Gaji ke-13 PNS 2010

Memasuki bulan Juni seperti tahun sebelumnya pemerintah berencana memberikan gaji ke-13 bagi para PNS. Rencananya pemberian Gaji ke-13 masih diberikan hingga tahun 2014.

Argumen pemberian Gaji ke-13:
- Membantu keuangan pegawai negeri guna membiayai kebutuhan pendidikan dan sekolah anak-anaknya
-Meningkatkan kinerja pegawai untuk melayani publik

Proses pemberian Gaji ke-13

1. Penerbitan PP yang ditandatangani presiden sebagai payung hukum. Pengalaman tahun sebelumnya biasanya PP turun sekitar minggu kedua bulan Juni.
2. Setelah PP terbit,  Direktorat Jendral Perbendaharaan Negara Kemenkeu akan mengeluarkan Surat Edaran (SE) sebagai petunjuk teknis (Juknis). Rentang waktunya sekitar 1 minggu dari turunnya PP. Juknis ini kemudian disebarkan ke KPPN di berbagai daerah.
3. KPPN akan menyebarkan lagi ke Bendahara masing-masing satuan/unit kerja yang akan ditindaklanjuti permintaan pembayaran Gaji ke-13 oleh Bendahara yang bersangkutan.

Besaran Gaji ke-13

Yang menjadi dasar jumlah yang diterima adalah gaji pokok pada bulan tersebut (Juni). Jadi misalnya jika pada bulan Juni naik pangkat atau golongan tetapi SK belum diterima maka dapat dimintakan kekurangannya dengan daftar tersendiri setelah SK diterima.
Komponen gaji ke-13:
1.Gaji pokok
2.Tunjangan istri/suami sebesar 10% dari gaji pokok
3.Tunjangan anak sebesar 2% dari Gaji pokok per anak
4.Tunjangan umum/fungsional/struktural

Update:
Gaji 13 Awal Juli

Baca Juga:

76 Comments

  • JUNAIDI,SH
    June 7, 2010 - 5:52 am | Permalink

    Bohoooooooooooooooooooong smua…yang bener gak ada jelas kapan…dr dulu cuman wacana,bersukurlah para pegawai dibawah kementerian keuangan dan mahkamah agung,mereka smua sudah lama merasakannya…bagi pegawai diluar dep.diatas selamat bermimpi ok…

  • ardian
    June 7, 2010 - 9:12 am | Permalink

    saya tnggu secepatnya gaji 13 keluar buat biaya anak utk sekolhhh

  • June 7, 2010 - 9:04 pm | Permalink

    mudah2an deh…. kan lumayan untuk persiapan sekolah anak, atau yang mau menyambut bulan Ramadhan…

  • June 7, 2010 - 9:07 pm | Permalink

    aduh, kok cuman sampai thn 2014 doang ya….
    artinya gaji ke-13 bukan program tetap dong….
    anyway, wait and see aja deh kapan keluarnya…

  • June 10, 2010 - 4:27 am | Permalink

    SEGERA CAIRKAN DAN BAGIKAN GAJAI 13 KARENA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN ANAK SEKOLAH PAK /IBUTOLONG SECEPAETNYA , KALAUBISA HARI INI YA

  • aryatama
    June 10, 2010 - 5:53 am | Permalink

    kapan ni gaji 13 nya datang bulan ni??
    kok gak ada!!

  • soleh
    June 10, 2010 - 2:12 pm | Permalink

    ok gaji 13 utk sekolah,kuliah anak

  • Wirro Suwondo
    June 10, 2010 - 10:29 pm | Permalink

    Gaji ke 13 sedikit membantu PNS mengurangi beban hidupnya, sebaiknya Pemerintah segera merealisasikan remunerasi pada semua PNS pusat maupun daerah! Bisakah Pemerintah berlaku mendekati adil? skrg ini remunerasi dan sertifikasi guru justru membuat kesenjangan yg besar di intrn di intrn dan antar PNS.

  • dave
    June 11, 2010 - 4:16 am | Permalink

    ditunggu secepatnya biar cpt cair…kryawan swasta dpt THR…PNS dpt 13….adil kaan…!?!?

