Daftar Tunjangan Kinerja per Kelas Jabatan

Prinsip dalam remunerasi adalah pemberian tunjangan kinerja kepada pegawai didasarkan kepada jabatan dan kelas jabatan. Sistem remunerasi PNS harus berpegang pada merit system, yaitu penetapan besarnya tunjangan kinerja harus berbasis kinerja, bobot pekerjaan dan peringkat (grade) masing-masing jabatan.

Nilai dan kelas suatu jabatan digunakan untuk menentukan besaran gaji yang adil dan layak selaras dengan beban pekerjaan dan tanggung jawab jabatan tersebut.  Nilai dan kelas suatu jabatan diperoleh atau ditetapkan melalui proses yang disebut Evaluasi Jabatan yang akan digunakan dalam pemberian tunjangan.

Sebagai referensi berikut ini daftar jabatan, kelas jabatan dan tunjangan kinerja per kelas jabatan yang merupakan hasil evaluasi jabatan yang sudah ditetapkan pada salah satu instansi.

Pusat

 

Fungsional Umum

 

Fungsional Tertentu

Jabatan tergantung karakteristik kementerian dan lembaga bersangkutan, daftar di atas bukan aturan yang mutlak mungkin saja dengan jabatan yang sama mempunyai kelas jabatan dan tunjangan kinerja yang berbeda.

Baca Juga:

51 Comments

  • plp
    December 24, 2013 - 4:47 am | Permalink

    kok tabel fungsional perawat nggak ada ya?

  • Nazaro
    December 24, 2013 - 6:31 pm | Permalink

    Mas setagu, kok untuk guru di sekolah kedinasan ga ada list nya ya? Apakah gradenya sama dengan widyaiswara?

  • anak bangsa
    December 24, 2013 - 6:57 pm | Permalink

    saya punya jabatan rangkap yg dua2 nya di grade 4, trus gmn apa tetap di grade 4 atau naik grade karena kerja double,??

  • reki usman bali
    December 24, 2013 - 10:31 pm | Permalink

    Pp no 29 th 79 pls 2 ayat 1 serang pns dilarang rangkap jabatan

  • kodok ijo
    December 24, 2013 - 11:07 pm | Permalink

    Kok jabatan fungsional diplomat kagak ada…? gimana nih…?

  • bekantan hamux
    December 25, 2013 - 6:31 pm | Permalink

    Tolong ya mas setagu…kalo staf dikasubbag umum dan perlengkapan di fakultas masuk digrade berapa ya?makasih…

  • anak bangsa
    December 25, 2013 - 8:13 pm | Permalink

    trus gmn klo d suruh,kan saya cma bawahan,klo ngga nurut katanya ngga punya loyalitas,..

  • ary
    December 25, 2013 - 11:19 pm | Permalink

    Ngapain hitung2 grade ,,di bayarkan aja kagak ,,bukti ny sampai tgl 26?? ini aj?? tidak di cair kan uang ny,,dasar payah ,,

  • Bang Somad
    December 26, 2013 - 10:58 am | Permalink

    sebenarnya kl disimak dengan adanya remunerasi ini maka akan di untungkan adalah pegawai yang gak punya kerja. selama ini pegawai yang aktif kerja pasti akan mendapat tambahan pengahasilan dari honor kegiatan/honor tim. dengan adanya remunerasi honor akan di kurangi bahkan dihapuskan.
    dengan adanya remunerasi malah pegawai yang tidak mempunyai kerjaan, malah mereka tetap dapat remunerasi, walaupun grade yg beda. (selisihnya tdk jauh).
    sebagai contoh, “copas” grading : tenaga adm masuk di grade = 5. dan sebagian besar pegawai masuk di grade 5. dapat dibandingkan satpam pns dapat grade=4, dapat dibandingkan tenaga sopir pns masuk grade 3, tenaga kebersihan pns masuk grade 3.
    hehehhee………..

  • Bang Somad
    December 26, 2013 - 11:01 am | Permalink

    sebenarnya kl disimak dengan adanya remunerasi ini maka akan di untungkan adalah pegawai yang gak punya kerja. selama ini pegawai yang aktif kerja pasti akan mendapat tambahan pengahasilan dari honor kegiatan/honor tim. dengan adanya remunerasi honor akan di kurangi bahkan dihapuskan.
    dengan adanya remunerasi malah pegawai yang tidak mempunyai kerjaan, malah mereka tetap dapat remunerasi, walaupun grade yg beda. (selisihnya tdk jauh). (selisih penghasilan grade 5 dan 4 cuma 90rb, selisih grade 5 dan 3 cuma 177rb)
    “ASIK BENAR YANG GAK BANYAK KERJAANNYA”
    sebagai contoh, “copas” grading : tenaga adm masuk di grade = 5. dan sebagian besar pegawai masuk di grade 5. dapat dibandingkan satpam pns dapat grade=4, dapat dibandingkan tenaga sopir pns masuk grade 3, tenaga kebersihan pns masuk grade 3.

    hehehhee………..

  • anak sekolah
    December 26, 2013 - 4:15 pm | Permalink

    Tapi mas bro, tunjangan itu akan keluar sesuai dgn SKP(sasaran kinerja pegawai) masing2 pegawai. kl nilai SKP nya buruk karena dia tidak bekerja maka dia tidak mendapat tunjangan seperti besaran di tabel tunjangan dari kelas jabatannya itu. wallauhualam.

