Kapan?

Seperti sudah menjadi siklus, setelah efek gaji 13 mereda dipastikan akan muncul pertanyaan-pertanyaan soal kelanjutan proses tunjangan kinerja terutama pada 23 K/L yang sedianya direalisasikan tahun ini.

Untuk kesekian kalinya simak dulu proses persetujuan tunjangan kinerja:

  1. Menteri PAN dan RB selaku Ketua TRBN akan mengirimkan surat ke Menteri Keuangan untuk menyampaikan K/L yang sudah diverifikasi lapangan dan sudah memperoleh Berita Acara Validasi Job Grading, disertai dengan lampiran hasil verifikasi lapangan dan Berita Acara Job Grading.
  2. Ditjen Anggaran akan mengundang K/L dimaksud untuk mengecek efisiensi dan optimalisasi anggaran yang dilakukan K/L, serta melakukan perhitungan anggaran yang diperlukan untuk tunjangan kinerja
  3. Jika K/L dapat memenuhi seluruh anggaran tunjangan kinerja dari hasil efisiensi/optimalisasi anggarannya, maka pembahasan dapat dilakukan oleh K/L dengan Komisi DPR yang terkait. Namun jika diperlukan tambahan anggaran, maka pengajuan harus dilakukan oleh Menteri Keuangan kepada Badan Anggaran DPR.

Kata kuncinya disini adalah persetujuan DPR, jadi selama belum ada kata sepakat dari DPR Perpres belum akan ditandatangani meski draft sudah dibuat (Draft perpres dipersiapkan Team RBN). Pembahasan dengan DPR bersifat terbuka sehingga publik bebas untuk mengikutinya.

Soal TMT juga baru akan jelas diketahui pada saat pembahasan dengan DPR tersebut, setagu.net tidak mempunyai informasi mengenai TMT ini dan pastinya rekan-rekan lebih paham tentang info yang menyangkut remunerasi di instansinya masing-masing.

Lalu kapan pembahasan dengan DPR dimulai? Tergantung kesepakatan antara pemerintah dan DPR. Tahun lalu persetujuan DPR untuk 20 K/L dilakukan pada bulan September, tepatnya tanggal 4 Sept 2012. Perpres ditandatangani presiden tanggal 17 November 2012, jadi ada jeda waktu 2 bulan lebih semenjak persetujuan DPR.

Tolong baca post/artikel dibawah ini:
1. Penentuan Job Grade Tunjangan Kinerja
2. Mekanisme Pembayaran Tunjangan Kinerja 2012

untuk lebih memahami alur persetujuan tunjangan kinerja dan terutama coba simak komentar-komentar dari pembaca maupun dari admin. Karena banyak sekali pertanyaan yang sama sudah terjawab disitu, mulai dari grading jabatan, penganggaran, pembahasan DPR, terbitnya Perpres sampai pencairan tunjangan kinerja. Termasuk komentar yang mewakili situasi saat itu, yang akan rekan-rekan alami nanti.

Selamat menunaikan Ibadah Puasa bagi yang menjalankan
Mohon maaf lahir dan bathin

setagu

comments

69 Comments

  • Juragan_Ikan
    July 10, 2013 - 7:32 am | Permalink

    Pertamax, KKP harap-harap cemas. semoga aja :lol:

  • Agin
    July 10, 2013 - 7:43 am | Permalink

    mudah2an pembahasan nanti DPR bisa lbh bijak mengingat 23 K/L sdh menerapkan aturan disiplin, peniadaan tamb. honor dll nya jauh sblm mnerima Tunjkin nya n berharap akhir tahun ini bisa dicairkan TMT januari amiiinn

  • adi
    July 10, 2013 - 4:29 pm | Permalink

    Alhamdullilah kementerian pu…
    Telah Di setujui oleh kementerian keuangan…
    TMT juli 2013 Dan Di bayar rapel…

    • ario
      July 10, 2013 - 7:16 pm | Permalink

      Saya juga peg. PU untuk besarannya golongan 3 brp ya?