  • Ghagan Sugan Ray
    June 11, 2010 - 6:42 am | Permalink

    Para pejabat keuangan di daerah masih menunggu PP dan SE Menkeu sebagai payung hukum untuk pencairan gaji ke-13 PNS.
    Diharapkan PP dan SE termaksud segera terbit, sehingga selambat-lambatnya awal Juli bisa diterima oleh para PNS.
    Terima kasih.

  • Hary Priyono
    June 11, 2010 - 7:21 am | Permalink

    Mudah2an gaji 13 cair minggu ketiga bulan Juni ini. Karena kami semua telah menunggu2 untuk biaya anak sekolah. Para PNS dan pejabat negara diharap bersabar sambil menunggu terbitnya PP dan SE terkait gaji 13 itu. OK…?

  • June 11, 2010 - 11:18 am | Permalink

    Saya juga menunggu2 kapan gaji ke-13 turun, biasanya awal bulan Juni kan sudah terbit PPnya

  • June 11, 2010 - 11:54 am | Permalink

    Kami para PNS menunggu kelanjutan Program Pemerintah dalam memberikan gaji ke-13 kepada PNS pada tahun 2010 ini. Semoga PP dan SE segera diterbitkan

  • ALMAK
    June 12, 2010 - 4:05 am | Permalink

    SY JG SANGAT MENANTI GJ TSB KRN NTAR LAGI BEAYA ANAK ANAK NAMBAH

  • 7HC
    June 12, 2010 - 5:03 am | Permalink

    ane juga setuju ame yg laennye, mdh2an pemerintah gak cuma omdo, krn biaya hdp sekarang muahal apalagi biaya sklh ank ampuuuuuuuuun dah!!!!!!!

  • ainkciamis
    June 12, 2010 - 6:01 am | Permalink

    kere kabeh……wkkkkkkkk

  • Hu7aidi
    June 12, 2010 - 7:21 am | Permalink

    podoae cak kaulo nggih betahaken sanget kanggo yugo kolu sckoll pay

  • safrudin
    June 13, 2010 - 4:18 am | Permalink

    mudah2an gaji 13 bisa cair dalam bulan ini,
    dengan gaji 13 dan remunerasi ( rencana ) mari kita tingkatkan kinerja kita di instansi masing-masing

  • akyu PNS
    June 13, 2010 - 3:13 pm | Permalink

    gaji 13 cuma sampe 2014 ya…?
    marikita berdoa 2015-2020 akan ada gaji 13, gaji 14…..gaji 18….

  • aji
    June 13, 2010 - 11:51 pm | Permalink

    daripada ngasih gaji 13, bukanya lebih baik kalo standar gajinya yang ditingkatkan…
    tanya kenapa (musti pake 13an segala)???

    • JAYADI
      June 16, 2010 - 4:24 am | Permalink

      pikiran orang awam, kalau di perusahaan swasta kan ada yang namanya THR, pns tidak pernah mendapat thr dari pemerintah,…..anggap saja gaji 13 itu sebagai THR….

  • June 14, 2010 - 5:49 am | Permalink

    gak ada apa-apanya dibanding gajinya PNS pajak….

    • wonder
      June 16, 2010 - 10:15 am | Permalink

      ini orang PNS bukan y?
      klu gaji ya smua PNS sama lah om tergantung pangkat’y

  • yulia
    June 14, 2010 - 6:54 am | Permalink

    gaji ke 13 moga2 aja minggu ke 3 bulan Juni 2010 ud bisa di nikmati oleh PNS di seluruh Indonesia cepat diterbitkan dong pak SE Menkeu nya di tunngu loh pak :)

  • EDYONO
    June 14, 2010 - 7:12 am | Permalink

    Mendingan sertifikasi guru dialihkan untuk biaya anak sekolah, biaya pendidikan yg katanya gratis eh kenyataannya biaya pendidikan tambah melambung, ada RSBI lah ada SSN lah…, sementara guru gurunya lagi berlomba mensiasati spy bisa mendapatkan sertifikasi, setelah sertifikasi apa yang didapat?

