39 Kementerian dan Lembaga Penerima Remunerasi Tahun 2013

Post On: 7 January 2013
By:
In: Opini
January 8, 2013

Mengacu pada perpres itu Pe­ra­turan Presiden Nomor 81 ta­hun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010–2025, pada tahun 2012 seharusnya pelaksanaan reformasi bi­rokrasi di kementerian/lembaga, namun pada tahap pelaksanaannya ada beberapa K/L yang belum siap.

Tahun 2012 pemerintah menargetkan Kementerian dan lembaga yang melaksanakan program Reformasi Birokrasi sebanyak 39 K/L. Jumlah tersebut diluar dari 20 K/L yang sudah terlebih dahulu telah dinya­ta­kan lolos program reformasi biro­krasi  dan disetujui tunjangan kinerjanya.

Berdasarkan data Ketua TRBN yang dipaparkan pada awal tahun 2012, dari 39 K/L tersebut terdapat 16 K/L yang sudah mengajukan usulan dan road map pada tahun 2011 dan diproses lebih lanjut pada tahun 2012 sebagai berikut:

K/L
1. Kem. Pekerjaan Umum 8. Bapeten
2. Kem. Lingkungan Hidup 9. Kem. Perdagangan
2. Kem. Perhubungan 10. Kem. Kehutanan
3. Kemdikbud 11. Wantannas
4. Kem. Pariwisata Ek. Kreatif 12. Kem. Luar Negeri
5. Kemenpora 13. Kem. Kesehatan
6. Kem. Kelautan dan Perikanan 14. Kem. Tenaga Kerja
7. LAPAN 15. Kem. Dalam Negeri

Sisanya sejumlah 23 K/L belum mengajukan Usulan RB, Dan Ditargetkan Segera Diproses Tahun 2012, yakni: 

1. Kemen. ESDM 13. MK
2. Kemen. Kop UKM 14. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)
3. Kemen. PDT 15. BNP2TKI
4. Kemen. BUMN 16. BSN
5. Kemensos 17. Basarnas
6. Kemen. Agama 18. Setjen DPR RI
7. Kemen. Kom Info 19. Setjen MPR RI
8. BIN 20. Setjen DPD RI
9. Bakosurtanal 21. KPU
10. BMKG 22. Bakorkamla
11. BPN 23. Komisi Yudisial
12. Perpusnas

Tabel diatas adalah data pada awal tahun 2012, sehingga dalam perkembangannya ke-39 K/L tersebut sudah mengajukan usulan dokumen RB. Khusus 16 K/L awal, sudah dilakukan verifikasi lapangan sedangkan ke-23 K/L yang lain sebagian besar sudah dilaksanakan proses verifikasi lapangan tersebut. Hasil penilaian penilaian dokumen verifikasi Lapangan yang dilakukan Tim UPRBN akan disampaikan kepada Ketua TRBN.

Dasar penentuan passing grade dan skor yang digunakan serta besaran Tunjangan Kinerja (TK)
Range Skor Level Keputusan Usulan Besaran TK
0-10 0 Tidak Diberikan TK Tidak Diproses
11-30 1 Tidak Diberikan TK Tidak Diproses
31-40 2 Diberikan TK 40% dari Kemenkeu
41-50 2 Diberikan TK 45% dari Kemenkeu
51-60 3 Diberikan TK 50% dari Kemenkeu
61-70 3 Diberikan TK 55% dari Kemenkeu
71-80 4 Diberikan TK 65% dari Kemenkeu
81-90 4 Diberikan TK 75% dari Kemenkeu
91-100 5 Diberikan TK 100% dari Kemenkeu

Artinya jika hasil skor penilaian dibawah 31 atau berada pada range 0 s/d 30, K/L tersebut tidak akan diberikan dan di proses tunjangan kinerjanya. Minimal hasil penilaian harus berada pada level 2 dengan besaran TK 40%.

Seperti diketahui skor penilaian dilakukan atas 9 area perubahan yaitu: (1) Manajemen Perubahan, (2) Penataan Peraturan Perundang-undangan, (3) Penataan dan Penguatan Organisasi, (4) Penataan Tata Laksana, (5) Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur, (6) Penguatan Pengawasan (7) Penguatan Akuntabilitas Kinerja, (8) Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dan (9) Quick Wins.

Jika rekan-rekan PNS bertanya soal hasil penilaian dokumen dan verifikasi lapangan, penulis sarankan agar bertanya dulu ke instansi masing-masing khususnya bagian yang mengurusi Reformasi Birokrasi. Setagu.net hanya menyampaikan gambaran umum bahwa proses reformasi dan pemberian remunerasi pada tahun 2013 ini difokuskan pada 39 K/L di atas. Dan bila ada info valid soal hasil verlap akan saya sampaikan.

Seperti biasa setiap tahapan RB dan proses penetapan tunjangan kinerja sampai dengan pencairannya akan diinformasikan dan diposting di blog ini. Siap untuk berharap-harap cemas? :)

Update:
-Kemdikbud : Skor 47 level 2 (45%)
-Kem. Perhub : Skor 44 Level 2 (45%)
-Wantannas : Level 4 (65%)
-Kemnakertrans: Skort 53 Level 3 (50%)
-Kem. Kesehatan: Skor 66 Level 3 (55%)
-Kem. Kominfo : Skor 57 Level 3 (50%)
-Kemdagri: Level 3 (50%)
-Bapeten : Skor 51 Level 3 (50%)

Tags: , ,

323 comments on “39 Kementerian dan Lembaga Penerima Remunerasi Tahun 2013

  1. Buat Temen2 K/L:…Semoga cepat Cair TK-nya. pengalaman kami di K/L yang telah mendapatkan TK Tahun 2012, Selalu Bersabar dan Tetap Berdoa….

  2. ralat, berdasarkan surat menpan, kemnakertrans dapet nilai 53 level 3(50%),
    tp gatau tunjangannya nanti berapa, mungkin dipukul rata seperti 20 K/L sebelumnya

  3. BPN (Badan Pertanahan Nasional) nggak bakalan minta remunerasi. Seorang pegawai BPK pernah bilang, BPN satu-satunya K/L yang tidak mau mereformasi diri.

  4. level tuh nggak ngaruh, menurut pegalaman di 20 K/L walaupun ada yang sampai 70 % tetep semua terima di 40 % untuk awalnya.

  5. ngitung tknya jangan berdasar penilaian RB lawong pada kenyataannya 20 K/l penerima rapelan kemaren TKnya dibagi rata ndk ada level2an… yang penting nilai RB diatas 30 biar TK cair… Semangat ber RB

  6. Semua patut untuk disyukuri…tapi perlu kesabaran juga…pengalaman tempat kami yg ikut rombongan 2o KL baru bisa cair desember 2012…jadi sabar saja

  7. Berdasarkan pengamatan, sejang bang setagu posting grade penilaian RB setelah mencapai koment 1000 lebih, baru muncul perpres, postingan perpres juga mencapai 1000 lebih komen baru keluar SE, saran saja ‘buat komen pecahkan rekor yang terdahulu……, pisssss

  8. PAGI SEMUA TEMAN2S SPERJUANGAN!
    ANE MINTA BANTUAN DONK…
    DIANTARA 20 K/L KEMARIN YG SDH PADA TRIMA TK-NYA..BISA GA ANE MINTA FILE KELAS JABATAN/JOB BRADING DI-INSTANSI TEMAN2S??
    BAHAN ITU BUAT REFERENSI PENYUSUNAN KELAS JABATAN DIINSTANSI ANE..
    INI EMAIL ANE YA FRENS.. : a_dedy@yahoo.com
    THANKS BERAT ANE UCAPIN UTK BANTUANNYA! 😮

  9. Sebagai guru tentu saya sangat mengharapkan REMUNERASI, karena saat ini memang belum mendapatkan tunjagan Remun tersebut.

