Kebijakan Remunerasi Tahun 2013

Post On: 28 June 2012
By:
In: Opini
June 28, 2012

Sebagaimana Rencana Kerja Pemerintah (RKP) pada tahun-tahun sebelumnya, Tema RKP 2013 dituangkan lebih lanjut ke dalam 11 Prioritas Nasional dan 3 Prioritas lainnya. Prioritas pertama adalah Reformasi Birokrasi dan Tata Kelola.

Reformasi birokrasi akan dituntaskan di tingkat pusat dan diperluas ke Pemerintah Daerah. Melalui percepatan reformasi birokrasi sangat diharapkan adanya peningkatan kinerja birokrasi untuk menciptakan good governance pada instansi pusat dan daerah.

Sampai dengan tahun 2011, sebanyak 16 Kementerian/Lembaga (K/L) telah melaksanakan Reformasi Birokrasi (RB) dan 20 K/L sedang dalam proses persetujuan. Pada tahun 2012, diharapkan K/L yang telah mengusulkan pelaksanaan Reformasi Birokrasi dapat diproses. Perluasan reformasi birokrasi di daerah pada tahun 2012 mulai dilaksanakan di 33 provinsi, 33 kabupaten dan 33 kota.

Secara persentase pemerintah sendiri menargetkan pada tahun 2013 pelaksanaan reformasi birokrasi pada K/L mencapai 100%. Perlu dingat juga tahun 2012 ditargetkan 80% K/L, namun sampai saat ini tambahan 20 K/L yang diusulkan masih dalam proses persetujuan.

Dari sisi kebijakan fiskal, RAPBN TH 2013 mengalokasikan anggaran untuk mendukung penganggaran remunerasi tahun 2013. Arah kebijakan RAPBN TA 2013 untuk jenis belanja pegawai diarahkan sebagai berikut:

  1. Melakukan penyesuaian gaji pokok dan pensiun pokok PNS;
  2. Meneruskan pemberian gaji dan pensiun ke-13;
  3. Menampung kebutuhan anggaran remunerasi K/L terkait reformasiΒ birokrasi;
  4. Mengelola jumlah PNS mengacu pada prinsip zero growth.

Artinya untuk tahun 2013 gaji PNS naik, gaji 13 masih diberikan dan terdapat anggaran untuk remunerasi.

 

Tags:

120 comments on “Kebijakan Remunerasi Tahun 2013

  1. yth. admin setagu utk kementerian kpn remonnya, jelasin dunk….kira admin setagu.net sdh punya tabelnya blm ? bls y

  2. enak banget otonomi daerah minta tunj.remunerasi sudah punya tunjangan besar dari daerah masih juga kurang. udh kerjanya cuma nongkrong di kedai kopi enak banget……

  3. Kalau melihat remunerasi kok gimana gitu,,,dulu rencananya hanya untuk yg golongan rendah sj,tp nyatanya bener yg di nyanyikan bang hj” yang kaya mkn kaya yg miskin makin miskin” nasib nasib

  4. tunjangan remun thn depan ttp ada syukur tp wong hrs ada perbedaan antara staf gol.II dan pejabat eselon V masa hanya beda 100 ribuan aja wah bisa pusing, tanggung jawab lebih besar koq hanya beda2 tipis sih tolong dirubahlah thanks ya… ini suara hati kami…

  5. Kasihan bangets PNS Daerah yg daerahnya PADnya kecil g bakalan deh ngarep remun.Remun hy buat PNS pusat aja….nasib otonomi deh…

  6. Ngomong2, kapan kebijakan pengurangan PNS berlaku,biar jumlah PNS jd ramping,sehat dan professional. Kalau pesangon-nya layak,sy mungkin tertarik untuk ikut program tsb.

  7. saya berharap agar tahun 2013 Depertemen/instansi kesehatan dapat Remunerasi karna juga sebagai ujung tombak kesehatan masyarakat orang banyak

  8. Di Jepang guru sangat di hargai sampai gaji Guru 20 X lipat dari gaji yang diterima guru PNS di Indonesia makanya negara jepang sangat maju di Asia. Dengan adanya remunerasi PNS smoga guru di Indonesia lebih konsen terhadap tugasnya dan negara Indonesia menjadi maju, amin..! balas !

