19, 2012

Secara umum mekanisme pembayaran tunjangan kinerja dapat digambarkan sebagai berikut:

1. Perpres resmi dundangkan (masuk lembar negara).

2. Dirjen Perbendaharaan mengeluarkan Surat Edaran (SE) atau petunjuk teknis sebagai dasar KPPN memproses pembayaran. Terdapat 2  sumber anggaran tunjangan kinerja yaitu (1) Sudah sudah dialokasikan dalam DIPA seperti contoh LIPI dll, (2) Bersumber dari bagian Anggaran 999, contoh: Kemtan.

SE atau juknis nanti mengatur keduanya. Bedanya kalau sudah masuk DIPA, Pengguna Anggaran (PA) atau KPA adalah pejabat dari K/L bersangkutan. Sedangkan yang bersumber dari anggaran 999, Menteri Keuangan selaku PA dan pejabat K/L sebagai KPA.

3. K/L memproses pembayaran ke KPPN Mitra berupa pengajuan SPM-LS, yang mengajukan adalah KPA Pusat (biasanya bendahara K/L). Pengajuan ini disertai dokumen pendukung sebagai persyaratan seperti rekap daftar nominatif dan surat pertanggungjawaban mutlak.

4. KPPN melakukan uji substantif dan formal, Jika syarat lengkap KPPN menerbitkan SP2D, bahasa sederhananya dana cair :)

5. Secara berjenjang Bendahara – Pengeluaran K/L mentransfer dana Tunjangan Kinerja ke Ditjen/Badan, Kanwil dan UPT/Satker.

6. Petugas gaji dapat melakukan pembayaran kepada pegawai di lingkungan kantor masing-masing.

7. Itu sudah

Catatan:
Jumlah yang diterima sesuai dengan lampiran Perpres menyesuaikan dengan grade-nya masing-masing. Kecuali ada pasal yang mengatur lain seperti misalnya MA ada pasal yang menyatakan jumlah yang diterima adalah sebesar 70%, sedang K/L lainnya sesuai lampiran.

Surat Edaran Dirjen Perbendaharaan sudah keluar, bagi yang kesulitan download dari perbendaharaan.go.id  ada mirror dari under_miner:

Per 52/PB/2012

1,409 comments on “Mekanisme Pembayaran Tunjangan Kinerja 2012

    • apakah ada kemungkinan cairnya awal tahun depan? mengingat dana yang akan dicairkan berasal dari alokasi dana yang sudah disetujui tahun ini.

      • kalau dananya dari DIPA kayaknya susah kalau mau cair tahun depan, kalau dari anggaran 999 mungkin bisa terjadi kayak yang remun tahun 2011

        • Seperti yang di katakan handok:
          Sedikit meluruskan yah!
          Kalo dananya bersumber dr DIPA, seperti LIPI, justru malah lebih cepat dan lebih mudah di cairkan, tinggal menunggu Surat Edaran (SE) terbit. Tetapi jika , dananya bersumber dari pos anggaran lain-lain (BA 999), seperti terjadi pada TNI/POLRI pada tahun 2010, maka biasanya pencairannya menunggu berakhirnya tahun anggaran, karena untuk melihat apa masih ada sisa di pos BA 999 tersebut, tetapi biasanya pasti ada sisa kok. Baru setelah terlihat berapa anggaran yang ada di pos BA 999, maka tinggal proses pencairan. Makanya TNI/Polri tidak rapel 12 bulan, karena kemungkinan di pos BA 999, hanya mencukupi untuk rapel 6 bulan. Demikian, mohon koreksi kalo ada yang keliru. Trims

  1. sabar sajah yah,
    mau bulan depan,mau tiga bulan lagi juga ga apa yah,
    yang penting ingat masjid, ingat yatim piatu, ingat fakir miskin… jangan lupa sedekahnya..
    betul tidak?

  2. Sedikit meluruskan yah!
    Kalo dananya bersumber dr DIPA, seperti LIPI, justru malah lebih cepat dan lebih mudah di cairkan, tinggal menunggu Surat Edaran (SE) terbit. Tetapi jika , dananya bersumber dari pos anggaran lain-lain (BA 999), seperti terjadi pada TNI/POLRI pada tahun 2010, maka biasanya pencairannya menunggu berakhirnya tahun anggaran, karena untuk melihat apa masih ada sisa di pos BA 999 tersebut, tetapi biasanya pasti ada sisa kok. Baru setelah terlihat berapa anggaran yang ada di pos BA 999, maka tinggal proses pencairan. Makanya TNI/Polri tidak rapel 12 bulan, karena kemungkinan di pos BA 999, hanya mencukupi untuk rapel 6 bulan. Demikian, mohon koreksi kalo ada yang keliru. Trims

  3. Alhamdulillah yach…sesuatuk.
    Ternyata kita baru di tahap no.1, masih ada 5 tahap lagi kata Pak Setagu, sampai bener2 uang di tangan…sabarrr…sabarrr…

  4. sabar sajah yah,
    mau bulan depan,mau tiga bulan lagi juga ga apa yah,
    yang penting ingat masjid, ingat yatim piatu, ingat fakir miskin… jangan lupa sedekahnya..
    betul tidak?

  5. Kamu bnar aa’gym…mau brapa lama dana tunkin cairnya terserah yg pnting kita syukuri aja..,rajin shalat jamaah 5 waktu d mesjid..rajin bersedekah,kluarkan zakat, santuni anak yatim piatu dan cintailah dgn tulus emaknya kalo dia masih muda dan cantik…!

  6. Berkaca ketika turunnya remunerasi pada tahun 2010, untuk 11 K/L. Waktu itu, perpres ditandatangani tanggal 15 Desember 2010 oleh Presiden dan Surat Edaran (SE) atau perdirjen keluar tanggal 7 Januari 2011, sehingga dibutuhkan waktu 23 hari (atau 3 minggu hari kerja). Sedangkan untuk tahun 2012 ini, perpres untuk 20 K/L ditandatangani tanggal 17 Nopember 2012, sehingga paling cepat terbitnya Perdirjen/SE tanggal 10 Desember 2012.
    Sabar yah dan banyak beramal dan berdo’a…semoga bisa dipercepat…

  7. kejadiannya seperti di POLRI, yang perpresnya ditandatangani bulan desember pertengahan, maka dicairkannya pertengahan januari, jadi jika tgl 17 nopember perpres sudah ditandatangani maka akan cair di pertengahan desember..

  8. Catatan:
    Jumlah yang diterima sesuai dengan lampiran Perpres menyesuaikan dengan grade-nya masing-masing. Kecuali ada pasal yang mengatur lain seperti misalnya MA ada pasal yang menyatakan jumlah yang diterima adalah sebesar 70%, sedang K/L lainnya sesuai lampiran

  9. LAMPIRAN
    PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
    NOMOR : 103 TAHUN 2012
    TANGGAL : 17 November 2012
    TUNJANGAN KINERJA PEGAWAI DI LINGKUNGAN
    KEMENTERIAN PERTANIAN
    NO KELAS JABATAN TUNJANGAN KINERJA
    PER KELAS JABATAN
    1 2 3
    1 17 Rp 19.360.000,00
    2 16 Rp 14.131.000,00
    3 15 Rp 10.315.000,00
    4 14 Rp 7.529.000,00
    5 13 Rp 6.023.000,00
    6 12 Rp 4.819.000,00
    7 11 Rp 3.855.000,00
    8 10 Rp 3.352.000,00
    9 9 Rp 2.915.000,00
    10 8 Rp 2.535.000,00
    11 7 Rp 2.304.000,00
    12 6 Rp 2.095.000,00
    13 5 Rp 1.904.000,00
    14 4 Rp 1.814.000,00
    15 3 Rp 1.727.000,00
    16 2 Rp 1.645.000,00
    17 1 Rp 1.563.000,00
    PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,
    ttd.
    DR. H. SUSILO BAMBANG YUDHOYONO
    Salinan sesuai dengan aslinya
    SEKRETARIAT KABINET RI
    Deputi Bidang Politik, Hukum
    dan Keamanan,

  10. ko 20 k/l jumlah rupiahnya sama ya…?jangan2 itu 100%nya..bedanya nanti dipencapaian RB???
    apa bener begitu om setagu..?

    • iya itu dipukul rata 40% semua,..coba dibaca dipernyataan menpan sebelum2nya,..untuk tahap awal kan emank 40%,…dan berlanjut sesuai kinerja masing2

  11. ALO TEMEN2 SENASIB DAN SEPERJUANGAN 20 K/L!!
    PENGUMUMAN-PENGUMUMAN..
    SALINAN ASLI PERPRES TUNJANGAN KINERJA SUDAH MULAI BISA DIAMBIL TUH DI KANTOR SETKAB HARI INI!
    INSTANSI ANE SDH AMBIL TUH TADI..AYO BRPACU DGN WAKTU..KITA SELESAIKAN KRJAAN BERIKUTNYA YAITU KORDINASI DGN DJA KEMENKU BIAR TUNJANGAN KINERJA INI BISA CAIR SEBELON TAON BARU 2013! 😎

  12. Pak SETAGU,…
    apa setiap daerah penempatan dibedakan ya tunjangan kinerjanya,..atau pukul rata kayak yang tertera di perpres,..mohon diluruskan isu ini,..

  13. Pasal 8
    (1) Bagi pegawai di lingkungan Kementerian Pertanian yang
    diangkat sebagai pejabat fungsional dan mendapatkan
    Tunjangan Profesi maka Tunjangan Kinerja dibayarkan
    sebesar selisih antara Tunjangan Kinerja pada kelas
    jabatannya dengan Tunjangan Profesi pada jenjangnya.

    • kalo saya ngeliatnya kemungkinan ada 2 pengertian

      yang pertama
      jabatannya fungsional,tunjangannya profesi
      artinya yang ngambil fungsional tetep dapet full fungsionalnya,namun tunkin nya yaitu selisih dari tunkin-tunjang

      yang kedua
      pejabat fungsional maksudnya mereka yang ngambil tunjangan struktural
      artinya strukturalnya dapet,besarnya tunkin-struktural

      agar tidak dobel tentunya

      cmiww

      • Tunjangan kinerja tidak menghilangkan tunjangan struktural dan tunj. fungsional.
        Bedakan antara pejabat fungsional dg tunjangan fungsional.
        Tunj profesi bukan tunj. fungsional, makanya pilih salah satu yg menguntungkan, tunj profesi atau tunkin.