  • herwan
    June 14, 2010 - 10:36 am | Permalink

    dasar PNS, maunya duit tok, kinerja kang n mbak yu ditingkatkan dong

    • syamiun
      June 14, 2010 - 11:34 am | Permalink

      kinerja yg mana mas??? yang lebih spesifik sarannya bos….jangan cuma ngomong tingkatkan…tingkatkan….tingkatkan kinerja ….tapi tidak tahu yang mana yang dimaksud…jangan-jangan sampean ini cuma ikut-ikutan/copy> paste istilah tersebut saja….ha..ha…ha…

    • ading wiganda
      June 15, 2010 - 2:28 am | Permalink

      Anda ko sinis amat kpd PNS. Mangkanya belajarlah yang tekun seperti saya dulu, lalu sering2lah mendekatkan diri pada Tuhan, banyak2lah beramal, coba ikuti testing PNS dengan percaya diri. Dan jangan percaya kpd orang yang sanggup melicinkan jalan. INSYALLAH klw Anda berhasil lulus jadi PNS, Anda akan merasakan betapa pahitnya jadi PNS yang ingin beli itu beli ini harus ngutang dari BANK dulu.

    • lelin
      June 15, 2010 - 8:39 am | Permalink

      biasa aja donk mas ga usah sinis begitu…sinis tanda orang sirik…

    • PNS
      June 30, 2010 - 2:35 am | Permalink

      sepertinya mas herwan ini pengen jadi pns cuma ga lolos seleksi ya,,hahaha…

      • November 10, 2010 - 3:25 pm | Permalink

        iya, ga smua pns bgitu, banyak kok yang kerjanya bener, yang ga bener itu namanya oknum, laporin aj taroh di internet biar nyebarrrr….

  • ira
    June 14, 2010 - 11:47 am | Permalink

    Gaji ke 13 cuma sampe 2014? Gapapa… Krn selanjutnya gaji smua pns sama dgn gaji pns pajak. Hehe…sayang cuma mimpi.

  • pras
    June 15, 2010 - 12:59 am | Permalink

    gaji 13 kan untuk membantu kita dalam menyelesaikan biaya sekolah anak, tapi kalo dikeluarkanya setelah pendaftaran sekolah bagai mana bisa membantu sedang kita sudah terlanjur ngutang, mohon hal ini jadi perhitungan pemerintah juga ………!

  • ading wiganda
    June 15, 2010 - 2:14 am | Permalink

    gaji ke-13 bak pungguk merindukan bulan, medio juni belum juga ada kepastian. ternyata gebrakan menkeu yang baru terkesan masih meraba-raba. Beda dengan Sri Mulyani yang lebih sigap dan tanggap.

  • June 15, 2010 - 7:58 am | Permalink

    cepeten dooong gaji 13 kan lumayan buat obat kurang gizi

  • lelin
    June 15, 2010 - 8:49 am | Permalink

    gaji 13 harusnya diberikan antara bulan april – mei donk kalo untuk bantu biaya sekolah….kalo dibulan juni apalagi minggu ke 3 pendaftaran sekolah sudah hampir tutup…itu namanya bukan bantu biaya sekolah donk…!!!

    • adipati
      June 15, 2010 - 9:06 am | Permalink

      smua pekerja itu berhak mnedapat gaji yang layak, lu yang sirik tuh bisanya ngoreksi doank Omong Tok.

      • lelin
        June 15, 2010 - 10:51 am | Permalink

        jaka sembung jadi kuli….ga nyambung kaleeee…………..

        • ainkciamix
          June 16, 2010 - 12:42 am | Permalink

          ayo brantem…..wwkkkkkk udah pada lieur ya……

  • hermayanto
    June 16, 2010 - 12:57 am | Permalink

    cepet cepet deh bayar gaji 13 tuk oaftar sekolah

  • hermayanto
    June 16, 2010 - 1:00 am | Permalink

    gaji 13 sangat diharapkan sekali oleh pns tuk memenuhi kebutuhan sekolah,yang kian mahaaaaaaal banget

  • mandasiya
    June 16, 2010 - 4:11 am | Permalink

    >>>>>>>> banyak bacooootttt….lo semuwa…..<<<<<<<<<<<<<

  • Roni
    June 16, 2010 - 4:59 am | Permalink

    Saya karena belon punya anak sekolah, ndak dapat gaji ke-13 ndak papalah, syapa yang mau ngikut?

  • sehjenar
    June 16, 2010 - 5:37 am | Permalink

    mg gaji 13 sgr dicairkan tuk bayar anak sekolah, dp dikorup ma gayus n konco2nya

  • pns depdagri
    June 16, 2010 - 6:05 am | Permalink

    ndak dapat gaji 13 ndak apa apa yang penting renumerisasi pns di departemen keuangan dihapus saja, ke-enakan tuh. apa di departemen keuangan banyak yang seperti gayus? Banyak kaleeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee.

