Kapan PP Kenaikan Gaji PNS 2013 Diterbitkan?

Post On: 9 April 2013
By:
In: Opini
April 29, 2014

Sampai saat ini Peraturan Pemerintah (PP) yang mengatur kenaikan gaji PNS tahun anggaran 2013 belum juga diterbitkan. Padahal sudah memasuki bulan April minggu kedua, namun belum ada tanda-tanda atau pernyataan dari pejabat yang berwenang kapan PP tersebut keluar.

Jika sudah diundangkan, Peraturan Pemerintah (PP) tersebut merupakan perubahan kelimabelas atas PP no 7 tahun 1977 tentang peraturan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sejak diundangkan Β PP tersebut telah mengalami perubahan sebanyak 14 kali.

Sebelumnya kita lihat tanggal ditandatanganinya Peraturan Pemerintah yang mengatur tentang perubahan/kenaikan gaji PNS dalam 5 (lima) tahun terakhir.

No Peraturan Pemerintah Tanggal
1 PP No 15 Tahun 2012 6 Februari 2012
2 PP No 11 Tahun 2011 16 Februari 2011
3 PP No 25 Tahun 2010 5 Februari 2010
4 PP No 8 Tahun 2009 16 Januari 2009
5 PP No 14 Tahun 2008 4 Februari 2008

Data di atas menunjukkan PP yang mengatur perubahan/kenaikan gaji ditandatangani presiden paling lambat pada bulan Februari. Bahkan pada tahun 2009, PP diterbitkan lebih awal pada bulan Januari 2009. Jeda waktu antara tanda tangan dan diundangkannya PP tersebut sekitar 1-2 minggu. Wajar timbul pertanyaan mengapa sampai bulan April ini (tanggal 9) PP belum keluar juga?

Mulai tahun 2013 arah kebijakan belanja pegawai adalah dengan mempertahankan nilai riil pendapatan. Berarti kenaikan gaji gaji pokok dan pensiun pokok mengacu pada inflasi.

APBN TA 2013 sudah jelas menganggarkan kenaikan gaji PNS yang ditampung dalam pos gaji dan tunjangan. Anggaran untuk pos gaji dan tunjangan dalam RAPBN tahun 2013 direncanakan sebesar Rp112,2 triliun.Jumlah tersebut menunjukkan peningkatan sebesar Rp10,9 triliun atau 10,7% dari pagunya dalam APBNP tahun 2012 sebesar Rp101,3 triliun.

Dari 10,7% tersebut dialokasikan pada:
–Β Kenaikan gaji pokok sebesar 7 %
– Penyediaan cadangan anggaran untuk mengantisipasi kebutuhan gaji bagi tambahan pegawai baru di instansi Pemerintah Pusat

Kita percaya bahwa pemerintah pasti menaikkan gaji sesuai dengan janji yakni 7%, namun penerbitan PP paling lambat harus dilakukan pada bulan April ini.

Seperti diketahui besaran Gaji ke 13 berdasarkan gaji yag diterima bulan Juni. Penyampaian SPM Gaji Induk ke KPPN sesuai ketentuan paling lambat tanggal 15 sebelum bulan pembayaran. Artinya untuk gaji bulan Juni 2013, permintaan gaji ke KPPN paling lambat harus disampaikan tanggal 15 Mei 2013. Sehingga besar kemungkinan gaji bulan Juni belum termasuk tambahan kenaikan gaji, jika PP pada bulan April ini tidak keluar. Belum lagi nanti penerbitan juknis, perubahan pada aplikasi gaji yang akan semakin manambah panjang rantai pengajuan SPM gaji.

So, tunggu apa lagi?

Tags: ,

79 comments on “Kapan PP Kenaikan Gaji PNS 2013 Diterbitkan?

  1. gaji kami yg kemarenpun belum habis jd gk perlu tuh PP kenaikan gaji terbit lagian ane lg sibuk ngurusin dapur dulu ya….kapan2 ajalah kalo ane dah salse baru ane bikinin tuh PP..,sekarang mah ente2 nikmati saja kesusahan…..