        • Bung setagu..kalau tunjangan fungsional bukan tunjangan profesi berarti tunjangan fungsional bukan faktor pengurang tunkin,apakah artinya bisa dapat dobel(tunjangan fungsional+ tunjangan kinerja full)???
          diinstansi saya tidak dikenal istilah tunjangan profesi, browsing di google yang ada tunjangan profesi guru/dosen (1xgaji) dan guru/dosen pun masih mendapat tunjangan fungsional guru/dosen. mungkin kalau mereka ada remunerasi, guru/dosen harus harus milih tunjangan profesi atau tunkin.

        • maksudnya gimana om…???mohon pencerahannya

          misal peneliti utama
          fungsional 5,2 jt
          tunkin grade 13 6,023 jt
          apakah total didapat jadi 11,223 jt/bulan…???
          atau hanya 5,2 + (6,023 – 5,2) = 5,2jt/bulan…???

          atau misal struktural esselon 2
          tunj. 5 jt
          tunkin grade 15 10,315jt
          total dapat 15,315jt/bulan atau hanya 10,315jt/bulan..???

          mohon pencerahannya apa yang dimaksud pejabat fungsional mendapatkan tunjangan profesi

          trims

          • @under_miner
            yg bener jab fungsional + tunkin =11,223 jt.

            pejabat fungsional mendapatkan tunj profesi contoh mudah guru. Jadi kalo Depdiknas sdh ada tunkin, maka guru harus memilih tunj profesi atau tunkin, nggak bisa dua-duanya

          • alhamdulillah….jadi perpres 100/2012 masih berlaku ketika keluar perpres tunkin…

            padahal tadinya berfikir klo berlakunya perpres tunkin maka perpres 100/2012 jadi tidak berlaku… 😀

          • Sama kita Bung under_miner, Alhamdulillah semoga demikian adanya…tadi pas baca Perpresnya jadi loyo dikit lho…apalagi sudah diketahui Perpres 100 tersebut..

          • om setagu…barusan dapet kabar dari temen…klo deputi telah memberikan penjelasan bahwa tunkin dibayarkan selisih dari tunkin dengan tunj. fung

            wah kacau…hadeeehhhh

          • belum lagi pasal 5 ayat 2 tuh om…faktor pengurang lagi dari persentase kehadiran..hadeeehhh…tambah kecil aja ya…alhamdulillah 😀

          • Buat bung under_under! Saya kira penjelasan dari Pak Setagu, sudah sangat jelas. Di instansi saya, Bappenas, banyak juga pegawai yang mempunyai jabatan fungsional, terutama jabatan fungsional perencana, mereka tetep mendapatkan tunjangan fungsional perencana dan tunjangan kinerja. Saya kira, nama anda emang sesuai dengan jiwa anda, jiwa anda undur-undur emang kok!

          • om Tono : maaf om…saya hanya meneruskan info dari deputi kami…kalo dari penjelasan beliu ya seperti itu…bahwa tunkin besarannya adalah tunkin minus tunjang…klo masalah nama ga ada hubungannya om ma jiwa saya…klo boleh tau berapa nilai TOEFL nya om…???kok bisa under miner jadi undur-undur..???kekeke…sorry om

          • Iya nie, saya juga baru dapat penjelasan katanya Tunkin ditempat kami yang dibayarkan adalah selisihnya dari Tunkin-Tunj. fungsional. Sebagai contoh saya adalah PNS kementerian A ditugaskan di BLU X. Maka Tunkin yang saya dapat dari Kementerian A adalah Tunkin-Tunjangan yang saya dapat dari BLU X. Agak sedih juga sie, tapi tetap bersyukur, Alhamdulillah.

  14. (2) Apabila Tunjangan Profesi yang diterima sebagaimana
    dimaksud pada ayat (1) lebih besar daripada Tunjangan
    Kinerja pada kelas jabatannya, maka yang dibayarkan
    adalah Tunjangan Profesi pada jenjangnya

  15. apa tunjangan profesi itu sama dengan tunjangan fungsional ya… seperti tunjangan peneliti… berarti ga bisa dapet doble dong..

  16. bang setagu, nanya nih….beneran kudu dijawab, pos anggaran BA. 999 itu khan KPA nya kemenkeu,skrg dananya masih berp??cukup ga untuk dibagi2 ke pegawai??

    dan yang terima tunkin itu besarnya sesuai tabel atau masih dikali dengan pencapaian RB ???

  17. WOI TEMEN2 PERPRESNYA SDH BISA DI DOWNLOAD TUH! AYO KITA KRJA KERAS LAGI BIAR BISA CAIR DESEMBER BESOK..JANGAN LUPA YA BAYAR ZAKATNYA 😎

  18. Kata teman saya,cara penghitungan TK adalah Sbb :
    misalnya Kelas jabatan 6 Rp. 2.095.000 X 45 % = 942.750 – 275.000 (tunjangan fungsional) = 667.750 – 140.000 (TKK) = 527.750 lalu dikalikan 12 = 6.333.000.Bagaimana menurut kalian cara perhitungan kawan saya yang sok ngerti itu.

    • Salah…..

      Grade 6 dptnya ya Rp. 2.095.000, tidak dikali 45%. Dalam tabel tsb sdh termasuk yg 40%, jd tdk dikurangi lagi.

      Tunjangan fungsional maupun tunjangan struktural tetap ada dan tidak mengurangi besarnya tunjangan kinerja.

      Masalah bulannya belum tahu deh, mungkin 11 bulan (termasuk gaji ke 13) atau 12 bulan atau 13 bulan, blm jelas…

      • tetapi dalam perpres disebutkan, bagi yang menduduki jabatan fungsional dan mendapat tunjangan profesional, tunjangan kinerja diberikan sebesar selisih dari tunjangan profesional dan tunjangan kinerja.

        • klau saya lebih sependapat dengan temennya si vio thunte dan setagu karena dalam perpres disebutkan ””TUKIN DIBERIKAN SEBESAR SELISIH DARI TUNJANGAN PROFESIONAL ATAU KLAU TUPROF LEBIH BESAR DARI TUKIN MAKA TUNJPROF YG DIBAYAR DENGAN MEMPERHITUNGKAN CAPAIAN KINERJA””””””””

        • klau grade 6 dibayar sebulan 2.095.000 berarti klau rapel bakalan dapat sekitar 25jt…berarti saya harus BILANG WOW gitu :roll:

  19. nggak betul bukannya diperpres itu menunjukkan nominal 40 % kenapa masih dikalikan prosentase lagi

    jelas salah menghitungnya…

  20. dah gitu yang sebagai faktor pengurang itu hanya tunjangan fungsional yang mendapatkan tunjangan profesi.

    kalo fungsional umum masak dikurangi juga

  21. @tante vio, menurut bang setagu, jumlah yang diterima sesuai perpres kecuali ada pasal lagi yang diterima 70% atau 80% dari lampiran. Hanya tunjangan fungsional xxx pelaksana, xxx pelaksana lanjutan itu dikatakan tunjangan profesi atau bukan ???? Gimana bang setagu perlu pencerahan….

  22. bagaimanapun.. saya sangat bersyukur bisa menjadi seorang PNS.. biar orang bilang PNS malas ato korupsi doank, tapi saya tetap bangga menjadi seorang PNS karena saya bukan salah satu PNS yang mereka maksud. dengan keluarnya Perpres tunkin 20 K/L saya sangat bersyukur, karena diberi kesempatan untuk memperbaiki sektor ekonomi keluarga. :mrgreen:

  23. yang dapat tunjangan profesi itu guru dan dosen ya om setagu? Selain guru dan dosen apa lagi yang dapat tunjangan profesi? hayoo ngacung

    • PNS yg memiliki tunjangan profesi diantaranya guru, dosen dan auditor. Sebelum memperoleh gelar jabatan tersebut, biasanya dilakukan sertifikasi terlebih dahulu oleh lembaga yg ditunjuk.

  24. saya kerja di unit pelaksana teknis kementan di daerah (eselon III, saya tanya bagian kepegawaian data yang dikirim ke eselon II cuma rekap absen januari-Oktober 2012 dan data pegawai jadi yang menentukan grade pegawai yang bersangkutan eselon I dan eselon II jadi pegawai di eselon III didaerah masing kabur berada di grade mana?

  25. Kembali ke Laptop!!!
    No. 1 sudah clear, tunkin sudah resmi diundangkan.
    Sekarang menuju ke No.2, menunggu terbitnya SE.
    Maka, mari sama2 kita pelototin http://www.perbendaharaan.go.id, bagi bapak2/ ibu2 yang mempunyai saudara di ditjen perbendaharaan, mungkin bisa meminta bocorannya. Trimakasih.

  26. PENJELASAN DALAM PASAL 8 :
    YANG DIMAKSUD “TUNJANGAN PROFESI” ADALAH : GURU, DOSEN, AKUNTAN, PENGACARA..JADI JABATAN FUNGSIONAL SELAIN ITU BUKANLAH “JABATAN PROFESI”
    SO TENANG AJA FRENS..TUNJANGAN KINERJA TEMAN2S TIDAK AKAN BERKURANG BANYAK KOQ..CUMA JANGAN LUPA ZAKAT, INFAQ EN SADAQOHNYA YA FRENS! ADA HAK “FAKIR MISKIN-DHUAFA” DI DALAM PENGHASILAN FRENS SEKALIAN..
    MATUR NUWUH AH~ 😎

    • jika estimasi seperti polri, 3 minggu setelah perpres, maka SE kemungkinan keluar sekitar 8 Desember 2012. semoga lebih cepat, karena cepat cair itu bagus

  27. MOHON INFORMASI……..!

    UNTUK MEMBAYAR RENUMERASI Jasa konsultan (LS kepada PIHAK KETIGA, bisakah dilakukan pada pertengahan bulan (maksudnya tanggal sekitar tgl 15 atau pada minggu awal kerja). Bila bisa dimanakah kita bisa memperoleh ketentuan yang menyebutkan hal tersebut.

    TERIMA KASIH KEPADA YANG BERKENAN MENJELASKAN.

  28. eh yang bener gimana sih ngitung tunjangan kinerjanya? angka di tabel dikali 10 bulan atau jumlah ditabel dikali dulu dengan 40%…ini pentingggg…mohon penjelasannya pak stagu!!!