      • Guru indonesia itu guru anjing, diotaknya cuman duit duit duit duiiiiit. gmana ga, masuk sekolah aja bayar alasannya ada sumbangan sukarela sbg kedoknya, masih dipersulit lgi ada tes ini itulah, Heeee guru indonesia, klo ingin mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara bukan menuntut spt itu,dana BOS kalian bagi2, padahal bukan hak kalian,bisnis jual beli LKS, ulang tahun kalian suruh bikin dari anak murid kalian. belum lgi makelaran masuk sekolah, apa kalian ga salah kaprah, apa kalian tdk menyengsarakan rakyat indonesia yg notabene berpenghasilan rendah. semoga nuranimu tergugah dan segera menyadari ttg itu semua BOS GURU.

        • Hati2 bicara mas Panji… satu dua kasus jangan dipukulrata. Saya guru di sekolah desa, anak2 dari pengdaftaran masuk hingga lulus sekolah hampir2 gak bayar blasss !!! ada kegiatan extra, les, try out, dll. Gratis tis… untung ada BOS. ❗ :smile: ❗ ❗ :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

        • Alhamdulillah untungnya lagi saya sudah diangkat jadi PNS dan sekarang sedang berjuang untuk Sertifikasi… mudah2an kesejahteraan bisa lebih baik. :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

    • yang benar pemberian tunjangan itu hrs berdasar kinerjanya bukan jabatannya. tunjukkan dulu kinerja dan hasilnya, baru tunjangan dan reward menyusul. keburukan kebanyakan orang2 (baik guru, PNS, peneliti) di Ind adalah menuntut hak yg tinggi tp kinerja rendah. sekarang, tunjangan bulanan sdh terlanjur pd dinaikkan, lalu keistimewaan apa yg akan mereka berikan?

  9. Cece Rivail : Kalau gaji guru Indonesia mau disamakan dengan gaji guru di Jepang, bangkrut negara πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ

  10. Penerangan satuan;
    Informasi tentang penetapan grade lever baru tunjangan kinerja polri dan pns, dengan adanya penetapan pembentukan tamtama brimob dan polair;
    1.Bharada dan bharatu Rp 636.000
    2.Bharaka dan abripda Rp 731.000
    3.Abriptu dan abrip Rp 841.000
    4.Bripda dan Briptu Rp 1.010.000
    5.Brigadir dan Bripka Rp 1.240.000
    6.Aipda dan aiptu Rp.1.456.000
    Jenjang jabatan
    Kanit,panit,pamin,paur Rp.1.780.000
    Kasi,kaur,kasubbag Rp. 2.301.000 sory hanya meneruskan saja \=D/

  11. Pejabat hanya bisa omong besar tapi gebrakan gak ada….nyatanya hanya bisa menjanjikan lha orang kecil mengharap bener je…….

  12. tenaga pendidik (guru&dosen)sangat diuntungkan boleh triple tunjangan (funsional,sertifikasi 1 bln gaji, tunj struktural kalo rangkap kep sekolah), kerja santai masuk jam 8 pulang jam 12 banyak libur, naik pangkat sekali 2 tahun, usia pensiun 60-65 th. Kalo dosen disamping ngajar mhs banyak honornya yaitu seminar mhs, bimbing mhs, dapat proyek peneitian milyaran, skarang diusulkan dpt remunerasi lagi

    • Gak seperti yang disangka… nyatanya saya guru di desa gak dapat tunjangan sampai berlipat2 kayak gitu, tapi kalau bener dapat saya pasti sangat senang dan bersyukur… naik pangkat pun sekarang butuh waktu 5 th dengan nilai 125% (sangat baik sekali) plus harus bikin penelitian. :sad: :sad: :sad:

  13. tenaga kesehatan kapan ??? πŸ˜₯ πŸ˜₯
    qt nee rentan tertular penyakit lho,,trus klow qt sakit gak gratis berobatx…gak adil 😈

