Gaji ke-13 PNS Dibayarkan Juni

Post On: 7 June 2012
By:
January 12, 2013

Seputar Gaji 13 PNS dapat dibaca di sini..

Download PP No. 57 Tahun 2012

Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan dan meringankan biaya hidup Pegawai Negeri, Pejabat Negara, dan penerima pensiun/tunjangan, Pemerintah melalui Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2012 yang ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 28 Mei lalu, memberikan tambahan penghasilan berupa gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga belas. Pembayaran gaji ke-13 akan dilaksanakan pada bulan Juni ini.

Dalam PP itu disebutkan, yang dimaksud dengan Pegawai Negeri adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS), anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Sementara yang dimaksud Pejabat Negara adalah dari Presiden, Wakil Presiden; Ketua, Wakil Ketua, dan anggota MPR, DPR, BPK, KPK, Komisi Yudisial, Menteri dan jabatan setingkat menteri, Ketua, Wakil Ketua dan Hakim Mahkamah Konstitusi, MA, Hakim pada Badan Peradilan Umum, PTUN, Peradilan Agama, dan Peradilan Militer; Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota.

Termasuk dalam ketentuan yang akan memperoleh gaji ke-13 ini adalah pensiunan Pegawai Negeri; Pejabat Negara ; janda/duda/anak penerima pensiun; dan penerima pensiun orang tua PNS yang tewas. Juga masuk dalam kategori ini adalah penerima tunjangan veteran; tunjangan kehormatan anggota KNIP; perintis pergerakan kebangsaan/kemerdekaan atau janda/dudanya; dan lain-lain.

“Besarnya gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga belas adalah sebesar penghasilan sebulan yang diterima pada bulan Juni 2012,” bunyi Pasal 3 Ayat 1 PP tersebut.

Penghasilan dimaksud bagi pegawai negeri meliputi : gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan/tunjangan umum, dan tunjangan khusus/tunjangan khusus kinerja/tunjangan kinerja/insentif khusus; bagi penerima pensiun meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan tambahan penghasilan; dan bagi penerima tunjangan hanya menerima tunjangan sesuai peraturan perundang-undangan.

“Penghasilan sebagaimana dimaksud sebelum dikenakan potongan iuran berdasarkan peraturan perundang-undangan,” lanjut Pasal 3 Ayat 3 PP Nomor 57 Tahun 2012itu.

Disebutkan juga, dalam hal Pegawai Negeri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun/Tunjangan menerima lebih dari satu penghasilan, maka gaji/pensiun/tunjangan bulan ke-13 hanya diberikan salah satu yang jumlahnya lebih menguntungkan.

Anggaran untuk membayar gaji ke-13 ini dibebankan kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), serta Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) bagi PNS Daerah, Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota.

Sumber

30 comments on “Gaji ke-13 PNS Dibayarkan Juni

  1. UNTUK MENGHEMAT ANGGARAN NEGARA BAGI SUAMI-SITERI BERSTATUS PNS SEBAIKNYA GAJI 13 DIBERIKAN KEPADA SALAH SATU SAJA SEPERTI PADA PEMBAYARAN TUNJANGAN KELUARGA….

  2. pencairan gaji ke 13 tahun 2012 tidak memerlukan surat edaran…itu kabar yang kami terima dari kppn sukabumi sekitar pukul 16.00 hari ini,satker kami besok akan mengajukan pencairan gaji ke 13,walaupun mungkin sp2d nya akan diterima pada hari senin

  3. enek bener ya jadi pegawai negri…semuanya terjamin,giliran guru swasta ….nasibnya tidak menentu…kapan nasib guru swasta diperhatikan oleh pemerintah?

    • memangx sudah berapa tahun sukwan ?
      sy sukwan dapat 19 tahun baru d angkat lho,,wajar dong dapat gaji k 13,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  4. Kalau guru berubah nasibnya menjadi lebih baik, tidak usah direcokkin karna kalian semua bisa jadi pejabat terendah sampai tertinggi berkat bimbingan guru mu juga. Tanpa guru negeri ini tidak akan berkembang dan akan hancur. Sekali lagi mohon jangan direcokki agar tidak kuwalat dan perlu diketahui yang suka korupsi itu bukan guru, karna guru tidak mengelola uang. Krna itu mohon bedakan antara tugas pokok guru dengan tugas tambahan lainnya seperti kepala sekolah.

  5. bang setagu, gaji ke-13 tahn 2013 udah ada kabarnya belum ya?
    satu lagi, tunjangan kinerja kementerian pertanian sampai saat ini (januari – juni 2013) belum dibayar juga. bagaimana dengan kementerian lain?
    terima kasih

  6. hmmm..pak PEMERINTAH yg terhormat klu biza gaji 13 d'turunkan bln juni..jgn d'undur2..lagee..apalage d'tahn 2013..BBM mo naik..apa2 jd mahal..dn d'barengi dgn biaya anak masuk s'kolahh..duh pusinkkk pak..!!

  7. kata temenku Tunkin di ANRI sudah turun kmaren 4 bulan….kalo diinstansiku turunnya bulan juli seblum lebaran..rapel 7 bulan termasuk tunkin 13 hohohoho………….itu kmaren sudah ditetapkan perkanyaaa heeee yeyeye

  8. kenapa si…h? 13 lambat sertifikat juga lambat ? bahkan kekurangan satu bukan tahun lalu juga belum terbayar. aku cuma guru kroco. ga ponya penghasilan tambahan lain. aku setuju kalo pencairan langsung ke rekening pegawai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>