  29. jika estimasi seperti polri, 3 minggu setelah perpres, maka SE kemungkinan keluar sekitar 8 Desember 2012. semoga lebih cepat, karena cepat cair itu BAGUSS

  30. Buat yang TUGAS BELAJAR Sekedar perbandingan: di Kemenkeu, TNI, POLRI, Kemenhan tunjangan dapat 100%, Kemenkumhan dapat 80%, Kejaksaan dan Kemenkopolhukam dapat 50%, Kemenpan dapat 0%……diinstansi anda dapat berapa?……

    • maksudnya untuk yang TUGAS BELAJAR dapetnya 100% om sama ma mereka yang ga tugas belajar…bukan persentase dari tunkin nya itu sendiri

      • namanya juga manusia om….belum remun..ngotot mau remun…belum keluar perpres pada ngomel ngarep keluar….udah keluar perpres sekarang gak sabar pengen cair…giliran dah cair ngarep lagi minta naik persentasenya…………padahal dulu ngarepnya cuma dapat remun…giliran sudah dapat ngarep lagi supaya tunjangan naik nanti kalo sdh 100% kita rame2 minta tunjangan rumah, mobil dll …setuju ga…. :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

  31. Bang Setagu ane mau tanya.

    Kalau sudah diterapkan pembayaran tunjangan kinerja, apakah tunjangan fungsional dan pnbp masih tetap akan dibayarkan?

    Apakah tunjangan fungsional itu sama dengan tunjangan profesi?

    Trims.

  32. bangun tidur. .. dapet remun… ternyata mimpi…
    kapan remunnya cair, dirjen perbendaharaan tolong dipercepat SURAT PENCAIRAN TUKIN
    nggak dinas dines mulu, …..

  33. 99,9999% cair bulan desember ini.

    baca di http://www.seputar-kppn.com/untuk_diunduh/PMK_49-2012_Revisi%20DIPA2012.pdf

    PERATURAN MENTERI KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
    NOMOR 49/PMK.02/2012
    TENTANG
    TATA CARA REVISI ANGGARAN TAHUN ANGGARAN 2012
    TERKAIT PEMBAYARAN GAJI

    Pasal 48

    ayat 1
    Dalam hal terdapat pagu minus terkait pembayaran gaji dan tunjangan yang melekat pada gaji untuk Tahun Anggaran 2012, pagu minus tersebut harus diselesaikan melalui mekanisme revisi DIPA.

    ayat 6
    Batas akhir penyelesaian pagu minus sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling lambat tanggal 28 Desember 2012.

  34. org2 TU sudah lakukan ini :

    Pasal 43

    (1)
    Batas akhir penerimaan usul Revisi Anggaran untuk Tahun Anggaran 2012 ditetapkan sebagai berikut:

    a.
    tanggal 12 Oktober 2012, untuk Revisi Anggaran pada Direktorat Jenderal Anggaran; dan

    b.
    tanggal 29 Oktober 2012, untuk Revisi DIPA pada Kantor Pusat/Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan baik berdasarkan perubahan SP RKA-K/L sebagaimana ketentuan pada huruf a maupun tanpa perubahan SP RKA-K/L.

    • roaming nih, gue dari betawi kaga ngarti, tapi tak apalah, yang penting cepat cair, karena cepat cair itu bagus

  35. Copas email dari Deputi LIPI

    Dear all,
    Pada attachment file saya kirimkan Perpres Tunjangan Kinerja LIPI 2012 untuk diketahui oleh semuanya. Ternyata pada Pasal 8 ayat 1 dan 2 dijelaskan bahwa untuk mereka yang sudah menerima tunjangan fungsional, maka tunjangan kinerjanya hanya dibayarkan sebesar selisih antara tunjangan kinerja dengan tunjangan fungsionalnya. Dengan kata lain, besar total tunjangan yang diterima adalah sebesar tunjangan kinerja sesuai dengan kelas jabatannya.
    Semoga semuanya dapat dimaklumi tanpa mengurangi rasa syukur kita…

    Mari kawan2 kita tetap bersyukur semoga ke depan lebih baik..amin YRA

    • INFORMASI YANG MENYESATKAN

      COPAS setagu:
      Tunjangan kinerja tidak menghilangkan tunjangan struktural dan tunj. fungsional.
      Bedakan antara pejabat fungsional dg tunjangan fungsional.
      Tunj profesi bukan tunj. fungsional, makanya pilih salah satu yg menguntungkan, tunj profesi atau tunkin.

      SAYA LEBIH PERCAYA PAK SETAGU DARI PADA DEPUTI LIPI.

      • Bukannya (TunPen+(Tunkin-TunPen)= TunKin
        Jdi ksimpulannya TunPen Dihapus saja , so SBY ga perlu repot2 tanda tangan Perpres knaikan TunPen klo hasilnya Sama
        Ex TunPen Sebelum naik (PenUtama)
        1,4 +(6,023-1,4)=6,023
        Ex Sesudah naik (PenUtama)
        5,2 + (6,023-5,2) = 6,023
        Ex Ga ada TunPen
        0+(6,023-0) =6,023
        wkwkw Hasilnya sama…
        Kesimpulannya ??? Auh ah Gelap

    • Jangan mengada2 bung!! Deputi lipi mana yg kirim email ke sodara!! Jangan fitnah dan menyebarkan isu yang tidak jelas!!

    • jangan pada ribut yah..nanti saya tanya langsung ke DEPUTI…sesama pegawai LIPI harus harmonis, yang penting skrg tunggu saja pencairannya.

  36. COPAS setagu:
    Tunjangan kinerja tidak menghilangkan tunjangan struktural dan tunj. fungsional.
    Bedakan antara pejabat fungsional dg tunjangan fungsional.
    Tunj profesi bukan tunj. fungsional, makanya pilih salah satu yg menguntungkan, tunj profesi atau tunkin.

    SAYA LEBIH PERCAYA PAK SETAGU DARI PADA DEPUTI LIPI.

  37. 💡 Menurut saya, setagu dan deputi masih sebatas beropini. Idealnya ada lembar penjelasan dalam perpres yang dikeluarkan tersebut, apa definisi “tunjangan profesi” sesungguhnya (seperti UU atau PP). Seandainya penerapannya nanti berbeda di masing-masing instansi dalam mendefinisikan “tunjangan profesi”, siapa yang bertanggung jawab? ❓ Atau sebenarnya kita saja yang dibawah yang tidak tahu bahwa sebenarnya ada definisi yang paling tepat tentang “tunjangan profesi” bagi pegawai negeri sipil 😳

  38. xxx yang diangkat sebagai pejabat fungsional DAN mendapat Tunjangan profesi maka Tunjangan Kinerja – Tunjangan Profesi.
    Kata DAN menurut logika maka dua syarat harus terpenuhi A dan B maka keduanya harus ada. menurut saya berlaku bagi pejabat fungsional (PNS di K/L yang menjadi dosen… (Profesi)). Setuju sama bung Setagu

  39. tunjangan profesi tu contohnya guru , dosen

    karana guru sdh dapat tunjangan jabatan dan juga tunjangan sertifikasi yang merupakan tunjangan profesi maka munculan pasal 8, supaya temen2 di kemendiknas juga bisa mersaskan tunkin.

  40. copas pak setagu:

    pejabat fungsional mendapatkan tunj profesi contoh mudah guru. Jadi kalo Depdiknas sdh ada tunkin, maka guru harus memilih tunj profesi atau tunkin, nggak bisa dua-duanya

  41. Iya..ya istri aku guru, dia dapat tunjangan sertifikasi dan tunjangan fungsionalnya juga ga hilang, kalau begitu saya berpihak ke setagu aja 😆 😆 😆

  42. Hidup Bang Setagu…di kantor ane BATAN, penjelasanya masih kabur…sementara menterjemahkannya dapat selisih..tunkin dan tunpel…www.shabar.com…yang sabar gembul…

    • sekarang sudah tidakkabur lagi bang brodod, setelah sambutan dari sestama batan, akan lebih cepat cair 1 samoai 2 pekan ke depan, jadi cepat cair, karena cepat cair itu bagus..

  43. Ikut nimbrung ah…..

    Contoh instansi yang dapat tunjangan kinerja + tunjangan fungsional:

    Menurut Tono (Postingan di atas), Di Bappenas, fungsional perencana tetep mendapatkan tunjangan fungsional perencana dan tunjangan kinerja.

    Dalam Perpresnya tunjangan kinerja Bapenas, Pasal 9 tertulis:
    Dengan berlakunya tunjangan kinerja ini maka tunjangan khusus dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. (TIDAK TERTULIS PEJABAT FUNGSIONAL DAN MENDAPATKAN TUNJANGAN PROFESI, ini berbeda dgn Pasal 8 ayat 1 20 K/L)

    Definisi tunjangan khusus ada di Perpres No. 34 tahun 2012 tentang tunjangan khusus wilayah pulau-pulau kecil terluar dan/atau wilayah perbatasan.
    atau
    http://p2tkdikmen.kemdiknas.go.id/index.php/kesejahteraan/tunjangankhusus. Tunjangan khusus adalah tunjangan yang diberikan kepada guru yang ditugaskan di daerah khusus.

    Definisi tunjangan profesi ada di http://p2tkdikmen.kemdiknas.go.id/index.php/kesejahteraan/tunjanganprofesi. Disitu tidak disebutkan tunjangan fungsional peneliti sebagai salah satu dari jenis tunjangan profesi.

    Menurut pendapat saya:
    Bila sdh dpt tunjangan kinerja tapi tunjangan fungsionalnya hilang kok agak janggal ya? Dalam grading tunkin, semua fungsional yang sama masuk dalam grading yang sama (contoh: arsiparis pertama dengan peneliti pertama ato fungsional lainnya). Padahal sebelumnya tunjangan fungsional tsb berbeda-beda

    SILAHKAN DIANALISA SENDIRI………………

    APAPUN YANG TERJADI, mending ngikutin kata-kata “Pendukung cepat cair”: YANG PENTING CEPAT CAIR, KARENA CEPAT CAIR ITU BAGUS

  44. pas upacara korpri di batan, sestama batan memberikan sambutan, diantaranya memberikan informasi bahwa remunerasi n cari berkisar 1 sampai 2 pekan ke depan…. asyik di batan bisa cepat cair, karena cepat cair itu bagus.

  45. Tolong masukannya donk dari para suhu disini, saya baru dapat penjelasan katanya Tunkin ditempat kami yang dibayarkan adalah selisihnya dari Tunkin-Tunj. fungsional. Sebagai contoh saya adalah PNS kementerian A ditugaskan di BLU X. Maka Tunkin yang saya dapat dari Kementerian A adalah Tunkin-Tunjangan yang saya dapat dari BLU X. Apa benar begitu??? Kalo benar, agak sedih juga sie, tapi tetap bersyukur, Alhamdulillah.