  14. pemerintah masih ragu memberikan kesejahteraan kepada para pejuang negara ini,,krn bapak yg di sana dia tidak merasakan apa yg di rasakan para pejuang di lapangan krn dia tinggal duduk enk di kursi yg mahal trs gaji yg lebih mencukupi,mobil yg mewah,,rumah yg memadai,,jadi semuanya jadi lupa apa yg di rasakan org2 kecil seperti bapak2 tni,polri,pns sehariharinya di lapangan dengan kerja iklas walau di gaji serba kekurangan,,itulah pemerintahan indonesia,,lebih nikmat makan sendiri ada kesempatan korup hajar trs mampus situ yg di bawah sana yg penting gw senang gt buka???…,jauh ketinggalan dengan negara tetangga,,saya tki di singapura n di malysia wah gaji bapak2 tni,polri,n pns itu yg di utamakan lebih banyak bahkan saudara saya masuk tni di sana pangkat paling rendah aja 17 jta perbulan,,bayangkan jauh perbedaan…

    • setuju coy…. banyak kawan TNI curhat.. gk usah sma2 tentara walau di mlasya klo di bandingkan dengan gaji orang kapal aja mungkin gaji tntara itu cuma uang makan bagi orang yang kerja di kapal.. padahl klo mau di pikir tentara itu ada ap2 yang mengancam negara pasti mereka di depan, bak udah punya istri dan anak di tinggalkan… tapi atasan gk mikir sampai di sana, yang mereka pikir krna blum perang jadi di rumah itu apa yang kurang di cari…. walaupun saya bukan tentara sya prihatin dengan kawan2 tntara yang jadi keset kaki buat atasan…

  15. sadar bapak2 yg di pusat sana alasan blm di setujui,,tp coba kl gaji DPR,MPR, y allah setahun gw gk makan2 nabung trs baru sebulan gaji para bapak DPR,MPR yg kerjaanya duduk manis trs kl rapat ngantuk2 atau nonton flm hot di hp yg mewah.,,kl untuk pengajuan gji pegawai di daerah wah nanti dulu…,gagak tau gimana dosanya tuh para bapak2 di pusat sana,,makan di atas penderitaaan org.

  16. Tenaga kesehatan kpn??? Cm mimpi kh???kasian kami dtumpuki kerjaan yg ga kenal waktu tp kesejahteraan ga dpikirkan….

  17. Alhamdulillah, semoga semua wacana itu jadi kenyataan, Terima kasih pemerintah yang msh mikirin nasib PNS….. semoga ALLAH mengabulkan, Amiiin.

  18. Klo memang tahun 2013 ada remunerasi dipemda khususy apakah golongan rendah seperti saya yang golongan 2b akan dapat juga atau bagaimana?bls

  19. PNS…
    Hore… Gaji PNS naik lagi 7 %…
    kenaikan gaji PNS 7 % sungguh memprihatinkan…
    kanikan gaji PNS dihitung menurut besarnya kenaikan harga barang… namun apa hitungan yang dilakukan sudah tepat…? aku sendiri masih sedikit ragu dengan hal itu.
    tempo dulu… saat PNS golongan II gaji sekitar Rp.26.000,- (dua puluh enam ribu rupiah) PNS masih bisa beli emas sampai 4 manyam (6,76 gram), saat ini di tahun 2012 gaji PNS golongan II sekitar Rp.2.000.000,- (dua juta rupiah) malah PNS hanya bisa dapat 1 manyam emas… inikah hitungan yang dianggap benar…?
    inilah penyebab terlunta-luntanya PNS golongan rendah yang hidup bergelimang hutang…
    kadang kala saya secara pribadi menilai,, pemerintah tak lagi memperhatikan aparaturnya sendiri…
    kadang kala saya jengkel melihat tingkah para wakil rakyat yang lupa dengan rakyat, mereka hanya mementingkan nasib pribadinya sendiri…
    inikah indonesia tercinta yang tak mampu memperhatikan aparatur rendahan yang ada di garis depan…? sungguh disayangkan bila pemerintah hanya mementingkan para pejabatnya saja dan Wakil Rakyat yang hanya duduk dan tidur disaat rapat paripurna…
    maaf bila saya sedikit emosi dalam menyampaikan inspirasi… itu hanya sebagai bentuk kekecewaan pada kebijakan pemerintah.