    Namun demikian, dulu saya belum pernah naik pesawat, tetapi kini setelah jari kepala sekolah bisa Studi Banding ke Malaysia, Singapura, bisa Umroh sekeluarga, bisa jalan-jalan sekluarga, seperti ke Bali, Lombok, dan lain-lain

    Memang Tunjangan Remun saya belum dapat, tetapi terus terang mudah-mudahan guru juga mendapatkan remun seperti yang lain, karena saat ini guru baru mendapatian tunjangan Setifikasi satu kali gaji, tunjangan fungsional guru, dan ada beberapa penghasilan lain yang sah.

    Mudah-mudahan Remun bagi guru bisa diatas 75%. Amien

      • kan sama aja sertifikasi itu bos???? jadi sama aja sama kayak si tukin malah lebih besar sertifikasi di daerah2 di bali sekali aja bisa 25jeti itu aja pertahun dah 100jutaan

    • tamak bener mas ,, ingat harus disesuaikan dengan kinerja, sertifikasi 1 kali gaji itu kn juga remun, udah gede gajinya dengan jam kerja yang cm sedikit, disyukuri mas, inget, gaji gede pertenggungjawabanya jg gede, kinerjanya jg harus di perbaiki, g ada lagi telat2an, telat masuk potong gaji, salah dikit kena punishment,

    • Cukup! Tunjangan Profesional Guru PNSD (TPG) atau sejenisnya itu sudah bikin iri para PNS lainnya, karena kita tahu kinerja guru ya begitu-begitu saja. Guru harus tunjukkan kinerja yang lebih baik. Lagipula, TPG juga sudah cukup membebani APBN melalui Dana Penyesuaian.

    • Kalo ditanya siapa yg lebih berhak di remun, saya rasa kesehatan harusnya lebih dulu…coba aja lu waktu lahir yang ditanya apakah bayinya SEHAT ??? bukan apakah bayinya PINTER NGAJAR, PINTER EKONOMI, KUAT, PINTER NGITUNG ??? artinya kesehatan lebih didahulukan dari yang laennya…kalo kecilnya aja gizi buruk, penyakitan, cacingan, gimana mau PINTER malah jadi IDIOT !!! jadi sok atulah kesehatan heula…

      • ni lebih parah lagi….ngurusi kesehatan itung itungan…….kalo jadi dokter kaya gini neh yg bikin pasien ditelantarkan….otaknya dah ngerasa berjasa minta dihargai materi….nggak jauh dari dukun..dukun aja masih ada yg baik niat nolong…

    • Sebaiknya sampean ganti nama saja. Jangan pakai nama Syukur, tapi yg lain saja. Kufur kek atau apa saja. Tolong tetangga kiri-kanan dilihat. Bahkan dg sesama PNS pun, sampean itu sudah beruntung dapat tunjangan macam2. Apalagi dg orang kebanyakan seperti saya ini. Saya sendiri yakin, di luar sana banyak orang lebih punya kompetensi ketimbang sampean. Tetapi karena suatu hal, mereka tidak seberuntung sampean. Maka, tolong deh, jangan nuntut hak melulu. Tunjukkan dulu kinerja sampean. Paling mudah, buat sampean para guru, buktikan dulu kalau mutu pendidikan di Indonesia itu tidak kedodoran seperti sekarang ini.

    • “penghasilan lain yg sah”??? ini sah berdasar aturan yg sembarangan. tetapi tdk sah berdasar rasa keadilan. atau bisakah disamakan dng “korupsi yg disahkan”?

  10. :roll: bang setagu minta infonya dong kapan nich remunerasi di kemenkumham di bayarkan setiap bulan seperti TNI dan POLRI,, kalau isu nya dah senter bgt nich tapi gak tau realisasinya kapan,, mungkin bang setagu punya info?? terima kasih,,,

    • yang menghina guru sama aja dengan binatang.kalian bisa jadi manusia juga karena diajarin sama guru, mana A,B,C nya SBY jadi presiden ,karna dia ada ilmu,belajar dari guru.kenapa guru selalu dihina.sungguh kalian tak lebih dari seekor binatang yang tak tau diuntung.guru jadi terhina juga karena pemerintah yang tak tahu aturan,gaji guru sepeser,sementara tanggung jawab dibebankan dunia dan akhirat,apa kalian sudah buta semuanya,termasuk pemerintah?

      • Nih, beginilah potret guru kita. Orang lain mengkritisi, reaktif membawa-bawa dunia-akherat segala. Sampean ini, kalau mempertimbangkan namanya, tentu orang yang paling tidak sehari 17 kali membaca surat Al Fatekhah. Tetapi sudah sering merenungkah sampean dengan makna ayat ke 4 surat tersebut? KepadaMU aku menyembah, dan kepadaMU aku mohon pertolongan. Kalau sampean lebih sedikit jernih, maka ayat tersebut sesungguhya mengharapkan kepada kita untuk mendahulukan kewajiban/kinerja/prestasi ketimbang hak. Karena itu, kalau ada orang yg jengah dg guru PNS yg masih nuntut macam-macam, sementara prestasi kerjanya memprihatinkan, maka sebagai muslim sebaiknya sampean jangan reaktif. Justru itulah sesungguhnya kesempatan sampean untuk melakukan permenungan.

      • yang diajar nya binatang…lah yang ngajarnya apaan ????? kita mah ngarepin guru yang kaya umar bakri,….SBY, Sukarno, Habibi,dll juga diajarinnya bukan ma guru jaman sekarang tapi diajar ama guru semodel umar bakri….tp mereka bisa jadi orang besar.kagak pake les-lesan, cukup di sekolah full..tp mereka bisa jadi orang..kita ingin di sekolah sudah mencukupi anak sebagai media pembelajaran 100%, jd anak tidak jengah dengan les,privat dll…so guru nya yang rajin ngajarnya….kan sudah banyak tunjangannya..

  11. jangan gitulah guru dapaet tunjangan dobel,ngajar kagak becus ….. kau jadi sekarang karena andil gurumu sekian %,ortu,lingkungan dll% …..perlu diketahui tak semua guru demikian.kalau bolehla aku ngusul sama pengelola negeri ini gaji guru lebih besar dari pns lain habis semua adalah atas bimbingnya selamat bapak2/ibuik2 guru kalau dari dulu gajimu diperhatikan aku yakin indonesia tak seperti sekarang terimah kasih guru2ku dan rasa hormatku yg tinggi pada bapak/ibuk yang memegang profesinya secara jujur semoga kau dapat kesejahteraan di dunia dan akhirat wassalam

    • nih maaf kate ni ya.. bukan nggak berterima kasih ama itu guru tp kadangan kebangetan minta sumbangannya. kadangan alasan2 nggak masuk akal sep,1. uang perpisahan guru (20rb) 2. uang denda kalau tidak ikut berenang (10rb) 3. uang sewa lapangan (15rb) 4. uang jalan2 bersama nyampe 300rb dll. sementara perhatian terhadap perkembangan siswa nggak ada apa2nya… (tp ini bkn utk semua guru) terima kasih guru yg berhati mulia)

  12. selamat menunggu..

    kalo’ 20 K/L tahu 2012. skg tunggu cairnya TK,apakah tiap bulan? tiap 3 bulan ? tiap 6 bulan? atau tiap tahu ?