  46. aduh.. lama bangat nih cairya.. gua coba ngitung dulu deh.. tunjangan funsional peneliti madya rp 3.000.000 + 3.855.000,00 (tungkin great 11)
    3jtx5(agt-des)= 15 jt
    3.855.000 x 13= 50.115.000, jd jumlnya
    rp. 65.115.000,00 wau bisa nambah2 buat renovasi rumah nih.. alhamdulillah..

  47. ini kayaknya hampir di semua instansi 20 K/L, salah persepsi terhadap pasal 8.

    terutama unit keuangannya… pada salah persepsi

    hayooo … apa ada temen PNS dari unit keuangan yang bisa memberikan penjelasan mengenai hal ini.

  48. KALO PERHITUNGANNYA :

    TUNJ. KINERJA DIKURANGI TUNJ. FUNGSIONAL TERTENTU

    LEBIH BAIK MUNDUR DARI JABATAN FUNGSIONAL TERTENTU

    JADI PNS BIASA AJA….

    • kalau nggak salah ni beh, kalau seseorang berkarier sebagai fungsional kemudian di tunjuk di jabatan struktural maka dia boleh memilih tunjangan mana antara ke duanya.. apakah itu tunjangan funsional atau tunj strukturalnya.. (mana yg gede dong).. kalau remunisasi ini adalah tunjangan kinerja. yg berguna utk kesejahteraan pns secara menyeluruh…yg besarnya berdasarkan pd great.. (yah kalau nggak salah sih…)

    • Ane setuju karna fungsional kerjanya nyari kredit terus gak tau apa sumbangannya buat kantor…masih mending cleaning servis kelihatan hasil kerjanya…. :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

    • Setuju…setidaknya bisa ngurangi beban anggaran…fungsional juga gak tau apa sumbangannya buat kantor ….kredit melulu yang dipikirin…. :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: ….#kompor-kompor

  49. Siapa bilang tenaga fungsional ga ada sumbangannya buat kantor, kalau ada yang bilang begitu namanya iring…iring …….iring.. tau

  50. Pak setagu Mohon pencerahannya:
    Apakah setiap perjalanan dinas berarti tunjangan kinerjanya dipotong seperti kalo tidak masuk kerja,??

  51. Mohon temen pns yang ada di ditjen perbendaharaan
    bisa sharing S.E. untuk pencairan remunerasinya.

    karena guwe pns miskin yang ngarep banget
    kalo boleh bilang woeeeew gitu

  52. ckckck….. saya tadi search tentang remunerasi buat bahan tugas kampus. nyantol disini akhirnya punya pemikiran kalo PNS itu hanya memikirkan remun.. remun dan remun… . duit…. duit…. dan duit… . Kerja yang rajin n memberikan sumbangsih bagi nusa dan bangsa bapak/ibu. Rejeki itu akan mengikuti… saya lihat komennya saling bersahutan. apakah tidak bekerja mengerjakan tugas kantor atau hanya datang – absen – internetan ??? tanya kenapa ?

    • eh…elu tuh ya…inget lu besok lulus juga nyari kerja, liat aja bung!dunia kerja lebih keras dari skedar cinta, buku dan pesta!!!

      coba kasih wacana lu disini, gw debat lu…gw pengen tau seberapa sih lingkar otak lu :p

      • adohhh… kasian deh lu mahasiswa.. makana berpikir itu harus luas. belum jadi pns cuma baru hanya sebatas denger kabar ini itu ttg pns udah brani ngomong. pns itu sama dengan mahasiswa. ga semua mahasiswa tawuran/ga semua pns bikin film 3gp, begitu juga kami, ga semua pns korupsi, ga semua pns males2an, ga semua pns dll..
        tolong direnungkan sebelum berucap kembali…

    • pengambilan kesimpulan yg tidak ilmiah, GEGABAH

      PNS itu jumlahnya 4 juta lebih

      yang komen di sini ada berapa?
      di antara PNS yang komen apakah semuanya PNS yg aktif di kantor, atau ada yang cuti, ada yang tugas belajar melanjutkan studi dan lainnya yg tidak terikat dengan pekerjaan kantor?

      apakah benar mereka meninggalkan tugas kantornya? huznudzon sajalah..

      apa bisa saya ambil kesimpulan semua mahasiswa suka tawuran hanya karena beberapa mahasiswa labil tawuran?

      • buat “PNS merangkap mahasiswa” kalo mau ganti nama,ganti jg dunk lambangnya,, Masak status sendiri dicoment sendiri he,,he,, 😀

    • mas/mbak mahasiswa
      bayar kuliah pake duit ortu kan?
      emang ortu lo ga pusing mikirin lo minta duit melulu?
      lo belum mikir nyari duit sendiri buat nyukupin kebutuhan keluarga kan?
      ntar kl dah nikah, rasain sendiri ya 😎

      • ini Mahasiswa dari Universitas abal2 mana ni??? Pemikiran katro, opini kosong, tanpa dasar…… asal lu tau ya mahasiswa Kami PNS Pusat itu TIDAK ADA TUNJANGAN SAMA SEKALI!! tapi Etos Kerja kami sangat tinggi, masyarakat hanya termakan berita2 sampah yang ditayangkan di media…yang hanya memberitakan berita negattif macam PNS bolos lah, trus dan trus ga bosen2 biar masyarakat underestimate…ada ga yah yang nayangin seorang PNS yang hidupnya pas2an, padahal fakta masi banyak loh abdi negara kerja bagus, prestasi ok tapi hdup ga tentu….. masalah remun itu rejki masing2..

    • kkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

      WES TOH BAPAK2 IBU2..JENENGE NAMANYA NGARANA JUGA MAHASISWA..MASIH PAKE OTOT MUNGKIN MIKIRNYA..BELUM PAKE OTAKKKK….
      PADAHAL BIAYA HIDUP DI INDONESIA SANGAR TENAN..
      APALAGI PENDIDIKAN..BEUHHHHHHHHHHHH.CETAR BADAI MEMBAHANA DAH….
      DOAKAN SAJA MUDAH2AN JD MAHASISWA TELADAN..MAPAN RA EDAN….PISSSSS :mrgreen:

  53. Ini ketahuan yg komen org galau semua… Gak ada orang Keuangan ato kepeg ya??? Ku seorg pjbt fungsional xx pertama selama ini dpt tunjab 3xx. Eh ku dpt info dr kepeg kalo aq d grade 8 x 2.5xx x 11bln x prosentase kehadiran.. Gak dikurangi tunjab sama sekali. Begitu mdh2n bisa jd pencerahan.. Patut disyukuri…

    • Seingat saya waktu dulu ikut diskusi sama tim evajab menpan, tunjangan fungsional yang selama ini ada tetap ada. Jadi yg fungsional umum tetep dapat, yg fungsional tertentu jg, dan yg struktural jg tetap dapat. Nilai yg didapat setiap bulannya tidak dipotong
      Lagipula perpres tentang tunjangan masing2x jft belum ada yg ditarik kan ?

  54. kayaknya rekor komen mau di pecahin lagi nich! postingan in baru 4 hari ajah, sdh 240 komentar. Pada komen ke 1000, mudah2 an, surat edaran sudah keluar

  55. PEMBERITAHUAN KEPADA PARA ISTERI-ISTERI PNS

    Diberitahukan kepada seluruh isteri-isteri PNS penerima tunjangan kinerja,
    untuk selalu mengikuti perkembangan berita dan informasi mengenai pencairan
    tunjangan kinerja.

    Agar ibu-ibu semua nantinya tidak dibohongi oleh jumlah penghasilan yang diterima
    oleh suami.

    Demikian untuk emnjadi perhatiannya.

    ttd
    PIPPTK=Persatuan Isteri PNS Penerima Tunjangan Kinerja

  56. @istri pns: kalo gue sih udah gak khawatir, atm nya suami udah gue pegang ini,tinggal tiap hari ngecek aja ke atm udah masuk belum duit remun nya, kalo udah tinggal kita pindahin ke rekening rahasia, gitu lho jadi istri pns tuh yang cerdik …. Jangan mau dikibuli ….

    • Persepsi mengenai jabatan funsional kok masih kabur lagi …………….

      Pada bagian akhir menyebutkan:
      Selebihnya, Perpres nomor 111/2012 hingga Pepres 115/2012 mengandung subatansi yang sama, yaitu siapa-siapa pegawai yang berhak memperoleh Tunjangan Kinerja; siapa yang tidak berhak mendapatkan Tunjangan Kinerja; Pelaksanaan Tunjangan Kinerja terhitung mulai Januari 2012; dan untuk yang sudah mendapatkan Tunjangan Fungsional maka Tunjangan Kinerja dibayarkan selisih antara Tunjangan Kinerja pada kelas jabatannya dengan Tunjangan Profesi pada jenjangnya. Selengkapnya baca Peraturan Presiden Nomor 111 Tahun 2012 Peraturan Presiden Nomor 112 Tahun 2012 Peraturan Presiden Nomor 113 Tahun 2012 Peraturan Presiden Nomor 114 Tahun 2012 dan Peraturan Presiden Nomor 115 Tahun 2012

  57. Tanya dong?? ada yg bisa ngsih penjelasan pada pasal 8 ndak? yg bunyinya “tunjangan kinerja yg dibayarkan sebesar selisih antara tunjangan kinerja pada kelas jabatannya dengan tunjangan profesi pada jenjangnya”
    Yg dimaksud tunjangan profesi tuh gimana? apakah termsuk yg fungsional?

    • tunjangan profesi yang buat guru dan dosen. Peraturan mengenai tunjangan profesi diatur oleh undang2x. Jadi dosen selain menerima tunjangan fungsional dosen, jg menerima tunjangan sertifikasi/profesi
      Sementara fungsional itu diatur oleh perpres.
      Konsepnya diluar gaji, PNS hanya boleh menerima 2 jenis tunjangan. Yang pertama Tunjangan Fungsional/Struktural, dan yang kedua Tunj. Kinerja. Nah karena dosen sudah memiliki Tunj. Profesi, maka jalan tengahnya adalah TKnya dibayarkan sebesar selisihnya.
      Kalo kata gw, sapa suruh urusan tunjangan aja mesti pake Undang2x

  58. akhirnyaa…penantianku selesai sudah.
    SE Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan RI No. S-2936/AG/2012 tanggal 20 Nopember 2012, juknis pencairan tunkin.

      • sodaraku kerja di dirjen perbendaharaan, sementara belom ada linknya, maklum , berita ini berita menggembirakan yang masih prematur…masih anget dr mata airnya langsung

      • BOHONG…..
        contoh nomor dari Perbendaharaan:
        SE-36/PB/2012 , SE-34/PB/2012

        Sedangkan nomor
        S-2936/AG/2012 tanggal 20 Nopember 2012
        itu artinya apa AG = Agenda

        JANGAN ASAL-ASALAN MEMBUAT STATUS….