    • Betul kang Saiful… Saya dulu Capeg jaman Pak Suharto gaji Rp. 200 rb dapat beli emas 9 gram lebih, jadi PNS gaji Rp. 250 rb bisa beli emas 11 gram. Sekarang saya sudah “Jendral” masa kerja hampir 20 th pangkat golongan IV gaji dah jutaan tapi kalau saya belikan emas hanya dapat 8 gram… oh kemajuan yg la biasa ???!!! …tapi Hiburan saya masih ada ketika melihat tetangga yang petani dan hanya mengandalkan lahan kering dan sempit… Oooohhh PNS saya masih lebih baik… Alhamdulilla ya Allah. 😳 😳 😳

  20. syukur.Alhamdulillah H ..A.. mboyo jangan di sebutkan /diumumkan…pengaruh thdp naiknya harga barang…
    Pak Mentri Kapan Realisasi pembeyarannya…tlng ingatkan bendaharawan…masing2 instansi sgra..membautkan amprahannya supaya tidak MOLOR terus…Terimokaseh…Wasalam…wr.wb.

  21. ➑ KARENA AKU DI BILANG MALAS , AKU KERJA DI RSUD BENER BENER MALES N OGAH OGAHAN SAMPAI LUPA NGASIH OBAT N SALAH NGASIH OBAT YANG AKHIRNYA PASIENNYA MATI… HAHAHAHAH…. πŸ˜†

    • Apa betul kang Arif… kasihan dikau dan terlebih kasihan juga pasiennya… apakah itu artinya kau ingin PROTES sama kebijakan pemerintah ??? :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

  22. kelakuan mas Arif patut ditiru n dicontoh , tolong sosialisasikan ke seluruh temen temen PNS di RSUD melalui SMS agar di tiru πŸ˜€ Ok… hahaha…. Mas Arif idenya makasihyaaa….

  23. Orang yang paling berbahagia di dunia, adalah orang yang pandai bersyukur, maka dari itu mari kita syukuri apa yang kita terima,……
    Jangan tengok kanan-kiri, kalau tidak ingin pusing sendiri…..

    • Ya betul mas udi… makanya saya sering pakai kaca mata kuda biar tidak lirik sana lirik sini tenok kanan tengok kiri, tapi ketika kubaca koran dan kulihat berita TV banyak kasus korupsi terjadi oleh para pejabat sedangkan tunjangan jabatan berlipat2 saya jadi sedihhhh… :sad: :sad: :sad: :sad: :sad:

  24. AKU PNS DI PUSKESMAS DENGAN TEMPAT RAWAT INAP , BELUM DAPAT REMUNERASI , KOK GA ADIL YAAA… BAWAANKU KERJA GA SEMANGAT AKHIRNYA YANG MENDERITA PASIEN JADI TERLANTAR N SERING JADI SALAH PELAYANAN.. INI CERITA SUNGGUHAN LHO… SENASIB DGN TEMAN TEMANKU, PNS KESEHATAN YG LAIN PUN BEGITUUU… πŸ˜† HAHAHAH…

    • Menyalahi kode etik tenaga kesehatan itu, masa gara2 belum dapet remunerasi, pasien jadi terlantar. ingat tenaga kesehatan yang di puskesmas/rumah sakit dll itu sudah dapet banyak duit diluar gaji, pake embel-embel JASA KESEHATAN. bahkan seorang perawat biasa di RSUD bisa dapet 3jt/bulan di luar gaji. ada juga apoteker dari jasa medis dapet 27jt per 3 bulan. jadi terlalu mengada-ada ini komentar sampeyan mas Budi…

      • Kalau Bose Puskesmas mungkin hidupnya dah enak ya… Sudah PNS, dapat duit diluar gaji, jasa medis hingga berjuta2… tapi tetanggaku koq gak seperti itu ya ??? apa karena masih Honorer dan di desa ?! Saya pikir Mas Budi benar hampir sama dengan tetanggaku… dia kadang dapat PIKET pagi siang malam di Rawat inap Puskesmas tapi juga gak dapat apa2. :roll: :roll: :roll:

    • maaf mas, saya agak bingung kalo ada pns yg bilang kalo ngga dapet remun kerja ga semangat. padahal saat kita diangkat sbg pns, kita sadar kalo pns itu adalah pelayan masyarakat yg gajinya jg dari rakyat. ada tidak adanya remunerasi harusnya kita tetap bekerja dengan baik melayani masyarakat. pernah terpikir ngga, sebenarnya kita digaji sbg pns itu untuk apa? apa cm untuk duduk manis trus kl kita ksh pelayanan msh harus minta duit lg?