    #itu sih pemahaman sy bang somad

    • saw
      December 26, 2013 - 10:21 pm | Permalink

      Tapi kalo jab fungs peneliti bgmna? Apakah kalo dlm sebulan gk ada kegiatan msh dpt tunj fungsional? Aturannya kan gk boleh terima tunj apapun kalau tanpa kinerja.

    • asna ajja
      January 7, 2014 - 7:00 pm | Permalink

      tp skp dinilai setiap desember apa remunirasi ditrima setahun sekali?

  • December 27, 2013 - 9:25 am | Permalink

    tes

  • somad
    December 28, 2013 - 11:48 am | Permalink

    Tetap aja. Coba perhatikan diatas, satpam grade 4, pengemudi 3. Skp mereka sesuai pekerjaan mereka, pembayarannya tetap di grade tsb. Selisih pegawai pelaksana di grade 5 . Tdk lebih 200rb. Aplg yg mw diterima cm 50%.
    Harusnya setiap grade mempunyai selisih yg besar misalnya 300rb, kl liat diatas satpam yg di skp duduk jaga pos dengan pegawai dpn komp cm beda 90rb

  • somad
    December 28, 2013 - 11:52 am | Permalink

    Tetap aja. Coba perhatikan diatas, satpam grade 4, pengemudi 3. Skp mereka sesuai pekerjaan mereka, pembayarannya tetap di grade tsb. Selisih pegawai pelaksana di grade 5 . Tdk lebih 200rb. Aplg yg mw diterima cm 50%.
    Harusnya setiap grade mempunyai selisih yg besar misalnya 300rb, kl liat diatas satpam yg di skp duduk jaga pos dengan pegawai dpn komp cm beda 90rb;

  • asna ajja
    January 2, 2014 - 10:03 pm | Permalink

    Kapan dibayarkan???

  • suryadin el-sila
    January 4, 2014 - 3:58 pm | Permalink

    lok teknisi masuk grade brp pak setagu?

  • elmanan
    January 4, 2014 - 4:35 pm | Permalink

    mas setagu bisa ga d komplain klo dri kantor salah mengusulkan grade untuk kelas jabatan. Misalx jabatan skrng sjak bln april udah mask grade 7. Txta yg d usulkn dri kantor msh grade 6.

  • edo
    January 7, 2014 - 6:48 pm | Permalink

    Bgmn, dng Nakes kususnya perawat msk pd grade brp ? Yg dng notabene resiko kerja yg sangat beresiko tinggi tertular penyakit2. Misal : hepatitis, atau penyakit menular yg berbahaya ?

  • pns binun
    January 9, 2014 - 3:54 pm | Permalink

    ini yg 50% atau 100% ..untuk kementrian pendidikan

  • Arif G
    January 13, 2014 - 5:30 pm | Permalink

    Kalo jabatan sebagai Kepala UPT/ UPTD di Kementrian pendidikan gimana?

  • kurnia
    January 21, 2014 - 10:54 am | Permalink

    Kita ini kan sama2 ABDI negara… Kok ad perbedaan ya..?. Apakah kt in PNS sipil adlah pegawai-pegawaian..!!!.. Tolonglah cepat dikeluarkan tu… Biaya hidup udh tinggi ni…thanks

  • hendihidayatGanteng
    January 22, 2014 - 9:42 am | Permalink

    sekarang jangan banyak ngomong “syukurlah” alhamdulillah udah di kasih tambahan kinerja, nah sekarang kerja yang semangat malu ma rakyat….

    • piye
      February 5, 2014 - 1:31 pm | Permalink

      lha yang gak dapat po ra kerjo juga mas ganteng…lak yo tetep kudu semangat tho??

  • vitri
    January 22, 2014 - 6:54 pm | Permalink

    Klo staf kelurahan bag.pemerintahan msk grade brp?

  • gebbye
    January 28, 2014 - 8:17 pm | Permalink

    Mlm mas, mau tanya gimana dng PNS d daerah ( kabupaten) dapat tunjangan kinerja juga. Makasi

  • ady
    January 29, 2014 - 10:04 am | Permalink

    tunjangan kinerja cm untuk pusat j atau yg didanai APBN sdangkan untuk pemda / pemkot mgkn sulit merealisasikan tunjangan kinerja karena dana’a sendiri j msh diiitung2 ,,, uang APBD’a ckup p g buat bayar tunjangan kinerja pns’a sndiri..

  • koerdy,s
    January 29, 2014 - 1:19 pm | Permalink

    Penilik masuk kategori grade mana, tk cari kok belum ketemu !

  • lina s
    February 4, 2014 - 8:35 pm | Permalink

    Ya gmn yang di daerah.kasian bnr pns ini.mo ada remun msh d itung2 terus dr th ke th jd pencairannya Kapan.sedangkn guru aja yg dah cair sertifikasi yg lbh dr 5 th ja anteng2 aja.padahal guru cm wajib :24 jam.sedangkn pns diwajibkn disiplin 8 jam.per hr.jd wsjib 40 jam an.jd ltk keadilannya dmn ya…..trims

  • GALAU AING !
    February 8, 2014 - 7:03 am | Permalink

    Kementrian PU SDA kapan cair yah? Yg dijakarta gmna ne kabarnya? Aing gk tau ampe kapan hrus menunggu..

  • Liya Annabilla
    February 17, 2014 - 5:11 pm | Permalink

    BP3AKB apakah termasuk dalam kementrian yang akan mendapat remunerasi tahun 2013

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>