    • wong cilik
      June 16, 2010 - 6:39 am | Permalink

      adil penerimaan depdagri di APBN berapa sih?

  • June 16, 2010 - 6:28 am | Permalink

    mau bayar pakai ap sedangkan yg 5% persen aj nunggu’y sampai berbulan” bertahun” karena ud d makan sama gayus………….
    ap lagi remunerasi jual monas x bru bisa bayar remunerasi………….

  • June 16, 2010 - 7:54 am | Permalink

    Mohon kepada Pemerintah.,Kalau memang diprogramkan untuk meringankan biaya sekolah, sebaiknya gaji 13 bisa dicairkan pertengahan bulan juni ini. Matur nuwun

  • anto
    June 16, 2010 - 9:47 am | Permalink

    kenapa birokrasi di pemerintahan bebeli2 dan waktu yang cukup molor menjadikan seseorang bosan dengan berita yang telah diterima

  • anto
    June 16, 2010 - 9:53 am | Permalink

    sebetulnya pns terutama guru sangat mengharapkan gaji ke 13 dengan cepat pencairannya karena membantu keb rumah tangga,buat menyekgaji ke 13lahkan anak2nya .mohon kepada pemerintah untuk mempercepat pencairan d

  • ilda
    June 16, 2010 - 1:20 pm | Permalink

    Remunerasi ??????? ah cumi(cuman mimpi) yang diatas semakin keatas, pns kecil2 kayak kita tambah melarat….gadai SK bertahun tahun di BANK ,,,sambung manyambung sampe pensiun….nasib pns….modal pakaian dinas saja wkwkwkwkwkwkw

  • June 16, 2010 - 4:18 pm | Permalink

    SEMOGA APA YG DI CANANGKAN PEMERINTAH DAPAT TERLAKSANA…..DAN KEDEPANNYA LEBIH MAJU DAN MAKMUR,JANGAN ADA LGI KORUPTOR YG SAMPAI MENDARAH DAGING DI BUMI INDONESIA YG TERCINTA INI.

  • Djaka
    June 17, 2010 - 2:22 am | Permalink

    Kyaknya gaji 13 thn 2010 harus mengalah dengan subsidi PLN.,, kita tunggu saja beritanya…

    • June 17, 2010 - 7:32 am | Permalink

      (Djaka)Pln nya aja ska KKN dan suka gelapin minyak solar…..bgmna rakyat bsa mnikmati kemerdekaan,HABIS GELAP TERBITLAH KELAM….PLN gk jlas jga…..

  • rifai
    June 17, 2010 - 6:30 am | Permalink

    berbicara tentang gaji 13 tahun ini pemerintah terkesan agak lamban berbeda dengan tahun sebelumnya dibayarkan tepat waktu semoga pemerintah memahami masalah ini

    • June 17, 2010 - 7:34 am | Permalink

      (RIFAI)btooolll…..kali,lambat kali pemerintah kucurkan dana ntk gaji 13,klo ntk dana yg tak jelas cpat kali turunnya…..???

  • June 17, 2010 - 6:37 am | Permalink

    tujangan sertifikasi penghargaan terhadap guru, ojo ngiri sampaian ga bakal jadi pejabat klo ga diajari guru, ko gitu saja banyak yang ngiri, eh jadinya ampe sekarang tunjangan sertifikasi belum dibayaar,

  • syaheera
    June 17, 2010 - 8:14 am | Permalink

    guru terlalu dianak emaskan dgn adanya sertifikasi…apa bedanya dengan PNS biasa…..(hanya sebagian kecil guru yg benar2 mengabdi…)

  • hyme
    June 18, 2010 - 2:44 am | Permalink

    HOOOREEEEE…GAJI 13 UDAH TERIMA…MANTAB!!!!

    • mm
      June 18, 2010 - 3:14 am | Permalink

      sudah terbit kah PP tentang gaji 13 tahun 2010 ?

  • June 18, 2010 - 4:07 am | Permalink

    yoooh mari sama-sama bersyukur agar Allah tambah kenikmatan bwt umat manusia.

  • June 18, 2010 - 4:11 am | Permalink

    Kapan gaji 13 tahun 2010 ini akan cair…. sekarang bulan Juni dah hampir berakhir………!