  25. remoon pns kesehatan ga diperhatikan berakibat pelayanan pegawai pns kesehatan di rumah sakit pemerintah gaaaaa maksimal oyyyyy ternyata benar komentar mas budi punya prediksi tepat….. kode etik dan keadilan memang harus sinkron hahaha… :smile:

  26. pelayanan kesehatan di rs Negeri akhir akhir ini memang menurun , sungguh brengsek , terpaksa harus pindar rs swata bro!

  27. comment agan Suleman memang benar , pns kesehatan tu lagi mogok remun yaaa , keluar pns kagak mau, kerja ga optimal kga bener kaya pa ogah aja…. pns kesehatan mogok remun ceritanya kasian deh loooo…

  28. aKu seorang guru kalo mogok paling anak didik bodoh , tapi pns kesehatan itu pintar yaa bosnya seorang dokter demonya ga keliatan n mogoknya juga ga keliatan wong kerja terus , tapi kerja kaga maksimal, kerja ga bener n kerja asal asalan bisa berakibat fatal n Matiii Bro 😐 ekspresi mimik datar yang berbahaya, diam diam mematikan Salah obat..Bro!

  29. diliat dar segi postif nya bro kasian rs swasta ntar ga ada pasiennya kalo pelayanan rs negeri baik dan bagus, bener ngga Bro! Xixixixixi…

  30. semuanya boleh berpendapat, semua benar namun satu hal yang terlupakn dari diri kita adalah ” syukur “. jadi jalanilah apa adanya. Pasti segala sesuatunya akan indah pada waktunya….. πŸ˜† πŸ˜€

  31. Kasihan kmi tnga kesehatan krja smpai nfas setegah2,klw mlam begadang urusin pasien,rentan kena penyakit,??? slah sdkit langsung dpt makian,,kerjaan kmi terlalu beresiko..remun mana remun ??

    • Yaaa saya tau kesedihan mbak Kasihan… sebab tetangga saya juga orang kesehatan. Kalau Bose Puskesmas mungkin hidupnya dah enak ya… Sudah PNS, dapat duit diluar gaji, jasa medis hingga berjuta2… tapi tetanggaku koq gak seperti itu ??? apa karena masih Honorer dan di desa ?! dia juga dapat PIKET pagi siang malam di Rawat inap Puskesmas tapi juga gak dapat apa2. :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll:

  32. Om,..kalo sertifikasi diberlakukan ktny sertifikasi dosen gk dpt ya? Tp Tunjangan Fungsional Doseny naik gk tuh?klo gk naik gk adil tuh..la Tunjangan Fungsional Peneliti saja naik..

  33. tentara amerika dalam pembagian kesejahteraan berapa yang di dapat dari pemerintah itu yang di terimakan, DAN tidak ada acara sunat menyunat dari pimpinan sampai ke yang paling bawah, makanya mereka mau tugas atau hal kecil aj baris berbaris kekompakan mereka sangat menojol, tentara inidonesia memang kompak juga…. tapi menyimpan luka dalam hati karna atasan jago mengatur tapi tidak sesuai dalam pembagian kesejahteraan… yang adanya mengakibatkan terjadinya kriminal di kalangan bawah… jangan marah klo ada kyak gitu… seharusnya itu jadi patokan… selama ini yang sering demo cma warga sipil dan mahasiswa….. belum pernah kn dengar TNI demo….. semakin kesejateraan miring semakin dekat era kbrutalan TNI di indonesia.. πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ πŸ‘Ώ

  34. 😈 Kayanya Negeri ini, yg deket sama bapak yang berkuasa itu yg cepet dapet remon…padahal semua kementerian dan lembaga itu berjasa, kalo tidak ada…bagaimana negara ini akan berjalan tanpa mereka Instansi Pemerintah…satu sama lain berperan, jadi jangan beberapa instansi aja, toh instansi Kemenkeu aja…masih ada yg korup…!! ok kita harus benahi sistem dan sdm yang ada dengan baik..

  35. Remunerasi Mimpi kali ya…kalo masih ada yg korup, bagi yg sudah dapet…tolong layani rakyat dengan benar, tidak seperti lembaga2 pemerintah yang sudah dapet masih aja minta pungli…waduh miskin bener tuh…!!