    • heru
      July 11, 2013 - 1:32 am | Permalink

      d bayar kapan ya …d PUnya

    • Setagu KW 1
      July 11, 2013 - 2:58 pm | Permalink

      PU diundur sampe tahun 2014

    • July 21, 2013 - 5:06 am | Permalink

      dirapel mulai dari bulan juli ya? kirain dari januari seperti yg sebelum sebelumnya….

  • Aipjend
    July 11, 2013 - 6:32 am | Permalink

    Kapannnn remu Polri ada peningkatan yahhh… capehh dehh :?: :?: :?:

  • budy08
    July 11, 2013 - 8:59 am | Permalink

    mas setagu, hasil penilaian akip 2013 kementerian/lembaga sudah keluar?

  • Gagal
    July 11, 2013 - 9:11 am | Permalink

    menurut isu ktnya 23 K/L yg ktnya akan mendapatkan Tujangan tahun ini BATAL apakah benar! Mohon Info donk mas setagu
    kalo benar! ribuan bahkan ratusan ribu PNS yg berharap tunjangan akan kecewa n mungkin kinerja nya menurun tuh

    • kucingmabuk
      July 11, 2013 - 9:33 am | Permalink

      @mas setagu, apa benar kalau dapat tukin, tunjangan dan honor yg sudah ada, bakal hilang. trims

      • 'Mang REMUN"
        July 12, 2013 - 10:12 am | Permalink

        @kucing mabuk…pengalaman ana di kemenerian yang sudah menerima Tunkin, memang Tunjangan dan Honor ditiadakan. Smoga teman2 di K/L yg blum menerima Tunkin bersabar, karena memang proses-nya agak lama…Thx

        • kucingmabuk
          July 12, 2013 - 2:51 pm | Permalink

          menurut saya yg cuma ngamati remunerasi. ya, kalau dapat tukin tapi honor dan tunjangan yang sudah ada ditiadaakan, ya percuma aja. sama aja jeruk digantiin jeruk.

          • kampret
            July 13, 2013 - 10:05 am | Permalink

            yg dapet honor dan tunjangan enak kalo yg gk dapet tunjangan apo2 kaya di instansi ane (badan Bahasa)udah uang makan aja dipotongin kalo telat masuk semenit aja…..,jdanengeharap tukin cepet nongol biar agak bisa bernapas dikit

        • Setagu
          July 14, 2013 - 8:33 pm | Permalink

          Benar, bagi Instansi vertikal/pusat dg pemberlakuan tunjangan kinerja honor2 makin dibatasi. Kalau untuk Pemda yg sudah ada TKD atau TPP, saya lihat tidak terlalu berpengaruh terhadap pemberian honor.

    • Setagu
      July 14, 2013 - 8:49 pm | Permalink

      setahu saya tidak ada pembatalan, namun sampai saat ini belum ada pembahasan dengan DPR

  • ledis
    July 12, 2013 - 10:38 am | Permalink

    desas desus yang beredar TMT utk 23 K/L ktnya bulan Juli 2013 dan dikarenakan menjelang Hari Raya THR ditiadakan maka akan di bayarkan bulan agustus satu bulan dari tunjangan Kinerja nya
    Apa betul demikian ?

    • Setagu
      July 14, 2013 - 8:30 pm | Permalink

      namanya juga desas desus, blm diyakini kebenarannya. Tunggu pembahasan dg DPR

  • July 12, 2013 - 11:06 am | Permalink

    Insya Allah desember 2013 rapel remunerasi dibayarkan amin…

  • ledis
    July 12, 2013 - 11:27 am | Permalink

    amiiiiinnnn
    dan TMT nya Januari yah Mas Suryo hehehehe

  • rang_lamo
    July 12, 2013 - 12:50 pm | Permalink

    dimohon bagi teman2 bagian umum/ SDM 23 K/L agar dapat membagi informasi kepada kami tentang perkembangan remunerasinya di K/L nya. tks.