  • Ahmad slam
    June 18, 2010 - 4:13 am | Permalink

    Cepetan doooonk, udah waktunya anak sekolah

  • Meyz
    June 20, 2010 - 12:19 pm | Permalink

    Sabar aja pak… Pasti keluar. Kalo rada lambat maklum aja menkeu baru he..he..

    Syukuri sgala Berkat yg masih kt terima.

  • Arim
    June 22, 2010 - 4:38 pm | Permalink

    Walah,pada sadar kuajiban dulu baru haknya. Apa yang kau berikan pada negara.

  • June 23, 2010 - 2:59 am | Permalink

    Pada sabar ya yang mau menerima gaji ke 13, pasti bulan ini keluar….semua perlu untuk sekolah…berdoa aja…semoga cepat cair..kan bag. keuangan juga pasti bekerja keras untuk ini…

  • Tazkir, S.Ag.
    June 26, 2010 - 11:43 am | Permalink

    Syukurlah gaji ke 13 PNS cair bulan juli ini. Gaji ke 13 merupakan gaji yang tidak dipotong bank. Kasihan mereka selama ini, karena gaji tak mencukupi untuk kehidupan, SK PNS mereka tergadai di bank sehingga gaji mereka tinggal hanya cukup makan saja karena untuk buat rumah tempat berteduh dan beli kendaraan menuju tempat tugas yang jauh dipelosok desa. Rumah dinas untuk guru sudah lama roboh tak direhap pemerintah.

  • June 29, 2010 - 7:57 am | Permalink

    sangat bersukur lah bagi pegawai negeri sipil,tapi yang sangat sedih bagi honorer cuma hanya gigit jari

  • hendra
    June 29, 2010 - 2:05 pm | Permalink

    kenapa bisanya cuman omong doang.
    nyatanya sampai saat ini gaji ke 13 masih menjadi mimpi yang tak pasti bagi pihak yang belum merasakan nya.
    manusia janganlah seperti itu.
    kita butuh ke pastian.
    bukan janji janjimu yang palsu!!!

  • kapok
    June 30, 2010 - 8:19 am | Permalink

    kalopun naik..sembako juga naek lebih 15%.
    bagaimana nasib petani atau buruh atau lainya yang tak di bayar pemerintah..siap2 aja + melarat…

  • July 9, 2010 - 2:30 am | Permalink

    Saya rasa masih enakan jamanya Pak Suharto jd Presiden..apa2 murah…gak ada gaji 13 pun masih bisa hidup…lain halnya jaman sekarang udh ada remunerasi udh ada gaji 13 masih aja kurang bwt belai sembako…

  • October 24, 2010 - 1:19 pm | Permalink

    Hah,,, dari tadi yang kepikiran aku klo gimana ya Instansi Pemerintah yang menyangkut orang banyak SEMUA di Swastakan saja.Biar profesional antara kerja dan Kesejahteraan.

    Klo PNS yaaa begitulah yang diatas makin genduuuuuuuuutttt….anak buah dilapangan jadi kuruuuuuuussssss….

    Pak SBY gimana klo di SWASTAKAN saja SEMUA INSTANSI PEMERINTAHAN Kecuali TNI/POLRI (Keamanan Negara)………

  • Edo Rubeda
    January 9, 2011 - 11:32 am | Permalink

    Syukur itu lebih baik dari pada hanya mengumpat orang lain, semua udah diatur olehNya jadi jgn kita sebagai anak bangsa saling mengkritik mari berbuat yang terbaik untuk bangsa ini.

  • February 2, 2011 - 7:25 am | Permalink

    jannnnn, kapannn yaaa gaji PNS DI remunerasi,,,, kabar kemarin aku denger goship, jere gaji pns ( guru ) rep di remunerasi, apa iya yaaa ???????,,, lah wong sertifikasi beee rung tampa – tampa, padahal sertifikat profesi wis di tangan,,,,,, ada lagi goseip remunerasi, yaaa kalo betul langsung di bayar,,,, kalo gakk kkkk,,, wong sertifikasi yang dah di tanda tangani dan di syahkan, juga belum kunjung terima, kapan cobaaaaa,,,,,,,,,, heheheheh

  • April 20, 2011 - 2:53 pm | Permalink

    podo kerene karo aku tapi iso ngutangi konco, lekas wae yo gaji 13 metu ko kanggo ngutangi konco…koncoku yo

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>