  13. Mohon informasinya untuk yang di kementerian yang udah terima tunjangan kinerjanya, kalau level Direktur,Kasubdit dan Kasie (eselon IV/a) dapet kelas jabatan berapa ya ? terimakasih

  14. SLAMAT BAGI KEMENDIKBUD, PARA GURU&DOSEN SELAIN DPT GAJI, TUNJ FUNGSIONAL+ TUNJ SERTIFIKASI (1 BULAN GAJI) DPT REMUNERASI WAH ENAK AMAT JADI TENAGA PENDIDIK BISA-BISA GAJINYA 12 HINGGA 20 JUTA SEBULAN, KERJA SANTAI, BANYAK LIBUR, MASUK JAM 8 PULANG JAM 12, KALO DOSEN RANGKAP PENELITI YG DPT PROYEK PENELITIAN MILYARAN SEHARUSNYA REMUNERASI UNTUK TENAGA NON PENDIDIK

    • Orang seringkali mengatakan : “wah enak ya jadi ini atau itu” karna hanya melihat dari besarnya uang yang ” nantinya” akan di dapat,terutama untuk guru dan dosen…
      wajar dong kl dapat tunjangan n sertifikasi…

      kl remun…semua K/L akan trima sesuai dgn kesiapan K/L tsb dan juga ada aturan yg jelas

      Sertifikasi? kl emang seorang guru atau dosen dianggap layak /berkompeten dlm bidangnya, kenapa tidak? lagian ada aturan yg jelas n semakin ketat…gak mungkin kan guru/dosen ngajar tapi dia sendiri “LEMOT”

      dosen merangkap peneliti? 😀
      tugas dosen ya “Tri Dharma : pendidikan+pengajaran,pengabdian,penelitian”.
      jadi mau gak mau ya harus lakukan penelitian.
      kalau ada K/L yg menawarkan proyek sampai milyaran dan dosen itu mampu mengerjakannya…kenapa tidak?

      kalau pun ada tenaga pendidik yg kerjanya santai…artinya yah orang itu gak sadar aja dgn tanggung jawabnya n suatu saat pasti akan tersingkirkan…

      bersyukurlah dengan apa yg kita masing2 terima n miliki..hanya orang yang tak mampu saja yg selalu iri melihat apa yg diterima n dimiliki orang lain…

      :smile:

  15. kementrian itu kan buat yang di pusat kan ya, jadi kl umpamanya kementrian kesehatan, kan bukan berati orang orang yang bekerja di dinas kesehatan sampai puskesmas dapat kan, contoh kaya kemendikbud bukan berati sampai kepada para guru dapat, jadi percuma aja, buat kita pegawai daerah ngak kebagian, hanya buat orang pusat aja yang dapat, jadi tetep aja PNS daerah HANYA BISA NONTON SAMA GIGIT JARI, ORANG PUSAT YANG MENIKMATI HASIL KERJA ORANG BAWAH

    • ton antonnn,,,,,,,maksut lu hasil kerja orang bawah itu kaya gimana?….ni sebenranya orang ngerti pemerintahan nggak sih..? ikut ngobrol tapi nggak konect maksutnya?…pemda dibayar pake APBD..tanya ama bupati lo atau gubernur lo…mampu nggak ngasih lu tunjangan……jgn asal njeplak kaya nggak punya pendidikan,.,,,malah malu maluin apalagi ngatasnamakan pns pemda pula….orang pusat juga disebar diseluruh daerah….bahkan sampai perbatasan….

    • tanyakan ama gubernur walikota bupati ma DPRD daerah lu…..mampu nggak ?…kan sudah otonomi…dulu minta otonomi katanya enak….perpu dan perda dah bisa bikin sendiri sendiri kenapa harus iri ama pusat….bikin aja perda dan perpu-nya tunjangan 1000% juga sah sah aja kalo memang daerah mampu….nggak akan ada yg protes…

  16. Saya melihat selama ini pegawai pegawai yang ada di Aceh umumnya, khususnya di Balai Wilayah Sungai Sumatera-1,Itu mayoritas pegawai-pegawai Daerah yang bekerja dan duduk diposisi pimpinan,sedangkan pegawai pusat yang berstatus penuh dari pusat tidak berperan sama skali,sedangkan yang dikelola semua anggaran dari pusat,disini realita kita lihat sangat rentan dengan pendekatan individual yang menjurus ke arah KKN.Untuk itu saudara2 yg punya wewenang tolonglah ditinjau kembali keadaan yang sangat2 buruk yang terjadi di instansi BWS S-1.

  17. KESEHATAN LEVEL BERAPA YAAAA… MENKES NYA BEGO.. MALAS AKU KERJA DI RSUD, BIARLAH ANGKA KEMATIAN N ANGKA KESAKITAN TINGGI SOALNYA PEMERINTAH PUN NGGA ADA PERHATIAN SAMA KESEHATAN.. HAHAHAH…… 😆

  18. Sama bang… aku PNS di RSUD juga kerja ogah ogahan, saking malaznya aku lupa ngasihin obat ke pasien, akhirnya pasiennya mati….

  19. cuma yang 20 k/l aja yang tau situs ini…hehehehehehe…plus suka buka2 internet pas di kantor..hehhehehehehhe….peace 😀

    • Siapa yang memajukan suatu negara ini. yang memajukan negara ini adalah SDM yang berkualitas. SDM kualitas inilah, guru dan dosen sebagai ujung tombak kemajuan negara ini. wajarlah guru dan dosen mendapatkan tunjangan sertifikasi dan Remunerasi. Jangan sekali-sekali anda komentar lagi tentang dose dan guru yg bersifat negatif.

  20. mas setagu benar ga nih sy dah liat daftarnya ada di yg 16 K/L KEMDIKBUD mudah2an benar berita ini dan kapan cairnya untuk lingkungan Kemdikbud/Polban nih krn sy pns polban terima kasih tolong untuk para pemimpin cpt 2 di alokasikan ….>?

  21. KESEHATAN LEVEL BERAPA YAAA… KOK GA DAPET REMUN YAAA PADAHAL KERJA SIANG N MALAM , YANG NGATUR REMUN SIAAAAAPAA SIIIHHH.. GA BENER TUUU… PNS KESEHATAN DENDAM KEMATIAN MENGHADANG… HAHAHAH… PASIEN DITELANTARKAN…

  22. kok patokannya kemenkeu yah?padahal kerjanya gak berat! negara yg busuk, menuhankan uang, jadinya yg pegang uang, gajinya yg gedhe, contoh: BI, depkeu

  23. Mas Setagu, mau tanya : Apakah semua PNS yg bekerja di RS di bawah Kemenkes juga dapat tunjangan kinerja ?
    Seperti di RS Cipto, Persahabatan, Fatmawati, dll ?

    Satu lagi, tunjangan kinerja kalau 100% itu nominalnya berapa ?