          • jangan takut salah untuk kreatif……….*sistem pendidikan di Indonesia, orang berfikir kreatif dibilang goblek…….makanya anak2 Indonesia banyak yang takut berfikir lepas, mental aparatur seperti inilah yang menghambat kemajuan bangsa, tidak berani berimprovisasi….emang komentar aja apa salahnya, salah juga gak papa namanya juga opini…lain kalo Perpres itu baru gak boleh salah……:p

          • itu bukan berpikir kreatif …
            tapi memberikan informasi yang menyesatkan…

            Tolong dibedakan dengan berpikir kreatif dengan memberikan informasi yang menyesatkan

          • saya kan bilang “bisa aja” bukan pasti, dan saya juga bukan bicara atas nama orang Departemen Keuangan, jadi posisi saya disini sebagai komentator wajar aja kalau salah dan memang tidak patut dijadikan acuan karena bukan dasar hukum……anda aja yang sensi udah gak sabar nunggu remun keluar…….suka2 saya mau bilang kalo AG itu anggaran…..salah Depkue sendiri yang buat situs ini untuk dikomentari…kalau tidak mau dikomentari gak usah buka space komen….lagipula salah orang Dja/Dpbn yang tidak memberikan informasi yang benar atau mengklarifikasi sehingga “manusia2 kreatif” di blog ini membuat analogi2…anda tidak bisa mengatur orang untuk beropini begini atau begitu…….terserah orang dong mau komen apa, namanya juga komen, yang goblok ya yang mempercayai komen….udah jelas2 semua diatur oleh dasar hukum kok yang komen jadi sasaran….bilang aja kalo udah kebelet remun :p

    • SE Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan RI No. S-2936/AG/2012 tanggal 20 Nopember 2012, juknis pencairan tunkin……….mimpi kalee, capa yang buat tuh SE.

  59. Ditempat saya masih pada bingung mengartikan Tabel Perpres yang sudah keluar, yaitu
    1. Bahwa tabel pada perpres tersebut sudah menjunjukkan nominal dengan prosentase 40%
    2. Bahwa tabel pada perpres adalah prosestase 100% jadi masih harus dihitung 40%-nya dari tabel tersebut.

    MANA YANG BETUL MENURUT PNS PEMERHATI REMUNERASI.
    TERIMAKSIH SEBELUMNYA ATAS PENJELASANNYA.

    • Setau gw itu udah nilai dalam kondisi 40%. Soalnya kalo dalam kondisi 100% maka tabel lampiran di seluruh instansi adalah sama.
      TK 100% Supir instansi A = TK 100% Supir instansi B
      “Equal pay for equal work”

  60. Tidak ada kata kata dalam pepres yang mengatakan 40% atau 100% jadi nilainya sesuai tabel tersebut, dimana kalau melihat tabel tersebut nilaitersebut merupkan nilai 40% jika dibandingkan dengan depkeu yang sudah 100%

  61. Teman2 Sekalian,

    Menurut teman2 di K/L yang sudah mendapatkan Tunjangan Kinerja, yang dibayar adalah sesuai dengan Tabel pada LAMPIRAN PERPRES. Jadi jangan bingung-bingung serta membuat ASUMSI-ASUMSI sendiri. Sekarang tinggal KITA BERDOA semoga Tunjangan Kinerja bisa SEGERA CAIR….Semangat Teman-teman..!!!!

  62. salah satu ciri Reformasi Birokrasi adalah tidak berbelit-belitnya sistem administrasi dalam segala hal termasuk pencairan dana remunerasi yang sudah sah dasar hukumnya, jadi tidak ada alasan Depkue memperlama-lama terbitnya SE, jangan mengaku sudah RB kalau memproses keluarnya surat itu lebih dari 2 minggu setelah tanggal disahkan………Depkue juga dipertanyakan RB nya kalau memproses surat itu berbelit2 dan memakan waktu melebihi 14 hari kerja

  63. pp 94 tahun 2012 yang mengatur hak keuangan hakim terbit 29 oktober 2012. se nya baru terbit hari ini, 30 oktober 2012. perpres remun 20 kl terbit 27 november. jadi se nya kira-kira 31 desember baru terbit… bayarnya???? tunggu tahun 2013…

  64. PEGAWAI BATAN TENANG AJA JANGAN MURUNG HANYA KARENA KOMENTAR ORANG LUAR.. KITA PEGANG UCAPAN SESTAMA KITA… 1-2 PEKAN LAGI KAN?

  65. GILA NIH KINERJA ORANG KEMENKU..KHUSUSNYA DI DJA…MASA SIH MENERBITKAN SURAT EDARAN/SE AJA LAMAAA BANGET! KEMENKU ITU PELOPOR REFORMASI BIROKRASI TAPI KRJANYA LELET!
    INGAT TUNKIN ANDA SDH DIBAYAR 100% PLUS DITAMBAH TUNJANGAN IPK DITAMBAH LAGI TUNJANGAN PRESTASI..TAPI OUTPUTNYA NOL BESAR!!
    INGAT BOLA PANAS PERPRES 20 K/L ADA DITANGAN ANDA/DJA SEKARANG! MASA YANG DIKELUARKAN SE DIBAWAH INI :
    Surat Edaran
    SE-38/PB/2012

    Besaran Gaji Pokok Hakim, Tunjangan Hakim, dan Tunjangan Kemahalan yang Berada di Bawah Mahkamah Agung Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2012

  66. SEHARI INI AJA UDAH 2 SE DIKELUARKAN JADI SE BISA KELUAR LEBIH CEPAT, DAN CEPAT CAIR, KARENA CEPAT CAIR ITU BAGUS.

  67. Tunjangan fungsional jelas bukan tunjangan profesi
    tapi implementasinya mungkin tergantung cukup tidaknya pagu anggaran masing-masing kementrian/lembaga
    Bisa saja kalau anggarannya tidak cukup maka tunkin yang dibayarkan adalah(tunkin-tunjangan fungsional)

    #semoga saja anggarannya cukup

  68. Aduuh…. senengnya. Betul2 berita menyenangkan. 😛 Selamat bagi para calon penerima remun pertengahan Desember. Rezeki berlimpah di akhir tahun & awal tahun. Semoga berkah. Dan semoga saya pun jg segera ikut ketularan dpt remun thn depan. Aamiin. 😀

    • JIMANE BISA JELAS ORANG MOLOR TERUSSS, 😈 😈 😈
      BUAT GUE SANGAT JELAS PERTENGAHAN DESEMBER AKAN CAIR. KARENA CEPAT CAIR ITU BAGUS

  69. ADA YANG TAHU GAK YA? HASIL RAPAT DI CIPANAS KEMARIN?.KATANYA ADA PEMUTIHAN ABSEN TELAT?.
    KITA BERDOA SAJA, SEMOGA CEPAT CAIR KARENA CEPAT CAIR ITU BAGUUUUUS.

      • BUKANNYA PUNISHMEN BUAT YANG TIDAK DISIPLIN, YANG DISIPLIN KAN GAK DAPAT TAMBAHAN? YANG PENTING CEPAT CAIR KARENA CEPAT CAIR ITU BAGUS

      • SETUJU NIH SAMA PAK MAKNYUSS, ANGGAP AJA INI SOSIALISASI PERATURAN BARU (MAKSUDNYA UNTUK PEMOTONGAN TUNKIN) POLISI JUGA KAN SEBELUM MENERAPKAN PERATURAN SUKA ADA TOLERANSI DULU BUAT SOSIALISASI… TAPI INTINYA CEPAT CAIR KARENA CEPAT CAIR ITU BAGUS

  70. berkat doa para penunggu remun, nih dah keluar SE baru :
    SE-39/PB/2012

    Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara Pada Akhir Tahun Anggaran 2012

    :roll:

    • MAKSUDNYA…………………..
      Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara Pada Akhir Tahun Anggaran 2012

      • PNS dilarang memiliki usaha, memiliki saham, dsb… karena PNS ga bole kaya. klo kaya, siap2 nanti diperiksa KPK karena memiliki rekening gendut.. :mrgreen:

        • bolehlah kalo seorang pns bisa kaya dari hasil kerja payah nya di luar hari & jam kerja….apalagi dari warisan tambang emas,

    • SETUJU… KALO GA SALAH YANG GA BOLEH PUNYA USAHA CUMA PEJABAT ESELON II KE ATAS, KALO KITA BOLEH AJA, YANG PENTING CEPAT CAIR KARENA CEPAT CAIR ITU BAGUS

      • kalo ga salah juga, PNS golongan IV keatas dan PNS yang menduduki suatu jabatan struktural, serta istri PNS/pejabat eselon II keatas. semoga saya salah… :mrgreen:

  71. Alhamdulillah, dpt kabar bahwa pak deputi lipi skrg sudah tobat, dia sudah kembali ke jalan yang benar..hehe. Dengan meralat pernyataannya, bahwa tunjangan fungsional tetap diberikan kepada pegawai yang mendapatkan tunjangan kinerja.
    Menurut dia :
    >> Tunjangan Fungsional itu melekat pada gaji, jika pns tidak masuk satu atau 10 hari akan tetap
    menerimanya dan akan rutin dibayarkan tanggal satu setiap bulannya

    >> Tunjangan kinerja, tidak melekat pada gaji, masih belum ada petunjuk teknisnya, potongannya berapa juga masih ada beberapa versi dan
    kapan cairnya …. bersabar

    • itu kan pernyataannya salah satu pegawai lipi di forum intra lipi, bukan pernyataannnya pak deputi..bung under miner copas dari intra y.. 😀

    • wkwkwk….ente tuh klo mau pake nama orang mbok ya jangan copas gan…ente mencemarkan nama baik ane dong klo begitu…sama-sama pns mbok ya saling menghormati…om setagu tau mana under_miner asli atau kayak ente yang copet nama orang…karena email saya adalah bener…

      ati-ati gan…ente bawa nama instansi juga di atas…ane memang dari lipi…tapi ane tidak pernah copas email dari deputi mana pun…

      dan saya yakin ente pun 1 instansi dengan ane…karena ente bisa tau apa yang lagi rame di instansi ane…

      moga ente cepet masuk surga gan…amien

  72. COPAS setagu:
    Tunjangan kinerja tidak menghilangkan tunjangan struktural dan tunj. fungsional.
    Bedakan antara pejabat fungsional dg tunjangan fungsional.
    Tunj profesi bukan tunj. fungsional, makanya pilih salah satu yg menguntungkan, tunj profesi atau tunkin.