  • pegawai kemenkes
    July 12, 2013 - 1:37 pm | Permalink

    om setagu,kl instansi yg sdh BLU apa remunerasix bersamaan dgn instansi yg non BLU? Dan apa besaran tunkinx sm jg??

    • Setagu
      July 14, 2013 - 8:29 pm | Permalink

      Bedakan remunerasi BLU dg Instansi, untuk remunerasi Instasnsi mencakup semua satker dibawahnya. Namun perlu diingat remunerasi BLU dan Instansi tdk bisa diberikan keduanya harus memilih salah satu.

  • ugan
    July 12, 2013 - 1:42 pm | Permalink

    hadeuhhhh yg 20 K/L mah dah mulai mau terima lagi ?
    gimana ini dengan yang di 23 K/L ktnya menyusul tapi ternyata yang ada juga di putihkan dari januari sd juni benar2 tebang pilih nih bikin iri n smangat kerja turun aja

  • kucingmabuk
    July 12, 2013 - 2:53 pm | Permalink

    menurut saya yg cuma ngamati remunerasi. ya, kalau dapat tukin tapi honor dan tunjangan yang sudah ada ditiadakan, ya percuma aja. sama aja jeruk digantiin jeruk.

    • ayamklenger
      July 13, 2013 - 12:05 am | Permalink

      kucingmabuk mhon dimnegerti,,, kalo pegawe tingkat/jabatan tinggi mah ngerasa jeruk minum jeruk,, bahkan jeruk diganti jeruk kecut (alias nurun penghsilan krn honor2 kegiatan at proyek -yg segitu banyaknya ga ada lg),, tp bg golongan/jabatan midle s.d. bawah akn terasa peningkatannya… jmn skrg proyek apapun yg ngatur kn org yg pny pengaruh (pejabat teras instansi msng2),, mknya dpt donk banyak2 ceperan dr honor2 kegiatan tsbt… alhasil remunerasi sbnrnya pny nilai pemerataan n sesuai dg kinerja n tugas msng2 tingkatan pegawai,, makanye dipake JOB GRADING masbro yaa…. :!:

    • kampret
      July 13, 2013 - 10:08 am | Permalink

      ah ini kucing mabok aja, gelo euy

  • Pengamat Komen
    July 13, 2013 - 5:01 pm | Permalink

    yang sabar teman 23 K/L, proses masih panjang, DPR yang penting dah acc dulu. Rapel oq n ada remun ke 13 seperti tahun ini …. Bang setagu agar bisa naik dari 40 persen gimana? Penilaian RB lebih dari itu, wtp dan penyerapan anggaran termasuk 10 terbaik… Makasih.

  • andi@yahoo.com
    July 14, 2013 - 8:23 am | Permalink

    bagaimana dengan nasib pegawai daerah apalagi di tempat kerja yg rawan konflik spt aceh, apakah dapat renumerasi…..?, kalo gak dapat apa sebabnya ……….?, bukankah kami pns pemda garda terdepan dlm mempertahankan nkri yg selalu menjadi ujung tombaknya pemerintah pusat, kenapa kami tdk dapat…..?, ini gak adil namanya, kerja kami pns pemda selalu bersinggungan/ berhadapan dgn kaum separatis, chauvist, ortodox dll, tetapi kami tak dapat renum, apakh kami perlu juga bersifat apatis thdp pemerintah…..?