  24. PESAN UNTUK PNS KESEHATAN JANGAN TERLALU TERBUKA DI ARENA KOMEN INI , TAPI SESUAI ISI SMS YANG BEREDAR SAJA DENGAN MISI TINGGIKAN ANGKA KEMATIAN DAN KESAKITAN AGAR ADA PERHATIAN DARI PEMERINTAH… TINGKATKAN KEMALASAN KINERJANYA… OK…

  25. Apabila tunj. kinerja di tunda2 untuk 39 K/L maka berdampak pada kinerja dan kompetensi seseorang. . . Tolong Kebijakan Perpres agar di tahun 2013 ini semua K/L Pusat sdh menerima Tunj. Kinerja

    • Masalahnya gak semua K/L berniat untuk melakukan reformasi birokrasi. Kalaupun niat, ada yang gak mau dapet tunjungan remunerasi. Kenapa ? karena bisa saja pendapatannya selama ini bisa lebih kecil dari tunjangan remunerasi. Di tempat sy aja lev kasie take home paynya malah turun banyak, apalagi skrg gak ada honor2x lainnya

  26. -Semua K/L mempunyai peranan penting dalam
    melaksanakan Tugas2 Negara. . . .TOLONG JANGAN DI
    BEDA2kan.
    -Semua K/L memiliki kelemahan dan kelebihan
    -Pemberian Tunj. Kinerja harus di berikan
    kepada
    semua K/L sehingga dlm prosesnya akan mnejadi
    tolak ukur dari kinerja masing2 apabila kinerja
    menurun maka pemotongan TK itu hrs di terapkan
    dan bila perlu tak perlu di bayar

  27. Mas Setagu, mau tanya : Apakah semua PNS yg bekerja di RS di bawah Kemenkes juga dapat tunjangan kinerja ?
    Seperti di RS Cipto, Persahabatan, Fatmawati, Dharmais, dll ?

    Satu lagi, tunjangan kinerja kalau 100% itu nominalnya berapa ?

  28. aku pns pemda, berobat rawat nginap ke rs pemerintah (nama rs tidak di cantumkan) terasa pelayanannya menurun drastis, kok playanannya jadi RUSAK BEGINI kadang ngga di visite dokter, jadwal makan telat pemberian obat terlambat kadang terlewat jadwal ngasih obat, tempatnya jorok, aku khawatir jangan jangan salah ngasih obat! perawatnya aku tegur jawabannya sdm kurang pa! remun juga ga ada, lagi pada mogok pa! , dg marah akhirnya aku pindah ke rs swasta.. pemerintah bagaimana hal ini akan dibiarkan terus!

  29. wah tidak adil ada beberapa lembaga kementrian yg tidak dapat kan mereka sama2 aparatur negara.sementara banyak rakyat yg bekerja d non pemerintahan yg hidup d bawah kemiskinan,sedang beberapa aparatur bersenang2 ingat yg perlu d sejaterahkan bukan aparatur negara saja tapi semua elemen bangsa dan rakyat nkri semuanya.perlu ada peraturan yg proo pada pekerja bukan pada pengusaha dan adanya program yg yg bisa menyetarakan kesejateraan semua elemen rakyat indonesia.semoga d masa yg akan datang para pemimpin kita baik esekutif yudikatif dan legeslatif mempunyai semangat dan cita2 luhur ingin merubah sistem yg tidak benar dan bertekat menjadikan bangsa yg bermartabat baik sekala nasional dan internasional

  30. Ada yang tau nggak hasil sosialisasi kemenpan RB di sari pan pasivic hari ini.
    Isunya pertengahan tahun ini K/L yang tahun 2012 kemarin dapet remun siap2x untuk dipangkas struktural eselon III dan IV nya

  31. Jadilah orang yang berhati mulia; sabar, bersyukur, dan amanah.
    yang kebagian, lebih tanggungjawablah atas amanah yang telah diembankan pemerintah untuk kebutuhan rakyat. ingat, kita dibayar dari keringat mereka.
    yang belum kebagian, bersabarlah, tak ada perlakuan deskriminasi. Tuhan Maha Mengetahui. mari syukuri nikmat yang tengah Tuhan anugerahkan pada kita. masih banyak orang yang ngantri di luar tempat kerja kita menunggu lowongan kerja, walau mereka tau instansi kita tidak menerima remu. Tuhan memberikan yang terbaik pada umat-Nya.rezeki takkan kemana.

  32. Alhamdulillah……. ada tambahan sarana/wadah untuk merealisasikan diri untuk beribadah kepada Allah Swt. sebagaimana tujuan kita diciptakan tiada lain adalah tuk menyembah kepadaNya_Alwi Kemenag Luwu

  33. sya termasuk sangat menghormati guru krn jasanya, tp jg harus ingat anak2 jd pandai tdk mutlak ditangan guru. Kenyataannya skrang ini kalo siswa2 tdk ikut les atau bimbel mulai dr SD sampe SMU hampir smua pd ikutan, krn mereka merasa guru blm bs memenuhi harapan mereka. Apalagi yg masih kelas 1 rata sdh bs baca krn orgtuanya yg aktif mengajari sndiri atau krn diikutkan les, coba kalo cuma dipasrahkan smua pd guru yg mengajar anak yg sama sekali gak bs baca tulis. Sy justru salut dgn guru2 TK yg umumnya blm PNS tp telaten mndidik anak2 shg minimal bisa mengenal huruf bahkan bs baca dan tulis. Kalo mau jujur coba para guru2 pns disuruh ngajar anak2 yg kemampuannya kurang, mampu gak mengubah mereka jadi pintar, berahlak mulia dan cerdas tanpa peran dr orag tua, lingkungan dan pihak2 lain????? Itulah kenapa sekolah2 faforit hnya menerima murid2 yg bernilai tinggi dan pintar tp tdak mau menerima murid bodoh. Jadi jgn beranggapan cuma para guru sj yg berperan dalam pendidikan anak.

    • Yup benar!!!! mending jadi guru biar dpt sertifikasi padahal ngajar hanya 4 jam pel. dha plg,,,,aku pengen pilih guru di bandiin jadi mengelola keuangan kadang ampe lembur plg rmh telat gak diberi tunjangan apa2.

    • sekolah yang ada sekarang hanyalah formalitas untuk bisa mendapatkan ijazah…. mau masuk SD aja syaratnya anak sudah harus bisa baca paling tidak mengenal huruf. di sekolah guru bagi LKS tanpa penjelasan habis itu jadi PR, anak anak-pergi les privat buat kerjain PR. yang gak mampu les nunggu besok nyontek teman karena kalau tidak di kerjakan akan di hukum sama guru.

  34. Kemenag tak butuh Remunerasi, kalau mau di RB semua 39 K/L ditahun 2013, mending jalanin sperti biasa2 aja lagian nyante datang jam 11 plg jam 2 kan asikkkkkk

    • Dulu tanpa remun kita tulnya ikhlas bekerja, Insyaallah tanpa remun pun tetap ikhlas beramal walau dalam hati kadang menangis, lha gaji sdh bahis dimakan hutang… 😆

    • Sy Kerja di Kemenag Pusat Sejak capeg, masuk kantor jam 07.00 pulang jam 19.00 biasa aja kok. uji coba remunerasi sejak tahun 2009 dan sampe sekarang belum2 juga Remun. Ga Usahlah kita tunggu remunerasi, labih baik kita tunggu aja uang yang menghampiri kita. hehehe ….