    SAYA LEBIH PERCAYA PAK SETAGU DARI PADA DEPUTI LIPI.
    Reply

    PNS Biasa November 29, 2012 at 6:50 am

    SETAGU VS DEPUTI LIP
    Reply
    pendukung cepat cair November 29, 2012 at 12:29 pm

    saya kaga ngaruh, coz blom ikutan fungsional kok. yang penting cepat cair, karena cepat cair itu bagus.
    Reply

    pemerhati REMUN November 29, 2012 at 8:18 am

    Kayaknya lebih masuk akal pak DEPUTI LIPI…
    Reply

    gembel PNS November 29, 2012 at 8:48 am

    tunjangan jabatan tidak sama dengan tunjangan profesi bung…………..
    Reply
    nasi jamblang November 29, 2012 at 8:58 am

    Pak Deputi -nya kurang memahami pasal 8 coba disuruh baca 1 juta kali…..

  73. cuti dipotong, ijin dipotong, sakit di potong, tugas dinas dipotong, diklat dipotong, potong aja semua,…akhirnya ludes,…puas,..puas,.. 😈

    • BINGUNG BINGUNG MIKIRIN POTONGAN, MIKIRIN FUNGSIONAL,, LIHAT SAJA NANTI KALAU SUDAH CAIR, YANG PENTING CEPAT CAIR KARENA CEPAT CAIR ITU BAGUS

  74. Mudah2an cairnya tunjangan kinerja tidak sampai 1000 komentar. Berdasarkan rapat jum’at kemarin bahwa tunjangan kinerja di instansi ane dipastikan (Insya Allah) tgl 14 Desember 2012 mendatang yg dirapel selama 12 bulan + 1 bulan.
    Alhamdulillah. Mudah2an cepat terealisasi. Amin. YRA

  75. Syukur kalau begitu dijanji cair 14 Desember 2012 berdasarkan hasil rapat instansinya. tetapi surat edaran dari Dirjen Perbendaharan belum ada mbak lagi menunggu ni..

  76. berita gembira..,informasi terkini ”bhw bag.keuangan masing2 20k/l d pusat tlh mengajukan permintaan rapel k dirjen anggaran..mudah2an hari jumat depan uangnya dh d bank rekanan kmudian 3 hari sesudahnya uang dtransf ke rekening 20k/l biasanya tgl 14 sdh sampe ke 20k/l yg ada pegwainya daerah,kmudian tgl 17 des bndhara ktr buat spj dan mntransfer k rekening kta masing2 pgawai…tpi anda hrs ingat bg pegawai yg rekening sdh menggelembung di tgl itu…kluarkan zakat,santuni anak2 yatim,sayangi dan cntai dgn tulus emaknya dr anak-anak yatim tsb kmudian kawinin dia

      • info gak akurat, la wong di tempat gw masih sibuk ngubek2x data setiap pegawai.Pencairan rapel sih mudah, yang susah adalah menyiapkan data seluruh pegawai sementara datanya terus berubah. Makanya gw mundur, lebih baik ngurusin usul formasi 2013

  77. Alhamdulillah…Menteri Kami sudah menyampaikan kepada Staf dan Karyawan, bahwa Tunjangan Kinerja Bisa Dibagikan Tanggal 14-17 Desember 2012…ULALA…CETAR MEMBAHANA…!!!!

    • Selamat Ulang Tahun, semoga tugas pengabdiannya semakin bertambah nyata, pelayanan semakin meningkat dan merata diseantero negeri ini. Demikian juga aparaturnya merata kesejahteraannya.

  78. Dalam Peraturan Presiden Nomor 116 Tahun 2012 disebutkan, Tunjangan Kinerja diberikan kepada para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan anggota TNI/Polri yang mempunyai tugas/pekerjaan/jabatan tertentu di lingkungan LSN.

    Besarnya Tunjangan Kinerja disesuaikan dengan kelas jabatan dari masing-masing pegawai negeri, yang diranking dari angka 1 – 16 (plus Kepala LSN), dengan besaran tunjangan dari Rp 1.563.000,00 – Rp 14.131.000,00.

    “Untuk pertama kali penetapan kelas jabatan di lingkungan LSN ditetapkan oleh LSN sesuai dengan hasil validasi yang telah dilakukan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,” bunyi Pasal 7 Ayat (1) PP tersebut.

    Adapun untuk para pegawai negeri di lingkungan LKPP sesuai Peraturan Presiden Nomor 117 tahun 2012 ditegaskan, bahwa dengan berlakunya ketentuan mengenai Tunjangan Kinerja maka Tunjangan Kinerja Ganda dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

    “Pembyaran Tunjangan Kinerja sebagaimana dimaksud, diperhitungkan dengan Tunjangan Kinerja Ganda yang selama ini telah diterima sejak diberlakukannya pemberian Tunjangan Kinerja sebagai pengurang,” bunyi Pasal 5 Ayat (3) Peraturan Presiden Nomor 117 Tahun 2012

    Pada Peraturan Presiden Nomor 118 Tahun 2012 disebutkan, Tunjangan Kinerja ini tidak diberikan kepada: a. pegawai di lingkungan BNN yang tidak mempunyai tugas/pekerjaan/jabatan di lingkungan BNN; b. pegawai di lingkungan BNN yang diberhentikan sementara atau dinonaktifkan; c. pegawai di lingkungan BNN yang diberhentikan dari pekerjaan/jabatannya dengan diberikan uang tunggu; d. pegawai di lingkungan BNN yang diperbantukan/dipekerjakan pada badan/instansi lain; dan e. pegawai di lingkungan BNN yang diberikan cuti di luar tanggungan negara atau dalam masa bebas tugas untuk menjalani masa persiapan pensiun.

    “Tunjangan Kinerja dibayarkan terhitung mulai bulan Januari 2012,” bunyi Pasal 5 Ayat (1) Peraturan Presiden Nomor 119 Tahun 2012

    Sementara pada Pasal 8 Ayat (1) Peraturan Presiden Nomor 120 Tahun 2012 disebutkan, bagi pegawai di lingkungan LIPI yang diangkat sebagai pejabat fungsional dan mendapatkan Tunjangan Profesi maka Tunjangan Kinerja dibayarkan sebesar selisih antara Tunjangan Kinerja pada kelas jabatannya dengan Tunjangan Profesi pada jenjangnya.

    http://setkab.go.id/berita-6543-tunjangan-kinerja-kepala-lsn-lkpp-bnn-bnpt-dan-lipi-rp-193-juta.html

  79. ada yang tau gak permenpan no 63 th 2011 sifatnya mengikat (harus diikuti) apa nggak ??
    Gw lagi megang perka mengenai pembayaran TK di instansi gw, gak ada konsideran yang mengacu ke permenpan tsb. Isinya potongan semua. Menyebalkan. Punish punish punish, gak ada rewardnya :(

  80. SE Terbaru
    SE-40/PB/2012

    Petunjuk Pencatatan Penerimaan Negara Bukan Pajak Jasa Perbendaharaan yang Berasal dari Pengelolaan Kas Negara dan Penerimaan Negara Bukan Pajak Jasa Lembaga Keuangan/Jasa Giro

  81. wanita sholehah ntar kalo remun abang cair pertengahan bulan ini..mau ga nikah sama abang jd istri abang yg ke 5…soalnya penerimaan tunkin stiap bulan abang cukuplah utk biaya hidup rumahtangga kta.,

  82. Hari Jum’at tanggal 07,…ude jelas karena SE uda ada, memang belum terbit/di upload kayak kemarin kan perpresnya tertanggal 17, dan diuploadnya telat,…jadi ini valid,…

  83. Wah Pak agus aku nunggu beneran ini lho ya,..wah ini harusnya pak setagu muncul,..biar gak ribet,…Hai SETAGU, where Are u?

  84. kalo bener se nya sudah turun jelas endaaaaanggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggg

  85. 452..
    S.E. akan di upload setelah komentar mencapai angka 750 .

    Mari saudara-saudara … upload komentar-komentar anda.

  86. Sepertinya jumlah peneliti di Indonesia akan semakin berkurang. Siapa yang mau tunjangan fungsional ga dibayar? Baiklah saya juga mengundurkan diri saja dari peneliti. Mending jadi struktural aja. Hayoo peneliti lebih baik jadi PNS non-fungsional aja deh

    • Peneliti remun lipi benar, aku gradenya 13 diturunin jadi grade 11 gara2 remun.. skrg tunjangan funsionalnya lagi yg di tarik… o…oh.. 👿

  87. Haduhhh.. Ini malah pada komen macem2 mentang2 saya sdh perjuangkan remunerasinya.. Sudah2!! Pada serius kerjanya ya.. Jgn komen2 macem2 pula di sini!!

  88. BERITA gembira….
    5 hari menjelang hari raya natal umat kristiani RAPEL TUNJANGAN KINERJA BAKAL MENGISI MASUK KE REKENING KITA MASING2…skarang tu duit lg sdg jalan menuju k no rekening bpk2 dan ibuk2 serta temen pns dibawah payung 20 k/l…mudah2an tu duit dah nyangkut k kta2 semua tgl 20 des 2012.,DIHARAPKAN AGAR PARA KOMENTATOR DI BLOG INI TDK RIBUT2 LAGI kasih komentar yg macem2 lg….ga lama ko’ hanya mnunggu hitungan hari aja….dr skrg anda2 smua pada brdoa agar berita valid ni tdk ngawur2 tu smua trgntung k/l msing2 trgntung cepat atw lambat dlm pndistribusiannya…pesan terakhir dr saya cintailah poligami…OK’S THANK’S

  89. alhamdulillah kemarin para pejabat teras diinstansiku pada kumpul2, membahas peraturan kepala, mereka menjanjikan minggu depan sdh cair…

  90. Kalo ga mo percaya y udah…dr pada mikirin rapel remun akan cair mendingan dr skrg kta smua kaum laki2 utk rame2 brgerilya mencari wanita2 cantik dan berbudi baik untuk kta nikahi…kan lumayan dgn pmghasilan tambahan tunkin sdh bisa mmenuhi kebutuhan utk mmbina rumahtangga yg baru.. Hidup poligami..hidup poligami..hidu poligami…

  91. Setreess lo bosnya cecak mana ada tgl di kalender masehi sampe angka 32..tu makanya kalo pengen waras jgn tllu dpikirin remun tsb,lhat gue ada ga ada remun hati gue seneng dan istri gue banyak…ha..ha..ha..