  2. Salam semoga harapan dan ketentuan kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil yang bekerja Dalam lingkungan Departemen Dalam Negeri Masih banyak yang kekurangan dibidang kesejahteraan tentang Ekonomi Keluarga, dan saya mengharapkan semoga kesejahteraan kami sunguh mengharapkan kepada Bapak Menteri Dalam Negeri

  3. Benar sekali, dari data sebelumnya seharusnya PP Perubahan Gaji 2013 sudah diterbikan. Yang menjadi pertanyaan mengapa bisa terlambat? Apakah ada unsur kesengajaan atau ada unsur lain? Seperti yang diungkapkan bahwa dengan adanya keterlambataan maka berdampak ke hal-hal lain. Coba diulas alasan keterlambatan, kelihatannya lebih menarik untuk diperbincangan. πŸ˜€

  4. Mohon bantuan metro atau tv one aja untuk ngingetin pemerintah akan janjinya tentang kenaikan gaji dan remunerasi pns polri dan tni lewat dialog interantiv.

  5. mas setagu apakah kemungkinan untuk tahun 2013 kenaikan gaji dibatalkan? karena sampai bulan april ini PP nya pun belum terbit. trus lagi masalah tunjangan kinerja sampai saat ini belum diterima.

  6. harusnya tetap naik gaji PNS itu, karena tingkat inflasi untuk bulan Februari dan Maret 2013 kemarin, juga cukup tinggi,,

  7. Denger2 malah ga jadi naek 7%.. alias ditunda kenaikannya..??
    Wah, semoga aja jadi naek lah.. Udah mo KPR neh..
    masak ngontrak terus??

  8. Dah lupa kalo ada rencana gaji naik…. Mungkin nunggu bbm naik, PP baru turun… Posisi PP sudah dimeja mana atau belum dibuat ya, bung Setagu tahu ndak PP ada dimana ….

    • Nah,, Kalau “BIG BOS” cuma sibuk Ngurus Partainya, sementara nasib knaikan gaji PNS digantung, saya makin yakin para PNS ga akan ada lagi yang melirik ma “PARTAI itu”…
      Jumlah PNS se Indo kan sedikit, jadi ga bakal ngaruh di hasil pilpres nanti yah…

  9. he..he… jadi geli ak baca coment mr kampret..lucu gimana gitu,kalau ngga sabar emang kita jadi keseeellll..mau apa lagi ?? mari kta yakin bhw pemimpin2 kt di atas pst banyak beban jg akan janji2nya yg sdh terlanjur beredar. semoga ALLAH memberi jalan yg terbaik buat kt semua. thanks bwt mr kampret karena sdh membuat ak…ketawa dlm hati…..

    • ketawa aja sepuasnya ampe terbit tuh PP kenaikan gaji…. πŸ˜› πŸ˜› πŸ˜› πŸ˜› makanya mandi subuh atuh ya…

  10. yth bapak presiden, kami para pns sangat menunggu PP yang mengatur kenaikan gaji PNS 7%, mohon segera ditanda tangani

  11. dpr cuma Omdo,ruu asn akhir tahun 2012 yg lalu rencananya akan disahkan, nyatanya sampai saat ini……..?tidak memihak kepada rakyat tapi sebaliknya cuma kepentingan individunya sambil duduk manis makanya ahmad albar bilang dunia ini panggung sandiwara. he . he. he.

  12. Menyinggung masalah kenaikan gaji yg 7 prosen, sudah menginjak bulan april 2013, katanya pp nya blm turun, masa bikin pp saja 4 bulan tiak beres….?

  13. gaji blm naik2 harga brg udah brp X naik??? hrsx kenaikan gj ga usah diumumkan, pedagang2 itu kan sensitif skl pendengaranx klu dgr kenaikan gj..

  14. URA URUS.. PEMERINTAH NGURUSI HARGA BAWANG, HARGA DAGING SAPI, HARGA KEDELAI & HARGA CABAI BE URA BECUS !!!! HIDUP REPUBLIK MANUK !!!!

  15. tenang,..saya sudah menginstruksikan untuk segera di batalkan kenaikan gajih 2013 dan menghapus sistem remunerasi,…tahun 2014 baru dilakukan gebrakan yang besar, semoga elekbilitas menjadi naik,.. πŸ˜€

  16. eh justru karna lama mikir itu karna banyak mikirin kesejahteraan PNS,alhamdulillah sejak bapake menjabat ada perubahan penghasilan.bersyukurlah,dan musti kita hargai.