  35. enak gak enak remunerasi ni, honor pada ilang, insentif ilang, telat satu dimenit di potong…ujung2nya sama aja pendapatan…

  36. ini nmnya hidup, kadang diatas kdng dibawah. Dl guru dn dosen gajinya memprihatinkan, jk skrg ada sertifikasi itu g’ gamang coz hrs dgn ujian yg g’ mudah, bagi dosen hrs bergelar doktor baru bs mengikuti sertifikasi itu pun blm tentu lolos! !! Dan jk lolos, tiap thn hrs melaporkan perkembangan dr pekerjaannya, dn itu jg dinilai, jk nilai kurang dr peraturan yg ada, maka siap g’ siap tunjangan sertifikasinya dicabut.. jd tunjangan sertifikasi itu butuh kerja kongkrit bkn malas” an sprt yg anda koar” kan seolah” anda tau banget sampai dlm dosen itu sprt apa.. lain dg remunerasi yg hanya dinilai kesiapan K/L nya sj, tp tunjangan sertifikasi butuh perjuangan dn bukti nyata gan…
    mohon diadakan penelitian yg bs dipertanggung jawabkan secara ilmiah terlebih dl sebelum mencercar dosen :)

  37. Info:
    Balai” Penelitian sdh menerima remunerasi 2 x gaji pokok (BALITAS, Malang)..
    Guru tunjangan guru 1xgapok, jk remunerasi di kemendikbud terlaksana mendapat setengah gapok, bila ditotal tunj. sertifikasi 1gapok + remunerasi setegah gapok = 1,5 gapok.. peneliti mendapat 2 x gapok dn guru 1,5 x gapok…
    tuh ada yg lbh bsr dr guru gan, jgn guru aja yg disudutin dn dinilai negative mulu, semua guru or dosen memang g’ sempurna coz mereka manusia, kesempurnaan hanya milik Tuhan gan, dn gk semua guru sm seperti penilaian agan” yg sll nilai negative.. agan pasti jg gk sempurna dlm hal apa sj, artinya qta sama” bs melakukan kesalahan.. yg terpenting cpt menyadari n gk ngulang lg (tergantung individu gan)
    salam persaudaraan saja gan… berpikir positive bs bikin sehat n awet sehat 😀

  38. Buat teman2 PNS yg belum remun, harap sabar dulu,ga usah terburu2. Skrg masih Pebruari, kemungkinan cair remun untuk taun ini msh lama.. :sad:

    Berdasarkan pengalaman taun 2012, remun kami cair bulan Desember 2012 dan dirapel 12+1 bulan. Padahal berita2 nya sudah dari 2011 😥

    Yg ptg sekarang teman2 bekerja lah dengan ikhlas dan sungguh2, kalau sudah rezeki nya ga akan kemana.

    Remun yg sdh diterima baru 40%, namun Alhamdulillah buat sy itu cukup untuk meningkatkan kesejateraan keluarga.

    Sy do’akan semoga cepat menyusul.

    Salam remun 😀

    • Kta-kata yg bijak pak..setujuuu,,sekali ++++ semangat dengan kondisi yg sekarang dan ttep bersukur dengan yg kita peroleh sekarang….

  39. PNS KESEHATAN MANA…? LIHAT SAJA DIAM DIAM SEMUA DITELANTARKAN…. UJUNG UJUNGNYA PELAYANAN BERAKIBAT KEMATIAAANNNN…. HAHAHAAH…. AKU SIAP DIGANTUNG DI MONAS….

  40. sebetulnya kasus KUA tidak tepat dijadikan alasan terhambatnya REMUNIRASI kemenag, karena sifatnya kasuistik, sama dg pembuatan SIM pada POLRI, kasus GAYUS,dan banyak kasus lain yang lebih parah ketimbang oknum kepala KUA yang memungut 50 rb itu aja untuk pengganti bensin pada peristiwa nikah diluar jam kerja, saya khawatir kalau remunirasi kemenag di tunda-tunda hanya akan memebawa pelayanan publik semakin terpuruk, makasih semoga jadi bahan pertimbangan.

  41. Lucu, membaca kommentar yang saling serang dan menghinakan satu sama lain padahal mereka sama-sama PNS yang telah disumpah setelah prajabatan. Mari kita benahi dan tingkatkan lingkungan kerja kita sendiri. Halaman tetangga kadang lebih hijau dari halaman sendiri.

  42. sepertinya ada 2 kelompok/gelombang remunerasi tahun ini.
    pertama kelompok 19 K/L seperti berita JPNN.com
    kedua kelompok 23 K/L (lampiran und.90/ag/2013 tgl 19-2-2013 tentang sosialisai pemberian tunkin dari kemkeu)..semoga terealisir semua tahun ini.. amien….

  43. Untuk sementara ini 19 K/L yang di gebut duluan tuk menjalankan progaram RB dan sdh di ttd dan tggal menunggu komitmen dari masing2 K/L dari ke 19 tersebut papar MENPAN-RB dan sisa akan di tindak lanjut bln nov 2013. . . .

  44. Untuk Kemenhut hasil penilaian adalah 52 level 3
    (Surat ketua tim RB Nasional No : B/2930/M.PAN-RB/10/1012 tanggal 19 Oktober 2012)
    Soal realisasi kapan terima … sabar aja deh.

  45. Untuk tahun 2013 hanya di genjot 19 K/L dan tahun 2014 sisa nya yaitu 20 K/L yang di luar papar MENPAN-RB lebih jelas, , jadi K/L yang namanya ga disebutin tggu ya tahun depan. . .

    • yg 19 K l itu baru melakukan proses reformasi birokrasi pada tahun 2013 ini yang sisanya 23 sudah melakukan proses reformasi birokrasi terbukti sudah ada nilai/skor verifikasi yg dilakukan oleh menpan.jadi kesimpulannya yg 19 kemunkinan masih panjang untuk menerima remun 😀 sedangkan yg 23 K l kemungkinan bisa tahun ini

  46. jadi,, agan2 KKP bs santai dlu nunggu Remun di tepi pantai,, bikin kopi smabil ngudud2 dlu gen… bs jd dpt Remun th 2014,, 2015,, 20xx, dst,,, gembor2nya skedar jd penyemangat biar absen sempurna PP,,, wkwkwkwkwkkkkk… peace bro..! kerja aja tuk gugurkan kewajiban… mau kaya ya usaha deh.. :-)

  47. Data diatas Valid. . . yang pasti hanya 19 K/L yang menerima remunerasi di Tahun 2013. . . dan akan menunggu hasil rapat penambahan K/L tgl 27 feb 2013 dari 19 K/L yang telah di sebut Menpan (Aswar Abubakar)

    • yg K/l 19 itu yang proses reformasi birokrasinya diharapkan selesai tahun 2013 (artinya belum dilakukan verifikasi) jadi kemungkinan terima remunerasinya tahun 2014 bos

      • kalo sisanya yang 23 k l kemungkinan sudah melakukan proses reformasi birokarsi pada tahun 2012 (artinya sudah dilakukan proses verifikasi lihat aja sudah ada skor/peneliannya belum) jadi yang 23 ini kemungkinan bakal terima tahun 2013 ini.

          • Cermati Dulu yang di katakan setagu dan Menpan. . . dlm 19 K/L ada beberapa nama K/L yg di ambil dari Kolom 1 dr penggabungan 19 K/L, 19 K/L di atas telah melakukan RB dari tahun 2010 berdasarkan peraturan lama dan akan melakukan perubahan terhadap RB di 2013 dgn berdasarkan kompensasi dan diberikan Tunkinnya. .