  92. bergembiralah para peneliti…karena januari udah terima rapelan, update aplikasi gaji (gpp) sudah ada di perbendaharaan.go.id

    • Alhamdulillah, walaupun Tunjangan kinerja ga sesuai harapan (Selisih Tunjangan Kinerja dan Tunjangan Peneliti) Tetep Bersyukur ^^

      • masih belum beruntung…ternyata aplikasi gpp 2013 masih menggunakan referensi tunjangan pns yang lama untuk peneliti…jadi harus sabar tunggu update gpp 2013 😥

        • @under_miner
          Anda salah pengertian, lihat kalimatnya di HAL-HAL BARU DI APLIKASI GPP 2013:
          1. Penambahan referensi tunjangan Fungsional Peneliti dengan tarif yang baru. Kodenya adalah 114. Dasar peraturan adalah SE Perbendaharaan No.34/PB/2012
          2. Perlu anda perhatikan adalah tunjangan fungsional yang lama tetap dipertahankan di referensi tunjangan yaitu 003. Tujuannya supaya nanti bisa dibuatkan kekurangan gaji.

          Jadi untuk para peneliti, tunjangan fungsional yang baru akan mulai melekat di gaji bulan Januari 2013. Sedangkan kekurangan gaji fungsional (yang dihitung sejak Agustus 2012) akan dibayarkan setelah gaji fung baru tersebut dikeluarkan (lihat SE no 34/PB/2012 sub E.7)

      • @PNS Biasa
        Siapa bilang selisih tunjangan kinerja dan tunjangan peneliti?
        Di Perpresnya selisih TUNJANGAN KINERJA dan TUNJANGAN PROFESI lho…
        InsyaAllah dapet dua-duanya

        • itu yang terjadi di kementrian kami, pada ga bisa bedain TUNJANGAN PENELITI yang nyamakan dengan TUNJANGAN PROFESI….peneliti ko bloon dalam mengartikan kata2 dalam peraturan….cihh!!!makin lama cma gara2 debat ginian karena di kementrian pertanian kebanyakan pejabat dari fungsional peneliti yang merangkap jabatan!

  93. Khabar uptudate dan terkini….bbrapa bndhara penerimaan k/l hari kamis pagi tgl 6 des sdh ada yg pergi ke KPPN utk urusan administrasi keuangan… Biasanya 4 hari ssdh itu SPM dh kluar.?temen smua yg sabar y…

  94. coba anda cermati PER-46/PB/2012 petunjuk pelaksanaan pengeluaran negara atas beban bagian anggaran bendahara umum pada akhir tahun 2012 ada petunjuk ngah…?

  95. tunjangan fungsional peneliti yang baru untuk bulan januari 2013 masih belum bisa di ajuin,untuk aplikasi gpp 2013 memang tidak bermasalah…tetepi ketika mau di buat spm nya di aplikasi spm 2013…ternyata harus tunggu persetujuan dipa 2013 dari kanwil…harus bersabar lagi ya para peneliti 😛

    • iya jelas tong…..pos anggarannya dari menong mau dicairkan ?? 😆

      emang UK ente udah anggarkan di 2012 ??? belum toh ??? ya nunggu 2013…itu kalo di anggarkan….kalo enggak ya 2014 :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

  96. Yang terjadi di Kementerian kami itu sungguh bodoh!!!
    Pada ga bisa bedain tunjangan!!!

    Tunjangan Peneliti ko dianggap tunjangan profesi!!! <<< sok anggap profesional sih nih peneliti…oon!

    Ujung-ujungnya Tunjangan Kinerja jadi bisa mundur gara2 pembahasan ini yang ga selesai2!!!!

    Kami akan PTUN-kan itu peneliti2 yg sok ngaku doktor!!!!!pendidikan aja lo tinggi tapi artikulasi peraturan pada ga bisa!

    huahahahaha!!!

    • sungguh aneh kalo seorang peneliti salah meneliti dan salah mempresepsikan perpres tunjangan kinerja

      kasian deh looooooooooooooooogggggggghhh

      • saya ada dibelakang pegawai2 yg biasa2, yg ga ngaku profesional, yg ga belibet cma ngurusin arti kata dalam UU/Perpres!

        SEGERA MENUNTUT CAIRKAN TUNJANGAN KINERJA!!!!

        BAGITOO = BAGI ROTOOOO!!!

  97. Merujuk Ps 7

    (1) Untuk pertama kali penetapan kelas jabatan dari para
    pemangku jabatan di lingkungan Kementerian Pertanian
    ditetapkan oleh Kementerian Pertanian sesuai dengan hasil
    validasi yang telah dilakukan Kementerian Pendayagunaan
    Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

    ^^ ini peneliti pada ribut ngurusin absen!!!
    wuakakakakka….cuma bisa ketawa aja!!sok jujur itu = munafik bin ribet!

      • pejabat di kementan kebanyakan rangkap dengan fungsional peneliti, jadi mereka masih ribut menetapkan kelas jabatan 👿 👿 👿 👿 👿

        netapin kelas jabatan untuk pertama ko pake rumus yg rumit, ya outputnya bikin panas lahhh… :mrgreen:

        • termasuk wamen nya yah ?
          Koreksi, gak ada istilah rangkap jabatan. Kalo dah struktural, otomatis fung. tertentunya diberhentikan sementara

          • enggak klo wamen…
            cuma sosialisasi harusnya sampai ke bawah..emang cuma kementrian yg di ragunanan aja :roll:

  98. Mari suruh bendahara Unit Kerja kita ke KPPN!!!!!!

    Biar ga lama kaya giniiiii…..kasih SPPD kalo perlu biar semangat ke KPPN :mrgreen:

  99. sebenarnya surat edaran PB ada nggak sih, kok isyu santer pencairan tunkin sudah rame

    GIMNA BANG SETAGU UNTUK POINT KE 2 PADA MEKANISME PEMBAYARAN TUNKIN 2012 KOK SEPERTINYA
    DILEWATI? ???

    MOHON INFORMASINYA.

  100. besok seluruh (bendahara & kepegawaian) upt eseleon 1 kami kumpul d pusat (kementerian) untuk membahas mekanisme pembayaran tunkin, jadi kalo dihitung2 seperti perkiraan sebelumnya, setelah pulang dari kementerian baru kepegawaian membuat daftar pembayaran tunkin yg dilanjutin oleh bendaraha bikin sp2d, kira2 begitu…….. sebelum tgl 22 :smile: :smile:

  101. di tempat ane juga sudah di rekap 13 bulan sipppp..

    cuma yang dibayarkan selisihnya saja tunkin-tunjangan fungsional

    gpp lah…

  102. hmm, rekapannya tanpa pengurangan tunjangan fungsional umum dan tertentu, hanya berdasarkan rekap absen.( Grade x 13 bulan – potongan absen) . . .

  103. Sekarang kita debat dan ribut masalah pencairan…….nanti kalau sudah cair kita lanjutkan ya ributnya masalah kenaikan tunkin lagi…biar seru…dan membuktikan bahwa kita adalah manusia biasa yang tidak pernah puas dengan apa yang sudah diperoleh….betul begitu aa’ Gym….. :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

    • sebelum ribut ke sana akan ribut dulu masalah

      “si A dapat brp kenapa si B cma dapat berapa”

      😆 😆

  104. asyik instansi ane udah ada rekap penerimaan per pegawai, suruh dikoreksi masing2 satker dan dilaporkan ke maksimal hari ini, 7 Des 2012 jam 20.00 WIB.. 😛

    • Tugas belajar ?
      Kalo di perpres sih yg TB tidak termasuk yang tidak menerima TK.
      logikanya ybs sedang ditugaskan untuk belajar
      Masalahnya jabatannya mo dikasih apa ???
      Di instansi ane sih, TB tetap menerima TK, tapi dengan kelas jabatan yg telah disesuaikan

      • @AdhieWy.. Instansi anda apa? Kalau saya LIPI.. Mudah2an yg di LIPI jg ttp dpt remunnya meski lagi tugas belajar.. 😛 :smile:

    • klo petunjuk teknis di tempatku, klo tugas belajar yang dibiayai oleh DIPA Instansi sendiri masih dapet TK, tapi klo biaya dari instansi luar tidak mendapat TK, sebagai contoh: orang ANRI dapet beasiswa dari pusbindiklatren ya dia ga dapet TK.
      adapun besarannya adalah grade maksimal sama dengan staf fungsional umum.
      untuk S1/D4 grade 5, S2 grade 6 dan S3 grade 7

      • Soal grade sama tuh kaya perka gw. Tapi sepertinya tidak dibedakan menurut sumber anggarannya. Bukanyya walau anggarannya dari instansi luar, surat perintah tugas belajarnya kan dari instansi ybs ??

        • klo tempatku gitu, dengan jelas menyebutkan klo tugas belajar biaya dari instansi luar tidak berhak mendapatkan TK.

  105. UDe jelas tanggal 10 keluarnye,..pada kemana lu pade,..kagak update berita ya,..leatnya cuma d stagu aje,..stagu juga gak muncul2,.,…nangis lu ye,.. 😎 😎 😎 😎

  106. Untuk Serikat PNS Kementan seIndonesia: Orang cerdas itu kata-katanya sopan tapi berbobot,, tidak memicu ribut tapi menyelesaikan masalah 😮 bukan begitu? ayo mari kita saling menghormati dan blog ini dapat menjadi forum silaturahmi he,,he,, 😆

    • No. : 580X/SU.4/KU/XII/2012
      Lamp. : 1 (satu) berkas
      Hal. : Tunjangan Kinerja Pegawai XXXX

      Jakarta, 7 Desember 2012

      Kepada Yth.
      Kepala Satuan Kerja di lingkungan XXXX
      Di tempat

      Dengan hormat,

      Bersama ini kami sampaikan surat Sekretaris Utama XXXX nomor 568X/SU/KU/XII/2012 tanggal 5 Desember 2012 perihal penyampaian kebutuhan tunjangan kinerja pegawai XXXX.

      Sesuai arahan pimpinan XXXX, untuk efisiensi dan efektivitas pencairan tunjangan kinerja XXXX tahun 2012 dilakukan melalui satu pintu yaitu pada Biro XXXX dan Perlengkapan XXX.