    • pemerintahan palsu,super lemot,bodoh,koruptor,msih ada yang beranggapan pemerintahan sekarang ini baik?pikir dan renungkan apa yang terjadi di negara ini selama ini!!

  17. Infonya: gaji plus semua tunj dijadikan patokan gapok, bukan yang 2012 kemarin. baru dikalikan 7%.
    Entah benar entah nggak dr instansi ane begitu gan…

    • saya sepakat dengan PNS NDESO, ada yang tersuruk di balik keterlambatan PP ini. semoga kenaikan gaji melebihi asumsi awal. pasti pemerintah punya perhitungan sendiri dengan laju inflasi dan efek domino lainnya yang akan terjadi pada perkiraan “kenaikan harga BBM” tahun ini.semoga…

  18. piye toh mas, wong tolong ngurusin negara ne sebaik baiknyo lah mas.. yo kalau emang udah ngk nyanggup lg mundur toh….. mas… mas….!! slow slow bimbang yo…?? ora eneng.. mas…. :sad: !!

  19. ahhh…sepii ajah, kayaknya menunggu kenaikan bbm, sehingga, kenaikan akandi hitung berdasarkan insflasi faktual dan aktual di tahun 2013 ini…sabar menunggu demi yang terbaik!!!

  20. up to date!!!
    Bulan juli rencana pemerintah akan menaikkan BBM.
    Kemungkinan bulan agustus, PNS baru akan merasakan gaji baru di tahun 2013 ini.

  21. berita terbaru. Bahwa bulan mei dapat dipastikan gaji pns belum naik karena di tempatq lembar gaji bulan mei sudah keluar. Sumangat !

  22. capeck dech,polri,pns,tni, itu yg diaharapkan cuma kenaikan gaji, pengabdian trus tanpa ada kesejahteraan yg jls jdnya ya tdk sumangat :roll:

  23. memang indonesia adalah negri mimpi……..presiden tukang mimpi…..mentrinya bisanya bilang siap bossssssssss dprnya cuma bilang yang penting aku kebagian persetan mikir rakyat emangnya gue pikirin………. 😈

  24. Nah,, Kalau β€œBIG BOS” cuma sibuk Ngurus Partainya, sementara nasib knaikan gaji PNS digantung, saya makin yakin para PNS ga akan ada lagi yang melirik ma β€œPARTAI itu”…
    Jumlah PNS se Indo kan sedikit, jadi ga bakal ngaruh di hasil pilpres nanti yah…

  25. to mr kampret, mr kan pns juga…jangan apriori begitu dong. ntar kalau udah keluar tuh semua janji jani babe di atas,kan mr seneng juga kan, intinya mari kita sabar aja . nikmati apa adanya…yakin ALLAH sayang umatnya….

  26. Hey,hey,hey…duit wae lu yg di omongin!! noh liat pgw pabrik/garment,dg gj umr aja pd hebat nguntungin negara! giliran mereka demo nntut naik gj malah di pentungin ama pns/stpol pp. dia juga pengen hdp layak tau!!!!! gue jga PNS ko.

  27. Aku salut sama pegawe swasta,aku hormat bngt sama mereka,dari keringat mrka sbgian pajak dah terkumpul. produktivitas krja mrka sangat mempengaruhi hsl pajak negara. thank u for all

  28. Seorang teman di kantor sering meminta tolong untuk mengecekkan apakah PP ini sudah keluar. :roll: Dan setiap kali saya buka setagu, tak ada kabar beritanya. Tujuh persen, kapan dikau keluar? πŸ˜€

  29. Ngapain sih PNS pada ngurusin gaji 13 dan kenaikan gaji 2013? Kan udah pada dpt tunj kinerja semua ? Brarti bukan gaji 13 lagi yang udh diterima, malah udh ke 13 s/d 24 tiap bulan naik 100% lebih, tunj kinerja kan rata2 diatas gaji bulanan. Nah kalu yang pensiunan biarin aja biar mereka makin kurus. “Begitulah kata penguasa”

  30. πŸ˜† mas/ mba Gogle mau tanya sertifikasi tahun 2013 itu mengacu kepada gaji pokok yantg tahun berapa yaaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>