    • KKP progress nya suram dong.. padahal sudah berharap banyak tahun ini bisa approval.. yaah, tetap disyukuri..

  48. bentar2 masbro,,, data yg dmksud neh yg dari setagu at dr JPNN/menpan.go.id ?#@!*&^???! Setagu nyebut 16 K/L di awal tabel trus 23 K/L setelahnya,, sdngkan menpan nyebutin 19 K/L, kucek rata2 yg nongol adl k/l dari 23 k/l yg disebutin setagu -yg notabene ada yg sudah diverivikasi di 2012-
    jd menurut sy data setagu yang nyebutn 16 k/l awal maupun 23 k/l akhir sama2 menunggu hasil verifikasi (total 39 k/l),, di th 2013 ini br dimunculkan 19 k/l sbgmn disebutkan dlm situs menpan…,,,

    • sori masbro salah tulis bukan 23 tapi 20 😆

      yang ane maksud data dari situs menpan/jpnn kan dijelaskan 19 k l dalam proses tahun ini dan sisanya yg 20 KL kemunkinan sudah selesai prosesnya tahun 2012 kemaren (dalam artian sudah di verifikasi). silahkan cek masing2 satker apakah grade sudah ada atau belum, :smile: :smile: :smile:

      • Di website menpan tdk menyebutkan 16 K/L yang di sebut stagu dan ada beberapa K/L yang di sebut dari 16 K/L tersebut. . .dan coba cermati lagi kata stagu data yg di atas blm memiliki trust dan akan di posting lagi sesuai trust, , , ada beberapa K/L yang belum menyelesaikan Tindak Lanjut tetepi sdh melaksanakan RB. . .

      • Menpan tdk menuturkan dari 16 K/L yg di pajang mas stagu akan duluan menerima Remun. . .semua kan di selesaikan 2014. . dan meneganai Pemda itu hanya menyemangati. . . .karna pemda akan melaksanakan RB tahun 2017 setelah 3 tahun atw 5 K/L melaksanakan RB, dan Tukin di bayarkan dari APBD masing2. . .

    • Tungga aja postingan baru ada penambahan K/L yang menerima remun pada rapat tgl 29 Feb 2013 kemungkinan ada 24 K/L

      • Vote 1

        Mas remun,, br kupikir2,, k/l tabel 1 dan 2 pny setagu tc posisinya sama2 dlm proses RB,, k/l tabel 1 ngajukan RB thn 2011 trus diproses 2012,, k/l tabel 2 baru muncul proses RB nya di awal 2012, bedanya; k/l tabel 1 prosesnya 2011 – 2012, k/l tabel 2 diproses 2012,, proses RB dsini yg gue mksd mulai dr pengajuan smpe verifikasi… mana yg sdh diverifikasi tentu diketahui msng2 instansi tersebut (soalnya blm ada info update semua k/l dr setagu ttg verifikasi ini – di situs menpan pun ga gamblang memberitakannya), alhasil 19 k/l yg disebut2 dlm situs menpan “”kira2″” adl k/l yg sdh disediakan anggaran remunnya,,

  49. ya ya,,, ane paham,, syukur2 terealisasi beneran,, dgn adanya remunerasi mg2 PNS lbh konsen berkarya d instansi msng2 n banyak b’kurang PNS2 yg ngobyek ksna kmari cr tambahan penghasilan,,,

  50. Kementerian kesehatan skor 66 (55 %).
    Yang jadi pertanyaan adalah apakah rumah sakit BLU (seperti RS Cipto, RS Fatmawati, RS Persahabatan) juga ikut remunerasi (mendapat tunjangan kinerja)?

    • ya lihat dulu apakah itu egawai pusat kementerian ataukah pemda ataukan yayasan.,,,,,nggak asal dapet renumerasi lah….baca dulu remuresai ditujukan ke pada siapa dan gimana prosesnya….nggak asal pegawai negeri dikasih renum…..hadowwhhhh…..pelajari dulu broooo..baru koment

    • Yang saya dengar (sewaktu sosialisasi tarif dan unit cost BLU) hanya salah satu yang diterima, Kemenkeu dan Kementerian terkait sedang mempersiapkan peraturannya.

  51. cek aja skor hasil verifikasi masing2 kl bos. kalo 19 k l yg disebutkan menpan itu belum diverikasi ( verifikasi itu gak sebentar gak bisa 1-2 bulan langsung ada nilainya) setelah diverikasi kemudian diajukan ke DPR pada bulan sekitar juli-agustus untuk disetujui remunerasinya. yg jadi pertanyaan k l mana aja yg sudah diverikasi? gak mungkin juga kan kalo didahulukan yg belum diverikasi daripada yg sudah hehehehe. data menpan 19 kl memang sudah valid bos kan disitu dikatakan proses reformasi diharapkan bisa selesai tahun ini bukan dikatakan proses pemberian remunerasi selesai tahun ini . hehhh

    • Benar, dan juga proses reformasi birokrasi K/L di atas sudah dimulai 2-3 tahun yang lalu. Intinya tetap tergantung ke 39 K/L tersebut, jika sudah ada scoring verifikasi lapangan dan hasil penilaian layak mendapat tunjangan kinerja maka tinggal menunggu persetujuan DPR.

  52. nampaknya Om Setagu perlu “turun Gunung” untuk memberikan “pencerhan/ data terbaru dan akurat”… gimana nih om..?

  53. Vote 2

    utak atik versinya mas surxam,, mnrt gue kira2 -sori masbro serba kira2 neh- 19 k/l yg dsbut2 dlm situs kemenpan adl k/l yg emg lelet RB nya… hahhahahahahaaa…

    “Kementerian/lembaga yang ditargetkan menyelesaikan proses reformasi birokrasi pada tahun 2013 ini adalah Kemenpora, Kemen UKMK, Kemensos, BSN, Setjen MPR. Ombudsman RI, Kemenag, Basarnas, Kemen ESDM, Setjen MK, Setjen KY, BNPP, Badan Informasi Geospasial, Kemen BUMN, BPN, BNPB, Setjen DPD RI, KPU, dan Setjen Komnas HAM”

    apa kata “menyelesaikan” tc mksud tersiratnya “mencairkan tunkin” ???? atau justru kata2 itu mjd kunci “diburu2″nya k/l tsbt utk sgr menuntaskan upaya RB dlm instansinya… Lahhhh?! Endi sing pas…:idea: ❓

  54. kapan pastinya tunjangan kinerja dilingkungan kemendikbud padahal menurut informasi kemendikbud ada di level 47…dan nilainya 45% tuh…….

  55. mohon info terkini dong jadinya yg terima remunerasi di tahun 2013 ini berapa K/L sementara info terakhir tanggal 19 Februari 2013 yg terdaftar akan menerima 19 K/L apakah ada penambahan lagi ?
    info terbaru yg saya dengar ktnya bertambah jadi 23 K/L benar kah itu !!!
    sblmnya thanks info nya

  56. -Kapan ya hasil K/L yang akan mendapat remun?????
    -K/L mana aja yang dapet remun??????
    -Mana sih yg bener?????