  36. Kemendikbud itu banyak profesor, tp untuk ngurus remon aja ga bisa…gimana neh…(yg korup kan yg berkuasa) bukan pegawai rendahan…masa imbasnya ke wong kecil…uedaaaaannn bgt..!

  37. Yg sabar Semua…karena yg punya kuasa itu ngapain mikirin remon toh..mereka itu penghasilannya dari samping kiri, kanan, atas dan bawah milyaran…makanya ga konsern mikirin yang pegawai kecil…

  38. sabar bapak2 ibu2,,, syukuri apa yang ada. mari kita berikan ksempatan kepada pemimpin2 kita untuk makan sampe kembunggg… πŸ˜€ πŸ˜†

  39. Alhamdulillah….. semoga menjadi berkah amin….! dgn adnya remunrasi.. semoga menjadi lbh smngat lg dlm bekerja

  40. BUAT SAUDARAKU SEMUANYA KITA SEBAGAI ABDI NEGARA BAWAHAN BERSYUKUR SAJA.YG JELAS PERTANGGUNG JAWABAN DI AKERAT PIMPINAN/PEJABAT LEBIH BERAT.MUNGKIN DI DUNIA MRK BERLIMPAH HARTA KRN TUNJANGAN BANYAK,SAMPINGAN BANYAK,SETORAN BANYAK,RUMAH MOBIL DI KASIH BENSIN PUN DAPAT JATAH.TP DI AKERAT NANTI DI TANYAKAN ????MSH ENAK KITA BAWAHAN MAKAN GAJI BERSIH TDK BNYK BEBAN

  41. buat tmn2 di Kemenag, sabar aja kayaknya utk dpt Remon jauuuh, kerja aja yg Ikhlas sesuai motto Kemenag IKHLAS BERAMAL. syukuri aja gaji yg sedikit diterima tiap bulan…. :smile: πŸ˜› πŸ˜› πŸ˜€

  42. BISMILLAH PORO SEDULUR KABEH, TULISANKU IKI KASUNYATAN BENER TENAN YEN AKU NGALAMI DEWE TAU DIRAWAT NGINEP NING RSUD UNGARAN KAB SEMARANG MASALAH LAYANANE PORO KARYAWANE MEMANG JEBLOK ELEK CENDEK BANGET MUTUNE. OPO AMARGO PORO KARYAWANE RUNG ENTUK DUIT JASA REMUNERASI YO?

  43. Tetangga saya Petugas kesehatan di desa, tiap hari melayani Jamkesmas dan orang sakit yg gak punya duit… eh ternyata gajinya cuma Rp. 500 ribu itupun belum tentu keluar tiap bulan, hebatnya dia tetap setia mengabdi pada negeri walau gaji jauh dibawah UMR, gak ada gaji seperti PNS apalagi Remunerasi….. ❗ ❗ ❗ :sad: πŸ˜€ :roll: :roll: :roll:

  44. Tetangga saya Petugas kesehatan di desa, tiap hari melayani Jamkesmas dan orang sakit yg gak punya duit… eh ternyata gajinya cuma Rp. 500 ribu itupun belum tentu keluar tiap bulan, hebatnya dia tetap setia mengabdi pada negeri walau gaji jauh dibawah UMR, gak ada gaji seperti PNS apalagi Remunerasi….. ❗ ❗ ❗ :sad: πŸ˜€ :roll: :roll: :roll: πŸ˜€ ❗ ❗

  45. yng paling enak itu GURU PNS SD kerjannya ringan , dapat tambahan 1 kali gaji , dalam 5 tahun negara bisa bubar , qini negara cuma milik GURU PNS, kasihan rakyat bayar pajak uang pajaknya hanya buat gaji GURU PNS ,mereka merasa paling berjasa , kenapa para pns lain menerima , rakyat sangat muak dngan ini , kalian GURU PS dapat gaji rata rata Rp.10juta sebulan totalnya , kami rakyat cari duit Rp.500ribu aja kesulitan ,partai demokrat mendudkung sertifikasi GURU PNS hanya menguntungkan GURU PS

  46. ngomong remun bikin pusing gak tau ujung pangkal…..
    remun tu menyesatkan…
    remun tu gak adil buat pns….
    kalau mau” di kasih buat pns dari pusat sampai daerah. tentunya sesuai porsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>