      Sehubungan dengan hal itu, kami mohon Saudara dapat segera mengirimkan Nama Bendahara, Nomor Rekening Bendahara Pengeluaran dan Nama Bank Satuan Kerja masing-masing sebelum tanggal 11 Desember 2012 ke Sekretarat Kepala XXX XXXX :

      e-mail : xxxxxx@gmail.com
      Fax : (021) xxxxxxxx
      SMS : xxxxxxxxxxxx

      Selanjutnya kami akan mengalokasikan dana sesuai dengan rekap tunjangan kinerja terlampir untuk disampaikan kepada pegawai Saudara sesuai dengan kelas jabatan masing-masing. Teknis penyampaian tunjangan mengacu pada ketentuan Peraturan Kepala XXXX nomor 03/E/2012 tanggal 22 November 2012 tentang penegakan disiplin dalam rangka pelaksanaan pemberian tunjangan kinerja pegawai di lingkungan XXXX dan pertanggung jawaban keuangan masing-masing satuan kerja disampaikan sebelum tanggal 28 Desember 2012 kepada :

      Nama : XXXXXXXXX, XXX.
      Jabatan : Kepala Sub Bagian Pembayaran Bagian XXXXXXXXXX
      Alamat : Jl. XXXXXX Jakarta 12710

      Atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami ucapkan terima kasih,.

      Kepala Biro Umum dan XXXXXXX,

  107. Silahkan temen2 smua 20k/l utk nangkring d atm antara tgl.17 s/d 20 desember…jgan lupa kluarkan 2,5% utk zakat n santuni anak yatim dan kaum fakir miskin…jd ga usahlah kta berdebat lg ini itu yg ga pnting…anjuran saya lbh baik dri skrg temen merencanakan mo d kemanakan uang yg segepok itu.,mulailah ancar2 dr skrg mo d pakai utk apa uang tsb…salam bahagia utk smua…

  108. Pak Bendahara yth, rapelanku jangan masuk rekening karena ATM dah dipegang istri dan PIN nya udah diluar kepala lagi. Kasih tunai saja ya…..

  109. Non syahrini, minggu ke mana nih??? sudah tidak kena pajak, pajak menjadi beban APBN, so murni X 13 dikurangi tidak masuk, terlambat datang, pulang cepat. Rapel paling cepat tgl 18 des….. @ pak benda hara ; deal ya 10 persen…

  110. Syahrini kalo pndapatan tunkin kta dgabung sama dgn pnghasilan pjabat yg di grade 13., stlh trima rapel bgmanana kalo kta kawin aja….ntar kta bsa bli rmah,bli mobil,shoping dan lain sbgnya…minggu dpan aku bakal lamar kamu

  111. mungkin se sudah keluar dan langsung dikirim ke E1, soalnya bendahara satker ane udah dimintai no rek untuk transfer dana remun.

  112. Pemberitahuan.

    Berkenaan telah dikeluarkannya perpres nomor 101 s.d. 120 mengenai tunjangan kinerja 20 K/L, sehubungan dengan hal tersebut diberitahukan bahwa untuk SE tidak di publikasihan ke khalayak mengingat agar tidak terjadi kegaduhan mengenai pencairan tunjangan kinerja tersebut.

    Untuk itu silakan saudara-saudara untuk sering-sering melakukan pengecekan ke ATM saudara, siapa tahu tunjangan kinerja telah ditransfer ke nomor rekening masing-masing.

    Demikian pemberitahuan untuk menjadi perhatian dan terimakasih.

    :mrgreen:

  113. Ngapain cepet2 tengokin saldo rekening d ATM…
    Sok tau kamu..yg bner tu dr tgl 17 s/d 20 desember
    tpi tmen2 harus ingat jgn keseringan kartunya d gesek utk ngecek d atm ntar bisa2 kartunya lecek rusak dan ga kbaca lg…

  114. Kata bagian keuangan di instansiku, sampai saat ini se belum keluar, kalopun keluar hari selasa masih ada 3 tahap lagi, dan kemungkinan tidak akan ke kejar untuk mencairkan remunerasi di akhir tahun ini kemungkinan bisa jadi lewat tahun 2013, dan nasib uang remun masih spekulasi. kemungkinan lama cair, karena lama cair tidak bagus.

  115. Untk @pndukung lama cair dan buat @grade 6…
    Boleh2 aja kamu brspekulasi kek gtu…mo tahun dpan lah..yg pnting kami smua dh bsa cair dan rekening kami bengkak seblm NATAL.,BUAT ANDA BRDUA YG Sabar aja y..slamat mnunggu remun cair taun dpan buat anda brdua…

  116. Kalo cair taun depan, emang duitnya darimana? Tunkin ini kan masuk TA 2012, jd yg dari DIPA tinggal revisi DIPA, yg dari BA 999 juga tinggal nunggu, but keywordnya sama TA 2012, InsyaAllah keluar tahun ini juga, klo masalah penyaluran di instansi masing2 dan akhirnya terlambat, brarti segera dievaluasi tuh K/L yg lelet gitu, katanya dah reformasi birokrasi 😀

  117. P’cinta poligami..cuma bisa ngeribetin..gausah ngomong kalau gatau pastinya…jangan jangan ni orang bukan dari 20 k/l.cuma orang sirik aja

  118. dengan nama allah, saya tidak berbohong, saya termasuk 20 k/l dqn ini realita yang harus dihadapi, bukankah polri juga bisa cair di tahun berikutnya? hanya saja katanya cuma bisa rapel maksimal 6bulan. bukan dari januari, sedangkan sisanya dikembalikan. sekedar informasi soalnya saya tahu masalah, bukan cuma asal bergebu tanpa fakta. sama saya juga pengennya cepat cair, karena lama cair itu tidak bagus.

  119. untuk pendukung lama cair, jangan nyebar info yang nggak da dasarnya, menteri kita malah bilag turun minggu ini, ini menteri lho yang bilang

  120. Barusan di-instansi ane ada pengarahan dari para pejabat plus Bpk. Menteri tentang capaian kinerja pegawai Rangka RB. selama tahun 2012. Disini ane gak mau bicara (ngetik) banyak2. Pada intinya Pak Menteri beserta jajarannya mengatakan bahwa TuKin akan cair 3 atau 4 hari kedepan. Berarti paling lambat tgl 14-Desember-2012 (Insya Allah). Alhamdulililah. Amin YRA….

  121. Alhamdulillah td pak mentri di kementerian saya baru ngasih pencerahan kalo remun cair 2/3 hari lagi yakni kalo enggak rabu/kamis.

  122. Lets Pray together brothers and sisters ?(?.??)
    All things that we’ve done
    All things that we’ve been through for the past couple years
    Preparing for this “Tunkin”
    It will be nice in its time

  123. babeh …kan babeh tgl 17 mau dapet uang tunkin ya…babeh…aku pengen beli mamah yang baru,,! boleh ya beh…
    ” ayo siapa yang berminat “

  124. Sekilas info, anggaran untuk pembayaran TK sudah masuk ke rekening instansi masing2x
    Tinggal menunggu proses pencairannya. Ayo temen2x di Biro Keuangan, ditunggu SPJ nya

  125. WAH MANTAPP GAK DIKURANGI TUNJANGAN FUNGSIONAL

    TERBUKTI TUNJANGAN FUNGSIONAL BUKAN TUNJANGAN PROFESI….ANALISA OM SETAGU MANTAP

  126. ADA YANG BAJAK NAMA DAN GAYA GUE NIH, NGAJAK BERANTEM. UDAH GITU NGASAL LAGI NGASIH KOMEN. SI PENDUKUNG LAMA CAIR HOAX AJA PAKE NAMA ALLAH, CEPET TOBAT BUNG, YANG JELAS PASTI CEPAT CAIR KARENA CEPAT CAIR ITU BAGUS..

  127. Yes makasih mas setagu, setelah lama mengikuti perkembangan blog ini akhirnya CAIR MEMBAHANA BADAI, SESUATU YA SYAHRINI

  128. DI INSTANSIKU KOK BELUM MASUK REKENING YAH, APA ADA YANG SALAH?, RISTEK DULUAN YA?. BERARTI INSTANSI GUE JUGA UDAH DEKET NIH SEMOGA CEPAT CAIR KARENA CEPAT CAIR ITU BAGUS.

  129. AYO UNTUK YANG PERPRESNYA NO.111 KITA BERDO’A SAMA SAMA “SEMOGA CEPAT CAIR KARENA CEPAT CAIR ITU BAGUS…” AAMIIIIN.

  130. boleh cepat boleh lama, asal jangan terlalu menggebu, tiap instansi akan berbeda mungkin aja ristek duluan, yang lain tahun depan juga bukan hal mustahil. pengennya sih tidak lama cair karena lama cair itu tidak bagus.

  131. Pemberitahuan.

    Berkenaan telah dikeluarkannya perpres nomor 101 s.d. 120 mengenai tunjangan kinerja 20 K/L, sehubungan dengan hal tersebut diberitahukan bahwa untuk SE tidak di publikasihan ke khalayak mengingat agar tidak terjadi kegaduhan mengenai pencairan tunjangan kinerja tersebut.

    Untuk itu silakan saudara-saudara untuk sering-sering melakukan pengecekan ke ATM saudara, siapa tahu tunjangan kinerja telah ditransfer ke nomor rekening masing-masing.

    Demikian pemberitahuan untuk menjadi perhatian dan terimakasih.

    :mrgreen:
    ….

  132. Ternyata ttg kabar ristek sdh cair, berita Hoax. barusan dpt kabar dr temenku yang di ristek, emang blom cair. rencana minggu depan katanya.

  133. he..he.. berita bo’ong semua. gmn mau cair, org dimintain foto copi ktp suami/istri, surat nikah dan kartu keluarga. data ini aja belum terkumpul semua di masing2 instansi, belum waktu pengirimannya + hitung2an. utk minggu dpn insya Allah mudah2an cair… amin.

    • @pns miskin,..mana ada dimintain ftkp ktp,kk dll….mengada-ada ja sih lo,…pantesan miskin mulu,..pns itu sekarang udah sejahtera…ga bakal miskin2 amat…

      • @hai orang dalam (kubu kali ya).. yg di mintain itu di instansi gua, nggak tau di tempat lain.. yg bilangin gua miskin amat siapa? kalau gua jujur, gaji ama tunjangan selama ini nggak cukup buat sejahtera.. hutang masih salah satu jalan keluar. kalau lo mungkin aja korupsi.. bisa beli rumah ama mobil bs langsung lunas..

      • 111 itu K/L nya BATAN ya, kelihatanya banyak yang koment disini, apalagi si pendukung cepat cair tiap hari melototin terus dan koment, gak pernah absen koment weleh…weleh….weleh….

  134. agar tidak terjadi kegaduhan, saya pastikan dari 20 k/l belum ada yang cair, paling cepat senin depan. demikian semoga menajadi tenang situasinya. makasih