  57. tunjangan kinerja dalam pelaksanaan reformasi birokrasi (RB) merupakan salah satu upaya dalam mensejahterakan abdi negara/bangsa. Rasa terima kasih yg tak hingga disampaikan kepada bangsa dan negara dengan harapan setiap PNS dpt bekerja secara baik dan optimal. Namun dalam penerapannya terdapat kendala pada proses pencairan yg diterima setiap 3 bln sekali. Hambatannya adalah terganggunya dukungan operasional disetiap bulan yg berjalan. Untuk menanggulangi dukungan itu, salah satu alternatifnya adalah harus pinjam, itupun bila ada yg dipinjami. Bila ini dibiarkan terus menerus, maka akan menggangu cash flow Rumah Tangga setiap PNS, dan kemungkinan akan membuka ruang penyalagunaan sehingga menyimpang dari misi reformasi itu sendiri. Salam syukur 😳 😆

  58. hehe.. semogalah.. teman biro umum perencanaan biasanya yang paling getol berjuang di DJA nya. negonya alot. infonya kemenkeu ogah/enggan mau nambah anggaran. efesiensi dan optimalisasi anggaran K/L masing2. konsekuensinya banyak honor swakelola yang tidak boleh dicairkan, semua mau disatukan dulu oleh pusat.hehe. sedih juga… honor pada ndak bisa cair atau kegiatannya tidak dihonor lagi..

    • 36 k L yang sudah + 23 K L (yang Insaallah Tahun ini)= 59 K L

      23 K L tersebut antara lain :
      1. kemenlu
      2. kemendag
      3. kemenkes
      4. Kemendikbud
      5. kemnparek
      6. kemenhut
      7. kemedagri
      8. BMKG
      9. BIN
      10. Setjen DPR
      11. Wantannas
      12. LAPAN
      13. Kemen K P
      14. Kemenkominfo
      15. Kemen L H
      16. Kemenhub
      17. Kemenakertrans
      18. BAPETEN
      19. Kemen P U
      20. Bakorkamla
      21. BNP2TKI
      22. Kemen PDT
      23. Perpusnas

      • 36 k L yang sudah + 23 K L (yang Insaallah Tahun ini)= 59 K L

        23 K L tersebut antara lain :
        1. kemenlu
        2. kemendag
        3. KEMENKES (KEMENTERIAN KESEHATAN)
        4. Kemendikbud
        5. kemnparek
        6. kemenhut
        7. kemedagri
        8. BMKG
        9. BIN
        10. Setjen DPR
        11. Wantannas
        12. LAPAN
        13. Kemen K P
        14. Kemenkominfo
        15. Kemen L H
        16. Kemenhub
        17. Kemenakertrans
        18. BAPETEN
        19. Kemen P U
        20. Bakorkamla
        21. BNP2TKI
        22. Kemen PDT
        23. Perpusnas
        APA BENER TAHUN INI AKAN CAIR ????????

  59. Lho, nama kemensos tdk masuk dlm 23 K/L penerima “tukin” 2013? Padahal menurut penjelasan pejabat eselon I kemensos, justru kemensos Juli akan menerima “Tukin” sebesar 45 persen…..data 23 K/L dari sumber mana? Mosok kami ga yakin penjelasan resmi eselon I kemensos ttg tukin….mesti yakin donk….

  60. Dengar kabar,, Rumah sakit status Badan layanan umum (BLU) tak akan mendapatkan remunerasi..
    Pantaskah Rumah sakit notabene Rumah sakit vertikal Kemenkes tak diberi remunerasi…?? 👿

  61. Amin, Ya Robal Alamin , PNS Mohon Pusat juga memperhatikan PNS daerah , karena PNS daerah langsung pada PELAYANAN pada masyarakat akan lebih bersemangat, dan tentunya meningkatkan pelayanan kinerja
    Semoga harapan ini akan di akomodir oleh pemerinath pusat

  62. apapun..kami akan selalu mensyukuri rejeki yang diberikan..
    tapi ini koq yah Kemendagri gada ngasih kode2 yah?malah diglondongin untuk dana dekon dsb..buat PNS-nya kapan pak menteri..

    • Mas Tukar Cerita : Remunerasi Kemendikbud tinggal ketok palu ,tapi palunya dipinjam kidalang Anom Suroto Belum dikembalikan kali.

  63. kepada pegawai kemenkes pusat yg tahu informasi mengenai REMUNERASI kasih kabar, saya minta bantuannya tentang kebenaran remunerasi kemenkes,apa bener tahun ini akan cair ? sekali lagi mohon bantuan infonya terima kasih……..

  64. Bismillahirrohmaanirrohiem………..
    kepada semua PNS yg belum mendapatkan Tunjangan kerja (REMUNERASI )marilah kita berdo’a bersama-sama mudah-mudahan rencana pemerintah bisa segera terlaksana dengan lancar keterima pada kita semua,kita hanya bisa berharap dan berdo’a pemerintah yang pnya keputusan

  65. Assalam,,,kpd yg sdh mnrima remunerasi brsyukurlah anda, manfaatkan uang trsebut dengan baik,jgn untuk hura2 krna bnyk msyarakat yg mmbutuhkan bantuan materi,,,,,bagi yg blum mnikmati uang remunerasi brsabarlah,krna mungkin instansi anda blum kompak msh bnyak yg hrs dperbaiki kinerja d instansi anda,berdoalah dan ikhtiar dengan istiqomah…pasti remunerasi akan datang mnyambutmu,,tp ingat jg jgn takabur smua ada pertanggungjawabannya didunia dan di akhirat..kmana uang itu anda gunakan…….wassalam

  66. berhubung anggaran lagi defisit karena mesti nambal subsidi bbm, dan ada dana blt maka remun/tunkin kementerian yg sedang tahap pengusulan akan ditunda hingga waktu yang tidak ditentukan. tok tok tok

  67. Alhamdulillalh kalau di Tahun 2013 ini Kemendikbud sudah masuk ke dalam Daftar 39 Kementrian dan Lembaga Penerima Remunerasi. Akan tetapi yang saya ingin tahu untuk kapan PNS yang bekerja di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan menerima Remunerasi ?

  68. tuh kan gaji dah naek, buat PNS, TNI dan Polri kerja yang profesional jangan suka korupsi lagi, apa lagi nge backingi kegiatan illegal. pikirkan orang2 kecil yak,… kl kerja jujur n bener, insyAllah kalian tuh g perlu korupsi kok. cuma ya pasti banyak musuhin sekantor. bayangkan, kalian digaji tanpa ada resiko kerugian lho,…

  69. Gaji PNS sebenernya gak naik!! cuman disesuaiakan dengan laju inflasi
    Buat temen2x yang sedang menanti tukijonya cair, sebelum bicara tentang kapan cairnya, lebih baik tanyain kapan perpresnya turun, trus setelah itu tanyain kapan se menkeu nya turun, baru bicara kapan remun cair. Masih panjang tuh ceritanya

    • Jangan dibandingkan dengan inflasi, bandingkan aja antara gaji yg kita terima bulan yang bersangkutan dengan gaji bulan sebelumnya 👿 👿 👿

  70. klo anggarannya ada baru bisa buat perpresnya, klo ga ada anggaran mah ada perpres juga ga ngaruh kali.. apa yg mau dicairin :mrgreen:

  71. Kemenag sayangnya tahun ini belum termasuk dalam daftar 23 K/L yang menerima remunerasi TMT 2013, dikarenakan berdasarkan penilaian belum siap. Ada paramater2 yg blm dipenuhi.