  • ugan
    July 15, 2013 - 8:37 am | Permalink

    Wahai Bapak/Ibu anggota DPR yang terhormat dan pejabat2 yg terkait dengan RB (mengurusi Remunerasi) kami pegawai rendahan sangat sangat mengharapkan utk segera membahas anggaran tunkin utk ke 23 K/L yg sekiranya tahun ini akan menerima tunjangan kinerja nya mengingat aturan RB sudah diterapkan terlebih dahulu
    SEMOGA Bpk/Ibu Anggota DPR dpt menyetujui nya mengingat kebutuhan yg smakin meningkat

  • legian beach
    July 16, 2013 - 11:16 am | Permalink

    TMT Juli 2013, pembayaran dilakukan bulan Oktober :neutral:

    • bogel
      August 10, 2013 - 12:02 pm | Permalink

      23 K/L tmt 1 Juli sedangkan tahun lalu TMT 1 Jan…..adilkah?????

  • ranglam
    July 16, 2013 - 12:02 pm | Permalink

    Sekedar info, kenapa TMT Juli 2013??. berawal pemerintah kekurangan dana untuk subsidi bbm yang membengkak, maka diminta K/L memotong anggaran. Ternyata tidak semua yang bisa penuhi target itu. Solusi adalah tunkin musti dipotong 6 bulan. Awalnya ada protes, namun demi rakyat mau tak mau 23 k/l musti rela dipotong tunkinnya 6 bulan. Lalu bagaimana honor2 yang bulan januari-juni..? tergantung kebijakan K/L masing masing untuk mengambilnya dari mana…

  • Setagu Palsu
    July 18, 2013 - 4:42 pm | Permalink

    Sabar para PNS yang budiman. Orang sabar disayang Tuhan. Perkiraan ane Tunkin untuk 23 K/L paling nggak sama dengan 20 K/L 2012 yang lalu, sekitar akhir 2012. Mungkin sekarang akhir tahun 2013. Hadiah Tahun baru 2014. :razz:

  • Mimpi pengen remune
    July 19, 2013 - 10:14 am | Permalink

    Kira2 kapan yah pembahasan dg DPR’nya mas setagu???? :???:

  • Si Doel Anak Betawi
    July 23, 2013 - 12:53 am | Permalink

    KASIAN BANGET YG KERJA DI RS DIBAWAH DEPKES YG DAH BLU ISU2NYA MAH GA DAPET NGERASAIN YG NAMANYA TUNKIN ALIAS REMUN….SABAR…SABAR…SABAR…ane yakin dah klo rezeki dah di atur sama yg kuasa????

  • iwakiwakan
    July 25, 2013 - 9:09 am | Permalink

    gak usah diharapkan,

    kalo pemerintah belum siap untuk reformasi birokrasi secara total sih mending jangan nuntut macam2 ke PNS.
    Disaat seluruh pegawai K/L sudah siap melaksanakan reformasi birokrasi, pelayanan profesional, absensi sidik jari, honor-honor dihapuskan, ternyata…

    • Ayamklenger
      July 30, 2013 - 8:22 am | Permalink

      Nol besar – sebesar besarnya 0
      Berita Remunerasi d upt lingkup Kemen yg ad d luar Jawa jd senjata ampuh penguasa buat genjot kinerja pegawai,,, pegawai sngt dkt analoginya dg kucing yg diiming2in ikan asin,, tp ikan asinnya msh dipesenin n ga tau kpn datangnya,,,

  • ujang
    August 1, 2013 - 1:33 pm | Permalink

    bagaimana kumaha ieu teh
    THR tidak ada
    Tunjangan Kinerja yg dijanjikan akan menerima tahun ini tidak jelas pdhl aturannya sudah diberlakukan dan penerimaan honor2 sudah ditiadakan
    Gaji tinggal nama saja karena dipotong sama bank demi sebuah gubug derita
    nasib nasib ! kalo jd PNS rendahan begini

    mudah2an yg ktnya anggota DPR n terkait yg mengurusi Remunerasi mendengarkan keluhan2an beribu malah ratusan ribu PNS rendahan yg mengharap sesegera mungkin remunerasi direalisasikan n di cairkan krn dengan demikian para anggota dewan n pejabat yg terkait dgn remun yg ktnya terhormat bisa mendptkan pahala juga dengan merealisasikannya keinginan dari beratus ribu PNS rendahan dengan ucapan alhamdullilah n rasa bersyukurnya