  72. Daftar K/L yang direncanakan menerima remunerasi tahun 2013 sudah jelas yaitu 23 K/L seperti yang sudah saya posting. Artikel di atas adalah jumlah 39 K/L yang mengikuti proses reformasi birokrasi sejak 2- tahun terakhir.
    Namun berdasarkan penilaian akhir TIM hanya 23 K/L yang memenuhi syarat untuk diajukan ke DPR. semoga lebih jelas

  73. waduw2 klo info remunerasi smw pd update…adakah jaminan remunerasi dg kinerja?btw kemenkeu aj yg “keceh duwit” tetep aj byk korup…naudubillah ❓

  74. Alhamdulillah kita panjatkan Kepada Allah SWT akhirnya Pemprov Kalbar berhasil dapatkan WTP Tahun 2013. dan kira-2 kapan lah nih..remunerasi buat PNS Pemda Kalbar diberlakukan……, dah kepingin nih untuk menikmati buat Keluarga……..

  75. berapa skor/level yang dicapai Kemen LH dalam RB ini ? tapi intinya, berapapun tetap disyukuri dan mesti berusaha lebih giat lagi, trims

  76. amin di Sultra,,,,, sy bersyukur diKemendagri sud termasuk yang mendpt remunirasi ut thn ini, hanya yg ingin km tanyakan klu dpropinsi apakah akan mendptkan juga!

  77. Pak setagu, nanya dong: untuk kementrian kelautan dan perikanan, berdasarkan verifikasi lapangannya, pencapaian RB nya berada di skor dan level brapa? mkasih……

  78. yang menjadi persoalan sekarang begini, saya bersama beberapa rekan-rekan yang lain adalah PNS di derah yang ditempatkan pada instansi vertikal yaitu Badan Narkotika Nasional.Kami sudah diberikan SK personil BNN Kabupaten dan sdh tertera Grade Tunjangannya, bahkan sdh ada Perpresnya bernomor 118 Tahun 2012..lantas kenapa blm terbayarkan sampai sekarang

  79. pak stagu mohon maaf berapa skor/level yang dicapai oleh LAPAN dalam RB ini ? dan saya dengar tujangan remunerasi untuk tahun 2013 dibayar hanya dari bulan juli s/d desember. kenapa ya mohon dong informasinya.terima kasih.

  80. pak setagu, jadi instansi yang terima renumerasi 2013 tidak seberuntung instasi yang terima renumerasi 2012. apakah keppres untuk pembayaran renumerasi 2013 sudah ada. kira-kira kapan ya dibayarkan?

  81. Permisi….Dengar2 sekilas info terkini bahwa Remunerasi akan dibayarkan tahun ini,….pembayaran dilihat dari skor dan levelx,klau boleh tahu untuk Kemenhut mendapat skor berapa dan berada pada level berapa ya….mohon infonya terimakasih

  82. makanya uang negara jangan di korupsikan, biar terpenuhi apa yg sudah menjadi hak orang lain. 😈 (wahai ….. di atas sana), perhatikan nasib pegawai rendah sperti kami. (SE. pembayaran Remunerasi jgn d tunda2). u/ apa d tunda2 kalau kenyataannya uangnya sudah ada.

  83. yang paling enak GURU PNS gaji tinggi dapat sertifikasi dengan tunjanganya 1 kali gaji, klo gaji 5 juta plus tunjangan sertifikasi 1 kali gaji , berarti total 10 juta , bisa dibayangkan berapa duit negara tergerus , sedangkan rakyat swasta dapat gaji 500ribu sebulan saja sudah senang , bisa dibayangkan kesenjangan ini, skarang rata rata guru SD yg pns merasa jadi warga klas 1 , rakyat swasta tidak dianggap sama sekali

  84. Aku juga berbahagia krn kemenag telah mereformasibesar2an baik pada peraturan, birokratnya,dan yang lainnya shg Kemenag bisa menjadi harapan masa depan yang lebih amanah

  85. Pak, saya mau tanya donk, maaf klo agak keluar dr topik. Saya baru mau mendaftar cpns taun ini, tp msh bingung. Formasi jurusan sy ada di kementrian pusat dan lembaga di daerah,cm msh bingung dftar dimana. saya mau tanya apa bedanya kerja di daerah dan pusat dari segi :
    1. jenjang karir
    2. lingkungan kerja
    3. Pekerjaan
    4. Gaji + tunjangan
    Makasih Pak, mohon dijawab :)

    • Singkat saja:
      – jenjang karir sudah ada aturannya tergantung jabatannya (fungsional atau struktural), namun sekarang sebagian besar CPNS yg dibuka adalah jabatan fungsional. jenjang karirnya berdasarkan angka kredit (baik Pemda maupun pusat mengampu pd fungsi pembina), namun instansi Pusat lebih berpeluang mencapai karir yg lebih tinggi krn banyak unit kerjanya (eselon)
      – Lingkungan kerja relatif, yg jelas Pusat kemungkinan ditempatkan di seluruh wil Indonesia
      – Beban Pekerjaan juga relatif
      – Gaji tunjangan sama yg membedakan adalah tunjangan kinerja/daerah (remunerasi) sudah diberlakukan atau belum di instansi tersebut. Kalau Pemda rata2 hanya daerah kaya yg ada TKD-nya.

      Nah dari semua itu yg paling terasa perbedaanya antara Pemda dan Pusat adalah pengaruh unsur Politik, instansi Pusat relatif tdk terpengaruh dengan pergantian pimpinan, namun di Pemda bila unsur pimpinan daerah (Bupati/Walikota) berganti, pergantian/mutasi PNS tergantung kepentingannya.

  86. kepada seluruh pejabat pemerintah yang terhoramat.
    kami mengungkapkan isi keprihatinan peg. struktural di sekolah tentang tunjangan apapun yang hanya menimbulkan ketidakadilan dan kecemburuan sosial hanya pns / pejabat tertentu saja yg dapat, jarang pemerintah memikirkan pns struktural di lingkungan dinas pendidikan yang di anak tirikan, tak dilirik sekedippun ga ada tunjangan dan tambahan apapun dari pemerintah dan dinas pendidikan pusat dan daerah, guru saja yang diperhatikan padahal semua itu tak akan berjalan tanpa peran peg struktural di dinas pendidikan khususnya peg. struktural di sekolah sekolah. sekarang hanya menunggu perhatian untuk dibukakan mata hati pemerintah.

  87. wawkawkawkawka
    kapan PERPRES (juknis) remonerasi di dikeluarkan Bos, ini sudah bulan Desember 2013, apa nunggu pemilu ya,,,tks.

  88. Ngk coyo pns dibeda bedakan soal remon,pakai tdk lolos lagi,padahal sama sama pns ,,sama sama diatur,,sama juga banyak kekurangan dan kelebihan,.sama sama sama milik negara,,seharusnya sama sama senang dan susah,,,

  89. sy pns kemenkes di unit blu,kok sampai saat ini blm dpt yg namanya remunerasi dari pusat.di instansi sy jg beritanya gk jelas.apakah di unit kerja yg sudah blu gk dpt remunerasi dari pusat?

  90. Hoo … walah walah ….. podo ngenteni kok yo durung mudun mudun nang opo tho yo yoo….
    kadung arep arep kapan yo …. pakde ……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>