  • August 6, 2013 - 6:51 pm | Permalink

    Selamat malam mas,
    Info yang menarik tentang PNS
    mohon kunjungan baliknya.
    thanks

  • mie
    August 20, 2013 - 11:59 am | Permalink

    ada kabar baru kah yg pasti?

    byk berita simpang siur -_-

  • ujang
    August 22, 2013 - 1:56 pm | Permalink

    iraha atuh ieu tunjangan kinerja 23 K/L di realisasikan na
    atuh sok geura bapak/Ibu yg berkompeten dlm pembahasan Remunerasi disegerakan pembahasannya supados tiasa di TTD eta Perpres na
    kan janten pasti upami tos aya Perpres na mah

  • sabar menanti
    August 29, 2013 - 3:11 pm | Permalink

    berhubung sedang krisis ekonomi maka remun ditunda

  • Dwi Setyo H
    September 2, 2013 - 7:50 am | Permalink

    Smua kita syukuri aja, jg belajar sbaar?? nggak usah berharap sekali klau udh rejeki kta pasti akan datang. OK… :wink:

  • info
    September 3, 2013 - 2:15 pm | Permalink
  • infojuga
    September 3, 2013 - 2:27 pm | Permalink

    Gw bingung pembagian grade di kemlu..masa gol. ii/a sama golongan III/b gradenya sama, yakni 6..tapi ada juga tuh pegawai yang udah gol. III/b dikasih grade 3…lucu kan? mestinya ada pembakuan dalam hal pemberian grade, paling tidak jerih payah mereka waktu sekolah itu dihargaiin (kalau lususan sd/smp gradenya beda sama pegawai yang lulusan sma/s-1), dan jangan disamaratin seperti itu.

    • minta info
      September 3, 2013 - 2:57 pm | Permalink

      bisa minta link daftar grade kemenlu-nya gan?

      • September 4, 2013 - 11:45 pm | Permalink

        ane ngak punya coy..tapi yang jelas kemenlu dapetnya 47 dan tmtnya bulan Juli..and isunya dibayarkan pada bulan oktober 2013

  • ujang
    September 10, 2013 - 11:43 am | Permalink

    wah ada angin segar lagi nih
    tunjangan kinerja terhitung mulai bulan juli dan akan dirapel menjadi 6 bulan pd bulan desember 2013 dan kemenhut sedang diusahakan untuk mendapat rapelan 1 tahun mantaap banget tuh

    tapi kalo dipikir lagi yg di rapel ktnya per juli aja lah wong kagak jelas gimana mo di rapel 1 tahun hadeuuuhhhh

    tp ane sangat mendukung banget kalo memang benar ada nya

  • bmkg
    September 12, 2013 - 4:42 pm | Permalink

    tinggal dikit lagi—>http://www.dpr.go.id/id/komisi/komisi5/report/4011/RDP-Komisi-V-DPR-RI-dgn-Sekjen-Men-PU,-Menhub,-Sesmen-PDT,-Sestama-BMKG-dan-Basarnas —> disetujui badan anggaran—->keluar perpres—->keluar juklaknya terus cair dech amin.

  • ipank
    March 7, 2014 - 7:04 am | Permalink

    kalo pns kesehatan kapan ko dari taun kemarin masih belum jelas kapan keluarnya??

  • Gunadi,S.E.
    March 15, 2014 - 10:51 am | Permalink

    Bpk.Anggota Dewan/ DPR.RI.pusat, sebaiknya Yg.Punya Eselon I sampai dengan Eselon V.a.entah itu Pgawai Pusat/Daerah.dari Kementrian Manapun didahulukan Remunerasi/Kinerja apapun namanya? sebab nama itu yg membuat kan DPR/Pemerintah yg berkuasa, jangan Cuma TPP.Guru yg besar gajinya, Apakah Kemendikbud bisa mengawasi kinerja Guru? Apa Pendidikan setelah ada TPP.Guru juga ada Kenaikan Pendidikan? yg bagus ya Prestasi Seorang Guru aja? dari pada LEMAH PENGAWASAN ! Lebih Baik di Remunerasi semua PNS/ASN. kita sama.2 Abdi Negara punya Eselon tapi tdk punya Kinerja atau Rupiah ? kita sesuai Panca Sila sila ke (5)

  • motiv
    June 16, 2014 - 10:07 pm | Permalink

    sbnarnya remunerasi itu, menghapus semua honor APBD.. Jd knp pengen nrima remunerasi .. Pdhl remunerasi yg kita trima hanya sdikit, klo aq mending ga ada remunerasi.. Remunerasi hanya akan mengurangi pendapatan kita tiap bulannya.. Aq sudah terima remunerasi, skg hanyalah kerja bnyak, pendapatan dikit, lbh sdikit drpd ada remunerasi.. Makanya jgn senang dlu.. !! Dan jgn mengharapkan remunerasi.. Yg biasanya tiap bln dpt 2.5 jt, skg dgn adanya remunerasi hanya 1 jt..sedih.. Udah gt, kinerja kita dituntut sesuai target…

    • saw
      June 28, 2014 - 6:31 am | Permalink

      Skrng hrs dibalik, kinerja disesuaikan dgn tunj yg diterima ! Kalau nggak bgtu yg diuntungkan orang2 yg mlh kinerjanya rendah. Pejbt gk mau ambil pusing dgn nmnya Target n Realisasi soalnya sdh ada aturan grade kinerja disamakan dg jabatan.

  • garuda.emas
    June 27, 2014 - 4:27 pm | Permalink

    remunerasi hrs diberikan scr adil antara k/l jgn dibeda-bedakan, emang hanya kemenkeu dan pajak saja yang bekerja sbg aparat pemerintah shg hrs dianak emaskan. Padahal sdh diksh tunjangan kinerja jg msh bayak kebocoran anggaran……
    Sementara k/l lain hanya diberikan tunjangan 40%, 50%, atau 60% sungguh terlalu….
    Pemerintahan tdk berkeadilan…..

    • jayus
      June 28, 2014 - 10:03 am | Permalink

      bukan dianakemaskan tapi emang sharusnya, karena target mereka diukur dengan uang yang diterima, kalo panjenengan apa targetnya juga diukur dengan uang yang diterima? itu masalh target belum masalah jam kerja dlll. makanya observasi dulu sebelum bicara jangan asal jeplak gak apple to apple gituch loh

  • nursiti
    July 8, 2014 - 12:37 pm | Permalink

    Tukin kemenkes tahun 2014 kapan cair nya

  • July 13, 2014 - 10:02 am | Permalink

    Oh malangnya menjadi PNS struktural kemenag bagaikan anak pungut ……!!!
    Coba kita lihat…..
    1. Tunjangan remunerasi sampai sekarang blm juga muncul, padahal beritanya sdh harum mulai th 2010, sementara K/l yg lain sdh bertahun-tahun menikmatinya.
    2. K/l lain sdh dpt tukin mulai 2008 jmlhnya tdk main2 ada yg 100 % spt kemenkeu dan pajak, tapi apa hassinya msh banyak anggaran rahib juga
    3. Apalagi bg PNS Pemda ada tunjangan macam2, ada insentivlah yang jumlahnya nelebihi gaji pokok, bgt pula setiap tahun ada THR yg jmlnya selangit.
    Sedangkan PNS kemenag apa jangankan Insetif THR saja tdk pernaah ada padahal kuli pabrik sj dapat THR tiap tahun.
    Sabar-sabar semoga pemerintah yg br nnt bs membebaskan anak pungut menjadi anak raja !!!! Aaamiiiiiiiin yaaaa robbal aalaamiiin.

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>